Ladang Tuhan Baru
Selamat datang kepada sesama saudara Kristen dan saudara lain iman. Mari kita saling kenal dalam suasana bersahabat.

Ladang Tuhan Baru

Forum Komunitas Kristen
 
IndeksIndeks  PencarianPencarian  PendaftaranPendaftaran  LoginLogin  

Share | 
 

 Perbedaan antara Katolik dan Protestan

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
Pilih halaman : Previous  1, 2, 3, 4  Next
PengirimMessage
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: Perbedaan antara Katolik dan Protestan   30th July 2011, 14:32

Quote :
Dalam Katolik ada Magisterium, dan justru itu yang ditentang oleh Luther.
Ya. Di era digital ini, masing-masing individu sudah dapat mengumpulkan informasi sebanyak mungkin tentang segala hal. Bagi pengikut Luther, tentu dapat mengumpulkan berbagai informasi untuk menjawab apa gerangan penyebab Luther menentang Magisterium itu. Juga dapat mengumpulkan apa gerangan latar pikir adanya Magisterium. Selanjutnya, individu tersebut menimbang-nimbang dengan nalar sehatnya, apakah dia condong menerima eksistensi Magisterium, atau malah menguatkan pikiran mengenai penentangan eksistensi Magisterium.

Namun kalau demikian, akhirnya akan terpolarisasi pada menerima atau menentang Magisterium, dan benarlah kata Bruce, biarlah demikian, bahwa penerima dan penentang Magisterium adalah sama, sama-sama anak terang. Jadi, meski sama-sama mengklaim diri pengikut Kristus, tetapi bernaung di kelompok dogma yang berbeda.

Quote :
Jika kemudian keputusannya Luther harus menarik tulisannya, dan kemudian ditolak oleh Luther, bagaimana bro?
Luther sudah berpindah alam, bukan di dunia ini lagi. Andaikan dia (jasadnya) masih hidup, para pengikutnya bisa menanyakan kembali kepadanya mengapa dia tidak mau menarik tulisannya yang menentang Magisterium itu. Karena Luther sudah tidak di dunia, tentu para pengikutnya hanya dapat mengartikan pikiran Luther dari kepustakaan yang diwariskan. Kepausan Roma, mengingat otoritas yang ada padanya, ditambah lagi dengan proses pengambilan keputusan melalui sidang atau badan, ditambah lagi dengan pengimanan bahwa Roh Kudus memimpin Gereja sampai akhir jaman sesuai pesan Kristus, tentu tidak akan menarik keputusan yang sudah diambil. Maka keputusan yang menetapkan Luther bukan lagi merupakan anggota Gereja Katolik adalah benar. Sebab, kalau Luther tetap mengakui bahwa dia adalah anggota Gereja Katolik, maka seharusnya dia tunduk pada pengajaran kepausan. Jadi, keapostelan Luther menjadi terputus. Munkin, ini hanya mungkin lo, Luther berpikir sesuai ayat mana itu yang berkata, dimana kalian berkumpul dua atau lebih didalam namaKu, disitu Aku hadir, maka walau terpisah dari Gereja Katolik, Luther merasa okke-okke aja. Demikian juga pengikutnya.

Quote :
Maka disini terjadilah apa yang sudah sama sama kita ketahui, Luther bertahan (malah mengalih bahasakan Alkitab ke dalam bahasa Jerman), dan turunlah sanksi dari pihak Gereja.
Ya, dan proyek penyatuan seluruh pengikut Kristus dalam satu wadah yang kudus, katolik, dan apostolik menjadi tidak akan terwujud, meski sama-sama anak terang. Hehhehheee...

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
Tamu
Tamu



PostSubyek: Re: Perbedaan antara Katolik dan Protestan   30th July 2011, 15:18

bruce wrote:

@T2Y

Quote :
mungkin sebagian dari mereka (yang juga Katolik) melihat apa saja yang dilakukan oleh mereka yang merasa punya apostolik pada saat itu, sudah sangat jauh melenceng dari apa yang Tuhan sebenarnya ajarkan.

Quote :
nah, setahu anda apa saja sih yang menyebabkan terjadi reformasi gereja, Om ?
saya pengen tahu jadinya.

Masalah ego, pihak Gereja merasa bahwa Gerejalah yang punya otoritas, sementara Luther merasa adalah haknya untuk mempertanyakan beberapa hal (antara lain indulgensi). Pihak Luther berkeras dengan tidak mau mencabut tulisannya yang dianggap Gereja menyerang otoritas Gereja, dan berakibat Gereja mencabut/memecat Luther dari imam Katolik.

maksudnya petinggi2 gereja saat itu karena merasa mereka tidak mungkin salah maka tidak mau berintrospeksi gitu ya, Om ? Very Happy

Quote :

Hal lain yang ikut memperburuk situasi, adalah masalah ego kebangsaan, antara Roma dan Jerman, antara kaum aristokrat dan kaum petani. Maka terjadilh perpecahan itu.


ini kayak perbedaan kasta dalam hindu :?: :confused:

Quote :
Maka disini terjadilah apa yang sudah sama sama kita ketahui, Luther bertahan (malah mengalih bahasakan Alkitab ke dalam bahasa Jerman), dan turunlah sanksi dari pihak Gereja.

berarti ini ada hubungannya dengan tidak diperbolehkannya orang awam membaca Alkitab ya, Om ?
katanya dulu gak boleh menuliskan Alkitab selain bahasa latin, karena dianggap bahasa "kasar". (CMIIW).
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Perbedaan antara Katolik dan Protestan   30th July 2011, 16:32

Quote :
maksudnya petinggi2 gereja saat itu karena merasa mereka tidak mungkin salah maka tidak mau berintrospeksi gitu ya, Om ?

Ada yang termasuk dalam 'tidak mungkin salah' ada yang termasuk 'bisa saja salah', tetapi soal ego, jelas termasuk dalam urusan bia saja salah. Tetapi seperti biasanya, yang lebih berkuasa selalu merasa lebih benar.


Quote :
ini kayak perbedaan kasta dalam hindu

Anda harus melihat sejarah Eropa secara menyeluruh bro. Saat itu Eropa masih berbentuk kerajaan, dimana terdapat raja, pangeran, kaum bangsawan, dan rakyat jelata. Dan sebagai negara negara yang sangat 'kuat' dalam bidang agama, maka kaum agama menduduki peringkat yang tinggi, bisa disejajarkan dengan para bangsawan Eropa lainnya. Para rohaniwan (Kristen)) saat itu pastilah sangat menikmati status kemewahan itu. Karenanya juga menjadi wajar jika saat itu kaum petani mengharapkan anak-anaknya menjadi rohaniwan kelak. Katakanlah usaha perbaikan tingkat sosial mereka.
Nah disinilah, gesekan perbedaan kelas itu menjadi runcing, apalagi dengan adanya gerakan Luther, jadi bisa dianggap setara seperti ketika terjadi revolusi Bolsevik ataupun Pemberontakan Bastilles itu. Itulah sebabnya, mengapa raja Jerman saat itu dengan cepat beralih dari mendukung Gereja Roma, menjadi mendukung Gereja Jerman (Luther), hal ini tak lain untuk meredam gerakan rakyat Jerman yang mulai memberontak.



Quote :
berarti ini ada hubungannya dengan tidak diperbolehkannya orang awam membaca Alkitab ya, Om ?
katanya dulu gak boleh menuliskan Alkitab selain bahasa latin, karena dianggap bahasa "kasar". (CMIIW).

Tidak pernah ada larangan membaca Alkitab dalam Gereja Katolik (Kristen saat itu) bro. Tetapi memang Alkitab belum dialih bahasakan (setahu saya sebelum Luther sudah ada yang dialih bahasakan ke bhs Inggris, cmiiw) ke bahasa Jerman. Dimana tentu anda tahu bahwa mengalih bahasakan tanpa merubah arti tidaklah mudah, karena bisa berakibat berubah arti yang sebenarnya. Sebagai akibatnya, karena masih degan bahasa Latin, tentulah sulit bagi orang awam untuk belajar Alkitab, kecuali para mahasiswa (saat itu) yang bisa dipastikan menguasai bahasa Latin.

Jadi, tuduhan bahwa orang awam dilarang membaca Alkitab, adalah sangat keliru bro.

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: Perbedaan antara Katolik dan Protestan   1st August 2011, 10:42

Quote :
berarti ini ada hubungannya dengan tidak diperbolehkannya orang awam membaca Alkitab ya, Om ?
katanya dulu gak boleh menuliskan Alkitab selain bahasa latin, karena dianggap bahasa "kasar". (CMIIW).

Damai bagimu T2Y.

Di paragraf penutupan posting-mu itu, menurut pemahaman saya ada dua pengertian yang 'agak bertentangan'. Di kalimat pertama, yang Anda akhiri dengan tanda tanya, seolah mengharapkan penegasan, bahwa sinyalemen 'tidak diperbolehkannya orang awam membaca Alkitab' adalah benar. Artinya, menurut pemahaman saya, pemahaman Anda condong kepada memang benar pernah terjadi 'tidak diperbolehkannya orang awam membaca Alkitab'.

Sementara pada kalimat berikutnya, Anda menonjolkan kekurangpastian pemahaman Anda dengan menggunakan 'katanya' dan CMIIW untuk hal penerjemahan Alkitab.

Dari keduanya, saya sangat tertarik dengan kalimat pertama itu, tentang 'tidak diperbolehkannya orang awam membaca Alkitab'. Setelah sekian lama menganut Katolik, dimana tingkat nalar saya, saya rasakan sudah lebih baik dibanding tingkat nalar saya ketika menganut Protestan (soalnya ketika Protestan saya baru berumur 12 tahun sementara menganut Katolik mulai saya 13 tahun sampai sekarang, anak sulung saya sudah kelas XI), saya belum pernah mengetahui bahwa membaca Alkitab dilarang bagi awamnya Katolik. Nah, kalau Anda bersedia, betapa baiknya kalau sinyalemen Anda itu didukung oleh data/dokumen/informasi pendukung, yang boleh Anda sharing-kan. Akan sangat bermanfaat, setidaknya bagi saya, sebagai bahan bagi saya untuk mengenal anutan saya lebih lengkap.

Damai, damai, damai.

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
Tamu
Tamu



PostSubyek: Re: Perbedaan antara Katolik dan Protestan   1st August 2011, 15:17

Husada wrote:
Quote :
berarti ini ada hubungannya dengan tidak diperbolehkannya orang awam membaca Alkitab ya, Om ?
katanya dulu gak boleh menuliskan Alkitab selain bahasa latin, karena dianggap bahasa "kasar". (CMIIW).

Damai bagimu T2Y.

Di paragraf penutupan posting-mu itu, menurut pemahaman saya ada dua pengertian yang 'agak bertentangan'. Di kalimat pertama, yang Anda akhiri dengan tanda tanya, seolah mengharapkan penegasan, bahwa sinyalemen 'tidak diperbolehkannya orang awam membaca Alkitab' adalah benar. Artinya, menurut pemahaman saya, pemahaman Anda condong kepada memang benar pernah terjadi 'tidak diperbolehkannya orang awam membaca Alkitab'.

Sementara pada kalimat berikutnya, Anda menonjolkan kekurangpastian pemahaman Anda dengan menggunakan 'katanya' dan CMIIW untuk hal penerjemahan Alkitab.

Dari keduanya, saya sangat tertarik dengan kalimat pertama itu, tentang 'tidak diperbolehkannya orang awam membaca Alkitab'. Nah, kalau Anda bersedia, betapa baiknya kalau sinyalemen Anda itu didukung oleh data/dokumen/informasi pendukung, yang boleh Anda sharing-kan. Akan sangat bermanfaat, setidaknya bagi saya, sebagai bahan bagi saya untuk mengenal anutan saya lebih lengkap.

Damai, damai, damai.[/quote]


yup, saya baca dari 2 kubu jadi gak bisa pastiin.
kalau orang katolik tentu membantah dengan alasan terjadi kondisi khusus sehubungan dengan adanya penyelewengan teks Kitab Suci yang dilakukan oleh sebuah sekte sesat (Albigensian) pada sekitar tahun 1229.

Quote :
Setelah sekian lama menganut Katolik, dimana tingkat nalar saya, saya rasakan sudah lebih baik dibanding tingkat nalar saya ketika menganut Protestan (soalnya ketika Protestan saya baru berumur 12 tahun sementara menganut Katolik mulai saya 13 tahun sampai sekarang, anak sulung saya sudah kelas XI), saya belum pernah mengetahui bahwa membaca Alkitab dilarang bagi awamnya Katolik.

nalar saja gak cukup kayaknya, Om... Razz
buktinya anda gak tahu kalau sekitar tahun 1229 memang pernah ada pelarangan membaca alkitab (apapun alasannya). Razz
soalnya (mungkin) kaum biarawan merasa lebih elite dari pada orang biasa, dan mereka menikmati perbedaan status itu seperti yang Om Bruce bilang. Very Happy
Kembali Ke Atas Go down
Tamu
Tamu



PostSubyek: Re: Perbedaan antara Katolik dan Protestan   1st August 2011, 15:24

@Husada
bisa sharing tentang ajaran yang berkaitan dengan api penyucian ? Razz Laughing
silahkan dibagikan disini, saya rasa threadnya masih nyambung karena judulnya perbedaan katolik dan protestan. Very Happy
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Perbedaan antara Katolik dan Protestan   1st August 2011, 16:48

T2Y wrote:
@Husada
bisa sharing tentang ajaran yang berkaitan dengan api penyucian ? Razz Laughing
silahkan dibagikan disini, saya rasa threadnya masih nyambung karena judulnya perbedaan katolik dan protestan. Very Happy

Jangan di thread sini bro, karena perbedaannya yg dimaksud disini adalah yang globalnya, sedangkan kalau untuk yang bersifat detail, lebih baik dibuat thread khusus ja.


_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: Perbedaan antara Katolik dan Protestan   2nd August 2011, 09:17

T2Y wrote:
@Husada
bisa sharing tentang ajaran yang berkaitan dengan api penyucian ? Razz Laughing
silahkan dibagikan disini, saya rasa threadnya masih nyambung karena judulnya perbedaan katolik dan protestan. Very Happy
Damai bagimu T2Y.

Wah, ketahuan dah, meski sudah begitu lama menjadi warga Katolik, saya kurang mendalami Api Penyucian. Terus terang, saya kurang faham seluk beluk Api Penyucian. Mungkin teman-teman lain yang punya pemahaman lebih lengkap bisa bantu? Oh ya, seperti Bruce posting-kan sebelum ini, bagaimana kalau tetang Api Penyucian itu para mods buatkan satu trit tersendiri? Adalah benar itu merupakan salah satu perbedaan ajaran Katolik dan Protestan, tapi saya kurang tahu pasti apakah Api Penyucian termasuk poin yang diprotes Luther, entahlah. Namun, mengingat besarnya hal tersebut, menurut saya, tidak salah kalau dibahas pada trit tersendiri.

Sedikit jawaban tentang Api Penyucian yang dapat saya sampaikan, dari suatu khotbah pada acara misa requem, sejauh yang dapat saya tangkap, bahwa Api Penyucian itu merupakan suatu proses peralihan dari dunia fisik, sebelum bersatu dengan Tuhan. Seseorang harus sungguh-sungguh bersih dari dosa, agar dapat bersatu dengan Tuhan. Untuk pembersihan dosa-dosa, seseorang harus masuk dalam Api Penyucian, agar sungguh-sungguh suci dan dapat bersatu dengan Tuhan. Saya kurang tahu pasti, apakah api yang dimaksud memang api sungguhan seperti yang kita gunakan untuk memasak, atau apa.

Untuk sementara, saya pingin mendalami sinyalemen yang T2Y kemukakan bahwa pernah terjadi tidak diperbolehkannya orang awam membaca Alkitab. Bagi saya pribadi, hal ini aneh. Selama saya menjadi warga Katolik, pelarangan seperti itu belum pernah saya alami, dan belum pernah saya ketahui. Bahkan, para biarawan dan biarawati selalu menganjurkan untuk membaca Alkitab. Sering disindir kalau pada acara Pendalaman Alkitab, para pemilik Alkitab yang Alkitabnya tampak baru dan bersih, dikatakan belum pernah dibuka, an selalu dipajang di tempat paling tinggi, baik, dan terhormat. Hehhehheee...

Terima kasih atas info T2Y meski hanya sedikit. Mungkin gugel dapat memuaskan keingintahuan saya. Namun demikian, pun kalau pelarangan itu pernah terjadi, menurut yang saya alami, kayaknya sudah diedit deh.

Damai, damai, damai.

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Perbedaan antara Katolik dan Protestan   2nd August 2011, 12:11

@Husada

Thread yang mengulas tentang Purgatory (Api Penyucian) sudah saya postingkan, dan siap untuk dibaca serta diulas.

:)

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: Perbedaan antara Katolik dan Protestan   2nd August 2011, 16:41

Husada wrote:
Untuk sementara, saya pingin mendalami sinyalemen yang T2Y kemukakan bahwa pernah terjadi tidak diperbolehkannya orang awam membaca Alkitab. Bagi saya pribadi, hal ini aneh. Selama saya menjadi warga Katolik, pelarangan seperti itu belum pernah saya alami, dan belum pernah saya ketahui. Bahkan, para biarawan dan biarawati selalu menganjurkan untuk membaca Alkitab. Sering disindir kalau pada acara Pendalaman Alkitab, para pemilik Alkitab yang Alkitabnya tampak baru dan bersih, dikatakan belum pernah dibuka, an selalu dipajang di tempat paling tinggi, baik, dan terhormat. Hehhehheee...
Damai bagimu T2Y.
Pencarian saya masih berlanjut. Untuk sementara, dari dua artikel yang saya baca, memang pernah terjadi pelarangan awam membaca Alkitab. Entah karena alasan yang dicari-cari atau bagaimana, konon pelarangan itu dilakukan untuk menjaga penafsiran yang bermacam-macam. Mengingat pada masa itu kertas dan mesin cetak masih sangat langka, kayaknya para biarawan dan biarawati ingin menjaga keawetan Alkitab, maka awam tidak diperbolehkan membaca Alkitab. Mungkin ketika itu Alkitab belum bisa dicari di toko-toko buku yah?

Waktu persis pelarangan itu belum saya dapatkan, dan juga waktu persis pembebasan awam membaca Alkitab juga belum saya dapatkan. Menurut dugaan saya, mungkin, ini hanya mungkin ya, setelah Konsili Vatikan II awam dibebaskan membaca Alkitab, malah dianjurkan.

Sudah beberapa (lebih dari 15) kali saya mengikuti upacara pemberian Sakramen Perkawinan kepada mempelai keluarga Katolik, kepada keluarga baru itu selalu diberikan lilin, Rosario, dan Alkitab. Dan ketika memberikan itu, masing-masing ditambah penjelasan. Pada saat pemberian Alkitab, pesan singkatnya adalah "iqra", atau "baca", gitu.

Itu untuk sementara, damai bagimu.

Tambahan, ini saya quote, bahagian dari: [You must be registered and logged in to see this link.] selengkapnya dapat T2Y klik dan baca.
Quote :
Jadi dari jawaban di atas, menurut saya jelaslah sudah duduk masalahnya. Gereja Katolik tidak melarang umatnya membaca Alkitab, hanya memang pada suatu periode tertentu sekitar tahun 1229, memang terjadi kondisi khusus sehubungan dengan adanya penyelewengan teks Kitab Suci yang dilakukan oleh sebuah sekte sesat (Albigensian) pada saat itu. Maka larangan untuk membaca Alkitab pada saat itu merupakan tindakan gembala untuk menyelamatkan kawanan dombanya.
Mari kita melihat segala sesuatunya dengan kacamata yang objektif, melihat fakta sejarah, namun juga dengan kepercayaan penuh kepada apa yang diputuskan oleh para pemimpin Gereja. Jangan lupa, bahwa Roh Kudus yang telah diutus oleh Yesus untuk melindungi Gereja-Nya adalah Roh Kudus yang sama yang menuntun para pemimpin Gereja yang adalah penerus para Rasul.

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
Tamu
Tamu



PostSubyek: Re: Perbedaan antara Katolik dan Protestan   3rd August 2011, 13:09

Husada wrote:
Husada wrote:
Untuk sementara, saya pingin mendalami sinyalemen yang T2Y kemukakan bahwa pernah terjadi tidak diperbolehkannya orang awam membaca Alkitab. Bagi saya pribadi, hal ini aneh. Selama saya menjadi warga Katolik, pelarangan seperti itu belum pernah saya alami, dan belum pernah saya ketahui. Bahkan, para biarawan dan biarawati selalu menganjurkan untuk membaca Alkitab. Sering disindir kalau pada acara Pendalaman Alkitab, para pemilik Alkitab yang Alkitabnya tampak baru dan bersih, dikatakan belum pernah dibuka, an selalu dipajang di tempat paling tinggi, baik, dan terhormat. Hehhehheee...
Damai bagimu T2Y.
Pencarian saya masih berlanjut. Untuk sementara, dari dua artikel yang saya baca, memang pernah terjadi pelarangan awam membaca Alkitab. Entah karena alasan yang dicari-cari atau bagaimana, konon pelarangan itu dilakukan untuk menjaga penafsiran yang bermacam-macam. Mengingat pada masa itu kertas dan mesin cetak masih sangat langka, kayaknya para biarawan dan biarawati ingin menjaga keawetan Alkitab, maka awam tidak diperbolehkan membaca Alkitab. Mungkin ketika itu Alkitab belum bisa dicari di toko-toko buku yah?

Waktu persis pelarangan itu belum saya dapatkan, dan juga waktu persis pembebasan awam membaca Alkitab juga belum saya dapatkan. Menurut dugaan saya, mungkin, ini hanya mungkin ya, setelah Konsili Vatikan II awam dibebaskan membaca Alkitab, malah dianjurkan.

Sudah beberapa (lebih dari 15) kali saya mengikuti upacara pemberian Sakramen Perkawinan kepada mempelai keluarga Katolik, kepada keluarga baru itu selalu diberikan lilin, Rosario, dan Alkitab. Dan ketika memberikan itu, masing-masing ditambah penjelasan. Pada saat pemberian Alkitab, pesan singkatnya adalah "iqra", atau "baca", gitu.

Itu untuk sementara, damai bagimu.

Tambahan, ini saya quote, bahagian dari: http://catatankoas.blogspot.com/2009/05/konsili-valencia-1229-orang-katolik.html selengkapnya dapat T2Y klik dan baca.
Quote :
Jadi dari jawaban di atas, menurut saya jelaslah sudah duduk masalahnya. Gereja Katolik tidak melarang umatnya membaca Alkitab, hanya memang pada suatu periode tertentu sekitar tahun 1229, memang terjadi kondisi khusus sehubungan dengan adanya penyelewengan teks Kitab Suci yang dilakukan oleh sebuah sekte sesat (Albigensian) pada saat itu. Maka larangan untuk membaca Alkitab pada saat itu merupakan tindakan gembala untuk menyelamatkan kawanan dombanya.
Mari kita melihat segala sesuatunya dengan kacamata yang objektif, melihat fakta sejarah, namun juga dengan kepercayaan penuh kepada apa yang diputuskan oleh para pemimpin Gereja. Jangan lupa, bahwa Roh Kudus yang telah diutus oleh Yesus untuk melindungi Gereja-Nya adalah Roh Kudus yang sama yang menuntun para pemimpin Gereja yang adalah penerus para Rasul.

anda copas dari blog ? Very Happy
saya malah sudah baca dari katolisitas.org
intinya, anda percaya itu karena tidak bertentangan dengan apa yang anda percayai, begitu juga sebaliknya.
karena ada pepatah bilang, "kalau maling ngaku, penjara penuh". Laughing
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: Perbedaan antara Katolik dan Protestan   3rd August 2011, 16:01

T2Y wrote:

anda copas dari blog ? Very Happy
saya malah sudah baca dari katolisitas.org
intinya, anda percaya itu karena tidak bertentangan dengan apa yang anda percayai, begitu juga sebaliknya.
karena ada pepatah bilang, "kalau maling ngaku, penjara penuh". Laughing
Damai bagimu T2Y.

Kalau T2Y cermati blog yang bagiannya saya copaskan itu, T2Y dapat mengetahui sedikit rahasia disana, yaitu tentang Konsili Valencia tahun 1229 yang kecil kemungkinan terjadinya mengingat (menurut penulis blog itu, saya kurang mendalami sejarahnya) pada masa itu Valencia berada dibawah rejim Muslim. Artinya, bila ada yang berpegang pada isi Konsili Valencia 1229, sementara konsili itu sendiri kecil kemungkinannya pernah terjadi, maka dapat ditarik silogismenya bahwa isi konsili itu juga kecil kemungkinannya pernah ada.

Dan lagi, blog itu menjelaskan bahwa alasan 'pelarangan pembacaan Kitab Suci' itu (sengaja saya pakai tanda petik karena bukan demikian sebenarnya menurut blog itu) adalah karena adanya kitab-kitab yang dikatakan sebagai Kitab Suci, tetapi isinya sudah diselewengkan oleh Albigensian. Untuk menjaga kesucian Kitab SUci yang sungguh Kitab Suci, pihak Gereja tidak menyarankan awam membaca Kitab Suci (sebenarnya tidak melarang lo) sebelum jelas apakah Kitab Suci yang dibaca itu adalah Kitab Suci sesungguhnya, atau malah Kitab Suci yang telah terselewengkan oleh Albigensian. Memang T2Y membatasi posting-an T2Y dengan mencantumkan, "terlepas dari alasan pelarangan itu" atau sejenisnya. Tapi lebih bijaksana juga jika mengetahui latar belakang saran untuk tidak membaca Kitab Suci itu.

Selain itu, T2Y tahu tentang kelompok yang sekarang ini eksis juga, yaitu mereka yang menambah-nambahi atau mengurang-ngurangi isi Kitab Suci, yaitu kelompok Saksi Yehuwa dan/atau kelompok Mormon,kan? Blog yang saya copaskan itu ada sedikit menyinggung itu sebagai bahan bandingan pada Albigesian.

Nah, begitu. Seperti saya, saya yakin bahwa T2Y juga punya kemerdekaan untuk menentukan sikap, mau percaya ini, atau itu, tergantung pada pengimanan dan pemahaman kita.

Damai, damai, damai.

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
Tamu
Tamu



PostSubyek: Re: Perbedaan antara Katolik dan Protestan   3rd August 2011, 16:43

Husada wrote:
T2Y wrote:

anda copas dari blog ? Very Happy
saya malah sudah baca dari katolisitas.org
intinya, anda percaya itu karena tidak bertentangan dengan apa yang anda percayai, begitu juga sebaliknya.
karena ada pepatah bilang, "kalau maling ngaku, penjara penuh". Laughing
Damai bagimu T2Y.

Kalau T2Y cermati blog yang bagiannya saya copaskan itu, T2Y dapat mengetahui sedikit rahasia disana, yaitu tentang Konsili Valencia tahun 1229 yang kecil kemungkinan terjadinya mengingat (menurut penulis blog itu, saya kurang mendalami sejarahnya) pada masa itu Valencia berada dibawah rejim Muslim. Artinya, bila ada yang berpegang pada isi Konsili Valencia 1229, sementara konsili itu sendiri kecil kemungkinannya pernah terjadi, maka dapat ditarik silogismenya bahwa isi konsili itu juga kecil kemungkinannya pernah ada.

kalau anda cermat, saya sudah bilang saya sudah baca dari situs katolik sendiri, Om.

Quote :

Dan lagi, blog itu menjelaskan bahwa alasan 'pelarangan pembacaan Kitab Suci' itu (sengaja saya pakai tanda petik karena bukan demikian sebenarnya menurut blog itu) adalah karena adanya kitab-kitab yang dikatakan sebagai Kitab Suci, tetapi isinya sudah diselewengkan oleh Albigensian. Untuk menjaga kesucian Kitab SUci yang sungguh Kitab Suci, pihak Gereja tidak menyarankan awam membaca Kitab Suci (sebenarnya tidak melarang lo) sebelum jelas apakah Kitab Suci yang dibaca itu adalah Kitab Suci sesungguhnya, atau malah Kitab Suci yang telah terselewengkan oleh Albigensian. Memang T2Y membatasi posting-an T2Y dengan mencantumkan, "terlepas dari alasan pelarangan itu" atau sejenisnya. Tapi lebih bijaksana juga jika mengetahui latar belakang saran untuk tidak membaca Kitab Suci itu.

sebelum anda posting copasan anda, saya kayaknya udah bilang juga tentang sekte sesat tersebut.

Quote :

Selain itu, T2Y tahu tentang kelompok yang sekarang ini eksis juga, yaitu mereka yang menambah-nambahi atau mengurang-ngurangi isi Kitab Suci, yaitu kelompok Saksi Yehuwa dan/atau kelompok Mormon,kan? Blog yang saya copaskan itu ada sedikit menyinggung itu sebagai bahan bandingan pada Albigesian.

Nah, begitu. Seperti saya, saya yakin bahwa T2Y juga punya kemerdekaan untuk menentukan sikap, mau percaya ini, atau itu, tergantung pada pengimanan dan pemahaman kita.

Damai, damai, damai.

ya iya, lah...
orang Katolik juga bebas kok mau bilang kami ini sesat, gak dapet mandat dan sebagainya.
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Perbedaan antara Katolik dan Protestan   3rd August 2011, 19:33

Quote :
ya iya, lah...
orang Katolik juga bebas kok mau bilang kami ini sesat, gak dapet mandat dan sebagainya.


Post ini sepertinya kurang pantas, coba dipikirkan ulang.


_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
samiaji
Calon Perwira
Calon Perwira


Jumlah posting : 392
Join date : 26.02.11
Age : 38

PostSubyek: Re: Perbedaan antara Katolik dan Protestan   3rd August 2011, 22:15

Dear all,

Membaca postingan yang ada di beberapa topik yang sedang aktif akhir-akhir ini, saya koq merasa ada hawa yang lebih dari sekedar hangat.. Dan hampir semuanya mengarah pada perbedaan doktrin atau pengimanan antara katholik dan reform. Terus terang saya juga sedikit merasa gerah membacanya.

Menurut saya, pembahasan-pembahasan yang ada awalnya sangat baik, yaitu kita bisa mengetahui hal-hal yang diimani oleh saudara kita yang sama-sama pengikut Yesus.. Dengan mengetahui kita bisa memahami dan memaklumkan hal-hal tersebut tanpa harus setuju, apalagi memaksakan pemahaman kita untuk juga diimani oleh pihak lain.

Jadi sangat disayangkan apabila kita malah jadinya memaksakan iman kita bukannya malah memaklumkan iman pihak lain.. Perbedaan ada dan mungkin akan selalu ada, yang bisa kita pilih adalah bagaimana sikap kita dalam melihat perbedaan tersebut. Semoga sikap yang berbesar hati menerima perbedaan tersebut.


Salam Damai
dari seseorang yang mencintai forum ini
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Perbedaan antara Katolik dan Protestan   3rd August 2011, 22:54

@samiaji

Sebuah posting yang sangat baik bro, semoga menyadarkan kita semua, bahwa perbedaan ada dan tetap ada, dan kita hanya bisa melakukan yang terbaik dari apa yang kita peroleh sesuai iman masing masing.

Percaya bahwa aliran masing masing sebagai yang paling benar adalah keharusan dan sudah sewajarnya, suatu hal yang seharusnya dimaklumi oleh aliran lain, tetapi memaksakan pendapat yang sama kepada pihak lain tentu saja menjadi tidak patut.

Semoga kita semua tetap dapat saling bertukar informasi, agar sesama saudara dalam Kristus dapat saling mengenal, dan menghargai bahwa walau terdapat perbedaan, kasih kepada sesama saudara adalah paling utama.

Salam damai.


_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Tamu
Tamu



PostSubyek: Re: Perbedaan antara Katolik dan Protestan   4th August 2011, 06:12

bruce wrote:
Quote :
ya iya, lah...
orang Katolik juga bebas kok mau bilang kami ini sesat, gak dapet mandat dan sebagainya.


Post ini sepertinya kurang pantas, coba dipikirkan ulang.


mengacu dari beberapa postingan di forum ini, keluar statement seperti diatas.

saya rasa para senior (dalam hal pengetahuan atas ajaran maupun usia) bisa terlebih dahulu memberikan contoh yang baik dalam hal menghormati doktrin atw ajaran saudara mereka (?) sendiri.
pandang Kristus diatas segala dogma dan doktrin yang kita miliki.
Kembali Ke Atas Go down
Tamu
Tamu



PostSubyek: Re: Perbedaan antara Katolik dan Protestan   4th August 2011, 06:19

samiaji wrote:
Dear all,

Membaca postingan yang ada di beberapa topik yang sedang aktif akhir-akhir ini, saya koq merasa ada hawa yang lebih dari sekedar hangat.. Dan hampir semuanya mengarah pada perbedaan doktrin atau pengimanan antara katholik dan reform. Terus terang saya juga sedikit merasa gerah membacanya.

Menurut saya, pembahasan-pembahasan yang ada awalnya sangat baik, yaitu kita bisa mengetahui hal-hal yang diimani oleh saudara kita yang sama-sama pengikut Yesus.. Dengan mengetahui kita bisa memahami dan memaklumkan hal-hal tersebut tanpa harus setuju, apalagi memaksakan pemahaman kita untuk juga diimani oleh pihak lain.

Jadi sangat disayangkan apabila kita malah jadinya memaksakan iman kita bukannya malah memaklumkan iman pihak lain.. Perbedaan ada dan mungkin akan selalu ada, yang bisa kita pilih adalah bagaimana sikap kita dalam melihat perbedaan tersebut. Semoga sikap yang berbesar hati menerima perbedaan tersebut.


Salam Damai
dari seseorang yang mencintai forum ini


ha..ha..ha...
saya juga sadar dan merasa kok, bro...
silahkan dipikirkan kembali apa yang pernah saya sampaikan pada anda, mudah2an anda berkenan untuk menerimanya.
untuk beberapa waktu kedepan saya tidak akan ol dulu disini.
mohon maaf buat semua yang merasa terganggu dengan postingan2 saya (silahkan dihapus saja Om Admin).
semoga Tuhan memberkati kita semua dan memberikan saya hikmat dalam bertutur kata diwaktu selanjutnya.
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: Perbedaan antara Katolik dan Protestan   4th August 2011, 17:59

T2Y wrote:
ha..ha..ha...
saya juga sadar dan merasa kok, bro...
silahkan dipikirkan kembali apa yang pernah saya sampaikan pada anda, mudah2an anda berkenan untuk menerimanya.
untuk beberapa waktu kedepan saya tidak akan ol dulu disini.
mohon maaf buat semua yang merasa terganggu dengan postingan2 saya (silahkan dihapus saja Om Admin).
semoga Tuhan memberkati kita semua dan memberikan saya hikmat dalam bertutur kata diwaktu selanjutnya.
Wiihhh... dulu saya pernah nyaris menyimpulkan bahwa saya diusir dari forum ini. Ternyata banyak yang meminta agar saya tidak terlalu sensitif. E'e'eee... T2Y ini langsung pamit, gimana sih? Apakah karena saya minta T2Y bayari ongkos saya ke Cirebon agar kita perang tanding makan kerupuk tanpa minum air kemudian makan soup bawang merah di Brebes tidak jadi kita laksanakan hingga T2Y jadi 'ngambek'? Hehhehheee... jangan 'ngambek'-an ah... Tidak elok dilihat tetangga.

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: Perbedaan antara Katolik dan Protestan   6th August 2011, 14:14

Damai bagimu T2Y
Quote :
anda copas dari blog ? Very Happy
saya malah sudah baca dari katolisitas.org
intinya, anda percaya itu karena tidak bertentangan dengan apa yang anda percayai, begitu juga sebaliknya.
karena ada pepatah bilang, "kalau maling ngaku, penjara penuh". Laughing
Bahagia sekali mengetahui T2Y sudah baca katolisitas.org. Saya sendiri,yang telah lama (lebih dari 20 tahun) menganut Katolik, masih sangat jarang mebaca katolisitas.org. Artinya, pemahaman T2Y tentang kekatoikan jauh lebih baik dibanding pemahaman saya. Puji Tuhan.
Quote :
sebelum anda posting copasan anda, saya kayaknya udah bilang juga tentang sekte sesat tersebut.
Jika kita sudah mengetahui dan mengakui bahwa ada suatu kumpulan yang sesat, sementara kita berpegang pada apa yang dipercayai/diimani oleh kelompok sesat itu, sama saja kita ikut menyesatkan diri. Iya to? Hehhehheee...

Terkait dengan peng-copas-an dari suatu blog, saya pikir begini.
Menurut saya, tidak semua blog berisi kabar bohong. Menunggu dukungan data yang lebih valid dan tidak terbantahkan, mari kita periksa dengan asumsi-asumsi menurut nalar sehat mengenai tingkat kebenaran informasi ‘tidak diperbolehkannya awam membaca Kitab Suci’.
1. Siapa atau pihak mana sih yang mengkanon Alkitab?
Semua orang yang mengerti sejarah mengetahui bahwa kanonisasi Alkitab dilakukan oleh pihak Gereja.
2. Tahun berapa kanonisasi dilakukan?
Agar pengetahuan kanonisasi Alkitab komprehensif, perlu mengetahui tahun kanonisasi. Namun, yang kita ingin ketahui adalah kebenaran informasi ‘tidak diperbolehkannya awam membaca Kitab Suci’, maka tahun kanonisasi Alkitab kurang menjawab. Abaikan.
3. Mengapa Alkitab harus dikanon?
Alasan kanonisasi Alkitab adalah untuk menetapkan Alkitab yang sungguh-sungguh Alkitab. Pada masa sebelum kanonisasi, ribuan kitab yang ditampilkan sebagai Alkitab yang telah disusupi oleh kepentingan penulisnya atau pihak tertentu lainnya. Maka, kanonisasi dilakukan untuk menetapkan kitab mana yang Alkitab sebenarnya, agar kitab lain yang ditampilkan sebagai Alkitab tidak dipegang sebagai Alkitab.
Setelah ditetapkannya Alkitab yang benar-benar Alkitab, maka seluruh pengikut Kristus diharapkan membaca Alkitab yang sama.
4. Apa hasil kanonisasi Alkitab?
Hasil kanonisasi ialah Alkitab yang kita kenal dan gunakan sekarang. Meski sudah diterjemahkan kedalam berbagai bahasa, kita yakini bahwa pengertiannya adalah sama. Jika ada perbedaan arti dari terjemahan yang satu atas yang lain, itu hanya karena keterbatasan bahasa kedalam bahasa mana Alkitab tersebut diterjemahkan.
5. Apakah independensi pelaksana kanonisasi dapat dijamin?
Pada masa kanonisasi tersebut terlaksana, Gereja masih hanya satu, belum seperti sekarang banyak denominasi yang mengaku sebagai gereja, dan pemahaman umum menerima itu sebagai suatu realitas. Dengan demikian, kiranya independensi pelaksana kanonisasi Alkitab cukup terjamin. Selain itu, kanonisasi dilakukan berdasarkan Tradisi Suci, dan dilakukan oleh tim, bukan perseorangan.
6. Siapa yang diuntungkan oleh kanonisasi Alkitab?
Tidak ada pihak yang diuntungkan oleh kanonisasi Alkitab, kecuali proyek atau program pengabaran Kabar Suka Cita, atau Kabar Gembira, sesuai amanat agung Tuhan Yesus Kristus agar para pengikutNya mengabarkan Kabar Suka Cita sampai ke ujung bumi, dan menjadikan semua bangsa murid Kristus.

Tiap partisipan LTB, menurut saya dapat setuju atau membantah poin-poin jawaban diatas. Tetapi, agar elegan, tentu saja membantah dengan menggunakan nalar sehat juga, sehingga parameter jawaban dan bantahan adalah sama.

Dari jawaban-jawaban tersebut, dapat disimpulkan bahwa dengan kanonisasi, diharapkan Alkitab yang dibaca oleh lapisan mana saja, baik petinggi Gereja, awam pengikut Kristus, dan orang yang ingin melakukan studi mengenai Alkitab, bahkan orang yang tidak ada kepentingan atau sangkut paut dengan proyek/program penyebaran Kabar Gembira, semua dari sumber yang sama, yaitu Alkitab yang telah dikanon.

Dengan menyadari, mencermati, dan meneliti tujuan kanonisasi yang dilakukan oleh Gereja tersebut, apakah masih mungkin pihak Gereja ‘tidak memperbolehkan awam membaca Kitab Suci’? Menurut nalar sehat saya, pikiran pelarangan terasa agak terlalu dipaksakan. Sebab, Gereja pengkanon telah berpayah-payah mengkanon Alkitab, tetapi setelah dikanon justru melarang awam membaca Alkitab hasil kanonisasi(?). Menurut hemat saya, mustahil terjadi yang demikian itu.

Lalu pertanyaannya, mengapa pikiran pelarangan pembacaan Alkitab oleh awam tersebut muncul?
Menurut nalar sehat saya juga, pikiran pelarangan itu dimunculkan, atau ditimbulkan, atau dikemukakan oleh para pihak yang ingin mendiskreditkan Gereja pengkanon Alkitab tersebut. Ketepatan, ada himbauan dari Gereja pengkanon agar awam membaca Alkitab yang telah dikanon, sehubungan karena ternyata pada tahun 1200-an beredar Alkitab yang bukan hasil kanonisasi, yaitu yang diakui sebagai Alkitab oleh kelompok Albigensian. Himbauan itu dijadikan sebagai pintu masuk oleh pihak pendiskredit Gereja Pengkanon, dengan memelintir ‘himbauan’ menjadi ‘larangan’.

Kesimpulannya menurut nalar sehat saya ialah, bahwa para pihak yang ingin mendiskreditkan Gereja pengkanon Alkitab berupaya mencari berbagai celah yang mungkin digunakan mendiskreditkan Gereja pengkanon, walau harus memelintir informasi yang ada. Jangankan informasi, Alkitab sendiri sudah nyata dipelintir dengan menerbitkan Alkitab yang bukan Alkitab.

Begitu menurut hemat saya. Boleh saja ada pihak yang menyatakan bahwa karena saya menganut Katolik maka saya akan selalu berusaha mencari berbagai argumen untuk membela kekatolikan saya. Pernyataan itu sah-sah saja. Namun, ingin mengutip kalimat Tuhan Yesus Sendiri, yang kalau tidak salah ingat, begini, "Jika Aku salah, tunjukkanlah salahku. Jika Aku benar, mengapa engkau menampar Aku?".

Damai, damai, damai.

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
Tamu
Tamu



PostSubyek: Re: Perbedaan antara Katolik dan Protestan   7th August 2011, 14:43

Quote :
Himbauan itu dijadikan sebagai pintu masuk oleh pihak pendiskredit Gereja Pengkanon, dengan memelintir ‘himbauan’ menjadi ‘larangan’.

anda ingat kalau ada "ajaran yang tidak mungkin salah" ?

"himbauan" diatas bisa saja diartikan "mutlak harus dilaksanakan".
cuma setelah beberapa ratus tahun berlalu, diperhalus dan diberi alasan2 yang masuk akal.
karena pada saat itu, pihak2 tertentu merasa sangat diuntungkan dengan adanya larangan yaitu orang2 yang mempunyai terjemahan alkitab selain latin vulgata akan mendapat hukuman mati.

Larangan ini berkenaan dengan hak istimewa yang dimiliki para rohaniwan gereja RK untuk
mempelajari bahasa Latin. Dengan keistimewaan ini gereja memperoleh kekuasaan mutlak
untuk membuat berbagai pengajaran gereja tanpa adanya keberatan dari kaum awam karena
ketidakmampuan mereka untuk membaca Alkitab dalam bahasa Latin.
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Perbedaan antara Katolik dan Protestan   7th August 2011, 22:24

Quote :
secara logika, tidak mungkin terjadi suatu reformasi kalau pada saat itu keadaan baik2 saja.
begitu menurut nalar dan akal sehat saya, Om...
kecuali mungkin akal saya tidak sehat atw saya yang goblok...

Siapa yang salah? Tergantung dari sudut dan pihak mana yang menilai, ini kalau mau pakai nalar yang sehat bro, kecuai kalau anda menilai dengan pikiran yang tidak sehat.


_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Tamu
Tamu



PostSubyek: Re: Perbedaan antara Katolik dan Protestan   8th August 2011, 07:15

bruce wrote:
Quote :
secara logika, tidak mungkin terjadi suatu reformasi kalau pada saat itu keadaan baik2 saja.
begitu menurut nalar dan akal sehat saya, Om...
kecuali mungkin akal saya tidak sehat atw saya yang goblok...

Siapa yang salah? Tergantung dari sudut dan pihak mana yang menilai, ini kalau mau pakai nalar yang sehat bro, kecuai kalau anda menilai dengan pikiran yang tidak sehat.


yang tidak sehat itu yang gak mau mengakui kalau sesuatu itu terjadi karena ada sesuatu yang menjadi pemicunya. Razz
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Perbedaan antara Katolik dan Protestan   8th August 2011, 07:28

Quote :
yang tidak sehat itu yang gak mau mengakui kalau sesuatu itu terjadi karena ada sesuatu yang menjadi pemicunya.

Entah apa maksud pernyataan anda ini, entah apa tujuan pernyataan anda ini, tetapi fakta membuktikan bahwa kebenaran sejati tidak berubah sejak dahulu hingga akhir nanti.

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Tamu
Tamu



PostSubyek: Re: Perbedaan antara Katolik dan Protestan   8th August 2011, 07:45

bruce wrote:
Quote :
yang tidak sehat itu yang gak mau mengakui kalau sesuatu itu terjadi karena ada sesuatu yang menjadi pemicunya.

Entah apa maksud pernyataan anda ini, entah apa tujuan pernyataan anda ini, tetapi fakta membuktikan bahwa kebenaran sejati tidak berubah sejak dahulu hingga akhir nanti.

cuma Tuhan kebenaran sejati itu, Om...
yang tidak berubah dari dulu, sekarang sampai selamanya,
bukan manusia atw organisasinya. Razz
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content




PostSubyek: Re: Perbedaan antara Katolik dan Protestan   Today at 17:32

Kembali Ke Atas Go down
 
Perbedaan antara Katolik dan Protestan
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 3 dari 4Pilih halaman : Previous  1, 2, 3, 4  Next
 Similar topics
-
» Perbedaan full system, slip on bla...bla...
» perbedaan wanita dan cewek
» perbedaan kemampuan double & single cakram
» Beda Nitrogen Ama Angin Biasa
» antara pirelli dan bt90

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Ladang Tuhan Baru :: Ruang Antar Kristen (Khusus Penganut Kristen Trinitarian) :: Ajaran Kristen-
Navigasi: