Ladang Tuhan Baru
Selamat datang kepada sesama saudara Kristen dan saudara lain iman. Mari kita saling kenal dalam suasana bersahabat.

Ladang Tuhan Baru

Forum Komunitas Kristen
 
IndeksIndeks  PencarianPencarian  PendaftaranPendaftaran  LoginLogin  

Share | 
 

 umat islam dilarang hormat bendera?

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
lee_king_kong
Calon Perwira
Calon Perwira


Jumlah posting : 159
Join date : 14.03.11
Age : 27
Lokasi : Phnom Penh

PostSubyek: umat islam dilarang hormat bendera?   22nd March 2011, 11:33

Ketua Majelis Ulama Indonesia Pusat, KH A. Cholil Ridwan mengharamkan umat Islam untuk memberi hormat kapada bendera dan lagu kebangsaan.

Pernyataan Cholil ini dimuat dalam Tabloid Suara Islam edisi 109 (tanggal 18 Maret-1 April 2011). Ia menjawab pertanyaan pembaca dalam Rubrik Konsultasi Ulama. Si pembaca mengangkat kasus seorang temannya yang dikeluarkan dari sekolah gara-gara tak mau hormat bendera saat upacara.

Cholil menyatakan bahwa dalam Islam, menghormati bendera memang tak diizinkan. Cholil merujuk pada fatwa Saudi Arabia yang bernaung dalam Lembaga Tetap Pengkajian dan Riset Fatwa pada Desember 2003 yang mengharamkan bagi seorang Muslim berdiri untuk memberi hormat kepada bendera dan lagu kebangsaan.

Ada sejumlah argumen yang dikemukakan.

Pertama, memberi hormat kepada bendera termasuk perbuatan bid’ah yang tidak pernah dilakukan pada masa Rasulullah ataupun pada Khulafa’ ar-Rasyidun (masa kepemimpinan empat sahabat Nabi).
Kedua, menghormati bendera bertentangan dengan tauhid yang wajib sempurna dan keikhlasan di dalam mengagungkan Allah semata.

Ketiga, menghormati bendera merupakan sarana menuju kesyirikan.

Keempat, menghormati bendera merupakan kegiatan yang mengikuti tradisi yang jelek dari orang kafir, serta menyamai mereka dalam sikap berlebihan terhadap para pemimpin dan protokoler-protokoler resmi.
Cholil juga mengutip Syaikh Ibnu Jibrin (salah seorang ulama terkemuka Saudi) yang menyatakan bahwa penghormatan bendera adalah tindakan yang menganggungkan benda mati. Bahkan tindakan itu bisa dikategorikan sebagai kemusyrikan.

Sedangkan Syaikh al Fauzan (juga ulama Saudi) menyatakan bahwa tindakan menghormati bendera adalah ‘perbuatan maksiat’.

Menurut Cholil, cara menghormati yang benar dalam Islam adalah memberi salam. Namun, tulisnya lagi, makna memberi salam adalah mendoakan, sehingga itu tak pantas dilakukan pada bendera yang merupakan benda mati.

Di akhir tulisan, Cholil menyatakan bahwa bila kita hendak menghormati negara, maka cara terbaiknya adalah dengan mendengar dan taat pada aturan negara yang tidak bernilai maksiat dan sesuai syariat Islam serta mendoakan aparatur negara agar selalu mendapat bimbingan Allah.

Pernyataan Cholil ini kembali menunjukkan satu persoalan besar Islam di Indonesia. Cholil adalah seorang tokoh terpandang yang pendapat-pendapatnya diyakini banyak pihak. Posisinya sebagai Ketua MUI tentu juga memungkinkan ia mempengaruhi perilaku umat Islam.

Masalahnya, ia begitu saja merujuk pada para ulama Saudi yang dalam khazanah intelektual Islam justru dianggap terbelakang. Gaya pemahaman keislaman di negara itu selama ini dikenal sangat kaku, literal, mengabaikan perjalanan panjang tradisi pengkajian keagamaan dunia Islam, serta anti-dialog dan diskusi. Sampai sekarang, misalnya, kaum perempuan di negara itu masih diharamkan untuk mengendarai mobil akibat adanya fatwa ulama.

Argumen-argumen yang dikeluarkan sangat bisa diperdebatkan. Misalnya, bahwa dengan menghormati bendera, seorang muslim dianggap akan terkikis keimanannya nampak absurd di kalangan yang mau menggunakan akal. Cholil sendiri begitu saja menerima fatwa tersebut, tanpa ada hasrat untuk membicarakannya atau mengkajinya secara kritis.



menurut rekan2 islam memang beginikah seharusnya?thanx
Bila begini kualitas pernyataan Ketua MUI, tentu bisa dibayangkan kualitas umat seperti apa yang akan berkembang
Kembali Ke Atas Go down
Silancah
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1492
Join date : 29.01.11
Lokasi : Bandung Barat

PostSubyek: Re: umat islam dilarang hormat bendera?   22nd March 2011, 12:29

Menurut saya sih tidak apa2 menghormat bendera dan menyanyikan lagu kebangsaan.
Tidak ada dalil baik dalam Al Quran maupun Hadits yang melarangnya.

Kita lihat saja hakikat dari penghormatan bendera dan lagu kebangsaan itu ... rasanya kalau orang yang mengerti buat apa kita melakukan itu maka insya Allah akan jauh dari kesyirikan yang dikhawatirkan beliau.
Kembali Ke Atas Go down
Tamu
Tamu



PostSubyek: Re: umat islam dilarang hormat bendera?   22nd March 2011, 12:52

wah, kayak saksi yehowa yah... ???
Kembali Ke Atas Go down
Djo
Perwira Pertama
Perwira Pertama


Jumlah posting : 794
Join date : 28.01.11

PostSubyek: Re: umat islam dilarang hormat bendera?   22nd March 2011, 16:02

Yg satu bilang haram, yg lainnya bilang tidak apa2.

Jadi dalam islam pun, aliran2 yg mengajarkan ajaran berbeda pun sebenarnya tak terelakkan. Istilahnya, ada islam katolik, islam protestan, islam reformed, dll sbgnya.

Asal jgn saling mengkafirkan aja ya.
Kembali Ke Atas Go down
lee_king_kong
Calon Perwira
Calon Perwira


Jumlah posting : 159
Join date : 14.03.11
Age : 27
Lokasi : Phnom Penh

PostSubyek: Re: umat islam dilarang hormat bendera?   22nd March 2011, 16:23

saya dapat berita itu dari sebuah situs berita... dan komentar2 yang ada langsung banyak yang mengamini hal tersebut..tapi ada beberapa yang seperti model kang lancah dan malah berkata bahwa banyak fatwa yang dibuat oleh MUI tidak sesuai syariat yang ada..
Kembali Ke Atas Go down
Tamu
Tamu



PostSubyek: Re: umat islam dilarang hormat bendera?   22nd March 2011, 17:15

lee_king_kong wrote:
saya dapat berita itu dari sebuah situs berita... dan komentar2 yang ada langsung banyak yang mengamini hal tersebut..tapi ada beberapa yang seperti model kang lancah dan malah berkata bahwa banyak fatwa yang dibuat oleh MUI tidak sesuai syariat yang ada..

nah, makanya saya bilang saya setuju kalau Kang Lancah jadi mentri agama. :)

kalau MUI mah udah biasa bikin fatwa haram Razz Laughing
cuma sayang gak berani keluarin fatwa haram juga buat yang suka nyerang tempat2 ibadah lain (padahal katanya islam itu agama toleransi)... :afro:
entah takut atw diam2 menyetujui hal itu dalam hati. :?: :?: :?:
Kembali Ke Atas Go down
Silancah
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1492
Join date : 29.01.11
Lokasi : Bandung Barat

PostSubyek: Re: umat islam dilarang hormat bendera?   23rd March 2011, 07:50

Djo wrote:
Yg satu bilang haram, yg lainnya bilang tidak apa2.

Jadi dalam islam pun, aliran2 yg mengajarkan ajaran berbeda pun sebenarnya tak terelakkan. Istilahnya, ada islam katolik, islam protestan, islam reformed, dll sbgnya.

Asal jgn saling mengkafirkan aja ya.

Yap betul ...

Boleh berbeda pendapat yang penting jangan lalu saling mengkafirkan dan jadi gontok2an.
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content




PostSubyek: Re: umat islam dilarang hormat bendera?   Today at 13:43

Kembali Ke Atas Go down
 
umat islam dilarang hormat bendera?
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» Vlad Dracula " Kisah Nyata Pembantai Umat Islam Dalam Perang Salib
» MITOS DI MASYARAKAT
» SI NINDY DARI KARAWACI
» dikasih saran sama pak polisi
» 9Power Coil Booster

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Ladang Tuhan Baru :: Forum Terbuka :: Diskusi - Kristen Bertanya Non-Kristen Menjawab-
Navigasi: