Ladang Tuhan Baru
Selamat datang kepada sesama saudara Kristen dan saudara lain iman. Mari kita saling kenal dalam suasana bersahabat.

Ladang Tuhan Baru

Forum Komunitas Kristen
 
IndeksIndeks  PencarianPencarian  PendaftaranPendaftaran  LoginLogin  

Share | 
 

 Nikmatnya Wine dari Perancis

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Nikmatnya Wine dari Perancis   15th May 2011, 12:56

Quote :
Nikmatnya Wine dari Perancis
Tenni Purwanti | A. Wisnubrata | Minggu, 15 Mei 2011 | 10:40 WIB

KOMPAS.com - Minuman anggur atau wine adalah minuman beralkohol yang dibuat dari sari anggur jenis Vitis vinifera yang biasanya hanya tumbuh di area 30 hingga 50 derajat lintang utara dan selatan.


Wine dibuat di banyak negara. Negara-negara yang membuat wine terbanyak (data tahun 2000) adalah Perancis, Italia, Spanyol, Amerika Serikat, Argentina, Jerman, Australia, Afrika Selatan, Portugal dan Chilli.

Minum wine umumnya memiliki cara tersendiri, tak seperti cara meminum jenis minuman lainnya. Penikmat wine biasanya akan menghirup aroma wine yang telah dituang ke dalam gelas khusus bertangkai yang memungkinkan aroma wine "terperangkap" sehingga mudah dicium. Indra penciuman bisa merasakan aroma wine dan memberi gambaran rasa wine yang akan disesap.

Jika aroma belum emberi gambaran rasanya, maka seseorang bisa mencoba untuk meminum sedikit demi sedikit untuk menelusuri keunikan rasanya menggunakan lidah. Setelah itu, baru seseorang memutuskan apakah akan meminum wine tersebut atau tidak.

Seperti apakah wine yang enak? Ini adalah pertanyaan sulit karena selera masing-masing orang berbeda. Namun umumnya pemula akan menyukai wine yang manis, sedangkan mereka yang sudah "mendalami" tradisi minum wine akan menyukai wine dengan rasa yang kompleks dan "berbobot." Nah, salah satu daerah yang dianggap menghasilkan wine dengan citarasa istimewa adalah wilayah Saint Emilion, Bordeaux, Perancis.

Kompas.com, bersama beberapa wartawan lain beruntung bisa merasakan anggur-anggur dari wilayah itu, yang dikenal dengan kastil-kastil (chateau) penghasil anggur berkualitas. Usai Press Conference Wine and Cheese Expo 2011 di La Piazza, Sentra Kelapa Gading, Jakarta, Sabtu (14/5/2011), para wartawan dan tamu undangan bertemu dengan 11 pengelola chateau untuk mencoba wine produksi mereka.

Sebelas wine yang dicoba adalah jenis Saint Emilion Grand Cru Classe tahun 2008 produksi Chateau Guadet, Chateau Laroze, Chateau Franc Mayer, Chateau Fonroque, Chateau Fontplegade, Chateau Destieux, Chateau Dassault, Chateau Bellefont-Belcier, Chateau Couvent des Jacobin, dan Chateau Moulin du Cadet.

Masing-masing wine memiliki keunikan rasa. Ada yang terasa pekat, ada yang manis, ada yang lebih terasa buah anggurnya, ada pula yang rasanya smoky dan creamy. Setiap kali menyesap wine dari chateau tertentu, wartawan diminta untuk makan sedikit keju guna menetralkan rasa wine sehingga tidak mempengaruhi rasa wine berikutnya.

Wine Tasting ini adalah salah satu dari rangkaian acara Wine and Cheese Expo 2011 sejak 14 hingga 29 Mei 2011 yang dimaksudkan untuk memperkenalkan wine-wine St Emilion yang bakal dipasarkan di Indonesia.

Acara lainnya yang akan digelar adalah Wine Dinner, Wine Workshop, Indonesia Best Sommelier Competition, Cheese Discovery, Pastry Chef Show, Gourmet, dan Photography Competition. Selain itu, akan ada Wine and Food Pairing yang merupakan program yang bisa dinikmati oleh para pengunjung Wine and Cheese Expo 2011.

Pengunjung expo bisa menikmati hidangan hotel berbintang dipadu minuman wine. Untuk masuk ke dalam area Wine and Cheese Expo, pengunjung hanya membayar Rp 25.000 dan dapat di-refund apabila bertransaksi pada hari yang sama.

Perbedaan antara penyelenggaraan tahun ini dengan tahun 2010 adalah pada penambahan cokelat pada jenis makanan. "Biasanya hanya ada keju, sekarang kami tambah dengan adanya cokelat," ujar Herodidjaja Alexander Effendie, Vice President Indonesia Sommelier Association pada kesempatan itu.

Sedangkan hidangan yang akan dipadukan dengan wine adalah masakan-masakan Indonesia dari hotel bintang lima yang tidak menggunakan MSG. "Sengaja diambil dari hotel-hotel karena masakannya bisa kami minta buat tanpa MSG. Rasa MSG pada masakan bisa mengubah rasa wine ketika kita meminumnya usai makan," jelas Alex.

Area Wine and Cheese Expo 2011 buka selama hari kerja mulai pukul 17.00 WIB dan weekend dibuka mulai pukul 12.00 WIB. Selama event ini berlangsung, pengunjung dapat menikmati free wine and cheese testing serta penawaran menarik setiap pembelian anggur dan keju.
Kembali Ke Atas Go down
Tamu
Tamu



PostSubyek: Re: Nikmatnya Wine dari Perancis   16th May 2011, 09:12

barang haram (?) Razz Laughing
yang memang gak bisa dinikmati oleh semua lapisan masyarakat kita.
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Nikmatnya Wine dari Perancis   16th May 2011, 09:26

Haram kalau belum bisa beli bro, kalau udah mampu beli maka sebenarnya sih wine itu sangat enak dan baik bagi tubuh lho, he he he.

Btw, wine itu harganya mulai dari 100ribuan hingga 70jutaan perbotol, he he he
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content




PostSubyek: Re: Nikmatnya Wine dari Perancis   

Kembali Ke Atas Go down
 
Nikmatnya Wine dari Perancis
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» [share] Caraku terhindar 100% dari Virus PC & Notebook ( No Deep Freeze )
» Ramalan Dunia Dari Tahun 2010 Sampai 5079
» Tanya Soal kirim motor dari amrik ke indo
» Tangki dari fiber
» Indonesia Changes The World "BBM dari Plastik"

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Ladang Tuhan Baru :: Diskusi Umum :: Obrolan bebas-
Navigasi: