Ladang Tuhan Baru
Selamat datang kepada sesama saudara Kristen dan saudara lain iman. Mari kita saling kenal dalam suasana bersahabat.

Ladang Tuhan Baru

Forum Komunitas Kristen
 
IndeksIndeks  PencarianPencarian  PendaftaranPendaftaran  LoginLogin  

Share | 
 

 Bagaimana Surga menurut Islam ?

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
Pilih halaman : Previous  1, 2, 3, 4
PengirimMessage
striker
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1393
Join date : 03.02.11

PostSubyek: Re: Bagaimana Surga menurut Islam ?   23rd July 2011, 18:49

bruce wrote:
Quote :
waduh.. enakan nerakanya kristen ya mas, malah boleh makan dan minum, boleh punya istri pula.. he he he

Anda yang pilih dan anda juga yang akan mendapatkannya mas

Razz

sama sama mas, terima kasih dipersilahkan masuk nerakanya Kristen, demikian juga sebaliknya neraka Islampun sangat welcome buat anda :)
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Bagaimana Surga menurut Islam ?   28th July 2011, 20:02

Quote :
Dan mereka (Yahudi dan Nasrani) berkata:"Sekali-kali tidak akan masuk surga kecuali orang-orang (yang beragama) Yahudi dan Nasrani". Demikian itu (hanya) angan-angan mereka yang kosong belaka. Katakanlah:"Tunjukkan kebenaranmu jika kamu adalah orang-orang yang benar". QS. 2:111

Quote :
Sesungguhnya orang-orang kafir yakni ahli kitab dan orang-orang musyrik (akan masuk) ke neraka Jahan-nam; mereka kekal di dalamnya. Mereka itu adalah seburuk-buruk makhluk. QS. 98:6


_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Bagaimana Surga menurut Islam ?   31st July 2011, 13:45

Copas dari situs tetangga, karena penasaran bagaimana pandangan Muslim tentang surga, dan inilah salah satunya :

Quote :
Setiap hari Malaikat Izrael dan Nabi Idris beribadah bersama. Suatu kali, sekali lagi Nabi Idris mengajukan permintaan. “Bisakah engkau membawa saya melihat surga dan neraka?”

“Wahai Nabi Allah, lagi-lagi permintaanmu aneh,” kata Izrael.

Setelah Malaikat Izrael memohon izin kepada Allah, dibawanya Nabi Idris ke tempat yang ingin dilihatnya.

“Ya Nabi Allah, mengapa ingin melihat neraka? Bahkan para Malaikat pun takut melihatnya,” kata Izrael.

“Terus terang, saya takut sekali kepada Azab Allah itu. Tapi mudah-mudahan, iman saya menjadi tebal setelah melihatnya,” Nabi Idris menjelaskan alasannya.

Waktu mereka sampai ke dekat neraka, Nabi Idris langsung pingsan. Penjaga neraka adalah Malaikat yang sangat menakutkan. Ia menyeret dan menyiksa manusia-manusia yang durhaka kepada Allah semasa hidupnya. Nabi Idris tidak sanggup menyaksikan berbagai siksaan yang mengerikan itu. Api neraka berkobar dahsyat, bunyinya bergemuruh menakutkan, tak ada pemandangan yang lebih mengerikan dibanding tempat ini.

Dengan tubuh lemas Nabi Idris meninggalkan tempat yang mengerikan itu. Kemudian Izrael membawa Nabi Idris ke surga. “Assalamu’alaikum…” kata Izrael kepada Malaikat Ridwan, Malaikat penjaga pintu surga yang sangat tampan.

Wajah Malaikat Ridwan selalu berseri-seri di hiasi senyum ramah. Siapapun akan senang memandangnya. Sikapnya amat sopan, dengan lemah lembut ia mempersilahkan para penghuni surga untuk memasuki tempat yang mulia itu.

Waktu melihat isi surga, Nabi Idris kembali nyaris pingsan karena terpesona. Semua yang ada di dalamnya begitu indah dan menakjubkan. Nabi Idris terpukau tanpa bisa berkata-kata melihat pemandangan sangat indah di depannya. “Subhanallah, Subhanallah, Subhanallah…” ucap Nabi Idris beulang-ulang.

Nabi Idris melihat sungai-sungai yang airnya bening seperti kaca. Di pinggir sungai terdapat pohon-pohon yang batangnya terbuat dari emas dan perak. Ada juga istana-istana pualam bagi penghuni surga. Pohon buah-buahan ada disetiap penjuru. Buahnya segar, ranum dan harum.

Waktu berkeliling di sana, Nabi Idris diiringi pelayan surga. Mereka adalah para bidadari yang cantik jelita dan anak-anak muda yang amat tampan wajahnya. Mereka bertingkah laku dan berbicara dengan sopan.

Mendadak Nabi Idris ingin minum air sungai surga. “Bolehkah saya meminumnya? Airnya kelihatan sejuk dan segar sekali.”

“Silahkan minum, inilah minuman untuk penghuni surga.” Jawab Izrael. Pelayan surga datang membawakan gelas minuman berupa piala yang terbuat dari emas dan perak. Nabi Idris pun minum air itu dengan nikmat. Dia amat bersyukur bisa menikmati air minum yang begitu segar dan luar biasa enak. Tak pernah terbayangkan olehnya ada minuman selezat itu. “Alhamdulillah, Alhamdulillah, Alhamdulillah,” Nabi Idris mengucap syukur berulang-ulang.

Setelah puas melihat surga, tibalah waktunya pergi bagi Nabi Idris untuk kembali ke bumi. Tapi ia tidak mau kembali ke bumi. Hatinya sudah terpikat keindahan dan kenikmatan surga Allah.

“Saya tidak mau keluar dari surga ini, saya ingin beribadah kepada Allah sampai hari kiamat nanti,” kata Nabi Idris.

“Tuan boleh tinggal di sini setelah kiamat nanti, setelah semua amal ibadah di hisab oleh Allah, baru tuan bisa menghuni surga bersama para Nabi dan orang yang beriman lainnya,” kata Izrael.

“Tapi Allah itu Maha Pengasih, terutama kepada Nabi-Nya. Akhirnya Allah mengkaruniakan sebuah tempat yang mulia di langit, dan Nabi Idris menjadi satu-satunya Nabi yang menghuni surga tanpa mengalami kematian. Waktu diangkat ke tempat itu, Nabi Isris berusia 82 tahun.

Firman Allah:

“Dan ceritakanlah Idris di dalam Al-Qur’an. Sesungguhnya ia adalah orang yang sangat membenarkan dan seorang Nabi, dan kami telah mengangkatnya ke martabat yang tinggi.” (QS Al-Anbiya:85-86).

***
Pada saat Nabi Muhammad sedang melakukan perjalanan Isra’ Mi’raj ke langit, beliau bertemu Nabi Idris. “Siapa orang ini? Tanya Nabi Muhammad kepada Jibril yang mendampinginya waktu itu.

“Inilah Idris,” jawab Jibril. Nabi Muhammad mendapat penjelasan Allah tentang Idris dalam Al-Qur’an Surat Al-Anbiya ayat 85 dan 86, serta Surat Maryam ayat 56 dan 57.

Sumber Bacaan: Alkisah Nomor 01 / 3-16 Januari 2005


Pandangan tentang surga dan neraka sih terserah pemahaman masing masing iman, tetapi yang mengherankan adalah bagaimana kisah nabi Idris yang pingsan dan apa yang dilihatnya itu bisa sampai kepada penulis di atas?


_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: Bagaimana Surga menurut Islam ?   5th November 2012, 23:20

Sesuai dengan judul, untuk sementara ini, ada beberapa pengertian dari surga, yaitu:
1) surga adalah ganjaran ridho Allah - Silancah;
2) surga ada tingkat-tingkatannya -striker;
3) surga adalah Darussalam (negri keselamatan) dari segala musibah, kecelakaan, dan segala hal yang tidak disukai - striker;
4) surga adalah merupakan negri Allah subhanahu wata’ala - striker;
5) surga adalah tempat memperoleh buah-buahan dan memperoleh apa yang diminta - striker;
6) surga adalah tempat yang dimasuki bersama-sama dengan orang-orang yang sholeh dari bapak-bapaknya, istri-istrinya, dan anak cucunya - striker;
7) surga adalah tempat di mana malaikat-malaikat masuk dari semua pintu - striker;
Cool surga adalah tempat yang penduduknya kekal di dalamnya - striker;
9) surga adalah tempat kekal yang dijanjikan kepada orang- orang yang bertaqwa - striker;
10) surga adalah tempat tuk memuji Allah, di mana duka cita dihilangkan - striker;
11) surga adalah tempat yang di dalamnya tiada rasa lelah dan tiada rasa lesu - striker;
12) surga adalah tempat menetap orang-orang mukmin;
13) surga adalah tempat berkumpul dengan Allah, dan Allah memberikan kenikmatan2 yg lain selain berkumpul disisi-Nya - striker;
14) surga adalah tempat yang dijaga oleh Malaikat Ridwan - Alkisah Nomor 01/3-16 Januari 2005;
15) surga adalah tempat yang pemandangannya sangat indah - Alkisah Nomor 01/3-16 Januari 2005;
16) surga adalah tempat dimana sungai-sungai yang airnya bening seperti kaca- Alkisah Nomor 01/3-16 Januari 2005;
17) surga adalah tempat dimana pinggir sungai sungainya terdapat pohon-pohon yang batangnya terbuat dari emas dan perak - Alkisah Nomor 01/3-16 Januari 2005;
18) surga adalah tempat di mana istana-istana pualam bagi penghuninya - Alkisah Nomor 01/3-16 Januari 2005;
19)surga adalah tempat yang ada pelayannya ialah para bidadari yang cantik jelita dan anak-anak muda yang amat tampan wajahnya- Alkisah Nomor 01/3-16 Januari 2005;
20) surga adalah tempat yang sungainya berupa air minum yang begitu segar dan luar biasa enak- Alkisah Nomor 01/3-16 Januari 2005;
21) surga adalah tempat yang boleh ditinggali setelah kiamat- Alkisah Nomor 01/3-16 Januari 2005;
22) surga adalah tempat yang mulia di langit, dan Nabi Idris menjadi satu-satunya Nabi yang menghuni surga tanpa mengalami kematian- Alkisah Nomor 01/3-16 Januari 2005;

Masih ada yang lain?

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
ichrezadariforumLI
Bintara
Bintara


Jumlah posting : 50
Join date : 06.11.12

PostSubyek: Re: Bagaimana Surga menurut Islam ?   6th November 2012, 02:51

Dalam hadis yang menjelaskan tentang keutaman ibadah shaum memang telah disebutkan bahwa mereka yang melaksanakannya dengan penuh keihlasan akan memasuki surga dari pintu khusus yaitu pintu Ar-Rayyan.

Dari Sahl bin Sa’d sesungguhnya Rasulullah SAW telah bersabda: “Di surga ada delapan pintu, salah satu pintunya diberinama Ar-Rayyan. Tidak akan ada yang memasukinya kecuali orang-orang yang melaksanakan shaum. Dan apabila mereka telah masuk, pintu tersebut akan dikunci dan tidak akan ada yang memasukinya lagi selain mereka” (HR. Bukhori dan Muslim)

Sedangkan mengenai nama pintu-pintu yang surga lainnya, kami belum mendapatkan riwayat yang menjelaskan tentang nama-nama tersebut. Akan tetapi dalam sejumlah hadis dinyatakan bahwa setiap orang akan memasuki surga berdasarkan jenis amal sholeh yang dia lakukan di dunia ini.

Dari Abu Hurariroh Ra ia berkata Rasulullah SAW telah bersabda: “Barangsiapa yang menafqahi suami isteri di jalan Allah dari hartanya, ia akan dipanggil dari pintu-pintu surga, dan bagi surga ada delapan pintu, barangsiapa yang termasuk golongan ahli sholat ia akan dipanggil dari pintu sholat, dan barngsiapa yang termasuk ahli shodaqoh ia akan dipanggil dari pintu shodaqoh dan barangsiapa yang termasuk ahli jihad ia akan dipanggil dari pintu jihad dan barangsiapa yang termasuk ahli shaum ia akan dipanggil dari pintu shaum” (Muttafaq ‘Alaih)

Bahkan dalam sejumlah hadis dijelaskan bahwa mereka yang tidak dihisab akan memasuki surga dari pintu sebelah kanan. Sedangkan yang lainnya memasuki surga dari tujuh pintu yang tersisa.

Dari Abu Hurarirah Ra ketika menjelaskan tentang hadis syafa’ah disebutkan bahwa Allah SWT berfirman : Wahai Muhammad : “Masukanlan orang-orang yang tidak dihisab dari golongan umatmu dari pintu sebelah kanan” (Muttafaq ‘Alaih)

Yang terpenting bagi kita tentunya adalah kita berdo’a kepada Allah SWT semoga kita termasuk golongan orang-orang yang dipanggil dari setiap pintu surga sebagaimana yang dikatakan oleh Abu Bakar Ash-Shidiq Ra. Kepada Rasulullah SAW : “Tidak masalah bagi seseorang dari pintu mana dia dipanggil, tetapi adakah orang yang dipanggil oleh semua pintu itu, wahai Rasulullah? Beliau menjawab: “Ia, Dan aku berharap engkau termasuk diantara mereka” (Muttafaq ‘Alaih) (lihat Nihayatul Bidayah Wan Nihayah karangan Ibnu Katsit jilid II halaman 214) Sedangkan mengenai jumlah pintu neraka, Allah SWT telah menjelaskan dalam firman-Nya :

”Dan sesungguhnya Jahannam itu benar-benar tempat yang telah diancamkan kepada mereka semuanya. Jahannam itu mempunyai tujuh pintu. Tiap-tiap pintu untuk golongan yang tertentu dari mereka.“ (QS. Al-Hijr 43 dan 44)

Ibnu Katsir ketika mengomentari ayat ini berkata: “Yaitu Allah telah menetapkan bagi setiap pintu tersebut segolongan dari pengikut iblis, mereka akan memasukinya dan tidak dapat keluar darinya -Semoga Allah mnyelamatkan kita darinya- Dan setiap orang memasukinya tergantung amalnya dan tinggal dalam tingkatan neraka sesuai dengan amalnya” (Tafsir Ibnu Katsir 4/162)

Ibnu Katsir dalam tafsirnya juga mengutip pendapat Ibnu Juraij berkata: “Tujuh pintu tersebut adalah : yang pertama Jahannam, Ladzho, Al-Huthomah, Sa’ir, Saqor, Al-Jahim dan terakhir Al-Hawiyyah”. Hal ini sebagaimana diriwayatkan oleh Ad-Dlohak dari Ibnu Abbas Ra (Tafsir Ibnu Katsir 4/162)

Ibnu ‘Asyur dalam tafsirnya mengatakan bahwa yang dimaksud dengan tujuh disini menunjukan bilangan yang banyak sehingga hal tersebut sesuai dengan firman Allah SWT : ”Sedang malaikat-malaikat masuk ke tempat-tempat mereka dari semua pintu” (QS. Ar-Ra’d : 23 )

Dan boleh jadi yang dimaksud dengan pintu-pintu adalah kiasan dari tingkatan Jahannam karena adanya pintu-pintu tersebut menunjukkan adanya tingkatan yang sesuai dengan tingkatan kedurhakaan yang dilakukan penghuninya” (Tafsir Ibnu ‘Asyur XIII/43)
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: Bagaimana Surga menurut Islam ?   6th November 2012, 14:08

Terima kasih, ichre. Neutral

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
Onde32lumut
Tamtama
Tamtama


Jumlah posting : 44
Join date : 27.10.12

PostSubyek: Re: Bagaimana Surga menurut Islam ?   20th November 2012, 10:20

striker wrote:
kira2 saya akan masuk surga yg mana ya?
hmmm.. yg mana aja boleh deh asal gak ke neraka saja...
AMPUUUUN ya ALLAH.. AMPUUUUN..... jangan Engkau dekatkan aku dengan neraka-MU. Crying or Very sad
punya ngga gambaran tentang surga.. ? apakah di ajaran islam diajarkan pula gambaran2 mengenai surga itu seperti apa? saya pernah dengar tentang bidadari2 surga? apakah itu benar/resmi? thx bro winger.. eh striker.. Very Happy
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content




PostSubyek: Re: Bagaimana Surga menurut Islam ?   Today at 02:17

Kembali Ke Atas Go down
 
Bagaimana Surga menurut Islam ?
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 4 dari 4Pilih halaman : Previous  1, 2, 3, 4
 Similar topics
-
» [Tantangan] Hanya 5% orang yg bisa melakukan ini "bagaimana dgn detektif?"
» Vlad Dracula " Kisah Nyata Pembantai Umat Islam Dalam Perang Salib
» Arti Cinta
» Test Otak & Mata Anda
» Song of The Day

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Ladang Tuhan Baru :: Forum Terbuka :: Diskusi - Kristen Bertanya Non-Kristen Menjawab-
Navigasi: