Ladang Tuhan Baru
Selamat datang kepada sesama saudara Kristen dan saudara lain iman. Mari kita saling kenal dalam suasana bersahabat.

Ladang Tuhan Baru

Forum Komunitas Kristen
 
IndeksIndeks  PencarianPencarian  PendaftaranPendaftaran  LoginLogin  

Share | 
 

 Plat Ganjil-Genap Diuji Coba Agustus

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
bruce
Global Moderator
Global Moderator
avatar

Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Plat Ganjil-Genap Diuji Coba Agustus   23rd June 2011, 12:16

Quote :
Plat Ganjil-Genap Diuji Coba Agustus
Sabrina Asril | Heru Margianto | Kamis, 23 Juni 2011 | 11:54 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Wacana kebijakan pembatasan kendaraan melalui plat nomor ganjil-genap mulai diseriusi Polda Metro Jaya. Polda bahkan menargetkan kebijakan ini sudah mulai diuji coba pada bulan Agustus.

"Sekarang masih dilakukan pengkajian. Rencananya, Agustus 2011 nanti sudah bisa diuji coba dan direalisasikan pada bulan Oktober," ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Royke Lumowa, Kamis (23/6/2011), di Polda Metro Jaya.

Kebijakan ini diakui Royke mampu mengurai kemacetan di Jakarta hingga 50 persen khususnya di jalan-jalan protokol. Meski demikian, Royke menuturkan bahwa pembatasan kendaraan bisa saja melalui plat nomor ganjil-genap atau dengan warna kendaraan. Dari dua pilihan itu, kepolisian kini tengah mengkaji mana yang paling efektif.

"Kita lihat mana yang lebih efektif, sehingga saat perhelatan Sea Games pada November mendatang sudah bisa dilaksanakan," ungkapnya.

Tetapi, Royke menilai bahwa sistem pembatasan melalui plat ganjil-genap lebih relevan dilakukan walaupun pengawasan akan lebih sulit. "Dari sisi pengawasan lebih sulit, namun kita masih terus mengkaji mana yang lebih efektif dan tidak merugikan banyak pihak," ucapnya.

Dalam tahap ujicoba nantinya kebijakan itu baru akan dilakukan selama dua hari dalam satu pekan, yakni hari Senin dan Jumat. Pemilihan Senin dan Jumat, dikarenakan kedua hari itu adalah puncak kepadatan di Jakarta. Selain itu, tidak semua jalur akan menerapkan sistem ini, hanya jalan yang tersedia jalur busway yang akan diterapkan sistem ini sehingga para pemilik kendaraan bisa beralih ke transportasi massal.

Selanjutnya ke depan, Royke mengatakan, kebijakan ini juga harus dibarengi dengan adanya pemberlakukan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) Elektronik, agar memudahkan pengawasan dalam penerapan sistem ganjil-genap.

"Jika sudah ada STNK Elektronik, maka orang tidak akan bisa memodifikasi platnya. Karena sudah terekam dalam chip nomor platnya. STNK Elektronik itu akan tertempel dengan kendaraan. Kalau dia melintas pasti akan terdeteksi ganjil-genapnya oleh alat sensor," imbuhnya.

Namun, pengadaan alat sensor dan STNK elektronik ini masih akan sangat lama. Pasalnya, kebijakan ganjil-genap kini juga belum didiskusikan secara formal dengan para pemangku kepentingan, termasuk Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

Berdasarkan perhitungan Dirlantas Polda Metro Jaya saat ini sampai akhir Desember 2010, sebanyak 11.362.396 unit kendaraan terdiri 8.244.346 unit roda dua dan 3.118.050 roda empat beredar di Jabodetabek. Untuk roda empat pertumbuhan rata-rata perhari di Jakarta saja mencapai 240 unit dan kendaraan roda empat sebanyak 890 unit perhari.

Dari jumlah ini data Dinas Perhubungan DKI Jakarta menyebutkan sekitar 5,6 juta kendaraan diantaranya merupakan kendaraan asal Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Bodetabek) yang setiap hari masuk ke wilayah ibukota.

Perasaan hidup di Jakarta kok makin lama makin sulit dan dipersulit ya? Pindah ke pedalaman Papua aja ah, lebih santai dan ngga terlalu dipersulit.

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator
avatar

Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: Plat Ganjil-Genap Diuji Coba Agustus   16th July 2011, 14:00

Hihhihhiii... mo ganjil mulu kek ato genap mulu kek, kagak ngaruh buat gue. Gue kagak tinggal di Jakarte.

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
 
Plat Ganjil-Genap Diuji Coba Agustus
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» plat nomer belakang
» WTS: Footstep Yoshi Thailand + Kondom Tangki + Bracket Rear Tail buat Plat nomor (SOLD)
» wta cutting stiker plat nomer di bdg
» [ask] bikin plat putih dimana yaahh???
» ASK | plat nomer blm keluar tapi g sabar nunggangin si ninin

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Ladang Tuhan Baru :: Diskusi Umum :: Obrolan bebas-
Navigasi: