Ladang Tuhan Baru
Selamat datang kepada sesama saudara Kristen dan saudara lain iman. Mari kita saling kenal dalam suasana bersahabat.

Ladang Tuhan Baru

Forum Komunitas Kristen
 
IndeksIndeks  PencarianPencarian  PendaftaranPendaftaran  LoginLogin  

Share | 
 

 Mengenal Vatican City

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Mengenal Vatican City   16th March 2013, 13:44

Quote :
Supermarket, Bank, dan Apotek di Vatikan



VATIKAN memiliki supermarket, toko, dan bank. Di sana juga terdapat apotik dan kantor pos. Gaji para pegawai di Vatikan umumnya rendah, tetapi tidak dikenai pajak.

Anonna, nama sebuah supermarket di Vatikan. Di sini tersedia banyak barang, mulai dari kebutuhan pokok, daging, ikan, dan buah-buahan hingga alkohol dan tembakau. Untuk dapat berbelanja di sini, konsumen harus memperlihatkan izin tinggal atau izin kerja.

Berbelanja alkohol dan tembakau di Vatikan dibatasi. Telah ditetapkan seberapa banyak jumlah alkohol dan tembakau yang boleh dibeli dalam satu bulan. Tujuannya, agar barang-barang tersebut tidak diperjualbelikan lagi di luar Vatikan. Susu dan produk hewani lain yang terdapat di supermarket datang dari sebuah peternakan di kediaman Paus pada musim panas, Kastil Gondolfo, yang terletak di Perbukitan Alban, selatan Roma.

Vatikan juga memiliki sebuah toko di Terminal Kereta Api lama. Di sini dijual berbagai pakaian, baik pakaian awam maupun gerejani. Di sini juga dijual benda-benda elektronik, perhiasan, dan berbagai benda lain seperti kado.

Apotek Vatikan, yang dikenal dengan nama Farmacia Vaticana, didirikan tahun 1874 oleh Eusebio Ludvig Fronmen. Apotek ini sangat ramai, dikunjungi dua ribuan orang perhari. Diakui sebagai apotek paling ramai di dunia dan terletak di Gerbang Santa Anna, pintu masuk Vatikan.

Begitu banyak jenis obat disediakan di Farmacia Vaticana. Tapi, apotek ini tidak menyediakan alat-alat kontrasepsi seperti kondom dan spiral karena iman dan ajaran Gereja Katolik melarang program keluarga berencana.

Bank Vatikan dibangun tahun 1944 dan berfungsi sebagai bank umum untuk para pegawai Tahkta Suci. Bank ini memiliki sejumlah ATM dan jasa-jasa lain. Kartu bank dan cek tidak dapat diterima di luar Vatikan. Banyak ordo keagamaan menyimpan uangnya di Bank Vatikan.

Didirikan 11 Februari 1929, kantor pos Vatikan merupakan salah satu kantor pos paling efisien di dunia. Lazimnya kantor pos di negara lain, kantor pos Vatikan menerbitkan perangko sendiri. Perangko Vatikan bernilai jual tinggi, selalu diburu pada kolektor,

Pelayanan telepon Vatikan diatur oleh sebuah kelompok suster religius. Mereka fasih berbagai bahasa sehingga mampu mengatur penelpon dari seluruh penjuru dunia. Bagian pelayanan telepon menerima ratusan sambungan dari berbagai keuskupan di seluruh dunia, dan dari orang-orang awam.

Vatikan juga memiliki situs web. Para pengunjung situs ini dapat mengunduh foto-foto dan dokumen secara gratis. Situs ini dibuat sebagai pelayanan publik dan menjadi alat yang berguna bagi warga Katolik seluruh dunia sebagai sumber informasi terbaru tentang Vatikan dan Gereja Katolik Roma.

Lalu, bagaimana dengan upah atau gaji karyawan di Vatikan? Umumnya lebih rendah dibandingkan dengan gaji para pekerja di Roma, atau Italia. Walau begitu, berdasarkan Perjanjian Lateran gaji para pegawai Vatikan tidak dikenai pajak . Lebih dari itu, harga barang-barang kebutuhan di Vatikan juga lebih murah lantaran semuanya bebas pajak. ***

Ditulis oleh: Jan Nabut
Sumber

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Mengenal Vatican City   16th March 2013, 13:46

Quote :
Hidup dan Bekerja di Vatikan

Walaupun berlokasi di jantung Kota Roma, Vatikan merupakan sebuah negara tersendiri. Vatikan memiliki kewarganegaraan bagi penduduknya, mempunyai korps diplomatik, dan sistem keamanan sendiri.

Kendati Paus adalah pemimpin negara kota ini, pekerjaan keseharian Vatikan dipercayakan kepada sejumlah badan negara serta individu, yang menjaga hubungan Vatikan dengan dunia luar dan menghasilkan keputusan-keputusan yang akan mempengaruhi kehidupan 1,2 miliar umat Katolik seluruh dunia. Adminstrasi Vatikan juga bergantung pada pekerja awam yang menjaga negara kecil ini berjalan. Para pekerja awam itu menjalankan berbagai tugas, di antaranya pemeliharaan bangunan, serta tugas-tugas lainnya.

Kehidupan awam di Vatikan jarang terlihat dunia. Namun, di luar upacara untuk publik, di balik kekayaan harta dan karya seni tak ternilai harganya, kehidupan negara kota ini berjalan seperti kota biasa. Para pekerja Vatikan bekerja tak henti-hentinya membersihkan dan memelihara gedung-gedung, merawat taman-taman, dan menjalankan program restorasi. Makanan disiapkan di kantin para staf, dan pakaian dicuci serta disiapkan untuk upacara Paus. Pada akhir tiap hari kerja, para pekerja berbelanja, memasak, bermain, dan beristirahat.

Sangat sedikit orang yang tahu bagaimana bekerja dan hidup di Vatikan. Bagi kebanyakan orang yang berkunjung ke sana, Vatikan adalah tempat yang menakjubkan, dan bahkan menggetarkan. Tapi, bagi mereka yang tinggal dan bekerja di Vatikan, terdapat perasaan kebersamaan.

Sebagian menjuluki Vatikan sebagai sebuah “kampung”, bahkan memang terdapat semacam gaya informal pada cara seorang Garda Swiss menghormati seorang klerus yang lewat, atau santainya seorang ibu rumah tangga membawa sekeranjang belanjaan yang dibeli di Anonna, supermarket di Vatikan. Para suster saling memberi salam ketika berpapasan, para kardinal berdiri di lapangan serius berdiskusi, dan seorang seminaris bersepeda ke kantor pos. Dari waktu ke waktu, serombongan mobil yang membawa para pejabat tinggi dan tamu, bergerak beriringan melewati gerbang Santa Anna menuju Istana Apostolik di belakang Basilika Santo Petrus, tempat Paus menunggu untuk menyambut mereka.

Sekitar 800 orang bekerja di Vatikan, dengan 450 orang di antaranya memiliki kewarganegaraan Vatikan. Seseorang dinugerahi kewarganegaraan Vatikan oleh kantor tempat ia bekerja. Tapi, status kewarganegaraannya dicabut setelah ia keluar atau pensiun. Agar lebih aman, kebanyakan warga negara Vatikan memiliki kewarganegaraan ganda, Vatikan dan negara ia berasal.

Mereka yang mengunjungi Vatikan untuk keperluaan resmi harus diperiksa secara ketat demi keamanan. Hal ini dilakukan untuk melindungi Vatikan dan warganya. Bagi semua orang yang bekerja dan hidup di Vatikan, terdapat perasaan loyalitas dan mengabdi kepada orang yang ditunjuk menjadi Paus, sang pengganti Santo Petrus.

Impor gas, listrik, dan air

Melihat kecilnya ukuran Vatikan apabila dibandingkan dengan Kota Roma, maka tak heran apabila Vatikan sangat tergantung pada kebaikan hati pemerintah Italia. Listrik, air, gas, dan keperluan lain harus diimpor, seperti halnya semua makanan, bahan bangunan, mesin, dan barang-barang-barang lain yang diperlukan untuk menjalankan suatu negara kota. Lokasi Vatikan yang terletak di jantung Kota Roma membuat semuanya harus melalui Roma untuk sampai ke Vatikan. Untungnya, hampir semua barang-barang berat dapat dikirim melalui kereta api via sebuah jalur kereta api yang menghubungkan keduanya.

Bangunan-bangunan bersejarah dan lapangan-lapangan luas di dalam tembok Vatikan membutuhkan perhatian dan perawatan yang terus menerus. Sebuah tim yang terdiri dari para pembangun dan perestorasi bekerja tanpa lelah untuk memperbaiki dan merawat bangunan-bangunan itu. Dalam pada itu, taman-taman dirawat oleh sebuah tim spesialis yang terdiri dari para ahli tanaman dan tukang kebun. ***

Oleh Jan Nabut
Sumber

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Mengenal Vatican City   16th March 2013, 13:49

Quote :
Keamanan Vatikan dan Keadaan Darurat


Korps Gendarme

SELAIN Garda Swiss dengan seragam garis warna-warni, sistem keamanan Vatikan dikendalikan oleh Pasukan Keamanan Pusat Negara Kota Vatikan (Central Security Corps of Vatican City State). Pasukan Keamanan Pusat yang lebih dikenal dengan sebutan Gendarme itu bertanggung jawab penuh atas keamanan dan ketertiban umum, tugas- tugas yang lazimnya diemban kepolisian seperti mengontrol perbatasan, penanggulangan kejahatan, investigasi, mengatur lalu lintas, dan penegakan aturan keuangan dan perdagangan.
Saat ini anggota Gendarme berjumlah 160 orang, semuanya berwarganegara Italia. Di dalam korps ini turut bergabung para personil yang punya spesilisasi dalam hal antiterorisme dan antisabotase.
Kepala Korps Gendarme Vatikan, Domenico Giani, menyatakan korps yang dipimpinnya sudah bergabung dengan satuan kepolisian dunia, Interpol. Menurut kantor berita Zenit, korps Gendarme tercatat sebagai anggota Interpol yang ke-187.

Keadaan Darurat
Vatikan memiliki sejumlah personel terlatih untuk mengatasi keadaan darurat. Departemen yang paling handal dan mahal adalah Pemadam Kebakaran, yang dibentuk untuk menjaga warga, pengunjung, dan gedung-gedung Vatikan. Menyadari adanya berbagai karya seni tak ternilai di Vatikan, adalah wajar apabila dipasang sistem pengamanan terbaik mengatasi kebakaran. Di sekeliling Vatikan dipasang alat anti-api yang menjaga karya-karya tak ternilai serta dokumen-dokumen penting.
Di Vatikan terdapat pula dinas Pertolongan Pertama (First Aid) yang selalu siap menolong dan merawat ribuan pengunjung setiap hari. Tim Pertolongan Pertama berlokasi di museum-museum serta di pinggir Lapangan Santu Petrus. Terdapat pula dinas keadaan darurat untuk Paus dan para imam senior yang bertugas di Vatikan.
Selain itu di Vatikan terdapat sejumlah fasilitas dan sarana kesehatan. Mobil ambulans selalu siap menjalankan fungsinya apabila diperlukan untuk mengangkut pasien ke rumah sakit. Dalam bidang pelayanan kesehatan, Vatikan juga punya klinik. Poliklinik Gemelli, yang terletak di utara Vatikan, menyediakan kamar khusus apabila Sri Paus harus dirawat. Sebelum wafat, Paus Yohanes Paulus II sempat beberapa kali dirawat di sana. ***

Oleh Jan Nabut
Sumber

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Mengenal Vatican City   16th March 2013, 13:52

Quote :
Vatikan Punya Hak Memiliki Armada Laut




Sebagai negara merdeka dan berdaulat, Vatikan memiliki simbol, lagu kebangsaan, bendera, dan konstitusi sendiri. Meskipun tidak memiliki angkatan bersenjata, negara ini dilindungi oleh Konvensi Denhaag sejak 14 Mei 1954. Konvensi yang menjamin serta menjaga Vatikan apabila terjadi suatu konflik bersenjata.

Vatikan juga memiliki hak untuk membentuk armada kendati negara ini tidak punya akses langsung ke laut. Hak istimewa ini diperoleh dalam Konvensi Barcelona 1921. Tapi, Vatikan lebih memilih untuk tidak memiliki armada laut.

Lagu kebangsaan Vatikan adalah Mars Kepausan gubahan Charles Gounod. Semula mars ini untuk menghormati Paus Pius XI (1846-1878). Kemudian mars itu dijadikan lagu kebangsaan Vatikan oleh Paus Pius XII pada tahun 1949. Lagu ini dinyanyikan pada Pesta Natal dan Paskah serta upacara-upacara pengting lain yang dihadiri Bapa Suci.

Vatikan punya media sendiri, baik cetak maupun elektronik. Bahkan, memiliki kantor pos, perangko dan mencetak uang sendiri. Karena tidak memiliki arta yasa, Vatikan membayar negara Italia untuk mencetak koin dan uang kertas.

Koin euro pertama Vatikan diluncurkan tahun 2002, bergambar Paus Yohannes Paulus II. Koin Vatikan sangat diburu para kolektor. Mereka rela berantre panjang selama berjam-jam sebelum koin-koin itu dirilis.

Sejak tahun 1929 Vatikan menerbitkan perangko untuk memperingati berbagai peristiwa dan peringatan ulang tahun. Perangko-perangko itu dihargai tinggi oleh para filatelis. Di saat-saat pelelangan, perangko-perangko Vatikan memiliki nilai tinggi, terutama perangko-perangko terbitan hari pertama. Salah satu bagian di Museum Vatikan diperuntukkan bagi perkembangan filateli di Tahkta Suci, dan menyimpan semua contoh perangko yang pernah diterbitkan, dan juga sketsa awal dari para seniman.

Administrasi sehar-hari Vatikan dipercayakan kepada Presiden Komisi Kardinal Kepausan Kota Vatikan, dan berkantor di Palazzo del Covernatorate, bangunan besar yang terletak di belakang Basilika Santo Petrus. Sejumlah kardinal diangkat Paus untuk jangka waktu lima tahun demi melayani dewan komisi ini. Kantor ini mengatur semua urusan internal Vatikan.***

Naskah Jan Nabut
Sumber

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Mengenal Vatican City   16th March 2013, 13:55

Quote :
Vatikan, Kecil-kecil Berpengaruh


Vatican City

Vatikan merupakan negara berdaulat paling kecil di dunia. Terbentang dekat pinggiran Sungai Tiber, luas wilayah di dalam temboknya sekitar 44 hektar, termasuk Lapangan Santo Petrus. Hampir separo wilayah Vatikan dipenuhi taman. Batas-batas wilayahnya mengikuti tembok perlindungan yang dibangun pada abad ke-16. Barisan granit yang merupakan pinggiran luar Lapangan Santo Petrus menjadi tanda perbatasan antara Vatikan dan Kota Roma.

Selain di dalam tembok, wilayah Vatikan yang lain terdapat di luar tembok, menyebar di beberapa tempat lain baik di dalam maupun di luar Kota Roma. Wilayah-wilayah ekstrateritorial itu mencakup sejumlah kantor Vatikan di Via della Conciliazione, dan Kongregasi untuk Evangelisasi Bangsa-bangsa yang terletak dekat Tangga Spanyol. Vatikan juga mempunyai tiga basilika besar di Roma, yakni Basilika Santo Yohanes Lateran yang merupakan gereja katedral Roma, tempat Vikaris yang diangkat oleh Paus bertahta; Santa Maria Maggiore merupakan basilika abad ke-5 yang cukup penting, salah satu tempat yang paling ramai dikunjungi wisatawan; dan Basilika Santo Paulus yang dibangun di atas kuburan Santo Paulus.

Vila di Kastil Gandolfo yang terletak di selatan Kota Roma, juga menjadi milik Vatikan. Vila ini dibeli pada abad ke-16, menjadi tempat kediaman musim panas Paus. Paus tinggal di sana selama tiga bulan dalam setahun.

Negara Vatikan berdiri tanggal 11 Februari 1929, setelah pemerintah Italia dan Tahta Suci menandatangani Perjanjian Lateran. Perjanjian yang mengakiri ketegangan yang sudah berlangsung selama 60 tahun setelah pendudukan Roma oleh pasukan Viktor Emmanuel II dari Italia. Perjanjian itu mengakui status internasional Tahta Suci, dan menetapkan otoritas Paus atas Vatikan. Dalam perjanjain itu juga pemerintah Italia melakukan penggantian keuangan properti-properti yang pernah disita dari gereja, dan memberi status esktrateritorial pelbagai bangunan di Kota Roma. Pada pihak lain, Vatikan mengakui legitimasi pemerintah Italia.

Vatikan merupakan monarki non-turun temurun paling tua di dunia. Kepala negara yang berdaulat ini adalah Paus. Di samping menjadi kepala negara Vatikan, Paus juga menjadi uskup Keuskupan Roma (Tahta Suci). Paus dipilih oleh Kolegialitas Kardinal.

Para Paus telah berdiam di Roma selama 2000-an tahun sejarah kekristenan, dan Italia memainkan peran besar dalam kehidupan Vatikan. Sebagian besar tenaga kerja yang bertanggung jawab untuk menjalankan kelangsungan Vatikan berasal dari Italia. Negara ini juga mempercayakan kepada pemerintah Italia beberapa kebutuhan mendasar, seperti listrik dan air. Hubungan ini didasarkan pada rasa saling menghargai. Vatikan tidak bisa bertahan tanpa bantuan Italia dan orang-orang Italia mengakui peran penting Vatikan bagi industri pariwisata yang sangat menguntungkan Italia.

Dewasa ini, negara kecil ini menjadi rumah spiritual bagi sekitar 1,2 miliar umat Katolik seluruh dunia, dan merupakan salah satu dari tempat-tempat penyimpanan termasyhur kesenian Barat di dunia.

Kendati kecil, negara Vatikan sangat berpengaruh. Suaranya didengar oleh setiap bangsa, termasuk negara adidaya seperti Amerika Serikat.***

Oleh Jan Nabut
Sumber



Vatican sungguh unik, indah, dan sangat dicintai.

cheers

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content




PostSubyek: Re: Mengenal Vatican City   Today at 06:55

Kembali Ke Atas Go down
 
Mengenal Vatican City
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» [RS/HF/FS/FSC] City Under Siege 2010 DVDRip XviD-GAYGAY 700MB
» Parkir Khusus 250 di Senayan City Tarifnya Gilaaaaak
» sudco CR 33
» Jual Mio Soul Lowrider tahun 2010
» Hobi Airsoft-gun

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Ladang Tuhan Baru :: Diskusi Umum :: Wisata dan Kuliner-
Navigasi: