Ladang Tuhan Baru
Selamat datang kepada sesama saudara Kristen dan saudara lain iman. Mari kita saling kenal dalam suasana bersahabat.

Ladang Tuhan Baru

Forum Komunitas Kristen
 
IndeksIndeks  PencarianPencarian  PendaftaranPendaftaran  LoginLogin  

Share | 
 

 Tanya ke muslim: Dosa dan akhirat

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
Pilih halaman : Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9
PengirimMessage
Tamu
Tamu



PostSubyek: Re: Tanya ke muslim: Dosa dan akhirat    3rd June 2011, 11:22

jadi kalau nuker sendal waktu jum'at an termasuk dosa kecil atw besar ?
soalnya bisa digolongkan mengambil yang bukan haknya (dosa besar),
tapi juga bisa dibilang khilaf (dosa kecil ?)... Razz
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Tanya ke muslim: Dosa dan akhirat    3rd June 2011, 11:24

T2Y wrote:
jadi kalau nuker sendal waktu jum'at an termasuk dosa kecil atw besar ?
soalnya bisa digolongkan mengambil yang bukan haknya (dosa besar),
tapi juga bisa dibilang khilaf (dosa kecil ?)... Razz

Enak aja, khilaf itu kalau dari sendal birckenstock jadi endal jepit swallow, kalo dari sendal jepit swallow jadi sendal birkenstock itu namanya maruk.

Very Happy
Kembali Ke Atas Go down
Tamu
Tamu



PostSubyek: Re: Tanya ke muslim: Dosa dan akhirat    3rd June 2011, 11:30

bruce wrote:
T2Y wrote:
jadi kalau nuker sendal waktu jum'at an termasuk dosa kecil atw besar ?
soalnya bisa digolongkan mengambil yang bukan haknya (dosa besar),
tapi juga bisa dibilang khilaf (dosa kecil ?)... Razz

Enak aja, khilaf itu kalau dari sendal birckenstock jadi endal jepit swallow, kalo dari sendal jepit swallow jadi sendal birkenstock itu namanya maruk.

Very Happy

nah, itu dia... :)

kata akhi striker dosa besar tuh kan mengambil yang bukan haknya, jadi kalau masalah sendal gimana yah ???
masuknya ke dosa kecil atw besar ?
soalnya penting banget buat ntar hitung2an pahala dan dosanya. Razz
xi..xi..xi... Laughing
Kembali Ke Atas Go down
Tamu
Tamu



PostSubyek: Re: Tanya ke muslim: Dosa dan akhirat    3rd June 2011, 11:41

striker wrote:


saya rasa merampok dengan tukang palak adalah sama2 dosa besar, karena berdampak merugikan dan merampas hak orang lain.

berikut saya syaring macam2 dosa dlm Islam:
Macam-Macam Dosa,


semoga bermanfaat, mohon maaf kalau ada yg kurang :)

saya tambahin deh syaringnya Razz (boleh copas dari tetangga) Laughing :

ada seorang ulama KH. ahmai rifai yang memberikan rincian dosa besar dan kecil, dalam karyanya ri'ayatul himmatit to'ah sebagai berikut.

dosa besar ada 44, yaitu {membunuh muslim dengan sengaja, zina atau liwath/wathi dubur, minum yg memabuk kan, makan harta anak yatim tanpa udur, makan harta riba, mencuri dalam kadar banyak, berjudi, menuduh zina tanpa bukti, jadi saksi dusta, merampok, lari dari perang melawan kafir, tidak berbakti pada kedua orang tua, tinggal shalat 5 waktu tanpa udzur, tinggal puasa ramadhan tanpa udzur, berdusta atas Nabi, membenci shahabat Nabi, tidak mencari ilmu yang wajib 'ain, menolak jadi saksi, bersumpah dusta, memutus silaturrahim, mengurangi takaran atau timbangan, riswah/suap, memukul, tidak zakat, makan bangkai, putus asa dari rahmat Allah, tinggal amar ma'ruf nahi mungkar saat mampu, menyembunyikan ilmu agama, mengumpulkan pria dan wanita bukan mahrom dalam satu majlis, berbuat sihir, ghibah atas orang shalih atau hafidz, nusyuz, makan daging babi, merasa aman dari Allah, dzihar, membakar rumah, melupakan hafalan Al Quran dengan sengaja, terus menerus berbuat dosa kecil, membakar binatang hidup-hidup, 'ujub, riya, takabbur, hasud}

dosa kecil ada 21, yaitu {bermusuhan sesama muslim, melihat wanita bukan mahrom, dusta saat bicara, membuka aurat tanpa udzur, melihat hal haram, mendengarkan kemaksiatan, hadir di tempat yg ada maksiatnya, memakai pakaian yg di haramkan, ghibah, saling diam antar muslim/bermusuhan lebih dr 3 hari, menjual sesuatu yang membantu kemaksiatan, berniat melakukan dosa besar/kalau berniat kufur maka langsung jadi kufur, membawa masuk anak2 yg najis ke dalam masjid tanpa darurat, memakai pakaian najis yg basah tanpa darurat, memainkan alat laghwi, menjual budak muslim kepada non muslim, menjual barang sambil menyembunyikan cacadnya, menjual yg memabukkan/najis, kencing menghadap qiblat dadanya dan berak sebaliknya, membuat rupa hewan/patung dsb}
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Tanya ke muslim: Dosa dan akhirat    3rd June 2011, 11:54

Kalo melihat daftar dosa berat itu, sepertinya lebih banyak orang yang melanggar daripada yang mematuhinya. Sementara kalau dosa kecil malah bisa dikatakan setiap orang melakukannya ya?

Mad
Kembali Ke Atas Go down
Silancah
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1492
Join date : 29.01.11
Lokasi : Bandung Barat

PostSubyek: Re: Tanya ke muslim: Dosa dan akhirat    3rd June 2011, 12:57

Apa pun dosa besar atau dosa kecil ... saat seseorang mengaku telah beragama Islam maka dia seharusnya memiliki mental menghindari semuanya ... jadi tidak pilih2 mana yang bisa dilakukan karena 'hitungan' dosanya kecil.

Bila dia masih melakukannya (dengan disengaja) maka di hadapan Allah al Kabiir dia adalah seorang yang memiliki sifat iblis (membangkang).

Naudzubillah min dzalik ...
Kembali Ke Atas Go down
Tamu
Tamu



PostSubyek: Re: Tanya ke muslim: Dosa dan akhirat    3rd June 2011, 13:32

Quote :
Apa pun dosa besar atau dosa kecil ... saat seseorang mengaku telah beragama Islam maka dia seharusnya memiliki mental menghindari semuanya ... jadi tidak pilih2 mana yang bisa dilakukan karena 'hitungan' dosanya kecil.

benar, makanya kalau dalam kristen gak ada dosa besar dan kecil semuanya sama.
Kembali Ke Atas Go down
striker
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1393
Join date : 03.02.11

PostSubyek: Re: Tanya ke muslim: Dosa dan akhirat    3rd June 2011, 20:32

T2Y wrote:
striker wrote:


saya rasa merampok dengan tukang palak adalah sama2 dosa besar, karena berdampak merugikan dan merampas hak orang lain.

berikut saya syaring macam2 dosa dlm Islam:
Macam-Macam Dosa,


semoga bermanfaat, mohon maaf kalau ada yg kurang :)

saya tambahin deh syaringnya Razz (boleh copas dari tetangga) Laughing :

ada seorang ulama KH. ahmai rifai yang memberikan rincian dosa besar dan kecil, dalam karyanya ri'ayatul himmatit to'ah sebagai berikut.

dosa besar ada 44, yaitu {membunuh muslim dengan sengaja, zina atau liwath/wathi dubur, minum yg memabuk kan, makan harta anak yatim tanpa udur, makan harta riba, mencuri dalam kadar banyak, berjudi, menuduh zina tanpa bukti, jadi saksi dusta, merampok, lari dari perang melawan kafir, tidak berbakti pada kedua orang tua, tinggal shalat 5 waktu tanpa udzur, tinggal puasa ramadhan tanpa udzur, berdusta atas Nabi, membenci shahabat Nabi, tidak mencari ilmu yang wajib 'ain, menolak jadi saksi, bersumpah dusta, memutus silaturrahim, mengurangi takaran atau timbangan, riswah/suap, memukul, tidak zakat, makan bangkai, putus asa dari rahmat Allah, tinggal amar ma'ruf nahi mungkar saat mampu, menyembunyikan ilmu agama, mengumpulkan pria dan wanita bukan mahrom dalam satu majlis, berbuat sihir, ghibah atas orang shalih atau hafidz, nusyuz, makan daging babi, merasa aman dari Allah, dzihar, membakar rumah, melupakan hafalan Al Quran dengan sengaja, terus menerus berbuat dosa kecil, membakar binatang hidup-hidup, 'ujub, riya, takabbur, hasud}

dosa kecil ada 21, yaitu {bermusuhan sesama muslim, melihat wanita bukan mahrom, dusta saat bicara, membuka aurat tanpa udzur, melihat hal haram, mendengarkan kemaksiatan, hadir di tempat yg ada maksiatnya, memakai pakaian yg di haramkan, ghibah, saling diam antar muslim/bermusuhan lebih dr 3 hari, menjual sesuatu yang membantu kemaksiatan, berniat melakukan dosa besar/kalau berniat kufur maka langsung jadi kufur, membawa masuk anak2 yg najis ke dalam masjid tanpa darurat, memakai pakaian najis yg basah tanpa darurat, memainkan alat laghwi, menjual budak muslim kepada non muslim, menjual barang sambil menyembunyikan cacadnya, menjual yg memabukkan/najis, kencing menghadap qiblat dadanya dan berak sebaliknya, membuat rupa hewan/patung dsb}

wah terima kasih atas tambahan ilmunya bro, semoga tdk keberatan kalau saya copy :)
Kembali Ke Atas Go down
Tamu
Tamu



PostSubyek: Re: Tanya ke muslim: Dosa dan akhirat    4th June 2011, 13:33

striker wrote:

wah terima kasih atas tambahan ilmunya bro, semoga tdk keberatan kalau saya copy :)

wah, silahkan saja mas... :)
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content




PostSubyek: Re: Tanya ke muslim: Dosa dan akhirat    Today at 06:55

Kembali Ke Atas Go down
 
Tanya ke muslim: Dosa dan akhirat
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 9 dari 9Pilih halaman : Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9
 Similar topics
-
» [Tanya] IQ-nya brapa sih??
» Tanya tentang Oli pertamina
» (iseng2 tanya)napa banyak ninja 250 dijual???
» Vlad Dracula " Kisah Nyata Pembantai Umat Islam Dalam Perang Salib
» MITOS DI MASYARAKAT

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Ladang Tuhan Baru :: Forum Terbuka :: Diskusi - Kristen Bertanya Non-Kristen Menjawab-
Navigasi: