Ladang Tuhan Baru
Selamat datang kepada sesama saudara Kristen dan saudara lain iman. Mari kita saling kenal dalam suasana bersahabat.

Ladang Tuhan Baru

Forum Komunitas Kristen
 
IndeksIndeks  PencarianPencarian  PendaftaranPendaftaran  LoginLogin  

Share | 
 

 Alkitab Edisi Studi

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
Tamu
Tamu



PostSubyek: Alkitab Edisi Studi   1st July 2011, 11:24

Quote :

Alkitab Edisi Studi




Sekali lagi Lembaga Alkitab Indonesia (LAI) menerbitkan karyanya yang menarik yaitu sebuah buku berjudul Alkitab Edisi Studi (AES) yang tentu sangat diperlukan oleh jemaat Kristen di Indonesia pada umumnya dan khususnya mereka yang rajin mempelajari Alkitab dan ingin lebih mendalaminya.
Lebih dari itu LAI telah menambahkan berkat yang akan sangat dirasakan oleh pembaca Alkitab di Indonesia pada umumnya.

Kesan awal ketika melihat buku AES ini adalah menarik sekali, soalnya dibandingkan dengan Alkitab standar terbitan LAI yang hitam-putih, AES ini lebih menarik karena diberi sampul bungkus yang berwarna yang merangsang minat orang untuk membukanya, apalagi isinya diberi ilustrasi berwarna, baik berupa garis berwarna, bidang tepi halaman bagian Pendahuluan diberi warna biru, maupun gambar/ilustrasi yang sebagian diantaranya berwarna, apalagi diakhir buku dilampiri dengan 16 halaman peta berwarna-warni yang dicetak sangat bagus di atas kertas linen dan mudah dan jelas dapat dimengerti informasinya.

Gambar/ilustrasi yang banyak yang disediakan tentu ikut mendongkrak minat orang dalam membuka kemudian membaca dan mempelajari Alkitab Edisi Studi itu selengkap mungkin.

Bagi seorang yang ingin mempelajari Alkitab dengan lebih mendalam, buku AES sangat menolong, karena di samping teks Alkitab PL dan PB yang lengkap, ada bagian Pendahuluan yang mengantar kita kepada dunia Alkitab, seperti: Proses Pembentukan Alkitab; Kitab-Kitab Yang Termasuk Alkitab; Berbagai Corak Sastra di Alkitab; Menerjemahkan Alkitab; Sejarah Terjemahan Alkitab Perjanjian Baru; dan Arkeologi dan Alkitab.

Ada juga Pendahuluan untuk setiap Perjanjian Lama/Baru maupun setiap Kitab yang mengantar pembaca kepada kitab/buku yang ingin dipelajarinya, apalagi gambar-gambar berupa Bagan, Ilustrasi dan Foto, dan juga Reproduksi Karya-Karya Seni di masa Perjanjian Lama dan Baru memberikan gambaran visual yang jelas mengenai situasi tertentu. Ayat-ayat emas yang dicetak dengan latar belakang warna biru ditempatkan dibagian atas halaman tertentu untuk diingat.

Artikel-artikel Singkat dan Latar Belakang mengenai banyak topik penting yang jumlahnya lebih dari seratus diselipkan diantara halaman-halaman teks Alkitab yang sedang menyebut kata-kata tertentu banyak membantu para penyelidik Alkitab, soalnya banyak kata-kata Alkitab yang tidak mudah dimengerti mengingat Alkitab menceritakan peristiwa dalam konteks sejarah yang ditulis sekitar satu milenium sebelum kelahiran Kristus sampai satu abad sesudah kelahiran Kristus yang berarti ditlis antara tiga s/d dua milenium yang lalu. Di samping Artikel Singkat ada juga Artikel Panjang yang jumlahnya sekitar 15 buah yang menguraikan pokok tertentu dengan lebih lengkap.

Artikel-artikel itu dilengkapi pula dengan Catatan Pinggir yang diletakkan disebelah kanan atau kiri dipinggir luar setiap halaman yang secara spesifik menjelaskan ayat-ayat tertentu yang kurang jelas bila dibaca dalam teks, disamping adanya Referensi Silang yang mengkaitkan ayat-ayat tertentu dengan ayat-ayat yang mirip. Baik dalam artikel maupun catatan pinggir ada Lambang-Lambang yang menunjukkan kepada kita kategori dari pembahasan seperti: Geografi; Manusia dan Suku Bangsa; Benda, Tumbuhan dan Binatang; Sejarah dan Kebudayaan; Gagasan dan Konsep; dan Referensi Silang.

Dalam teks Alkitab yang digunakan (Terjemahan Baru, 1974) dimasukkan Judul dan sub-Judul perikop bahan bacaan, dan Judul diberi sedikit penjelasan mengenai rangkuman apa latar-belakang yang dibahas dalam teks dibawahnya. Tidak ketinggalan edisi studi ini juga dilengkapi dengan Indeks Halaman untuk menunjuk lokasi kitab tertentu.

Persoalan yang selalu dihadapi dalam setiap terjemahan Alkitab adalah bagaimana mencari terjemahan bahasa aslinya yang paling tepat (Alkitab Perjanjian Lama diterjemahkan dari naskah bahasa Ibrani/Aram dan Perjanjian Baru dari bahasa Yunani), adanya kesulitan lain juga dihadapi yaitu naskah asli tidak ditemukan melainkan salinan-salinan dari naskah asli yang memunculkan kata-kata terjemahan yang tidak selalu sama satu kata dengan kata lainnya. Untuk membandingkan naskah satu dengan lainnya, AES menuliskannya dalam Catatan Kaki dan menjelaskan kemungkinan arti dan terjemahan lain.

Akhir bacaan teks Alkitab Perjanjian Baru tepatnya Kitab Wahyu, seperti Pendahuluan di depan teks Alkitab, diberikan Bagan Kronologi Latar Belakang Sejarah Alkitab maupun menurut Arkeologi yang memberi kita gambaran menyeluruh mengenai Sejarah Kerajaan Allah seperti yang diceritakan dalam konteks Perjanjian Lama maupun Baru ditengah sejarah umum disekelilingnya.

Adanya Peta Besar yang lengkap sebanyak 16 halaman sangat menolong para pembelajar Alkitab, soalnya peta-peta itu menunjuk kepada perkembangan satu tempat dengan tempat lainnya dari suatu masa ke masa Alkitab yang lain. Peta-peta itu diletakkan dibagian belakang, ini memudahkan seseorang mencarinya daripada kalau diselipkan pada halaman-halaman Alkitab dimana situasi yang digambarkan dalam peta-peta itu terjadi, apalagi dalam artikel dan catatan pinggir sekali-kali ada juga rujukan yang menunjuk pada peta yang mana yang sesuai dan tepat untuk dilihat, selain itu Peta Kecil yang lebih mendetail yang tidak ditemukan dalam peta diatas juga terselip diantara teks Alkitab.

Akhirnya setelah kita membaca bagian tertentu disediakan beberapa Pertanyaan untuk direnungkan atau dijadikan bahan diskusi kelompok agar ingatan kita mengenai pokok/topik yang baru dibaca dan dibahas diingat kembali atau dipertajam. Pertanyaan-pertanyaan itu dimaksudkan untuk menolong pembaca meninjau kembali isi kitab tertentu, menemukan maknanya, dan melihat bagaimana makna tersebut dapat dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari.

Dibalik kelebihan-kelebihan yang ditulis sebelumnya, kelihatannya buku ini ada juga kelemahannya dari kacamata pembaca, yang perlu diatasi dengan mengadakan perbaikan disana-sini. Untung kelemahan lebih terletak pada aspek teknis pencetakan daripada aspek material yang ditulis oleh para pakar studi Alkitab yang mendukung LAI yang tentunya sudah melalui proses penyusunan yang tidak tanggung-tanggung.

Buku ini terasa terlalu tebal (xix+2100 halaman) dan berat, sehingga tidak praktis untuk studi yang biasanya sering dibawa kesana-kemari sebab akan terasa membebani. Buku ini juga menggunakan kertas tipis (seperti Alkitab standar) sehingga memerlukan kehati-hatian dalam membuka lembar-lembarnya dan rasanya perlu ditingkatkan mengingat mereka yang studi cenderung memberi tanda stabilo dan catatan-catatan dihalaman buku ini, demikian juga ukuran huruf (font) cetak yang digunakan untuk teks yang kecil agaknya menyulitkan orang tua dalam membacanya, apalagi catatan pinggir yang menggunakan besaran huruf yang lebih kecil lagi.

Sehubungan dengan adanya beberapa kekurangan di atas, rasanya perlu sekali meningkatkan buku AES ini dengan beberapa hal, seperti mempertebal kertasnya dan memperbesar ukuran huruf (font) cetak yang digunakan misalnya seperti ukuran huruf yang digunakan pada halaman-halaman pendahuluan atau digunakan dalam Alkitab (Layout Edition, ukuran: 13,5 x 21 cm) dan bukan seperti Alkitab standar (ukuran: 12,5 x 19 cm).

Soal tebal, buku AES mungkin lebih tepat (dengan dipertebalnya kertas dan ukuran hurufnya) untuk membaginya dalam dua jilid (PL + PB) atau tiga jilid (PL1 + PL2 + PB) agar lebih mudah untuk dibawa-bawa, sebab dalam studi yang bolak-balik dibaca, ukuran yang tidak terlalu tebal dan berat akan lebih mudah dan praktis dalam mempelajari isinya, mengingat bahwa dalam setiap kali studi kita biasanya hanya membaca sebagian Alkitab dan bukannya seluruh Alkitab sekaligus.

Di akhir resensi ini kita patut memuji keberadaan buku yang sangat penting ini, buku yang bukan pengganti Alkitab melainkan Alkitab yang diperlengkapi. Bukan itu saja, buku ini sangat kaya memberi informasi bukan saja untuk pembaca pada umumnya, tetapi termasuk bagi para pendeta dan penginjil yang sering tidak sempat membaca buku-buku teologi yang tebal-tebal sehingga dalam membimbing peserta Kelompok Tumbuh Bersama/Pemahaman Alkitab maupun mempersiapkan kotbah ia bisa memperoleh gambaran menyeluruh yang menambah pengertian bagian Alkitab yang sedang dibicarakan/dikotbahkan. Haleluya, Amin! (Ir. Herlianto, M.Th) — LAI

pengen punya, euy... :)
katanya harganya sekitar 300 ribuan.
ada yang udah punya ?
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Alkitab Edisi Studi   1st July 2011, 11:30

Wah rasanya sih boleh juga tuh.

Oiya, ada satu seri lain lagi yang memberi pengertian ayat Alkitab secara lengkap dan sangat jelas, namanya Navarre Bible, menjelaskan dengan detil arti dari tiap tiap ayat. Sayangnya harganya cenderung mahal (silahkan check di Amazon.com) karena bukunya terdiri dari beberapa seri. Saya sudah mencoba mencari e-book nya yang bisa di download, tapi belum ketemu.

:)

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Tamu
Tamu



PostSubyek: Re: Alkitab Edisi Studi   1st July 2011, 11:38

bruce wrote:
Wah rasanya sih boleh juga tuh.

Oiya, ada satu seri lain lagi yang memberi pengertian ayat Alkitab secara lengkap dan sangat jelas, namanya Navarre Bible, menjelaskan dengan detil arti dari tiap tiap ayat. Sayangnya harganya cenderung mahal (silahkan check di Amazon.com) karena bukunya terdiri dari beberapa seri. Saya sudah mencoba mencari e-book nya yang bisa di download, tapi belum ketemu.

:)

itu udah setahun lebih kalau gak salah, Om...

kalau yang Navarre Bible ini bahasa inggris, ya ?
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Alkitab Edisi Studi   1st July 2011, 11:49

Betul bro, Navarre Bible bahasa Inggris, lengkap sekali tapi sayangnya jauh diluar kemampuan, he heh e


_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content




PostSubyek: Re: Alkitab Edisi Studi   

Kembali Ke Atas Go down
 
Alkitab Edisi Studi
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» Riding Impression N250R di R2, Edisi 9, Okt 08
» Pisikopat & MP
» Kutipan Kata2 di novel Sherlock Holmes!
» Ninin Merah edisi spesial Kemerdekaan
» WTS : Yamaha R6 , limited Valentino rosi ( * rare item )

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Ladang Tuhan Baru :: Ruang Antar Kristen (Khusus Penganut Kristen Trinitarian) :: Alkitab-
Navigasi: