Ladang Tuhan Baru
Selamat datang kepada sesama saudara Kristen dan saudara lain iman. Mari kita saling kenal dalam suasana bersahabat.

Ladang Tuhan Baru

Forum Komunitas Kristen
 
IndeksIndeks  PencarianPencarian  PendaftaranPendaftaran  LoginLogin  

Share | 
 

 apakah buah terlarang itu adalah buah apel?

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
Pilih halaman : 1, 2, 3  Next
PengirimMessage
whiteeagle
Tamtama
Tamtama


Jumlah posting : 46
Join date : 27.01.11

PostSubyek: apakah buah terlarang itu adalah buah apel?   27th January 2011, 16:07

di alkitab tidak pernah jelas disebutkan , buah apakah buah terlarang itu?

hanya disebutkan bahwa buah terlarang itu adalah : buah pengetahuan baik dan jahat.

lalu mengapa buah terlarang itu di kenal sebagai buah apel? ;)
Kembali Ke Atas Go down
Admin
Admin
Admin


Jumlah posting : 31
Join date : 20.01.11

PostSubyek: Re: apakah buah terlarang itu adalah buah apel?   27th January 2011, 20:19

Wah di karena jaman dolo cuma ada apel coba kalau buah durian pasti harus di belah dolo tuh duriah baru di makan..heheheh cheers cheers
Kembali Ke Atas Go down
http://ltb1.indonesianforum.net
whiteeagle
Tamtama
Tamtama


Jumlah posting : 46
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: apakah buah terlarang itu adalah buah apel?   28th January 2011, 12:00

Admin wrote:
Wah di karena jaman dolo cuma ada apel coba kalau buah durian pasti harus di belah dolo tuh duriah baru di makan..heheheh cheers cheers

atau mungkin ada gak karena terpengaruh oleh kebudayaan2 yunani atau romawi atau kepercayaan terhadap dewa2 Laughing
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: apakah buah terlarang itu adalah buah apel?   28th January 2011, 13:34

Pemikiran di bawah ini adalah pemikiran pribadi, bukan berdasarkan doktrin Kristen manapun.

Saya kok lebih cenderung mengartikan kisah Adam dan Hawa itu sebagai analogi dari kisah manusia secara umum. Dimana saat dilahirkan, sebagai bayi yang lahir telanjang, murni dan belum mempunyai kehendak sendiri. Makan disuapi, segala sesuatu di dunia ini dianggap si bayi begitu indah, tidak ada kejahatan, tidak ada penderitaan, dan tidak ada masalah.

Kemudian si bayi itu tumbuh semakin besar, mulai mengerti keakuan, ego pribadi. Mulai menuntut apa yang dianggapnya adalah hak pribadinya. Mulai mampu merasakan takut, marah, jengkel, dan segala sifat buruk manusia pada umumnya.

Hingga pada suatu titik, saat seorang anak dianggap akil balik, dimana setiap tindakannya haruslah dipertanggung jawabkannya secara pribadi. Si anak bebas menentukan mana yang baik dan mana yang buruk untuk dilakukan, dengan segala konsekuensi yang akan ditanggungnya kemudian.

Dengan berani mengambil keputusan sendiri, dengan mengambil 'buah' itu, maka dirinya sudah lepas dari tanggung jawab orang tuanya. Dirinya 'keluar' dari taman bahagia yang selama ini dinikmatinya. Ia harus merasakan kerasnya dunia, bekerja membanting tulang untuk mendapat makanan, bagi dirinya dan bagi keluarganya.

Nah, punya tanggapan?
Kembali Ke Atas Go down
whiteeagle
Tamtama
Tamtama


Jumlah posting : 46
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: apakah buah terlarang itu adalah buah apel?   28th January 2011, 14:07

Quote :
Dengan berani mengambil keputusan sendiri, dengan mengambil 'buah' itu, maka dirinya sudah lepas dari tanggung jawab orang tuanya. Dirinya 'keluar' dari taman bahagia yang selama ini dinikmatinya. Ia harus merasakan kerasnya dunia, bekerja membanting tulang untuk mendapat makanan, bagi dirinya dan bagi keluarganya.

Nah, punya tanggapan?

tanggapan saya : pendapat diatas sudah menyimpang dari isi kitab suci Razz
dengan perkataan lain : pendapat diatas agak2 sesat Very Happy

manusia bekerja keras membanting tulang , bukan karena kesadaran dan kedewasaan , melainkan karena kebodohannya.
dengan melanggar perintah Allah.

jadi mengambil buah itu bukannya keputusan yg berani , melainkan keputusan yg bodoh.

back to topic : apa sebabnya , buah tsb di asosiasikan sebagai buah apel :tongue:
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: apakah buah terlarang itu adalah buah apel?   28th January 2011, 14:54

Sesat ya? He he he he

Mengapa Apel, karena apel adalah buah yang dikenal oleh hampir seluruh bangsa di dunia, buahnya pun rata rata disukai oleh penduduk bumi, juga berpenampilan menarik. Kalau buahnya digambarkan sebagai manggis, tentu tidak menarik dan tidak dikenal oleh orang dari dunia beriklim sub tropis. Kalau buahnya buah kelapa, tentu tidak semudah itu Hawa mengupas kelapa.

:bball:
Kembali Ke Atas Go down
Djo
Perwira Pertama
Perwira Pertama


Jumlah posting : 794
Join date : 28.01.11

PostSubyek: Re: apakah buah terlarang itu adalah buah apel?   28th January 2011, 15:04

bruce wrote:


Mengapa Apel, karena apel adalah buah yang dikenal oleh hampir seluruh bangsa di dunia, buahnya pun rata rata disukai oleh penduduk bumi, juga berpenampilan menarik. Kalau buahnya digambarkan sebagai manggis, tentu tidak menarik dan tidak dikenal oleh orang dari dunia beriklim sub tropis. Kalau buahnya buah kelapa, tentu tidak semudah itu Hawa mengupas kelapa.

:bball:

Apel yg dipegang Hawa jaman dulu sama yg sekarang sama apa nggak ?

Ngomong2 soal darwin, apakah tumbuhan jg mengalami evolusi ? Very Happy


Om Bruce, Om White apa kabarnya ???

Saya kangen bgt sama kaliaaannn......... bounce
Kembali Ke Atas Go down
whiteeagle
Tamtama
Tamtama


Jumlah posting : 46
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: apakah buah terlarang itu adalah buah apel?   28th January 2011, 15:13

Quote :
Apel yg dipegang Hawa jaman dulu sama yg sekarang sama apa nggak ?

Ngomong2 soal darwin, apakah tumbuhan jg mengalami evolusi ? Very Happy

kalo menurut saya sih manusia apalagi tumbuhan , tidak pernah berevolusi.

kalau tumbuhan mungkin dia ber mutasi , dengan cara di kawin silang Very Happy


Quote :
Om Bruce, Om White apa kabarnya ???

Saya kangen bgt sama kaliaaannn.....

baik2 djo , undanglah teman2 yg kamu bisa hubungi Razz

sayapun amat merasa kehilangan , tapi kan memang ada pepatah : tidak ada pesta yg tidak pernah selesai Very Happy
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: apakah buah terlarang itu adalah buah apel?   28th January 2011, 15:33

@white

Quote :
kalo menurut saya sih manusia apalagi tumbuhan , tidak pernah berevolusi.

kalau tumbuhan mungkin dia ber mutasi , dengan cara di kawin silang

He he he he, dari jaman sebelum merdeka kok ya masih ngeyel ya, jadi menurut anda di taman firdaus dulu ada buah duren ya oom?

roll



@djo

Quote :
Apel yg dipegang Hawa jaman dulu sama yg sekarang sama apa nggak ?

Nah itu makanya saya katakan bahwa digambarkan sebagai apel, bukan apel dalam wujud Malus domestica.

Cool
Kembali Ke Atas Go down
Tamu
Tamu



PostSubyek: Re: apakah buah terlarang itu adalah buah apel?   28th January 2011, 22:45

iya, yah...
kenapa apel ? :?: :?: :?:

kenapa gak buah pisang ajah ? Laughing Laughing Laughing
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: apakah buah terlarang itu adalah buah apel?   29th January 2011, 00:09

Waktu itu di Firdaus ada ngga ya buah pisang? Buah Kelapa? Duren? Manggis? Nangka? Kesemek? Gowok? Mangga gedong? Cempedak?

Laughing

Ehm jadi nyasar dikit nih, waktu Nuh naik bahtera dulu, dia bawa bibit tanaman ngga ya? Karena dengan direndam banjir selama 120 hari lebih, bisa dipastikan seluruh tanaman (kecuali tanaman air atau ganggang) akan musnah.

He he he he


Laughing
Kembali Ke Atas Go down
Tamu
Tamu



PostSubyek: Re: apakah buah terlarang itu adalah buah apel?   29th January 2011, 11:52

Quote :
Waktu itu di Firdaus ada ngga ya buah pisang? Buah Kelapa? Duren? Manggis? Nangka? Kesemek? Gowok? Mangga gedong? Cempedak?

Laughing

mungkin aja ada, cuma gak ditulis di alkitab... Razz Laughing

Quote :

Ehm jadi nyasar dikit nih, waktu Nuh naik bahtera dulu, dia bawa bibit tanaman ngga ya? Karena dengan direndam banjir selama 120 hari lebih, bisa dipastikan seluruh tanaman (kecuali tanaman air atau ganggang) akan musnah.

He he he he


Laughing

gak bawa bibit tanaman, tapi mungkin sekali bawa bermacam2 buah dan sayur untuk ransum keluarga sama piaraan2nya... Razz Laughing Laughing
Kembali Ke Atas Go down
Djo
Perwira Pertama
Perwira Pertama


Jumlah posting : 794
Join date : 28.01.11

PostSubyek: Re: apakah buah terlarang itu adalah buah apel?   29th January 2011, 12:25

bruce wrote:
Ehm jadi nyasar dikit nih, waktu Nuh naik bahtera dulu, dia bawa bibit tanaman ngga ya? Karena dengan direndam banjir selama 120 hari lebih, bisa dipastikan seluruh tanaman (kecuali tanaman air atau ganggang) akan musnah.

He he he he


Laughing

Lha ? memangnya anda yakin kalo air bah itu merendam seluruh tanaman yg ada di muka bumi ?

memangnya anda yakin kalo air bah itu terjadi di seluruh bumi ?

:bball: Laughing
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: apakah buah terlarang itu adalah buah apel?   29th January 2011, 13:55

Djo wrote:
bruce wrote:
Ehm jadi nyasar dikit nih, waktu Nuh naik bahtera dulu, dia bawa bibit tanaman ngga ya? Karena dengan direndam banjir selama 120 hari lebih, bisa dipastikan seluruh tanaman (kecuali tanaman air atau ganggang) akan musnah.

He he he he


Laughing

Lha ? memangnya anda yakin kalo air bah itu merendam seluruh tanaman yg ada di muka bumi ?

memangnya anda yakin kalo air bah itu terjadi di seluruh bumi ?

:bball: Laughing

Lho, justru karena saya tidak yakin, makanya butuh jawaban dari yang yakin banget terjadi banjir pada seluruh muka bumi, gitu he he he
Kembali Ke Atas Go down
Djo
Perwira Pertama
Perwira Pertama


Jumlah posting : 794
Join date : 28.01.11

PostSubyek: Re: apakah buah terlarang itu adalah buah apel?   29th January 2011, 14:53

bruce wrote:


Lho, justru karena saya tidak yakin, makanya butuh jawaban dari yang yakin banget terjadi banjir pada seluruh muka bumi, gitu he he he

Oh gitu hehehehe.....

tapi 4 bulan gak terlalu lama akh... masa sih pasti musnah ?

mungkin jg bisa sprti kata bro T2Y, si Nuh bawa bekal buah2an. Nah setelah air bah selesai, Nuh menanam biji2 dari buah2an tsb.
Kembali Ke Atas Go down
whiteeagle
Tamtama
Tamtama


Jumlah posting : 46
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: apakah buah terlarang itu adalah buah apel?   29th January 2011, 16:15

[quote]bisa dipastikan seluruh tanaman (kecuali tanaman air atau ganggang) akan musnah.
[/quote]

wah begitu yakinnya : dengan perkataan : bisa dipastikan

padahal ada yang bukan tumbuhan air atau ganggang , yang tetap hidup , yaitu : pohon zaitun Very Happy

Kej. 8:11 menjelang waktu senja pulanglah burung merpati itu mendapatkan Nuh, dan pada paruhnya dibawanya sehelai daun zaitun yang segar. Dari situlah diketahui Nuh, bahwa air itu telah berkurang dari atas bumi.
Kembali Ke Atas Go down
whiteeagle
Tamtama
Tamtama


Jumlah posting : 46
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: apakah buah terlarang itu adalah buah apel?   29th January 2011, 16:19

Quote :
Waktu itu di Firdaus ada ngga ya buah pisang? Buah Kelapa? Duren? Manggis? Nangka? Kesemek? Gowok? Mangga gedong? Cempedak?

kan saya bilang , tumbuhan tidak ber evolusi melainkan bermutasi dengan perkawinan silang Razz

jadi bisa aja duren memang di firdaus tidak ada , dan kemudian muncul buah duren akibat mutasi dari buah antahberantah Very Happy
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: apakah buah terlarang itu adalah buah apel?   29th January 2011, 20:44

Quote :
padahal ada yang bukan tumbuhan air atau ganggang , yang tetap hidup , yaitu : pohon zaitun

Kej. 8:11 menjelang waktu senja pulanglah burung merpati itu mendapatkan Nuh, dan pada paruhnya dibawanya sehelai daun zaitun yang segar. Dari situlah diketahui Nuh, bahwa air itu telah berkurang dari atas bumi.

Nah, jangan jangan, ranting zaitun itu diperoleh dari daerah yang tidak terendam air oom? Very Happy

Kalau mau coba, bisa saja kok, anda rendam pohon zaitun atau yang sejenisnya di dalam gentong selama minima 120 hari, dan kita lihat, apakah tanaman itu masih hidup atau membusuk.

bounce bounce bounce
Kembali Ke Atas Go down
whiteeagle
Tamtama
Tamtama


Jumlah posting : 46
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: apakah buah terlarang itu adalah buah apel?   30th January 2011, 14:37

Quote :
Nah, jangan jangan, ranting zaitun itu diperoleh dari daerah yang tidak terendam air oom? Very Happy
[quote]

kalo informasi dari kitab suci dikerdilkan dengan perkataan : jangan2

yah saya nyerahdeh :?:

karena pada achirnya anda akan berkata : jangan2 Yesus cuma tukang tipu Evil or Very Mad Evil or Very Mad
Kembali Ke Atas Go down
Djo
Perwira Pertama
Perwira Pertama


Jumlah posting : 794
Join date : 28.01.11

PostSubyek: Re: apakah buah terlarang itu adalah buah apel?   31st January 2011, 10:46

bruce wrote:

Nah, jangan jangan, ranting zaitun itu diperoleh dari daerah yang tidak terendam air oom? Very Happy
bounce bounce bounce

Nah, jangan-jangan, ada manusia yg luput dari hukuman air bah ini. karena air bah tidak merendam seluruh permukaan bumi.


Suspect Suspect
Kembali Ke Atas Go down
marmut
Tamtama
Tamtama


Jumlah posting : 11
Join date : 30.01.11

PostSubyek: Re: apakah buah terlarang itu adalah buah apel?   31st January 2011, 12:26

Djo wrote:
bruce wrote:

Nah, jangan jangan, ranting zaitun itu diperoleh dari daerah yang tidak terendam air oom? Very Happy
bounce bounce bounce

Nah, jangan-jangan, ada manusia yg luput dari hukuman air bah ini. karena air bah tidak merendam seluruh permukaan bumi.


Suspect Suspect

Secara logika, secara geografi dan secara bukti bukti yang ada, meman air bah Nuh tidak merendam seluruh permukaan bumi koq.
Kembali Ke Atas Go down
Djo
Perwira Pertama
Perwira Pertama


Jumlah posting : 794
Join date : 28.01.11

PostSubyek: Re: apakah buah terlarang itu adalah buah apel?   31st January 2011, 12:56

marmut wrote:

Secara logika, secara geografi dan secara bukti bukti yang ada, meman air bah Nuh tidak merendam seluruh permukaan bumi koq.

wah seru nih.....

coba dong tolong dijelaskan....

Bagaimana secara logika bahwa air bah Nuh tsb tidak merendam seluruh bumi ?

Bagaimana pula secara geografi nya ?

Dan bukti2 apa yg bisa dijadikan acuan bahwa air bah Nuh memang tidak merendam seluruh bumi ?




bounce bounce bounce bounce
Kembali Ke Atas Go down
marmut
Tamtama
Tamtama


Jumlah posting : 11
Join date : 30.01.11

PostSubyek: Re: apakah buah terlarang itu adalah buah apel?   31st January 2011, 14:18

Djo wrote:
marmut wrote:

Secara logika, secara geografi dan secara bukti bukti yang ada, meman air bah Nuh tidak merendam seluruh permukaan bumi koq.

wah seru nih.....

coba dong tolong dijelaskan....

Bagaimana secara logika bahwa air bah Nuh tsb tidak merendam seluruh bumi ?

Bagaimana pula secara geografi nya ?

Dan bukti2 apa yg bisa dijadikan acuan bahwa air bah Nuh memang tidak merendam seluruh bumi ?




bounce bounce bounce bounce

1. Bagaimana anda menjelaskan tentang sumber air yang dipergunakan untuk menggenangi seluruh permukaan bumi itu? Ingat puncak tertinggi dunia adalah 8.880 meter dpl. Maka minimal harus setinggi itulah air bah itu, dari mana sumbernya?

2. Bagaimana anda menjelaskan tentang hewan dan tumbuhan endemik yang terdapat secara khas pada daerah tertentu? Bagaimana hewan hewan itu, jika ternyata musnah pada jaman Nuh, bisa berada di daerahnya sekarang ini?

Dua itu dulu aja deh

bounce bounce bounce
Kembali Ke Atas Go down
Djo
Perwira Pertama
Perwira Pertama


Jumlah posting : 794
Join date : 28.01.11

PostSubyek: Re: apakah buah terlarang itu adalah buah apel?   31st January 2011, 15:35

marmut wrote:

1. Bagaimana anda menjelaskan tentang sumber air yang dipergunakan untuk menggenangi seluruh permukaan bumi itu? Ingat puncak tertinggi dunia adalah 8.880 meter dpl. Maka minimal harus setinggi itulah air bah itu, dari mana sumbernya?


Kejadian 1
(6) Berfirmanlah Allah: "Jadilah cakrawala di tengah segala air untuk memisahkan air dari air."
(7) Maka Allah menjadikan cakrawala dan Ia memisahkan air yang ada di bawah cakrawala itu dari air yang ada di atasnya. Dan jadilah demikian.
(Cool Lalu Allah menamai cakrawala itu langit. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari kedua.
(9) Berfirmanlah Allah: "Hendaklah segala air yang di bawah langit berkumpul pada satu tempat, sehingga kelihatan yang kering." Dan jadilah demikian.
(10) Lalu Allah menamai yang kering itu darat, dan kumpulan air itu dinamai-Nya laut.

Bro, yg kita tahu air hujan itu asalnya dari air laut yg menguap kan ? Tapi siapa yg bisa memastikan bahwa sumber air bah itu hanya berasal dari laut saja ?

Kitab Kejadian mengatakan ada air dibawah cakrawala, dan ada pula yg diatas cakrawala. Nah, seberapa banyak air yg diatas cakrawala ? Tidak ada yg tahu.

Saya juga setuju sih utk tidak mengartikan alkitab sebatas hurufiah, tetapi hendaknya kita jg tidak membatasi kekuasaan Allah.

marmut wrote:

2. Bagaimana anda menjelaskan tentang hewan dan tumbuhan endemik yang terdapat secara khas pada daerah tertentu? Bagaimana hewan hewan itu, jika ternyata musnah pada jaman Nuh, bisa berada di daerahnya sekarang ini?

kalau begitu kenapa Allah menyuruh Nuh memasukkan segala jenis binatang utk masuk ke dalam bahtera ? jika ternyata ada hewan2 yg "aman" dari bencana bah.

Kej 6 : 13
(13) Berfirmanlah Allah kepada Nuh: "Aku telah memutuskan untuk mengakhiri hidup segala makhluk, ....

Kembali Ke Atas Go down
whiteeagle
Tamtama
Tamtama


Jumlah posting : 46
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: apakah buah terlarang itu adalah buah apel?   1st February 2011, 18:47

Quote :
Kej 6 : 13
(13) Berfirmanlah Allah kepada Nuh: "Aku telah memutuskan untuk mengakhiri hidup segala makhluk, ....

coba tolong marmut jelaskan : bagaimana cara Allah melaksanakan firmannya itu?

atau si marmut mau bilang , Firman Allah itu cuma cuap2 Sad
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content




PostSubyek: Re: apakah buah terlarang itu adalah buah apel?   Today at 17:30

Kembali Ke Atas Go down
 
apakah buah terlarang itu adalah buah apel?
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 3Pilih halaman : 1, 2, 3  Next
 Similar topics
-
» Seni Pahat Semangka Yang Menakjubkan
» Hanya Sebuah Kalimat Sederhana
» SHERLOCK HOLMES itu ada kagak??????
» 7 Larangan Setelah Makan
» Lost Saga , Reborn From Getamped !

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Ladang Tuhan Baru :: Ruang Antar Kristen (Khusus Penganut Kristen Trinitarian) :: Diskusi Umum Kristen-
Navigasi: