Ladang Tuhan Baru
Selamat datang kepada sesama saudara Kristen dan saudara lain iman. Mari kita saling kenal dalam suasana bersahabat.

Ladang Tuhan Baru

Forum Komunitas Kristen
 
IndeksIndeks  PencarianPencarian  PendaftaranPendaftaran  LoginLogin  

Share | 
 

 Poligami diperbolehkan atau dianjurkan ?

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
Pilih halaman : Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6  Next
PengirimMessage
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Poligami diperbolehkan atau dianjurkan ?   6th August 2013, 11:48

Ada apa dengan avatar saya?

Shocked

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
cinzano
Moderator
Moderator


Jumlah posting : 2124
Join date : 26.10.12
Lokasi : Buaya City

PostSubyek: Re: Poligami diperbolehkan atau dianjurkan ?   6th August 2013, 16:39

bruce wrote:
Ada apa dengan avatar saya?

Shocked

 Foto serupa dengan avatarnya

Brewok


Laughing
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: Poligami diperbolehkan atau dianjurkan ?   6th August 2013, 17:41

Jiyahhaahhaaahhaaaa... GMB itu rajin bersyukur dan bercukur.Laughing

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Poligami diperbolehkan atau dianjurkan ?   6th August 2013, 18:29

[You must be registered and logged in to see this image.]

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
cinzano
Moderator
Moderator


Jumlah posting : 2124
Join date : 26.10.12
Lokasi : Buaya City

PostSubyek: Re: Poligami diperbolehkan atau dianjurkan ?   7th August 2013, 16:17

Husada wrote:
Jiyahhaahhaaahhaaaa... GMB itu rajin bersyukur dan bercukur.Laughing

 Sudah pernah bertemu muka kah GMH


Laughing
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: Poligami diperbolehkan atau dianjurkan ?   9th August 2013, 12:34

cinzano wrote:
Sudah pernah bertemu muka kah GMH
Laughing
Belum.
SImpulan saya bersumber dari gaya postingnya yang clean.

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
Raihan Danielsan
Calon Perwira
Calon Perwira


Jumlah posting : 236
Join date : 04.02.11

PostSubyek: Re: Poligami diperbolehkan atau dianjurkan ?   18th August 2013, 06:56

bruce wrote:

Bukankah dengan sulitnya mencari contoh poligami teladan adalah bukti bahwa poligami yang adil dan bisa diterima oleh istri adalah sangat sulit?

Mengapa pula praktik 'kuno' seperti ini hendak dipelihara? Apakah memang dianjurkan dalam ajaran Islam? Atau sebenarnya hanya kehendak dari beberapa orang saja?
Memang benar sulit untuk berlaku adil dalam berpoligami. Oleh karena itu, kelanjutan dari surat an Nisaa': 3 berbunyi,

"Kemudian jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil, maka (kawinilah) seorang saja.” [QS. an-Nisa’: 3].

Dari konteks ayat an-Nisa': 3 ini, ulama berpendapat bahwa poligami dibolehkan bukan dianjurkan oleh al-Quran, yaitu sebagai pintu kecil yg sekiranya perlu dilewati bila menghadapi kondisi atau kasus tertentu dalam kehidupan berumah tangga. Misalnya, seorang istri yg sakit-sakitan sehingga tidak dapat menunaikan "kewajibannya" sebagai seorang istri, maka pintu kecil ini bisa dipergunakan oleh keduanya sebagai jalannya.

Sepengetahuan saya dalam agama lain tidak ada larangan untuk berpoligami, misalnya agama Kristen. Jadi, kenapa hanya Islam saja yg dipersoalkan? Neutral
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: Poligami diperbolehkan atau dianjurkan ?   18th August 2013, 18:08

Damai bagimu Nielsan.

Lama tidak ngepost di LTB nih, sibukkah? Apapun alasannya, semoga sungguh-sungguh membuahkan kebaikan-kebaikan untukmu dan seluruh orang yang engkau sayangi, juga masyarakat banyak.

Selamat merayakan Hari Lebaran, ya? Semoga puasamu tidak ada yang bolong, dan Tuhan mau mengganjari keikhlasanmu dengan damai sejahtera.
Raihan Danielsan wrote:
Memang benar sulit untuk berlaku adil dalam berpoligami. Oleh karena itu, kelanjutan dari surat an Nisaa': 3 berbunyi,

"Kemudian jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil, maka (kawinilah) seorang saja.” [QS. an-Nisa’: 3].

Dari konteks ayat an-Nisa': 3 ini, ulama berpendapat bahwa poligami dibolehkan bukan dianjurkan oleh al-Quran, yaitu sebagai pintu kecil yg sekiranya perlu dilewati bila menghadapi kondisi atau kasus tertentu dalam kehidupan berumah tangga. Misalnya, seorang istri yg sakit-sakitan sehingga tidak dapat menunaikan "kewajibannya" sebagai seorang istri, maka pintu kecil ini bisa dipergunakan oleh keduanya sebagai jalannya.

Sepengetahuan saya dalam agama lain tidak ada larangan untuk berpoligami, misalnya agama Kristen. Jadi, kenapa hanya Islam saja yg dipersoalkan? Neutral
Kalo saya pikir, kasus pemicu diangkatnya trit ini bukan soal Islam ato Non Islam (Eh, kurang tahu ding. TS saja yang mengklarifikasi). Menurut apa yang saya tangkap, trit ini dikemukakan karena Malaysia ingin menjadikan poligami sebagai ikon, yang kiranya adalah kebanggaan. Dengan kata lain, penduduk Malaysia 'seolah-olah' dihimbau oleh pemerintahnya melakukan poligami.

Hanya saja, dari agama yang eksis di negeri ini (mungkin juga di Malaysia), yang nyata-nyata mengaminkan adanya poligami adalah Islam. Islam adalah agama mayoritas penduduk Indonesia. Justru yang ingin disoroti menurut pemahaman saya ialah pandangan pihak yang mengamini poligami terhadap martabat wanita.

Di Kristen Protestan, mungkin ada larangan poligami. (Diharapkan klarifikasi dari Kristen Protestan). Sementara di Katolik (Roma khususnya), poligami dilarang. Dipandang oleh Gereja, poligami melawan martabat yang sama suami isteri dan cinta dalam keluarga, yang unik dan eksklusif. Dengan poligami, pihak laki-laki dipandang tidak setara dengan perempuan. Karena itu, maka poligami dilarang di Gereja Katolik. Jika tetap dilanggar, penganut poligami itu akan dikucilkan, tidak diizinkan mendapat komuni, atau dengan kata lain, dipandang bukan lagi sebagai anggota Gereja.

Nielsan,

QS an-Nisa' yang Nielsan kutip itu memang nyata-nyata demikian itu. Mungkin, masalahnya, dengan adanya ayat itu, membuat Muslim 'merasa' punya jalan untuk berpoligami. Dan masalah di trit ini, Malaysia ingin memilih penganut polimi teladan, yang suka tidak suka, akan mengatakan poligami itu bagus. Apakah demikian? Bahwa poligami itu bagus? Kelihatannya memang perlu diadakan penelitian untuk menilai apakah poligami itu bagus atau tidak.

Jadi, yang ingin disorot oleh trit ini adalah hal perpoligamian itu, bukan hal keislaman.

Begitu saya kira, tetapi semoga TS-nya memberi klarifikasi.

Damai, damai, damai.

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Poligami diperbolehkan atau dianjurkan ?   18th August 2013, 19:44

Raihan Danielsan wrote:
bruce wrote:

Bukankah dengan sulitnya mencari contoh poligami teladan adalah bukti bahwa poligami yang adil dan bisa diterima oleh istri adalah sangat sulit?

Mengapa pula praktik 'kuno' seperti ini hendak dipelihara? Apakah memang dianjurkan dalam ajaran Islam? Atau sebenarnya hanya kehendak dari beberapa orang saja?
Memang benar sulit untuk berlaku adil dalam berpoligami. Oleh karena itu, kelanjutan dari surat an Nisaa': 3 berbunyi,

"Kemudian jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil, maka (kawinilah) seorang saja.” [QS. an-Nisa’: 3].

Dari konteks ayat an-Nisa': 3 ini, ulama berpendapat bahwa poligami dibolehkan bukan dianjurkan oleh al-Quran, yaitu sebagai pintu kecil yg sekiranya perlu dilewati bila menghadapi kondisi atau kasus tertentu dalam kehidupan berumah tangga. Misalnya, seorang istri yg sakit-sakitan sehingga tidak dapat menunaikan "kewajibannya" sebagai seorang istri, maka pintu kecil ini bisa dipergunakan oleh keduanya sebagai jalannya.

Sepengetahuan saya dalam agama lain tidak ada larangan untuk berpoligami, misalnya agama Kristen. Jadi, kenapa hanya Islam saja yg dipersoalkan? Neutral

Betul, bahwa ternyata sulit sekali berpolgami.
Yang saya persoalkan bukan hanya agama Islam saja, tetapi kebetulan ini kan di board tentang bertanya kepada member Muslim, dan kebetulan juga beritanya justru Malaysia sedang mencari tokoh poligami teladan. Mengapa perlu susah susah mencari, jika memang lebih baik bermonogami?

Anda bisa bantu menjelaskan?

Salam

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: Poligami diperbolehkan atau dianjurkan ?   19th August 2013, 09:26

Nah, jelas sudah, bahwa yang ingin ditanyakan adalah seperti yang terungkap dalam judul trit, apakah poligami itu diperbolehkan atau dianjurkan?

Saya kira, dengan Danielsan mengajukan ayat QS an-Nisa' itu, pemikiran akan condong kepada: bahwa poligami itu tidak dianjurkan dalam Islam. Artinya, secara tersirat, Islam tidak menganjurkan berpoligami, tetapi memperbolehkan.

Kemudian dari pembolehan itu, Malaysia tampil memberikan penghargaan atu ikon atau apapun yang menggambarkan apresiasi kepada pelaku poligami, dapat diartikan, cenderung menganjurkan hidup poligami, kan? Atau, bagaimana menurut Danielsan?

Dengan logika sederhana, mengingat Nabi Muhammad melakukan poligami, maka semakin jelas bahwa poligami memang merupakan anjuran, kan? Para pengikutnya, tentu sangat mendambakan bisa mempersamakan diri dengan junjungannya, kan?

Damai, damai, damai.

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
nothingman
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1503
Join date : 13.11.12

PostSubyek: Re: Poligami diperbolehkan atau dianjurkan ?   19th August 2013, 11:44

Raihan wrote:
Dari konteks ayat an-Nisa': 3 ini, ulama berpendapat bahwa poligami dibolehkan bukan dianjurkan oleh al-Quran, yaitu sebagai pintu kecil yg sekiranya perlu dilewati bila menghadapi kondisi atau kasus tertentu dalam kehidupan berumah tangga.

Salam damai bro Raihan, mohon ijinkan sy utk memberikan komentar ya... Laughing 

memang dlm AlQuran ayat An Nisa tsb tidak bisa diartikan menganjurkan berlaku poligami, tapi anda ingat kan dlm Alquran jg mengatakan bahwa dlm diri Muhammad terdapat segala budi dan akhlak yg baik dan termulia.. oleh karna itu anda wajib mengikuti segala tindakan dan prilaku nabi anda yg melakukan poligami..

jd klo anda belum berpoligami mengikuti tindakan nabi anda tsb, maka iman anda sebagai seorang muslim belum sempurna tuuh... hehehehe Very Happy

Raihan wrote:

Misalnya, seorang istri yg sakit-sakitan sehingga tidak dapat menunaikan "kewajibannya" sebagai seorang istri, maka pintu kecil ini bisa dipergunakan oleh keduanya sebagai jalannya.
lhooo, kok malah menyalahkan kondisi istri sih klo emg ingin berpoligami bro.. klo yg sakit justru malah pihak suami sehingga dia tidak dpt menunaikan "kewajibannya", apakah sang istri diperbolehkan berpolyandri..?? nda boleh kan..??

itu sih cuma nyari2 alasan aja broww...

Raihan wrote:
Sepengetahuan saya dalam agama lain tidak ada larangan untuk berpoligami, misalnya agama Kristen. Jadi, kenapa hanya Islam saja yg dipersoalkan?
sy nda tau klo agama lain ada yg memperbolehkan poligami, yg jelas utk Katolik sangat tegas dilarang bro.. jangankan berpoligami, utk bercerai pun sangat diharamkan.. klo nda salah utk Kristen Protestan mayoritas denom jg sangat menentang poligami deh bro..

cuma diajaran agama sampeyan aj yg sangat jelas diperbolehkan sampe 4 biji.. tp sepertinya itu nda jadi persoalan kok, justru disitulah "kelebihan" ajaran agama sampeyan kan bro...
ueeenaaak tenaaan.. Laughing 


Salam, peace
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: Poligami diperbolehkan atau dianjurkan ?   20th August 2013, 08:41

Jadi, kalo kembali ke judul trit, ternyata ada kumpulan ato umat ato agama yang secara perintah, tidak menganjurkan umatnya hidup berpoligami, juga tidak melarang umatnya hidup berpoligami. Tetapi dari contoh hidup yang dipraktikkan nabinya, dapat diartikan bahwa hidup berpoligami itu dianjurkan.

Karena pemerintah Malaysia menangkap bahwa nabi Islam menganjurkan hidup berpoligami berdasarkan contoh yang dipraktikkan, maka Malaysia menggagasi memberkan penghargaan ato apresiasi atao awards kepada penggiat hidup poligami. Hebat.

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
nothingman
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1503
Join date : 13.11.12

PostSubyek: Re: Poligami diperbolehkan atau dianjurkan ?   21st August 2013, 10:04

Husada wrote:

Jadi, kalo kembali ke judul trit, ternyata ada kumpulan ato umat ato agama yang secara perintah, tidak menganjurkan umatnya hidup berpoligami, juga tidak melarang umatnya hidup berpoligami. Tetapi dari contoh hidup yang dipraktikkan nabinya, dapat diartikan bahwa hidup berpoligami itu dianjurkan.
betul, setuju sekali dgn Oom Hus...
memang dlm AlQuran hanya sekedar 'membolehkan', namun pedoman imannya umat Muslim kan selain Alquran, mereka berpedoman pd Hadist dan Sunnah Rosul.. dan dlm sunnah Rosul ini lah segala tindakan, prilaku dan perbuatan nabi Muhammad mjd contoh yg baik dan patut utk ditiru spt: bersiwak sebelum melakukan sholat, memakan buah kurma sebelum berbuka puasa, melakukan hub. intim dgn suis ketika malam Jum'at, dsb..

memang dlm hukumnya sunnah Rosul ini tidaklah wajib, tp klo dilakukan maka pahalanya seorang Muslim akan bertambah, makanya mereka selalu berusaha melakukan apa yg ada dlm sunnah Rosul ini Oom.. jd antara orang yg monogami dan yg berpoligami, jelas pahalanya jauuh lebih besar orang yg melakukan poligami.. makanya banyak Ulama, Ustadz2 atau Dai2 kondang yg melakukan poligami ini dgn mencontoh prilaku dan tindak nabi demi memperoleh pahala.. 

Quote :
Karena pemerintah Malaysia menangkap bahwa nabi Islam menganjurkan hidup berpoligami berdasarkan contoh yang dipraktikkan, maka Malaysia menggagasi memberkan penghargaan ato apresiasi atao awards kepada penggiat hidup poligami. Hebat.
betul jg Oom, jd negara Malaysia ingin menegaskan bahwa mereka adlh negara yg berlandaskan ajaran Islam.. dan tentunya maksud yg sebenarnya adlh utk 'mendidik' kpd rakyatnya bahwa berpoligami itu bukanlah hal yg 'tabu' atau 'memalukan'.. justru mereka harus berbangga diri jika melakukan poligami krn hal itu lah yg dilakukan sang Nabi Muhammad semasa hidupnya..

sy merasa apa yg dilakukan ol Malaysia sangat hebat dan 'gentle', krn berani terang2an melakukan dan memberikan penghargaan thd rakyatnya yg berpoligami.. Apakah Indonesia berani melakukan tindakan tsb..?? sy rasa tidak Oom..

hehehehe Laughing
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: Poligami diperbolehkan atau dianjurkan ?   21st August 2013, 14:42

Sependapat dengan Nothingman.

Tambahan lagi, mengingat berpoligami itu berarti memperoleh pahala yang berlipat ganda dibanding bermonogami, maka pemerintah Malaysia 'merangsang' warganya berpoligami dengan memberikan penghargaan kepada poligamier, sehingga dengan demikian maka pemerintah negara Malaysia ikut membantu warganya mendapatkan pahala yang berlipat-lipat.

Indonesia, rasanya tidak akan berani mengambil sikap se-gentle itu, karena takut ibu-ibu akan meradang, histeris, mengamuk, lalu entah apa yang terjadi kemudiannya.Laughing

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Poligami diperbolehkan atau dianjurkan ?   21st August 2013, 16:29

Jadi teringat masa Ibu Tien hidup, dan siapa saja wanita yang menjadi korban karena berselingkuh dengan sang babe ataupun anak-anaknya.

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
nothingman
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1503
Join date : 13.11.12

PostSubyek: Re: Poligami diperbolehkan atau dianjurkan ?   21st August 2013, 19:20

Bruce wrote:
Jadi teringat masa Ibu Tien hidup, dan siapa saja wanita yang menjadi korban karena berselingkuh dengan sang babe ataupun anak-anaknya.
lah itu dia Oom, klo poligami sudah diijinkan atau dianjurkan, seharusnya kan tidak ada lg tuh kejadian perselingkuhan berikut korban anak2 yg dianggap 'anak haram' krn lahir diluar pernikahan yg resmi atau diakui..

dan mungkin niatnya pemerintah Malaysia dgn memberikan award dan penghargaan kpd penduduknya yg berpoligami bermaksud utk 'meredam' kejadian2 perselingkuhan semacem itu.. makanya sebelumnya sy bilang pemerintah Malaysia sangat bagus dan hebat sekali, berani berterus terang scr gentle mengumumkan pemberian award semacam itu, lg pula dlm hukum Islam hal tsb pun tidak dilarang, justru malah dianggap sangat 'baik' dan dpt pahala pula krn mencontoh prilaku yg dilakukan nabi Muhammad..
di Indonesia aj yg masih pd malu-malu kucing, pd hal sih niatnya kepengeen.. hehehehehe Very Happy
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: Poligami diperbolehkan atau dianjurkan ?   22nd August 2013, 08:14

Kalo pendiri rumah makan WONG SOLO itu warga negara Malaysia, besar kemungkinan akan mendapat penghargaan sebagai pelaku poligami teladan di Malaysia.

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
Raihan Danielsan
Calon Perwira
Calon Perwira


Jumlah posting : 236
Join date : 04.02.11

PostSubyek: Re: Poligami diperbolehkan atau dianjurkan ?   22nd August 2013, 08:44

bruce wrote:
Betul, bahwa ternyata sulit sekali berpolgami.
Yang saya persoalkan bukan hanya agama Islam saja, tetapi kebetulan ini kan di board tentang bertanya kepada member Muslim, dan kebetulan juga beritanya justru Malaysia sedang mencari tokoh poligami teladan. Mengapa perlu susah susah mencari, jika memang lebih baik bermonogami?

Anda bisa bantu menjelaskan?

Salam
Kalau saya berasumsi positif saja, kang. Bisa jadi sebagai motifasi bagi mereka yg sudah berpoligami untuk berusaha semampunya berlaku adil dan berbuat baik kepada istri-istrinya.

Wallahu a'lam
Kembali Ke Atas Go down
Raihan Danielsan
Calon Perwira
Calon Perwira


Jumlah posting : 236
Join date : 04.02.11

PostSubyek: Re: Poligami diperbolehkan atau dianjurkan ?   22nd August 2013, 09:03

Husada wrote:
Nah, jelas sudah, bahwa yang ingin ditanyakan adalah seperti yang terungkap dalam judul trit, apakah poligami itu diperbolehkan atau dianjurkan?

Saya kira, dengan Danielsan mengajukan ayat QS an-Nisa' itu, pemikiran akan condong kepada: bahwa poligami itu tidak dianjurkan dalam Islam. Artinya, secara tersirat, Islam tidak menganjurkan berpoligami, tetapi memperbolehkan.

Kemudian dari pembolehan itu, Malaysia tampil memberikan penghargaan atu ikon atau apapun yang menggambarkan apresiasi kepada pelaku poligami, dapat diartikan, cenderung menganjurkan hidup poligami, kan? Atau, bagaimana menurut Danielsan?
Benar, berdasar surat an Nisa': 3, poligami dibolehkan bukan dianjurkan.

Mengenai Malaysia, sudah saya terangkan menjawab pertanyaan kang bruce dia tas.

Dan perlu diingat kang, sumber hukum kaum muslim adalah al-Quran dan as-Sunnah, bukan penghargaan dari Malaysia.

Husada wrote:
Dengan logika sederhana, mengingat Nabi Muhammad melakukan poligami, maka semakin jelas bahwa poligami memang merupakan anjuran, kan? Para pengikutnya, tentu sangat mendambakan bisa mempersamakan diri dengan junjungannya, kan?

Damai, damai, damai.
Pada syariat agama terdahulu, tidak ada larangan dalam berpoligami dan tidak ada batasan tentang jumlahnya. Kakek moyang Isa/Yesus, Nabi Ibrahim juga berpoligami. Saya kira Alkitab lebih lengkap menceritakan para Nabi yg berpoligami, seperti Nabi Yakub yg mempunyai 4 istri, Nabi Daud, Solomo yg mempunyai 700 istri. Dan Yesus tidak pernah melarang apalagi lagi mencela pelaku-pelaku poligami. Begitu juga Islam. Kemudian turun surat an-Nisa': 3 yg membatasi pelaku poligami hanya dg 4 istri. Sejak ayat ini turun kaum muslimin yg mempunyai istri 4 atau lebih tidak diperkenankan lagi menambah istri. Begitu juga Rasulullah, setelah ayat ini turun Rasulullah tidak pernah melakukan perkawinan.
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: Poligami diperbolehkan atau dianjurkan ?   22nd August 2013, 09:58

Terima kasih responnya Nielsan.

Raihan Danielsan wrote:
Husada wrote:
Nah, jelas sudah, bahwa yang ingin ditanyakan adalah seperti yang terungkap dalam judul trit, apakah poligami itu diperbolehkan atau dianjurkan?

Saya kira, dengan Danielsan mengajukan ayat QS an-Nisa' itu, pemikiran akan condong kepada: bahwa poligami itu tidak dianjurkan dalam Islam. Artinya, secara tersirat, Islam tidak menganjurkan berpoligami, tetapi memperbolehkan.

Kemudian dari pembolehan itu, Malaysia tampil memberikan penghargaan atu ikon atau apapun yang menggambarkan apresiasi kepada pelaku poligami, dapat diartikan, cenderung menganjurkan hidup poligami, kan? Atau, bagaimana menurut Danielsan?
Benar, berdasar surat an Nisa': 3, poligami dibolehkan bukan dianjurkan.

Mengenai Malaysia, sudah saya terangkan menjawab pertanyaan kang bruce dia tas.

Dan perlu diingat kang, sumber hukum kaum muslim adalah al-Quran dan as-Sunnah, bukan penghargaan dari Malaysia.
Tentang 'dibolehkan', kita sudah sepakat, bukan? Bahwa Islam menurut ayat Al Qur'an yang Nielsan kutipkan itu, membolehkan umat Islam berpoligami. Umat Islam mau berpoligami, ato tidak berpoligami, menurut ayat tersebut, tidak ada kecondongan-kecondongan untuk melarang atau menganjurkan. Dengan kata lain, netral. Begitu, kan?
Clear.

Kalo dicermati pada apa yang dilaksanakan oleh Muhammad, yang adalah nabi yang menjadi panutan umat Islam, artinya apa yang dilakukan oleh Muhammad adalah anjuran kepada umat Islam, begitu bukan? Atau, pemahaman saya salah? Muhammad menganjurkan pengikutnya mengikuti segala tingkah laku Muhammad dengan pembatasan-pembatasan, bukan? Artinya, apa yang dilakukan Muhammad, tidak serta merta dapat dilalakukan umat Islam seperti kelakuan Muhammad, bukan? Kalau Muhammad boleh menganut poligami dengan istri yang lebih dari empat, umat Islam maksimal bisa berpoligami kepada empat istri, kan?

Nah, dengan demikian, dengan berpoligaminya Muhammad, dan segala sikapnya dianjurkan untuk ditiru oleh umatnya, apakah tidak boleh diartikan bahwa meskipun ayat Al Qur'an dalam urusan poligami bersikap netral, tidak menganjurkan dan tidak melarang berpoligami, namun dari sikap Muhammad yang berpoligami dan segala sikap Muhammad dianjurkan untuk ditiru oleh umatnya, apakah itu tidak dapat diartikan sebagai anjuran kepada umat Islam untuk berpoligami? Kalau 'bukan', bolehkan Nielsan tunjukkan ayat, ato hadits, ato lainnya yang mewakili ajaran Muhammad, yang menunjukkan bahwa umat Islam tidak dianjurkan berpoligami? Jika hanya netral saja, maka sikap Muhammad menjadi panutan yang nerupakan anjuran, kan?

O, ya. Jadi ingin nanya Niel. Nanya karena ingin belajar. Menurut Muslim, mana lebih tinggi, kedudukan Al Qur'an atau Muhammad? Selaku bukan penganut Islam, saya kira, kedudukan Muhammad lebih tinggi daripada kedudukan Al Qur'an, dasar pikiran saya bersumber dari kalimah syahadat yang menyebut nama Muhammad, dan tidak menyebut Al Qur'an.
Raihan Danielsan wrote:

Husada wrote:
Dengan logika sederhana, mengingat Nabi Muhammad melakukan poligami, maka semakin jelas bahwa poligami memang merupakan anjuran, kan? Para pengikutnya, tentu sangat mendambakan bisa mempersamakan diri dengan junjungannya, kan?

Damai, damai, damai.
Pada syariat agama terdahulu, tidak ada larangan dalam berpoligami dan tidak ada batasan tentang jumlahnya. Kakek moyang Isa/Yesus, Nabi Ibrahim juga berpoligami. Saya kira Alkitab lebih lengkap menceritakan para Nabi yg berpoligami, seperti Nabi Yakub yg mempunyai 4 istri, Nabi Daud, Solomo yg mempunyai 700 istri. Dan Yesus tidak pernah melarang apalagi lagi mencela pelaku-pelaku poligami. Begitu juga Islam. Kemudian turun surat an-Nisa': 3 yg membatasi pelaku poligami hanya dg 4 istri. Sejak ayat ini turun kaum muslimin yg mempunyai istri 4 atau lebih tidak diperkenankan lagi menambah istri. Begitu juga Rasulullah, setelah ayat ini turun Rasulullah tidak pernah melakukan perkawinan.
Berkenankah Nielsan mengemukakan referensi yang Danielsan gunakan sehingga sampai pada kesimpulan seperti yang saya garis bawahi itu?

Jesus Kristus sudah melayani manusia pada sekitar tahun 30-an Masehi. Muhammad dipercayai umat Islam menerima ayat-ayat Al Qur'an (termasuk Surah an-Nisaa') setelah beliau berusia 40 tahun, sekitar abad VI. Artinya, pada tahun 30-an, ajaran Jesus Kristus sudah dipublikasikan, sementara ayat-ayat Al Qur'an baru dipublikasikan setelah abad VI, ada selisih waktu lima abad lebih. Berterima di pemikiran Danielsan?

Tentang mencela pelaku poligami, saya pikir, kita partisipan forum ini tidak ada yang mencela pelaku poligami. Yang ingin dikemukakan adalah empati kepada perempuan yang dipoligami, sebab secara umum, sangat jarang perempuan yang bersedia dimadu. Kalau ada peempuan yang bersedia dimadu, kelihatannya perempuan itu mengidap kelainan jiwa, atau ada petimbangan-pertimbangan mendasar lainnya.

Damai, damai, damai.

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
Raihan Danielsan
Calon Perwira
Calon Perwira


Jumlah posting : 236
Join date : 04.02.11

PostSubyek: Re: Poligami diperbolehkan atau dianjurkan ?   22nd August 2013, 10:42

Husada wrote:
Tentang 'dibolehkan', kita sudah sepakat, bukan? Bahwa Islam menurut ayat Al Qur'an yang Nielsan kutipkan itu, membolehkan umat Islam berpoligami. Umat Islam mau berpoligami, ato tidak berpoligami, menurut ayat tersebut, tidak ada kecondongan-kecondongan untuk melarang atau menganjurkan. Dengan kata lain, netral. Begitu, kan?
Clear.

Kalo dicermati pada apa yang dilaksanakan oleh Muhammad, yang adalah nabi yang menjadi panutan umat Islam, artinya apa yang dilakukan oleh Muhammad adalah anjuran kepada umat Islam, begitu bukan? Atau, pemahaman saya salah? Muhammad menganjurkan pengikutnya mengikuti segala tingkah laku Muhammad dengan pembatasan-pembatasan, bukan? Artinya, apa yang dilakukan Muhammad, tidak serta merta dapat dilalakukan umat Islam seperti kelakuan Muhammad, bukan? Kalau Muhammad boleh menganut poligami dengan istri yang lebih dari empat, umat Islam maksimal bisa berpoligami kepada empat istri, kan?

Nah, dengan demikian, dengan berpoligaminya Muhammad, dan segala sikapnya dianjurkan untuk ditiru oleh umatnya, apakah tidak boleh diartikan bahwa meskipun ayat Al Qur'an dalam urusan poligami bersikap netral, tidak menganjurkan dan tidak melarang berpoligami, namun dari sikap Muhammad yang berpoligami dan segala sikap Muhammad dianjurkan untuk ditiru oleh umatnya, apakah itu tidak dapat diartikan sebagai anjuran kepada umat Islam untuk berpoligami?  Kalau 'bukan', bolehkan Nielsan tunjukkan ayat, ato hadits, ato lainnya yang mewakili ajaran Muhammad, yang menunjukkan bahwa umat Islam tidak dianjurkan berpoligami? Jika hanya netral saja, maka sikap Muhammad menjadi panutan yang nerupakan anjuran, kan?

O, ya. Jadi ingin nanya Niel. Nanya karena ingin belajar. Menurut Muslim, mana lebih tinggi, kedudukan Al Qur'an atau Muhammad? Selaku bukan penganut Islam, saya kira, kedudukan Muhammad lebih tinggi daripada kedudukan Al Qur'an, dasar pikiran saya bersumber dari kalimah syahadat yang menyebut nama Muhammad, dan tidak menyebut Al Qur'an.
Dalam siroh Nabi Muhammad dijelaskan bahwa beliau adalah seorang monogami bersama Siti Khadijah. 2 atau 3 tahun (maaf saya lupa) setelah Kadijah wafat, yaitu ketika Nabi berusia 53 tahun beliau kawin lagi dan melakukan poligami sampai surat an-Nisa': 3 turun yg membatasi 4 istri. Banyak sebab kenapa beliau melakukan poligami, kebanyakan adalah para janda perang, dan hanya Aisyah yg masih gadis. Karena usia beliau yg sudah tua dan beratnya dakwah, maka beliau melibatkan istri-istrinya dalam dakwah mengenai hal-hal yg menyangkut kewanitaan. Oleh karena itu, para ulama berpendapat bahwa pologami yg dilakukan oleh Nabi disamping menolong para janda perang juga bertujuan dakwah, karena bila dilakukan oleh Nabi dg menjelaskan masalah kewanitaan di hadapan para wanita akan membuat Nabi risi.

Dan tidak ada ulama yg berpendapat bahwa poligami adalah melaksanakan sunnah Nabi yg berpahala bagi siapa yg melaksanakannya. Karena Nabi sendiri tidak melakukan perkawinan setelah an Nisa': 3 turun.

Kedudukan al-Quran sebagai firman Allah sudah pasti lebih tinggi kang. Syahadat menyebut nama Allah dulu, setelah itu Nabi Muhammad.

Quote :
Quote :
Pada syariat agama terdahulu, tidak ada larangan dalam berpoligami dan tidak ada batasan tentang jumlahnya. Kakek moyang Isa/Yesus, Nabi Ibrahim juga berpoligami. Saya kira Alkitab lebih lengkap menceritakan para Nabi yg berpoligami, seperti Nabi Yakub yg mempunyai 4 istri, Nabi Daud, Solomo yg mempunyai 700 istri. Dan Yesus tidak pernah melarang apalagi lagi mencela pelaku-pelaku poligami. Begitu juga Islam. Kemudian turun surat an-Nisa': 3 yg membatasi pelaku poligami hanya dg 4 istri. Sejak ayat ini turun kaum muslimin yg mempunyai istri 4 atau lebih tidak diperkenankan lagi menambah istri. Begitu juga Rasulullah, setelah ayat ini turun Rasulullah tidak pernah melakukan perkawinan.
Berkenankah Nielsan mengemukakan referensi yang Danielsan gunakan sehingga sampai pada kesimpulan seperti yang saya garis bawahi itu?

Jesus Kristus sudah melayani manusia pada sekitar tahun 30-an Masehi. Muhammad dipercayai umat Islam menerima ayat-ayat Al Qur'an (termasuk Surah an-Nisaa') setelah beliau berusia 40 tahun, sekitar abad VI. Artinya, pada tahun 30-an, ajaran Jesus Kristus sudah dipublikasikan, sementara ayat-ayat Al Qur'an baru dipublikasikan setelah abad VI, ada selisih waktu lima abad lebih. Berterima di pemikiran Danielsan?

Tentang mencela pelaku poligami, saya pikir, kita partisipan forum ini tidak ada yang mencela pelaku poligami. Yang ingin dikemukakan adalah empati kepada perempuan yang dipoligami, sebab secara umum, sangat jarang perempuan yang bersedia dimadu. Kalau ada peempuan yang bersedia dimadu, kelihatannya perempuan itu mengidap kelainan jiwa, atau ada petimbangan-pertimbangan mendasar lainnya.

Damai, damai, damai.
Selain al-Quran, referensinya dari Alkitab bisa juga, kang. Karena saya sedang berdiskusi dg non muslim yg tidak percaya akan al-Quran. Dan di Alkitab tidak ada secara eksplisit menjelaskan bahwa poligami dilarang, justru didapati Alkitab menceritakan pelaku-pelaku poligami para Nabi, termasuk kakek moyang Yesus, yaitu Nabi Ibarahim.

Di awal kan sudah saya jelaskan bahwa poligami dibolehkan bagi mereka-mereka yg membutuhkan dalam kasus-kasus dan kondisi-kondisi tertentu sebagai salah satu jalan keluar bila memang diperlukan. Bila gak mau menggunakan jalan ini dan tetap setia dan bersabar terhadap kekurangan pasangannnya juga silahkan, bahkan Insya Allah kesabaran yg mereka lakukan akan mendapat pahala dari Allah. Allah berfirman,

Katakanlah: "Hai hamba-hamba-Ku yang beriman. bertakwalah kepada Tuhanmu." Orang-orang yang berbuat baik di dunia ini memperoleh kebaikan. Dan bumi Allah itu adalah luas. Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas(Qs. az-Zumar: 10)
Kembali Ke Atas Go down
nothingman
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1503
Join date : 13.11.12

PostSubyek: Re: Poligami diperbolehkan atau dianjurkan ?   23rd August 2013, 12:20

Raihan wrote:

Dalam siroh Nabi Muhammad dijelaskan bahwa beliau adalah seorang monogami bersama Siti Khadijah. 2 atau 3 tahun (maaf saya lupa) setelah Kadijah wafat, yaitu ketika Nabi berusia 53 tahun beliau kawin lagi dan melakukan poligami sampai surat an-Nisa': 3 turun yg membatasi 4 istri.
Bro Raihan, surat An-Nisa :3 itu dimana pembatasan 4 orang istri, hanya berlaku bagi pengikut dan umat Muslim saja, tapi TIDAK BERLAKU bagi Muhammad..

Apakah anda tidak tau dlm Alquran Awloh memberikan pengecualian atau 'kekhususan' bagi Muhammad, sehingga dia bebas mengambil berapapun wanita utk dijadikan istri, bahkan dia dibebaskan 'menggauli' budak2 atau tawanan perang yg dimiliki, dan atau siapapun wanita yg 'menyerahkan' diri secara suka rela yg ingin merasakan 'keperkasaan' sang Nabi diatas ranjang, dan atau siapa pun wanita yg diingini ol sang Nabi tanpa terikat dlm perkawinan.. spt yg tertera dlm surat At Tahrim ayat 50, Awloh menyatakan demikian sbg pengkhususan bagi Muhammad sbg RosulNya..
jd jelas aturan yg ada dlm An Nisa ayat 3 tsb tidak berlaku bagi nabi anda tercinta ya bro.. Laughing

Raihan wrote:

Dan tidak ada ulama yg berpendapat bahwa poligami adalah melaksanakan sunnah Nabi yg berpahala bagi siapa yg melaksanakannya. Karena Nabi sendiri tidak melakukan perkawinan setelah an Nisa': 3 turun.
kata siapa bro nabi anda tidak lg melakukan perkawinan setelah ayat an Nissa itu turun..? apakah anda punya datanya..?

dan mengenai anjuran berpoligami, coba anda perkatikan dgn teliti surat An Nissa ayat 3 dgn seksama lg :

[QS 4:3] Dan jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil terhadap (hak-hak) perempuan yang yatim (bilamana kamu mengawininya), maka kawinilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi : dua, tiga atau empat. Kemudian jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil, maka (kawinilah) seorang saja, atau budak-budak yang kamu miliki. Yang demikian itu adalah lebih dekat kepada tidak berbuat aniaya.

coba anda perhatikan yg sy tebalkan diatas, pilihan pertamanya adlh ".. kawinilah wanita2 yg kamu senangi : dua, tiga atau empat" dan pilihan terakhirnya baru "..maka (kawinilah) seorang saja".
lihat bro dlm penekanannya ayat An nisa itu agar menikah dgn dua, tiga atau empat wanita lebih dulu, baru kemudian sbg pilihan yg terakhir menikah dgn seorang aj.. apakah anda tidak melihatnya ini sbg anjuran utk melakukan poligami..??

lg pula logika sederhanyanya, jika monogami lebih baik dan pahalanya lebih banyak ketimbang orang yg melakukan poligami, buat apa banyak Dai2 dan Ulama2 yg melakukan poligami bro..?? ya udah jelaslah, org yg berpoligami dgn baik maka pahalanya jauuuh lebih besar dr pd orng yg bermonogami, krn itu spt yg dilakukan ol Nabi besar anda..
betul kan bro..? sunny 

Salam, peace 
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: Poligami diperbolehkan atau dianjurkan ?   23rd August 2013, 19:14

Damai bagimu Nielsan.
Raihan Danielsan wrote:
Dalam siroh Nabi Muhammad dijelaskan bahwa beliau adalah seorang monogami bersama Siti Khadijah. 2 atau 3 tahun (maaf saya lupa) setelah Kadijah wafat, yaitu ketika Nabi berusia 53 tahun beliau kawin lagi dan melakukan poligami sampai surat an-Nisa': 3 turun yg membatasi 4 istri. Banyak sebab kenapa beliau melakukan poligami, kebanyakan adalah para janda perang, dan hanya Aisyah yg masih gadis. Karena usia beliau yg sudah tua dan beratnya dakwah, maka beliau melibatkan istri-istrinya dalam dakwah mengenai hal-hal yg menyangkut kewanitaan. Oleh karena itu, para ulama berpendapat bahwa pologami yg dilakukan oleh Nabi disamping menolong para janda perang juga bertujuan dakwah, karena bila dilakukan oleh Nabi dg menjelaskan masalah kewanitaan di hadapan para wanita akan membuat Nabi risi.
Tahukah Nielsan bahwa Muhammad dinikahkan dengan Khadijah oleh Waraka bin Nawfal yang adalah pendeta Ebionite? Selaku pendeta Ebionite, disampaikan kepada mempelai bahwa pernikahan itu sakral, dan tidak terceraikan kecuali oleh maut. Maka sepanjang hidup Khadijah, Muhammad tidak berpoligami. Selanjutnya, setelah Khadijah meninggal, punah sudah kesakralan janji kawin Muhammad. Muhammad mewarisi peninggalan janda kaya itu.

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
nothingman
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1503
Join date : 13.11.12

PostSubyek: Re: Poligami diperbolehkan atau dianjurkan ?   31st August 2013, 17:41

yaaah, ini sptnya sudah tidak ada sanggahan lg dr tetangga kita.. Sad 

jangan2 apa yg sudah kita ungkapkan dan pertanyakan itu memang benar demikian adanya..
hehehehe Very Happy
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: Poligami diperbolehkan atau dianjurkan ?   2nd September 2013, 17:23

Allah tahu, kapan hendak menurunkan surah yang memihak kepada Muhammad.

Eh, ato, mungkin Muhammad yang merintah untuk diturunkan ayat yang perlu?

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content




PostSubyek: Re: Poligami diperbolehkan atau dianjurkan ?   Today at 02:52

Kembali Ke Atas Go down
 
Poligami diperbolehkan atau dianjurkan ?
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 2 dari 6Pilih halaman : Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6  Next
 Similar topics
-
» ER-6n ---------------- atau ----------------ER-6F ????????
» cdi atau knalpot?
» Pilih BT92 ukuran 150/70 atau 150/60
» master rem Brembo R1 atau Brembo RCS15
» pilih mana: akrapovik, yoshimura USA, nojima, atau Arrow

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Ladang Tuhan Baru :: Forum Terbuka :: Diskusi - Kristen Bertanya Non-Kristen Menjawab-
Navigasi: