Ladang Tuhan Baru
Selamat datang kepada sesama saudara Kristen dan saudara lain iman. Mari kita saling kenal dalam suasana bersahabat.

Ladang Tuhan Baru

Forum Komunitas Kristen
 
IndeksIndeks  PencarianPencarian  PendaftaranPendaftaran  LoginLogin  

Share | 
 

 Apakah Sola Scriptura cukup ?

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
Pilih halaman : Previous  1, 2, 3, 4, 5
PengirimMessage
Djo
Perwira Pertama
Perwira Pertama


Jumlah posting : 794
Join date : 28.01.11

PostSubyek: Re: Apakah Sola Scriptura cukup ?   22nd February 2012, 11:33

bruce wrote:
Djo wrote:
bruce wrote:
Quote :
Jadi peranan gereja disini adalah sebagai penambal kekurangan kita dlm memahami alkitab, dan bukan sebagai penambal kekurangan Alkitab itu sendiri.

Apakah anda yakin bahwa semua kata kata yang diucapkan Tuhan sudah tercatat lenbgkap di dalam Alkitab, bro?

Syalom

Sedangkan kata2 Tuhan yg tercatat saja belum saya lakukan semua, apalagi yg tidak tercatat ?? :)

Mungkin om Bruce bisa memberikan listnya ?

Kalau saya sih yakin memang belum atau tidak tertulis semua, bro.

2Tes 2:15 Sebab itu, berdirilah teguh dan berpeganglah pada ajaran-ajaran yang kamu terima dari ajaran-ajaran yang kamu terima dari kami, baik secara lisan, maupun secara tertulis.

2Yoh 1:12 Sungguhpun banyak yang harus kutulis kepadamu, aku tidak mau melakukannya dengan kertas dan tinta, tetapi aku berharap datang sendiri kepadamu dan berbicara berhadapan muka dengan kamu, supaya sempurnalah sukacita kita.

3Yoh 1:13 Banyak hal yang harus kutuliskan kepadamu, tetapi aku tidak mau menulis kepadamu dengan tinta dan pena.


Kalo soal ada atau tidaknya, saya jg percaya bahwa memang ada yg tidak tertulis. Karena kitab suci jg mengatakan demikian.

Maksud saya, bisa nggak di share ajaran2 apa saja yg tidak tertulis itu ?
Kembali Ke Atas Go down
Djo
Perwira Pertama
Perwira Pertama


Jumlah posting : 794
Join date : 28.01.11

PostSubyek: Re: Apakah Sola Scriptura cukup ?   22nd February 2012, 11:43

Husada wrote:

Ketidaksepakatan saya bersumber dari ketidakseragaman para murid Yesus, dalam segala hal. Thomas berbeda dengan murid lainnya, dimana Thomas bilang tidak percaya bahwa Yesus sudah bangkit sebelum melihat sendiri. Petrus sudah ditulis dalam Injil, pernah menyangkal kenal Yesus. Tidak semua murid setia mengiring Yesus sampai ke Kalvari, ternyata hanya seorang murid yang dikasihiNya bersama Bunda Maria, istri Klopas, dan Maria Magdalena. Tiap murid punya keunikan sendiri.

Tidak sependapat.

Pertama, baik katolik maupun orthodox memiliki pemimpin awal yg sama, yaitu Petrus.

Kedua, jika anda memakai ketidakseragaman murid2 Yesus sbg sumber, apakah ini jg berarti Tradisi dan Magisterium Gereja jg bisa tidak seragam, sesuai dgn keunikan tiap2 murid ?


Husada wrote:

Nah, dengan itu, saya menyimpulkan bahwa dengan mengedepankan Tradisi dan Magisterium, bukan berarti harus seragam dalam segala hal. Tetap ada ruang untuk perbedaan. Perbedaan itu pula yang mewarnai gereja-gereja kemudian hari, karena sebagian besar para murid itu menjadi Bapa Gereja di berbagai tempat. Nah, perbedaan-perbedaan di antara para murid itu, pasti menimbulkan perbedaan-perbedaan pada para pengikutnya. Hanya saja, perbedaan yang ada, tidak menghalangi mereka mengikuti pesan Yesus agar mereka menjadi satu kawanan satu Gembala.


Saya takjub dgn postingan anda.

Begitu mudahnya anda menghargai perbedaan di masa lalu, dan begitu sulitnya (baca : keras kepala) anda menerima perbedaan di masa kini, dan seolah-olah "memaksa" semuanya harus seragam.
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Apakah Sola Scriptura cukup ?   22nd February 2012, 12:10

Quote :
Pertama, baik katolik maupun orthodox memiliki pemimpin awal yg sama, yaitu Petrus.


Wah sepertinya perlu diklarifikasi nih bro.

Pada zaman para rasul terdapat 5 Kota Pusat Kristen yang disebut sebagai Pentarkhi, antara lain:
a) Gereja Antiokhia (Turki), didirikan oleh Rasul Petrus tahun 37 AD.
b) Gereja Konstantinopel (Yunani), didirikan oleh Rasul Andreas tahun 38 AD.
c) Gereja Roma (Itali), didirikan oleh Rasul Petrus & Rasul Paulus tahun 42 AD.
d) Gereja Alexandria (Mesir), didirikan oleh Sang Penginjil Markus tahun 43 AD.
e) Gereja Yerusalem (Israel), didirikan oleh Rasul Yakobus tahun 49 AD.

Dari lima kuskupan itu, Uskup Roma (karena Petrus) dituakan, maka disebut Primus Inter Pares, yang artinya the first among equals or first among peers.

Begitu sejarahnya, jadi 5 Keuskupan itu berjalan sejajar, dari dulu hingga sekarang.

Syalom

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: Apakah Sola Scriptura cukup ?   22nd February 2012, 13:47

Damai bagimu Djo.
Djo wrote:
Tidak sependapat.
Kita orang-orang merdeka Djo. Merdeka untuk sependapat dan untuk tidak sependapat. Tentu saja kita mengelompokkan diri kepada kelompok yang paling sesuai menurut segala sesuatu yang kita pahami, kita mengerti, kita terima, kita tolerir. Meski demikian, tidak sedikit orang (dilihat dari agama yang dianut) yang tidak punya pertimbangan apa-apa ketika dia menganut suatu agama, karena agamanya merupakan warisan dari orang tuanya, serta dia kurang suka mencari tahu apa dan bagaiman eksistensi agamanya.

Saya sendiri nyaris seperti itu, dalam arti tidak terlalu menyeriusi mencari tahu tentang apa dan bagaimana agama yang saya anut. Setelah saya selidiki secara sederhana, ternyata karena segala yang saya lakukan sesuai aturan komunitas saya, tidak ada sebarang sesuatu yang mengganjal. Pada saat ada pertanyaan dari pikiran saya, atau ada seseorang yang mempertanyakan mengenai keberagamaan saya, bila tidak dapat saya jawab seketika, sampai saat ini masih mendapat jawaban yang memuaskan saya.

Quote :
Pertama, baik katolik maupun orthodox memiliki pemimpin awal yg sama, yaitu Petrus.
Ada juga umat yang tidak berkata demikian, bahwa Petrus bukan pemimpin dari keduabelas murid Yesus, keduabelas murid itu setara, tetapi Petrus memiliki keutamaan.

Dalam Injil, dikisahkan juga bahwa dari semua murid Yesus Kristus, hanya kepada Petrus Yesus berkata, "Gembalakanlah domba-dombaKu," sampai tiga kali. Kalau kisah itu saya baca, dalam benak saya timbul juga dugaan bahwa Petrus sudah jengkel pada pertanyaan dan permintaan Yesus sampai tiga kali. Djo tahu bahwa Petrus itu orang yang tempermental bukan? Petrus itu, berdasar kisah-kisah dalam Injil, adalah orang yang spontan. Tapi, entah apa pertimbangan Yesus Kristus, justru kepada Petrus dititipkan penggembalaan domba-dombaNya.

Quote :
Kedua, jika anda memakai ketidakseragaman murid2 Yesus sbg sumber, apakah ini jg berarti Tradisi dan Magisterium Gereja jg bisa tidak seragam, sesuai dgn keunikan tiap2 murid ?
Kalau tidak salah, para murid itu awalnya membentuk pertemuan-pertemuan reguler untuk menyamakan pikiran (ini dugaan saya saja, detilnya, dipersilahkan kepada partisipan yang mengetahui). Dalam benak saya, kira-kira seperti itu, yaitu pertemuan-pertemuan reguler itu merupakan cikal bakal sinode, atau konsili, atau rapat akbar, atau apalah istilahnya. Tentang Tradisi Suci dan Magisterium, kalau tidak salah, di LT sudah pernah dibahas. Kalau teman-teman lain, misalnya Bruce, atau Limited, atau Leonardo, atau yang lain, yang sekiranya mempunyai pengetahuan memadai, tolong dibantu dong.
Quote :
Saya takjub dgn postingan anda.
Terima kasih. Tapi maaf, bukan ketakjuban Djo yang saya harapkan. kita hanya saling berbagi informasi yang kiranya sesuai dengan pemahaman kita.
Quote :
Begitu mudahnya anda menghargai perbedaan di masa lalu, dan begitu sulitnya (baca : keras kepala) anda menerima perbedaan di masa kini, dan seolah-olah "memaksa" semuanya harus seragam.
Bukan masalah mudah atau sulit menerima atau menghargai perbedaan, Djo. Yang saya ungkapkan itu, saya pikir, terdapat juga dalam Alkitab, meskipun redaksionalnya tidak persis seperti itu. Ditambah lagi dengan sedikit-sedikit baca sejarah kegerejaan, saya kira postingan saya itu tidak melenceng jauh.

Perbedaan yang dulu itu, sepertinya hanya berbeda dalam karakter para murid, deh. Ajaran yang diajarkan,tetap sama, bersumber dari ajaran Yesus Kristus.

Damai bagimu Djo.

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara


Terakhir diubah oleh Husada tanggal 24th February 2012, 10:05, total 1 kali diubah
Kembali Ke Atas Go down
Djo
Perwira Pertama
Perwira Pertama


Jumlah posting : 794
Join date : 28.01.11

PostSubyek: Re: Apakah Sola Scriptura cukup ?   22nd February 2012, 14:46

bruce wrote:

Dari lima kuskupan itu, Uskup Roma (karena Petrus) dituakan, maka disebut Primus Inter Pares, yang artinya the first among equals or first among peers.

Boleh saja. Yang dituakan, yang terutama, yang pertama, dsb.
Yg jelas baik katolik maupun orthodox sepakat mengangkat Rasul Petrus sbg Paus pertama.

Nah, maksud saya begini. apakah Rasul Petrus pada saat itu sbg Paus pertama mengajarkan pengajaran yg berbeda baik kepada katolik maupun orthodox, sehingga terjadi perbedaan antara ajaran katolik dan orthodox di masa kini ? Atau perbedaan pengajaran terjadi oleh suksesi/penerus Rasul Petrus (Paus berikutnya) ?

Walaupun ada klaim bahwa perbedaan itu hanya sedikit dan tidak pernah bertambah besar, tapi tetap saja, perbedaan is perbedaan.
Kembali Ke Atas Go down
Djo
Perwira Pertama
Perwira Pertama


Jumlah posting : 794
Join date : 28.01.11

PostSubyek: Re: Apakah Sola Scriptura cukup ?   22nd February 2012, 14:50

Husada wrote:

Perbedaan yang dulu itu, sepertinya hanya berbeda dalam karakter para murid, deh. Ajaran yang diajarkan,tetap sama, bersumber dari ajaran Yesus Kristus.

Memang kalau ajaran yang sekarang bersumber dari ajaran siapa ? roll
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Apakah Sola Scriptura cukup ?   22nd February 2012, 15:08

Djo wrote:
bruce wrote:

Dari lima kuskupan itu, Uskup Roma (karena Petrus) dituakan, maka disebut Primus Inter Pares, yang artinya the first among equals or first among peers.

Boleh saja. Yang dituakan, yang terutama, yang pertama, dsb.
Yg jelas baik katolik maupun orthodox sepakat mengangkat Rasul Petrus sbg Paus pertama.

Nah, maksud saya begini. apakah Rasul Petrus pada saat itu sbg Paus pertama mengajarkan pengajaran yg berbeda baik kepada katolik maupun orthodox, sehingga terjadi perbedaan antara ajaran katolik dan orthodox di masa kini ? Atau perbedaan pengajaran terjadi oleh suksesi/penerus Rasul Petrus (Paus berikutnya) ?

Walaupun ada klaim bahwa perbedaan itu hanya sedikit dan tidak pernah bertambah besar, tapi tetap saja, perbedaan is perbedaan.

Beda bro, begini, Keuskupan di luar keuskupan Roma, tidak tunduk pada otoritas uskup roma, Tetapi kalau ada yang perlu dibicarakan, maka keuskupan2 itu berkumpul, rapat bersama, disebut dengan konsili.

Jadi kalau anda lihat, dan bandingkan, Katolik Roma sejak dulu juga seperti itu, Orthodox Yunani juga sudah seperti itu. Masing masing tidak mencampuri sejauh bukan doktrin utama.

Kalau anda tahu, dimana perbedaannya yang utama, silahkan google dan masukan kata kunci Filioque, hanya sepatah kata dalam Pengakuan iman Nicea, dimana Roma menyatakan Roh Kudus berasal dari Bapa dan Putera, sementara Orthodox berkata Roh Kudus berasal dari Bapa.
Itu saja, selebihnya adalah urusan politik.

Itu yang saya bandingkan dengan perbedaan antara Katolik dan Protestanisme, dimana saat ini perbedaan yang ada justru terlihat sangat jauh (tentu tidak semua).

Syalom

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Djo
Perwira Pertama
Perwira Pertama


Jumlah posting : 794
Join date : 28.01.11

PostSubyek: Re: Apakah Sola Scriptura cukup ?   22nd February 2012, 15:22

bruce wrote:
Djo wrote:
bruce wrote:

Dari lima kuskupan itu, Uskup Roma (karena Petrus) dituakan, maka disebut Primus Inter Pares, yang artinya the first among equals or first among peers.

Boleh saja. Yang dituakan, yang terutama, yang pertama, dsb.
Yg jelas baik katolik maupun orthodox sepakat mengangkat Rasul Petrus sbg Paus pertama.

Nah, maksud saya begini. apakah Rasul Petrus pada saat itu sbg Paus pertama mengajarkan pengajaran yg berbeda baik kepada katolik maupun orthodox, sehingga terjadi perbedaan antara ajaran katolik dan orthodox di masa kini ? Atau perbedaan pengajaran terjadi oleh suksesi/penerus Rasul Petrus (Paus berikutnya) ?

Walaupun ada klaim bahwa perbedaan itu hanya sedikit dan tidak pernah bertambah besar, tapi tetap saja, perbedaan is perbedaan.

Beda bro, begini, Keuskupan di luar keuskupan Roma, tidak tunduk pada otoritas uskup roma, Tetapi kalau ada yang perlu dibicarakan, maka keuskupan2 itu berkumpul, rapat bersama, disebut dengan konsili.

Jadi kalau anda lihat, dan bandingkan, Katolik Roma sejak dulu juga seperti itu, Orthodox Yunani juga sudah seperti itu. Masing masing tidak mencampuri sejauh bukan doktrin utama.

Kalau anda tahu, dimana perbedaannya yang utama, silahkan google dan masukan kata kunci Filioque, hanya sepatah kata dalam Pengakuan iman Nicea, dimana Roma menyatakan Roh Kudus berasal dari Bapa dan Putera, sementara Orthodox berkata Roh Kudus berasal dari Bapa.
Itu saja, selebihnya adalah urusan politik.

Itu yang saya bandingkan dengan perbedaan antara Katolik dan Protestanisme, dimana saat ini perbedaan yang ada justru terlihat sangat jauh (tentu tidak semua).

Syalom

Bagaimana dgn tata cara peribadatan misalnya ? Bukankah tata cara peribatan jg berasal turun temurun berdasarkan Tradisi ? Apakah ini berarti bahwa Tradisi Orthodox dan Tradisi Katolik berbeda ?
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Apakah Sola Scriptura cukup ?   22nd February 2012, 15:29

Djo wrote:
bruce wrote:
Djo wrote:
bruce wrote:

Dari lima kuskupan itu, Uskup Roma (karena Petrus) dituakan, maka disebut Primus Inter Pares, yang artinya the first among equals or first among peers.

Boleh saja. Yang dituakan, yang terutama, yang pertama, dsb.
Yg jelas baik katolik maupun orthodox sepakat mengangkat Rasul Petrus sbg Paus pertama.

Nah, maksud saya begini. apakah Rasul Petrus pada saat itu sbg Paus pertama mengajarkan pengajaran yg berbeda baik kepada katolik maupun orthodox, sehingga terjadi perbedaan antara ajaran katolik dan orthodox di masa kini ? Atau perbedaan pengajaran terjadi oleh suksesi/penerus Rasul Petrus (Paus berikutnya) ?

Walaupun ada klaim bahwa perbedaan itu hanya sedikit dan tidak pernah bertambah besar, tapi tetap saja, perbedaan is perbedaan.

Beda bro, begini, Keuskupan di luar keuskupan Roma, tidak tunduk pada otoritas uskup roma, Tetapi kalau ada yang perlu dibicarakan, maka keuskupan2 itu berkumpul, rapat bersama, disebut dengan konsili.

Jadi kalau anda lihat, dan bandingkan, Katolik Roma sejak dulu juga seperti itu, Orthodox Yunani juga sudah seperti itu. Masing masing tidak mencampuri sejauh bukan doktrin utama.

Kalau anda tahu, dimana perbedaannya yang utama, silahkan google dan masukan kata kunci Filioque, hanya sepatah kata dalam Pengakuan iman Nicea, dimana Roma menyatakan Roh Kudus berasal dari Bapa dan Putera, sementara Orthodox berkata Roh Kudus berasal dari Bapa.
Itu saja, selebihnya adalah urusan politik.

Itu yang saya bandingkan dengan perbedaan antara Katolik dan Protestanisme, dimana saat ini perbedaan yang ada justru terlihat sangat jauh (tentu tidak semua).

Syalom

Bagaimana dgn tata cara peribadatan misalnya ? Bukankah tata cara peribatan jg berasal turun temurun berdasarkan Tradisi ? Apakah ini berarti bahwa Tradisi Orthodox dan Tradisi Katolik berbeda ?

Tatacara ibadat sudah tentu berbeda tergantung kebudayaan awal masing masing, masing masing memiliki acuannya sendiri, itu sudah berlangsung sejak dulu/awal. Sekedar contoh, Katolik menggunakan roti tak beragi, sementara Orthodox menggunakan roti beragi, tetapi sama sama mengimani bahwa roti dan anggur itu adalah tubuh dan darah Kristus, bukan simbolis (ini doktrin penting). Sedangkan Protestanism, ketika zaman Luther dan Calvin masih mengimani roti perjamuan adalah tubuh Kristus. Sementara sekarang, terjadi perbedaan, ada yang menganggap tubuh (Karismatik), ada yang menganggap simbolis.

Syalom

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Djo
Perwira Pertama
Perwira Pertama


Jumlah posting : 794
Join date : 28.01.11

PostSubyek: Re: Apakah Sola Scriptura cukup ?   22nd February 2012, 15:43

bruce wrote:

Tatacara ibadat sudah tentu berbeda tergantung kebudayaan awal masing masing, masing masing memiliki acuannya sendiri, itu sudah berlangsung sejak dulu/awal. Sekedar contoh, Katolik menggunakan roti tak beragi, sementara Orthodox menggunakan roti beragi, tetapi sama sama mengimani bahwa roti dan anggur itu adalah tubuh dan darah Kristus, bukan simbolis (ini doktrin penting). Sedangkan Protestanism, ketika zaman Luther dan Calvin masih mengimani roti perjamuan adalah tubuh Kristus. Sementara sekarang, terjadi perbedaan, ada yang menganggap tubuh (Karismatik), ada yang menganggap simbolis.

Syalom

Kalo ibadat orthodox pada jam2 tertentu setiap harinya, kemudian ada ritual gerakan tubuh (yg pada kemudian hari diklaim sbg sholat oleh muslim), itu berdasarkan tradisi atau kebudayaan setempat ?

Soal perjamuan kudus, boleh jg tuh om dibuat thread baru lagi , biar seru. :)
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Apakah Sola Scriptura cukup ?   22nd February 2012, 15:58

Djo wrote:
bruce wrote:

Tatacara ibadat sudah tentu berbeda tergantung kebudayaan awal masing masing, masing masing memiliki acuannya sendiri, itu sudah berlangsung sejak dulu/awal. Sekedar contoh, Katolik menggunakan roti tak beragi, sementara Orthodox menggunakan roti beragi, tetapi sama sama mengimani bahwa roti dan anggur itu adalah tubuh dan darah Kristus, bukan simbolis (ini doktrin penting). Sedangkan Protestanism, ketika zaman Luther dan Calvin masih mengimani roti perjamuan adalah tubuh Kristus. Sementara sekarang, terjadi perbedaan, ada yang menganggap tubuh (Karismatik), ada yang menganggap simbolis.

Syalom

Kalo ibadat orthodox pada jam2 tertentu setiap harinya, kemudian ada ritual gerakan tubuh (yg pada kemudian hari diklaim sbg sholat oleh muslim), itu berdasarkan tradisi atau kebudayaan setempat ?

Soal perjamuan kudus, boleh jg tuh om dibuat thread baru lagi , biar seru. :)

Ya betul, mengenai jam berdoa, gerakan, bahkan arah tanda salib, semua itu kan bukan suau yang berhubungan dengan doktrin, jadi memang bekembang sesuai ajaran dai awalnya bagaimana ya diteruskan hingga sekarang.

Thread tentang perjamuan kudus? Bisa saja sih, tapi member kita yang orthodox cuma Willie, itupun lama ngga muncul, padahal waktu itu dia pernah post sangat lngkap di LT lama. Sayang sekarang ngga ada lagi.

Anda buat dulu deh, tentang perjamuan kudus menurut Protestan

Syalom

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Djo
Perwira Pertama
Perwira Pertama


Jumlah posting : 794
Join date : 28.01.11

PostSubyek: Re: Apakah Sola Scriptura cukup ?   23rd February 2012, 11:48

bruce wrote:
jadi memang bekembang sesuai ajaran dai awalnya bagaimana ya diteruskan hingga sekarang.

ajaran dari awal itu oleh para rasul, atau dari kebudayaan setempat ?
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Apakah Sola Scriptura cukup ?   23rd February 2012, 16:02

Djo wrote:
bruce wrote:
jadi memang bekembang sesuai ajaran dai awalnya bagaimana ya diteruskan hingga sekarang.

ajaran dari awal itu oleh para rasul, atau dari kebudayaan setempat ?

Bisa dari rasul dan bersinggungan dengan kebudayaan setempat. Contoh mudah, pastor Katolik tidak memelihara janggut, sementara imam orthodox berjanggut, ini tentu berhubungan dengan kebudayaan setempat, karena kita tahu bahwa orang Yahudi memasang janggut, sementara orang romawi tidak memasang janggut dan kumis, itu antara lain.

Dan soal kumis serta janggut ini tidak merubah doktrin apapun, tidak pula menjadi anjuran seperti pada umat Islam, maka, kalaupun ada pastor Katolik yang berkumis dan berjanggut, tentu bisa saja (pastor yang saya kenal dulu, dari NZ, ternyata berkumis, berjanggut dan berambut gondrong). Begitu pula di History channel, saya lihat ada pastor Katolik di Perancis yang berambut panjang dan diikat ekor kuda serta beranting anting di telinga kirinya, nah lho.

Syalom

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: Apakah Sola Scriptura cukup ?   24th February 2012, 12:52

Quote :
Begitu pula di History channel, saya lihat ada pastor Katolik di Perancis yang berambut panjang dan diikat ekor kuda serta beranting anting di telinga kirinya, nah lho.Syalom
Eksentrik juga tuh, hehhehheee..., pe'en'es di negeri ini ndhak boleh seeksentrik itu nggeh?

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Apakah Sola Scriptura cukup ?   24th February 2012, 14:43

Husada wrote:
Quote :
Begitu pula di History channel, saya lihat ada pastor Katolik di Perancis yang berambut panjang dan diikat ekor kuda serta beranting anting di telinga kirinya, nah lho.Syalom
Eksentrik juga tuh, hehhehheee..., pe'en'es di negeri ini ndhak boleh seeksentrik itu nggeh?

Mudah-mudahan tetap berpenampilan sopan, he he he.

Tapi, kalau soal berambut gondrong, sepertinya Islam dan Katolik di Indonesia sejalan, sama sama punya tokoh berambut gondrong dan berjanggut. Kalau di Katolik pernah ada Romo Mangun, Romo Muji, Romo Sandy, dan banyak lagi, sementara di Islam juga ada beberapa orang (dari NU) yang saya tahu dari Jatim.

:)

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Djo
Perwira Pertama
Perwira Pertama


Jumlah posting : 794
Join date : 28.01.11

PostSubyek: Re: Apakah Sola Scriptura cukup ?   24th February 2012, 15:57

bruce wrote:

Bisa dari rasul dan bersinggungan dengan kebudayaan setempat.

Ok, jadi ada kemungkinan bahwa rasul mengajarkan hal yg berbeda ?
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Apakah Sola Scriptura cukup ?   24th February 2012, 18:08

Djo wrote:
bruce wrote:

Bisa dari rasul dan bersinggungan dengan kebudayaan setempat.

Ok, jadi ada kemungkinan bahwa rasul mengajarkan hal yg berbeda ?

Berbeda dalam hal apa dulu, bro. Kalau seragam pasti tidak, anda bisa bandinkan isi keempat Injil, itu membuktikan memang tidak ada penyeragaman. Tetapi, kalau perbedaa, tntu juga tidak, karena tidak ada yang saling bertentangan.

Syalom

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Djo
Perwira Pertama
Perwira Pertama


Jumlah posting : 794
Join date : 28.01.11

PostSubyek: Re: Apakah Sola Scriptura cukup ?   24th February 2012, 19:26

bruce wrote:
Djo wrote:
bruce wrote:

Bisa dari rasul dan bersinggungan dengan kebudayaan setempat.

Ok, jadi ada kemungkinan bahwa rasul mengajarkan hal yg berbeda ?

Berbeda dalam hal apa dulu, bro. Kalau seragam pasti tidak, anda bisa bandinkan isi keempat Injil, itu membuktikan memang tidak ada penyeragaman. Tetapi, kalau perbedaa, tntu juga tidak, karena tidak ada yang saling bertentangan.

Syalom

Ya dalam hal contoh diatas misalnya. Misalnya dlm orthodox, beribadat pada jam2 tertentu dlm sehari, ada ritual gerakan fisiknya. Kemudian dlm hal mengerakkan "tanda salib" sebelum dan seusai berdoa. Jika itu memang hanya pengaruh kebudayaan setempat, tentunya hal2 tsb tidak dilakukan oleh penganut orthodox dari daerah lain. Tapi kan cmiiw hal2 tsb diatas dilakukan oleh seluruh penganut orthodox di seluruh penjuru dunia, jadi besar kemungkinan bahwa ini adalah karena pengajaran gereja mula2 dan bukan karena faktor kebudayaan setempat.

Saya jg tidak mengatakan bahwa perbedaan ini adalah sebuah pertentangan. Berbeda belum tentu bertentangan. :)


Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Apakah Sola Scriptura cukup ?   24th February 2012, 22:24

Djo wrote:
bruce wrote:
Djo wrote:
bruce wrote:

Bisa dari rasul dan bersinggungan dengan kebudayaan setempat.

Ok, jadi ada kemungkinan bahwa rasul mengajarkan hal yg berbeda ?

Berbeda dalam hal apa dulu, bro. Kalau seragam pasti tidak, anda bisa bandinkan isi keempat Injil, itu membuktikan memang tidak ada penyeragaman. Tetapi, kalau perbedaa, tntu juga tidak, karena tidak ada yang saling bertentangan.

Syalom

Ya dalam hal contoh diatas misalnya. Misalnya dlm orthodox, beribadat pada jam2 tertentu dlm sehari, ada ritual gerakan fisiknya. Kemudian dlm hal mengerakkan "tanda salib" sebelum dan seusai berdoa. Jika itu memang hanya pengaruh kebudayaan setempat, tentunya hal2 tsb tidak dilakukan oleh penganut orthodox dari daerah lain. Tapi kan cmiiw hal2 tsb diatas dilakukan oleh seluruh penganut orthodox di seluruh penjuru dunia, jadi besar kemungkinan bahwa ini adalah karena pengajaran gereja mula2 dan bukan karena faktor kebudayaan setempat.

Saya jg tidak mengatakan bahwa perbedaan ini adalah sebuah pertentangan. Berbeda belum tentu bertentangan. :)



Ya memang seperti itu, dan gerakan tanda salib atau dalam bahasa Latin disebut dengan Signum Cucis, memiliki arti TriTunggal Maha Kudus. Oiya, gerakan itu baru mulai digunakan pada sekitar abad pertengahan, jadi bukan diciptakan oleh para Rasul Jesus. Selanjutnya untuk lebih detail, silahkan baca di sini


_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Djo
Perwira Pertama
Perwira Pertama


Jumlah posting : 794
Join date : 28.01.11

PostSubyek: Re: Apakah Sola Scriptura cukup ?   25th February 2012, 10:45

bruce wrote:

Ya memang seperti itu, dan gerakan tanda salib atau dalam bahasa Latin disebut dengan Signum Cucis, memiliki arti TriTunggal Maha Kudus. Oiya, gerakan itu baru mulai digunakan pada sekitar abad pertengahan, jadi bukan diciptakan oleh para Rasul Jesus. Selanjutnya untuk lebih detail, silahkan baca di sini


Oh begitu ya, tadinya saya pikir para rasul yg mengajarkan itu. Berarti dalam Tradisi GRK bisa ada penambahan materi jg ya om ?
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Apakah Sola Scriptura cukup ?   25th February 2012, 11:28

Djo wrote:
bruce wrote:

Ya memang seperti itu, dan gerakan tanda salib atau dalam bahasa Latin disebut dengan Signum Cucis, memiliki arti TriTunggal Maha Kudus. Oiya, gerakan itu baru mulai digunakan pada sekitar abad pertengahan, jadi bukan diciptakan oleh para Rasul Jesus. Selanjutnya untuk lebih detail, silahkan baca di sini


Oh begitu ya, tadinya saya pikir para rasul yg mengajarkan itu. Berarti dalam Tradisi GRK bisa ada penambahan materi jg ya om ?

Lho, bedakan antara Tradisi Suci dan tradisi secara umum, bro.

Tradisi suci termasuk diantaranya adalah Kitab SUci itu sendiri, tidak berubah ubah. Sedangkan tradisi umum ya seperti tanda salib, puasa dan pantang, doa rosario, tatacara ibadah, yang bisa berkembang sesuai kebudayaan setempat.


_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: Apakah Sola Scriptura cukup ?   2nd November 2012, 00:22

Setelah baca-baca ulang, ternyata menarik.

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content




PostSubyek: Re: Apakah Sola Scriptura cukup ?   Today at 00:56

Kembali Ke Atas Go down
 
Apakah Sola Scriptura cukup ?
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 5 dari 5Pilih halaman : Previous  1, 2, 3, 4, 5
 Similar topics
-
» Apakah ganti knalpot racing itu akan beresiko di tilang...?
» (WTA) Apakah motor yang jarang dipakai akan mempengaruhi Oli mesin didalamnya?
» Apakah haram ganti koil bila sudah pake CDI Racing??
» Tes apakah Anda seorang Indigo
» MUTILASI V*GINA...??!!!!!

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Ladang Tuhan Baru :: Ruang Antar Kristen (Khusus Penganut Kristen Trinitarian) :: Ajaran Kristen-
Navigasi: