Ladang Tuhan Baru
Selamat datang kepada sesama saudara Kristen dan saudara lain iman. Mari kita saling kenal dalam suasana bersahabat.

Ladang Tuhan Baru

Forum Komunitas Kristen
 
IndeksIndeks  PencarianPencarian  PendaftaranPendaftaran  LoginLogin  

Share | 
 

 Adam dan Hawa

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
Pilih halaman : Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8  Next
PengirimMessage
nothingman
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1503
Join date : 13.11.12

PostSubyek: Re: Adam dan Hawa   2nd June 2013, 00:29

bruce wrote:

Tidak ada misteri dari teori evolusi, bro. Apa yang aneh? Justru akan sangat aneh kalau kita percaya bahwa bumi diciptakan sudah seperti sekarang ini, sementara bukti bukti penggalian sangat nyata bahwa bentuk daratan yang sekarang kita huni tidak seperti sekarang ini pada masa lalu. Daratan berubah terus menerus, bergeser sesuai dengan pergerakan inti bumi. Sedangkan lempeng bumi berasal dari inti bumi yang membeku. Bisa anda bayangkan, bagaimana manusia bisa hidup saat bumi masih membara?
Saat permukaan bumi mendingin, kehidupanpun belum bisa berawal, bumi masih penuh dengan berbagai zat yang beracun bagi mahluk hidup. Mahluk mahluk sederhanalah yang kemudian hidup dan memungkinkan kehidupan diatasnya bisa mulai hadir.

betul bro Bruce, klo dilihat dr segi logika dan ilmu pengetahuan, teori evolusi atau teori2 yg lain spt teori ledakan besar/big bang memang benar, tp perlu diingat pula itu baru sekedar 'teori' atau 'kemungkinan' dan belum bisa dipastikan kebenarannya, krn sampai saat ini teknologi/science yg dimiliki manusia baru sampai pd tahap itu..
Dan bisa aj Tuhan baru menciptakan tumbuhan, segala hewan, dan manusia termasuk Adam dan Hawa sesudah bumi ini dingin, bergeser, dan siap huni spt pendapat yg diberikan ol Romo Yopi sebelumnya..?
bruce wrote:

Janganlah kita menganggap bahwa percaya science berarti mengabaikan Alkitab. Tidak, kedua hal itu tidak untuk dipertentangkan. Justru karena Tuhan lah maka segala hal tentang alam semesta ini terbentuk. Tuhan sbagai Sang Arsitek Agung telah membuat hukum alam yang akan berlaku untuk semua ciptaanNya.

Sentuhan sentuhan Tuhan terhadap hukum alam itulah yang membuktikan, betapa Tuhan itu Maha Kuasa.
Tidak bro Bruce, bukan maksud sy utk mempertentangkan iman dgn science..
karena ke-Besaran dan ke Maha Kuasaan Tuhan, maka kita sebagai manusia tidak dapat menjangkau/memahaminya dgn akal dan ilmu pengetahuan yg kita miliki, termasuk memahami apa yg ada dlm Alkitab secara keseluruhan dgn sempurna, maka hal itulah yg menyebabkan manusia menciptakan teori evolusi atau teori2 yg lain..

bruce wrote:

Semakin kita terbuka, semakin kaut iman kita, bro. Bukan hanya iman berdasarkan Alkitab. Karena kita justru melihat bahwa ternyata Tuhan itu sungguh luar biasa. Dan kita, manusia, dipercaya olehNya untuk terus menerus menggali dan mencari rahasia alam semesta, hingga semakin besarlah kekaguman kita kepada Tuhan Sang Pencipta Alam semesta ini.

Syalom
setuju bro, kita memang harus tetap terbuka dlm memahami segala ciptaan Tuhan yg sungguh luar biasa itu, tp dgn segala keterbatasan yg dimiliki ol manusia, sy yakin sampai kapan pun manusia tidak akan dapat memahami segala sesuatu ciptaan Tuhan tsb dgn baik dan sempurna, krn klo semua itu bisa dipahami dan 'dijangkau' ol akal pikiran manusia, maka Dia tidak lagi Maha Besar dan Maha Sempurna, Maha Kuasa atau Maha yg lain-lainnya..

Syalom, [You must be registered and logged in to see this image.]
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Adam dan Hawa   2nd June 2013, 00:45

Quote :
setuju bro, kita memang harus tetap terbuka dlm memahami segala ciptaan Tuhan yg sungguh luar biasa itu, tp dgn segala keterbatasan yg dimiliki ol manusia, sy yakin sampai kapan pun manusia tidak akan dapat memahami segala sesuatu ciptaan Tuhan tsb dgn baik dan sempurna, krn klo semua itu bisa dipahami dan 'dijangkau' ol akal pikiran manusia, maka Dia tidak lagi Maha Besar dan Maha Sempurna, Maha Kuasa atau Maha yg lain-lainnya..

Saya kurang sependapat bro.
Apa yang kita kuasai sekarang ini masih jauh, itu betul, tetapi kita hanya perlu menengok 100 tahun lalu dan lihat apa yang telah kita capai dalam 100 tahun ini. Ilmu pengetahuan manusia tidak bergerak dalam deret hitung, tetapi deret ukur, dan batasannya nyaris tanpa batas.

Justru di saat pengetahuan manusia seolah sudah mendekati 'kekuasaan Tuhan, justru akan semakin nyata, bahwa manusia tidak berkuasa dalam banyak hal. Tetapi, pada satu titik, disaat manusia berdiri seolah 'setara' dengan kuasa Tuhan, justru disitulah kita harus mampu mengendalikan pikiran kita, apakah kita akan tetap punya iman, atau kita sudah memindahkan iman kita kepada science. Dan bagi orang yang 'cuma' mengandalkan Alkitab secara literal, saat bukti terpapar didepan matanya, adalah orang yang paling cepat beralih imannya.

Anda bisa membayangkan, bahwa saat ini 'kematian' sudah bisa dicegah dengan segala macam alat. Akan tiba saatnya, entah kapan, manusia bisa 'membangkitkan' manusia yang sudah meninggal dalam waktu tertentu. Di saat itu apapakah kita akan tergagap gagap menyatakan kita seperti Tuhan, atau bahwa ternyata hanya hal yang bersifat fisika dan biologis semata? Pada titik itu, kita bukan harus bingung dan tergagap, tetapi bersikap, bahwa ada yang memang bisa dan benar untuk melangkah, atau kita harus berhenti dan berserah serta menyatakan TIDAK.

Saya hanya membuka sedikit jendela, untuk memperlihatkan, bahwa apa yang kita ketahui dan tidak pahami saat ini, akan segera menjadi hal biasa kelak. Dan iman yang perlu kita pegang haruslah iman yang cerdas dan terbuka.

Syalom

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
nothingman
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1503
Join date : 13.11.12

PostSubyek: Re: Adam dan Hawa   2nd June 2013, 01:06

Okay bro Bruce, sy jg menantikan sampai kapan ilmu pengetahuan yg dibuat manusia bisa melampaui segala ciptaan Tuhan yg Maha Kuasa dan Maha Besar itu..
Anyway, sy setuju kok klo peristiwa Adam dan Hawa atau banyak peristiwa yg lain dlm Alkitab tidak diartikan secara literal, jd hanya diambil sisi filosofisnya aj..
tp itu karna keterbatasan sy sbg manusia awam yg nda bisa memahami apa yg ada dlm Alkitab scr sempurna, dan itu jd menurut akal dan logika sy aj ya bro..
hehehehe[You must be registered and logged in to see this image.]

gile hari gini Oom Bruce masih OL.. pengabdian bro Bruce terhadap forum LTB ini benar2 nda diragukan lagi...
bro Bruce emg hebaaat.... [You must be registered and logged in to see this image.]
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Adam dan Hawa   2nd June 2013, 01:11

Quote :
gile hari gini Oom Bruce masih OL.. pengabdian bro Bruce terhadap forum LTB ini benar2 nda diragukan lagi...

Lhoh, ini malam weekend, kan?
Dengan online di LTB, justru membuktikan, bahwa saya bukan pria dugem, he he he he.

Cool

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: Adam dan Hawa   2nd June 2013, 12:55

Saya sangat sependapat. [You must be registered and logged in to see this image.]

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Adam dan Hawa   2nd June 2013, 13:36

Husada wrote:
Saya sangat sependapat. [You must be registered and logged in to see this image.]

Bahwa saya bukan pria dugem?
Thankyou om GMH

Laughing

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: Adam dan Hawa   2nd June 2013, 14:03

bruce wrote:
Husada wrote:
Saya sangat sependapat. [You must be registered and logged in to see this image.]

Bahwa saya bukan pria dugem?
Thankyou om GMH

[You must be registered and logged in to see this image.]
Weh, lemootzz... nih net.

Ketika saya post "Saya sangat sependapat" ntu, yang ada di atasnya baru hanya Subyek: Re: Adam dan Hawa [You must be registered and logged in to see this image.]Today at 0:23. Karena itu pula saya tidak meng-quote. E'e'eee... setelah posting, kenapa ada beberapa postingan lain di antaranya?

Tentang dugemnya GMB, saya tidak yakin. Kadang-kadang, meski tidak doyan-doyan amat dengan dugem, ada kalanya kita ikut dugem. Apalagi orang yang pernah membentak fiskus, saya semakin ragu, apakah GMB anti dugem atau doyan dugem.[You must be registered and logged in to see this image.]

[You must be registered and logged in to see this image.] [You must be registered and logged in to see this image.] [You must be registered and logged in to see this image.] [You must be registered and logged in to see this image.]

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Adam dan Hawa   2nd June 2013, 14:15

Walah, tepok jidad aja deh

d\'oh

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: Adam dan Hawa   2nd June 2013, 16:43

[You must be registered and logged in to see this image.]Ketahuan. Langsung kambuh kebiasaan lama, tepokjidad. [You must be registered and logged in to see this image.]

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Adam dan Hawa   2nd June 2013, 18:02

[You must be registered and logged in to see this image.]


_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
nothingman
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1503
Join date : 13.11.12

PostSubyek: Re: Adam dan Hawa   3rd June 2013, 20:50

bruce wrote:
[You must be registered and logged in to see this image.]

wakakakakakkkk... [You must be registered and logged in to see this image.]
Oom Bruce dapet aja lagi gambar spt itu..
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Adam dan Hawa   3rd June 2013, 21:00

nothingman wrote:
bruce wrote:
[You must be registered and logged in to see this image.]

wakakakakakkkk... [You must be registered and logged in to see this image.]
Oom Bruce dapet aja lagi gambar spt itu..

Kan tinggal potret pakai HP

roll

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: Adam dan Hawa   3rd June 2013, 22:09

bruce wrote:
nothingman wrote:
bruce wrote:
[You must be registered and logged in to see this image.]

wakakakakakkkk... [You must be registered and logged in to see this image.]
Oom Bruce dapet aja lagi gambar spt itu..

Kan tinggal potret pakai HP

[You must be registered and logged in to see this image.]
Nothing, untuk gambar itu, GMB sudah ke Afrika hanya bermodalkan hp. [You must be registered and logged in to see this image.]

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
St Yopi
Calon Perwira
Calon Perwira


Jumlah posting : 428
Join date : 24.10.12

PostSubyek: Re: Adam dan Hawa   4th June 2013, 13:14

bruce wrote:
Lho, saya masih 'menantang' pihak yang merasa kalau Adam dan Hawa adalah literal, om. Kalau ada buktinya, maka saya akan merubah cara pandang saya.
He he he he.
Neutral
Secara Katolik Literal:

Tradisi Gereja menyatakan bahwa Bukit Golgotha merupakan kubur Adam dan Hawa, dan salib Kristus didirikan tepat di atas tengkorak Adam. Menurut Origen dalam komentarnya terhadap Matius 27:33 menyatakan bahwa benar tengkorak Adam telah dikuburkan di bawah tempat penyaliban (ibid.)

*diambil dari beberapa literatur termasuk:
[You must be registered and logged in to see this link.]
[You must be registered and logged in to see this link.]
[You must be registered and logged in to see this link.]
dll

Menurut Yesaya Indocell, buku yang menjelaskan hal ini adalah:

“The Dolorous Passion of Our Lord Jesus Christ from the Meditations of Anne Catherine Emmerich”

Jelas saya memilih Adam dan Hawa adalah Literal sudah sesuai dengan ajaran Gereja, apalagi jangan-jangan nanti ada yang bilang Yesus dan Maria bukan literal!
Shocked roll d\'oh
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Adam dan Hawa   4th June 2013, 13:22

Barangkali anda bisa melampirkan foto tengkorak Adam, Min?

geek

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
siip
Perwira Pertama
Perwira Pertama


Jumlah posting : 630
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Adam dan Hawa   4th June 2013, 13:35

bruce wrote:
Lho, saya masih 'menantang' pihak yang merasa kalau Adam dan Hawa adalah literal, om. Kalau ada buktinya, maka saya akan merubah cara pandang saya.

He he he he.

Neutral

Brarti kl 'buktinya' adl tulisan Paulus itu sah kah?
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Adam dan Hawa   4th June 2013, 14:09

Sah, kalau Paulus menyaksikan Adam dan Hawa, pak (bukan) pendeta.

roll

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
siip
Perwira Pertama
Perwira Pertama


Jumlah posting : 630
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Adam dan Hawa   4th June 2013, 15:41

OoooOOOookkkhhhhhh

Jd kudu dsaksikan ya?

Gawat itu kl harus ada saksi mnyaksikan...

Blm pernah ada yg liat big bang (kcuali big bang theory).

Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Adam dan Hawa   4th June 2013, 15:55

siip wrote:
OoooOOOookkkhhhhhh

Jd kudu dsaksikan ya?

Gawat itu kl harus ada saksi mnyaksikan...

Blm pernah ada yg liat big bang (kcuali big bang theory).


Ohh, kalau bigbang bukan sekedar teori, bro, tetapi bisa dihitung dan dibuktikan secara matematis.

roll

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
cinzano
Moderator
Moderator


Jumlah posting : 2124
Join date : 26.10.12
Lokasi : Buaya City

PostSubyek: Re: Adam dan Hawa   4th June 2013, 16:27



Pendapat pribadi saya, Adam dan Hawa bukanlah literal.
Bangsa Israel di Mesopotamia memiliki cerita yang diturunkan secara lisan.
Setelah bersinggungan dengan bangsa2 lain yang tentunya memiliki kisah penciptaan versi mereka.
Dan setelah bangsa Israel merenungkan dan disesuaikan dengan paham monoteisme dari Bangsa Israel sendiri maka timbul rumusan Adam dan Hawa.


Tetapi secara Iman dan Teologis, saya tetap mengikuti pedoman Gereja Katolik.


Neutral
Kembali Ke Atas Go down
siip
Perwira Pertama
Perwira Pertama


Jumlah posting : 630
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Adam dan Hawa   4th June 2013, 16:45

Nah, kl di Alkitab juga ada hitungan keturunan Adam tuh.

So gimana Bro?

Hitungan silsilah kan tercatat.
Apakah ini bukti yg tidak sah atau tidak sekuat bukti hitungan matematis???
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Adam dan Hawa   4th June 2013, 17:58

siip wrote:
Nah, kl di Alkitab juga ada hitungan keturunan Adam tuh.

So gimana Bro?

Hitungan silsilah kan tercatat.
Apakah ini bukti yg tidak sah atau tidak sekuat bukti hitungan matematis???

Sebenarnya silsilah di Alkitb hanya menuliskan yang penting penting saja dari susunan silsilah itu, pak (bukan) pendeta. Karena kalau kita ambil secara literal, maka bumi yang berusia 6000-10000 tahun itu gak sampai ke mana mana.

Cool

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
siip
Perwira Pertama
Perwira Pertama


Jumlah posting : 630
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Adam dan Hawa   4th June 2013, 18:19

bruce wrote:
siip wrote:
Nah, kl di Alkitab juga ada hitungan keturunan Adam tuh.

So gimana Bro?

Hitungan silsilah kan tercatat.
Apakah ini bukti yg tidak sah atau tidak sekuat bukti hitungan matematis???

Sebenarnya silsilah di Alkitb hanya menuliskan yang penting penting saja dari susunan silsilah itu, pak (bukan) pendeta. Karena kalau kita ambil secara literal, maka bumi yang berusia 6000-10000 tahun itu gak sampai ke mana mana.

Cool

Tp kox ada yg ngitung-ngitungin dan bisa kira-kira pas ya?
Kebetulankah?

Kl dlm hitungan matematis, mana yg lebih probable?
Creation dg teori big bang (saya rasanya kudu koreksi bhw ini masih teori, bukan hitungan matematis) atau dg kebenaran silsilah?

Konon kabarnya,
Lebih probable stumpukan besi-besi ditiup angin (yg datang entah dari mana) dan tiupan angin itu mbentuk besi-besi tadi mjd psawat angkut komersial, ketimbang teori big bang.

Tp ya gimana ya...?
Bro Bruce ini kan open minded, ga spt saya yg lugu.
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Adam dan Hawa   4th June 2013, 18:30

Kebetulan saya orang sains, jadi pembuktian dengan perhitungan matematis bisa lebih saya percaya dibanding 'kabar angin' pak (bukan) pendeta, he he he.

Tapi gimana ya...?
Pak (bukan) pendeta Siip kan memang lebih beriman dibanding saya yang kurang iman.

He he he he


_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
St Yopi
Calon Perwira
Calon Perwira


Jumlah posting : 428
Join date : 24.10.12

PostSubyek: Re: Adam dan Hawa   5th June 2013, 09:39

Ada didalam naskah-naskah kuno,

In some Christian and Jewish traditions, the name Golgotha refers to the location of the skull of Adam. A common version states that Shem and Melchizedek traveled to the resting place of Noah's Ark, retrieved the body of Adam from it, and were led by Angels to Golgotha — described as a skull-shaped hill at the centre of the Earth, where also the serpent's head had been crushed following the Fall of man. This tradition appears in numerous older sources, including the Kitab al-Magall, the Conflict of Adam and Eve with Satan, the Cave of Treasures, and the writings of Patriarch Eutychius of Alexandria. It is also suggested that the location's landscape resembled the shape of a skull, and gained its name for that reason.

[You must be registered and logged in to see this link.]

There was a tradition current among the Jews that the skull of Adam, after having been confided by Noah to his son Shem, and by the latter to Melchisedech, was finally deposited at the place called, for that reason, Golgotha. The Talmudists and the Fathers of the Church were aware of this tradition, and it survives in the skulls and bones placed at the foot of the crucifix. The Evangelists are not opposed to it, inasmuch as they speak of one and not of many skulls. (Luke, Mark, John, loc. cit.)

[You must be registered and logged in to see this link.]

Semuanya didukung oleh para Rasul dan para Bapa Gereja, termasuk Eusebius (lahir tahun 260) dan Origen (lahir tahun 184) sampai pada St Jerome, St Cyrill bahkan sampai pada sumber Magisterium Gereja yaitu SUMMA THEOLOGICA: The passion of Christ (Tertia Pars, Q. 46).

Dalam beberapa sumber, yang tersisa hanyalah tengkorak Adam, karena tulang belulangnya sudah ikut dibakar dalam korban bakaran untuk persembahan, sedangkan dalam beberapa rumor, tengkorak Adam berada di Vatican, ada yang bilang ditangan kolektor kaya dll.

Intinya, Adam dan Hawa Literal adalah ajaran resmi Gereja Katolik!

Salam
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content




PostSubyek: Re: Adam dan Hawa   Today at 12:55

Kembali Ke Atas Go down
 
Adam dan Hawa
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 4 dari 8Pilih halaman : Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8  Next
 Similar topics
-
» ask knalpot ngeluarin air klo mesin dinyalain
» Crankcase dan lain"
» oli keluar dr lubang pernafasan
» Thread untuk aktivitas 3 Okt 2013 (Kelas B)

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Ladang Tuhan Baru :: Ruang Antar Kristen (Khusus Penganut Kristen Trinitarian) :: Diskusi Umum Kristen-
Navigasi: