Ladang Tuhan Baru
Selamat datang kepada sesama saudara Kristen dan saudara lain iman. Mari kita saling kenal dalam suasana bersahabat.

Ladang Tuhan Baru

Forum Komunitas Kristen
 
IndeksIndeks  PencarianPencarian  PendaftaranPendaftaran  LoginLogin  

Share | 
 

 Pertanyaan tentang misa arwah

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
Pilih halaman : 1, 2, 3  Next
PengirimMessage
pengen_tahu
Bintara
Bintara


Jumlah posting : 63
Join date : 14.03.15

PostSubyek: Pertanyaan tentang misa arwah   19th March 2015, 11:37

Kepada member2 katolik

saya ada beberapa pertanyaan tentang misa arwah
tolong masukannya
apakah misa arwah harus dengan romo lingkungan paroki? tidak bisa romo paroki lain?
bagaimana dengan umat yang tidak tercatat dalam kk lingkungan katolik? atau kurang bergaul dengan lingkungan (mungkin lebih enaknya dibilang tidak aktif dalam lingkungan)?
bagaimana dengan umat yang ternyata meninggal dengan kasus od narkoba? atau mungkin kejahatan lainnya?

sebelumnya trims
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Pertanyaan tentang misa arwah   19th March 2015, 12:55

pengen_tahu wrote:
Kepada member2 katolik

saya ada beberapa pertanyaan tentang misa arwah
tolong masukannya
apakah misa arwah harus dengan romo lingkungan paroki? tidak bisa romo paroki lain?
bagaimana dengan umat yang tidak tercatat dalam kk lingkungan katolik? atau kurang bergaul dengan lingkungan (mungkin lebih enaknya dibilang tidak aktif dalam lingkungan)?
bagaimana dengan umat yang ternyata meninggal dengan kasus od narkoba? atau mungkin kejahatan lainnya?

sebelumnya trims

Saya kurang tahu persisnya dalam aturan Gereja, bro, tetapi saya jawab dengan yang saya alami atau ketahui aja dulu ya..

Adik saya Katolik, tinggal di kota lain, sayangnya tidak mendaftar dan tidak aktif di ligkungannya. Ketika karena musibah dia meninggal bersama istrinya, kami sebagai sanak keluarganya tentu selain sedih juga kalut. Untunglah kemudian saya bisa menemui kepala lingkungan tempat tinggal adik saya, minta tolong untuk menghubungi romo untuk menyelenggarakan misa requiem. Nah, romo minta diperlihatkan surat baptis adik saya. Misa berjalan lancar dan hikmat.

Ayah saya Katolik, beberapa tahun lalu saat berlibur mengunjungi adik perempuan saya di kota lain, terkena serangan jantung, walau saya sempat merawat beliau, akhirnya beliau meninggal. Kami ingin mengadakan misa, gawatnya saat itu adalah dalam masa menjelang Paskah, tepatnya hari Jumat Agung. Dan bisa dipastikan semua romo sibuk, begitu juga romo dalam lingkungan gereja tempat adik saya. Akhirnya adik saya menghubungi temannya, dan bisa minta tolong romo dari lingkugan lain (dari keuskupan) untuk melayani. Misa bisa berlangsung dengan hikmat dan penuh kenangan.

Jadi, pada kasus darurat, kita bisa minta tolong pada romo lingkungan manapun, tidak ada masalah. Cuma tentunya sebelum kita minta romo dari lingkungan lain, sebaiknya memberi tahu romo di lingkungan kita dulu.

Begitu juga pada kasus meninggal karena OD narkoba, atau sebutlah perkelahian, atau apapun, tentunya romo tidak melihat kesalahan yang dilakukan, bahkan bunuh diri ataupun dieksekusi mati. Mati adalah mati, dan tugas romo adalah menghantarkan roh si meninggal untuk pulang ke rumah Bapa. Romo tidak mengadili kesalahan yang meninggal, karena yang akan mengadili adalah Tuhan sendiri. 

Kira kira itulah yang bisa saya sharingkan.

Syalom

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
pengen_tahu
Bintara
Bintara


Jumlah posting : 63
Join date : 14.03.15

PostSubyek: Re: Pertanyaan tentang misa arwah   19th March 2015, 15:14

ok bro
kira2 sudah ngerti

setau saya ya bro
katolik cuma punya satu pakem untuk misa arwah, benar atau tidak??
untuk kasus yang romo itu ceritakan
sewaktu misa itu dilakukan hanya ada 3 orang katolik, si korban, romonya dan pemohon
tidak disebutkan keluarga tidak ada karena apa
apakah misa harus tetap seperti pakem awal??
lalu setau saya dalam doa umat ya bro
doa pertama adalah untuk kepada si korban
apakah pakemnya akan tetap sama untuk pelaku bunuh diri/kejahatan atau od seperti ini ya???

shalom
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Pertanyaan tentang misa arwah   19th March 2015, 15:21

Quote :
setau saya ya bro
katolik cuma punya satu pakem untuk misa arwah, benar atau tidak??

Wah kurang tahu saya, bro, tetapi sepertinya sih ada beberapa

Quote :
untuk kasus yang romo itu ceritakan sewaktu misa itu dilakukan hanya ada 3 orang katolik, si korban, romonya dan pemohon tidak disebutkan keluarga tidak ada karena apa, apakah misa harus tetap seperti pakem awal??

Kalau setahu saya tidak ada ketentuan harus berapa orang, bro.

Quote :
lalu setau saya dalam doa umat ya bro
doa pertama adalah untuk kepada si korban apakah pakemnya akan tetap sama untuk pelaku bunuh diri/kejahatan atau od seperti ini ya???


Wah saya kurang jelas maksudnya nih, bro..

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
cinzano
Moderator
Moderator


Jumlah posting : 2124
Join date : 26.10.12
Lokasi : Buaya City

PostSubyek: Re: Pertanyaan tentang misa arwah   23rd March 2015, 13:51

Untung saya aktif dilingkungan hehehee.
Tapi yang jelas .... dalam kondisi apapun, kita bisa minta bantuan ke ketua lingkungan.
Mereka pasti mau bantu.......

Laughing
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Pertanyaan tentang misa arwah   23rd March 2015, 14:00

cinzano wrote:
Untung saya aktif dilingkungan hehehee.
Tapi yang jelas .... dalam kondisi apapun, kita bisa minta bantuan ke ketua lingkungan.
Mereka pasti mau bantu.......

Laughing

Hebat nih opa, udah tua tetap masih giat dalam lingkungan...

thumb up

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
pengen_tahu
Bintara
Bintara


Jumlah posting : 63
Join date : 14.03.15

PostSubyek: Re: Pertanyaan tentang misa arwah   23rd March 2015, 22:56

och ada opa cinzano
salam kenal opa  sunny
Kembali Ke Atas Go down
cinzano
Moderator
Moderator


Jumlah posting : 2124
Join date : 26.10.12
Lokasi : Buaya City

PostSubyek: Re: Pertanyaan tentang misa arwah   24th March 2015, 17:14

pengen_tahu wrote:
och ada opa cinzano
salam kenal opa  sunny


Saya masih muda Om.........
Jangan terpengaruh Momod ya....

hehehe

Laughing
Kembali Ke Atas Go down
pengen_tahu
Bintara
Bintara


Jumlah posting : 63
Join date : 14.03.15

PostSubyek: Re: Pertanyaan tentang misa arwah   24th March 2015, 23:13

kalo om momod ngakunya remaja tanggung
tanggung lewat banyak banget 
alias tu....
roll
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Pertanyaan tentang misa arwah   25th March 2015, 08:13

Menghina momod hukumannya di jemur di tengah lapangan, mau ??

d\'oh

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
pengen_tahu
Bintara
Bintara


Jumlah posting : 63
Join date : 14.03.15

PostSubyek: Re: Pertanyaan tentang misa arwah   25th March 2015, 09:45

kalau saya pribadi sich
kalau salah harus siap menerima segala konsekuensinya
kalau salah kena tegur ya terima
kalau di jemur ya harus terima

tapi saya yakin kok
om momod pasti dewasa dalam menyikapi masalah pribadi dengan masalah forum dan bisa menempatkan masalah sesuai posisinya

Very Happy
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Pertanyaan tentang misa arwah   25th March 2015, 16:06

pengen_tahu wrote:
kalau saya pribadi sich
kalau salah harus siap menerima segala konsekuensinya
kalau salah kena tegur ya terima
kalau di jemur ya harus terima

tapi saya yakin kok
om momod pasti dewasa dalam menyikapi masalah pribadi dengan masalah forum dan bisa menempatkan masalah sesuai posisinya

Very Happy

Waaah, momod sini kadang tidak bisa membedakan lho, bro... momod lho ya, bukan glomod...

Cool

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
pengen_tahu
Bintara
Bintara


Jumlah posting : 63
Join date : 14.03.15

PostSubyek: Re: Pertanyaan tentang misa arwah   25th March 2015, 17:23

gile tangkisannya
langsung oper bola

clapping
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Pertanyaan tentang misa arwah   25th March 2015, 18:37

pengen_tahu wrote:
gile tangkisannya
langsung oper bola

clapping

Bukan tanggung jawab saya lho ya....

peace

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
cinzano
Moderator
Moderator


Jumlah posting : 2124
Join date : 26.10.12
Lokasi : Buaya City

PostSubyek: Re: Pertanyaan tentang misa arwah   27th March 2015, 09:57

Ternyata Asisten Imam diperbolehkan memimpin Misa Arwah.....
Ada masukan dari teman2 ??

Laughing
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Pertanyaan tentang misa arwah   27th March 2015, 17:43

cinzano wrote:
Ternyata Asisten Imam diperbolehkan memimpin Misa Arwah.....
Ada masukan dari teman2 ??

Laughing

Asisten imam tuh yang mana oom? Diaken atau apa?

Shocked

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
cinzano
Moderator
Moderator


Jumlah posting : 2124
Join date : 26.10.12
Lokasi : Buaya City

PostSubyek: Re: Pertanyaan tentang misa arwah   28th March 2015, 12:06

bruce wrote:
cinzano wrote:
Ternyata Asisten Imam diperbolehkan memimpin Misa Arwah.....
Ada masukan dari teman2 ??

Laughing

Asisten imam tuh yang mana oom? Diaken atau apa?

Shocked


Asisten pastoral/asisten imam membantu imam dalam melaksanakan tugasnya. Mereka adalah tokoh umat yang terpilih, dipersiapkan, dan dilantik untuk melaksanakan tugas. Uskup (atau imam yang mendapat wewenang dari uskup) melantik mereka.


dikutip dari [You must be registered and logged in to see this link.]
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Pertanyaan tentang misa arwah   28th March 2015, 14:32

cinzano wrote:
bruce wrote:
cinzano wrote:
Ternyata Asisten Imam diperbolehkan memimpin Misa Arwah.....
Ada masukan dari teman2 ??

Laughing

Asisten imam tuh yang mana oom? Diaken atau apa?

Shocked


Asisten pastoral/asisten imam membantu imam dalam melaksanakan tugasnya. Mereka adalah tokoh umat yang terpilih, dipersiapkan, dan dilantik untuk melaksanakan tugas. Uskup (atau imam yang mendapat wewenang dari uskup) melantik mereka.


dikutip dari [You must be registered and logged in to see this link.]


Iya itu yang mana? orang awam atau yang mana?
Kalau yang dimaksud diaken, memang boleh memimpin upacara, tetapi terbatas tidak bisa memberikan berkat.

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
pengen_tahu
Bintara
Bintara


Jumlah posting : 63
Join date : 14.03.15

PostSubyek: Re: Pertanyaan tentang misa arwah   30th March 2015, 11:28

prodiakon bukannya memang boleh memimpin dalam situasi tertentu kan???
kalau daerah kekurangan imam atau kondisi tidak ada imam saat itu untuk memimpin misa??
betul gak??
Kembali Ke Atas Go down
cinzano
Moderator
Moderator


Jumlah posting : 2124
Join date : 26.10.12
Lokasi : Buaya City

PostSubyek: Re: Pertanyaan tentang misa arwah   30th March 2015, 11:39

pengen_tahu wrote:
prodiakon bukannya memang boleh memimpin dalam situasi tertentu kan???
kalau daerah kekurangan imam atau kondisi tidak ada imam saat itu untuk memimpin misa??
betul gak??


Hendaknya hindarkan penggunaan istilah prodiakon dan pakailah istilah asisten pastoral atau asisten imam atau akolit.


dikutip dari http://katolisitas.org/11245/tentang-imam-awam-pelayan-komuni-tak-lazim


Barangkali teman2 tau kenapa istilah prodiakon dan diakon kog dihindari ya


Laughing



PR buat Romo "B" dan Romo "H"


Razz
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Pertanyaan tentang misa arwah   30th March 2015, 12:51

Koq malah tanya ??

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
cinzano
Moderator
Moderator


Jumlah posting : 2124
Join date : 26.10.12
Lokasi : Buaya City

PostSubyek: Re: Pertanyaan tentang misa arwah   30th March 2015, 13:23

bruce wrote:
Koq malah tanya ??


Kan betul nanya nya ke Romo

Laughing
Kembali Ke Atas Go down
pengen_tahu
Bintara
Bintara


Jumlah posting : 63
Join date : 14.03.15

PostSubyek: Re: Pertanyaan tentang misa arwah   30th March 2015, 22:27

kebiasaan nyebutnya prodiakon sich
Very Happy

iya tunggu romo jawab aja dech
seperti opa cinzano 
Laughing
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Pertanyaan tentang misa arwah   31st March 2015, 12:13

Iya romo Yopi lama gak muncul....

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
pengen_tahu
Bintara
Bintara


Jumlah posting : 63
Join date : 14.03.15

PostSubyek: Re: Pertanyaan tentang misa arwah   1st April 2015, 16:51

loh
yopi kan pake y
terus b dan h sopo??
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content




PostSubyek: Re: Pertanyaan tentang misa arwah   Today at 14:58

Kembali Ke Atas Go down
 
Pertanyaan tentang misa arwah
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 3Pilih halaman : 1, 2, 3  Next
 Similar topics
-
» Fakta Mengerikan Tentang bumi
» Tentang ide saya ~ mohon saran ~
» SHERLOCK HOLMES itu ada kagak??????
» fakta tentang ayah
» Tanya tentang Oli pertamina

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Ladang Tuhan Baru :: Ruang Antar Kristen (Khusus Penganut Kristen Trinitarian) :: Diskusi Umum Kristen-
Navigasi: