Ladang Tuhan Baru
Selamat datang kepada sesama saudara Kristen dan saudara lain iman. Mari kita saling kenal dalam suasana bersahabat.

Ladang Tuhan Baru

Forum Komunitas Kristen
 
IndeksIndeks  PencarianPencarian  PendaftaranPendaftaran  LoginLogin  

Share | 
 

 Yesus/Isa dalam 2 perseptif Krsiten dan Islam

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
Pilih halaman : 1, 2, 3, 4  Next
PengirimMessage
samiaji
Calon Perwira
Calon Perwira


Jumlah posting : 392
Join date : 26.02.11
Age : 38

PostSubyek: Yesus/Isa dalam 2 perseptif Krsiten dan Islam   4th June 2011, 14:37

Seorang tokoh yang menjadi sentral kekristenan adalah Yesus Kristus yang menurut keimanan kristen adalah Allah yang menjelma menjadi manusia. Sedangkan dalam keimanan Islam, tokoh yang memiliki ciri-ciri yang sama yaitu Isa dipercaya sebagai rasul Allah dan hanya manusia biasa.

Dalam topik ini kita akan membahas dan mengemukakan pendapat, pengetahuan, dan keyakinan kita akan sosok tersebut.

Kalau boleh mengusulkan, dalam membahas topik ini, kita bagi dalam point-point pembahasan :
1. Riwayat hidup Yesus/Isa (secara umum) menurut kesaksian kitab suci masing-masing
2. Peristiwa Penyaliban, Kematian, dan Kebangkitan
3. Ajaran, Mujizat, dan Warisan Isa/Yesus
4. Nubuat atau "ramalan" tentang kedatangan Isa/Yesus yang kedua kalinya (akhir zaman)
5. Pendapat umat kristen, islam, dan dunia tentang sosok Yesus/Isa

Mudah-mudahan masing-masing pihak dapat mengemukakan pendapatnya dengan santun dan saling memaklumi bahwa perbedaan keyakinan wajar adanya, tanpa harus memaksakan keyakinan kita kepada orang lain.


Salam
Kembali Ke Atas Go down
samiaji
Calon Perwira
Calon Perwira


Jumlah posting : 392
Join date : 26.02.11
Age : 38

PostSubyek: Re: Yesus/Isa dalam 2 perseptif Krsiten dan Islam   4th June 2011, 16:39

1. Riwayat Hidup Yesus (versi Kristen)

Dari 4 kitab Injil yang diimani oleh orang kristen sebagai saksi mata.
# Malaikat memberitahukan bahwa Maria akan mengandung dan melahirkan seorang anak
# Sekitar kelahiran Yesus, terjadi sensus yang mengharuskan Maria dan Yusuf pulang kampung ke Betlehem
# Terjadi peristiwa pembunuhan anak-anak kecil oleh Herodes yang takut akan ramalan lahirnya seorang raja Yahudi
# Masa kecil Yesus tidak banyak diceritakan, hanya disebutkan ia tinggal dengan orang tuanya
# Umur 30 thn atau lebih, Yesus dibaptis oleh Yohanes dan memulai pelayanannya
# Berkeliling untuk mengajar, mengadakan mujizat, menyembuhkan orang. Memilih 12 orang murid (tetap)
# Ajarannya sering meng-kritik ahli-ahli agama (Farisi dan Saduki), yang dikatakan tidak memahami esensi dari Hukum Taurat.. Ahli agama banyak memberi pertanyaan ujian
# Akhirnya ditangkap oleh para ahli agama, dituduh akan menggulingkan pemerintahan Romawi dan menganggap setara dengan Allah
# Disalibkan, meninggal menjelang hari perayaan Yahudi, lalu dikuburkan
# Bangkit pada hari yang ke-3. Menampakkan diri kepada murid-muridnya dan banyak orang lain
# Terangkat ke surga.. dan akan datang dari sana untuk menghakimi orang yang hidup dan yang mati.

tulisan pada kitab-kitab Injil dilihat sebagai kesaksian dari murid-muridnya, bisa saja menceritakan peristiwa yang sama dari sudut pandang berbeda, atau saling melengkapi. Perisitwa yang dicatat cukup mendetail, mencakup latar belakang kejadian, nama orang-orang yang terlibat, tempat kejadian, saksi-saksi, bahkan kadang-kadang dituliskan tujuan atau pelajaran yang bisa ditarik dari peritiwa tersebut.


Silakan rekan-rekan menambahkan..
Juga rekan-rekan muslim untuk menampilkan riwayat sosok Isa versi Islam..

Salam
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: Yesus/Isa dalam 2 perseptif Krsiten dan Islam   4th June 2011, 17:22

Wah, spontan. Bikin saya caper (calon perwira) hehhehheee....
Kembali Ke Atas Go down
Tamu
Tamu



PostSubyek: Re: Yesus/Isa dalam 2 perseptif Krsiten dan Islam   4th June 2011, 23:45

sedikit tambahan (dari sebelah Laughing) :

Quote :

Sejarah Mendukung Biografi Yesus Sesuai Alkitab

Selama beberapa abad terdapat berbagai pertentangan mengenai kehidupan Yesus, kematian Yesus dan kebangkitan Yesus. Sejauh ini beberapa umat kristen hanya membaca sejauh apa yang ada dari alkitab. Lalu bagaimana dengan sejarah ? Berikut adalah catatan sejarah yang pernah ada yang mendukung berbagai kejadian di alkitab seputar kehidupan Yesus.

A. FLAVIUS JOSEPHUS

Flavius JosephusNama aslinya adalah Joseph bin Matthias, seorang dari sejarawan Yahudi yang berasal dari keluarga imam, lahir pada tahun 37 M di Yerusalem dan meninggal tahun 100 M di Roma. Di tahun 93 M ia menulis buku Antiquitates Judaicae atau Jewish Antiquities yang terdiri dari 20 buku yang melukiskan sejarah Yahudi dari penciptaan hingga pecahnya pemberontakan tahun 66 – 70 M dan kehancuran kota Yerusalem. Dalam buku ke-18 dari Antt. (18,55-89) dia melukiskan situasi Palestina ketika Pilatus menjadi prefect Romawi di sana. Dalam bagian ini ada yang disebut dengan Testimonium Flavianum yakni kesaksian Flavius Josephus tentang Yesus, yakni pada Antt. 18,63-64. Teks selengkapnya sebagai berikut4:

Pada masa inilah muncul Yesus, seorang yang bijaksana, kalau boleh dia disebut manusia. Karena dia adalah seorang yang mengerjakan perbuatan-perbuatan yang menakjubkan dan seorang guru bagi mereka yang menerima kebenaran yang menyenangkan, dan dia telah memikat banyak orang Yahudi dan orang Yunani. Dia ini adalah Kristus. Dan ketika Pilatus, atas desakan orang-orang penting di antara kita, telah menghukumnya di kayu salib, mereka yang sejak semula mengasihinya tidak berhenti [mengasihinya] karena pada hari ketiga dia telah menampakkan diri kepada mereka dalam keadaan hidup kembali. Para nabi Allah telah menubuatkan hal ini dan berbicara tentang aneka hal ajaib tentang dia. Dan klan Kristen, demikian disebut menurut [nama]nya, masih bertahan sampai hari ini.

Sebagian para ahli meragukan apakah kalimat itu benar-benar dari Josephus sendiri ataukah hasil interpolasi penyalin Kristen. Namun, tidak diragukan bahwa Josephus menyebutkan fakta bahwa Pilatus telah menghukum Yesus di kayu salib .

B. CORNELIUS TACITUS

Cornelius TacitusTacitus adalah seorang sejarawan Romawi yang lahir sekitar 52 – 54 M dan meninggal sekitar 120 M. Pada tahun 112 / 113 M dia menjadi proconsul / gubernur di Asia. Dia menulis buku Annals yang berisi sejarah kekaisaran Romawi periode 14 M – 68 M. Dalam bukunya Annals volume XV, tentang Kaisar Nero yang telah mengkambinghitamkan orang Kristen sebagai penyebab terbakarnya kota Roma, ia menulis dalam Annals 15.44.2-3 sebagai berikut5:

Nero dari keaiban oleh karena dituduh telah sengaja menimbulkan kebakaran besar di Roma. Jadi untuk menghentikan desas-desus itu dia mengalihkan tuduhan dengan memfitnah dan menghukum dengan siksaan paling keji terhadap orang-orang yang disebut Kristen, yang dibenci karena kejahatannya, Kristus, dari mana nama ini berasal, yang menderita hukuman yang ekstrem (Dieksekusi) dalam pemerintahan Tiberius, di tangan prokurator kita, Pontius Pilatus, dan sebuah ketidakmasukakalan yang banyak mencelakakan, karena ketika dicek pada waktu itu, meletus lagi tidak hanya di Yudea, sumber pertama kejahatan ini, tetapi bahkan di Roma, dimana segala kengerian dan kebencian dari setiap bagian dunia mendapatkan pusatnya dan menjadi popular.

Demikian laporan Tacitus, sejarawan Romawi, yang menuturkan situasi pengikut Kristus di kota Roma. Tentang Kristus, Tacitus menyebutkan bahwa dia telah menderita hukuman yang ekstrem pada masa pemerintahan Pontius Pilatus. Tidak disebutkan secara eksplisit cara eksekusinya, namun hukuman salib merupakan cara eksekusi yang lazim pada masa itu bagi pelaku tindakan kriminal dan pemberontakan. Berbeda dengan Paulus yang dipenggal kepalanya di Roma karena dia mempunyai kewarganegaraan Romawi juga.

C. LUCIANUS dari SAMOSATA

Lucianus SamosataLucianus adalah seorang filsuf dan sejarawan Yunani yang lahir di Samosata pada tahun 120 M dan meninggal sekitar 180 M di Athena. Dalam salah satu bukunya (De Morte Peregrini – Kematian Peregrinus 11) dia menulis tentang Peregrinus yang telah menjadi Kristen dan yang memiliki pemeluk di Palestina yang masih menyembah orang yang telah disalibkan di Palestina.







D. MARA BAR SARAPION

Dia adalah seorang filsuf Stoa dari Syria yang menulis surat untuk anaknya Sarapion yang tengah berada dalam penjara Romawi. Dia menasihati anaknya bahwa kebijaksanaan mungkin akan dimusuhi oleh dunia yang penuh dengan kekerasan, namun kebijaksanan itu sendiri abadi. Dia mengilustrasikannya dengan menggambarkan kehidupan Socrates, Phytagoras, dan Yesus – kendati dia tidak menyebut nama-Nya secara eksplisit. Demikian teks selengkapnya:

Apakah baiknya orang-orang Athena membunuh Socrates, karena perbuatan mereka dibalas dengan kelaparan dan wabah? Apakah faedahnya orang-orang Samian membakar Phytagoras, karena akhirnya negeri mereka seluruhnya terkubur di bawah pasir pada saat itu? Dan apakah manfaatnya orang-orang Yahudi membunuh raja mereka yang bijaksana, karena kerajaan mereka akhirnya direbut dari mereka dari saat itu?

Tuhan dengan adil telah membalaskan ketiga orang bijaksana ini. Orang-orang Athena mati oleh kelaparan, orang-orang Samian ditenggelamkan ke laut, dan orang-orang Yahudi disembelih dan dihalau dari kerajaannya, sehingga mereka hidup terpencar dimana-mana.

Socrates tidak mati, berterimakasihlah pada Plato; demikian pula Phytagoras, karena patung Hera. Demikian juga sang raja bijasana tidak [mati], karena hukum baru yang ia berikan.

Mara Bar Serapion yang menulis surat paling awal setelah kehancuran Yerusalem dan kemudian orang-orang Yahudi terpencar (terdiaspora) ke pelbagai tempat, melihat Yesus sebagai seorang raja yang bijaksana. Kemungkinan besar dia mengetahui bahwa saat Yesus disalibkan Pilatus menuliskan keterangan di salib-Nya "Yesus, orang Nazaret, Raja orang Yahudi" (INRI), yang tertulis dalam bahasa Ibrani, Latin, dan Yunani (Yoh 19:19-20). Demikian pula dia mengenal hukum baru yang dibawa Yesus, bukanlah hukum Taurat, melainkan hukum kasih yang mungkin diketahuinya dari para pengikut Kristus. Tetapi Mara sendiri adalah seorang filsuf kafir.

Demikianlah data-data sejarah dari "pihak ketiga", baik Yahudi maupun terlebih penulis sekuler mengakui fakta bahwa yang disalibkan itu adalah Yesus yang kemudian lebih dikenal sebagai Kristus. Kesaksian mereka ini meneguhkan kesaksian Injil kanonik bahwa Yesus dari Nazaret benar-benar telah disalibkan pada zaman Pontius Pilatus.

Yesus disalib

Bila peristiwa penyaliban Yesus dianggap sebagai legenda saja, jelas hal ini bertentangan dengan data-data sejarah. Bahkan Injil Markus sudah ditulis sebelum kehancuran kota Yerusalem pada tahun 70 M. Di sini tampaklah pihak Yahudi, Yunani, Kristiani (didukung oleh data-data sejarah) tanpa kesulitan mengakui fakta penyaliban Yesus, yang tidak lain adalah saat puncak Tuhan menyelamatkan dan menebus manusia. Maka berbahagialah kita yang terbuka hati mau menyambut rahmat kasih karunia dari Allah ini. Inilah cara yang Tuhan gunakan untuk menebus dosa dunia dan mendamaikan kita dengan diri-Nya. Dari hal ini dapat kita simpulkan bahwa benarlah apa yang Paulus sampaikan dalam surat nya di Kolose 1:19-23:

"Karena seluruh kepenuhan Allah berkenan diam di dalam Dia, dan oleh Dia-lah Ia memperdamaikan segala sesuatu dengan diri-Nya, baik yang ada di bumi, maupun yang ada di sorga, sesudah Ia mengadakan pendamaian oleh darah salib Kristus. Juga kamu yang dahulu hidup jauh dari Allah dan yang memusuhi-Nya dalam hati dan pikiran seperti yang nyata dari perbuatanmu yang jahat, sekarang diperdamaikan- Nya, di dalam tubuh jasmani Kristus oleh kematian-Nya, untuk menempatkan kamu kudus dan tak bercela dan tak bercacat di hadapan-Nya. Sebab itu kamu harus bertekun dalam iman, tetap teguh dan tidak bergoncang, dan jangan mau digeser dari pengharapan Injil, yang telah kamu dengar dan yang telah dikabarkan di seluruh alam di bawah langit, dan yang aku ini, Paulus, telah menjadi pelayannya."



Referensi

Brown, Raymond. The Death of Messiah (New York: Double Day, 1994).

Danker, F.W. – W. Bauer, A Greek-English Lexicon of the New Testament and Other Early Christian Literature (Chicago: Univercity of Chicago, 2000).

Jeremias, J. " amnoj, arvhn, arnion", Theological Dictionary of The New Testament. Vol I. Trans.

Geoffrey W. Bromiley (Grand Rapids,MI: Eerdmans, 1968).

McDowell, Josh. Apologetika, Jilid I (Malang: Gandum Mas, 2002).

Noorsena, Bambang. Injil Barnabas: Asal-Usul, Historitas, dan Isinya (Yogyakarta: Andi, 1990).

Nestle-Aland, Novum Testamentum Graecae, edisi 27 (Stuttgart: Deutsche Bibelgesellschaft, 1998).

Theissen, Gerd dan Annete Merz. The Historical Jesus. A Comprehensive Guide (terj. John Bowden). (London: SCM Press, 1998).

sumber


tentu saja tidak semua dari kita percaya akan tulisan2 sejarahwan diatas karena mungkin ada pertimbangan2 khusus Razz
tetapi setidaknya kita bisa melihat bahwa ada juga kesaksian2 lain diluar kesaksian murid2-Nya. :)
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: Yesus/Isa dalam 2 perseptif Krsiten dan Islam   6th June 2011, 09:58

Damai bagi semua.

Ketepatan bahan literatur bacaan saya, yang saya pandang relevan dengan topik ini, saya nilai belum cukup untuk mendukung saya memberi tambahan. Saya menyimak aja yah? Kalau ada yang ingin saya tanyakan, atau ada yang ingin saya buat lebih jelas (menurut saya lo), akan saya kemukakan.

Kemana si striker ya? Kalau tidak salah ingat, dia yang ingin agar trit seperti ini diketengahkan untuk dibahas bersama. Konon, dia punya banyak bahan yang lama dia simpan-simpan sejak dia bersekolah di lanjutan atas. Mungkinkah dia sedang ngopi? Sebentar, saya cari.

Damai bagi LTB-ers.
Kembali Ke Atas Go down
Silancah
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1492
Join date : 29.01.11
Lokasi : Bandung Barat

PostSubyek: Re: Yesus/Isa dalam 2 perseptif Krsiten dan Islam   6th June 2011, 10:42

samiaji wrote:
Silakan rekan-rekan menambahkan..
Juga rekan-rekan muslim untuk menampilkan riwayat sosok Isa versi Islam..

Salam

Insya Allah akan saya tanggapi ... pada saat saya punya waktu lowong.
Semoga bisa sabar menunggu ya bro ...
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: Yesus/Isa dalam 2 perseptif Krsiten dan Islam   8th June 2011, 09:21

Damai bagi semua.

Ternyata si striker tidak ditempat ngopi. Kemana dia ya? Oo... mungkin dia sedang menghimpun kembali bahan-bahan yang dia dapat semasih di lanjutan atas. Moga aja dia segera men-sharing-kannya disini.

Sebelum trit ini dibuat, mengingat semangat para pihak yang ingin trit ini dibuat, ditambah dengan dugaan-dugaan trit ini bakal 'membara', tadinya saya duga trit ini akan ramai menampung berbagai pikiran, gagasan, ide, atau apapun. Ternyata, biasa aja lageee. Anteng, cool.

Kelihatannya, perspektif Yesus bagi Kristen dengan perspektif Isa bagi Islam sudah mencapai kulminasi. Masing-masing pihak sudah sampai pada kesimpulan bahwa Yesus tidak sama dengan Isa, sehingga tidak perlu dibahas. Yesus ya Yesus dengan ketuhananNya, Isa ya Isa dengan kenabiannya.

Agak aneh, meski Isa dipandang sebagai nabi yang tidak berdosa, dan merupakan jalan yang lurus, tetapi diakui masih kalah besar daripada yang lain. Masih ada oknum yang dinilai lebih besar daripada Isa. Jika ditanya, mengapa? Dijawab, ya itulah adanya.

Makin aneh, karena dinyatakan lebih besar, tetapi tidak mengemukakan pembandingan. Padahal, dengan menggunakan kata 'lebih', seharusnya ada pembandingan, misalnya karena volume, karena waktu, karena penerimaan universal, dll.

Damai, damai, damai.


Terakhir diubah oleh Husada tanggal 8th June 2011, 14:54, total 1 kali diubah
Kembali Ke Atas Go down
Djo
Perwira Pertama
Perwira Pertama


Jumlah posting : 794
Join date : 28.01.11

PostSubyek: Re: Yesus/Isa dalam 2 perseptif Krsiten dan Islam   8th June 2011, 11:14

Husada wrote:

Agak aneh, meski Isa dipandang sebagai nabi yang tidak berdosa, dan merupakan jalan yang lurus, tetapi diakui masih kalah besar daripada yang lain.

Setahu saya, dalam pandangan islam, Nabi Isa adalah manusia biasa yg tidak luput dari dosa, begitupun nabi besar SAW. Hanya saja, sebagi seorang nabi (pilihan Allah), mereka memang terjaga (dijaga) dari segala perbuatan dosa besar.

Pun seandainya mereka (khilaf) melakukan kesalahan, Allah langsung menegur mereka atas kesalahan tsb, sehingga tidak ada dosa yg berlarut2.

Itu yg sy tahu, CMIIW.
Kembali Ke Atas Go down
Silancah
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1492
Join date : 29.01.11
Lokasi : Bandung Barat

PostSubyek: Re: Yesus/Isa dalam 2 perseptif Krsiten dan Islam   8th June 2011, 14:00

Djo wrote:
Setahu saya, dalam pandangan islam, Nabi Isa adalah manusia biasa yg tidak luput dari dosa, begitupun nabi besar SAW. Hanya saja, sebagi seorang nabi (pilihan Allah), mereka memang terjaga (dijaga) dari segala perbuatan dosa besar.

Pun seandainya mereka (khilaf) melakukan kesalahan, Allah langsung menegur mereka atas kesalahan tsb, sehingga tidak ada dosa yg berlarut2.

Itu yg sy tahu, CMIIW.

Correct, bro... dan dalam pandangan Islam Nabi Isa as dan Yesus adalah sosok yang sama.
Kembali Ke Atas Go down
Djo
Perwira Pertama
Perwira Pertama


Jumlah posting : 794
Join date : 28.01.11

PostSubyek: Re: Yesus/Isa dalam 2 perseptif Krsiten dan Islam   8th June 2011, 14:03

Silancah wrote:

Correct, bro... dan dalam pandangan Islam Nabi Isa as dan Yesus adalah sosok yang sama.

kecuali dalam peristiwa penyaliban ya kang ?
Kembali Ke Atas Go down
Silancah
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1492
Join date : 29.01.11
Lokasi : Bandung Barat

PostSubyek: Re: Yesus/Isa dalam 2 perseptif Krsiten dan Islam   8th June 2011, 14:13

Djo wrote:
Silancah wrote:

Correct, bro... dan dalam pandangan Islam Nabi Isa as dan Yesus adalah sosok yang sama.

kecuali dalam peristiwa penyaliban ya kang ?

Benar ... perbedaan yang paling besar adalah hal itu dan pengakuan Yesus sebagai inkarnasi Tuhan.
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: Yesus/Isa dalam 2 perseptif Krsiten dan Islam   8th June 2011, 15:03

Silancah wrote:
Correct, bro... dan dalam pandangan Islam Nabi Isa as dan Yesus adalah sosok yang sama.

Damai bagimu, Cah.

Boleh tahukah, di surat mana ayat berapa di dalam Al Qur'an tertulis Yesus? Atau di Hadits mana pasal berapa? Bolehkah digugel?

Trims.
Kembali Ke Atas Go down
Silancah
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1492
Join date : 29.01.11
Lokasi : Bandung Barat

PostSubyek: Re: Yesus/Isa dalam 2 perseptif Krsiten dan Islam   8th June 2011, 15:15

Husada wrote:
Damai bagimu, Cah.

Boleh tahukah, di surat mana ayat berapa di dalam Al Qur'an tertulis Yesus? Atau di Hadits mana pasal berapa? Bolehkah digugel?

Trims.

Sepengetahuan saya, karena Al Quran ditulis dalam bahasa dan dialek Arab maka tentu saja tidak akan ditemukan nama Yesus di dalamnya, bro ...
Kembali Ke Atas Go down
Tamu
Tamu



PostSubyek: Re: Yesus/Isa dalam 2 perseptif Krsiten dan Islam   8th June 2011, 17:12

peristiwa kelahiran pun sedikit berbeda.
dan Yusuf sama sekali tidak disebut2 kalau gak salah. (CMIIW)
Kembali Ke Atas Go down
Silancah
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1492
Join date : 29.01.11
Lokasi : Bandung Barat

PostSubyek: Re: Yesus/Isa dalam 2 perseptif Krsiten dan Islam   9th June 2011, 07:42

T2Y wrote:
peristiwa kelahiran pun sedikit berbeda.
dan Yusuf sama sekali tidak disebut2 kalau gak salah. (CMIIW)

Seingat saya memang tidak pernah disebut2, bro ...
Kalau tidak salah, bahkan ada yang pernah menganalisa bahwa sosok Yusuf ini sesungguhnya tidak ada ...
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: Yesus/Isa dalam 2 perseptif Krsiten dan Islam   9th June 2011, 08:33

Damai bagimu, Cah.
Silancah wrote:
Sepengetahuan saya, karena Al Quran ditulis dalam bahasa dan dialek Arab maka tentu saja tidak akan ditemukan nama Yesus di dalamnya, bro ...
Oo... begitu. Kalau boleh menduga, berarti Silancah mempersamakan Yesus dengan Isa karena ada bagian-bagian kisah di keduanya hampir bersamaan ya? Atau, saya ganti kaliamatnya, apa sih pertimbangan Silancah sehingga Silancah memandang Yesus sama dengan Isa?

Silancah wrote:
Seingat saya memang tidak pernah disebut2, bro ...
Kalau tidak salah, bahkan ada yang pernah menganalisa bahwa sosok Yusuf ini sesungguhnya tidak ada ...
Menarik. Kalau Silancah bersedia, menurut saya, analisis yang menyimpulkan sosok Yusuf itu tidak ada, sangat layak dikemukakan. Mungkin partisipan forum ini dapat me-review.

Damai bagi Indonesia.
Kembali Ke Atas Go down
Silancah
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1492
Join date : 29.01.11
Lokasi : Bandung Barat

PostSubyek: Re: Yesus/Isa dalam 2 perseptif Krsiten dan Islam   9th June 2011, 09:29

Husada wrote:
Damai bagimu, Cah.Oo... begitu. Kalau boleh menduga, berarti Silancah mempersamakan Yesus dengan Isa karena ada bagian-bagian kisah di keduanya hampir bersamaan ya? Atau, saya ganti kaliamatnya, apa sih pertimbangan Silancah sehingga Silancah memandang Yesus sama dengan Isa?

Pertama, karena memang kisah hidup yang tercantum di Alkitab dan Al Quran itu mirip.
Kedua, karena ada ayat2 di dalam Al Quran yang membahas Isa as Masih dengan pengikutnya di saat kehidupan beliau dan setelahnya yang menunjukkan bahwa Isa as Masih ini adalah sosok yang sama dengan Yesus.

Husada wrote:
Menarik. Kalau Silancah bersedia, menurut saya, analisis yang menyimpulkan sosok Yusuf itu tidak ada, sangat layak dikemukakan. Mungkin partisipan forum ini dapat me-review.

Damai bagi Indonesia.

Harus saya cari dulu bro ... sabar ya :)
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: Yesus/Isa dalam 2 perseptif Krsiten dan Islam   9th June 2011, 09:37

Silancah wrote:

Harus saya cari dulu bro ... sabar ya :)

Terima kasih. Saya tunggu.
Kembali Ke Atas Go down
striker
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1393
Join date : 03.02.11

PostSubyek: Re: Yesus/Isa dalam 2 perseptif Krsiten dan Islam   9th June 2011, 21:47

Maaf lama tdk silaturahmi :)

berikut saya syaring tentang Isa dlm Al Qur'an.

Qs 19:22, Maryam mengandung
QS 19, 23-24, Kelahiran Isa itu pada musim korma
QS 3:49, 19:30, beliau adalah hamba Allah yg diangkat sebagai Nabi Utusan Allah untuk bangsa Israil
QS 3:51; 5:117; 19:36; 43:64, Beliau mengajarkan bahwa Allah itu Maha Esa dan mengajak kaumnya agar mengabdi kepadaNya, dengan membawa banyak tanda bukti mukjizat, diantaranya:
-Membuat burung dari tanah (3:48; 5:110),
-Menyembuhkan orang sakit buta dan lepra (3:48; 5:110),
-Menghidupkan orang mati (3:48; 5:110)
QS 19:31, Beliau seorang yang selalu mendirikan salat dan membayar zakat
QS 19:32, Beliau tak berlaku kasar terhadap ibunya.
QS 5:75, Beliau membutuhkan makan, minum dan akhirnya wafat (5:75) sebagaimana para nabi sebelumnya.
QS 5:116, Beliau telah menyangkal pengakuan sebagai Tuhan.
QS 3:52, Murid-murid beliau disebut kaum Hawariyin dan menolong agama Allah
QS 5:112-115, Allah swt. Berkenan menurunkan “makanan” dari langit kepada mereka (para murid Isa)
QS 4:156, bani israel tidak Berterima kasih atas petunjuknya, malah mendustakannya dan menghina beliau sebagai anak haram dan ibunya telah berbuat serong
QS 3:54, bani israel merencanakan pembunuhan secara keji terhadap beliau, tetapi Tuhan berjanji akan menyelamatkannya QS 3:55
QS 5:157 -158, beliau tdk terbunuh juga tdk pula tersalibkan.


demikian sedikit yg bisa saya syaring, kalau nanti saya menemukan lagi Insya Allah akan saya tambahkan.
atau mungkin mas silancah bisa menambahkannya, monggo.
Kembali Ke Atas Go down
striker
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1393
Join date : 03.02.11

PostSubyek: Re: Yesus/Isa dalam 2 perseptif Krsiten dan Islam   9th June 2011, 21:51

Kalau boleh saya ada sedikit pertanyaan buat rekan2 kristiani disini,

Apakah dlm Yesaya 53, itu nubuat tentang Yesus?
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Yesus/Isa dalam 2 perseptif Krsiten dan Islam   10th June 2011, 08:34

Quote :
Yes 53:1 Siapakah yang percaya kepada berita yang kami dengar, dan kepada siapakah tangan kekuasaan TUHAN dinyatakan?

Yes 53:2 Sebagai taruk ia tumbuh di hadapan TUHAN dan sebagai tunas dari tanah kering. Ia tidak tampan dan semaraknyapun tidak ada sehingga kita memandang dia, dan rupapun tidak, sehingga kita menginginkannya.

Yes 53:3 Ia dihina dan dihindari orang, seorang yang penuh kesengsaraan dan yang biasa menderita kesakitan; ia sangat dihina, sehingga orang menutup mukanya terhadap dia dan bagi kitapun dia tidak masuk hitungan.

Yes 53:4 Tetapi sesungguhnya, penyakit kitalah yang ditanggungnya, dan kesengsaraan kita yang dipikulnya, padahal kita mengira dia kena tulah, dipukul dan ditindas Allah.

Yes 53:5 Tetapi dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita; ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh.

Yes 53:6 Kita sekalian sesat seperti domba, masing-masing kita mengambil jalannya sendiri, tetapi TUHAN telah menimpakan kepadanya kejahatan kita sekalian.

Yes 53:7 Dia dianiaya, tetapi dia membiarkan diri ditindas dan tidak membuka mulutnya seperti anak domba yang dibawa ke pembantaian; seperti induk domba yang kelu di depan orang-orang yang menggunting bulunya, ia tidak membuka mulutnya.

Yes 53:8 Sesudah penahanan dan penghukuman ia terambil, dan tentang nasibnya siapakah yang memikirkannya? Sungguh, ia terputus dari negeri orang-orang hidup, dan karena pemberontakan umat-Ku ia kena tulah.

Yes 53:9 Orang menempatkan kuburnya di antara orang-orang fasik, dan dalam matinya ia ada di antara penjahat-penjahat, sekalipun ia tidak berbuat kekerasan dan tipu tidak ada dalam mulutnya.

Tentu ingin dibenturkan dengan ayat berikutnya ini ya mas?

Quote :
Yes 53:10 Tetapi TUHAN berkehendak meremukkan dia dengan kesakitan. Apabila ia menyerahkan dirinya sebagai korban penebus salah, ia akan melihat keturunannya, umurnya akan lanjut, dan kehendak TUHAN akan terlaksana olehnya.

:)
Kembali Ke Atas Go down
striker
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1393
Join date : 03.02.11

PostSubyek: Re: Yesus/Isa dalam 2 perseptif Krsiten dan Islam   10th June 2011, 08:44

bruce wrote:
Quote :
Yes 53:1 Siapakah yang percaya kepada berita yang kami dengar, dan kepada siapakah tangan kekuasaan TUHAN dinyatakan?

Yes 53:2 Sebagai taruk ia tumbuh di hadapan TUHAN dan sebagai tunas dari tanah kering. Ia tidak tampan dan semaraknyapun tidak ada sehingga kita memandang dia, dan rupapun tidak, sehingga kita menginginkannya.

Yes 53:3 Ia dihina dan dihindari orang, seorang yang penuh kesengsaraan dan yang biasa menderita kesakitan; ia sangat dihina, sehingga orang menutup mukanya terhadap dia dan bagi kitapun dia tidak masuk hitungan.

Yes 53:4 Tetapi sesungguhnya, penyakit kitalah yang ditanggungnya, dan kesengsaraan kita yang dipikulnya, padahal kita mengira dia kena tulah, dipukul dan ditindas Allah.

Yes 53:5 Tetapi dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita; ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh.

Yes 53:6 Kita sekalian sesat seperti domba, masing-masing kita mengambil jalannya sendiri, tetapi TUHAN telah menimpakan kepadanya kejahatan kita sekalian.

Yes 53:7 Dia dianiaya, tetapi dia membiarkan diri ditindas dan tidak membuka mulutnya seperti anak domba yang dibawa ke pembantaian; seperti induk domba yang kelu di depan orang-orang yang menggunting bulunya, ia tidak membuka mulutnya.

Yes 53:8 Sesudah penahanan dan penghukuman ia terambil, dan tentang nasibnya siapakah yang memikirkannya? Sungguh, ia terputus dari negeri orang-orang hidup, dan karena pemberontakan umat-Ku ia kena tulah.

Yes 53:9 Orang menempatkan kuburnya di antara orang-orang fasik, dan dalam matinya ia ada di antara penjahat-penjahat, sekalipun ia tidak berbuat kekerasan dan tipu tidak ada dalam mulutnya.

Tentu ingin dibenturkan dengan ayat berikutnya ini ya mas?

Quote :
Yes 53:10 Tetapi TUHAN berkehendak meremukkan dia dengan kesakitan. Apabila ia menyerahkan dirinya sebagai korban penebus salah, ia akan melihat keturunannya, umurnya akan lanjut, dan kehendak TUHAN akan terlaksana olehnya.

:)

jujur iya mas, tapi bukan ingin 'membenturkan' tapi ingin sekali bertanya tentang ayat tersebut.

Soalnya saya agak terkejut mendapatkan ayat tersebut, apakah makna dari nubuat tersebut mas? kalau benar itu nubuat buat Yesus, apakah artinya nubuat tersebut tdk terpenuhi?

Ataukah itu nubuat bukan buat Yesus?
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Yesus/Isa dalam 2 perseptif Krsiten dan Islam   10th June 2011, 08:53

He he he, Apakah ajaran dan penerusnya sekarang sudah tidak ada lagi? Seperti anda mungkin tahu (atau belum tahu?) bahwa Paus Benediktus XVI adalah penerus dari Petrus (rasul Jesus) yang adalah Paus Pertama? Dan ajaranNya hingga sekarang dan hingga akhir jaman akan terus berjalan dan tidak berubah.

:)
Kembali Ke Atas Go down
striker
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1393
Join date : 03.02.11

PostSubyek: Re: Yesus/Isa dalam 2 perseptif Krsiten dan Islam   10th June 2011, 09:42

bruce wrote:
He he he, Apakah ajaran dan penerusnya sekarang sudah tidak ada lagi? Seperti anda mungkin tahu (atau belum tahu?) bahwa Paus Benediktus XVI adalah penerus dari Petrus (rasul Jesus) yang adalah Paus Pertama? Dan ajaranNya hingga sekarang dan hingga akhir jaman akan terus berjalan dan tidak berubah.

:)

Oo jadi ayat berikut ini: Yes 53:10 Tetapi TUHAN berkehendak meremukkan dia dengan kesakitan. Apabila ia menyerahkan dirinya sebagai korban penebus salah, ia akan melihat keturunannya, umurnya akan lanjut, dan kehendak TUHAN akan terlaksana olehnya.

itu hanya merupakan kiasan to mas?
keturunannya berarti penerusnya, yaitu paus ke...... dan seterusnya.
umurnya akan lanjut berarti bukan tua, tapi umur berarti ajarannya, begitu mas bro?

wah benar2 sulit memahami kitab anda mas :)
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Yesus/Isa dalam 2 perseptif Krsiten dan Islam   10th June 2011, 09:47

Quote :
wah benar2 sulit memahami kitab anda mas

Ngga tuh, masa sulit, bagi saya malah jauh lebih gampang belajar Kristen daripada belajar Islam.

:)
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content




PostSubyek: Re: Yesus/Isa dalam 2 perseptif Krsiten dan Islam   Today at 02:51

Kembali Ke Atas Go down
 
Yesus/Isa dalam 2 perseptif Krsiten dan Islam
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 4Pilih halaman : 1, 2, 3, 4  Next
 Similar topics
-
» Vlad Dracula " Kisah Nyata Pembantai Umat Islam Dalam Perang Salib
» MITOS DI MASYARAKAT
» WTA >> cara pasang plat no di dalam windshield
» Rahasia dari tanda "metal" \m/ (maksudnya bukan musik metal ya :D)
» Tips Berguna di Kehidupan Sehari-hari

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Ladang Tuhan Baru :: Forum Terbuka :: Diskusi - Kristen Bertanya Non-Kristen Menjawab-
Navigasi: