Ladang Tuhan Baru
Selamat datang kepada sesama saudara Kristen dan saudara lain iman. Mari kita saling kenal dalam suasana bersahabat.

Ladang Tuhan Baru

Forum Komunitas Kristen
 
IndeksIndeks  PencarianPencarian  PendaftaranPendaftaran  LoginLogin  

Share | 
 

 Makan Serangga

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
Pilih halaman : 1, 2  Next
PengirimMessage
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Makan Serangga   18th September 2013, 21:16

Quote :
Rabu, 18/09/2013 15:32 WIB
Serangga, Makanan Manusia di Masa Depan?
ABC Australia - detikNews


Jakarta - Suatu hari nanti boleh jadi kita menyantap semut, jangkrik atau kalajengking sebagai sumber makanan sehat sehari-hari.

Minggu lalu binatang-binatang serangga itu disajikan dalam berbagai kuliner di suatu acara di Adelaide yang menyoroti ketahanan dan keberlanjutan pangan global.

Wartawati ABC Caroline Winter pergi ke event di lobby Museum Australia Selatan itu, yang dihadiri sekitar 200 tamu.

Dari jauh kelihatannya seperti cocktail party lainnya, tapi kalau kita perhatikan lebih dekat, ternyata jauh sekali bedanya.

Malam itu para tamu menyicip sesuatu yang sedikit berbeda.

Santapan jang disajikan antara lain jangkrik dalam kim chi, kumbang air dalam tart coklat, dan semut bakar dalam tahu.

Seorang tamu berkomentar "ternyata tidak semengerikan yang dibayangkan".

Dan yang lain berkomentar "menarik dan masuk akal juga usul makan serangga".

Sepertiga orang di dunia sudah makan serangga sehari-harinya.

Seorang chef dan pemilik restoran di Adelaide, Duncan Welgemoed, mengatakan, negara-negara seperti Australia mestinya mengikuti.

"Dari sudut pandang keberlanjutan pangan, kita niscaya beralih ke arah itu dengan kurangnya bahan pangan dan sebagainya," kata Duncan.

Dan, kata chef itu, serangga sangat baik bagi kesehatan. Kadar kalsiumnya tinggi, mengandung vitamin mulai dari A sampai D, kaya protein dan kolestrolnya sangat rendah. Menurut Duncan, PBB sudah menyatakan 1900 species serangga "bisa dimakan".

Dan sementara populasi dunia yang sekarang ini sudah 7-milyard jiwa terus bertambah, banyak yang berpandangan serangga boleh jadi merupakan sebagian solusi bagi ketahanan pangan di masa mendatang.

Ahli biologi dan penjabat direktur di Museum Australia Selatan, Andrew Lowe, mengatakan perlu menjajagi kemungkinan menggunakan daging serangga sebagai bahan masakan.

Katanya, mungkin saja kita menemukan jenis-jenis serangga yang rasanya enak, bergizi dan ramah lingkungan.

Tapi pakar kesehatan ekosistem dari Universitas Australia Selatan, Prof Phil Weinstein, mengatakan masih banyak yang harus dilakukan untuk menjadikannya kenyataan.

"Pertama, kita perlu menyempurnakan cara menternakkan serangga," katanya. "Karena kalau akan digunakan secara berkelanjutan, kita perlu mensterilkannya dan tidak mengganggu keseimbangan biodiversitas dengan mengumpulkannya."

Dan sebelum hal itu dicapai, para pakar sepakat bahwa event-event seperti yang digelar di Adelaide minggu lalu tadi akan membantu meruntuhkan rasa geli, jijik atau takut menelan binatang merayap. Bahkan juga bagi mereka yang paling skeptis.



(nwk/nwk)

Laughing 

Sebenarnya, serangga sudah sejak dulu jadi makanan, setidaknya John pembaptis telah melakukannya. Begitu juga saudara saudara kita di Jawa Tengah, belalang termasuk makanan yang digemari. Di daerah Timur, ulat sagu termasuk makanan yang sangat disukai.

Dan kebanyakan dari kita, sebenarnya juga gemar 'serangga' setidaknya yang berupa serangga laut, kita kenal sebagai kepiting, udang, lobster.

Jadi, mungki saja kelak anak cucu kita mulai menikmati serangga darat, he he he he.

Neutral

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
nothingman
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1503
Join date : 13.11.12

PostSubyek: Re: Makan Serangga   20th September 2013, 15:11

walaaah Oom..

dulu waktu di kampung Ortu, di daerah jawa timur sih sy pernah nyobain belalang goreng dibumbu bacem gitu, dan rasanya emang enak, manis dan gurih.. tp abis makan, di badan pd biduran (gatel2) semua..

klo selagi ada makanan laen mending yg laen aj deh.. Sad
Kembali Ke Atas Go down
cinzano
Moderator
Moderator


Jumlah posting : 2124
Join date : 26.10.12
Lokasi : Buaya City

PostSubyek: Re: Makan Serangga   23rd September 2013, 16:27

nothingman wrote:
walaaah Oom..

dulu waktu di kampung Ortu, di daerah jawa timur sih sy pernah nyobain belalang goreng dibumbu bacem gitu, dan rasanya emang enak, manis dan gurih.. tp abis makan, di badan pd biduran (gatel2) semua..

klo selagi ada makanan laen mending yg laen aj deh.. Sad

Di proyek, pada waktu2 tertentu .... banyak sekali hama belalang
Intinya dibakar yang rata supaya bulunya abis.

Tapi kalo kebanyakan bisa mabuk .....

hehehhe

Laughing
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Makan Serangga   23rd September 2013, 16:54

Apakah benar makan belalang bisa menimbulkan efek samping, sih?
Koq gak pernah dengar John pembaptis menderita biduren gitu ya?

Quote :
Jangan Sepelekan Kandungan Gizi Belalang



Bagi kebanyakan masyarakat, belalang dianggap sebagai hewan liar dan hama tanaman. Tetapi di beberapa daerah, hewan ini masih dimanfaatkan menjadi sumber pangan yang kaya nutrisi.
Di Wilayah Gunung Kidul Yogyakarta misalnya, serangga ini masih dipertahankan sebagai makanan camilan atau lauk-pauk. Nilai kandungan gizi dari belalang pun tak boleh dianggap enteng karena tidak kalah dibandingkan sumber protein lainya seperti daging sapi.

Seperti diungkapkan pakar ilmu gizi dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Ahmad Sulaiman, belalang merupakan hewan yang memiliki beragam jenis kandungan nutrisi penting seperti, protein, vitamin dan mineral.

“Kalau pada belalang yang masih segar, kandungan proteinnya sekitar 20 persen, tetapi pada yang kering sekitar 40 persen. Belum kulitnya yang juga mengandung zat kitosan seperti udang. Tetapi tergantung jenis belalangnya, pada musim-musim tertentu ada jenis belang yang kandungan vitaminnya lebih tinggi. Belalang juga dapat memenuhi 25 hingga 30 persen kebutuhan vitamin A,” ungkap Ahmad di sela-sela kegiatan Nutritalk Jelajah Gizi Sari Husada, di Gunung Kidul, Yogyakarta, Jumat (2/11/2012) lalu.

Belalang, lanjut Ahmad, saat ini masih dijadikan sumber pangan alternatif, terutama pada masyarakat di sejumlah daerah yang mengalami kesulitan sumber makanan. Bahkan di beberapa negara, belalang sebenarnya sudah dijadikan makanan pokok.

“Sudah banyak penelitian ilimiah yang membuktikan manfaat belalang. Di negara lain bahkan ada yang menjadikannya sebagai makanan pokok. Di Indonesia pun, di zaman kita susah belalang pernah menjadi makanan utama. Tetapi kini sudah banyak ditinggalkan karena ada beragan sumber protein lainnya,” papar Ahmad

Manfaat belalang
Masyarakat, lanjut Ahmad, sebenarnya dapat memanfaatkan belalang untuk membantu memenuhi kebutuhan protein, zat yang sangat dibutuhkan untuk perkembangan dan pertumbuhan.
“Protein ini sangat penting untuk pertumbuhan. Bila tubuh kekurangan protein, penyerapan dan fungsi zat gizi lain di dalam tubuh tidak optimal. Misalnya seseorang yang kurang vitamin A dianjurkan makan banyak sayuran. Tetapi makan sayuran tidak akan optimal kalau tubuh kurang protein karena penyerapan itu butuh lemak dan protein pengikat retinol,” papar Guru Besar Ilmu Gizi IPB itu.
Pemanfaatan belalang, kata Ahmad memang belum digali secara maksimal di Indonesia. Ia menyarankan, belalang dapat diolah menjadi bahan pangan atau bentuk makanan lainnya yang lebih menarik dan dapat lebih diterima masyarakat.”Mungkin dapat diolah menjadi tepung atau makanan seperti nugget, bakso atau burger. Kalau sudah diolah tentu akan berbeda dan dapat lebih diterima ,” ujarnya
Jadi, jangan ragu makan belalang, saya rela mengalah dengan tetap makan ayam, sapi, babi, dan seafood sajalah.

Cool

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
pengen_tahu
Bintara
Bintara


Jumlah posting : 63
Join date : 14.03.15

PostSubyek: Re: Makan Serangga   20th April 2015, 09:44

saya malah mau ditraktir makan laron sama saudara di solo 
katanya enak
kriuk2
Very Happy
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Makan Serangga   20th April 2015, 10:50

pengen_tahu wrote:
saya malah mau ditraktir makan laron sama saudara di solo 
katanya enak
kriuk2
Very Happy

Saya pilih makan serangga laut sajalah, seperti udang, lobster, kepiting...

roll

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
pengen_tahu
Bintara
Bintara


Jumlah posting : 63
Join date : 14.03.15

PostSubyek: Re: Makan Serangga   20th April 2015, 18:29

cacing laut mau bro???

hiahiahiahia
enak loch
garing kriuk2

penuh gizi
full protein
cuma takut kolesterol

kalo gak siput gung2
enak kriuk2 juga
semua makanan bangka

saya juga baru tau gara2 dikasi sama keluarga bini 
enaknye
Very Happy
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Makan Serangga   21st April 2015, 07:54

pengen_tahu wrote:
cacing laut mau bro???

hiahiahiahia
enak loch
garing kriuk2

penuh gizi
full protein
cuma takut kolesterol

kalo gak siput gung2
enak kriuk2 juga
semua makanan bangka

saya juga baru tau gara2 dikasi sama keluarga bini 
enaknye
Very Happy

Dari kecil hingga sekarang, saya tidak mudah makan sesuatu yang saya tidak tahu wujudnya. Hanya satu yang saya waktu kecil suka, khas daerah si om Phooey, disebut kerupuk terung. Nah, belakangan baru saya tahu yang disebut terung itu adalah teripang. Padahal saya tidak pernah mau makan teripang/haisom semahal apapun di resto. He he he he...

Shocked

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
pengen_tahu
Bintara
Bintara


Jumlah posting : 63
Join date : 14.03.15

PostSubyek: Re: Makan Serangga   21st April 2015, 10:06

hehehe
iya haisom mahal bener ya
saya juga gak pernah makan
padahal tiap tahun beliin buat bokap
tapi setiap udah dimasak, saya kabur, beliin aja cukup, makan ogah
Very Happy

kalo cacing kan bro tau wujudnya
wkwkwk
berarti mo makan juga dong
Laughing

itu obat tipes kan dari cacing tanah
roll
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Makan Serangga   21st April 2015, 12:05

Ngga suka, bro, saya cuma suka sayuran dan beberapa jenis daging saja, tidak semua daging hewan saya suka...

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
pengen_tahu
Bintara
Bintara


Jumlah posting : 63
Join date : 14.03.15

PostSubyek: Re: Makan Serangga   22nd April 2015, 17:20

hahaha

kalo ular, biawak dll??
enak loch
kodok??
Laughing
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Makan Serangga   22nd April 2015, 19:24

pengen_tahu wrote:
hahaha

kalo ular, biawak dll??
enak loch
kodok??
Laughing

Ular, biawak, trenggiling, kadal, dst tidak suka om....
Kodok dulu masih bisa, kalau sekarang sangat terbatas, kalau terpaksa makan itupun satu dua paha kodok saja..

Itu masih umum kan?
Sedangkan saya tidak suka jerohan, baik jerohan ayam ataupun sapi, kecuali keripik paru sapi dan usus ayam goreng kering masih bisa.

Yang saya suka hanya ayam khusus bagian dada, daging sapi tanpa lemak dan urat, babi yang tidak berlemak, domba khusus lambchop, ikan, kepiting, udang, lobster, cumi. 

Nah....

Laughing

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
pengen_tahu
Bintara
Bintara


Jumlah posting : 63
Join date : 14.03.15

PostSubyek: Re: Makan Serangga   23rd April 2015, 17:33

4 terakhir full kolesterol 

tapi susah nolaknya
kalau ada di meja
Very Happy

sekarang dikurangin sama bini
punya riwayat kencing manis dari mama
takut nurun
Crying or Very sad
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Makan Serangga   23rd April 2015, 20:35

Apa cholesterol berhubungan dengan diabetes?

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
pengen_tahu
Bintara
Bintara


Jumlah posting : 63
Join date : 14.03.15

PostSubyek: Re: Makan Serangga   27th April 2015, 11:04

temen tuch
wkwkwk

pokoknya ibu2 selalu bahasnya itu terus 
kalau kita lagi pergi makan
jangan banyak2
entar kolesterol
entar kena diabet

ampun dach
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Makan Serangga   27th April 2015, 14:10

pengen_tahu wrote:
temen tuch
wkwkwk

pokoknya ibu2 selalu bahasnya itu terus 
kalau kita lagi pergi makan
jangan banyak2
entar kolesterol
entar kena diabet

ampun dach


Sepengetahuan saya, kalau cholesterol itu temenannya sama darah tinggi dan jantung, bro.

Kalau diabetes itu urusannya nanti dengan ginjal...

Sama sama ngerusak jerohan kita sih...

Sad

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
pengen_tahu
Bintara
Bintara


Jumlah posting : 63
Join date : 14.03.15

PostSubyek: Re: Makan Serangga   29th April 2015, 09:19

maksud saya temen sama2 gara2 pola makan bro

contoh diabet ya
bbrp bulan yang lalu om saya dateng dari beijing
dia makan makanan indo
dia langsung bilang
wajar aja orang indo banyak yang diabet
semua makanannya manis2
hahaha
Kembali Ke Atas Go down
pengen_tahu
Bintara
Bintara


Jumlah posting : 63
Join date : 14.03.15

PostSubyek: Re: Makan Serangga   29th April 2015, 09:49

sorry oot dikit bro
mo nanya 

disini ada dibahas doktrin reformed, tulip, calvinist, osas??
saya lagi bingung 
mo cari referensi buat mengerti pola pikir mereka
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Makan Serangga   29th April 2015, 10:38

Wah seingat saya pernah saya angkat, tetapi mungkin bukan di forum ini ya....

He he he he

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
pengen_tahu
Bintara
Bintara


Jumlah posting : 63
Join date : 14.03.15

PostSubyek: Re: Makan Serangga   29th April 2015, 16:59

masih bingung fasilitas search disini bro
geek

saya lagi bingung membedakan mereka
setau saya tulipkan dari calvinist
tapi reformed menggunakan doktrin tulip tapi enggan dibilang calvinist
osas bukannya turunan dari tulip juga??

mabok belajarnya
d\'oh
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Makan Serangga   29th April 2015, 19:28

pengen_tahu wrote:
masih bingung fasilitas search disini bro
geek

saya lagi bingung membedakan mereka
setau saya tulipkan dari calvinist
tapi reformed menggunakan doktrin tulip tapi enggan dibilang calvinist
osas bukannya turunan dari tulip juga??

mabok belajarnya
d\'oh


Betul, OSAS adalah Perseverance of the Saints (also known as Once Saved Always Saved) , P nya TULIP.

Laughing

Doktrin aneh dan unlogic, he he he he

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
cinzano
Moderator
Moderator


Jumlah posting : 2124
Join date : 26.10.12
Lokasi : Buaya City

PostSubyek: Re: Makan Serangga   30th April 2015, 08:57

waduhh pada membahas makanan

sejak tahun 2014 akhir karena kena kolesterol ....

makan2 enak dibatasi

Sad
Kembali Ke Atas Go down
cinzano
Moderator
Moderator


Jumlah posting : 2124
Join date : 26.10.12
Lokasi : Buaya City

PostSubyek: Re: Makan Serangga   30th April 2015, 08:58

pengen_tahu wrote:
sorry oot dikit bro
mo nanya 

disini ada dibahas doktrin reformed, tulip, calvinist, osas??
saya lagi bingung 
mo cari referensi buat mengerti pola pikir mereka


Yang saya ndak mengerti ... pola pikir "memaksa" mereka

Laughing
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Makan Serangga   30th April 2015, 09:09

cinzano wrote:
waduhh pada membahas makanan

sejak tahun 2014 akhir karena kena kolesterol ....

makan2 enak dibatasi

Sad

Itu kan buah yang harus dipetik karena sejak muda selalu makan enak di luar rumah terus om....

Sad

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
pengen_tahu
Bintara
Bintara


Jumlah posting : 63
Join date : 14.03.15

PostSubyek: Re: Makan Serangga   30th April 2015, 09:40

[quote="bruce"][quote="cinzano"]waduhh pada membahas makanan

sejak tahun 2014 akhir karena kena kolesterol ....

makan2 enak dibatasi

Sad[/quote]

Itu kan buah yang harus dipetik karena sejak muda selalu makan enak di luar rumah terus om....

Sad[/quote]


kalau saya buka buah makan enak terus di waktu muda bro
ini buah kenal anak kos2an
makan apa saja berapa saja selalu bagi rata

kagamorugi.com
Very Happy
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content




PostSubyek: Re: Makan Serangga   Today at 06:55

Kembali Ke Atas Go down
 
Makan Serangga
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 2Pilih halaman : 1, 2  Next
 Similar topics
-
» 7 Larangan Setelah Makan
» 10 Hal yang sebaiknya dihindari setelah makan
» Body builder
» N250R Academy - Cyberist Paris Van Java (BDG)
» Temen Munafik Makan Cabe :jedug:

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Ladang Tuhan Baru :: Diskusi Umum :: Wisata dan Kuliner-
Navigasi: