Ladang Tuhan Baru
Selamat datang kepada sesama saudara Kristen dan saudara lain iman. Mari kita saling kenal dalam suasana bersahabat.

Ladang Tuhan Baru

Forum Komunitas Kristen
 
IndeksIndeks  PencarianPencarian  PendaftaranPendaftaran  LoginLogin  

Share | 
 

 Apakah kado dianggap gratifikasi ?

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Apakah kado dianggap gratifikasi ?   4th March 2013, 08:16

Busro Muqodas (salah satu ketua KPK) saat mengadakan pesta kawinan anaknya, menolak semua bentuk pemberian, baik berupa uang, kado, bahkan karangan bunga.

Ini berupa pencitraan, atau memang bisa dianggap sebagai gratifikasi, sih?

Ada yang bisa membantu menjelaskan?

Shocked

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
cinzano
Moderator
Moderator


Jumlah posting : 2124
Join date : 26.10.12
Lokasi : Buaya City

PostSubyek: Re: Apakah kado dianggap gratifikasi ?   4th March 2013, 09:19

Menurut saya sih ....
Namanya pemberian ya diterima....
Berhubung sebagai pejabat publik ... maka pemberian tersebut perlu diumumkan.
Untuk kontrol sosialnya.


[You must be registered and logged in to see this image.]
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Apakah kado dianggap gratifikasi ?   4th March 2013, 09:25

cinzano wrote:
Menurut saya sih ....
Namanya pemberian ya diterima....
Berhubung sebagai pejabat publik ... maka pemberian tersebut perlu diumumkan.
Untuk kontrol sosialnya.


[You must be registered and logged in to see this image.]


Dulu seingat saya pernah juga ada pejabat yang sampai memberikan daftar kado hasil pesta pernikahan anaknya, saya lupa siapa.

Tapi kalau transfer langsung ke rekening menantu atau besan, apa ikut di periksa juga ya? He he he he

Laughing

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Joan86
Calon Perwira
Calon Perwira


Jumlah posting : 278
Join date : 26.01.13

PostSubyek: Re: Apakah kado dianggap gratifikasi ?   4th March 2013, 09:54

semua bentuk pemberian dari orang lain entah bertujuan untuk sumbangan, hadiah/kado macem doorprize, baik yang berupa uang maupun barang dikategorikan sebagai gratifikasi kak Bruce. Pokoknya semua pemberian yang didapatkan secara cuma-cuma dari pihak lain atau gratis dengan maksud tertentu disebut gratifikasi.



Dalam aturannya seorang pejabat di institusi pemerintahan memang tidak dilarang menerima sebuah pemberian dari pihak lain, namun mereka harus mencatat dan melaporkan semua pemberian itu termasuk siapa pihak yang memberikan, dan maksud pemberian tersebut kepada KPK agar bisa diverifikasi supaya tidak dituduh menerima gratifikasi.

mungkin karena proses mencatatkan dan melaporkan ini sangat merepotkan, maka pak Busro merasa lebih baik menolak pemberian itu, selain itu juga dia tidak ingin jika nantinya menerima pemberian2 tersebut hal itu dimanfaatkan oleh pihak lain sehubungan posisinya sebagai ketua KPK.

menurut aku, sikapnya ini bagus juga jadi kalo kita diundang ke pesta perkawinan anaknya itu bisa makan gratis. hi hi hi
hi
[You must be registered and logged in to see this image.]
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Apakah kado dianggap gratifikasi ?   4th March 2013, 09:59

Quote :
kalo kita diundang ke pesta perkawinan anaknya itu bisa makan gratis. hi hi hi
hi

Setuju, sis, selama ini saya sering pusing kalau kebetulan pas lagi 'kemarau' justru menerima undangan dari beberapa relasi. Apalagi kalau di undangannya tertulis jelas (walau dengan small print) 'Mohon tanda kasih tidak berupa barang atau bunga' ....

affraid

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
nothingman
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1503
Join date : 13.11.12

PostSubyek: Re: Apakah kado dianggap gratifikasi ?   4th March 2013, 13:41

iya bener, apa lagi klo kita diundang ol orang2 'level' atas macem menteri atau pejabat2 lainnya, klo kita mau ngasih sumbangan kecil kan agak 'tengsin', tp klo mau ngasih gede sayang jg bro, apa lg klo kantong lg tipis..
klo yg punya gawean udah nyuruh tidak perlu memberikan sumbangan kan kita jg bisa enakan, nda perlu merasa tengsin dan bersalah bro..
hehehehehehe [You must be registered and logged in to see this image.]
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Apakah kado dianggap gratifikasi ?   4th March 2013, 13:48

nothingman wrote:
iya bener, apa lagi klo kita diundang ol orang2 'level' atas macem menteri atau pejabat2 lainnya, klo kita mau ngasih sumbangan kecil kan agak 'tengsin', tp klo mau ngasih gede sayang jg bro, apa lg klo kantong lg tipis..
klo yg punya gawean udah nyuruh tidak perlu memberikan sumbangan kan kita jg bisa enakan, nda perlu merasa tengsin dan bersalah bro..
hehehehehehe [You must be registered and logged in to see this image.]

Betul bro, walau sering kali saya melihat hal ini sebagai anomali. Orang yang ngga butuh uang malah diberi besar, sementara kalau orang yang kurang mampu justru diberi kecil.

He he he

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content




PostSubyek: Re: Apakah kado dianggap gratifikasi ?   Today at 02:19

Kembali Ke Atas Go down
 
Apakah kado dianggap gratifikasi ?
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» Kecerdikan yang dianggap bodoh
» Apakah ganti knalpot racing itu akan beresiko di tilang...?
» (WTA) Apakah motor yang jarang dipakai akan mempengaruhi Oli mesin didalamnya?
» Apakah haram ganti koil bila sudah pake CDI Racing??
» Tes apakah Anda seorang Indigo

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Ladang Tuhan Baru :: Diskusi Umum :: Berita dan Diskusi Serius Tapi Santai-
Navigasi: