Ladang Tuhan Baru
Selamat datang kepada sesama saudara Kristen dan saudara lain iman. Mari kita saling kenal dalam suasana bersahabat.

Ladang Tuhan Baru

Forum Komunitas Kristen
 
IndeksIndeks  PencarianPencarian  PendaftaranPendaftaran  LoginLogin  

Share | 
 

 Kronologi turunnya Al Quran dan Abrogations Ayat Al-Quran

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
Pilih halaman : Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8  Next
PengirimMessage
nothingman
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1503
Join date : 13.11.12

PostSubyek: Re: Kronologi turunnya Al Quran dan Abrogations Ayat Al-Quran    25th April 2013, 13:22

bruce wrote:

Saya melihat sepertinya terjadi kebuntuan dalam diskusi ini. Dalam hal materi yang dibahas, dimana adalah ayat AlQuran, yang adalah kitab suci bagi umat Muslim. maka jika pertanyaan dari pihak non-Muslim sudah dijawab oleh pihak Muslim, selayaknya kita menghargai dan menerimanya.

Mungkin masih tidak sesuai dengan apa yang kita pahami, tetapi tentu kita tidak bisa memaksakan apa yang kita pahami untuk juga jadi dasar pemahaman pihak Muslim. Hal mana tentu berlaku untuk kedua belah pihak.

waduuh, menurut sy masih belum Oom Bruce..

Sy belum memberikan penjelasan sy terkait ayat2 Perang yg dimaksud, dan tentu nti dlm memberikan penjelasan tsb sy pasti jg akan menggunakan apa yg mjd dasar dlm agama Islam sendiri.. sy tidak akan menggunakan asumsi/pandangan pribadi sy kok..

bro Bruce nti jg bisa melihat kok apa yg menjadi argumen pendapat sy tersebut, karna semalam sy sampai dirumah sudah agak larut dan sy sangat lelah, jd sy belum sempat memaparkan penjelasan sy terkait ayat2 Pedang itu.. Semoga nti malam setibanya dirumah sy ada kesempatan memberikan penjelasan terkait masalah yg sedang dibahas ini..

Sy mohon kesabaran dr bro Bruce utk memberikan kesempatan pd sy dlm memaparkan pendapat/penjelasan sy terkait ayat2 Quran ttg jihad/peperangan tsb..

dan sy sama sekali tidak berniat 'ngeyel' atau membantah penjelasan yg diberikan ol bro Raihan kok bro.. sebab apa yg akan sy sampaikan nanti sesuai dgn dasar2 yg ada dlm ajaran Islam sendiri, dan sy pun selalu menyertai sumber2/link2 yg sy gunakan.. jd sy sama sekali tidak menggunakan asumsi/pandangan pribadi sy disini bro, sy hanya mengemukakan apa yg ada dlm sumber2 tsb..

Sungguh tidak adil rasanya bila sy belum diberikan kesempatan utk mengutarakan apa yg mjd argumen pendapat sy tsb bro Bruce.. apapun keputusan anda terkait diskusi sy dan bro Raihan, sy akan sangat menghargainya kok.. tp menurut sy diskusi sy dgn bro Raihan belumlah dimulai, krn sy belum mengemukakan pendapat serta argumen sy yg disertai bukti2/fakta2 yg ada dlm ajaran Islam sendiri bro..

Syalom, peace
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Kronologi turunnya Al Quran dan Abrogations Ayat Al-Quran    25th April 2013, 13:29

Oke, silahkan bro Nothingman dilanjutkan diskusinya.

Hanya mungkin perlu saya ingatkan, bahwa tujuan kita berdiskusi adalah untuk saling memahami lho, bukan saling memaksakan pemahaman kita.

Silahkan bro.


_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
nothingman
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1503
Join date : 13.11.12

PostSubyek: Re: Kronologi turunnya Al Quran dan Abrogations Ayat Al-Quran    25th April 2013, 14:06

bruce wrote:
Oke, silahkan bro Nothingman dilanjutkan diskusinya.

Hanya mungkin perlu saya ingatkan, bahwa tujuan kita berdiskusi adalah untuk saling memahami lho, bukan saling memaksakan pemahaman kita.

Silahkan bro.

Tentu bro Bruce, sy sangat setuju sekali dgn arahan yg diberikan ol anda itu.. klo perlu nti sy hanya memberikan/menampilkan apa yg ada pd sumber2 Islam tsb, spt yg ada pd Tafsir atau Hadist, TANPA MEMBERIKAN PENDAPAT/PANDANGAN pribadi sy.. krn sy merasa 'gerah' jg selalu dituduh bro Raihan menggunakan asumsi/pandangan pribadi..

jd nti sy hanya memaparkan apa yg ada dlm sumber2 tsb, atau paling cm memberikan pertanyaan agar bro Raihan bisa menjelaskannya.. sy janji tidak akan 'ngeyel' atau membantah penjelasan yg diberikan tsb, paling sy cm minta bro Raihan melengkapi penjelasannya itu dgn referensi2 yg ada dlm sumber2 ajaran Islam..

sy jg mohon kpd bro Bruce yg jg sbg Moderator disini ikut menyimak dan memperhatikan materi yg akan sy sampaikan, jika sekiranya ada dr penjelasan/pemaparan dr sy yg dianggap salah atau melewati batas2 kesopanan, silahkan anda ingatkan dan tegur sy aj bro.. anda tidak perlu ragu atau sungkan melakukannya..

tp sekiranya jika ada penjelasan dr bro Raihan yg dianggap tidak menjawab/melebar dr apa yg sy tanyakan, mohon jg anda membantu dgn memberikan pengarahannya jg.. sebab dr kemarin2 pertanyaan sy seputar ayat2 Hadist spt yg ada ditrit sebelah, sampai sekarang jg tidak ada tanggapan atau konfirmasinya tuh..

dan berkali2 bro Raihan bilang/menuding sy menggunakan pemikiran/asumsi pribadi yg menurutnya 'salah' atau tidak beralasan atau tidak sesuai dgn ajaran Islam, tetapi ketika sy tanya mana postingan sy yg dianggap seperti itu, ol bro Raihan tidak dikonfirmasikan/dijawab.. kan sy jd bingung bro, sy tidak tau dimana letak kesalahan sy tsb, sementara bro Raihan terus 'menuding' sy dgn menganggap pemahaman/asumsi sy itu salah dan tidak berdasar ajaran Islam..
bukankah itu artinya bro Raihan sendiri yg telah menuduh sy tanpa bukti bro..?

padahal selama ini dan bisa bro Bruce lihat sendiri, dr postingan2 sy sebelumnya sy selalu menyertakan bukti2/fakta2 spt yg ada dlm ajaran Islam spt yg ada dlm AlQuran, Hadist, dan Tafsir.. dan sy pun selalu menyertakan dr mana sumber2/link tempat sy mengambilnya.. justru bro Raihan selama ini tidak pernah menyertakan dr mana dia mengambil/mendapatkan sumber2 referensinya, dan ketika sy tanyakan dia selalu berkelit dgn mengatakan sumbernya ada dikitab2 yg ada dirumahnya, beliau tidak pernah memberikan sumber referensi yg ada di Internet, krn dibilang sumber2 yg ada di Internet itu semuanya tidak valid alias ngawur semua..

masa iya sih dr jutaan alamat website yg memberikan penjelasan ttg ajaran Islam, TIDAK ADA SATUPUN website yg bisa dipercaya kebenarannya..??
klo gitu apa lah gunanya kemajuan teknologi spt Internet ini, dan apalah gunanya kita berdiskusi didunia maya spt ini..??

kan sebenarnya dr situ kita bisa lihat, siapa diantara kami (sy dan Raihan) yg sebenarnya 'menghambat' jalannya diskusi ini dan siapa yg telah berdiskusi dgn cara yg baik dan benar disini bro..??

Ok, sy serahkan penilaian terhadap diskusi kami berdua kpd bro Bruce, para Moderator dan para pembaca trit ini aj lah, sy nda akan mempermasalahkan ttg hal ini..
sekali lg sy ucapkan terima kasih atas ijin dan kesempatan yg diberikan utk meneruskan pemaparan/pemjelasan sy kpd Bro Bruce.. sekali lg sy mohon kpd anda agar terus menyimak dan mengawasi jalannya diskusi antara kami berdua di trit ini..
thumb up

Syalom, peace
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Kronologi turunnya Al Quran dan Abrogations Ayat Al-Quran    25th April 2013, 14:12

Silahkan bro, monggo

peace

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: Kronologi turunnya Al Quran dan Abrogations Ayat Al-Quran    25th April 2013, 14:50

Saya juga suka dengan trit ini.

Dulu, saya sempat ingin mempelajari Al Qur'an. Tetapi dengan membaca Mukadimmahnya saja (karena yang saya coba baca adalah Al Qur'an dan Terjemahannya), saya langsung kehilangan selera. Nah, dengan adanya trit ini, keinginan yang dulu bisa terpuaskan, meskipun tidak sempurna. Jadi sepanjang dilakukan dengan metode kajian secara dewasa, saya pikir, trit ini cukup bagus. Silahkan dilanjut. Kalau ada yang ingin saya komentari, akan saya sampaikan.

Terima kasih.

Damai, damai, damai. [You must be registered and logged in to see this image.] [You must be registered and logged in to see this image.] [You must be registered and logged in to see this image.]

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
nothingman
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1503
Join date : 13.11.12

PostSubyek: Re: Kronologi turunnya Al Quran dan Abrogations Ayat Al-Quran    25th April 2013, 15:10

Sy ucapkan terimakasih atas dukungan dan kesempatan yg diberikan ol para Momod di LTB ini..
thumb up

memang sebenarnya pembahasan ttg masalah Kronologis waktu turunnya Surat dlm AlQuran dan ttg aturan pembatalan ayat2 AlQuran ini, adlh materi yg cukup 'berat' dan membutuhkan penjelasan yg panjang..

krn ini nti terkait dgn masalah2 lain spt Jihad dan adanya ayat2 yg kontradiktif atau saling bertentangan.. kita tidak akan bisa mengetahui ttg peperangan/Jihad yg dilakukan ol Muhammad dan para pengikutnya itu dgn baik dan jelas, tanpa terlebih dulu mengetahui ttg riwayat turunnya Surat2 tsb..

dan tentu banyak orang yg Non-Muslim spt bro Husada atau bro Bruce sendiri jg bingung ttg adanya ayat2 yg bertentangan itu kan..? bahkan banyak pula penganut Muslim sendiri yg bingung ttg masalah ini, jd apa lg bagi yg non-Muslim spt kita..

Bukannya sy bermaksud 'sok tau' ttg ajaran Islam dan sejarahnya bro.. sebenarnya semua itu ada kok bukti2/fakta2nya dlm sumber2 Muslim sendiri, tp kebanyakan orang2 tidak memahami/mengetahuinya dgn baik, atau malah berusaha 'menafikkan' atau 'menyangkal' bukti2 yg ada tsb..

jd bagaimana mungkin kita bisa tau ttg sejarah terjadinya Jihad dan adanya ayat2 yg bertentangan itu tanpa mengetahui kronologis waktu turunnya Surat/Ayat2 dlm Quran dan aturan abrogation/pembatalan ayat2 Quran..??

apa yg sudah sy sampaikan diatas baru sekedar 'mukadimah' atau 'ayat pembukaannya' aj bro.. pembahasan terkait masalah ini akan lebih jauh berkembang lg..

sekiranya nti sy tetap diberikan kesempatan dan sy jg memiliki waktu yg cukup, mudah2an pembahasan2 itu dpt sy sampaikan diforum ini.. dan tentu kita bukan utk bertujuan menghujat atau menjelek2kan ajaran tetangga bro, cuma sekedar agar kita mengetahui apa yg ada sebenarnya..

Sekali lg sy ucapkan terima kasih kpd para moderator diforum ini yg telah memberikan kesempatan kpd sy mengutarakan pemaparan/pendapat sy terkait masalah ini..

Syalom, peace
Kembali Ke Atas Go down
nothingman
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1503
Join date : 13.11.12

PostSubyek: Re: Kronologi turunnya Al Quran dan Abrogations Ayat Al-Quran    25th April 2013, 20:31

Baiklah sy akan melanjutkan pemaparan sy terkait ayat pedang (Surat At-Taubah 9:5), ayat2 yg mendukung/sejalan dgn ayat Pedang tsb, dan ayat2 lain yg dibatalkan dgn adanya/turunnya ayat Pedang tsb..
krn konon katanya dan menurut pengakuan Ulama Muslim sendiri ayat Pedang ini membatalkan sebanyak 124 ayat yg bersifat toleran atau bersikap halus terhadap Non-Muslim..

krn susunan Surat2 dlm Al Quran yg ada pd Kitab Quran itu tidak disusun sesuai kronologis waktunya, bila terdapat 2 atau lebih ayat2 yg makna/artinya bertentangan/kontradiktif kita tidak bisa mengetahui mana ayat yg dianggap batal(mansukh) dan mana ayat yg menggantikannya(nasakh)..
sy jg bingung kenapa sebabnya dan bagaimana cara penyusunan Surat2 tsb dlm AlQuran klo tidak diurutkan sesuai kronologis waktu turunnya surat2 tsb, jd silahkan tanya aj cara penyusunan surat ini ol member Muslim..

Nah, setelah penjelasan sy terkait kronologis waktu turunnya Surat2/Ayat2 dlm AlQuran spt terlihat dlm postingan pertama sy ditrit ini, kita bisa melihat jelas urutan Surat2 yg ada dlm AlQuran sesuai dgn waktu/periode turunnya surat2 tsb.. dan dgn adanya aturan pembatalan ayat Alquran (Nasikh wal-mansouk) spt yg jg sudah sy utarakan sebelumnya, kita bisa tau jika ada 2 atau beberapa ayat yg makna/artinya bertentangan MAKA Surat/Ayat yg datang/turunnya paling duluan artinya tidak berlaku/dihapuskan ol ayat yg turunnya belakangan..
ini banyak contohnya, misalnya ayat2 ttg pengharaman Khamr/Miras, ttg berpindahnya arah sholat yg tdnya kearah Masjidil Aqsa(Jerusalem) dipindahkan kearah Kabah(Mekah), dan yg paling kontroversial adl ttg ayat2 pedang/perang ini..

Dan yg akan sy bahas disini adlh tentang ayat2 perang ini, pd hal tdnya sy ingin memberikan beberapa contoh perbandingan antara ayat2 Makkiyah dan ayat2 Medinah terlebih dulu.. tp krn sptnya bro Raihan keburu 'nda sabaran' ingin membahas ttg ayat2 Pedang, maka pembahasan ttg ayat2 pedang ini akan sy dahulukan..
hehehehe Laughing

bersambung bentar ya bro, sy mau bikin kopi dulu, kayaknya sy butuh suntikan energi nih, krn bahan yg akan diketik cukup banyak...
Very Happy

Kembali Ke Atas Go down
nothingman
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1503
Join date : 13.11.12

PostSubyek: Re: Kronologi turunnya Al Quran dan Abrogations Ayat Al-Quran    25th April 2013, 23:43

Ok, kopi panazz udah siap, camilan kue buatan istri tercinta jg sudah menemani.. semoga cukup utk jd energi bagi sy dlm memberikan penjelasan dgn baik...
hehehehehe Very Happy

Sebelum membahas tafsir ttg ayat Pedang (At Taubah 9:5), ada baiknya sy memberikan penjelasan ttg Surat Al-Kaafiruun yg artinya "Orang2 Kafir) yaitu pd (QS 109:1-6).. klo kita lihat pd urutan kronologis yg sudah sy sampaikan diatas QS Al-Kaafiruun ini berada pd urutan ke-18 itu artinya Surat ini turun pd saat sebelum Hijrah(Makkiyah), tp klo pd kitab AlQurannya berada pd urutan ke-109.. sedangkan Surat At-Taubah/QS 9) sesuai urutan kronologisnya berada pd urutan ke-113 dari 114 Surat yg ada.. dan itu artinya Surat Al Kaafiruun ini turun jauuh sebelum turunnya Surat At-Taubah, krn Surat At-Taubah baru turun diakhir masanya Muhammad sbg Nabi yg 'Termulia dan terhormat didunia dan akhirat' itu..

Mari kita sama2 menyimak perbedaan sifat diantara kedua Surat yg turun di Mekkah dan Medinah ini, seperti yg ada pd Kitab Tafsirnya Ibn Kathir berikut:

Karna kebetulan sy lg 'rajin', sy cantumkan sekalian Tafsir dlm bhs Inggris dan bhs Indonya, tp krn sy mentranslatenya dgn mengandalkan kemampuan sy sendiri (tidak menggunakan bantuan Googletranslate) dan kebetulan kemampuan bhs Inggris sy jg sangat 'pas-pasan' mohon bro Raihan ikut memperhatikan, klo ada kesalahan silahkan anda koreksi ya..

atau sy mohon bantuan dr bro Bruce dan bro Husada yg kemampuan Inggrisnya sangat 'mumpuni' jg ikut menyimak dan memberikan koreksi bila ada kesalahan yg sy lakukan dlm mentranslate Tafsir ayat2 tsb..

Baik sy mulai aj, dan sbg keterangan dibawah ini, kalimat yg sy cetak tebal adlh ayat2 Quran, yg sy cetak biasa adl tafsirannya, yg sy garis bawahi adlh kata2 yg harus diperhatikan, dan klo ada yg didalam kurung pd cetak biasa/tafsirannya adlh penjelasan dr sy sendiri terkait kata2 dlm tafsirannya..

Ini Tafsiran Ibn Kathir ttg Surat Al-Kaafirun 109:1-6 (jd emg cuma ada 6 ayat doank dlm surat tsb):
Sumber: [You must be registered and logged in to see this link.]

(1. Say: "O disbelievers!'') includes every disbeliever on the face of the earth, however, this statement is particularly directed towards the disbelievers of the Quraysh. It has been said that in their ignorance they invited the Messenger of Allah to worship their idols for a year and they would (in turn) worship his God for a year. Therefore, Allah revealed this Surah and in it

Translate:
(1. Katakanlah: "Hai orang-orang kafir!") termasuk setiap orang2 kafir yg ada dimuka bumi, walaupun, pernyataan ini khususnya ditujukan langsung kpd kaum pagan Quraysh. Itu dikatakan setelah penolakan mereka, lalu mereka mengajak/mengundang Muhammad untuk menyembah dewa2 pagan mereka selama setahun dan kemudian mereka akan (beralih) menyembah Awloh selama setahun juga. Lalu Awloh menurunkan Surat dan didalamnya

Allah said,
Trans: Awloh berkata,

(2. I worship not that which you worship.) meaning, statues and rival gods.
Trans:
(2. Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah) berarti, patung2 dan dewa2 saingan.

(3. Nor will you worship whom I worship.) and He is Allah Alone, Who has no partner. So the word Ma (what) here means Man (who). Then Allah says,
Trans:
(3. Dan kamu bukan penyembah Tuhan yang aku sembah.) dan Dia adalah Awloh yang Esa, Yang tidak punya pasangan. Jadi kata Ma (apa) di sini berarti Man (siapa). Maka Awloh berkata,

(4. And I shall not worship that which you are worshipping.) meaning, `I do not worship according to your worship, which means that I do not go along with it or follow it. I only worship Allah in the manner in which He loves and is pleased with.' Thus, Allah says,
Trans:
(4. Dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah.) berarti, ‘Aku tidak akan beribadat seperti caramu beribadat, berarti Aku tidak sejalan dengan cara itu atau tidak juga mengikutinya. Aku hanya beribadat pada Awloh dengan cara yang disukaiNya dan menyenangkanNya.’ Maka Awloh berkata,

(5. Nor will you worship whom I worship.) meaning, `you do not follow the commands of Allah and His Legislation in His worship. Rather, you have invented something out of the promptings of your own souls.' This is as Allah says,
Trans:
(5. dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah Tuhan yang aku sembah.) berarti, ‘kau tidak mengikuti perintah Awloh dan Aturan IbadahNya. Sebaliknya, kau menciptakan tata ibadah sendiri menurut keinginanmu.’ Dengan demikian Allah berkata,

(They follow but a guess and that which they themselves desire, whereas there has surely come to them the guidance from their Lord!) (53:23) Therefore, the disavowal is from all of what they are involved. For certainly the worshipper must have a god whom he worships and set acts of worship that he follows to get to him. So the Messenger and his followers worship Allah according to what He has legislated. This is why the statement of Islam is "There is no God worthy of being worshipped except Allah, and Muhammad is the Messenger of Allah.'' This means that there is no (true) object of worship except Allah and there is no path to Him (i.e., way of worshipping Him) other than that which the Messenger came with. The idolators worship other than Allah, with acts of worship that Allah has not allowed. This is why the Messenger said to them,
Trans:
(Mereka tidak lain hanyalah mengikuti sangkaan-sangkaan, dan apa yang diingini oleh hawa nafsu mereka, dan sesungguhnya telah datang petunjuk kepada mereka dari Tuhan mereka.) (53:23) Karenanya, pengingkaran dilakukan oleh semua yang mereka lakukan. Karena tentunya mereka punya tuhan yang mereka sembah dan yang menentukan tatacara ibadat yang diakuinya untuk menyembahnya. Maka sang Rasul dan para pengikutnya menyembah Allah sesuai dengan tatacara ibadat yang ditetapkanNya. Karena inilah maka pernyataan Islam adalah sebagai berikut “Tiada Tuhan yang layak disembah selain Allah, dan Muhammad adalah Rasul Allah.” Ini berarti tiada objek sesembahan apapun selain Allah dan tiada jalan menujuNya (tatacara beribadat padaNya) kecuali yang disampaikan RasulNya. Kaum pagan menyembah tuhan lain selain Allah, dan ini dilarang Allah. Karena inilah sang Rasul berkata pada mereka,

(6. To you be your religion, and to me my religion.) This is similar to Allah's statement,
Trans:
(6. Bagimu agamamu dan bagiku agamaku.) Hal ini sama dengan pernyataan Allah,

(And if they belie you, say: "For me are my deeds and for you are your deeds! You are innocent of what I do, and I am innocent of what you do!'') (10:41) and He said,
Trans:
(Jika mereka mendustakan kamu, maka katakanlah: "Bagiku pekerjaanku dan bagimu pekerjaanmu. Kamu berlepas diri terhadap apa yang aku kerjakan dan akupun berlepas diri terhadap apa yang kamu kerjakan".) (10:41) dan Dia berkata,

(To us our deeds, and to you your deeds.) (28:55) Al-Bukhari said, "It has been said,
Trans:
(Bagi kami amal kami dan bagi kamu pula amal kamu) (28:55) Al-Bukhari berkata,”Telah dikatakan,

(To you be your religion.) means disbelief.
Trans:
(Bagimu agamamu.) berarti tidak percaya.

(and to me my religion.) means, Islam.
Trans:
(dan bagiku agamaku.) berarti Islam.

inilah akhir Tafsir Surat Al Kaafiruun menurut Ibn Kathir.
Coba silahkan perhatikan yg sy garis bawahi diatas itu..

Jadi sudah jelas dinyatakan dalam Tafsir Ibn Kathir bahwa Muslim menyembah Awloh dan mengikuti ajaran Muhammad sbg RasulNya, dan orang pagan adalah mereka yang yang tidak percaya pada Allah. Semua non-Muslim adalah mereka yang tidak percaya pada Allah dalam Islam.. awalnya ketika Muhammad masih di Mekkah (ketika Surat Al-Kafiruun) ini diturunkan Muhammad hanya menyatakan bhw kaum Kafir (penganut pagan dan termasuk semua penganut Non Muslim) adl 'sesat', tp belum ada 'pemaksaan' kpd mereka yg Non-Muslim utk mengikuti ajarannya Muhammad..

Sekarang kita lihat Tafsirnya Ibn Kathir ttg Surat At-Taubah QS 9:5, yg jg dikenal dgn sebutan "Ayat Pedang" ini.. yg bilang ayat pedang adl Ibn Kathir sendiri, begitu pula pd tafsirnya Ibn Hisyam..
ini sumbernya: [You must be registered and logged in to see this link.]

bunyi ayatnya adlh sbb:
(5. So when the Sacred Months have passed, then fight the Mushrikin wherever you find them, and capture them and besiege them, and lie in wait for them in each and every ambush. But if they repent and perform the Salah, and give the Zakah, then leave their way free. Verily, Allah is Oft-Forgiving, Most Merciful.)

Trans/Versi Indonya:
[9:5] Apabila sudah habis bulan-bulan Haram itu, maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu dimana saja kamu jumpai mereka, dan tangkaplah mereka. Kepunglah mereka dan intailah ditempat pengintaian. Jika mereka bertaubat dan mendirikan sholat dan menunaikan zakat, maka berilah kebebasan kepada mereka untuk berjalan. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi maha Penyayang.
sumber: [You must be registered and logged in to see this link.]

Dalam tafsirannya Ibn Kathir menyatakan:
"This is the Ayah of The Sword" yg artinya kira2 "Ini adalah Ayat Pedang"

Mujahid, `Amr bin Shu`ayb, Muhammad bin Ishaq, Qatadah, As-Suddi and `Abdur-Rahman bin Zayd bin Aslam said that the four months mentioned in this Ayah are the four-month grace period mentioned in the earlier Ayah,
Trans:
Mujahid, `Amr bin Shu`ayb, Muhammad bin Ishaq, Qatadah, As-Suddi and `Abdur-Rahman bin Zayd bin Aslam berkata bahwa empat bulan yang disebutkan dalam ayat ini adalah bulan2 suci yang disebut di ayat sebelumnya,

(So when the Sacred Months have passed... ), meaning, `Upon the end of the four months during which We prohibited you from fighting the idolators, and which is the grace period We gave them, then fight and kill the idolators wherever you may find them.' Allah's statement next,
Trans:
(Apabila sudah habis bulan-bulan Haram itu… ), berarti, ‘Pada akhir empat bulan di mana Kami melarangmu untuk memerangi kaum pagan, dan ini adalah waktu suci yang Kami berikan pada mereka, maka perangi dan bunuh kaum pagan di mana pun kau jumpai mereka.’ Pernyataan Allah selanjutnya,

(then fight the Mushrikin wherever you find them), means, on the earth in general, except for the Sacred Area, for Allah said,
Trans:
(maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu dimana saja kamu jumpai mereka), berarti, umumnya di atas tanah/di muka bumi, kecuali di Tempat Suci, karena Allah berkata,

(And fight not with them at Al-Masjid Al-Haram, unless they fight you there. But if they attack you, then fight them.) 2:191 (Allah said here,
Trans:
(dan janganlah kamu memerangi mereka di Masjidil Haram, kecuali jika mereka memerangi kamu di tempat itu. Jika mereka memerangi kamu (di tempat itu), maka bunuhlah mereka.) (2:191) (Allah berkata,

(and capture them), executing some and keeping some as prisoners,
Trans:
(dan tangkaplah mereka), bunuh sebagian dan tangkap sebagian sebagai tawanan perang,

--> Naah kan bisa kita lihat bhw ayat Pedang QS 9:5 ini senada/sejalan dgn Surat Al Baqarah 2:191 yg bunyinya:
[2:191] Dan bunuhlah mereka di mana saja kamu jumpai mereka, dan usirlah mereka dari tempat mereka telah mengusir kamu (Mekah); dan fitnah itu lebih besar bahayanya dari pembunuhan, dan janganlah kamu memerangi mereka di Masjidil Haram, kecuali jika mereka memerangi kamu di tempat itu. Jika mereka memerangi kamu (di tempat itu), maka bunuhlah mereka. Demikanlah balasan bagi orang-orang kafir.

bedanya ketika Surat Al Baqarah itu turun pd waktu itu Muhammad belum menguasai Mekkah, jd Surat Al-Baqarah itu baru menyuruh memerangi para Kafir Quraish yg ada di Mekkah.. Dan ayat Pedang QS 9:5, turun setelah Muhammad menguasai Mekkah, jd saat itu sampai sekarang perjuangan melawan kafir sudah tidak dibatasi ol tempat dan waktu lg, spt yg akan kita lihat pd tafsiran selanjutnya..


(and besiege them, and lie in wait for them in each and every ambush), do not wait until you find them. Rather, seek and besiege them in their areas and forts, gather intelligence about them in the various roads and fairways so that what is made wide looks ever smaller to them. This way, they will have no choice, but to die or embrace Islam,
Trans:
(dan kepunglah mereka, dan tunggulah ditempat pengintaian mereka), jangan tunggu sampai mereka menemukanmu. Tapi serang dan kepung mereka di daerah dan benteng2 mereka, cari keterangan tentang mereka di berbagai jalan dan tempat sehingga mereka tidak leluasa lagi. Karena itu, mereka tidak punya pilihan kecuali mati atau masuk Islam,

(But if they repent and perform the Salah, and give the Zakah, then leave their way free. Verily, Allah is Oft-Forgiving, Most Merciful.) Abu Bakr As-Siddiq used this and other honorable Ayat as proof for fighting those who refrained from paying the Zakah. These Ayat allowed fighting people unless, and until, they embrace Islam and implement its rulings and obligations. Allah mentioned the most important aspects of Islam here, including what is less important. Surely, the highest elements of Islam after the Two Testimonials, are the prayer, which is the right of Allah, the Exalted and Ever High, then the Zakah, which benefits the poor and needy. These are the most honorable acts that creatures perform, and this is why Allah often mentions the prayer and Zakah together. In the Two Sahihs, it is recorded that Ibn `Umar said that the Messenger of Allah said,
Trans:
(Jika mereka bertaubat dan mendirikan sholat dan menunaikan zakat, maka berilah kebebasan kepada mereka untuk berjalan. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi maha Penyayang.) Abu Bakr As-Siddiq menggunakan ayat ini dan ayat terhormat lainnya sebagai alasan memerangi mereka yang tidak mau bayar Zakah. Ayat ini menginjinkan memerangi orang lain sampai orang tersebut memeluk Islam dan melaksanakan hukum dan kewajiban Islam. Allah menyatakan hal2 yang paling penting dalam Islam, dan juga yang hal penting lainnya. Sudah jelas bahwa hal2 terpenting dalam islam setelah Shahadat (pengakuan bhw Awloh adl satu2 Tuhan yg patut disembah dan mengakui Muhammad sbg Utusan/RosulNya) adalah sembahyang bagi Allah yang Maha Mulia dan Maha Tinggi, lalu Zakat bagi yang miskin dan yang membutuhkan. Hal2 ini merupakan perbuatan yang paling terhormat yang dapat dilakukan manusia, dan karena itulah Allah seringkali mengatakan tentang sembahyang dan Zakat secara bersamaan. Dalam dua Shahih dinyatakan bahwa Ibn ‘Umar berkata bahwa Rasul Allah berkata,

(I have been commanded to fight the people until they testify that there is no deity worthy of worship except Allah and that Muhammad is the Messenger of Allah, establish the prayer and pay the Zakah.) This honorable Ayah (9:5) was called the Ayah of the Sword, about which Ad-Dahhak bin Muzahim said, "It abrogated every agreement of peace between the Prophet and any idolator, every treaty, and every term.'' Al-`Awfi said that Ibn `Abbas commented: "No idolator had any more treaty or promise of safety ever since Surah Bara'ah was revealed. The four months, in addition to, all peace treaties conducted before Bara'ah was revealed and announced had ended by the tenth of the month of Rabi` Al-Akhir.''
Trans:
(Aku telah diperintahkan untuk memerangi orang2 sampai mereka mengaku tiada tuhan yang layak disembah kecuali Allah dan Muhammad adalah Rasul Allah, mendirikan sembahyang dan membayar Zakat). Ayat 9:5 yang terhormat ini disebut sebagai Ayat Pedang, dan tentang ini Ad-Dahhak bin Muzahim berkata,”Ayat ini membatalkan semua perjanjian damai antara Sang Rasul dan kaum pagan, semua persetujuan, dan semua keadaan.” Al-`Awfi berkata bahwa Ibn `Abbas menyatakan: “Tidak seorang pun kaum pagan yang berada di bawah perjanjian damai atau janji keselamatan sejak Surah Bara’ah dinyatakan. Masa empat bulan di mana semua perjanjian damai ditetapkan sebelum Bara’ah diwahyukan dan diumumkan sudah berakhir pada tanggal sepuluh bulan Rab’ Al-Akhir.”

ini adl akhir tafsir Ibn Kathir ttg "Ayat Pedang" atau Surat At-Taubah 9:5.
Sooooo.. dgn melihat pd tafsir tsb, kita bisa tau kan bhw QS 9:5 digunakan utk MEMBATALKAN SEMUA PERJANJIAN DAMAI antara Sang Rosul dan kaum pagan/kafir, entah semua persetujuan atau semua keadaan..

Siapa yg bilang demikian bro..???? Ibn Kathir yg bilang, bukan sy lhoooh..

awaaasss klo bro Raihan masih berani bilang itu adl asumsi/pandangan pribadi sy sendiri.. Sad

Huaduuh, capek jg sy ngetik sekaligus translate, ayat2 Pedang ini.. tp ini masih ada kelanjutannya yaitu ttg beberapa ayat2 yg mendukung ayat pedang ini, ya salah satunya pd ayat Surat At Taubah 9:123 spt yg pernah sy copas diatas.. tp klo sy harus translate ke Indo satu2 Tafsir ayat2 tsb, repoooot jg nih..

Eeh, bro Raihan bhs Inggrisnya jg sangat baik kan..?? jd nti sy nda usah harus translate ke Indo lg, cukup bhs Inggrisnya aj ya..??
atau minta tolong bro Bruce atau bro Husada utk membantu mentranslatekan aj ya..? Laughing

sy repoot jg nih klo tiap kali harus translate satu-persatu, lg pula sy nda mesti ada waktu luang yg cukup banyak, ini aj sy bela2in gawean sy harus ditunda..

Okay bro Raihan, silahkan anda berikan tanggapan atau penjelasan terkait apa yg sudah sy sampaikan diatas..
Dan para Momod sy mohon jg utk ikut memperhatikan, jika ada yg salah atau dianggap melanggar ketentuan diskusi diforum ini silahkan disampaikan atau di koreksi aj ya...

Syalom, peace
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Kronologi turunnya Al Quran dan Abrogations Ayat Al-Quran    26th April 2013, 07:06

Thanks, bro Nothing, postingan menarik.

Tetapi satu hal yang kemudian terlintas di benak saya adalah, ayat itu memang turun pada saat umat Islam dalam kondisi perang pada saat itu.

Kira kira setara dengan ayat ayat pada Bilangan dan Ulangan dari PL, yang disampaikan pada saat umat Israel sedang berperang menuju tanah perjanjian. Coba diperbandingkan :

Bil 31:17 Maka sekarang bunuhlah semua laki-laki di antara anak-anak mereka, dan juga semua perempuan yang pernah bersetubuh dengan laki-laki haruslah kamu bunuh.

Ul 13:9 tetapi bunuhlah dia! Pertama-tama tanganmu sendirilah yang bergerak untuk membunuh dia, kemudian seluruh rakyat.

Ul 13:15 maka bunuhlah dengan mata pedang penduduk kota itu, dan tumpaslah dengan mata pedang kota itu serta segala isinya dan hewannya.


Jika kita katakan bahwa ayat Ulangan dan Bilangan itu merujuk pada saat bangsa Israel sedang berperang merebut tanah perjanjian, tentunya umat Islam juga bisa berkata bahwa ayat ayat dalam Kafirun dan Taubah juga turun pada saat Muhamad sedang berperang merebut Mekkah.

Atau ada pemikiran saya yang kurang tepat?

Syalom

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
nothingman
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1503
Join date : 13.11.12

PostSubyek: Re: Kronologi turunnya Al Quran dan Abrogations Ayat Al-Quran    26th April 2013, 08:08

bruce wrote:
Thanks, bro Nothing, postingan menarik.

Tetapi satu hal yang kemudian terlintas di benak saya adalah, ayat itu memang turun pada saat umat Islam dalam kondisi perang pada saat itu.

Kira kira setara dengan ayat ayat pada Bilangan dan Ulangan dari PL, yang disampaikan pada saat umat Israel sedang berperang menuju tanah perjanjian. Coba diperbandingkan :

Bil 31:17 Maka sekarang bunuhlah semua laki-laki di antara anak-anak mereka, dan juga semua perempuan yang pernah bersetubuh dengan laki-laki haruslah kamu bunuh.

Ul 13:9 tetapi bunuhlah dia! Pertama-tama tanganmu sendirilah yang bergerak untuk membunuh dia, kemudian seluruh rakyat.

Ul 13:15 maka bunuhlah dengan mata pedang penduduk kota itu, dan tumpaslah dengan mata pedang kota itu serta segala isinya dan hewannya.


Jika kita katakan bahwa ayat Ulangan dan Bilangan itu merujuk pada saat bangsa Israel sedang berperang merebut tanah perjanjian, tentunya umat Islam juga bisa berkata bahwa ayat ayat dalam Kafirun dan Taubah juga turun pada saat Muhamad sedang berperang merebut Mekkah.

Atau ada pemikiran saya yang kurang tepat?

Syalom

Seperti yg sudah sy katakan diatas Surat Kafirun turun pd saat Muhammad masih di Mekkah (sebelum Hijrah), jd pd saat itu umat Muslim belum berperang dgn kaum Pagan Quraish atau penganut Yahudi/Kristen di Medinah..
Sedangkan Surat At Taubah/Surat Bara'ah turunnya setelah Muhammad Hijrah dan sudah menguasai kota Mekkah kembali bro Bruce.. Dan setelah menguasai Mekkah, Muhammad dan para pengikutnya dikemudian, memulai peperangan ekspansif ke daerah2 disekitar dan seluruh daratan Arabia, spt Bahrain, Yaman, Palestina, Persia, Mesir, sampai sebagian Eropa dan Afrika..
Dalam penjelasan sy selanjutnya yaitu pd ayat2 yg mendukung ayat Pedang (QS 9:5), nti akan terlihat kok bro, ttg perintah Awloh/Muhammad utk menyerang daerah2 disekitar Arab tsb.. jd mohon tunggu pemaparan sy terkait dgn masalah ini ya bro, begitu ada waktu luang yg cukup pasti akan sy sampaikan kok..
Laughing

Dan berbeda dgn kisah yg ada pd Bangsa Israel spt yg ada di Alkitab itu bro.. krn perjuangan bansa Israel tsb, hanya utk merebut tanah Kanaan, spt yg sudah dijanjikan ol Allah kpd Abraham dan keturunannya, tp tidak utk berperang ekspansif ke daerah2 yg bukan termasuk tanah yg dijanjikan Allah tsb.. Sy nda tau jg deh klo ada ayat2 dlm Alkitab yg menyatakan bahwa bangsa Israel itu harus berperang merebut, daerah2 lain diluar tanah(Kanaan) yg dijanjikan itu bro..

apakah menurut bro Bruce ada ayat Alkitab yg menyatakan hal tsb..??
klo emg ada, silahkan diutarakan aj bro, jd supaya bisa jd bahan perbandingan bagi kita yg berdiskusi dgn umat tetangga.. dan klo emg ada ayat2 yg menyatakan spt itu berarti pemikiran anda diatas sangatlah benar bro..

Syalom, peace
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: Kronologi turunnya Al Quran dan Abrogations Ayat Al-Quran    26th April 2013, 08:26

Dari saya, tidak ada keberatan kecuali permintaan untuk menerjemah. [You must be registered and logged in to see this image.]
Sejak belajar bahasa Inggris, saya belum pernah memperoleh nilai 8. Selalu dibawah 8. Dan ketika berforum ria, saya akan melewatkan trit-trit berbahasa Inggris (pura-pura mengerti, padahal... yah... begitulah). [You must be registered and logged in to see this image.]

Tapi ada yang menarik menurut saya, yaitu mengingat bahwa ayat-ayat Al Qur'an itu diturunkan tidak linier dengan waktu, artinya, tidak selalu yang ditulis di Al Qur'an lebih awal menunjukkan diturunkan lebih awal. Jadi, walau ditulis di Al Qur'an pada urutan ke-n, belum tentu itu diturunkan pada urutan ke-n, bisa saja dia diturunkan pada urutan ke n+x, atau pada urutan n-y.

Menantikan lanjutan dan/atau komentar atas yang perlu dikomentari. [You must be registered and logged in to see this image.]

Damai, damai, damai. [You must be registered and logged in to see this image.] [You must be registered and logged in to see this image.] [You must be registered and logged in to see this image.]

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Kronologi turunnya Al Quran dan Abrogations Ayat Al-Quran    26th April 2013, 08:33

Quote :
Dan berbeda dgn kisah yg ada pd Bangsa Israel spt yg ada di Alkitab itu bro.. krn perjuangan bansa Israel tsb, hanya utk merebut tanah Kanaan, spt yg sudah dijanjikan ol Allah kpd Abraham dan keturunannya, tp tidak utk berperang ekspansif ke daerah2 yg bukan termasuk tanah yg dijanjikan Allah tsb.. Sy dda tau jg deh klo ada ayat2 dlm Alkitab yg menyatakan bahwa bangsa Israel itu harus berperang merebut, daerah2 lain diluar tanah(Kanaan) yg dijanjikan itu bro..

apakah menurut bro Bruce ada ayat Alkitab yg menyatakan hal tsb..?? klo emg ada, silahkan diutarakan aj bro, jd supaya bisa jd bahan perbandingan bagi kita yg berdiskusi dgn umat tetangga..

Ehhm, sebenarnya, saat bangsa Israel keluar dari Mesir, dan kembali ke tanah yang dijanjikan itu, yang direbut adalah negara dari bangsa lain (Filistin, dll), bro. Bukan tanah yang sebelumnya dimiliki oleh bangsa Israel.

Memang, Tuhan telah menjanjikan tanah itu untuk bangsa Israel. Tetapi kalau dari sudut netral tentu sah saja ditanyakan, 'Tuhan' siapa? Bukankah begitu? Karena tentu bangsa Filistin keberatan kalau tanah mereka dikatakan sudah dijanjikan oleh Tuhan Israel untuk bangsa Israel.

Dari sudut netral pula, saya bisa menilai bahwa peperangan antar suku bangsa pada saat itu adalah wajar dan biasa dilakukan. Bangsa yang satu menyerbu dan menguasai bangsa lain. Bangsa yang kuat menyerbu bangsa yang lemah. Bangsa Israel pun beberapa kali berinteraksi, dalam arti menyerbu dan diserbu. Entah oleh bangsa Filistin, Babilon, dst.

Silahkan dilanjut, bro, supaya tidak OOT kalau saya teruskan, he he he.

Syalom

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: Kronologi turunnya Al Quran dan Abrogations Ayat Al-Quran    26th April 2013, 10:07

Eh, tetapi, apakah daerah-daerah yang dilalui oleh Israel dari Mesir sampai ke Kanaan dijadikan daerah taklukan yang harus menyediakan upeti kepada Israel?

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Kronologi turunnya Al Quran dan Abrogations Ayat Al-Quran    26th April 2013, 10:21

Husada wrote:
Eh, tetapi, apakah daerah-daerah yang dilalui oleh Israel dari Mesir sampai ke Kanaan dijadikan daerah taklukan yang harus menyediakan upeti kepada Israel?

Israel cuma menuju daerah yang subur saja sesuai dengan yang dijanjikan, om. Jadi, kalau yang tidak subur dilewati saja, sementara kalau yang memang dijanjikan (dan kebetulan subur) memang menjadi wilayah Israel. Penduduknya? Kalau menurut kitab Ulangan sih dibunuh.

Sad

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: Kronologi turunnya Al Quran dan Abrogations Ayat Al-Quran    26th April 2013, 10:33

Ohhh... benar-benar dihabisi? Audzubuneengngng.....[You must be registered and logged in to see this image.]

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Kronologi turunnya Al Quran dan Abrogations Ayat Al-Quran    26th April 2013, 10:36

Quote :
Ohhh... benar-benar dihabisi? Audzubuneengngng...

Hehe he he, kenapa kaget, om?
Dalam kondisi perang koq, dan jangan lupakan bahwa itu tertulis dalam Taurat.

Ul 13:15 maka bunuhlah dengan mata pedang penduduk kota itu, dan tumpaslah dengan mata pedang kota itu serta segala isinya dan hewannya.

Ul 13:16 Seluruh jarahan harus kaukumpulkan di tengah-tengah lapangan dan harus kaubakar habis kota dengan seluruh jarahan itu sebagai korban bakaran yang lengkap bagi TUHAN, Allahmu. Semuanya itu akan tetap menjadi timbunan puing untuk selamanya dan tidak akan dibangun kembali.

Ul 13:17 Dari barang-barang yang dikhususkan itu janganlah apapun melekat pada tanganmu, supaya TUHAN berhenti dari murka-Nya yang bernyala-nyala itu, menunjukkan belas kasihan-Nya kepadamu, mengasihani engkau dan membuat jumlahmu banyak, seperti yang dijanjikan-Nya dengan sumpah kepada nenek moyangmu.

Ul 13:18 Sebab dengan demikian engkau mendengarkan suara TUHAN, Allahmu, untuk berpegang pada segala perintah-Nya, yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, dengan melakukan apa yang benar di mata TUHAN, Allahmu."

Persisnya seperti apa? Saya kurang jelas.
Tetapi kalau dari Alkitab, memang ternyata ada saja umat Israel yang 'bandel' dan tidak menghabisi semua penduduknya kan?

Cool

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: Kronologi turunnya Al Quran dan Abrogations Ayat Al-Quran    26th April 2013, 10:44

bruce wrote:
Hehe he he, kenapa kaget, om?
Dalam kondisi perang koq, dan jangan lupakan bahwa itu tertulis dalam Taurat.

Ul 13:15 maka bunuhlah dengan mata pedang penduduk kota itu, dan tumpaslah dengan mata pedang kota itu serta segala isinya dan hewannya.

Ul 13:16 Seluruh jarahan harus kaukumpulkan di tengah-tengah lapangan dan harus kaubakar habis kota dengan seluruh jarahan itu sebagai korban bakaran yang lengkap bagi TUHAN, Allahmu. Semuanya itu akan tetap menjadi timbunan puing untuk selamanya dan tidak akan dibangun kembali.

Ul 13:17 Dari barang-barang yang dikhususkan itu janganlah apapun melekat pada tanganmu, supaya TUHAN berhenti dari murka-Nya yang bernyala-nyala itu, menunjukkan belas kasihan-Nya kepadamu, mengasihani engkau dan membuat jumlahmu banyak, seperti yang dijanjikan-Nya dengan sumpah kepada nenek moyangmu.

Ul 13:18 Sebab dengan demikian engkau mendengarkan suara TUHAN, Allahmu, untuk berpegang pada segala perintah-Nya, yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, dengan melakukan apa yang benar di mata TUHAN, Allahmu."

Persisnya seperti apa? Saya kurang jelas.
Tetapi kalau dari Alkitab, memang ternyata ada saja umat Israel yang 'bandel' dan tidak menghabisi semua penduduknya kan?

[You must be registered and logged in to see this image.]
Tapi, melalui Israel, eh tepatnya, Abraham juga projek pembebasan manusia dilaksanakan oleh Tuhan, nggih? Puji Tuhan.[You must be registered and logged in to see this image.]

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Kronologi turunnya Al Quran dan Abrogations Ayat Al-Quran    26th April 2013, 10:54

Quote :
Tapi, melalui Israel, eh tepatnya, Abraham juga projek pembebasan manusia dilaksanakan oleh Tuhan, nggih? Puji Tuhan

Wa ha ha ha ha, itu kan kata kita, bagaimana kata orang yang tidak berhubungan dengan Abraham (baik garis bangsa ataupun agama)? Orang Buddhist atau orang Hindu, misalnya?

Walau saya juga yakin sejarah bangsa penganut Hindu dan Buddhist juga sama sama berlumuran darah.

Justru itu, beruntunglah kita yang punya dasar ajaran dari Jesus, yang telah merombak (nyaris total) ajaran Yahudi menjadi ajaran Kasih.

Neutral

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
nothingman
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1503
Join date : 13.11.12

PostSubyek: Re: Kronologi turunnya Al Quran dan Abrogations Ayat Al-Quran    26th April 2013, 11:33

bruce wrote:

Ehhm, sebenarnya, saat bangsa Israel keluar dari Mesir, dan kembali ke tanah yang dijanjikan itu, yang direbut adalah negara dari bangsa lain (Filistin, dll), bro. Bukan tanah yang sebelumnya dimiliki oleh bangsa Israel.

Memang, Tuhan telah menjanjikan tanah itu untuk bangsa Israel. Tetapi kalau dari sudut netral tentu sah saja ditanyakan, 'Tuhan' siapa? Bukankah begitu? Karena tentu bangsa Filistin keberatan kalau tanah mereka dikatakan sudah dijanjikan oleh Tuhan Israel untuk bangsa Israel.
Sy setuju dgn pendapat bro Bruce diatas, memang klo dilihat dr sudut 'netral' apa yg dilakukan ol bangsa Israel itu bisa dibilang 'salah'.. tp memang seperti itulah apa yg ada dlm Alkitab kan bro..? jd kita tidak perlu membantahnya..

krn pertanyaan bro Bruce sebelumnya mempertanyakan 'kesetaraan' ttg ayat Pedang QS 9:5 dgn apa yg ada di Alkitab, sy menjawab sesuai dgn pertanyaan bro Bruce tsb..

dan dgn melihat Tafsir Ibn Kathir diatas ttg ayat itu, sangat jelas dikatakan bahwa Muhammad/Awloh menyerukan perang kpd orang Kafir (Non Muslim) dimanapun mereka berada, atau sampai mereka(orang2 Kafir tsb) mengakui ajaran Islam dgn menyembah Awloh dan Muhammad sbg Rasulnya.. itu artinya apa bro..? sudah jelas itu artinya Muhammad dan Awloh 'memaksakan' orang2 Non-Muslim utk beragama Islam, klo tidak ya mereka harus dibunuh/diperangi, dimanapun mereka tinggal sampai tidak ada satupun orang2 yg beribadah selain kpd ajaran Islam..

ini sy copaskan lg postingan tafsir terkait masalah ini:

Quote :

(Jika mereka bertaubat dan mendirikan sholat dan menunaikan zakat, maka berilah kebebasan kepada mereka untuk berjalan. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi maha Penyayang.) Abu Bakr As-Siddiq menggunakan ayat ini dan ayat terhormat lainnya sebagai alasan memerangi mereka yang tidak mau bayar Zakah. Ayat ini menginjinkan memerangi orang lain sampai orang tersebut memeluk Islam dan melaksanakan hukum dan kewajiban Islam.

dan umat Muslim dilarang utk membuat kesepakatan 'damai' dgn seluruh orang Non-Muslim, ini buktinya:
Quote :

(Aku telah diperintahkan untuk memerangi orang2 sampai mereka mengaku tiada tuhan yang layak disembah kecuali Allah dan Muhammad adalah Rasul Allah, mendirikan sembahyang dan membayar Zakat). Ayat 9:5 yang terhormat ini disebut sebagai Ayat Pedang, dan tentang ini Ad-Dahhak bin Muzahim berkata,”Ayat ini membatalkan semua perjanjian damai antara Sang Rasul dan kaum pagan, semua persetujuan, dan semua keadaan.” Al-`Awfi berkata bahwa Ibn `Abbas menyatakan: “Tidak seorang pun kaum pagan yang berada di bawah perjanjian damai atau janji keselamatan sejak Surah Bara’ah dinyatakan. Masa empat bulan di mana semua perjanjian damai ditetapkan sebelum Bara’ah diwahyukan dan diumumkan sudah berakhir pada tanggal sepuluh bulan Rab’ Al-Akhir.”

krn pengetahuan sy ttg ajaran Kristen atau ttg Alkitab tidak sebaik anda bro Bruce, makanya sebelumnya jg tanyakan adakah ayat2 di Alkitab yg dianggap 'setara' dgn Ayat Pedang tsb..
dimana ada perintah dr Allah yg disembah ol bangsa Israel utk 'memaksakan' bangsa lain agar beribadah menurut ajaran Yahudi/Kristen, dan menganjurkan bangsa Israel atau penganut Kristen utk menyerang dan membunuh semua penganut agama selain agama Yahudi/Kristen..??

klo emg ada ayat2 di Alkitab yg menyatakan hal2 tsb, maka anggapan/pendapat dr bro Bruce yg mengatakan bhw ayat Pedang tsb setara dgn apa yg ada di Alkitab, adalah sangat benar atau tepat sekali..
tp menurut sy hal itu tidak ada di Alkitab kok bro, dan klo pun ada ayat2 yg bermakna demikian, sptnya itu bukanlah perintah dr Allah bro, seperti yg anda sendiri jg bilang:
Quote :

beruntunglah kita yang punya dasar ajaran dari Jesus, yang telah merombak (nyaris total) ajaran Yahudi menjadi ajaran Kasih.
itu artinya Tuhan yg kita sembah, tidak menginginkan umatnya utk 'memerangi' dan membunuh orang2 yg tidak percaya kepada-Nya..
thumb up

Syalom,
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Kronologi turunnya Al Quran dan Abrogations Ayat Al-Quran    26th April 2013, 11:47

Quote :
dan dgn melihat Tafsir Ibn Kathir diatas ttg ayat itu, sangat jelas dikatakan bahwa Muhammad/Awloh menyerukan perang kpd orang Kafir (Non Muslim) dimanapun mereka berada, atau sampai mereka(orang2 Kafir tsb) mengakui ajaran Islam dgn menyembah Awloh dan Muhammad sbg Rasulnya.. itu artinya apa bro..? sudah jelas itu artinya Muhammad dan Awloh 'memaksakan' orang2 Non-Muslim utk beragama Islam, klo tidak ya mereka harus dibunuh/diperangi, dimanapun mereka tinggal sampai tidak ada satupun orang2 yg beribadah selain kpd ajaran Islam..

Kalau saya melihatnya ayat itu merujuk pada peristiwa saat itu, bro. Saat Muhamad harus memerangi kaum kafir di sekitar Mekah.


Quote :
krn pengetahuan sy ttg ajaran Kristen atau ttg Alkitab tidak sebaik anda bro Bruce, makanya sebelumnya jg tanyakan adakah ayat2 di Alkitab yg dianggap 'setara' dgn Ayat Pedang tsb..
dimana ada perintah dr Allah yg disembah ol bangsa Israel utk 'memaksakan' bangsa lain agar beribadah menurut ajaran Yahudi/Kristen, dan menganjurkan bangsa Israel atau penganut Kristen utk menyerang dan membunuh semua penganut agama selain agama Yahudi/Kristen..??

Nah, di sini terdapat perbedaan, bro.
Bangsa Yahudi sangat eksklusif, bagi mereka agama Yahudi ya untuk orang Yahudi. Selain bangsa Yahudi mereka tidak dianggap sederajad. Jadi tidak ada keinginan bagi mereka untuk menyebarkan ajaran Yahudi (cmiiw). Untuk yang ini saya perlu menelitinya lebih jauh lagi.

Sedangkan untuk ajaran Kristen, adalah pengikut Jesus, yang selalu berdasarkan Kasih. Bahkan kita harus mengasihi dan mendoakan musuh. Bahwa seluruh manusia harus dikasihi. Bagaimana mungkin Kristen mengajarkan perangi bangsa lain untuk memaksa masuk Kristen?

Tetapi, dalam praktiknya, kita ketahui bahwa penyebaran agama Kristen di Amerika, baik Katolik ataupun Protestan, sama sama dengan unsur paksaan. Kaum budak (juga bangsa asli : Indian) dipaksa masuk Kristen, mereka wajib menggunakan nama Kristen. Ini adalah fakta sejarah, tetapi apakah itu ajaran Kristen, tidak. Itu adalah penyimpangan yang keliru.


Quote :
itu artinya Tuhan yg kita sembah, tidak menginginkan umatnya utk 'memerangi' dan membunuh orang2 yg tidak percaya kepada-Nya..

Betul, justru itulah kita harus lebih mendasarkan hidup kita pada ajaran Jesus, bukan dari ajaran lama (PL).

Syalom

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
nothingman
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1503
Join date : 13.11.12

PostSubyek: Re: Kronologi turunnya Al Quran dan Abrogations Ayat Al-Quran    26th April 2013, 11:54

Husada wrote:
Dari saya, tidak ada keberatan kecuali permintaan untuk menerjemah. [You must be registered and logged in to see this image.]
Sejak belajar bahasa Inggris, saya belum pernah memperoleh nilai 8. Selalu dibawah 8. Dan ketika berforum ria, saya akan melewatkan trit-trit berbahasa Inggris (pura-pura mengerti, padahal... yah... begitulah). [You must be registered and logged in to see this image.]
klo gitu yg dialami ol bro Husada sama dgn sy, selama sekolah dulu pelajaran bhs Inggris sy tidak lebih dr nilai 6, itu pun sy sudah harus memelas dan memohon guru sy agar tidak dikasih nilai merah.. Razz

makanya ketika mentranslatekan postingan2 sy diforum ini, sy takut sekali bila nti ada kesalahan atau kekeliruan yg menyebabkan salah pengertian/maknanya bro, makanya sy minta para moderator atau para member utk ikut memperhatikan apa yg sudah sy terjemahkan tsb, klo ada kesalahan ya silahkan diperbaiki dan dikoreksi aj..

gimana klo kita minta bantuan Oom Bruce dan Oom Cinzan, utk membantu menterjemahkan postingan2 sy yg berbahasa Inggris itu ya..? bro Husada pasti setuju dgn sy kan..??
hehehehehe Laughing

Husada wrote:

Tapi ada yang menarik menurut saya, yaitu mengingat bahwa ayat-ayat Al Qur'an itu diturunkan tidak linier dengan waktu, artinya, tidak selalu yang ditulis di Al Qur'an lebih awal menunjukkan diturunkan lebih awal. Jadi, walau ditulis di Al Qur'an pada urutan ke-n, belum tentu itu diturunkan pada urutan ke-n, bisa saja dia diturunkan pada urutan ke n+x, atau pada urutan n-y.

Menantikan lanjutan dan/atau komentar atas yang perlu dikomentari.

Damai, damai, damai.
Iyaa bro Hus, seperti yg sudah sy sampaikan, memang benar Surat2 yg ada di Alquran tidak disusun menurut urutan waktu turunnya Surat2 tsb.. entah apa yg mjd pedoman atau dasar penyusunan Surat2 yg ada dlm AlQuran tsb.. tp banyak Ulama/Cendikiawan Muslim, yg mencari tau dan mempelajari ttg waktu turunnya Surat2 yg ada di Quran, dan urutannya jg sudah sy sampaikan pd postingan pertama..

tujuan para Ulama/Cendikiawan Muslim tsb adlh agar bisa mengetahui bila ada ayat2 yg saling bertentangan/kontradiktif, mereka bisa menentukan ayat mana yg harus dipakai/dipergunakan, sebab dlm Quran sendiri tertulis ayat2 yg menyatakan bhw Awloh bisa/'berhak' menggantikan perintah yg lama dgn perintah yg baru yg dianggap lebih baik..
penganut Muslim sih bilangnya itu adlh 'hak prerogratif' Awloh sendiri, lah wong dia yg bikin aturan tsb kok.. tp banyak kalangan Non-Muslim yg mengatakan bhw Awlohnya umat Muslim, sangat plin-plan dan suka 'ingkar', krn tidak konsekwen dgn kata2Nya sendiri..
hehehehehe Very Happy roll

Okay bro Hus, ditunggu aj pemaparan sy selanjutnya terkait ayat2 Pedang ini, begitu ada waktu luang yg cukup sy pasti akan teruskan kembali..

Syalom, peace
Kembali Ke Atas Go down
nothingman
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1503
Join date : 13.11.12

PostSubyek: Re: Kronologi turunnya Al Quran dan Abrogations Ayat Al-Quran    26th April 2013, 12:11

Quote :

Kalau saya melihatnya ayat itu merujuk pada peristiwa saat itu, bro. Saat Muhamad harus memerangi kaum kafir di sekitar Mekah.

sy nda tau jg jika memang maksud ayat Pedang demikian ya bro Bruce.. sy takut jg nti dibilang ol bro Raihan 'ngeyel' dan hanya menggunakan asumsi/pemahaman pribadi.. tp yg jelas pd Tafsirannya Ibn Kathir tertulis sangat jelas seperti ini:

Quote :

(Jika mereka bertaubat dan mendirikan sholat dan menunaikan zakat, maka berilah kebebasan kepada mereka untuk berjalan. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi maha Penyayang.) Abu Bakr As-Siddiq menggunakan ayat ini dan ayat terhormat lainnya sebagai alasan memerangi mereka yang tidak mau bayar Zakah. Ayat ini menginjinkan memerangi orang lain sampai orang tersebut memeluk Islam dan melaksanakan hukum dan kewajiban Islam.

(Aku telah diperintahkan untuk memerangi orang2 sampai mereka mengaku tiada tuhan yang layak disembah kecuali Allah dan Muhammad adalah Rasul Allah, mendirikan sembahyang dan membayar Zakat)

sy nda mau menggunakan asumsi/pendapat pribadi sy sendiri loh bro, jd sy hanya mengutipkan spt yg ada pd Tafsir tsb, dan sy sudah memberikan sumber/linknya..
dan pd ayat2 selanjutnya yaitu yg mendukung ttg ayat Pedang ini, nti bisa kita lihat jelas kok bro.. apa lg klo melihat ayat2 Hadist dan Sirat2 Nabi ttg Jihad/peperangan yg dilakukan ol Muhammad dan para pengikutnya kemudian, makna ayat2 Pedang/perang tsb akan semakin jelas..

tapi klo emg bener ayat Pedang itu hanya ditujukan kpd peristiwa dan waktu yg terjadi pd saat itu, kenapa banyak ribuan/jutaan Umat Muslim didunia ini tidak memahami maknanya dgn baik bro..?? lalu apa yg menyebabkan para Terorist dan penganut Muslim 'garis keras' tsb salah mengartikan maknanya..??
Hayoooh, anda pasti jg akan bingungkan bro..?? Laughing

Quote :

Bangsa Yahudi sangat eksklusif, bagi mereka agama Yahudi ya untuk orang Yahudi. Selain bangsa Yahudi mereka tidak dianggap sederajad. Jadi tidak ada keinginan bagi mereka untuk menyebarkan ajaran Yahudi (cmiiw). Untuk yang ini saya perlu menelitinya lebih jauh lagi.

Sedangkan untuk ajaran Kristen, adalah pengikut Jesus, yang selalu berdasarkan Kasih. Bahkan kita harus mengasihi dan mendoakan musuh. Bahwa seluruh manusia harus dikasihi. Bagaimana mungkin Kristen mengajarkan perangi bangsa lain untuk memaksa masuk Kristen?

Tetapi, dalam praktiknya, kita ketahui bahwa penyebaran agama Kristen di Amerika, baik Katolik ataupun Protestan, sama sama dengan unsur paksaan. Kaum budak (juga bangsa asli : Indian) dipaksa masuk Kristen, mereka wajib menggunakan nama Kristen. Ini adalah fakta sejarah, tetapi apakah itu ajaran Kristen, tidak. Itu adalah penyimpangan yang keliru
sy sepenuhnya setuju dan sependapat dgn pandangan bro Bruce diatas.. thumb up

Syalom,
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Kronologi turunnya Al Quran dan Abrogations Ayat Al-Quran    26th April 2013, 12:26

Quote :
tapi klo emg bener ayat Pedang itu hanya ditujukan kpd peristiwa dan waktu yg terjadi pd saat itu, kenapa banyak ribuan/jutaan Umat Muslim didunia ini tidak memahami maknanya dgn baik bro..?? lalu apa yg menyebabkan para Terorist dan penganut Muslim 'garis keras' tsb salah mengartikan maknanya..??
Hayoooh, anda pasti jg akan bingungkan bro..??

Tidak, tidak bingung, bro. Karena contoh dari ketidak-mengertian pembaca kitab suci sangat banyak, bahkan di semua agama.

Bukankah dalam Kristen terdapat mereka yang berjumlah jutaan juga yang mengharamkan babi? Padahal jelas Alkitab (PB) menyatakan tidak ada lagi yang diharamkan. Begitu juga mereka yang menganggap bahwa Jesus itu hanya manusia, bukan Allah Putera? Ada pula yang menyatakan dengan sombong, sekali ikut Jesus maka pasti selamat, karena dosa-dosa nya sudah ditebus? Semua itu berdasarkan ayat ayat Alkitab yang sama. Tetapi bisa dipahami berbeda oleh manusia manusia pembacanya.

Nah, itu dari Alkitab, yang (mohon maaf) susunan dan urutannya sangat lengkap dan jelas. Bagaimana dengan AlQuran (mohon maaf lagi) yang susunan serta urutannya begitu membingungkan?

Maka, bla boleh 'menghakimi' saya akan berkata, bahwa 'kesalahan' berada pada pemahaman manusia pembacanya.

He he he he

Syalom

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
nothingman
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1503
Join date : 13.11.12

PostSubyek: Re: Kronologi turunnya Al Quran dan Abrogations Ayat Al-Quran    26th April 2013, 12:49

bruce wrote:

Tidak, tidak bingung, bro. Karena contoh dari ketidak-mengertian pembaca kitab suci sangat banyak, bahkan di semua agama.

Bukankah dalam Kristen terdapat mereka yang berjumlah jutaan juga yang mengharamkan babi? Padahal jelas Alkitab (PB) menyatakan tidak ada lagi yang diharamkan. Begitu juga mereka yang menganggap bahwa Jesus itu hanya manusia, bukan Allah Putera? Ada pula yang menyatakan dengan sombong, sekali ikut Jesus maka pasti selamat, karena dosa-dosa nya sudah ditebus? Semua itu berdasarkan ayat ayat Alkitab yang sama. Tetapi bisa dipahami berbeda oleh manusia manusia pembacanya.
Bisa jd pendapat anda tsb emg benar bro.. sy sebenarnya jg sangat 'mengharapkan' umat Muslim yg beraliran 'keras' tsb, adlh salah dlm mengartikan makna ayat2 yg ada pd sumber2 pedoman ajaran Islam spt yg ada di Quran, Hadist, dan Kitab2 lainnya bro..

bruce wrote:

Nah, itu dari Alkitab, yang (mohon maaf) susunan dan urutannya sangat lengkap dan jelas. Bagaimana dengan AlQuran (mohon maaf lagi) yang susunan serta urutannya begitu membingungkan?

Maka, bla boleh 'menghakimi' saya akan berkata, bahwa 'kesalahan' berada pada pemahaman manusia pembacanya.
klo seperti itu kita bisa mengatakan bahwa Tafsirannya Ibn Kathir tsb adl 'ngawur' atau tidak sesuai dgn ajarannya Nabi Muhammad donk bro..??

begitu pula ayat2 Hadist yg 'kontroversial' spy yg ada dlm Hadist Shohih Bukhari, Muslim, dan yg ada pd Kitab Sirat Rosul dan Sejarah Nabi lainnya adalah 'hoax' alias sampah..
huahahahahahaha Very Happy roll

Apa iya sih Ulama dan Cendikiawan Muslim sekelas Ibn Kathir, Imam Tabhari, dan Ibn Hisyam, imam Bukhari, dan imam Muslim tsb sampai melakukan kesalahan yg begitu 'fatal' dlm memberikan tafsirannya, sehingga disalah pahami ol jutaan penganut Muslim..??

menurut sy sih tidak seperti itu bro, menurut sy justru kaum ulama2 Muslim tsb sangat mendukung tindakan kekerasan, perampokan dan pembunuhan yg dilakukan ol Muhammad dan para pengikutnya itu bro, makanya mereka menuliskan kisah2 tsb seperti apa yg mereka terima dr ajaran sang nabinya.. sebab klo tidak, maka para Imam/Cendikiawan Muslim tsb TIDAK AKAN MENULISKAN kisah2 yg 'kontroversial' dan berpotensi utk disalah artikan ol para penganut Muslim... logikanya sy ini kira2 masuk akal nda ya..??

sunny
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Kronologi turunnya Al Quran dan Abrogations Ayat Al-Quran    26th April 2013, 12:57

Quote :
klo seperti itu kita bisa mengatakan bahwa Tafsirannya Ibn Kathir tsb adl 'ngawur' atau tidak sesuai dgn ajarannya Nabi Muhammad donk bro..??

begitu pula ayat2 Hadist yg 'kontroversial' spy yg ada dlm Hadist Shohih Bukhari, Muslim, dan yg ada pd Kitab Sirat Rosul dan Sejarah Nabi lainnya adalah 'hoax' alias sampah.

Tidak salah, bro, tetapi soal waktu nya yang bisa ditafsirkan berbeda.

Ibaratnya, ada orang Kristen yang mengartikan ayat ayat 'perintah pembasmian' dalam kitab Ulangan diterapkan masa sekarang.

Quote :
Apa iya sih Ulama dan Cendikiawan Muslim sekelas Ibn Kathir, Imam Tabhari, dan Ibn Hisyam, imam Bukhari, dan imam Muslim tsb sampai melakukan kesalahan yg begitu 'fatal' dlm memberikan tafsirannya, sehingga disalah pahami ol jutaan penganut Muslim..??

menurut sy sih tidak seperti itu bro, menurut sy justru kaum ulama2 Muslim tsb sangat mendukung tindakan kekerasan, perampokan dan pembunuhan yg dilakukan ol Muhammad dan para pengikutnya itu bro, makanya mereka menuliskan kisah2 tsb seperti apa yg mereka terima dr ajaran sang nabinya...


Sekali lagi, hal ini berhubungan dengan masalah 'waktu' nya.
Para ulama jelas tidak akan mempersalahkan Muhamad dalam tindak kekerasan beliau masa itu. Seperti juga para patriarch dan rabbi Yahudi tidak akan mempersalahkan Musa ataupun Joshua terhadap tindak kekerasan saat itu.

Tetapi bagaimana kalau diterapkan saat ini? Itu disebut genocide, dan pasti diserbu oleh pasukan PBB.

Syalom

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content




PostSubyek: Re: Kronologi turunnya Al Quran dan Abrogations Ayat Al-Quran    Today at 00:24

Kembali Ke Atas Go down
 
Kronologi turunnya Al Quran dan Abrogations Ayat Al-Quran
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 2 dari 8Pilih halaman : Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8  Next
 Similar topics
-
» rahasai kepintaran yahudi
» Tips Apabila Kena tilang
» RPM lambat turuuunn.!!
» (ask)agan2 sekalian nunggu plat, stnk, n bpkb brp lama..??

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Ladang Tuhan Baru :: Forum Terbuka :: Diskusi - Kristen Bertanya Non-Kristen Menjawab-
Navigasi: