Ladang Tuhan Baru
Selamat datang kepada sesama saudara Kristen dan saudara lain iman. Mari kita saling kenal dalam suasana bersahabat.

Ladang Tuhan Baru

Forum Komunitas Kristen
 
IndeksIndeks  PencarianPencarian  PendaftaranPendaftaran  LoginLogin  

Share | 
 

 simbol Salib dan makna Stauross

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
Pecinta Ibadah
Tamtama
Tamtama


Jumlah posting : 10
Join date : 02.04.13
Lokasi : Bekasi

PostSubyek: simbol Salib dan makna Stauross   3rd April 2013, 06:46

Salam,

Ini Thread ke-2 dari saya, setelah yang pertama masuk ke keranjang sampah karena kibijakan moderator dengan alasanya sendiri.

Langsung saja saya tanyakan lagi dengan Materi yang hampir sama agar materi yang lalu bisa dikaji secara Tuntas dan mohon maaf sebelumnya jika dibolehkan saya hanya mengundang teman diskusi yang berstatus anggota saja karena biar seimbang. Ibarat sedang bertarung sama2 prajurit. Tidak seimbang jika prajurit melawan komandan bahkan rajanya.

moderator dan admin yang ikutan diskusi cenderung tidak fokus dengan tugasnya memoderasi, harap dimaklumi ini bukan PERINTAH atau sok MENGATUR namun hanya sebuah PERMINTAAN. Baik diterima atau tidak tetap menjadi hak pengurus sebagai Tuan rumah.

Pertanyaan: apa makna etimologi Stauross dan di diterjemahkan LAI dengan kata Salib baik kata benda dan kerjanya?, apakah simbol Salib berarti juga simbol sebagai interprestasi Stauross yang dipakai sebagai simbol kekristenan?

Terima Kasih,,
Kembali Ke Atas Go down
Pecinta Ibadah
Tamtama
Tamtama


Jumlah posting : 10
Join date : 02.04.13
Lokasi : Bekasi

PostSubyek: Re: simbol Salib dan makna Stauross   3rd April 2013, 11:03

Bahan pertimbangan:

Yesus di atas tiang dengan kedua tangan di atas kepalanya, dan bukan di atas kayu salib tradisional?

Kata Yunani yang diterjemahkan ”salib” dalam banyak terjemahan Alkitab modern (”tiang siksaan” dalam NW) adalah stau·ros′. Dalam bahasa Yunani klasik, kata ini berarti sebuah tiang yang lurus, atau tiang pagar. Belakangan kata itu juga digunakan untuk tiang hukuman dengan palang yang melintang. The Imperial Bible-Dictionary mengakui hal ini, ”Kata Yunani untuk salib, [stau·ros′], yang tepatnya berarti tiang, tiang yang lurus, atau sebuah tiang pagar, yang di atasnya sesuatu dapat digantungkan, atau yang dapat digunakan untuk memantek [memagari] sebidang tanah. . . . Bahkan di antara orang-orang Romawi, crux (asal kata cross atau salib) tampaknya mula-mula adalah sepotong kayu lurus.”—Diedit oleh P. Fairbairn (London, 1874), Jil. I, hlm. 376.

Apakah demikian halnya sehubungan dengan penghukuman Putra Allah? Perlu diperhatikan bahwa Alkitab juga menggunakan kata xy′lon untuk menyatakan alat yang digunakan. A Greek-English Lexicon, oleh Liddell dan Scott, memberikan arti-arti sebagai berikut: ”Kayu yang dipotong dan siap digunakan, kayu bakar, kayu untuk bangunan, dsb. . . . sepotong kayu, kayu gelondongan, balok, tonggak, . . . pentung yang pendek, alat pemukul dari kayu, . . . tiang tempat penjahat dipakukan . . . dari kayu hidup, pohon.” Juga dikatakan ”dalam NT, dari salib”, dan mengutip Kisah 5:30 dan 10:39 sebagai contoh. (Oxford, 1968, hlm. 1191, 1192) Akan tetapi, dalam ayat-ayat itu, KJ, RS, JB, dan Dy menerjemahkan xy′lon sebagai ”pohon”. (Bandingkan terjemahan ini dengan Galatia 3:13; Ulangan 21:22, 23.)

Buku The Non-Christian Cross, oleh J. D. Parsons (London, 1896), mengatakan, ”Tidak ada sebuah kalimat pun dalam banyak tulisan yang membentuk Perjanjian Baru, yang dalam bahasa Yunani aslinya menunjukkan bukti, bahkan yang tidak langsung, bahwa stauros yang digunakan sehubungan dengan Yesus bukan stauros yang biasa; terlebih lagi, tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa itu terdiri bukan dari sepotong kayu saja melainkan dua potong kayu yang dipakukan membentuk salib. . . . Sangat menyesatkan di pihak guru-guru kita untuk menerjemahkan kata stauros sebagai ’salib’ sewaktu menerjemahkan dokumen-dokumen Gereja dalam bahasa Yunani ke dalam bahasa setempat, dan menunjang tindakan itu dengan menaruh kata ’salib’ dalam kamus-kamus kita sebagai arti dari stauros tanpa menjelaskan dengan saksama bahwa salib sama sekali bukan arti utama kata tersebut di zaman Rasul-Rasul, bahwa baru setelah beberapa waktu berselang menjadi arti utamanya. Meskipun tidak ada bukti-bukti yang menguatkan, karena satu atau lain alasan, stauros yang khusus digunakan sehubungan dengan Yesus dianggap berbentuk seperti itu.”—Hlm. 23, 24; lihat juga The Companion Bible (Thetford, England, 1974), Apendiks No. 162.

Jadi, bukti-bukti menyatakan bahwa Yesus mati di atas tiang yang lurus dan bukan di atas salib tradisional.

Apa asal usul salib Susunan Kristen menurut sejarah?

”Berbagai benda dengan macam-macam bentuk salib, yang berasal dari masa-masa pra-Kristen, telah ditemukan hampir di setiap bagian dunia zaman dahulu. Banyak sekali contoh didapati di India, Siria, Persia dan Mesir . . . Penggunaan salib sebagai lambang agama sebelum zaman Kristen dan di antara orang-orang non-Kristen mungkin dapat dianggap hampir universal, dan sering kali

”Bentuk [salib dengan dua bilah kayu] berasal dari Khaldea kuno, dan digunakan sebagai lambang dewa Tamuz (dalam bentuk Tau yang mistik, huruf awal namanya) di negeri itu dan negeri-negeri tetangganya, termasuk Mesir. Pada pertengahan abad ke-3 M gereja-gereja sudah meninggalkan, atau mencemoohkan, doktrin-doktrin tertentu iman Kristen. Untuk menaikkan gengsi sistem gereja yang murtad, orang-orang kafir diterima di gereja-gereja tanpa ditobatkan melalui iman, sebagian besar diizinkan untuk mempertahankan tanda-tanda dan lambang-lambang kafir mereka. Karena itu Tau atau T, dalam bentuknya yang paling umum, dengan bagian yang melintang diturunkan, diterima untuk menggambarkan salib Kristus.”—An Expository Dictionary of New Testament Words (London, 1962), W. E. Vine, hlm. 256.

”Aneh, tetapi merupakan fakta yang tidak diragukan, bahwa berabad-abad sebelum kelahiran Kristus, dan sejak saat itu di negeri-negeri yang belum tersentuh oleh pengajaran Gereja, Salib sudah digunakan sebagai lambang yang suci. . . . Dewa Bakkhus dari Yunani, Tamuz dari Tirus, Bel dari Khaldea, dan Dewa Odin dari Norwegia, semua dilambangkan dengan alat berbentuk salib oleh penganut-penganut mereka.”—The Cross in Ritual, Architecture, and Art (London, 1900), G. S. Tyack, hlm. 1.

”Salib dalam bentuk ’Crux Ansata’ . . . dibawa dalam tangan imam-imam Mesir dan raja-raja Pontiff sebagai lambang kekuasaan mereka sebagai imam bagi dewa Matahari dan disebut ’Tanda Kehidupan’.”—The Worship of the Dead (London, 1904), Kolonel J. Garnier, hlm. 226.

”Bermacam-macam bentuk salib ditemukan di mana-mana pada monumen-monumen dan makam-makam Mesir, dan oleh banyak ahli dianggap sebagai lambang falus [lambang alat kelamin laki-laki] atau lambang persetubuhan. . . . Di makam-makam Mesir crux ansata [salib dengan lingkaran atau pegangan di atasnya] ditemukan berdampingan dengan falus.”—A Short History of Sex-Worship (London, 1940), H. Cutner, hlm. 16, 17; lihat juga The Non-Christian Cross, hlm. 183.

”Salib-salib ini digunakan sebagai lambang dewa matahari orang Babilonia, ⊕, dan mula-mula muncul pada uang logam Yulius Cæsar, 100-44 SM, dan kemudian pada uang logam yang dicetak oleh ahli waris Cæsar (Agustus), 20 SM. Pada uang logam Konstantin, bentuk yang paling umum ialah ☧; tetapi lambang yang sama digunakan tanpa bulatan yang mengelilinginya, dan dengan empat garis vertikal dan horisontal yang sama panjang; dan ini merupakan lambang yang terutama dipuja sebagai ’Roda Surya’. Perlu dinyatakan bahwa Konstantin adalah penyembah dewa matahari, dan tidak mau memasuki ’Gereja’ sampai kira-kira seperempat abad setelah legenda bahwa ia pernah melihat salib seperti itu di langit.”—The Companion Bible, Apendiks No. 162; lihat juga The Non-Christian Cross, hlm. 133-141.

⁠Publikasi Bahasa Indonesia (2000-2013)⁠ 

Apakah pemujaan salib dibenarkan Alkitab?

1 Kor. 10:14: ”Saudara-saudara yang kukasihi, larilah dari penyembahan berhala.” (Berhala adalah sebuah patung atau lambang yang merupakan benda yang sangat dipuja, dimuliakan, atau disembah.)

Kel. 20:4, 5, TB: ”Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apapun yang ada di langit di atas, atau yang ada di bumi di bawah, atau yang ada di dalam air di bawah bumi. Jangan sujud menyembah kepadanya atau beribadah kepadanya.” (Perhatikan bahwa Allah memerintahkan agar umat-Nya bahkan tidak membuat patung untuk disembah.)

Komentar dari New Catholic Encyclopedia ini menarik, ”Lambang kematian tebusan Kristus di Golgota tidak muncul dalam bentuk karya seni abad-abad pertama Kristen. Orang Kristen masa awal, karena dipengaruhi oleh larangan mengenai patung ukiran dari Perjanjian Lama enggan untuk menggambarkan bahkan alat Penderitaan Tuan.”—(1967), Jil. IV, hlm. 486.

Mengenai umat Kristen abad pertama, History of the Christian Church mengatakan, ”Salib dan benda yang menggambarkan salib tidak pernah digunakan.”—(New York, 1897), J. F. Hurst, Jil. I, hlm. 366.
Kembali Ke Atas Go down
Silancah
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1492
Join date : 29.01.11
Lokasi : Bandung Barat

PostSubyek: Re: simbol Salib dan makna Stauross   10th April 2013, 17:08

Saya kurang paham dengan apa yang ditanyakan saudara pecinta ibadah di atas.

Apakah maksudnya, Yesus tidak disalibkan dalam Salib dalam artian dua papan yang diletakkan bersilangan yang seperti kita kenal bersama saat ini?

Ada rekan2 Kristiani yang berkenan menanggapi pertanyaannya?
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: simbol Salib dan makna Stauross   10th April 2013, 17:27

He he he he, pertanyaan itu pada dasarnya bukanlah pertanyaan dari Muslim, kang. Karena Muslim tidak pernah mempermasalahkan BENTUK salib dimana Jesus wafat.

Pertanyaan yang mengada ada itu adalah ulah saksi saksi yehuwa, yang mengatakan bahwa bentuk salib yang digunakan untuk membunuh Jesus tidak seperti yang kita kenal itu (palang vertical dan palang horizontal), tetapi hanya merupakan palang vertical.

Alasannya, karena palang bersilang, oleh mereka (ssy) dianggap sebagai lambang pagan, banyak dipergunakan oleh para pendeta mesir kuno. Mereka lupa, bahwa yang menyalibkan Jesus adalah orang orang penganut pagan (romawi).

Alasan tambahan yang mereka gunakan adalah berbagai otak atik bahasa Yunani, yang sejatinya tidak dikuasai oleh para pimpinan ssy saat itu.

Nah, karena TS minta saya untuk tiak terlibat menjawab karena saya moderator, dan karena TS juga menghilang secara tiba tiba tidak pernah muncul lagi. Maka saya tidak menjawab pertanyaan beliau. Tetapi, saya berikan jawaban pada thread yang berbeda, [You must be registered and logged in to see this link.] agar setidaknya TS mengetahui apa yang benar.


Salam

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Silancah
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1492
Join date : 29.01.11
Lokasi : Bandung Barat

PostSubyek: Re: simbol Salib dan makna Stauross   10th April 2013, 17:58

Terima kasih bang...

Nanti saya coba meluncur ke thread yang telah bang bruce buat.

Kembali Ke Atas Go down
nothingman
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1503
Join date : 13.11.12

PostSubyek: Re: simbol Salib dan makna Stauross   12th April 2013, 10:45

tau nda yg membuat member Kristen/Katolik diforum ini malas menanggapi postingan dr bro Pecinta Ibadah..??

Sebab antara keterangan/postingan dgn pertanyaan yg diajukan ol bro PI tidak ada kaitan/hubungannya...!!!!

coba rekan2 perhatikan postingan dr Pecinta Ibadah diatas.. Apakah hubungan bentuk salib (entah berbentuk silang macem huruf (X), tanda plus (+), bentuk tiang, atau berbentuk bujur sangkar sekalipun), dan sejarah ttg berbagai bentuk Salib tsb dgn pertanyaan yg diajukan ol bro PI, yaitu ttg penyembahan berhala..
ini pertanyaan yg diajukan ol bro PI:
Pecinta Ibadah wrote:

Apakah pemujaan salib dibenarkan Alkitab?
mau salib berbentuk spt apapun, TIDAK ADA HUBUNGANNYA dgn pemujaan/penyembahan terhadap Salib tsb...

dan klo bro PI memganggap umat Kriten/Katolik melakukan penyembahan thd Salib itu sama dgn menyembah berhala.. tentu nda usah pake banyak diskusi lg, cukup dikasih pertanyaan atau persamaannya aj, dgn umat Muslim yg sholat dgn sujud menghadap Kabah atau mengelilinginya dan mencium2 batu item hajar aswat itu...

pertanyaan yg diajukan bro Pecinta Ibadah, layaknya sebuah pertanyaan yg dilontarkan ol anak SD aj... harus dijelaskan lg ttg perbedaan antara bentuk penyembahan dan penghormatan...
[You must be registered and logged in to see this image.]
Kembali Ke Atas Go down
heinskle
Calon Perwira
Calon Perwira


Jumlah posting : 326
Join date : 04.12.11

PostSubyek: Re: simbol Salib dan makna Stauross   22nd May 2013, 18:19

nothingman wrote:
tau nda yg membuat member Kristen/Katolik diforum ini malas menanggapi postingan dr bro Pecinta Ibadah..??

Sebab antara keterangan/postingan dgn pertanyaan yg diajukan ol bro PI tidak ada kaitan/hubungannya...!!!!

coba rekan2 perhatikan postingan dr Pecinta Ibadah diatas.. Apakah hubungan bentuk salib (entah berbentuk silang macem huruf (X), tanda plus (+), bentuk tiang, atau berbentuk bujur sangkar sekalipun), dan sejarah ttg berbagai bentuk Salib tsb dgn pertanyaan yg diajukan ol bro PI, yaitu ttg penyembahan berhala..
ini pertanyaan yg diajukan ol bro PI:
Pecinta Ibadah wrote:

Apakah pemujaan salib dibenarkan Alkitab?
mau salib berbentuk spt apapun, TIDAK ADA HUBUNGANNYA dgn pemujaan/penyembahan terhadap Salib tsb...

dan klo bro PI memganggap umat Kriten/Katolik melakukan penyembahan thd Salib itu sama dgn menyembah berhala.. tentu nda usah pake banyak diskusi lg, cukup dikasih pertanyaan atau persamaannya aj, dgn umat Muslim yg sholat dgn sujud menghadap Kabah atau mengelilinginya dan mencium2 batu item hajar aswat itu...

pertanyaan yg diajukan bro Pecinta Ibadah, layaknya sebuah pertanyaan yg dilontarkan ol anak SD aj... harus dijelaskan lg ttg perbedaan antara bentuk penyembahan dan penghormatan...
[You must be registered and logged in to see this image.]

Sabar bro....Pencinta Ibadah hanya berniat mengkecohkan suasana doank.

yang pasti kata " Salib = Silang = Dua garis yang saling berpotongan "

Simbol Kristen "salib" diangkat dengan menggunakan simbol " + " ; berdasarkan 2 hukum 'Kasih'
1. " Garis Vertikal " menyimbolkan Kasih secara vertikal diantara manusia dengan Allah
2. " Garis Horizontal " menyimbolkan Kasih secara horizontal terhadap sesama manusia.

dari semua hukum-hukum yang ada serta perintah-perintah yang harus dipatuhi dan dilakukan oleh manusia didunia ini baik yang ada didalam Alkitab baik Perjanjian lama sampai Perjanjian Baru, Alquran ; Veda dan kitab2 lainnya, semuanya mengarah kepada hukum Kasih tersebut.

Hal tersebut harus diakui baik dari agama manapun juga, kecuali mereka yang diluar konteks keimanan.
Kembali Ke Atas Go down
nothingman
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1503
Join date : 13.11.12

PostSubyek: Re: simbol Salib dan makna Stauross   25th May 2013, 13:13

Loh Oom Momod, napa trit yg ini jg nda sekalian aj di tutup..??
sptnya trit ini jg sudah terjawab, dan sudah ada penjelasan dr bro Bruce di trit sebelah ttg bentuk Salib dan Stake.. lg pula TSnya jg sudah kabur dan nda berniat nerusin diskusi di trit ini..
jadiii... sekalian aj dieksekusi lah... [You must be registered and logged in to see this image.]
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: simbol Salib dan makna Stauross   25th May 2013, 15:22

Ha ha ha ha, tainya karena atas request TS, yang minta saya gak ikut ikut mereply, saya biarkan saja agar berkembang. Tetapi karena sepertinya juga TS gak tahu apa yang ingin dibahas, selain modal awal yang sudah dikeluarkan semua, maka sepertinya usul anda untuk di lock, bisa dilaksanakan.

Oke, sampai bertemu di thread lain yang menarik dan berkualitas.

Laughing

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content




PostSubyek: Re: simbol Salib dan makna Stauross   Today at 02:49

Kembali Ke Atas Go down
 
simbol Salib dan makna Stauross
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» Vlad Dracula " Kisah Nyata Pembantai Umat Islam Dalam Perang Salib
» Kutipan Kata2 di novel Sherlock Holmes!
» Wortel, Telur, Biji Kopi
» 7 Larangan Setelah Makan
» Arti seorang bro Taufik....

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Ladang Tuhan Baru :: Forum Terbuka :: Diskusi - Non-Kristen Bertanya Kristen Menjawab-
Navigasi: