Ladang Tuhan Baru
Selamat datang kepada sesama saudara Kristen dan saudara lain iman. Mari kita saling kenal dalam suasana bersahabat.

Ladang Tuhan Baru

Forum Komunitas Kristen
 
IndeksIndeks  PencarianPencarian  PendaftaranPendaftaran  LoginLogin  

Share | 
 

 Serba serbi pernikahan dalam ajaran Kristen

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
Pilih halaman : Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6  Next
PengirimMessage
Tamu
Tamu



PostSubyek: Re: Serba serbi pernikahan dalam ajaran Kristen   21st June 2011, 12:35

Quote :
Mau nikah cara apa?

ya terserah yang nikah, lah.... Razz

kalau kira2 merasa gak bisa jalanin yang seperti itu ya cari pasangan yang seiman saja.
tapi gak usah bawa terang atw gelap, sis... Laughing

soalnya seorang hamba Tuhan pun bisa terjatuh dalam dosa yang sangat memalukan.
Kembali Ke Atas Go down
qhuda
Tamtama
Tamtama


Jumlah posting : 49
Join date : 20.06.11
Age : 23
Lokasi : Banten-Yogyakarta

PostSubyek: Re: Serba serbi pernikahan dalam ajaran Kristen   21st June 2011, 13:22

T2Y wrote:
Quote :
Mau nikah cara apa?

ya terserah yang nikah, lah.... Razz

kalau kira2 merasa gak bisa jalanin yang seperti itu ya cari pasangan yang seiman saja.
tapi gak usah bawa terang atw gelap, sis... Laughing

soalnya seorang hamba Tuhan pun bisa terjatuh dalam dosa yang sangat memalukan.

:afro: entahlah? ko kesannya jadi aturan buat nikah aja ngalor ngidul ya antara boleh apa ga.. ya memang bisa jatuh, cuma ya saya cuma ngutip pembicaraan dari orang-orang yang saya anggap lebih tau dari saya.
Kembali Ke Atas Go down
Tamu
Tamu



PostSubyek: Re: Serba serbi pernikahan dalam ajaran Kristen   21st June 2011, 13:36

Quote :
o kesannya jadi aturan buat nikah aja ngalor ngidul ya antara boleh apa ga..

sis, anda kan ada di kubu yang setuju tdk boleh, sedang saya ada di sisi yang berbeda.
kalau alasannya seperti yang pendeta anda bilang antara terang dan gelap, saya tidak setuju.
kalau alasannya karena banyak halangan yang akan dihadapi sih saya masih setuju. :)
Kembali Ke Atas Go down
qhuda
Tamtama
Tamtama


Jumlah posting : 49
Join date : 20.06.11
Age : 23
Lokasi : Banten-Yogyakarta

PostSubyek: Re: Serba serbi pernikahan dalam ajaran Kristen   21st June 2011, 15:50

T2Y wrote:
Quote :
o kesannya jadi aturan buat nikah aja ngalor ngidul ya antara boleh apa ga..

sis, anda kan ada di kubu yang setuju tdk boleh, sedang saya ada di sisi yang berbeda.
kalau alasannya seperti yang pendeta anda bilang antara terang dan gelap, saya tidak setuju.
kalau alasannya karena banyak halangan yang akan dihadapi sih saya masih setuju. :)


itu maksudnya sih bukan ngarah ke alasan gelap terang ato terang gelap (kaya iklan lampu)
cumaya pembeberan ayat2nya aj.. jadi bunging d\'oh d\'oh
Kembali Ke Atas Go down
qhuda
Tamtama
Tamtama


Jumlah posting : 49
Join date : 20.06.11
Age : 23
Lokasi : Banten-Yogyakarta

PostSubyek: Re: Serba serbi pernikahan dalam ajaran Kristen   21st June 2011, 15:53

ngomong2 itu logo download di atas buat apa ya? hshsh
Kembali Ke Atas Go down
Tamu
Tamu



PostSubyek: Re: Serba serbi pernikahan dalam ajaran Kristen   21st June 2011, 15:56

qhuda wrote:
itu maksudnya sih bukan ngarah ke alasan gelap terang ato terang gelap (kaya iklan lampu)
cumaya pembeberan ayat2nya aj.. jadi bunging d\'oh d\'oh

so... apa sih yang dimaksud dengan terang dan gelap dibawah ini ???

V

Quote :
pembicara ato pendetanya ditegaskan kalo kristen gabisa nikah ama yang non karena terang ga pernah bisa menyatu dengan gelap.

he..he..he...
sorry, sis...
bukan mau menyudutkan, cuma mau tahu biar jelas saja... :)
salam...
Kembali Ke Atas Go down
qhuda
Tamtama
Tamtama


Jumlah posting : 49
Join date : 20.06.11
Age : 23
Lokasi : Banten-Yogyakarta

PostSubyek: Re: Serba serbi pernikahan dalam ajaran Kristen   21st June 2011, 16:17

T2Y wrote:
qhuda wrote:
itu maksudnya sih bukan ngarah ke alasan gelap terang ato terang gelap (kaya iklan lampu)
cumaya pembeberan ayat2nya aj.. jadi bunging d\'oh d\'oh

so... apa sih yang dimaksud dengan terang dan gelap dibawah ini ???

V

Quote :
pembicara ato pendetanya ditegaskan kalo kristen gabisa nikah ama yang non karena terang ga pernah bisa menyatu dengan gelap.

he..he..he...

sorry, sis...
bukan mau menyudutkan, cuma mau tahu biar jelas saja... :)
salam...

ga lagi merasa tersudutkan. lagi ga berdiri disudutan deh.. wehhehe gatau deh.. gabisa jelasin.. bukan daku yang ngomong.. persepsi darimana ato apaan itu..ntar deh ditanyain lagi ama yang ngomong.
Kembali Ke Atas Go down
Tamu
Tamu



PostSubyek: Re: Serba serbi pernikahan dalam ajaran Kristen   21st June 2011, 16:23

qhuda wrote:

ga lagi merasa tersudutkan. lagi ga berdiri disudutan deh.. wehhehe gatau deh.. gabisa jelasin.. bukan daku yang ngomong.. persepsi darimana ato apaan itu..ntar deh ditanyain lagi ama yang ngomong.

he..he..he...
justru itu sis... :)
buat yang denger kalimat itu kan jadinya punya persepsi yang rada2 gimana gitu... Razz
Kembali Ke Atas Go down
qhuda
Tamtama
Tamtama


Jumlah posting : 49
Join date : 20.06.11
Age : 23
Lokasi : Banten-Yogyakarta

PostSubyek: Re: Serba serbi pernikahan dalam ajaran Kristen   21st June 2011, 16:25

T2Y wrote:
qhuda wrote:

ga lagi merasa tersudutkan. lagi ga berdiri disudutan deh.. wehhehe gatau deh.. gabisa jelasin.. bukan daku yang ngomong.. persepsi darimana ato apaan itu..ntar deh ditanyain lagi ama yang ngomong.

he..he..he...
justru itu sis... :)
buat yang denger kalimat itu kan jadinya punya persepsi yang rada2 gimana gitu... Razz

tetep ngalor ngidul saya hahah. ini masukin gambar profil gimana ya ! daritadi ga masuk masuk. emosi jadinya #norak
Kembali Ke Atas Go down
Tamu
Tamu



PostSubyek: Re: Serba serbi pernikahan dalam ajaran Kristen   21st June 2011, 16:28

qhuda wrote:
ini masukin gambar profil gimana ya ! daritadi ga masuk masuk. emosi jadinya #norak

klik => PROFILE
klik => AVATAR (letaknya dibawah tulisan PROFILE)

nah, tinggal pilih aja, mau pakai gambar yang ada di kompie atw masukin lewat link gambar yang mau dijadiin avatar. :)
Kembali Ke Atas Go down
qhuda
Tamtama
Tamtama


Jumlah posting : 49
Join date : 20.06.11
Age : 23
Lokasi : Banten-Yogyakarta

PostSubyek: Re: Serba serbi pernikahan dalam ajaran Kristen   21st June 2011, 16:31

T2Y wrote:
qhuda wrote:
ini masukin gambar profil gimana ya ! daritadi ga masuk masuk. emosi jadinya #norak

klik => PROFILE
klik => AVATAR (letaknya dibawah tulisan PROFILE)

nah, tinggal pilih aja, mau pakai gambar yang ada di kompie atw masukin lewat link gambar yang mau dijadiin avatar. :)

noraknya kelihatan Embarassed
Kembali Ke Atas Go down
samiaji
Calon Perwira
Calon Perwira


Jumlah posting : 392
Join date : 26.02.11
Age : 38

PostSubyek: Re: Serba serbi pernikahan dalam ajaran Kristen   22nd June 2011, 14:52

qhuda wrote:
ya ga juga, tergantung iman dan aplikasinya. Cuma bingung aja ngebayangin misalnya saya dan pacar saya mau nikah. Saya kristen dia islam. Mau nikah cara apa? Ganti2an kaya artis? Tanya pendeta sana sini mereka juga konsisten cari pasangan yang seiman.
T2Y wrote:
...
kalau kira2 merasa gak bisa jalanin yang seperti itu ya cari pasangan yang seiman saja.
tapi gak usah bawa terang atw gelap, sis... Laughing
II Korintus 6:14 wrote:
Janganlah kamu merupakan pasangan yang tidak seimbang dengan orang-orang yang tak percaya. Sebab persamaan apakah terdapat antara kebenaran dan kedurhakaan? Atau bagaimanakah terang dapat bersatu dengan gelap?
Pendapat saya pribadi :
# Dalam hal bersosialisasi kita bisa bergaul dengan siapa saja (selama kita tetap bisa menjaga diri)
# Bila mulai naksir sso dan ingin kenal lebih dekat, lebih baik mulai mempertimbangkan sama/tidaknya iman kepercayaan
# Bila ingin mencoba menjajaki walau beda kepercayaan, berarti akan membutuhkan banyak sekali kelapangan dada, toleransi dan akan menghadapi banyak tantangan
# Setelah beberapa waktu, sebelum terlalu dekat. Sebaiknya dibicarakan arah hubungan, antar pribadi - kedua belah pihak keluarga. Sebaiknya segera ambil keputusan . Putus atau salah satu pindah kepercayaan (dengan kerelaan)
# Walaupun ada bukti bahwa pasangan berbeda agama dapat hidup tentram, tetapi secara umum pasangan tersebut akan mendapatkan tantangan yang lebih berat...

Tambahan kutipan :
[You must be registered and logged in to see this link.] wrote:
...
Berulang kali saya kedatangan tamu yang sekadar berkonsultasi mengenai kehidupan rumah tangga mereka yang menghadapi problem akibat perbedaan keyakinan agama,yang kemudian berimbas kepada anakanak mereka.Ada juga yang datang dengan status masih berpacaran dan bersiap memasuki jenjang pernikahan.
...
...
Ketika semakin menapaki usia lanjut, kebahagiaan yang dicari tidak lagi materi, melainkan bersifat psikologis-spiritual yang sumbernya dari keharmonisan keluarga yang diikat oleh iman dan tradisi keagamaan. Ketika itu tak ada, maka rasa sepi kian terasa. Cerita di atas tentu saja merupakan kasus, tidak bijak dibuat generalisasi. Namun pantas menjadi pelajaran.

Ketika masih berpacaran lalu menikah dan belum punya anak,cinta mungkin diyakini bisa mengatasi semua perbedaan. Tetapi setelah punya anak berbagai masalah baru akan bermunculan. Memang ada satu dua pernikahan pasangan berbeda agama yang kelihatannya baik-baik saja. Cuma kebetulan yang datang pada saya yang bermasalah.

Bayangkan, bagi seorang muslim, ketika usia semakin lanjut, tak ada yang diharapkan kecuali untaian doa dari anaknya. Dan mereka yakin doa yang dikabulkan adalah yang datang dari keluarga yang seiman.

Ada seorang ibu yang merasa beruntung karena anak-anaknya ikut agama ibunya. Kondisi ini membuat ayahnya merasa kesepian ketika ingin berbagi pengetahuan dan pengalaman beragama. Di zaman yang semakin plural ini pernikahan beda

Dampak psikologis orang tua yang berbeda agama juga akan sangat dirasakan oleh anakanaknya.

Quote :
"http://anggara.org/2007/07/05/perkawinan-beda-agama-di-indonesia"
Perkawinan di Indonesia diatur oleh UU No 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan.
Ada dua cara dalam menyikapi perkawinan beda agama ini:

Pertama: Salah satu pihak dapat melakukan perpindahan agama, namun ini dapat berarti penyelundupan hukum, karena sesungguhnya yang terjadi adalah hanya menyiasati secara hukum ketentuan dalam UU No 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan. Namun setelah perkawinan berlangsung masing-masing pihak kembali memeluk agamanya masing-masing. Cara ini sangat tidak disarankan.

Kedua: Berdasarkan Putusan MA No 1400 K/Pdt/1986 Kantor Catatan Sipil diperkenankan untuk melangsungkan perkawinan beda agama. Kasus ini bermula dari perkawinan yang hendak dicatatkan oleh Ani Vonny Gani P (perempuan/Islam) dengan Petrus Hendrik Nelwan (laki-laki/Kristen).

Dalam putusannya MA menyatakan bahwa dengan pengajuan pencatatan pernikahan di KCS maka Vonny telah tidak menghiraukan peraturan agama Islam tentang Perkawinan dan karenanya harus dianggap bahwa ia menginginkan agar perkawinannya tidak dilangsungkan menurut agama Islam. Dengan demikian, mereka berstatus tidak beragama Islam, maka KCS harus melangsungkan perkawinan tersebut.
...
Dengan ini, dari semula pasangan yang berbeda agama tidak perlu melakukan penyelundupan hukum dengan mengganti agama untuk sementara, namun bisa melangsungkan perkawinan tanpa berpindah agama.


Salam
Kembali Ke Atas Go down
Tamu
Tamu



PostSubyek: Re: Serba serbi pernikahan dalam ajaran Kristen   22nd June 2011, 15:39

Quote :
# Dalam hal bersosialisasi kita bisa bergaul dengan siapa saja (selama kita tetap bisa menjaga diri)

ini kali yang dibilang terang gak bisa bercampur dengan gelap... Razz

Quote :
Bayangkan, bagi seorang muslim, ketika usia semakin lanjut, tak ada yang diharapkan kecuali untaian doa dari anaknya. Dan mereka yakin doa yang dikabulkan adalah yang datang dari keluarga yang seiman.

wah, ini mah kayak kong hu cu juga, anak laki ntar sembahyang arwah leluhurnya/ortunya. Laughing

btw, biasanya yang rada ribet emang antara kristen sama islam.
kalau sama yang lain sih kebanyakan gak terlalu ribet, apa lagi kalau masih satu etnis.
masih ada pertimbangannya.
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Serba serbi pernikahan dalam ajaran Kristen   22nd June 2011, 15:46

Seperti pernah dahulu saya posting di LT lama, untuk pernikahan terbaik, alangkah dipermudahnya jika kedua belah pihak berasal dari dua keluarga yang tidak berbeda jauh. Semakin banyak persamaannya, semakin bertambah nilai plus nya, semakin sedikit persamaannya semakin sedikit nilai plusnya.

Saya tidak menentang hubungan yang terdiri dari dua pihak yang berbeda, tetapi harus sama sama isadari, bahwa perbedaan dua orang dengan latar belakang berbeda saja sudah cukup rumit, maka semakin banyak perbedaannya akan semakin banyak juga masalah yang akan dihadapi.

Perbedaan yang ada antara lain :

1. Agama
2. Ras
3. Suku
4. Pendidikan
5. Status sosial
6. sifat / Kepribadian

Coba, cocokan dengan pasangan anda atau calon pasangan anda, yang mana yang berbeda.

:)

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Tamu
Tamu



PostSubyek: Re: Serba serbi pernikahan dalam ajaran Kristen   22nd June 2011, 15:51

Quote :
Coba, cocokan dengan pasangan anda atau calon pasangan anda, yang mana yang berbeda.

beda jenis kelamin, Om... Razz :lo;
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Serba serbi pernikahan dalam ajaran Kristen   22nd June 2011, 15:55

Quote :
beda jenis kelamin, Om... :lo;

Alhamdulillah bro, alhamdulillah.

:X

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
lee_king_kong
Calon Perwira
Calon Perwira


Jumlah posting : 159
Join date : 14.03.11
Age : 27
Lokasi : Phnom Penh

PostSubyek: Re: Serba serbi pernikahan dalam ajaran Kristen   22nd June 2011, 18:23

bruce wrote:
Seperti pernah dahulu saya posting di LT lama, untuk pernikahan terbaik, alangkah dipermudahnya jika kedua belah pihak berasal dari dua keluarga yang tidak berbeda jauh. Semakin banyak persamaannya, semakin bertambah nilai plus nya, semakin sedikit persamaannya semakin sedikit nilai plusnya.

Saya tidak menentang hubungan yang terdiri dari dua pihak yang berbeda, tetapi harus sama sama isadari, bahwa perbedaan dua orang dengan latar belakang berbeda saja sudah cukup rumit, maka semakin banyak perbedaannya akan semakin banyak juga masalah yang akan dihadapi.

Perbedaan yang ada antara lain :

1. Agama
2. Ras
3. Suku
4. Pendidikan
5. Status sosial
6. sifat / Kepribadian

Coba, cocokan dengan pasangan anda atau calon pasangan anda, yang mana yang berbeda.

:)

yang beda cuman 6. sifat / Kepribadian..kalo yang no.5 sama... gak kayak om bruce yang berdarah biru Razz
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Serba serbi pernikahan dalam ajaran Kristen   22nd June 2011, 18:34

Quote :
yang beda cuman 6. sifat / Kepribadian..kalo yang no.5 sama... gak kayak om bruce yang berdarah biru

Bukan kok bro, saya berdarah singa, he he he

Razz

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
qhuda
Tamtama
Tamtama


Jumlah posting : 49
Join date : 20.06.11
Age : 23
Lokasi : Banten-Yogyakarta

PostSubyek: Re: Serba serbi pernikahan dalam ajaran Kristen   22nd June 2011, 21:11

@bruce
mending berdarah serigala mas, bisa jadi werewolf kali aja bisa ngikut maen di pilem twilight ato harpot *promosi
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Serba serbi pernikahan dalam ajaran Kristen   22nd June 2011, 23:02

qhuda wrote:
@bruce
mending berdarah serigala mas, bisa jadi werewolf kali aja bisa ngikut maen di pilem twilight ato harpot *promosi

Lho, belum pernah nonton Narnia ya sis?

Razz

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
qhuda
Tamtama
Tamtama


Jumlah posting : 49
Join date : 20.06.11
Age : 23
Lokasi : Banten-Yogyakarta

PostSubyek: Re: Serba serbi pernikahan dalam ajaran Kristen   23rd June 2011, 00:37

@bruce
males bro bro.. Tiap saya liat itu film ko yang nongol kuda semua ya -.-
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Serba serbi pernikahan dalam ajaran Kristen   23rd June 2011, 11:03

Lha memangnya qhuda ngga suka kuda ?

Razz

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
qhuda
Tamtama
Tamtama


Jumlah posting : 49
Join date : 20.06.11
Age : 23
Lokasi : Banten-Yogyakarta

PostSubyek: Re: Serba serbi pernikahan dalam ajaran Kristen   23rd June 2011, 14:31

@bruce
tidak tuh, biar id nya qhuda. Tapi ga ada hubungannya ama kuda yang ada di narnia.
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: Serba serbi pernikahan dalam ajaran Kristen   7th November 2012, 10:22

Hehheehheee... qhuda, rindu juga membaca postinganmu. Dimana bisa menemuimu?

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
Onde32lumut
Tamtama
Tamtama


Jumlah posting : 44
Join date : 27.10.12

PostSubyek: Re: Serba serbi pernikahan dalam ajaran Kristen   20th November 2012, 10:14

striker wrote:

Apakah dlm protestan tidak ada peraturan hidup selibat mas?
kayaknya sih ngga ada... tapi bisa jadi sudah, ataupun akan ada.. salam.. :)
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content




PostSubyek: Re: Serba serbi pernikahan dalam ajaran Kristen   Today at 02:46

Kembali Ke Atas Go down
 
Serba serbi pernikahan dalam ajaran Kristen
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 5 dari 6Pilih halaman : Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6  Next
 Similar topics
-
» [share] Tips Serba Serbi Limbah Moge
» Serba - Serbi limbah Rem ex MoGe , Caliper dan Master
» SOLD OUT !! - (WTS) Suzuki GSF400 a.k.a. Bandit 400 Surat resmi (STNK,BPKB, Form A)
» Serba Serbi CLUTCHLESS SHIFTING
» Vlad Dracula " Kisah Nyata Pembantai Umat Islam Dalam Perang Salib

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Ladang Tuhan Baru :: Forum Terbuka :: Diskusi - Non-Kristen Bertanya Kristen Menjawab-
Navigasi: