Ladang Tuhan Baru
Selamat datang kepada sesama saudara Kristen dan saudara lain iman. Mari kita saling kenal dalam suasana bersahabat.

Ladang Tuhan Baru

Forum Komunitas Kristen
 
IndeksIndeks  PencarianPencarian  PendaftaranPendaftaran  LoginLogin  

Share | 
 

 Kisah Nabi Nabi

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
Pilih halaman : Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10  Next
PengirimMessage
Raihan Danielsan
Calon Perwira
Calon Perwira


Jumlah posting : 236
Join date : 04.02.11

PostSubyek: Re: Kisah Nabi Nabi   30th April 2011, 14:56

T2Y wrote:

well, setelah saya gugel ternyata dia ini merupakan/dianggap sebagai musuh Islam yah... :)
ditambah lagi ke-yahudian-nya.
btw, cerita di link yang anda kasih itu valid gak dasarnya ?
konon berasal dari hadist2 yang kurang bisa dipercaya menurut beberapa ulama besar Islam. Laughing
Ulama terdahulu baik ahli hadits maupun ahli sejarah telah sepakat akan keberadaan dan kesesatan tokoh Syiah yg bernama Abdullah bin Saba’ ini. Banyak sekali ulasan2 dari ulama salaf Ahlus Sunah mengenai tokoh ini.

“Sesungguhnya permulaan rafidhah berasal dari seorang zindiq (pendusta), yaitu Abdullah bin Saba.” (Ibnu Taimiyyah, Majmu’ Fatawa 28/483)

“Kami tidak pernah mengetahui ada pada ahli bid’ah dan pengikut hawa nafsu yang meyakini adanya sifat ketuhanan pada manusia selain mereka (yaitu rafidhah ekstrem). Sesungguhnya Abdullah bin Saba’ meyakini adanya sifat ketuhanan pada diri Ali.” (Abdullah bin Qutaibah, Ta’wilu Mukhtalafil Hadits 1/21)

Bahkan dalan kalangan Syiah sendiri juga menjelaskan mengenai kesesatan tokoh ini, seperti yg diterangkan oleh Al Qummi dalan kitabnya Al Khisal dan Al Kisysyi dalam kitabnya ar-Rijal dengan sanad yg berbeda.

“Aku mendengar Abu Abdillah berkata, ‘Laknat Allah atas Abdullah bin Saba’, sesungguhnya ia meyakini adanya sifat ketuhanan pada diri Amirul Mukminiin (Ali), padahal demi Allah! Amirul Mukminin hanyalah seorang hamba yang taat.” (Al Qummi, al-Khisal dan Al Kisysyi, ar-Rijal)

T2Y wrote:

jadi Islam atw bukan mereka itu kang ? Razz
Kalau mereka bersyahadat, tentu mereka Islam, bro T2Y.
Tapi kalau Abdullah bin Saba', banyak ulama yg menganggap sebagai Yahudi yg pura-pura masuk Islam.

Wallahu a'lam


Kembali Ke Atas Go down
Tamu
Tamu



PostSubyek: Re: Kisah Nabi Nabi   30th April 2011, 17:35

Raihan Danielsan wrote:
T2Y wrote:

well, setelah saya gugel ternyata dia ini merupakan/dianggap sebagai musuh Islam yah... :)
ditambah lagi ke-yahudian-nya.
btw, cerita di link yang anda kasih itu valid gak dasarnya ?
konon berasal dari hadist2 yang kurang bisa dipercaya menurut beberapa ulama besar Islam. Laughing
Ulama terdahulu baik ahli hadits maupun ahli sejarah telah sepakat akan keberadaan dan kesesatan tokoh Syiah yg bernama Abdullah bin Saba’ ini. Banyak sekali ulasan2 dari ulama salaf Ahlus Sunah mengenai tokoh ini.

“Sesungguhnya permulaan rafidhah berasal dari seorang zindiq (pendusta), yaitu Abdullah bin Saba.” (Ibnu Taimiyyah, Majmu’ Fatawa 28/483)

Ibnu Taimiyyah ini hidup sejaman dengan Abdullah bin Saba ?
sepertinya terpaut lumayan jauh deh, kang... Razz
Abdullah bin Saba (600 M-670 M ??? ),
Ibnu Taimiyyah (1263-1328M).
sangat mungkin sekali yang dituliskan itu juga didasari hadist2 yang kurang sahih itu, kan ? :)
dan kemungkinan lainnya adalah masalah politik soalnya kan dulu ada member muslim yang mengatakan kalau hadist2 yang ada sekarang ini banyak sekali yang diciptakan untuk kepentingan politik.

Quote :

T2Y wrote:

jadi Islam atw bukan mereka itu kang ? Razz
Kalau mereka bersyahadat, tentu mereka Islam, bro T2Y.
Tapi kalau Abdullah bin Saba', banyak ulama yg menganggap sebagai Yahudi yg pura-pura masuk Islam.

Wallahu a'lam


saya rasa kalau si Abdullah bin Saba ini meninggalnya dalam ke-Islam-an nya tentu tidak bisa dibilang kalau dia hanya berpura2.
untuk kepentingan apa dia berpura2 masuk Islam ?
menghancurkan Islam ?
saya rasa diawal2 peradaban Islam juga udah banyak terbagi2 dalam beberapa golongan, kan ?
yang gampangnya, dari para sahabat2 Nabi pasti punya fans atw anak buah atw pengikut setianya masing2, kan ?
nah, sangat mungkin kalau tokoh ini (entah nyata atw fiktif) cuma dijadikan kambing hitam... Laughing
ok, kita balik ke topik lagi aja deh... :)

udah jauh sekali kayaknya larinya.
Kembali Ke Atas Go down
Raihan Danielsan
Calon Perwira
Calon Perwira


Jumlah posting : 236
Join date : 04.02.11

PostSubyek: Re: Kisah Nabi Nabi   1st May 2011, 07:50

T2Y wrote:


Ibnu Taimiyyah ini hidup sejaman dengan Abdullah bin Saba ?
sepertinya terpaut lumayan jauh deh, kang... Razz
Abdullah bin Saba (600 M-670 M ??? ),
Ibnu Taimiyyah (1263-1328M).
sangat mungkin sekali yang dituliskan itu juga didasari hadist2 yang kurang sahih itu, kan ? :)
dan kemungkinan lainnya adalah masalah politik soalnya kan dulu ada member muslim yang mengatakan kalau hadist2 yang ada sekarang ini banyak sekali yang diciptakan untuk kepentingan politik.
Hadist itu segala sesuatu yg dinisbatkan kepada diri Nabi saw...... Kalau mengenai Abdullah bin Saba' itu berbicara tentang tarikh (sejarah).

Terpaut jauh bukan berarti tidak valid, mas T2Y. Sebagaimana hadist Bukhari, juga terpaut jauh dg jaman Nabi saw. Namun dapat ditelusuri perawinya hingga tersambung ke Nabi saw.... Kalau sumber dari perkataan Ibnu Tamiyyah mengenai Abdullah bin Saba', saya kurang referensi mengenai hal itu, tapi saya percaya ulama besar seperti Ibnu Tamiyyah pastilah tidak akan sembarangan bicara dan dan pastilah juga akan menggunakan sumber yg dapat dipercaya. Apalagi sumber dari Syiah sendiri juga menjelaskan sesatnya Abdullah bin Saba' karena menuhankan Ali ra, Jadi Abdullah bin Saba' bukanlah tokoh fiktif.... Jika mas T2Y merasa lebih pas dg pendapat orang yg merasa lebih tahu akhir2 ini bahwa Abdullah bin Saba' adalah tokoh fiktif, itu adalah hak mas T2Y.

T2Y wrote:

saya rasa kalau si Abdullah bin Saba ini meninggalnya dalam ke-Islam-an nya tentu tidak bisa dibilang kalau dia hanya berpura2.
untuk kepentingan apa dia berpura2 masuk Islam ?
menghancurkan Islam ?
saya rasa diawal2 peradaban Islam juga udah banyak terbagi2 dalam beberapa golongan, kan ?
yang gampangnya, dari para sahabat2 Nabi pasti punya fans atw anak buah atw pengikut setianya masing2, kan ?
nah, sangat mungkin kalau tokoh ini (entah nyata atw fiktif) cuma dijadikan kambing hitam... Laughing
Kalau mengenai pertikaian politik antara Ali ra. dg Muawiyah, maka secara umum mungkin dapat dikatagorikan menjadi 3 golongan. Yg pertama dan kedua adalah para pengikut Ali dan Muawiyah, dan yg ketiga adalah mereka yg tidak turut dalam pertikaian tsb.

T2Y wrote:

ok, kita balik ke topik lagi aja deh... :)

udah jauh sekali kayaknya larinya.
hehehe..... betul mas T2Y
Kembali Ke Atas Go down
heinskle
Calon Perwira
Calon Perwira


Jumlah posting : 326
Join date : 04.12.11

PostSubyek: Re: Kisah Nabi Nabi   17th December 2011, 01:03

striker wrote:
bruce wrote:
Saya seing kali bertanya tanya, dari mana saudara saudara Muslim mengetahui Nabi Nabi agama Islam, apakah tercantum di Alquran, atau di kitab lain? Mengenai namanya, kisahnya, dan ajarannya. Terima kasih jika ada yang bersedia menjawab.

Salam

kalau boleh ikut menjawab mas bro, dlm Al Qur'an banyak menceritakan tantang para Nabi, seperti:

QS 28. Al Qashash = Tentang Musa

QS 7, QS 20, QS 2 = Tentang Adam, dan Ibrahim juga

QS 71 = Nuh

QS 21, QS 34, QS 27 = Daud dan Sulaiman

QS 12 = Nabi Yusuf

QS 26 , QS 11, qs 15 = Nabi Luth

QS 4, QS 43 = Isa

dan masih banyak lagi, maaf gak bisa komplet :) Embarassed

Mungkin mas bro silancah atau saudara Muslim yg lain boleh melengkapi atau mengoreksi, monggo

Gimana mau komplet, ....emang gak tertulis di Al-quran, sebagian nama nabi diadopts dari Alkitab.
Kembali Ke Atas Go down
striker
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1393
Join date : 03.02.11

PostSubyek: Re: Kisah Nabi Nabi   17th December 2011, 20:30

heinskle wrote:
striker wrote:
bruce wrote:
Saya seing kali bertanya tanya, dari mana saudara saudara Muslim mengetahui Nabi Nabi agama Islam, apakah tercantum di Alquran, atau di kitab lain? Mengenai namanya, kisahnya, dan ajarannya. Terima kasih jika ada yang bersedia menjawab.

Salam

kalau boleh ikut menjawab mas bro, dlm Al Qur'an banyak menceritakan tantang para Nabi, seperti:

QS 28. Al Qashash = Tentang Musa

QS 7, QS 20, QS 2 = Tentang Adam, dan Ibrahim juga

QS 71 = Nuh

QS 21, QS 34, QS 27 = Daud dan Sulaiman

QS 12 = Nabi Yusuf

QS 26 , QS 11, qs 15 = Nabi Luth

QS 4, QS 43 = Isa

dan masih banyak lagi, maaf gak bisa komplet :) Embarassed

Mungkin mas bro silancah atau saudara Muslim yg lain boleh melengkapi atau mengoreksi, monggo

Gimana mau komplet, ....emang gak tertulis di Al-quran, sebagian nama nabi diadopts dari Alkitab.

Namanya juga meluruskan cerita para Rasul terdahulu mas, jadi kalau nama2nya sama ya logis dong. :)

Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: Kisah Nabi Nabi   26th December 2011, 04:22

Damai bagimu striker.
Di halaman 1, Anda memposting ini (maaf, saya beri nomor bukan untuk peringkat, melainkan untuk jumlah saja):
striker wrote:

Rasul dalam Al-Qur'an dan Hadits

Dari Al-Quran dan hadits disebutkan beberapa nama nabi sekaligus rasul, diantaranya yaitu:

*1 Nuh seorang nabi sekaligus rasul pertama, diutus untuk Bani Rasib.
*2 Hud diutus untuk ʿĀd yang tinggal di Al-Ahqaf, Yaman.
*3 Shaleh diutus untuk kaum Tsamūd.
*4 Ibrahim diutus untuk kaum Kaldān di Kaldaniyyun Ur, Iraq.
*5 Luth diutus untuk negeri Sadūm dan Amūrah.
*6 Isma'il diutus untuk untuk Qabilah Yaman, Mekkah.
*7 Ishaq diutus untuk Kanʻān di wilayah Al-Khalil, Palestina.
*8 Yaqub diutus untuk Kanʻān di Syam.
*9 Yusuf diutus untuk Hyksos dan Kanʻān di Mesir.
*10 Ayyub diutus untuk Bani Israel.
*11 Syu'aib diutus untuk negeri Madyan dan Aykah.
*12 Musa diutus untuk Bani Israel.
*13 Harun diutus untuk Bani Israel.
*14 Zulkifli diutus untuk kaum Amoria di Damaskus.
*15 Yunus diutus untuk bangsa Assyria di Ninawa, Iraq.
*16 Ilyas diutus untuk Funisia dan Bani Israel.
*17 Ilyasa diutus untuk Bani Israel dan kaum Amoria di Panyas, Syam.
*18 Uzayr diutus untuk Bani Israel.
*19 Daud diutus untuk Bani Israel.
*20 Sulaiman diutus untuk Bani Israel.
*21 Daniyal diutus untuk Bani Israel.
*22 Shamu`ayl diutus untuk Bani Israel.
*23 Syam`un diutus untuk Bani Israel.
*24 Zakaria diutus untuk Bani Israil di Palestina.
*25 Yahya diutus untuk Bani Israil di Palestina.
*26 Yusha diutus untuk Bani Israel di Palestina.
*27 Isa diutus untuk Bani Israil di Palestina.
*28 Muhammad seorang nabi & rasul terakhir yang diutus di Jazirah Arab dan seluruh bangsa didunia.

Sedangkan Adam, Syits dan Idris yang diutus sebelumnya hanyalah bertaraf sebagai seorang Nabi saja, BUKAN sebagai Rasul kerana mereka tidak memiliki umat atau kaum dan tidak memiliki kewajiban untuk menyebarkan risalah yang mereka yakini.

Dalam sebuah situs web, Idris dikatakan memiliki umat yang bernama Zuriat Qabil.
Sedangkan Khaḍr seorang nabi yang dianggap misterius, ia tidak diketahui lebih lanjut untuk kaum apa dia diutus.

Kriteria nabi dan rasul

Dikatakan bahwa nabi dan rasul memiliki beberapa kriteria yang harus dipenuhi, diantaranya adalah:

* Dipilih dan diangkat oleh Allah.
* Mendapat mandat (wahyu) dari Allah.
* Bersifat cerdas.
* Dari umat Bani Adam (Manusia).
* Nabi dan Rasul adalah seorang pria

Katanya nabi menurut Islam ada 25 orang, kenapa yang Anda posting ini ada 28 orang? Yang mana saja sih itu yang bukan nabi menurut Islam? Terima kasih.

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
samiaji
Calon Perwira
Calon Perwira


Jumlah posting : 392
Join date : 26.02.11
Age : 38

PostSubyek: Re: Kisah Nabi Nabi   26th December 2011, 10:58

Sekalian saya juga ikut bertanya kepada rekan-rekan muslim mengenai kisah nabi Khaidir yang di sebutkan di atas sebagai misterius..

Terima Kasih


Salam Damai
Kembali Ke Atas Go down
striker
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1393
Join date : 03.02.11

PostSubyek: Re: Kisah Nabi Nabi   26th December 2011, 19:49

Husada wrote:
Damai bagimu striker.
Di halaman 1, Anda memposting ini (maaf, saya beri nomor bukan untuk peringkat, melainkan untuk jumlah saja):
striker wrote:

Rasul dalam Al-Qur'an dan Hadits

Dari Al-Quran dan hadits disebutkan beberapa nama nabi sekaligus rasul, diantaranya yaitu:

*1 Nuh seorang nabi sekaligus rasul pertama, diutus untuk Bani Rasib.
*2 Hud diutus untuk ʿĀd yang tinggal di Al-Ahqaf, Yaman.
*3 Shaleh diutus untuk kaum Tsamūd.
*4 Ibrahim diutus untuk kaum Kaldān di Kaldaniyyun Ur, Iraq.
*5 Luth diutus untuk negeri Sadūm dan Amūrah.
*6 Isma'il diutus untuk untuk Qabilah Yaman, Mekkah.
*7 Ishaq diutus untuk Kanʻān di wilayah Al-Khalil, Palestina.
*8 Yaqub diutus untuk Kanʻān di Syam.
*9 Yusuf diutus untuk Hyksos dan Kanʻān di Mesir.
*10 Ayyub diutus untuk Bani Israel.
*11 Syu'aib diutus untuk negeri Madyan dan Aykah.
*12 Musa diutus untuk Bani Israel.
*13 Harun diutus untuk Bani Israel.
*14 Zulkifli diutus untuk kaum Amoria di Damaskus.
*15 Yunus diutus untuk bangsa Assyria di Ninawa, Iraq.
*16 Ilyas diutus untuk Funisia dan Bani Israel.
*17 Ilyasa diutus untuk Bani Israel dan kaum Amoria di Panyas, Syam.
*18 Uzayr diutus untuk Bani Israel.
*19 Daud diutus untuk Bani Israel.
*20 Sulaiman diutus untuk Bani Israel.
*21 Daniyal diutus untuk Bani Israel.
*22 Shamu`ayl diutus untuk Bani Israel.
*23 Syam`un diutus untuk Bani Israel.
*24 Zakaria diutus untuk Bani Israil di Palestina.
*25 Yahya diutus untuk Bani Israil di Palestina.
*26 Yusha diutus untuk Bani Israel di Palestina.
*27 Isa diutus untuk Bani Israil di Palestina.
*28 Muhammad seorang nabi & rasul terakhir yang diutus di Jazirah Arab dan seluruh bangsa didunia.

Sedangkan Adam, Syits dan Idris yang diutus sebelumnya hanyalah bertaraf sebagai seorang Nabi saja, BUKAN sebagai Rasul kerana mereka tidak memiliki umat atau kaum dan tidak memiliki kewajiban untuk menyebarkan risalah yang mereka yakini.

Dalam sebuah situs web, Idris dikatakan memiliki umat yang bernama Zuriat Qabil.
Sedangkan Khaḍr seorang nabi yang dianggap misterius, ia tidak diketahui lebih lanjut untuk kaum apa dia diutus.

Kriteria nabi dan rasul

Dikatakan bahwa nabi dan rasul memiliki beberapa kriteria yang harus dipenuhi, diantaranya adalah:

* Dipilih dan diangkat oleh Allah.
* Mendapat mandat (wahyu) dari Allah.
* Bersifat cerdas.
* Dari umat Bani Adam (Manusia).
* Nabi dan Rasul adalah seorang pria

Katanya nabi menurut Islam ada 25 orang, kenapa yang Anda posting ini ada 28 orang? Yang mana saja sih itu yang bukan nabi menurut Islam? Terima kasih.

yg benar menurut Islam dikenalkan 25 Nabi yg sekaligus Rasul.

Saya hanya copy paste punya romo google sih.. hehehe.

Tapi saya tdk pernah mendengar tentang Nabi dan Rasul Daniyal, Syam`un dan Yusha. Mungkin beliau dlm kategori Nabi tapi bukan Rasul.

Karena seorang Nabi belum tentu Rasul, tapi seorang Rasul pastilah seorang Nabi.

Mungkin mas raihan atau mas silancah bisa menjelaskan dengan lebih baik tentang hal tersebut.



Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Kisah Nabi Nabi   26th December 2011, 20:01

Lho yang nge post nama nama nabi itu siapa ya?


_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: Kisah Nabi Nabi   27th December 2011, 01:08

striker wrote:

yg benar menurut Islam dikenalkan 25 Nabi yg sekaligus Rasul.

Saya hanya copy paste punya romo google sih.. hehehe.

Tapi saya tdk pernah mendengar tentang Nabi dan Rasul Daniyal, Syam`un dan Yusha. Mungkin beliau dlm kategori Nabi tapi bukan Rasul.

Karena seorang Nabi belum tentu Rasul, tapi seorang Rasul pastilah seorang Nabi.

Mungkin mas raihan atau mas silancah bisa menjelaskan dengan lebih baik tentang hal tersebut.
Damai bagimu striker.

Artinya, posting striker yang ini,
striker wrote:

Dari Al-Quran dan hadits disebutkan beberapa nama nabi sekaligus rasul, diantaranya yaitu:
...
seharusnya striker tulis, "Dari romo google disebutkan...".

Dengan demikian, tidak terkandung nilai-nilai penyesatan. Tapi, iya juga. Mungkin striker biasa melakukan hal yang demikian, menyalin dari berbagai hal, kemudian mengungkapkannya seolah-olah dari striker sendiri. Bila ada yang mengkonfirmasi, lalu striker bilang, "E'e'eee... maap. Saya salin dari anu dan anu," gitu?

Semoga saja striker menyadari bahwa ada sesuatu pada karakter striker yang layak diedit. Tak seorang pun yang mampu mengedit itu kalau bukan striker sendiri yang mengambil sikap mengeditnya.

Damai, damai, damai.

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
striker
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1393
Join date : 03.02.11

PostSubyek: Re: Kisah Nabi Nabi   27th December 2011, 23:18

Husada wrote:
striker wrote:

yg benar menurut Islam dikenalkan 25 Nabi yg sekaligus Rasul.

Saya hanya copy paste punya romo google sih.. hehehe.

Tapi saya tdk pernah mendengar tentang Nabi dan Rasul Daniyal, Syam`un dan Yusha. Mungkin beliau dlm kategori Nabi tapi bukan Rasul.

Karena seorang Nabi belum tentu Rasul, tapi seorang Rasul pastilah seorang Nabi.

Mungkin mas raihan atau mas silancah bisa menjelaskan dengan lebih baik tentang hal tersebut.
Damai bagimu striker.

Artinya, posting striker yang ini,
striker wrote:

Dari Al-Quran dan hadits disebutkan beberapa nama nabi sekaligus rasul, diantaranya yaitu:
...
seharusnya striker tulis, "Dari romo google disebutkan...".

Dengan demikian, tidak terkandung nilai-nilai penyesatan. Tapi, iya juga. Mungkin striker biasa melakukan hal yang demikian, menyalin dari berbagai hal, kemudian mengungkapkannya seolah-olah dari striker sendiri. Bila ada yang mengkonfirmasi, lalu striker bilang, "E'e'eee... maap. Saya salin dari anu dan anu," gitu?

Semoga saja striker menyadari bahwa ada sesuatu pada karakter striker yang layak diedit. Tak seorang pun yang mampu mengedit itu kalau bukan striker sendiri yang mengambil sikap mengeditnya.

Damai, damai, damai.

ngene lho mas, saya ambil dari wikipedia nabi dan rasul, tanpa memperhatikan ada nama2 rasul yg belum saya kenal, yaitu 3 rasul yg saya sebutkan, yaitu Daniyal, Syam`un dan Yusha.

biasalah, saya bukanlah member yg sempurna, dan manusia kan tdk luput dari kesalahan to Laughing

Kembali Ke Atas Go down
striker
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1393
Join date : 03.02.11

PostSubyek: Re: Kisah Nabi Nabi   27th December 2011, 23:20

bruce wrote:
Lho yang nge post nama nama nabi itu siapa ya?


tak ulangi lagi wis, bair nambah2 postingan sebelum rehat (biar sepi tapi damai tanpa striker sementara waktu to) :)

ngene lho mas, saya ambil dari wikipedia nabi dan rasul, tanpa memperhatikan ada nama2 rasul yg belum saya kenal, yaitu 3 rasul yg saya sebutkan, yaitu Daniyal, Syam`un dan Yusha.

biasalah, saya bukanlah member yg sempurna, dan manusia kan tdk luput dari kesalahan to Laughing

Atau mungkin mas bro raihan atau mas silancah (kalau nongol) tahu tentang 3 rasul tersebut. who knows.. :)
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Kisah Nabi Nabi   28th December 2011, 09:21

@striker

Halah sampeyan iki, ditanya gitu aja terus muthung, he he he.

Nas, udah coba cari keterangan dari literatur lain mengenai nabi Daniyal, Syam'un dan Yusha?
Kalau Daniyal itu seharusnya sih nabi Daniel dalam PL.
Syam'un kemungkinal Samuel.
Yusha kemungkinan Hosea.

Tolong carikan informasi tambahannya dong.

Thankyou

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: Kisah Nabi Nabi   28th December 2011, 23:55

@Bruce,
Apa Syam'un itu bukan Simson? Yang punya kekuatan di bulu ketek, eh rambutnya itu lho.

@striker,
strik, kalau ketiga nama itu dikurangi dari yang 28 di daftar awalmu itu, jumlahnya sih menjadi 25. Tapi dari yang 25 sisanya itu tidak terdapat Adam. Apakah Adam itu bukan nabi menurut Moslem? Terima kasih.

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Kisah Nabi Nabi   29th December 2011, 09:10

@Husada

Eh betul juga ya, yang lalu memang pernah juga disebutkan ada nabi (Islam) yang punya kekuatan di rambut, Syam'um (cmiiw), tetapi kemungkinan sih kejauhan, karena bahkan dalam Kristen nama Samson hanya dikenal dalam kitab Hakim-hakim, dan Simson sama sekali tidak memberi pengajaran apapun, selain menjadi tokoh Superman pertama, he he he.

Kalau Samuel kan memang nabi dalam Kristen? Tapi entahlah, saudara Muslim yang lebih tahu pastinya.

Syalom

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
striker
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1393
Join date : 03.02.11

PostSubyek: Re: Kisah Nabi Nabi   1st January 2012, 20:13

Husada wrote:
@Bruce,
Apa Syam'un itu bukan Simson? Yang punya kekuatan di bulu ketek, eh rambutnya itu lho.

@striker,
strik, kalau ketiga nama itu dikurangi dari yang 28 di daftar awalmu itu, jumlahnya sih menjadi 25. Tapi dari yang 25 sisanya itu tidak terdapat Adam. Apakah Adam itu bukan nabi menurut Moslem? Terima kasih.

masih terlewat lagi kelebihannya yaitu nabi yusha :)
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: Kisah Nabi Nabi   2nd January 2012, 12:24

striker wrote:
masih terlewat lagi kelebihannya yaitu nabi yusha :)
Yusha? Kedengarannya dekat dengan Yosua. Eh, apakah Yosua itu menurut Moslem bukan seorang nabi? Di Kitab Keluaran, bahagian dari Perjanjian Lama dalam Alkitab, yaitu pada Kel 17:13 dikatakan, Demikianlah Yosua mengalahkan Amalek dan rakyatnya dengan mata pedang. Nah, kan? Yosua ini juga ternyata ahli pedang.

strik, kalau berkenan, coba striker post nama nabi-nabi menurut Moslem. Kayaknya, nama-nama nabi itu masih relevan dengan judul trit ini deh. Makasih ya?

Damai bagi LTBers.

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Kisah Nabi Nabi   2nd January 2012, 13:01

Sebenarnya yang bikin penasaran adalah bagaimana umat Muslim mengenal nabi2 dan ajaran mereka, karena informasi yg terdapat di Quran sepertinya sangat terbatas.


_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: Kisah Nabi Nabi   2nd January 2012, 14:08

bruce wrote:
Sebenarnya yang bikin penasaran adalah bagaimana umat Muslim mengenal nabi2 dan ajaran mereka, karena informasi yg terdapat di Quran sepertinya sangat terbatas.
Betul Bruce.

Saya meminta perkenan dari striker menuliskan nama nabi-nabi menurut Moslem adalah untuk selanjutnya meminta dia mencari dasar mengapa orang itu disebut nabi. Mungkin ada ketetapan dari Sang Khalik, atau berdasarkan perilakunya selama hidup, atau apa. Dengan demikian, partisipan trit ini dapat menimbang-nimbang, apakah layak mengkatagorikan seseorang sebagai nabi atau bagaimana.

Dan, meski partisipan trit ini mengelompokkan seseorang sebagai nabi, tentu saja pengelompokan itu tidak serta merta meruntuhkan pemahaman pada kelompok tertentu. Artinya, kalau partisipan trit ini bersepakat menetapkan Z sebagai nabi, sementara Z itu bukan nabi menurut kelompok tertentu, masing-masing kelompok harus menghargai dan menghormati kelompok lain.

Bagaimana striker? Apakah Anda berkenan mengutarakan disini, termasuk juga kisah dan pengalaman hidup mereka, yaitu nama-nama nabi yang Anda percayai? Terima kasih strik.

Damai bagi LTBers.

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
striker
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1393
Join date : 03.02.11

PostSubyek: Re: Kisah Nabi Nabi   4th January 2012, 18:34

Husada wrote:
bruce wrote:
Sebenarnya yang bikin penasaran adalah bagaimana umat Muslim mengenal nabi2 dan ajaran mereka, karena informasi yg terdapat di Quran sepertinya sangat terbatas.
Betul Bruce.

Saya meminta perkenan dari striker menuliskan nama nabi-nabi menurut Moslem adalah untuk selanjutnya meminta dia mencari dasar mengapa orang itu disebut nabi. Mungkin ada ketetapan dari Sang Khalik, atau berdasarkan perilakunya selama hidup, atau apa. Dengan demikian, partisipan trit ini dapat menimbang-nimbang, apakah layak mengkatagorikan seseorang sebagai nabi atau bagaimana.

Dan, meski partisipan trit ini mengelompokkan seseorang sebagai nabi, tentu saja pengelompokan itu tidak serta merta meruntuhkan pemahaman pada kelompok tertentu. Artinya, kalau partisipan trit ini bersepakat menetapkan Z sebagai nabi, sementara Z itu bukan nabi menurut kelompok tertentu, masing-masing kelompok harus menghargai dan menghormati kelompok lain.

Bagaimana striker? Apakah Anda berkenan mengutarakan disini, termasuk juga kisah dan pengalaman hidup mereka, yaitu nama-nama nabi yang Anda percayai? Terima kasih strik.

Damai bagi LTBers.

Nabi dan Rasul adalah manusia-manusia pilihan yang bertugas memberi petunjuk kepada manusia tentang keesaan Allah SWT dan membina mereka agar melaksanakan ajaran-Nya. Ciri-ciri mereka dikemukakan dalam Al-Qur’an,

"... ialah orang-orang yang menyampaikan risalah-risalah Allah. Mereka takut kepada-Nya dan mereka tiada takut kepada seorang (pun) selain kepada Allah. Dan cukuplah Allah sebagai pembuat perhitungan." (Q.S. Al Ahzab : 39).


Perbedaan antara Nabi dan Rasul adalah : seorang Nabi menerima wahyu dari Allah SWT untuk dirinya sendiri, sedangkan Rasul menerima wahyu dari Allah SWT guna disampaikan kepada segenap umatnya. Para Nabi dan Rasul mempunyai 4 sifat wajib dan 4 sifat mustahil, serta satu sifat jaiz, yaitu :

1.Shiddiq (benar), Mustahil ia Kizib (dusta).

2.Amanah (dapat dipercaya), mustahil Khianat (curang).

3.Tabliqh (Menyampaikan wahyu kepada umatnya), Mustahil Kitman (menyembunyikan Wahyu).

4.Fathonah (Pandai/cerdas), Mustahil Jahlun (Bodoh).

5.Bersifat jaiz yaitu Aradhul Basyariyah (sifat-sifat sebagaimana manusia).


Di dunia ini telah banyak Nabi dan Rasul telah diturunkan, tetapi yang WAJIB diketahui oleh umat Islam adalah sebanyak 25 Nabi dan Rasul, yaitu :

Nabi Adam as

Nabi Idris as

Nabi Nuh as

Nabi Huud as

Nabi Shaleh as

Nabi Ibrahim as

Nabi Ismail as

Nabi Luth as

Nabi Ishaq as

Nabi Ya’qub as

Nabi Yusuf as

Nabi Syu’aib as

Nabi Ayyub as

Nabi Dzulkifli as

Nabi Musa as

Nabi Harun as

Nabi Daud as

Nabi Sulaiman as

Nabi Ilyas as

Nabi Ilyasa as

Nabi Yunus as

Nabi Zakaria as

Nabi Yahya as

Nabi Isa as

Nabi Muhammad saw

UTK RIWAYAT hidup mereka please klik: [You must be registered and logged in to see this link.]

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Bagaimana dengan Nabi2 kristen, siapa sajakah mereka dan apakah kriteria mereka? please disharing juga ya mas dame :)
Kembali Ke Atas Go down
striker
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1393
Join date : 03.02.11

PostSubyek: Re: Kisah Nabi Nabi   4th January 2012, 18:41

bruce wrote:
@Husada

Eh betul juga ya, yang lalu memang pernah juga disebutkan ada nabi (Islam) yang punya kekuatan di rambut, Syam'um (cmiiw), tetapi kemungkinan sih kejauhan, karena bahkan dalam Kristen nama Samson hanya dikenal dalam kitab Hakim-hakim, dan Simson sama sekali tidak memberi pengajaran apapun, selain menjadi tokoh Superman pertama, he he he.

Kalau Samuel kan memang nabi dalam Kristen? Tapi entahlah, saudara Muslim yang lebih tahu pastinya.

Syalom

terus terang (bukan philip yg terang terus.. hehe) saya belum pernah dengar nabi samuel mas, mungkin termasuk Nabi Allah tapi yg tdk wajib diketahui oleh Muslem, karena ada ulama yg mengatakan Nabi Allah itu jumlahnya ribuan, nah kalau Muslim diwajibkan mengetahui nama2 mereka semua, wah bisa klenger mas Very Happy

kalau samuel itu termasuk nabi dlm kristen, sebenarnya ada berapa Nabi2 dlm kristen, dan apa kristeria seseorang disebut Nabi dlm kristen?
Apakah sama Nabi dan Rasul dlm kristen mas?
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: Kisah Nabi Nabi   5th January 2012, 12:39

striker wrote:

kalau samuel itu termasuk nabi dlm kristen, sebenarnya ada berapa Nabi2 dlm kristen, dan apa kristeria seseorang disebut Nabi dlm kristen?
Apakah sama Nabi dan Rasul dlm kristen mas?
Damai bagimu striker.

Saya pribadi, dalam menjawab pertanyaanmu ini harus minta maaf, karena saya sendiri tidak pernah mempermasalahkan apakah seseorang itu nabi atau bukan. Jadi, bagi saya, tidak masalah apakah seseorang itu nabi atau tidak, saya hanya mempertimbangkan dengan akal sehat saya, jika sikap dan perilaku serta tutur kata seseorang dapat menginspirasi saya untuk bersikap dan berperilaku serta bertutur kata lebih baik, itu cukup bagi saya untuk menggolongkan apakah orang itu layak ditiru atau tidak. Apakah dia nabi atau bukan, bagi saya tidak masalah.

Tentang persamaan dan perbedaan antara nabi dan rasul, juga belum pernah menjadi bahan renungan pribadi saya. Yang pernah saya tanya-tanya dalam hati, dan entah di posting mana itu, pernah saya tanyakan ialah perbedaan antara rasul dan apostel. Sebab, sering saya dengar dan baca, Paulus itu dinamai Apostel Paulus, dan sering juga disebut Rasul Paulus. Orangnya, ya itu-itu juga, yang dulunya bernama Saulus dari Tarsus.

Jadi, tentang pertanyaanmu yang ini, semoga teman-teman lain, yang mengetahui lebih banyak dari pengetahuan saya, bersedia menjawab. Sungguh, saya memohon maaf karena tidak dapat memenuhi rasa ingin tahumu.

Posting saya yang mengandung pengertian atau segala sesuatu tentang nabi, semata-mata terpengaruh oleh kawan-kawan yang Moslem. Dan menurut pemahaman saya, seperti yang striker katakan, nabi menurut Moslem ada 25 orang. Selama ini, itu pemahaman saya. Ternyata, berdasarkan penjelasan striker, nabi menurut Moslem berjumlah banyak (ribuan), tetapi yang wajib diketahui ada 25 orang nabi. Terima kasih, bertambah deh pemahaman saya.

Ngomong-ngomong, posting-mu sebelum ini, yaitu yang memuat
striker wrote:
Ciri-ciri mereka (nabi) dikemukakan dalam Al-Qur’an,"... ialah orang-orang
yang menyampaikan risalah-risalah Allah. Mereka takut kepada-Nya dan
mereka tiada takut kepada seorang (pun) selain kepada Allah. Dan
cukuplah Allah sebagai pembuat perhitungan." (Q.S. Al Ahzab : 39).
Kalau striker berkenan menjelaskan, apa yang dimaksudkan dengan risalah-risalah Allah? Apakah tulisan, atau perkataan, atau perintah, atau apa? Terima kasih.

Damai bagi LTBers.

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
heinskle
Calon Perwira
Calon Perwira


Jumlah posting : 326
Join date : 04.12.11

PostSubyek: Re: Kisah Nabi Nabi   5th January 2012, 16:10

Quote :


Namanya juga meluruskan cerita para Rasul terdahulu mas, jadi kalau nama2nya sama ya logis dong. :)


Well ...well ...well... apanya yg logis ??
emangnya Allah sama dengan manusia sering pelupa dan beragam bahasa.
emangnya Allah seperti kebiasaan manusia pada umumnya.

well ...well ...well.....
Kembali Ke Atas Go down
striker
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1393
Join date : 03.02.11

PostSubyek: Re: Kisah Nabi Nabi   5th January 2012, 16:56

Husada wrote:
striker wrote:

kalau samuel itu termasuk nabi dlm kristen, sebenarnya ada berapa Nabi2 dlm kristen, dan apa kristeria seseorang disebut Nabi dlm kristen?
Apakah sama Nabi dan Rasul dlm kristen mas?
Damai bagimu striker.

Saya pribadi, dalam menjawab pertanyaanmu ini harus minta maaf, karena saya sendiri tidak pernah mempermasalahkan apakah seseorang itu nabi atau bukan. Jadi, bagi saya, tidak masalah apakah seseorang itu nabi atau tidak, saya hanya mempertimbangkan dengan akal sehat saya, jika sikap dan perilaku serta tutur kata seseorang dapat menginspirasi saya untuk bersikap dan berperilaku serta bertutur kata lebih baik, itu cukup bagi saya untuk menggolongkan apakah orang itu layak ditiru atau tidak. Apakah dia nabi atau bukan, bagi saya tidak masalah.

Tentang persamaan dan perbedaan antara nabi dan rasul, juga belum pernah menjadi bahan renungan pribadi saya. Yang pernah saya tanya-tanya dalam hati, dan entah di posting mana itu, pernah saya tanyakan ialah perbedaan antara rasul dan apostel. Sebab, sering saya dengar dan baca, Paulus itu dinamai Apostel Paulus, dan sering juga disebut Rasul Paulus. Orangnya, ya itu-itu juga, yang dulunya bernama Saulus dari Tarsus.

Jadi, tentang pertanyaanmu yang ini, semoga teman-teman lain, yang mengetahui lebih banyak dari pengetahuan saya, bersedia menjawab. Sungguh, saya memohon maaf karena tidak dapat memenuhi rasa ingin tahumu.

Posting saya yang mengandung pengertian atau segala sesuatu tentang nabi, semata-mata terpengaruh oleh kawan-kawan yang Moslem. Dan menurut pemahaman saya, seperti yang striker katakan, nabi menurut Moslem ada 25 orang. Selama ini, itu pemahaman saya. Ternyata, berdasarkan penjelasan striker, nabi menurut Moslem berjumlah banyak (ribuan), tetapi yang wajib diketahui ada 25 orang nabi. Terima kasih, bertambah deh pemahaman saya.

Ngomong-ngomong, posting-mu sebelum ini, yaitu yang memuat
striker wrote:
Ciri-ciri mereka (nabi) dikemukakan dalam Al-Qur’an,"... ialah orang-orang
yang menyampaikan risalah-risalah Allah. Mereka takut kepada-Nya dan
mereka tiada takut kepada seorang (pun) selain kepada Allah. Dan
cukuplah Allah sebagai pembuat perhitungan." (Q.S. Al Ahzab : 39).
Kalau striker berkenan menjelaskan, apa yang dimaksudkan dengan risalah-risalah Allah? Apakah tulisan, atau perkataan, atau perintah, atau apa? Terima kasih.

Damai bagi LTBers.

Tidak apa2 mas husada, saya rasa kita disini tidak dituntut tuk menjadi jenius agama yg bisa menjawab segala permasalahan.
Saya juga kadang banyak salah dlm menjelaskan kok Very Happy

Risalah2 saya rasa yg dimaksud adalah perintah dan ajaran2 Allah.
Kembali Ke Atas Go down
striker
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1393
Join date : 03.02.11

PostSubyek: Re: Kisah Nabi Nabi   5th January 2012, 17:11

heinskle wrote:
Quote :


Namanya juga meluruskan cerita para Rasul terdahulu mas, jadi kalau nama2nya sama ya logis dong. :)


Well ...well ...well... apanya yg logis ??
emangnya Allah sama dengan manusia sering pelupa dan beragam bahasa.
emangnya Allah seperti kebiasaan manusia pada umumnya.

well ...well ...well.....

Kalau masalah itu sebenarnya anda yg harus menjawabnya mas. karena dlm kitab anda Allah memiliki kebiasaan seperti manusia, mau bukti?

1. Allah makan, (Kejadian 18:1-Cool
2. Allah merasa jenuh/jemu/bosan, (Yeremia 15:6).
3. Allah menyesal dan pilu hati, (Kejadian 6:5-6, Keluaran 32:14)
4. Allah bersiul, (Zakharia 10:Cool

silahkan buka kitab anda dan koreksi bila saya salah.

Tapi saya sdh tahu apa jawaban kamu kok, ALLAH KAN MAHA KUASA JADI GAK MASALAH DONG ALLAH MAU SEPERTI MANUSIA. :afro:
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content




PostSubyek: Re: Kisah Nabi Nabi   Today at 17:28

Kembali Ke Atas Go down
 
Kisah Nabi Nabi
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 8 dari 10Pilih halaman : Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10  Next
 Similar topics
-
» Vlad Dracula " Kisah Nyata Pembantai Umat Islam Dalam Perang Salib
» kisah kapal MARY CALESTE..
» Kisah nyata...=)
» BIODATA MARLON BRANDO
» Wortel, Telur, Biji Kopi

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Ladang Tuhan Baru :: Forum Terbuka :: Diskusi - Kristen Bertanya Non-Kristen Menjawab-
Navigasi: