Ladang Tuhan Baru
Selamat datang kepada sesama saudara Kristen dan saudara lain iman. Mari kita saling kenal dalam suasana bersahabat.

Ladang Tuhan Baru

Forum Komunitas Kristen
 
IndeksIndeks  PencarianPencarian  PendaftaranPendaftaran  LoginLogin  

Share | 
 

 Kenaikan Jesus Kritus

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Kenaikan Jesus Kritus   29th April 2013, 20:38

Tanggal 9 Mei 2013, kita peringati sebagai Hari Kenaikan Jesus Kristus ke Sorga.

Sudah 2000 tahun lebih Jesus nak ke Sorga, secara manusiawi, mungkin kita bertanya tanya, mengapa Jesus harus kembali ke Sorga? Mengapa Jesus tidak tinggal saja bersama kita di dunia? Membimbing kita agar tetap berada pada jalan yang benar? Bukankah dengan tetap berada bersama kita, maka kita menjadi lebih taat, dan lebih kuat menghadapi berbagai pencobaan selama kita hidup di dunia?

Berikut adalah artikel yag mencoba menjawab pertanyaan kita yang manusiawi itu :

Kenaikan Yesus ke Surga (Ascension) adalah naiknya Yesus ke Surga dengan kekuatan-Nya sendiri di hadapan para muridnya, empat puluh hari setelah kebangkitan-Nya. Hal ini diceritakan di Mk 16:19, Lk 24:51, dan Kis 1.
Ada dua alasan mengapa Yesus naik ke Surga:

I. Untuk mengirimkan Roh Kudus yang dijanjikan-Nya.
Di dalam Yoh 16:7 dikatakan “Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu.” Pertanyaannya, mengapa Yesus harus naik ke Surga terlebih dahulu sebelum mengirimkan Roh Kudus?

1) Kalau kita mau melihat keseluruhan Alkitab, maka kita juga mencoba melihat Perjanjian Lama dalam terang Perjanjian Baru. Dalam studi “typology“, kita melihat sesuatu yang ada di dalam Perjanjian Lama dan kemudian dikaitkan dengan Perjanjian Baru untuk mendapatkan gambaran yang lebih lengkap. Dalam hal ini ada kaitan antara Musa dan Yesus. Yesus disebut Musa yang Baru.

2) Sebelum Musa mendapatkan Sepuluh Perintah Allah (decalogue), Musa harus naik terlebih dahulu ke gunung Sinai, dan tinggal bersama dengan Allah selama empat puluh hari. (Lih. Kel 34). Dan oleh karena itu, Yesus, Musa yang Baru, naik – bukan ke gunung yang bersifat fisik, namun naik ke Surga. Rasul Paulus mengatakan “Ia yang telah turun, Ia juga yang telah naik jauh lebih tinggi dari pada semua langit, untuk memenuhkan segala sesuatu.“(Ef 4:10). Dan pada waktu Dia telah duduk di sisi kanan Allah Bapa, maka Dia dapat menuliskan hukum Allah di dalam hati manusia, bukan di dalam dua loh batu seperti di dalam Perjanjian Lama. Penulisan hukum Allah ini dimanifestasikan dengan turunnya Roh Kudus kepada para rasul dan kemudian kepada umat Allah, sehingga Tubuh Kristus (Gereja) dapat dibangun.


II. Untuk membawa jiwa-jiwa yang berada di limbo of the just atau bosom of Abraham atau tempat penantian, ke Surga.
Rasul Paulus mengatakan bahwa “8 Itulah sebabnya kata nas: “Tatkala Ia naik ke tempat tinggi, Ia membawa tawanan-tawanan; Ia memberikan pemberian-pemberian kepada manusia.” 9 Bukankah “Ia telah naik” berarti, bahwa Ia juga telah turun ke bagian bumi yang paling bawah? 10 Ia yang telah turun, Ia juga yang telah naik jauh lebih tinggi dari pada semua langit, untuk memenuhkan segala sesuatu. 11 Dan Ialah yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi, baik pemberita-pemberita Injil maupun gembala-gembala dan pengajar-pengajar, 12 untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan, bagi pembangunan tubuh Kristus, 13 sampai kita semua telah mencapai kesatuan iman dan pengetahuan yang benar tentang Anak Allah, kedewasaan penuh, dan tingkat pertumbuhan yang sesuai dengan kepenuhan Kristus,” (Ef 4:8-13)

1) Dari ayat-ayat tersebut di atas, maka sebenarnya cukup jelas bahwa ketika Yesus naik ke tempat tinggi (Surga), maka Yesus membawa jiwa-jiwa yang berada di bosom of Abraham dengan cara Yesus turun sendiri ke tempat penantian selama tiga hari (dari wafat sampai kebangkitan).

2) “Pemenuhan segala sesuatu” yang disebutkan di ayat 10 adalah pemenuhan dari janji Yesus, yaitu untuk mengutus Roh Kudus, Roh Penghibur (Yoh 14:26, 15:26, dan 16:7) yang akan memenuhkan segala sesuatu, yang memperlengkapi umat Allah dalam membangun Tubuh Kristus, yaitu Gereja. Rasul Paulus menegaskan bahwa Roh Kudus inilah yang akan memberikan kedewasaan penuh dan tingkat pertumbuhan yang sesuai dengan kepenuhan Kristus. Jadi dapat dikatakan bahwa Roh Kudus membantu umat Allah untuk menjadi mirip seperti Kristus.


Roh Kudus menuntun perkembangan Gereja
Roh Kudus yang dijanjikan Yesus dimanifestasikan secara penuh pada hari Pentakosta, seperti yang diceritakan di dalam Kisah Para Rasul 2. Dari sinilah lahir Gereja atau Tubuh Mistik Kristus, yang berkembang dengan pesat. Dan penganiayaan jemaat Kristen perdana tidak menyurutkan para murid untuk senantiasa mewartakan Kristus.
Dengan Roh Kudus atau Roh Kristus, maka manifestasi dari kekuatan dan kasih Kristus tidak dibatasi lagi oleh tempat, melainkan Dia bebas berkarya di dalam setiap hati manusia dimanapun berada. Penerimaan Roh Kudus ini diwujudkan dalam Sakramen Permandian, seperti yang dikatakan oleh Rasul Petrus “Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus” (Kis 2:38).

Jadi, dari beberapa prinsip, seperti yang disebutkan di atas, maka:

Yesus naik ke Surga bertujuan untuk mengirimkan Roh Kudus yang telah dijanjikannya dan juga membawa jiwa-jiwa umat Allah yang berada di tempat penantian. Dan Roh Kudus yang dijanjikan inilah yang memberikan inspirasi dan kekuatan kepada umat Allah di dalam perkembangan Gereja sampai saat ini.

Yesus datang ke dunia bukan untuk mendirikan kerajaan dunia, seperti yang diinginkan oleh bangsa Yahudi, namun Dia ingin meraja di dalam hati setiap umat manusia, yang dicapai dengan mengirimkan Roh Kudus.


Kita mengetahui Trinitas dari Wahyu Allah. Namun kita juga dapat melihat hal ini dari “argument of fittingness“.
Pertama, kita perlu mengerti akan definisi dari Trinitas sendiri, yang merupakan satu Allah dalam tiga pribadi, dimana masing-masing pribadi hanyalah berbeda dalam hubungan asalnya “relation of origin“. KGK 254 menyatakan “Masing-masing berbeda satu dengan yang lain oleh hubungan asalnya: Adalah “Bapa yang melahirkan, dan Putera yang dilahirkan dan Roh Kudus yang dihembuskan“. Oleh karena itu adalah “fitting” kalau Yesus, pribadi ke-2 dari Trinitas dimuliakan terlebih dahulu, dan bersama-sama dengan Allah Bapa memberikan Roh Kudus (Yoh 14:26; 15:26; 16:14).

Kalau Roh Kudus memanifesikan diri-Nya sebelum Kristus dimuliakan, maka seolah-olah Roh Kudus hanya berasal dari Bapa. Kalau Roh Kudus hanya berasal dari Bapa, maka Roh Kudus tidak berbeda dengan Allah Putera. Oleh karena itu menjadi “fitting” bahwa Roh Kudus turun kepada para rasul pada hari Pentakosta, yaitu setelah Yesus dipermuliakan, sehingga Roh Kudus ini dapat dikatakan berasal dari Allah Bapa dan Allah Putera.

Roh Kudus yang akan memenuhkan segala sesuatu, yang memperlengkapi umat Allah dalam membangun Tubuh Kristus, yaitu Gereja. Rasul Paulus menegaskan bahwa Roh Kudus inilah yang akan memberikan kedewasaan penuh dan tingkat pertumbuhan yang sesuai dengan kepenuhan Kristus. Jadi dapat dikatakan bahwa Roh Kudus membantu umat Allah untuk menjadi mirip seperti Kristus.

Dikutip sebagian dari Sumber ini



_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Kenaikan Jesus Kritus   9th May 2013, 15:16

Di manakah lokasi tempat Jesus naik ke surga?

Di luar kota Yerusalem, dekat Betania,[9] di bukit yang disebut Bukit Zaitun, yang hanya "seperjalanan Sabat" jauhnya dari Yerusalem.[10] "Seperjalanan Sabat" itu berjarak kira-kira 2000 langkah atau sekitar 1,5 km (1 mil).

Jelas kenaikan ini bukan di dalam kota Betania, yang jauhnya dua kali seperjalanan Sabat dari Yerusalem. Kota ini terletak di sebelah timur Bukit Zaitun, kira-kira 3 kilometer (2 mil) di timur Yerusalem. Bukit Zaitun (bahasa Inggris: Mount Olivet atau Mount Olive) terdiri dari 3 puncak yang memanjang sekitar 2 kilometer (1,5 mil).

Gereja "Church of the Holy Ascension" pernah didirikan di sana, sebelum direbut oleh Saladin tahun 1187 dan diubah menjadi mesjid sampai sekarang. Tidak ada kepastian bahwa ini adalah tempat kenaikan Yesus.


9. Lukas 24:50
10. Kisah Para Rasul 1:12


Sumber

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
hello kitty
Calon Perwira
Calon Perwira


Jumlah posting : 305
Join date : 28.10.12
Lokasi : Lawang

PostSubyek: Re: Kenaikan Jesus Kritus   9th May 2013, 19:57

penjelasan yang mantap dan super jelas seperti biasanya.
terima kasih, Pak Singa.. Laughing
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Kenaikan Jesus Kritus   9th May 2013, 20:21

hello kitty wrote:
penjelasan yang mantap dan super jelas seperti biasanya.
terima kasih, Pak Singa.. Laughing


Makasih kembali mbak kucing, he he he he

Laughing

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
cinzano
Moderator
Moderator


Jumlah posting : 2124
Join date : 26.10.12
Lokasi : Buaya City

PostSubyek: Re: Kenaikan Jesus Kritus   10th May 2013, 05:44



Sama seperti Sis Kitty ....


Postingan yang bener2 mantab Mod Bruce





thumb up
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: Kenaikan Jesus Kritus   10th May 2013, 08:56

Sama seperti Mod Cinzan yang sama seperti Sis Kitty .... postingan yang bener2 mantab GloMod Bruce.
[You must be registered and logged in to see this image.]

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Kenaikan Jesus Kritus   10th May 2013, 11:08

Oooooo Ooooooo Ooooooo

kissbye

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
cinzano
Moderator
Moderator


Jumlah posting : 2124
Join date : 26.10.12
Lokasi : Buaya City

PostSubyek: Re: Kenaikan Jesus Kritus   12th May 2013, 12:43



Sekarang waktunya bertanya ...


Apakah dapat saya simpulkan, dengan kenaikan Tuhan Yesus dan kedatangan Roh Kudus.
Karena Tuhan Yesus selama pelayanan didunia, adanya keterbatasan pelayanan karena masih terikat dengan "badan manusia".


Lain halnya dengan Roh Kudus, yang tidak terikat oleh ruang dan waktu.


Any comment ??



Love
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Kenaikan Jesus Kritus   12th May 2013, 15:50

cinzano wrote:


Sekarang waktunya bertanya ...


Apakah dapat saya simpulkan, dengan kenaikan Tuhan Yesus dan kedatangan Roh Kudus.
Karena Tuhan Yesus selama pelayanan didunia, adanya keterbatasan pelayanan karena masih terikat dengan "badan manusia".


Lain halnya dengan Roh Kudus, yang tidak terikat oleh ruang dan waktu.


Any comment ??



Love


Saya melihatnya (IMHO), memang beda tugas, om. Jesus adalah Firman, Roh Kudus adalah 'Api' yang memelihara iman agar terus 'bernyala' dalam jiwa kita.

Embarassed

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
cinzano
Moderator
Moderator


Jumlah posting : 2124
Join date : 26.10.12
Lokasi : Buaya City

PostSubyek: Re: Kenaikan Jesus Kritus   13th May 2013, 05:57

bruce wrote:
cinzano wrote:


Sekarang waktunya bertanya ...


Apakah dapat saya simpulkan, dengan kenaikan Tuhan Yesus dan kedatangan Roh Kudus.
Karena Tuhan Yesus selama pelayanan didunia, adanya keterbatasan pelayanan karena masih terikat dengan "badan manusia".


Lain halnya dengan Roh Kudus, yang tidak terikat oleh ruang dan waktu.


Any comment ??



Love


Saya melihatnya (IMHO), memang beda tugas, om. Jesus adalah Firman, Roh Kudus adalah 'Api' yang memelihara iman agar terus 'bernyala' dalam jiwa kita.

Embarassed

16:23 Dan pada hari itu q kamu tidak akan menanyakan apa-apa kepada-Ku. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya segala sesuatu yang kamu minta kepada Bapa, akan diberikan-Nya kepadamu dalam nama-Ku. r 16:24 Sampai sekarang kamu belum meminta sesuatupun dalam nama-Ku. Mintalah maka kamu akan menerima, s supaya penuhlah t sukacitamu. 16:25 Semuanya ini Kukatakan kepadamu dengan kiasan. u Akan tiba saatnya v Aku tidak lagi berkata-kata kepadamu dengan kiasan, tetapi terus terang memberitakan Bapa kepadamu. 16:26 Pada hari itu kamu akan berdoa dalam nama-Ku. w Dan tidak Aku katakan kepadamu, bahwa Aku meminta bagimu kepada Bapa, 16:27


Saya tafsirkan dari yang ini Mod. Jadi setelah kenaikan Tuhan Yesus, maka apa yang kita minta dalam nama Tuhan Yesus maka Tuhan Yesus sendiri akan mengabulkannya dengan meminta langsung kepada Bapa. Melalui Roh Kudus.



Love
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Kenaikan Jesus Kritus   13th May 2013, 07:07

sunny

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
cinzano
Moderator
Moderator


Jumlah posting : 2124
Join date : 26.10.12
Lokasi : Buaya City

PostSubyek: Re: Kenaikan Jesus Kritus   13th May 2013, 08:18



Adakah teman2 mengetahui perbedaan karunia roh dan karunia roh kudus.




Neutral
Kembali Ke Atas Go down
siip
Perwira Pertama
Perwira Pertama


Jumlah posting : 630
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Kenaikan Jesus Kritus   13th May 2013, 15:04

Sama saja Cinzano
Kembali Ke Atas Go down
cinzano
Moderator
Moderator


Jumlah posting : 2124
Join date : 26.10.12
Lokasi : Buaya City

PostSubyek: Re: Kenaikan Jesus Kritus   13th May 2013, 16:36

siip wrote:
Sama saja Cinzano


Saya pernah mendengar kog beda ya Bro Siip.


Coba beberapa hari ini saya ingat2 .... (kalo ketemu)...

hehehehe



Laughing
Kembali Ke Atas Go down
siip
Perwira Pertama
Perwira Pertama


Jumlah posting : 630
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Kenaikan Jesus Kritus   13th May 2013, 17:46

Kalo :

Karunia berupa (Pribadi) Roh Kudus (karunia akibat menerima Yesus Kristus) memang beda dari Karunia Roh yg dbrikan oleh Roh Kudus utk tujuan pelayanan.

Tgantung definisinya kali ya Bro
Kembali Ke Atas Go down
cinzano
Moderator
Moderator


Jumlah posting : 2124
Join date : 26.10.12
Lokasi : Buaya City

PostSubyek: Re: Kenaikan Jesus Kritus   14th May 2013, 06:18

siip wrote:
Kalo :

Karunia berupa (Pribadi) Roh Kudus (karunia akibat menerima Yesus Kristus) memang beda dari Karunia Roh yg dbrikan oleh Roh Kudus utk tujuan pelayanan.

Tgantung definisinya kali ya Bro


Yaa..
Baru ingat.

Yang satu karunia di Kitab Yesaya dan satunya lagi di Korintus.



Laughing
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: Kenaikan Jesus Kritus   16th July 2013, 07:39

Kalau pemahaman kita dikungkung alam fisik, tentu, setelah Tuhan Jesus Kristus naik ke sorga maka dunia tinggal tanpa Tuhan. Namun, Tuhan Jesus Kristus segera mengutus Roh Kudus, sehingga Tuhan tetap berada di dunia. Dan lagi, kepada ke-11 murid perdanaNya telah dijanjikan bahwa Tuhan akan menyertai para murid sampai kepada akhir zaman.

Timbul pertanyaan di benak saya, apakah masa sepuluh hari, yaitu setelah Tuhan Jesus Kristus naik ke sorga dan sebelum Roh Kudus turun ke atas para Rasul, saat itulah dunia tidak bersama Tuhan? Ah, ya. Kembali lagi, ternyata pemahaman yang melatari pertanyaan saya itu hanya didasari oleh alam fisik, yang dibatasi oleh ruang dan waktu.

Ada yang ingin memberi komentar?

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content




PostSubyek: Re: Kenaikan Jesus Kritus   Today at 14:58

Kembali Ke Atas Go down
 
Kenaikan Jesus Kritus
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» dampak kenaikan BBM (kalo jadi)
» WTS : Helm Half Face merk SPARX (kenaikan harga per 1-Des-2008)
» [WTS] Helm KBC & SPARX (kenaikan harga per 1 Desember 2008)
» bore up kit piston 265 cc kmi
» WTS : Helm KBC Edisi 2009 (mengalami kenaikan harga)

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Ladang Tuhan Baru :: Ruang Antar Kristen (Khusus Penganut Kristen Trinitarian) :: Ajaran Kristen-
Navigasi: