Ladang Tuhan Baru
Selamat datang kepada sesama saudara Kristen dan saudara lain iman. Mari kita saling kenal dalam suasana bersahabat.

Ladang Tuhan Baru

Forum Komunitas Kristen
 
IndeksIndeks  PencarianPencarian  PendaftaranPendaftaran  LoginLogin  

Share | 
 

 Doyan lkan Asin Berisiko Kanker

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Doyan lkan Asin Berisiko Kanker   3rd June 2011, 16:53

Quote :
Doyan lkan Asin Berisiko Kanker
Bramirus Mikail | Asep Candra | Jumat, 3 Juni 2011 | 16:33 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa penelitian menunjukkan, konsumsi ikan asin menjadi salah satu faktor penyebab timbulnya kanker atau karsinoma nasofaring. Salah satu zat yang terkandung dalam ikan asin disebut Nitrosamin adalah faktor pemicunya.
"Nitrosamin adalah suatu zat yang karsinogenik, yang dapat menyebabkan kanker," ujar Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Prof. dr. Bambang Hermani, Sp. THT-KL (K), Rabu, (1/6/2011) kemarin di Jakarta.
Nitrosamin, yang berisfat karsinogenik (zat pemicu kanker), muncul dalam proses pengasinan dan penjemuran ikan asin di bawah terik matahari. Sinar matahari akan bereaksi dengan nitrit (hasil perombakan protein) pada daging ikan, sehingga membentuk senyawa nitrosamin.
Karsinoma nasofaring (KNF) adalah tumor ganas daerah kepala dan leher yang paling banyak ditemukan di Indonesia. Berdasarkan urutannya di kawasan Asia, kasus nasofaring paling banyak ditemukan di negara Cina bagian Selatan, Hongkong, Vietnam, Thailand, Malaysia, dan Indonesia.
KNF ditemukan endemik di negara Cina Selatan, yang sebagian besar penduduknya mengkonsumsi ikan asin. Dalam suatu penelitian di Cina Selatan, terungkap bahwa penduduk desa yang banyak makan ikan asin, ternyata tinggi pula angka penderita nasofaringnya. Khusus di Eropa, kata Bambang, angka kejadian kanker nasofaring sangat jarang, bahkan sampai sekarang belum ditemukan kasus KNF pada orang kulit putih.
Bambang mengatakan, ikan asin yang diproduksi di Indonesia relatif masih aman untuk dikonsumsi, meskipun ia menyarankan agar masyarakat tidak terlalu sering mengonsumsinya.
"Ikan asin di Cina Selatan dan Indonesia memang ada perbedaan. Yang jelas, kadar toksinnya itu. Di Indonesia belum ada penelitian yang mengatakan kalau ikan asin sebagai faktor penyebab. Kalau sekali-sekali makan nggak apa-apa, yang penting jangan jangka panjang," jelasnya.
Kanker nasofaring, papar Bambang, tidak disebabkan oleh salah satu satu faktor saja, melainkan multifaktor seperti genetika, makanan, gizi, penyakit kronis, rokok, alkohol, asap debu dan infeksi virus Epstein Barr.
Beberapa faktor lain juga memengaruhi atau memicu terjadinya KNF yaitu bekerja di lingkungan yang terpapar gas dan bahan kimia industri, peleburan besi, formaldehinda dan serbuk kayu.
Berdasarkan data pasien yang dirawat Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), ditemukan lebih dari 100 kasus baru penderita nasofaring setiap tahunnya. Sebagian besar pasien yang datang berobat sudah dalam stadium lanjut.

Bukti betapa tidak adilny dunia ini, udah miskin (sehingga cuma bisa makan dengan ikan asin) beresiko kena kanker pula, padahal sebagai orang miskin kena kanker, maka obatnya hanya P (Pasrah).

Sad
Kembali Ke Atas Go down
Tamu
Tamu



PostSubyek: Re: Doyan lkan Asin Berisiko Kanker   3rd June 2011, 17:17

gapapa, Om... :)

justru orang miskin biasanya sedikit lebih tahan dari penyakit.

contoh :
orang kaya kehujanan dikit aja udah meriang, tapi abang2 becak yang nyari duit mengayuh becak ditengah hujan malah jarang demam.
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Doyan lkan Asin Berisiko Kanker   3rd June 2011, 17:28

Quote :
Berdasarkan urutannya di kawasan Asia, kasus nasofaring paling banyak ditemukan di negara Cina bagian Selatan, Hongkong, Vietnam, Thailand, Malaysia, dan Indonesia.
KNF ditemukan endemik di negara Cina Selatan, yang sebagian besar penduduknya mengkonsumsi ikan asin. Dalam suatu penelitian di Cina Selatan, terungkap bahwa penduduk desa yang banyak makan ikan asin, ternyata tinggi pula angka penderita nasofaringnya.

Ngga ada cara begitu bro, tulisan yang saya bold itu membuktikan, bahwa kebanyakan makan ikan asin memang menyebabkan kanker.

Aduh, padahal nasi putih panas, dengan sambal terasi plus gandaria, dengan ikan asin gabus digoreng garing. Nyam nyam, rasanya lebih enak dari kobe beef steak tuh.

Kembali Ke Atas Go down
Tamu
Tamu



PostSubyek: Re: Doyan lkan Asin Berisiko Kanker   3rd June 2011, 17:43

wah, kalau gitu saya harus beralih dari "gesek" (ikan asin) ke kobe beef steak... Laughing
ha..ha..ha...

cuma masalahnya satu, sekali gajian 3 kali makan mungkin udah habis...

hari2 selanjutnya nunggu kalau ada orang hajatan biar bisa makan gratissss... Razz
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Doyan lkan Asin Berisiko Kanker   3rd June 2011, 17:48

@t2y

Kalau pas mau makan Kobe beef steak, dan pingin nraktir, anda bisa ajak saya bro, he he he he
Kembali Ke Atas Go down
Tamu
Tamu



PostSubyek: Re: Doyan lkan Asin Berisiko Kanker   3rd June 2011, 17:50

bruce wrote:
@t2y

Kalau pas mau makan Kobe beef steak, dan pingin nraktir, anda bisa ajak saya bro, he he he he

wah, gimana kalau traktir "nasi putih panas, dengan sambal terasi plus gandaria, dengan ikan asin gabus digoreng garing."
yang lebih enak dari kobe beef steak, Om ? Laughing
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Doyan lkan Asin Berisiko Kanker   3rd June 2011, 17:54

Kalau di kota anda cukup empal gentong lah

Very Happy
Kembali Ke Atas Go down
Tamu
Tamu



PostSubyek: Re: Doyan lkan Asin Berisiko Kanker   3rd June 2011, 17:57

bruce wrote:
Kalau di kota anda cukup empal gentong lah

Very Happy

ahhh, si Om dari lebaran tahun kemaren bilang mau dateng juga gak jadi2. Razz
ke jateng aja, lewat2 melulu... Laughing
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Doyan lkan Asin Berisiko Kanker   3rd June 2011, 18:10

Quote :
ahhh, si Om dari lebaran tahun kemaren bilang mau dateng juga gak jadi2.
ke jateng aja, lewat2 melulu...

Lagi ngumpulin ongkos bro, maklum rakyat jelata

Sad
Kembali Ke Atas Go down
Tamu
Tamu



PostSubyek: Re: Doyan lkan Asin Berisiko Kanker   4th June 2011, 13:46

bruce wrote:
Quote :
ahhh, si Om dari lebaran tahun kemaren bilang mau dateng juga gak jadi2.
ke jateng aja, lewat2 melulu...

Lagi ngumpulin ongkos bro, maklum rakyat jelata

Sad

iya, iya...
kapan ke SG lg, Om ? Laughing
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: Doyan lkan Asin Berisiko Kanker   4th June 2011, 14:29

Quote :

Bukti betapa tidak adilny dunia ini, udah miskin (sehingga cuma bisa makan dengan ikan asin) beresiko kena kanker pula, padahal sebagai orang miskin kena kanker, maka obatnya hanya P (Pasrah).
Sad

Oo... mungkin kasus doyan ikan asin ini biang kerok maka kakek saya tidak sempat saya kenal karena keburu wafat. Menurut cerita orang tua sih, memang kakek saya wafat bertepatan dengan sang kakek kanker (kantong kering).
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content




PostSubyek: Re: Doyan lkan Asin Berisiko Kanker   

Kembali Ke Atas Go down
 
Doyan lkan Asin Berisiko Kanker
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» HT & Throat mic buat yg doyan touring
» Part buat yang doyan akselerasi :D :D :D
» kenapa mesin kalo panas suka bau??? tanki bensin kok panas ya??
» NINJA 250R DOYAN TABRAKAN
» Solusi buat yg doyan bongkar pasang bracket nopol aftermarket (Update Pict)

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Ladang Tuhan Baru :: Diskusi Umum :: Obrolan bebas-
Navigasi: