Ladang Tuhan Baru
Selamat datang kepada sesama saudara Kristen dan saudara lain iman. Mari kita saling kenal dalam suasana bersahabat.

Ladang Tuhan Baru

Forum Komunitas Kristen
 
IndeksIndeks  PencarianPencarian  PendaftaranPendaftaran  LoginLogin  

Share | 
 

 siapakah perempuan yang dimaksud dalam : wahyu 12: 1

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
whiteeagle
Tamtama
Tamtama


Jumlah posting : 46
Join date : 27.01.11

PostSubyek: siapakah perempuan yang dimaksud dalam : wahyu 12: 1   27th January 2011, 09:54

ini sebenarnya topik lama , tapi sebagai pembuka di forum ini , marilah kita coba membahas tentang topik diatas :o
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: siapakah perempuan yang dimaksud dalam : wahyu 12: 1   28th January 2011, 13:19

Gereja Katolik mendasarkan arti ayat tersebut pada pemahaman para Bapa Gereja. Menurut para Bapa Gereja, kata “perempuan̶1; yang dimaksud di sini bukanlah Hawa, tetapi Hawa yang baru (’New Eve’). Para Bapa Gereja membaca ayat ini sebagai nubuatan akan kelahiran Yesus (Adam yang baru) melalui Bunda Maria (Hawa yang baru). Hal ini sudah menjadi pengajaran Gereja sejak abad ke-2 oleh Santo Yustinus Martir, Santo Irenaeus dan Tertullian, yang lalu dilanjutkan oleh Santo Agustinus (abad ke -5). Sayangnya, memang dalam terjemahan bahasa Indonesia, pada ayat ini dikatakan ‘perempuan ini’, seolah-olah menunjuk kepada Hawa, namun sebenarnya adalah ‘the woman’ (bukan this woman) sehingga artinya adalah sang perempuan, yang tidak merujuk kembali ke lakon yang baru saja dibicarakan. Ungkapan ‘woman‘ atau ‘perempuan’ ini yang kemudian kerap diulangi pada ayat Perjanjian Baru, misalnya pada mukjizat di Kana (Yoh 2:4), dan di kaki salib Yesus, saat Ia menyerahkan Bunda Maria kepada Yohanes murid kesayanganNya (Yoh 19:26) dan pada Kitab Wahyu (Why 12). Pada kesempatan tersebut, Yesus mau menunjukkan bahwa Maria adalah ’sang perempuan’ yang telah dinubuatkan pada awal mula dunia sebagai ‘Hawa yang baru’.

‘Hawa yang baru’ ini berperan berdampingan dengan Kristus sebagai ‘Adam yang baru’. Santo Irenaeus (abad ke-2), mengatakan, “Ikatan yang disebabkan oleh ketidak-taatan Hawa telah diuraikan karena ketaatan Maria” sehingga selanjutnya dikatakan, “maut (karena dosa) didatangkan oleh Hawa, tetapi hidup (karena Yesus) oleh Maria.” Oleh karena itu, Allah membuat Bunda Maria tidak tercemar sama sekali oleh dosa, supaya ia, dapat ditempatkan bersama Yesus di tempat utama dalam pertentangan yang total melawan Iblis (Kej 3:15).
Dalam Kitab Wahyu, Bunda Maria disebut sebagai “perempuan; yang melahirkan seorang Anak laki-laki, yang menggembalakan semua bangsa, yang akhirnya mengalahkan naga yang adalah Iblis (Why 12: 1-6). Kemenangan Bunda Maria atas Iblis ini dimungkinkan karena dalam diri Maria tidak pernah ada setitik dosa pun yang menjadi ‘daerah kekuasaan Iblis’. Memang di sini tidak dikatakan secara eksplisit bahwa anak laki-laki ini adalah Juruselamat, tetapi sesungguhnya hal ini merupakan interpretasi yang paling umum yang dipegang oleh para Bapa Gereja dan para ahli Kitab Suci. Interpretasi lain dari ‘anak laki-laki yang menggembalakan semua bangsa’ adalah Gereja. Dalam kedua interpretasi ini tidak mengubah kenyataan bahwa Maria adalah sang “perempuan̶1;itu, sebab dengan melahirkan Yesus yang sebagai Kepala Gereja, maka Maria melahirkan Gereja yang merupakan Tubuh Kristus (sebab tidak mungkin seseorang dilahirkan hanya kepalanya saja, melainkan dengan tubuhnya juga).
Walaupun demikian, pengajaran di atas tidak bertentangan dengan pengajaran bahwa Maria, mewakili Gereja, adalah mempelai wanita dari Anak Domba (Kristus) yang disebutkan juga di Kitab Wahyu, sebab pengertian ‘perjamuan kawinR17; Anak Domba yang disebutkan di Kitab Wahyu (Why 19:7) tidak sama dengan arti perkawinan di dunia, walaupun keagungan dan nilai persatuannya telah sedikit digambarkan melalui sakramen perkawinan, seperti yang telah diajarkan oleh Yesus di dalam Ef 5:22-32. Yesus mengajarkan agar para suami menyerahkan diri bagi istrinya, sama seperti Ia menyerahkan diri-Nya bagi Gereja-Nya. Karena Maria merupakan Bunda Gereja, dan sekaligus juga anggota Gereja (karena ialah orang pertama yang menjadi murid Kristus dengan kesediaannya menjadi Ibu Yesus), maka Maria adalah sekaligus Bunda Kristus dan Mempelai Kristus. Sekali lagi, ‘Mempelai Kristus’ di sini tidak dapat disamakan artinya dengan arti mempelai dalam arti duniawi, sebab kedalaman artinya jauh melebihi pemikiran manusia. Rasul Paulus menyebut hubungan kasih antara Kristus dan GerejaNya sebagai “rahasia besar; (Ef 5:32), yang tentu akan mencapai pemenuhan sempurnanya pada akhir zaman, namun yang sekarang telah mulai dinyatakan dalam persatuan Kristus dengan Gereja-Nya melalui sakramen Ekaristi, dimana Gereja dipersatukan oleh Kristus dengan menyambut Tubuh, Darah, Jiwa dan Ke-Allahan-Nya di dalam Ekaristi.

Demikian yang dapat saya sampaikan mengenai Bunda Maria sebagai “perempuan; yang disebutkan dalam Kitab Suci.


Terakhir diubah oleh bruce tanggal 28th January 2011, 14:50, total 1 kali diubah
Kembali Ke Atas Go down
whiteeagle
Tamtama
Tamtama


Jumlah posting : 46
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: siapakah perempuan yang dimaksud dalam : wahyu 12: 1   28th January 2011, 13:48

Para Bapa Gereja membaca ayat ini sebagai nubuatan akan kelahiran Yesus (Adam yang baru) melalui Bunda Maria (Hawa yang baru).[quote]

kitab wahyu ini ditulis setelah kematian dan kenaikan TY ke surga.

jadi hubungan TY dan bunda maria sudah jelas sebagai hubungan ibu dan anak.

jadi apakah tepat kalo wahyu 12:1 masih disebut sebagai nubuatan?

Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: siapakah perempuan yang dimaksud dalam : wahyu 12: 1   28th January 2011, 14:48

[quote]Para Bapa Gereja membaca ayat ini sebagai nubuatan akan kelahiran Yesus (Adam yang baru) melalui Bunda Maria (Hawa yang baru).
Quote :


kitab wahyu ini ditulis setelah kematian dan kenaikan TY ke surga.

jadi hubungan TY dan bunda maria sudah jelas sebagai hubungan ibu dan anak.

jadi apakah tepat kalo wahyu 12:1 masih disebut sebagai nubuatan?

Maksudnya adalah kisah lengkap oom, katakanlah dengan flash back, kemudian berlanjut ke masa depan.
Kembali Ke Atas Go down
whiteeagle
Tamtama
Tamtama


Jumlah posting : 46
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: siapakah perempuan yang dimaksud dalam : wahyu 12: 1   28th January 2011, 15:05


Quote :
katakanlah dengan flash back, kemudian berlanjut ke masa depan.

yang namanya flash back , biasanya terjadi secara berurutan.

apakah anda mau bilang bahwa wahyu pasal 1 s/d 11 juga kejadian yg sudah terjadi?
Razz
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: siapakah perempuan yang dimaksud dalam : wahyu 12: 1   28th January 2011, 15:24

Quote :
yang namanya flash back , biasanya terjadi secara berurutan.

Mungkin bisa anda bandingkan dengan ayat di Yohanes 1, oom

Quote :
Yoh 1:1 Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.

Yoh 1:2 Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah.

Yoh 1:3 Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan.

Yoh 1:4 Dalam Dia ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia.

Yoh 1:5 Terang itu bercahaya di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya.

Yoh 1:6 Datanglah seorang yang diutus Allah, namanya Yohanes;

Yoh 1:7 ia datang sebagai saksi untuk memberi kesaksian tentang terang itu, supaya oleh dia semua orang menjadi percaya.

Yoh 1:8 Ia bukan terang itu, tetapi ia harus memberi kesaksian tentang terang itu.

Yoh 1:9 Terang yang sesungguhnya, yang menerangi setiap orang, sedang datang ke dalam dunia.

Yoh 1:10 Ia telah ada di dalam dunia dan dunia dijadikan oleh-Nya, tetapi dunia tidak mengenal-Nya.

Jadi sebelumnya dikisahkan tentang latar belakang Sang Tokoh utama nya. coba anda bandingkan dengan Whyu

Quote :


Why 12:1 Maka tampaklah suatu tanda besar di langit: Seorang perempuan berselubungkan matahari, dengan bulan di bawah kakinya dan sebuah mahkota dari dua belas bintang di atas kepalanya.

Why 12:2 Ia sedang mengandung dan dalam keluhan dan penderitaannya hendak melahirkan ia berteriak kesakitan.

Why 12:3 Maka tampaklah suatu tanda yang lain di langit; dan lihatlah, seekor naga merah padam yang besar, berkepala tujuh dan bertanduk sepuluh, dan di atas kepalanya ada tujuh mahkota.

Why 12:4 Dan ekornya menyeret sepertiga dari bintang-bintang di langit dan melemparkannya ke atas bumi. Dan naga itu berdiri di hadapan perempuan yang hendak melahirkan itu, untuk menelan Anaknya, segera sesudah perempuan itu melahirkan-Nya.

Why 12:5 Maka ia melahirkan seorang Anak laki-laki, yang akan menggembalakan semua bangsa dengan gada besi; tiba-tiba Anaknya itu dirampas dan dibawa lari kepada Allah dan ke takhta-Nya.

Why 12:6 Perempuan itu lari ke padang gurun, di mana telah disediakan suatu tempat baginya oleh Allah, supaya ia dipelihara di situ seribu dua ratus enam puluh hari lamanya.

Why 12:7 Maka timbullah peperangan di sorga. Mikhael dan malaikat-malaikatnya berperang melawan naga itu, dan naga itu dibantu oleh malaikat-malaikatnya,

Why 12:8 tetapi mereka tidak dapat bertahan; mereka tidak mendapat tempat lagi di sorga.

Why 12:9 Dan naga besar itu, si ular tua, yang disebut Iblis atau Satan, yang menyesatkan seluruh dunia, dilemparkan ke bawah; ia dilemparkan ke bumi, bersama-sama dengan malaikat-malaikatnya.

Why 12:10 Dan aku mendengar suara yang nyaring di sorga berkata: "Sekarang telah tiba keselamatan dan kuasa dan pemerintahan Allah kita, dan kekuasaan Dia yang diurapi-Nya, karena telah dilemparkan ke bawah pendakwa saudara-saudara kita, yang mendakwa mereka siang dan malam di hadapan Allah kita.

:bball:
Kembali Ke Atas Go down
whiteeagle
Tamtama
Tamtama


Jumlah posting : 46
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: siapakah perempuan yang dimaksud dalam : wahyu 12: 1   29th January 2011, 16:53

perempuan dalam wahyu 12 itu memang ada beberapa penafsiran.

ada yg menafsirkan sebagai : bunda maria.

ada yg menafsirkan sebagai : gereja

ada yang menafsirkan sebagai : bangsa israel

semua ada disertai argumentasi , yg bisa diterima , dengan segala kekurangan dan kelebihannya :)
Kembali Ke Atas Go down
leonardo
Calon Perwira
Calon Perwira


Jumlah posting : 301
Join date : 07.03.11

PostSubyek: Re: siapakah perempuan yang dimaksud dalam : wahyu 12: 1   8th March 2011, 21:53

All,

Why 12:5 Maka ia melahirkan seorang Anak laki-laki, yang akan menggembalakan semua bangsa dengan gada besi; tiba-tiba Anaknya itu dirampas dan dibawa lari kepada Allah dan ke takhta-Nya.

Imho semua sepakat kalau anak laki2 tersebut adalah Yesus Kristus.

Kalau sudah sepakat mengenai jati diri Anak laki2 tersebut maka dalam alkitab hanya ada satu orang permpuan yang dipilih Allah untuk melahirkan Putera TunggalNya tersebut. Very Happy

salam damai Very Happy
Kembali Ke Atas Go down
siip
Perwira Pertama
Perwira Pertama


Jumlah posting : 630
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: siapakah perempuan yang dimaksud dalam : wahyu 12: 1   18th April 2011, 19:10

Ada 2.
Prempuan scr harafiah = Bunda Maria
Prempuan scr simbolik = Israel

Tanpa mngesampingkan phormatan thd Bunda Maria dan tanpa keinginan mdiskreditkan Maria sbg Bunda Tuhan Yesus, saya bpendapat bhw prempuan itu adl Israel.

Israel punya 3 keturunan :
1. Yesus Kristus (Anak yg diangkat ke sorga)
2. Israel jasmani (yg mngikuti hukum Allah)
3. Israel rohani (yg mmiliki ksaksian Yesus)

Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content




PostSubyek: Re: siapakah perempuan yang dimaksud dalam : wahyu 12: 1   Today at 17:33

Kembali Ke Atas Go down
 
siapakah perempuan yang dimaksud dalam : wahyu 12: 1
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» MOHON BANTUANNYA DENGAN SANGAT!!!!!
» Kematian Bruce Lee Yang Misterius
» [ask] Stang ninin under yoke...?? sudah ada yang modif sampai situ blm??
» MUTILASI V*GINA...??!!!!!
» memperkenalkan diri

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Ladang Tuhan Baru :: Ruang Antar Kristen (Khusus Penganut Kristen Trinitarian) :: Alkitab-
Navigasi: