Ladang Tuhan Baru
Selamat datang kepada sesama saudara Kristen dan saudara lain iman. Mari kita saling kenal dalam suasana bersahabat.

Ladang Tuhan Baru

Forum Komunitas Kristen
 
IndeksIndeks  PencarianPencarian  PendaftaranPendaftaran  LoginLogin  

Share | 
 

 Usulan pembentukan Organisasi/Forum Apologis Katolik

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
St Yopi
Calon Perwira
Calon Perwira


Jumlah posting : 428
Join date : 24.10.12

PostSubyek: Usulan pembentukan Organisasi/Forum Apologis Katolik   15th April 2013, 00:15

Berdasarkan diskusi dengan beberapa Moderator, maka timbullah gagasan untuk membentuk sebuah Organisasi/Forum yang mewadahi para Apologis Katolik,

Berikut copy dari diskusi yang ada (nama dan beberapa bagian diskusi diedit demi kenyamanan bersama):

* Organiasi apologiser.. Yg banyak punya dasar dan refrensi.... Bagi para katolik yg ingin mendapat refrensi, dan pengetahuan.

* Nanti kita kontak2an buat bikin Organisasi Apologis Katolik ya... Aku tertarik kalau ada Organisasi resminya, apalagi nanti kita minta ke Keuskupan setempat (masing2 cab) memberikan Pastor pendamping...

* Keprihatinan kita (latar belakang masalahnya) adalah...: banyaknya orang katolik tidak mengenal iman mereka secara benar. Sehingga menjadi 'santapan empuk' pembelokan oleh.. Katakanlah ABK

* Saya sependapat ttg pengenalan iman seorang Katolik. Saya sendiri, sering terjerumus ke nalar saja, tanpa membanding ke KGK, sebab, saya rada males bacanya, yang tebal.

* Saya yakin setiap Keuskupan pasti punya putra-putri yg tertarik akan hal berapologis.

* Sekalian saya buatkan Dasar Hukumnya, Akte Notaris plus pendaftaran ke Dephumhamnya, termasuk pendaftaran ke Depdagri dan PN... Nanti, kantor pusat di Jakarta kita minta bantuan ke bro Bruce aja, eh, sekalian kita floorkan di LTB masalah pembentukan Organisasi Apologis Katolik, gimana?

* Kita buat adart, lalu dasar hukum organisasinya (legalitas) plus minta restu ke Gereja. Nama Front pembela katolik (FPK) tapi bukan sejenis FPI.. Hahahaha...... Kalau menurut saya fungsi utamanya adalah membentuk wadah bagi putra-putri katolik yg ingin memperdalam iman, dan pemahaman iman katolik. Secara lebih spesifik... Lebih apologis... Juga berguna bagi saluran dialog antar umat beragama Katolik

* Maaf, saya kurang sepakat dengan Forum Pembela Katolik, sebab, terkandung makna bahwa Katolik itu lemah sehingga perlu dibela.

* Saya lebih setuju dengan Forum Pengenalan Katolik, atau yg senada dengan itu. Kegiatan utamanya, yah itu tadi, mengenalkan Katolik apa adanya, agar partisipan di sana terhindar dari kebutaan iman Katolik.

* Kalau saya setujunya kurang lebih:

"Forum Iman Katolik"

Lebih netral dan tidak cenderung agresif, walaupun bisa ditambahkan juga kata "Apologis" didalamnya :)

Silahkan bagi yang ingin ikut memberikan sumbangsih pikiran dll...
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: Usulan pembentukan Organisasi/Forum Apologis Katolik   15th April 2013, 08:04

Setuju.

Saya ikut mendukung. Menurut pemahaman saya, memang sangat banyak pihak yang 'mengkritisi' iman Katolik, dengan mebandingkan dengan iman yang dimiliki.

Para pihak tersebut mendasarkan 'kritikan' yang dilakukannya hanya berdasarkan apa yang dilihat dari pelaksanaan hidup keberimanan Katolik. Orang melihat bahwa di bangunan-bangunan Gereja Katolik terdapat banyak reliki, dikritik. Orang Katolik melakukan devosi, dikritik. Orang Katolik melakukan ekaristi, dikritik.

Semua 'kritikan' tersebut dilakukan tanpa mendalami atau mengetahui latar dan tujuan pengejawantahan keberimanan Katolik. Karena itu, saya kira, adalah perlu ada suatu wadah, katakanlah forum, dimana Katolik dikenalkan apa adanya, dengan bahasa awam. Dengan adanya wadah atau forum seperti itu, maka setiap orang yang ingin mengenal Keberimanan Katolik bisa mendapat jawaban atas pertanyaan atau 'kritikan' yang dilontarkan.

Bahkan, orang yang secara administratif sudah terdaftar sebagai seorang Katolikpun, dapat meningkatkan pemahaman keimanannya melalui wadah atau forum dimaksud. Dengan demikian, maka idealnya, terciptalah orang Katolik yang mengenal dan mengetahui keimanannya, sehingga dapat mempertanggungjawabkan imannya, baik kepada sesama Katolik maupun kepada Non Katolik. Dan, pihak Non Katolik mengenal Katolik lebih pas, tanpa harus membenci.

Jika setelah mengenal Katolik sebagaimana adanya, orang Non Katolik tetap tidak memilih Katolik sebagai keimanannya, dia merdeka, tetapi di benaknya tidak lagi mengasosiasikan Katolik secara salah.

Jadi, saya ikut mendukung terbentuknya wadah atau forum seperti itu.

Damai, damai, damai.

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Usulan pembentukan Organisasi/Forum Apologis Katolik   15th April 2013, 08:18

Quote :
* Sekalian saya buatkan Dasar Hukumnya, Akte Notaris plus pendaftaran ke Dephumhamnya, termasuk pendaftaran ke Depdagri dan PN... Nanti, kantor pusat di Jakarta kita minta bantuan ke bro Bruce aja, eh, sekalian kita floorkan di LTB masalah pembentukan Organisasi Apologis Katolik, gimana?

Mendadak tersedak dan tidak bisa berkata kata....

Shocked

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: Usulan pembentukan Organisasi/Forum Apologis Katolik   15th April 2013, 08:30

bruce wrote:
Quote :
* Sekalian saya buatkan Dasar Hukumnya, Akte Notaris plus pendaftaran ke Dephumhamnya, termasuk pendaftaran ke Depdagri dan PN... Nanti, kantor pusat di Jakarta kita minta bantuan ke bro Bruce aja, eh, sekalian kita floorkan di LTB masalah pembentukan Organisasi Apologis Katolik, gimana?

Mendadak tersedak dan tidak bisa berkata kata....

Itu karna Glomod meninggalkan 'gelanggang', yaitu grup yang telah Glomod bentuk sendiri. Disana dibahas cikal-bakal pemikiran tersebut, dan kemudian dipindah ke LTB ini, membuat Glomod tersedak.

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Usulan pembentukan Organisasi/Forum Apologis Katolik   15th April 2013, 09:04



Laughing

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: Usulan pembentukan Organisasi/Forum Apologis Katolik   16th April 2013, 14:34

Bagaimana pendapat Nothingman & Joan86?

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
cinzano
Moderator
Moderator


Jumlah posting : 2124
Join date : 26.10.12
Lokasi : Buaya City

PostSubyek: Re: Usulan pembentukan Organisasi/Forum Apologis Katolik   16th April 2013, 17:02


Wahh kalo dapat terbentuk ... bagus sekali.

Bahasan di forum2 lain yang bertendensi menyerang secara membabi buta dapat dibahas dengan fair di forum ini.



thumb up ............. Go Mr. Bruce & Mr. Yopi
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: Usulan pembentukan Organisasi/Forum Apologis Katolik   17th April 2013, 09:54

cinzano wrote:
............. Go Mr. Bruce & Mr. Yopi
Lhoh, ngapa diminta go? Kalau saya bilang, "Min, Mod, silahkan eksekusi".

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
cinzano
Moderator
Moderator


Jumlah posting : 2124
Join date : 26.10.12
Lokasi : Buaya City

PostSubyek: Re: Usulan pembentukan Organisasi/Forum Apologis Katolik   17th April 2013, 11:51

Husada wrote:
cinzano wrote:
............. Go Mr. Bruce & Mr. Yopi
Lhoh, ngapa diminta go? Kalau saya bilang, "Min, Mod, silahkan eksekusi".


Min & Mod .......


Ayo dieksekusi ............. cheers
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Usulan pembentukan Organisasi/Forum Apologis Katolik   17th April 2013, 12:11




Udah om.....


_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
nothingman
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1503
Join date : 13.11.12

PostSubyek: Re: Usulan pembentukan Organisasi/Forum Apologis Katolik   17th April 2013, 13:21

Husada wrote:
Bagaimana pendapat Nothingman & Joan86?
sy sangat setuju sekali dgn ide tsb diatas..
tp klo boleh memberi sedikit saran ya Oom Hus, klo bisa bentuknya bukan seperti forum diskusi spt yg ada di LTB ini atau forum2 diskusi sejenis yg lainnya.. sy sih mengharapkan bentuk organisasi/wadah tsb seperti gudang data/referensi/ensiklopedia terkait dokumen2 atau ajaran2 iman Katolik..
jd bukan tempat utk berdebat spt yg ada diforum ini bro, ya mungkin disediakan tempat utk tanya-jawab tp bukan utk memperdebatkan ajaran2 tsb.. klo ingin memperdebatkannya kan bisa diforum lain atau di forum LTB ini..
kan ada banyak tuh dokumen2 yg dimiliki Gereja entah yg masih berbahasa Latin atau Inggris yg dijadikan dasar pedoman ajaran2 Gereja Katolik, entah itu ttg deposit iman, dogma/doktrin, atau ttg Liturgi, atau disiplin iman.. jd kita bisa tau bahwa apa yg diajarkan ol Gereja Katolik ada dasar2/pedomannya, tidak sekedar asal-asalan aj kan bro..

mungkin itu aj dulu usulan dr sy, semoga aj apa yg sudah direncanakan ol Romo dan rekan2 momod yg lain itu bisa segera terwujud.. tentu hal tsb akan membuat kita2 yg awam mjd lebih memahami ttg ajaran2 Gereja Katolik..

Syalom
Kembali Ke Atas Go down
cinzano
Moderator
Moderator


Jumlah posting : 2124
Join date : 26.10.12
Lokasi : Buaya City

PostSubyek: Re: Usulan pembentukan Organisasi/Forum Apologis Katolik   17th April 2013, 16:31



@ Momod Bruce & Mimin Yopi.

Skrg ada Katolisitas, EDO, Iman Katolik dll.

Perbedaan utamanya dengan rencana forum aplogis apa ya ?


Thanks

GBU
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: Usulan pembentukan Organisasi/Forum Apologis Katolik   17th April 2013, 17:44

Kelihatannya, saya sekeinginan dengan Nothingman. Untuk sementara ini, saya artikan, akan terbentuk lebih sederhana daripada ensuklopedia, sebab, yang akan diangkat adalah hal-hal yang sering ditanyakan Non Katolik, dan hal-hal yang sepele, yang sering terlupakan oleh Katolik.

Tapi, yahh... terserah pada penggagas sih. Mau dibawa kemana, hubungan...


_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Usulan pembentukan Organisasi/Forum Apologis Katolik   17th April 2013, 18:06

cinzano wrote:


@ Momod Bruce & Mimin Yopi.

Skrg ada Katolisitas, EDO, Iman Katolik dll.

Perbedaan utamanya dengan rencana forum aplogis apa ya ?


Thanks

GBU


Seperti yang sudah saya katakan di atas sana om,
saya tidak tahu, tidak terlibat, kalau jaman Jesus, ibarat Pilatus sedang cuci tangan, he he he he.

Laughing

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
St Yopi
Calon Perwira
Calon Perwira


Jumlah posting : 428
Join date : 24.10.12

PostSubyek: Re: Usulan pembentukan Organisasi/Forum Apologis Katolik   18th April 2013, 05:18

bruce wrote:
cinzano wrote:


@ Momod Bruce & Mimin Yopi.

Skrg ada Katolisitas, EDO, Iman Katolik dll.

Perbedaan utamanya dengan rencana forum aplogis apa ya ?


Thanks

GBU


Seperti yang sudah saya katakan di atas sana om,
saya tidak tahu, tidak terlibat, kalau jaman Jesus, ibarat Pilatus sedang cuci tangan, he he he he.

@Cinzano,

Bedanya, mereka didunia maya, mereka seperti LTB, sedangkan yang akan kita bentuk adalah Organisasi Berbadan Hukum, berada didunia nyata, punya kantor real, dsb

Untuk dunia maya, Organisasi tersebut tidak membuat situs/website baru, kita tetap pakai yang sudah ada, yaitu LTB tercinta ini...

@Bruce,

Ndak masalah mau seperti Pilatus, walaupun cuci tangan, Pilatus tetap terlibat, bahkan namanya diabadikan didalam Alkitab dan Credo......
Hahahahahahahahahahahahahahaha..............
Kembali Ke Atas Go down
nothingman
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1503
Join date : 13.11.12

PostSubyek: Re: Usulan pembentukan Organisasi/Forum Apologis Katolik   18th April 2013, 08:54

Quote :

Bedanya, mereka didunia maya, mereka seperti LTB, sedangkan yang akan kita bentuk adalah Organisasi Berbadan Hukum, berada didunia nyata, punya kantor real, dsb

Untuk dunia maya, Organisasi tersebut tidak membuat situs/website baru, kita tetap pakai yang sudah ada, yaitu LTB tercinta ini...
Ooooalaaaaahhh...
tak kirain mau bikin wadah/organisasi di dunia maya macem forum di LTB ini Mooo....
eeh 'kecelik' lg sy....
ya sudah dilanjutken aja Romo rencana tsb, tp nti jangan lupa ya setelah organisasi tsb berdiri, dibuatkan websitenya, sekalian ajaran2 dan dokumen2 yg ada di Gereja Katolik dibuatkan referensi dan gudang datanya, klo ada dokumen2 yg masih berbahasa Latin, sekalian ditranslate ke Inggris atau Indonesia, jd kan klo kita2 mau mencari/butuh bisa cepat didapetinnya...
banyak banget ya permintaannya... hehehehehehe

Syalom
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Usulan pembentukan Organisasi/Forum Apologis Katolik   18th April 2013, 09:23

Quote :
@Bruce,

Ndak masalah mau seperti Pilatus, walaupun cuci tangan, Pilatus tetap terlibat, bahkan namanya diabadikan didalam Alkitab dan Credo......
Hahahahahahahahahahahahahahaha...


Ampuuuuuunnn min


d\'oh

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: Usulan pembentukan Organisasi/Forum Apologis Katolik   18th April 2013, 10:14

Nah, makin jelas, bukan?

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
Onde32lumut
Tamtama
Tamtama


Jumlah posting : 44
Join date : 27.10.12

PostSubyek: Re: Usulan pembentukan Organisasi/Forum Apologis Katolik   18th April 2013, 15:35

St Yopi wrote:
bruce wrote:
cinzano wrote:


@ Momod Bruce & Mimin Yopi.

Skrg ada Katolisitas, EDO, Iman Katolik dll.

Perbedaan utamanya dengan rencana forum aplogis apa ya ?


Thanks

GBU


Seperti yang sudah saya katakan di atas sana om,
saya tidak tahu, tidak terlibat, kalau jaman Jesus, ibarat Pilatus sedang cuci tangan, he he he he.

@Cinzano,

Bedanya, mereka didunia maya, mereka seperti LTB, sedangkan yang akan kita bentuk adalah Organisasi Berbadan Hukum, berada didunia nyata, punya kantor real, dsb

Untuk dunia maya, Organisasi tersebut tidak membuat situs/website baru, kita tetap pakai yang sudah ada, yaitu LTB tercinta ini...

@Bruce,

Ndak masalah mau seperti Pilatus, walaupun cuci tangan, Pilatus tetap terlibat, bahkan namanya diabadikan didalam Alkitab dan Credo......
Hahahahahahahahahahahahahahaha..............

iya.. begitu lho....

jadi..., kita mencoba nyata.. kita mencoba resmi, kita mencoba masuk menjadi sebuah kegerakan yang lebih nyata..
kegerakan yang tentu saja direstui dan didukung oleh gereja.

seperti organisasi2 katolik pada umumnya. misalnya: choice, me, wk, omk, dll... walaupun tidak "selekat" dan "setenar" organisasi katolik yg sudah common tersebut. namun setidaknya kita ada, dan nyata, menjadi suatu bagian, atau salah satu lini dalam pembangunan iman hidup menggereja.

kita bisa buat konsepnya terlebih dahulu secara jelas, seperti proposal pada umumnya, supaya kita bisa dengan mudah mengkomunikasikan pada Gereja.. atau pada organisasi2 gereja yang prospektif. misal OMK dll...

cita2 tertingginya adalah, supaya bisa ada sebuah wadah pengenalan iman secara lebih mendalam, dengan anggota2 yang sungguh mempunyai minat mengetahui iman katoliknya disetiap paroki.

saya percaya, dengan mengenal maka orang bisa semakin mencintai dan membanggai iman katolik mereka.

kenyataan yang ada, kurang dari 30% orang katolik mengetahui iman katolik mereka dengan baik.
setidaknya itulah survey di katolisitas tentang transubstansi. itu baru ttg transubstansi, belum yang lainnya.
Kembali Ke Atas Go down
siip
Perwira Pertama
Perwira Pertama


Jumlah posting : 630
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Usulan pembentukan Organisasi/Forum Apologis Katolik   23rd April 2013, 12:46

Ini skrg jd 'semacam' forum Katolik-kah?
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Usulan pembentukan Organisasi/Forum Apologis Katolik   23rd April 2013, 12:55

siip wrote:
Ini skrg jd 'semacam' forum Katolik-kah?

Hallo bro, kemana aja lama tidak mampir?

Cool

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
siip
Perwira Pertama
Perwira Pertama


Jumlah posting : 630
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Usulan pembentukan Organisasi/Forum Apologis Katolik   23rd April 2013, 13:26

hehehe....emang udah lama ga kmana-mana...sibuk ooommm
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Usulan pembentukan Organisasi/Forum Apologis Katolik   23rd April 2013, 13:36

Kalau sedang kebanjiran project, bagi bagi dong ....

Laughing

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
St Yopi
Calon Perwira
Calon Perwira


Jumlah posting : 428
Join date : 24.10.12

PostSubyek: Re: Usulan pembentukan Organisasi/Forum Apologis Katolik   23rd April 2013, 13:39

siip wrote:
Ini skrg jd 'semacam' forum Katolik-kah?
Tidak juga, LTB tetap LTB, yang hendak dibentuk adalah organisasi resmi yang terdaftar berbadan hukum dan juga terdaftar resmi di Gereja Katolik, mempunyai kantor dan sekretariat real, bukan "hanya sebatas" didunia maya saja.

Salam

Catatan: "hanya sebatas" adalah sebuah ungkapan karena sebenarnya dunia maya justru tidak terbatas, namun tidak real.
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: Usulan pembentukan Organisasi/Forum Apologis Katolik   23rd April 2013, 16:45

siip wrote:
Ini skrg jd 'semacam' forum Katolik-kah?
Hehheehheeehheeee... Siip, kayaknya, beberapa LTBers ingin menggunakan forum ini sebagai cikal-bakal penggodokan suatu hasrat membentuk organisasi kategorial.

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content




PostSubyek: Re: Usulan pembentukan Organisasi/Forum Apologis Katolik   

Kembali Ke Atas Go down
 
Usulan pembentukan Organisasi/Forum Apologis Katolik
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» [Tutorial] Cara membuat forum forumotion
» Pembentukan chapter Ninja 250 Balikpapan
» Forum untuk perkuliahan
» Tukeran No HP yuk...
» Biodata Lina

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Ladang Tuhan Baru :: Semua Mengenai Ladang Tuhan Baru :: Informasi-
Navigasi: