Ladang Tuhan Baru
Selamat datang kepada sesama saudara Kristen dan saudara lain iman. Mari kita saling kenal dalam suasana bersahabat.

Ladang Tuhan Baru

Forum Komunitas Kristen
 
IndeksIndeks  PencarianPencarian  PendaftaranPendaftaran  LoginLogin  

Share | 
 

 Siapakah Penolong Yang Lain (Yoh 14:16-17) ?

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
Pilih halaman : 1, 2, 3  Next
PengirimMessage
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Siapakah Penolong Yang Lain (Yoh 14:16-17) ?   12th April 2011, 08:37

Umat Islam sering kali mengartikan Penolong Yang lain yang tersebut di Yoh 14:16-17 sebagai Nabi Muhamad, suatu pendapat yang didasari karena kurangnya pengertian akan arti ayat tersebut.

Menurut Kitab Suci bahasa Indonesia LAI, Yoh 14:16-17 Yesus mengatakan, “Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.”

Sedangkan menurut bahasa Inggris (Douay Rheims), ” And I will ask the Father: and He shall give you another Paraclete (allos parakletos, in Greek), that He may abide with you for ever: The Spirit of truth, whom the world cannot receive, because it seeth Him not, nor knoweth Him. But you shall know Him; because He shall abide with you and shall be in you.” (Jn 14:16)

Ayat Yoh 14:16 tidak mengacu kepada seorang manusia, tetapi kepada Roh Kudus, karena:

1. Ayat Yoh 14:16, tidak dapat dipisahkan dari ayat ke-17 dan ayat- ayat lainnya dalam Kitab Suci, yang jelas menghubungkan makna ayat ini dengan Roh Kudus, Roh Kebenaran yang diutus oleh Allah Bapa dan Allah Putera (lih. 14:26; 15:26; 16:7). Maka Sang Penolong dan Penghibur itu tidak mengacu kepada manusia, tetapi kepada Roh Kebenaran, yaitu Roh Allah sendiri yang dapat menyertai para murid Kristus selama- lamanya. Sebab tidak ada manusia yang dapat “menyertai selama- lamanya”, hanya Tuhan saja yang mampu menyertai selama- lamanya, dan hanya Tuhan saja yang bisa menyertai dan diam di dalam diri murid- murid Kristus.

2. Perlu juga dilihat asal katanya dalam bahasa Yunani, allos parakletos, yang juga tidak mengacu kepada kata “seorang”, sebab allos itu artinya “satu yang lain/ another/ else“, hanya saja, kata itu kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi ’seorang’. Di sini terlihat adanya keterbatasan bahasa terjemahan, yang tidak secara persis mengartikan kata yang dimaksud, yaitu another Paraclete/ allos parakletos tersebut.

Mudah mudahan tulisan ini bisa memberi pengertian yang sebenarnya pada para saudara Muslim, bagaimana yang sebenarnya.

Kembali Ke Atas Go down
striker
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1393
Join date : 03.02.11

PostSubyek: Re: Siapakah Penolong Yang Lain (Yoh 14:16-17) ?   12th April 2011, 09:48

Lalu bagaimana dengan ayat berikut mas?

Yoh 16:(7) Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu.

Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu

Bukankah Roh Kudus sdh datang sebelum kelahiran yesus dan setelah kelahiran Yesus?

Sebelum Kelahiran Kristus (B.C.) :
l. "... dan Ia (Johannes Sang Pembaptis) akan penuh dengan Roh Kudus mulai dari rahim ibunya." (Injil-Lukas 1:15)
2. "... dan Elisabeth pun penuh dengan Roh Kudus," (Injil -Lukas l:41)
3. "Dan Zakaria, ayahnya, penuh dengan.Roh Kudus." (Injil - Lukas 1: 67)

Sesudah Kelahiran Kristus (A.C.):
4. "... Roh Kudus ada di atasnya (Simon)." (Injil - Lukas 2: 25)
5. "Dan turunlah Roh Kudus dalam rupa burung merpati ke atas-Nya (Yesus)." (Injil - Lukas 3: 22)

mohon penjelasannya :)
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Siapakah Penolong Yang Lain (Yoh 14:16-17) ?   12th April 2011, 13:19

Pernah dengar peristiwa Pentakosta ?

Kis 2:1 Ketika tiba hari Pentakosta, semua orang percaya berkumpul di satu tempat.

Kis 2:2 Tiba-tiba turunlah dari langit suatu bunyi seperti tiupan angin keras yang memenuhi seluruh rumah, di mana mereka duduk;

Kis 2:3 dan tampaklah kepada mereka lidah-lidah seperti nyala api yang bertebaran dan hinggap pada mereka masing-masing.

Kis 2:4 Maka penuhlah mereka dengan Roh Kudus, lalu mereka mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain, seperti yang diberikan oleh Roh itu kepada mereka untuk mengatakannya.

Kis 2:5 Waktu itu di Yerusalem diam orang-orang Yahudi yang saleh dari segala bangsa di bawah kolong langit.

Kis 2:6 Ketika turun bunyi itu, berkerumunlah orang banyak. Mereka bingung karena mereka masing-masing mendengar rasul-rasul itu berkata-kata dalam bahasa mereka sendiri.

Kis 2:7 Mereka semua tercengang-cengang dan heran, lalu berkata: "Bukankah mereka semua yang berkata-kata itu orang Galilea?

Kis 2:8 Bagaimana mungkin kita masing-masing mendengar mereka berkata-kata dalam bahasa kita sendiri, yaitu bahasa yang kita pakai di negeri asal kita:

Kis 2:9 kita orang Partia, Media, Elam, penduduk Mesopotamia, Yudea dan Kapadokia, Pontus dan Asia,

Kis 2:10 Frigia dan Pamfilia, Mesir dan daerah-daerah Libia yang berdekatan dengan Kirene, pendatang-pendatang dari Roma,

Kis 2:11 baik orang Yahudi maupun penganut agama Yahudi, orang Kreta dan orang Arab, kita mendengar mereka berkata-kata dalam bahasa kita sendiri tentang perbuatan-perbuatan besar yang dilakukan Allah."


Pengertiannya adalah, Roh Kudus mulai bekerja dan berkarya, melanjutkan pengajaran yang telah diberikan Jesus serta mendampingi umatNya hingga akhir jaman. Jelas bukan berupa penyesatan dan mengubah ubah ajaran Jesus menjadi sesuatu yang sangat berbeda seperti dikenal sejarah terjadi sekitar tahun 600 an itu.

:)
Kembali Ke Atas Go down
striker
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1393
Join date : 03.02.11

PostSubyek: Re: Siapakah Penolong Yang Lain (Yoh 14:16-17) ?   12th April 2011, 17:49

Penjelasan yg saya inginkan adalah mengapa yesus berkata:

Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu

Padahal kalau penghibur adalah Roh kudus, bukankah Roh Kudus sdh datang/ada meskipun Yesus belum pergi?

Ajaran Yesus yg manakah ygh dirubah? bisa dikasih ayat ajaran mana yg asli da dirubah seperti apakah?
Kembali Ke Atas Go down
Tamu
Tamu



PostSubyek: Re: Siapakah Penolong Yang Lain (Yoh 14:16-17) ?   12th April 2011, 23:08

striker wrote:
Penjelasan yg saya inginkan adalah mengapa yesus berkata:

Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu

Padahal kalau penghibur adalah Roh kudus, bukankah Roh Kudus sdh datang/ada meskipun Yesus belum pergi?

sudah ada, tapi hanya pada saat2 dan orang2 tertentu saja.
pada hari Pentakosta semua orang yang percaya mendapatkannya.

Quote :

Ajaran Yesus yg manakah ygh dirubah? bisa dikasih ayat ajaran mana yg asli da dirubah seperti apakah?

yang gampang saja yah...
poligami dan cerai (belum lagi kawin mut'ah), qishas dll Razz: Laughing
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Siapakah Penolong Yang Lain (Yoh 14:16-17) ?   13th April 2011, 07:30

He he he, bagaimana dengan ajaran Kasih yang dirubah menjadi ajaran kebencian? Bagaimana dengan menganggap ajaran Yesus yang malah dianggap sudah 'dipalsukan'?

:no:
Kembali Ke Atas Go down
striker
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1393
Join date : 03.02.11

PostSubyek: Re: Siapakah Penolong Yang Lain (Yoh 14:16-17) ?   13th April 2011, 15:03

T2Y wrote:
striker wrote:
Penjelasan yg saya inginkan adalah mengapa yesus berkata:

Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu

Padahal kalau penghibur adalah Roh kudus, bukankah Roh Kudus sdh datang/ada meskipun Yesus belum pergi?

sudah ada, tapi hanya pada saat2 dan orang2 tertentu saja.
pada hari Pentakosta semua orang yang percaya mendapatkannya.

Quote :

Ajaran Yesus yg manakah ygh dirubah? bisa dikasih ayat ajaran mana yg asli da dirubah seperti apakah?

yang gampang saja yah...
poligami dan cerai (belum lagi kawin mut'ah), qishas dll Razz: Laughing

Artinya kalau roh kudus SUDAH ADA meskipun pada orang2 tertentu saja, mengapa Yesus mesti bilang JIKA AKU TIDAK PERGI, MAKA PENGHIBUR TIDAK DATANG'

ARTINYA JIKALAU YESUS MASIH DIDUNIA, roh kudus tdk akan ada di dunia dong? padahal kenyataannya roh kudus sdh ada meskipun Yesus belum pergi kan :)

Pada hari pentakosta semua orang yg percaya mendapatkannya, kan sama artinya dengan orang2 tertentu saja (yg percaya saja), apa bedanya pada hari pentakosta dengan ketika yesus ada? mungkin jumlahnya saja yg berbeda ya mas? :)

Yg menjadi pertanyaan, apakah benar Yesus meniadakan atau merubah hal2 tersebut, padahal beliau pernah membaca alkitab, tentu tahu hukum2 Allah sebelum beliau ada:

Lukas 4:16 Ia datang ke Nazaret tempat Ia dibesarkan, dan menurut kebiasaan-Nya pada hari Sabat Ia masuk ke rumah ibadat, lalu berdiri hendak membaca dari Alkitab.
Kembali Ke Atas Go down
striker
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1393
Join date : 03.02.11

PostSubyek: Re: Siapakah Penolong Yang Lain (Yoh 14:16-17) ?   13th April 2011, 15:07

bruce wrote:
He he he, bagaimana dengan ajaran Kasih yang dirubah menjadi ajaran kebencian? Bagaimana dengan menganggap ajaran Yesus yang malah dianggap sudah 'dipalsukan'?

:no:

di Surah apa dan ayat berapakah Al Qur'an mengajarkan kebencian mas?

Kalau ajaran Yesus tidak dibengkokkan, utk apa Al Qur'an diturunkan? karena AL Qur'an turun guna meluruskan ajaran2 Yesus, khusunya tentang ketauhidan bahwa TIADA TUHAN SELAIN ALLLAH :)
Kembali Ke Atas Go down
samiaji
Calon Perwira
Calon Perwira


Jumlah posting : 392
Join date : 26.02.11
Age : 38

PostSubyek: Re: Siapakah Penolong Yang Lain (Yoh 14:16-17) ?   13th April 2011, 16:49

maksud mas...
Quote :
Sh'ma Yisrael YHVH (ADONAI) Eloheinu YHVH (ADONAI) echad.


Salam
Kembali Ke Atas Go down
striker
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1393
Join date : 03.02.11

PostSubyek: Re: Siapakah Penolong Yang Lain (Yoh 14:16-17) ?   13th April 2011, 17:36

samiaji wrote:
maksud mas...
Quote :
Sh'ma Yisrael YHVH (ADONAI) Eloheinu YHVH (ADONAI) echad.


Salam

Yang artinya??
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Siapakah Penolong Yang Lain (Yoh 14:16-17) ?   13th April 2011, 20:39

Quote :
Yg menjadi pertanyaan, apakah benar Yesus meniadakan atau merubah hal2 tersebut, padahal beliau pernah membaca alkitab, tentu tahu hukum2 Allah sebelum beliau ada:

Lukas 4:16 Ia datang ke Nazaret tempat Ia dibesarkan, dan menurut kebiasaan-Nya pada hari Sabat Ia masuk ke rumah ibadat, lalu berdiri hendak membaca dari Alkitab.

Anda pasti ngga ngerti bedanya yang disebut Alkitab dalam ayat di atas dan Alkitab yang anda bisa baca sekarang ya mas?

:)
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Siapakah Penolong Yang Lain (Yoh 14:16-17) ?   13th April 2011, 20:47

Quote :
di Surah apa dan ayat berapakah Al Qur'an mengajarkan kebencian mas?

Masa anda ngga hafal ayat ayat dari kitab anda yang mengajarkan kebencian dan bantai kafir sih mas? Dari contoh nyata sehari hari sekarang inipun sudah sangat nyata lho.


Quote :
Kalau ajaran Yesus tidak dibengkokkan, utk apa Al Qur'an diturunkan? karena AL Qur'an turun guna meluruskan ajaran2 Yesus, khusunya tentang ketauhidan bahwa TIADA TUHAN SELAIN ALLLAH

Masalahnya mas, TIADA NABI lagi setelah Jesus, kecuali nabi nabi palsu, itu sih yang dinyatakan oleh Alkitab. Sorry terus terang nih.

:)
Kembali Ke Atas Go down
striker
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1393
Join date : 03.02.11

PostSubyek: Re: Siapakah Penolong Yang Lain (Yoh 14:16-17) ?   13th April 2011, 21:47

bruce wrote:
Quote :
Yg menjadi pertanyaan, apakah benar Yesus meniadakan atau merubah hal2 tersebut, padahal beliau pernah membaca alkitab, tentu tahu hukum2 Allah sebelum beliau ada:

Lukas 4:16 Ia datang ke Nazaret tempat Ia dibesarkan, dan menurut kebiasaan-Nya pada hari Sabat Ia masuk ke rumah ibadat, lalu berdiri hendak membaca dari Alkitab.

Anda pasti ngga ngerti bedanya yang disebut Alkitab dalam ayat di atas dan Alkitab yang anda bisa baca sekarang ya mas?

:)

Nggak tuh :)

bisa dijelaskan apa bedanya, dan dimanakah alkitab yg dibaca yesus itu sekarang?
Kembali Ke Atas Go down
striker
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1393
Join date : 03.02.11

PostSubyek: Re: Siapakah Penolong Yang Lain (Yoh 14:16-17) ?   13th April 2011, 21:50

bruce wrote:
Quote :
di Surah apa dan ayat berapakah Al Qur'an mengajarkan kebencian mas?

Masa anda ngga hafal ayat ayat dari kitab anda yang mengajarkan kebencian dan bantai kafir sih mas? Dari contoh nyata sehari hari sekarang inipun sudah sangat nyata lho.


Quote :
Kalau ajaran Yesus tidak dibengkokkan, utk apa Al Qur'an diturunkan? karena AL Qur'an turun guna meluruskan ajaran2 Yesus, khusunya tentang ketauhidan bahwa TIADA TUHAN SELAIN ALLLAH

Masalahnya mas, TIADA NABI lagi setelah Jesus, kecuali nabi nabi palsu, itu sih yang dinyatakan oleh Alkitab. Sorry terus terang nih.

:)

Saya rasa saya tdk menemukan ayat2 yg mengajarkan hal tersebut, kecuali dikhususkan pada masa peperangan :)

Artinya paulus juga rasul palsu dong.. hehe baru tahu kalau anda menganggap Yesus sebagi Nabi :)

bisa diberikan ciri2 rasul/nabi palsu yg diterangkan dlm kitab anda mas, monggo

Kembali Ke Atas Go down
Silancah
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1492
Join date : 29.01.11
Lokasi : Bandung Barat

PostSubyek: Re: Siapakah Penolong Yang Lain (Yoh 14:16-17) ?   14th April 2011, 07:28

bruce wrote:
Masa anda ngga hafal ayat ayat dari kitab anda yang mengajarkan kebencian dan bantai kafir sih mas? Dari contoh nyata sehari hari sekarang inipun sudah sangat nyata lho.

Yang ini contohnya Bang?

QS Al Israa 17:31-38 "Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut kemiskinan....Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk....Dan janganlah kamu membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya),...Dan janganlah kamu mendekati harta anak yatim, kecuali dengan cara yang lebih baik (bermanfaat) sampai ia dewasa dan penuhilah janji; ..Dan sempurnakanlah takaran apabila kamu menakar dan timbanglah dengan neraca yang benar....Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya...Dan janganlah kamu berjalan di muka bumi ini dengan sombong,...Semua itu kejahatannya amat dibenci di sisi Tuhanmu."

QS Al Baqarah 2:190 "Dan perangilah di jalan Allah orang-orang yang memerangi kamu, (tetapi) janganlah kamu melampaui batas, karena sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas."

QS AL Mumtahanah 60:8 "Allah tiada melarang kamu untuk berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tiada memerangimu karena agama dan tidak (pula) mengusir kamu dari negerimu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berlaku adil."



Kembali Ke Atas Go down
striker
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1393
Join date : 03.02.11

PostSubyek: Re: Siapakah Penolong Yang Lain (Yoh 14:16-17) ?   14th April 2011, 08:19

Silancah wrote:
bruce wrote:
Masa anda ngga hafal ayat ayat dari kitab anda yang mengajarkan kebencian dan bantai kafir sih mas? Dari contoh nyata sehari hari sekarang inipun sudah sangat nyata lho.

Yang ini contohnya Bang?

QS Al Israa 17:31-38 "Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut kemiskinan....Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk....Dan janganlah kamu membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya),...Dan janganlah kamu mendekati harta anak yatim, kecuali dengan cara yang lebih baik (bermanfaat) sampai ia dewasa dan penuhilah janji; ..Dan sempurnakanlah takaran apabila kamu menakar dan timbanglah dengan neraca yang benar....Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya...Dan janganlah kamu berjalan di muka bumi ini dengan sombong,...Semua itu kejahatannya amat dibenci di sisi Tuhanmu."

QS Al Baqarah 2:190 "Dan perangilah di jalan Allah orang-orang yang memerangi kamu, (tetapi) janganlah kamu melampaui batas, karena sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas."

QS AL Mumtahanah 60:8 "Allah tiada melarang kamu untuk berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tiada memerangimu karena agama dan tidak (pula) mengusir kamu dari negerimu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berlaku adil."




mungkin yg dimaksud mas bruce itu yg ini mas:

"Bunuhlah orang-orang musrikin itu dimana saja kamu jumpai mereka dan tangkaplah mereka (Qs.9:6) :)

Tentu tidak mungkin Islam diperintahkan untuk membunuhi setiap orang kafir apapun yang dijumpainya. Jika demikian tentu sejak dulu Islam akan ditinggalkan pengikutnya, tidak akan laku. Tidak akan orang mau memluk islam jika demikian ajaran Islam. Jadi siapa yang diijinkan untuk dibunuh dan ditangkap tadi?

"Telah diizikan (berperang) bagi orang-orang yang DIPERANGI, karena sesungguhnya mereka telah dianiaya" (Qs.22:39)(Qs. 60:8-9)

Maka yang boleh diperangi adalah orang-orang yang memerangi umat Islam. Kalau umat Islam diperangi lawan, sikat, hantam, amuk jangan ragu-ragu lagi, kalau perlu syahid. Begitulah Islam.

Meskipun membolehkan perang kalau diperangi tetapi Al Qur'an memberi batasan agar jangan berlebih-lebihan seperti membunuhi anak-anak dan wanita (Qs.2:190)

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Saya rasa dlm injil juga ditemukan ayat tuk perintah membunuh, tapi saya kurang paham penjelasannya (nanti kalau mengartikan sendiri dikira melecehkan kitab) :)

"Akan tetapi semua seteruku ini yang tidak suka Aku menjadi rajanya, bawalah mereka kemari dan BUNUHLAH MEREKA DIHADAPAN MATAKU" (Lukas 19:27)

Dlm PL malah lebih kejam lagi perintahnya:
"Jadi perangilah sekarang, kalahkanlah orang amalek, tumpaslah segala yang ada padanya, dan janganlah ada belas kasihan kepadanya. Bunuhlah semuanya, laki-laki maupun perempuan, kanak-kanak maupun ANAK-ANAK YANG MENYUSU, lembu maupun domba, unta maupun keledai" (1 Samuel 15:3 )

affraid
Kembali Ke Atas Go down
Tamu
Tamu



PostSubyek: Re: Siapakah Penolong Yang Lain (Yoh 14:16-17) ?   14th April 2011, 11:39

striker wrote:


Artinya kalau roh kudus SUDAH ADA meskipun pada orang2 tertentu saja, mengapa Yesus mesti bilang JIKA AKU TIDAK PERGI, MAKA PENGHIBUR TIDAK DATANG'

Penghibur itu untuk apa ?
untuk para pengikutnya yang akan merasa kehilangan-Nya.

Quote :

ARTINYA JIKALAU YESUS MASIH DIDUNIA, roh kudus tdk akan ada di dunia dong? padahal kenyataannya roh kudus sdh ada meskipun Yesus belum pergi kan :)

Roh Kudus itu Roh Allah, sudah ada bahkan sebelum dunia diciptakan.
dan seperti yang sudah saya bilang, Roh Kudus dulu hanya ada dan turun pada sebagian orang saja.
tetapi pada hari pentakosta semua orang yang percaya mendapatkannya.
sebab Yesus tahu, kalau para pengikutnya akan mendapatkan penolakan dari dunia ini.

btw, kalau anda keukeuh mengatakan kalau penghibur itu adalah nabi anda, maka anda perlu membaca Yohanes 15:26-27
(26) Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku.
(27) Tetapi kamu juga harus bersaksi, karena kamu dari semula bersama-sama dengan Aku."


Penghibur itu akan bersaksi tentang Yesus dan perbuatan besar yang telah dilakukan-Nya (penebusan di kayu salib, dan kebangkitan-Nya).
itulah yang disaksikan/diberitakan oleh para murid dan orang kristen sampai sekarang.
tapi tidak oleh nabi anda yang mengatakan kalau peristiwa penyaliban itu tidak ada/terjadi.
nah, dari sanalah anda seharusnya bisa mengambil kesimpulan kalau nabi anda tidak bersaksi untuk Yesus tapi untuk dirinya sendiri. :)

dan itu sangat bertolak belakang dalam ciri2 Penghibur yang Yesus maksudkan. :)

Quote :

Pada hari pentakosta semua orang yg percaya mendapatkannya, kan sama artinya dengan orang2 tertentu saja (yg percaya saja), apa bedanya pada hari pentakosta dengan ketika yesus ada? mungkin jumlahnya saja yg berbeda ya mas? :)

yah, kalau anda tidak percaya ya gak mungkin dapetlah.
sama kayak orang atheist yang menyangkal Tuhan itu ada.
gimana sih cara berpikir anda ???

Quote :

Quote :

Yg menjadi pertanyaan, apakah benar Yesus meniadakan atau merubah hal2 tersebut, padahal beliau pernah membaca alkitab, tentu tahu hukum2 Allah sebelum beliau ada:

Lukas 4:16 Ia datang ke Nazaret tempat Ia dibesarkan, dan menurut kebiasaan-Nya pada hari Sabat Ia masuk ke rumah ibadat, lalu berdiri hendak membaca dari Alkitab.

yang dimaksud alkitabnya ya bukan termasuk PB seperti yang ada sekarang lah.
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Siapakah Penolong Yang Lain (Yoh 14:16-17) ?   14th April 2011, 12:41

Quote :
"Akan tetapi semua seteruku ini yang tidak suka Aku menjadi rajanya, bawalah mereka kemari dan BUNUHLAH MEREKA DIHADAPAN MATAKU" (Lukas 19:27)

Kemampuan anda dalam mencerna bahasa Indonesia memang agak menyedihkan mas, ngga bisa membedakan antara perintah dan kisah perumpamaan ya? He he he


Quote :
Artinya paulus juga rasul palsu dong.. hehe baru tahu kalau anda menganggap Yesus sebagi Nabi

bisa diberikan ciri2 rasul/nabi palsu yg diterangkan dlm kitab anda mas, monggo

Memang parah juga nih mas. Anda ngga ngerti bedanya rasul dan nabi? Parragh
Kembali Ke Atas Go down
striker
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1393
Join date : 03.02.11

PostSubyek: Re: Siapakah Penolong Yang Lain (Yoh 14:16-17) ?   14th April 2011, 17:55

T2Y wrote:
striker wrote:


Artinya kalau roh kudus SUDAH ADA meskipun pada orang2 tertentu saja, mengapa Yesus mesti bilang JIKA AKU TIDAK PERGI, MAKA PENGHIBUR TIDAK DATANG'

Penghibur itu untuk apa ?
untuk para pengikutnya yang akan merasa kehilangan-Nya.

Quote :

ARTINYA JIKALAU YESUS MASIH DIDUNIA, roh kudus tdk akan ada di dunia dong? padahal kenyataannya roh kudus sdh ada meskipun Yesus belum pergi kan :)

Roh Kudus itu Roh Allah, sudah ada bahkan sebelum dunia diciptakan.
dan seperti yang sudah saya bilang, Roh Kudus dulu hanya ada dan turun pada sebagian orang saja.
tetapi pada hari pentakosta semua orang yang percaya mendapatkannya.
sebab Yesus tahu, kalau para pengikutnya akan mendapatkan penolakan dari dunia ini.

btw, kalau anda keukeuh mengatakan kalau penghibur itu adalah nabi anda, maka anda perlu membaca Yohanes 15:26-27
(26) Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku.
(27) Tetapi kamu juga harus bersaksi, karena kamu dari semula bersama-sama dengan Aku."


Penghibur itu akan bersaksi tentang Yesus dan perbuatan besar yang telah dilakukan-Nya (penebusan di kayu salib, dan kebangkitan-Nya).
itulah yang disaksikan/diberitakan oleh para murid dan orang kristen sampai sekarang.
tapi tidak oleh nabi anda yang mengatakan kalau peristiwa penyaliban itu tidak ada/terjadi.
nah, dari sanalah anda seharusnya bisa mengambil kesimpulan kalau nabi anda tidak bersaksi untuk Yesus tapi untuk dirinya sendiri. :)

dan itu sangat bertolak belakang dalam ciri2 Penghibur yang Yesus maksudkan. :)

Quote :

Pada hari pentakosta semua orang yg percaya mendapatkannya, kan sama artinya dengan orang2 tertentu saja (yg percaya saja), apa bedanya pada hari pentakosta dengan ketika yesus ada? mungkin jumlahnya saja yg berbeda ya mas? :)

yah, kalau anda tidak percaya ya gak mungkin dapetlah.
sama kayak orang atheist yang menyangkal Tuhan itu ada.
gimana sih cara berpikir anda ???

Quote :

Quote :

Yg menjadi pertanyaan, apakah benar Yesus meniadakan atau merubah hal2 tersebut, padahal beliau pernah membaca alkitab, tentu tahu hukum2 Allah sebelum beliau ada:

Lukas 4:16 Ia datang ke Nazaret tempat Ia dibesarkan, dan menurut kebiasaan-Nya pada hari Sabat Ia masuk ke rumah ibadat, lalu berdiri hendak membaca dari Alkitab.

yang dimaksud alkitabnya ya bukan termasuk PB seperti yang ada sekarang lah.

mAs bruce mangatakan kalau PENGHIBUR = Roh Kudus, kalau anda mengatakan Roh Kudus sdh ada didunia, walaupun hanya pada sebagian orang (yg percaya saja), so maksud anda meskipun Yesus belum pergi Roh Kudus tetap ada kan? :)

Pada hari pentakosta, makna SEMUA ORANG YG PERCAYA kan sama artinya dengan SEBAGIAN ORANG (Hanya yg percaya saja), bukan kepada SEMUA ORANG (SIAPAPUN ITU), piye to?

Kalau ada sepeluh orang yg 5 percaya dan 5 tdka percaya, maka salahkah kalau saya bilang sebagian orang yg percaya (5 orang)? atau salahkah kalau saya katakan hanya kepada semua orang yg percaya saja (artinya tetap 5 orang itu) kan?

Maaf kalau bahasa Indonesia saya PARAGH... affraid

-Bukankah Muhammad memberi kesaksian akan Isam bahwa Isa adalah UTUSAN Allah, seperti yg beliau sabdakan dlm injil :)

-Jadi alkitab yg dibaca yesus dlm lukas 4:16 itu kalau bukan PB apakah PL (perjanjian lama)?
Kembali Ke Atas Go down
striker
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1393
Join date : 03.02.11

PostSubyek: Re: Siapakah Penolong Yang Lain (Yoh 14:16-17) ?   14th April 2011, 18:38

bruce wrote:
Quote :
"Akan tetapi semua seteruku ini yang tidak suka Aku menjadi rajanya, bawalah mereka kemari dan BUNUHLAH MEREKA DIHADAPAN MATAKU" (Lukas 19:27)

Kemampuan anda dalam mencerna bahasa Indonesia memang agak menyedihkan mas, ngga bisa membedakan antara perintah dan kisah perumpamaan ya? He he he


Quote :
Artinya paulus juga rasul palsu dong.. hehe baru tahu kalau anda menganggap Yesus sebagi Nabi

bisa diberikan ciri2 rasul/nabi palsu yg diterangkan dlm kitab anda mas, monggo

Memang parah juga nih mas. Anda ngga ngerti bedanya rasul dan nabi? Parragh

hehehe bisa dijelaskan beda Rasul dan nabi dlm kristen? dan sispakah yg dianggap nabi dan Rasul dlm kristen, monggo :)
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Siapakah Penolong Yang Lain (Yoh 14:16-17) ?   15th April 2011, 06:31

Tidak ada rasul dalam Kristen kecuali para pengikut Jesus, mas.
Kembali Ke Atas Go down
Tamu
Tamu



PostSubyek: Re: Siapakah Penolong Yang Lain (Yoh 14:16-17) ?   15th April 2011, 17:42

Quote :
-Bukankah Muhammad memberi kesaksian akan Isam bahwa Isa adalah UTUSAN Allah, seperti yg beliau sabdakan dlm injil Smile

itu yang salah...
Muhammad lupa kasih tahu kalau yang Dia sabdakan juga adalah Dia sanggup mengampuni dosa.

Quote :

-Jadi alkitab yg dibaca yesus dlm lukas 4:16 itu kalau bukan PB apakah PL (perjanjian lama)?

kitabnya orang yahudi.
Kembali Ke Atas Go down
Tamu
Tamu



PostSubyek: Re: Siapakah Penolong Yang Lain (Yoh 14:16-17) ?   15th April 2011, 17:58

saya pernah denger salah satu alasan orang Islam sangat membenci Rasul Paulus adalah karena predikat "rasul" yang dipunyainya. Razz
Kembali Ke Atas Go down
siip
Perwira Pertama
Perwira Pertama


Jumlah posting : 630
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Siapakah Penolong Yang Lain (Yoh 14:16-17) ?   15th April 2011, 18:11

Saya stuju dg Bruce.
Dilihat dari sisi manapun, ayat itu TIDAK MUNGKIN bicara ttg Muhammad.

Coba phatikan lagi :

Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu

'MU' itu siapa?
Para rasul toh?

Jd tidak spt klaim sbagian umat Muslim, ayat di atas tidak bicara ttg Ahmad/Muhammad krn Ahmad/Muhammad datang jauh stelah era para rasul.

---------

striker wrote:
Penjelasan yg saya inginkan adalah mengapa yesus berkata:

Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu

Padahal kalau penghibur adalah Roh kudus, bukankah Roh Kudus sdh datang/ada meskipun Yesus belum pergi?

Datang ke siapa?
Konteks ayat itu apa?

Jawabannya simple saja.
Konteks ayat itu adalah PARA RASUL.

Saya tanya sama Anda.

Coba Anda cari di Alkitab (tampaknya Anda rajin buka Alkitab) :

Di mana ada ayat yg mngatakan bhw ROH KUDUS telah datang kepada (keatas/kedalam) para rasul SEBELUM KEMATIAN YESUS KRISTUS?

Quote :
Bukankah Roh Kudus sdh datang sebelum kelahiran yesus dan setelah kelahiran Yesus?

Itu tidak diragukan lg.
Tp Anda ngerti ngga konteks perkataan Yesus Kristus itu?

Konteksnya adalah DATANG KEDALAM/KEATAS DIRI PARA RASUL.

Quote :
Sebelum Kelahiran Kristus (B.C.) :
l. "... dan Ia (Johannes Sang Pembaptis) akan penuh dengan Roh Kudus mulai dari rahim ibunya." (Injil-Lukas 1:15)

Yohanes Pembaptis itu termasuk 12 rasul bukan?

Quote :
2. "... dan Elisabeth pun penuh dengan Roh Kudus," (Injil -Lukas l:41)

Elizabeth itu termasuk 12 rasul bukan?

Quote :
3. "Dan Zakaria, ayahnya, penuh dengan.Roh Kudus." (Injil - Lukas 1: 67)

Zakharia itu termasuk 12 rasul bukan?

Quote :
Sesudah Kelahiran Kristus (A.C.):
4. "... Roh Kudus ada di atasnya (Simon)." (Injil - Lukas 2: 25)

Simon itu termasuk 12 rasul bukan?

Quote :
5. "Dan turunlah Roh Kudus dalam rupa burung merpati ke atas-Nya (Yesus)." (Injil - Lukas 3: 22)

Yesus Kristus itu termasuk 12 rasul bukan?

-------

Inilah aib dari beberapa rekan Muslim (hanya beberapa saja, ngga semua kok), yaitu SALAH MEMAHAMI KONTEKS.

Kembali Ke Atas Go down
striker
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1393
Join date : 03.02.11

PostSubyek: Re: Siapakah Penolong Yang Lain (Yoh 14:16-17) ?   15th April 2011, 20:57

bruce wrote:
Tidak ada rasul dalam Kristen kecuali para pengikut Jesus, mas.

Apakah kriteria bisa disebut Rasul dan apakah kristeria bisa disebut Nabi?

Kalau yg disebut rasul adalah para pengikut Yesus, apakah orang2 kristen sekarang semua bisa disebut rasul? kan katanya kristen itu pengikut Yesus?

Kalau Musa dan Daud itu dianggap sebagai apa dlm kristen? mohon penjelasannya mas :)
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content




PostSubyek: Re: Siapakah Penolong Yang Lain (Yoh 14:16-17) ?   Today at 06:53

Kembali Ke Atas Go down
 
Siapakah Penolong Yang Lain (Yoh 14:16-17) ?
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 3Pilih halaman : 1, 2, 3  Next
 Similar topics
-
» perkenalan newbie biasa seperti yang lain pada umumnya
» kaliber brembo belakang, disk nasser beet, slang rem goodrich, stang tommaseli, velk cbr 400 , stabilizer GPR, master rem cbr 1000, yang lain dah laku,.. jual cepet aja gan,.. silakan di tawar dah,..
» mau nanya..senior dan suhu2 yang lain toling kasih saran ya..
» JUAL MURAH: [ Exhaust LANGKAH ] ARROW TITANIUM full system NINJA 250-----> beda dari yang lain SOUND nya ~~~~~~SOLDDDDDDDD OUTTTTTTT to bro Ahmad guanteng, hehehe~~~~~~~
» Seni Pahat Semangka Yang Menakjubkan

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Ladang Tuhan Baru :: Forum Terbuka :: Diskusi - Non-Kristen Bertanya Kristen Menjawab-
Navigasi: