Ladang Tuhan Baru
Selamat datang kepada sesama saudara Kristen dan saudara lain iman. Mari kita saling kenal dalam suasana bersahabat.

Ladang Tuhan Baru

Forum Komunitas Kristen
 
IndeksIndeks  PencarianPencarian  PendaftaranPendaftaran  LoginLogin  

Share | 
 

 (ask) Devosi kepada Bunda Maria dalam tradisi Iman Gereja Katolik.

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
Pilih halaman : Previous  1, 2, 3, 4, 5  Next
PengirimMessage
samiaji
Calon Perwira
Calon Perwira


Jumlah posting : 392
Join date : 26.02.11
Age : 38

PostSubyek: Re: (ask) Devosi kepada Bunda Maria dalam tradisi Iman Gereja Katolik.   19th July 2011, 17:34

Kalau ibunya Bunda Maria statusnya gimana Oom ? Apakah harus suci juga ?

Mungkin beda nya : Yang satu mengimani Bunda Tidak Pernah berdosa sedikitpun, sedang yang satu mungkin mempercayai Bunda Maria disucikan (artinya bisa saja sebelumnya berdosa) pada saat Yesus datang ke Rahim Bunda..


Salam
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: (ask) Devosi kepada Bunda Maria dalam tradisi Iman Gereja Katolik.   19th July 2011, 19:24

Quote :
Kalau ibunya Bunda Maria statusnya gimana Oom ? Apakah harus suci juga ?

Mungkin beda nya : Yang satu mengimani Bunda Tidak Pernah berdosa sedikitpun, sedang yang satu mungkin mempercayai Bunda Maria disucikan (artinya bisa saja sebelumnya berdosa) pada saat Yesus datang ke Rahim Bunda..

Kalau menurut Gereja sih ngga diberikan status khusus bro.

Kalau secara analogi, misalkan anda menjadi warganegara Canada, maka anda berhak mengajak anak dan orang-tua anda, tetapi tidak bisa mengajak nenek anda. Kira kira ketangkep ya bro.

:)

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
leonardo
Calon Perwira
Calon Perwira


Jumlah posting : 301
Join date : 07.03.11

PostSubyek: Re: (ask) Devosi kepada Bunda Maria dalam tradisi Iman Gereja Katolik.   19th July 2011, 21:15

samiaji wrote:
Berarti menurut iman katholik ada dua sosok manusia yang tidak mewarisi dosa asal dan tidak berbuat dosa ataupun cela, yaitu Bunda Maria dan Yesus .. Begitu ya Oom ?


Salam

kalau ditambahkan dengan awal penciptaan berarti ada 4 bro....ditambah adam dan hawa.
karena pada dasarnya rancangan Tuhan itu baik adanya dan noda dosa baru masuk setelah ketidaktaatan manusia pertama. Very Happy
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: (ask) Devosi kepada Bunda Maria dalam tradisi Iman Gereja Katolik.   19th July 2011, 21:26

Quote :
kalau ditambahkan dengan awal penciptaan berarti ada 4 bro....ditambah adam dan hawa.
karena pada dasarnya rancangan Tuhan itu baik adanya dan noda dosa baru masuk setelah ketidaktaatan manusia pertama.

Adam dan Hawa kan tidak pernah dikandung manusia bro, he he he.

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
leonardo
Calon Perwira
Calon Perwira


Jumlah posting : 301
Join date : 07.03.11

PostSubyek: Re: (ask) Devosi kepada Bunda Maria dalam tradisi Iman Gereja Katolik.   19th July 2011, 22:28

bruce wrote:
Quote :
kalau ditambahkan dengan awal penciptaan berarti ada 4 bro....ditambah adam dan hawa.
karena pada dasarnya rancangan Tuhan itu baik adanya dan noda dosa baru masuk setelah ketidaktaatan manusia pertama.

Adam dan Hawa kan tidak pernah dikandung manusia bro, he he he.
iya benar bro...saya ikutkan adam dan hawa sebagai sama2 manusianya saja hehe...walaupun memang penciptaan mereka berbeda dengan yang lainnya... Very Happy
Kembali Ke Atas Go down
leonardo
Calon Perwira
Calon Perwira


Jumlah posting : 301
Join date : 07.03.11

PostSubyek: Re: (ask) Devosi kepada Bunda Maria dalam tradisi Iman Gereja Katolik.   19th July 2011, 23:07

T2Y wrote:
leonardo wrote:
T2Y wrote:
wah, kayaknya saya jadi "dikeroyok" sama orang2 Katolik yahhh... Razz Laughing
he..he..he...
andaikata martin luther, calvin, zwingli dikumpulkan disini mereka pun tidak akan mendukung anda bro Very Happy

yah, tergantung dari sudut mana anda mampu menilai penghormatan saya terhadap Maria, bro... Very Happy

iya bro ngerti hehe...ini sekedar info penghormatan tokoh reformasi terhadap bunda Maria

1. In his sermon of August 15, 1522, the last time Martin Luther preached on the Feast of the Assumption, he stated:
“There can be no doubt that the Virgin Mary is in heaven. How it happened we do not know. And since the Holy Spirit has told us nothing about it, we can make of it no article of faith . . . It is enough to know that she lives in Christ.”

2. The veneration of Mary is inscribed in the very depths of the human heart. (Sermon, September 1, 1522).

3. [She is the] highest woman and the noblest gem in Christianity after Christ . . . She is nobility, wisdom, and holiness personified. We can never honor her enough. Still honor and praise must be given to her in such a way as to injure neither Christ nor the Scriptures. (Sermon, Christmas, 1531).

4. No woman is like you. You are more than Eve or Sarah, blessed above all nobility, wisdom, and sanctity. (Sermon, Feast of the Visitation, 1537).

5. One should honor Mary as she herself wished and as she expressed it in the Magnificat. She praised God for his deeds. How then can we praise her? The true honor of Mary is the honor of God, the praise of God’s grace . . . Mary is nothing for the sake of herself, but for the sake of Christ . . . Mary does not wish that we come to her, but through her to God. (Explanation of the Magnificat, 1521)

6. It is the consolation and the superabundant goodness of God, that man is able to exult in such a treasure. Mary is his true Mother, Christ is his brother, God is his father. (Sermon, Christmas, 1522) Mary is the Mother of Jesus and the Mother of all of us even though it was Christ alone who reposed on her knees…If he is ours, we ought to be in his situation; there where he is, we ought also to be and all that he has ought to be ours, and his mother is also our mother. (Sermon, Christmas, 1529).

Terjemahannya:

1. Di dalam sermon tgl 15 Agustus 1522, pada saat terakhir kali Martin Luther berkhotbah di hari Perayaan Maria Diangkat ke surga, ia menyatakan:
“Tidak perlu diragukan lagi, bahwa Perawan Maria berada di surga. Bagaimana terjadinya, kita tidak mengetahuinya. Dan karena Roh Kudus tidak mengatakan apapun tentang itu, kita menyatakannya tidak sebagai pokok iman (article of faith) ….. Adalah cukup untuk mengetahui bahwa ia hidup di dalam Kristus.”

2. “Penghormatan kepada Maria tertuliskan di kedalaman hati manusia yang terdalam.” (Sermon, 1 September 1522).

3. “[Ia adalah] seorang perempuan yang tertinggi dan batu permata yang terhormat dalam Kristianitas setelah Kristus… Ia adalah manusia yang merupakan perwujudan kehormatan, kebijaksanaan, dan kekudusan. Kita tidak akan pernah cukup menghormatinya. Namun demikian penghormatan dan pujian harus diberikan dengan cara yang tidak melukai baik Kristus maupun Kitab Suci.” (Sermon, Natal, 1531).

4. “Tidak ada perempuan yang seperti engkau. Engkau adalah lebih daripada Hawa atau Sarah, terberkati di atas segala kehormatan, kebijaksanaan dan kekudusan.” (Sermon, Perayaan Maria Mengunjungi Elizabeth, 1537).

5. “Seseorang harus menghormati Maria sesuai dengan yang diharapkannya dan seperti yang dinyatakannya di dalam Kidung Magniicat. Ia memuliakan Tuhan untuk segala perbuatan-Nya. Lalu bagaimana kita dapat memujinya? Penghormatan yang benar kepada Maria adalah penghormatan kepada Tuhan, pujian kepada rahmat Tuhan …. Maria dari dirinya sendiri adalah bukan siapa-siapa tetapi demi Kristus …. Maria tidak mengharapkan agar kita datang kepadanya, tetapi melalui dia [kita datang] kepada Tuhan.” (Penjelasan tentang Magnificat, 1521).

6. “Adalah sebuah penghiburan dan kebaikan Allah yang sangat berlimpah, bahwa manusia dapat bersuka ria dalam hal kekayaan [rohani] ini. Maria adalah ibunya, Kristus adalah Saudaranya, dan Tuhan adalah Bapanya. (Sermon, Natal, 1522) Maria adalah Bunda Kristus, dan Bunda semua dari kita, meskipun hanya Kristus sendiri yang beristirahat di lututnya…. Jika Ia [Kristus] adalah milik kita, maka kita harus berada di dalam keadaan-Nya’; di manapun Ia berada kitapun berada, dan semua yang menjadi milik-Nya adalah milik kita juga, dan ibu-Nya juga menjadi ibu kita. (Sermon, Natal, 1529).

Maka, di atas ini Luther sendiri mengajarkan bahwa Bunda Maria adalah seorang yang kudus, telah berada di surga, dan ia layak dihormati oleh semua orang, dan ia menjadi ibu rohani bagi semua umat Kristiani. Memang menjadi sesuatu yang perlu kita renungkan adalah mengapa, meskipun pendiri Gereja Protestan pada awalnya mengakui kekudusan Bunda Maria, dan menghormatinya, namun sekarang sepertinya umat Protestan tidak mempunyai penghayatan yang sama?

sumber katolisitas [You must be registered and logged in to see this link.]



T2Y wrote:
leonardo wrote:

T2Y wrote:

@Bruce
Quote :
Jadi tuduhan pengkultusan, penuhanan sama sekali tidak berdasar. Yang benar adalah penghormatan.

bukannya penghormatan yang berlebihan itu bisa jadi pengkultusan, Om... :)
Dan kenyataannya seluruh ajaran katolik yang menghormati Maria tidak pernah merubah Maria menjadi Tuhan kan bro...hehe...

Dari sejak zaman liturgi Yakobus sampai liturgi Novus Ordo yang sekarang dirayakan di Gereja katolik ritus latin seruan2 penghormatan kepada orang kudus termasuk Maria tetap ada dan tidak rancu atau tertukar dengan seruan penyembahan pada Allah Tritunggal :)

bro, buat sepupu jauh (sebagian dari mereka) pun tidak merasa mengkultuskan junjungannya.
jadi perbedaannya adalah "sudut pandang".
bro dasar katolik jelas bro bukan dari sepupu jauh tapi dari iman apostolik dari para rasul jadi sepanjang itu iman yang sama yang diwariskan oleh para rasul yah sejauh itulah kita yakini.

Dan dari dulu sampai sekarang tidak ada ajaran yang berubah mengenai status bunda Maria dia tetap bunda Allah Putra yang melahirkan Sang Sabda ke dunia namun Maria juga adalah ciptaan Allah.

T2Y wrote:
leonardo wrote:

T2Y wrote:

@Leonardo
thank's buat jawaban dan artikelnya, tapi saya jadi ingat cerita Lazarus dan orang kaya.
Dan tentu anda ingat juga kisah nyata gathering Musa dan Elia di gunung tabor Laughing

Musa dan Elia saat itu sedang mendoakan anda yah ? Razz
apa sih yang sedang Yesus bicarakan bersama Musa dan Elia disana ?
kira2 tentang penggenapan pekerjaan Tuhan atw pengabulan doa manusia ? :)

btw kisah orang kaya dan lazarus itu punya arti berbeda menurut Katolik (berhubungan sama purgatory mungkin) ?
silahkan disharingkan disini supaya kita bisa punya sudut pandang yang lain.

loh kan tadi anda bilang kisah perumpamaan lazarus dan orang kaya imho sebagai alibi anda bahwa orang yang mati tidak bisa berhubungan dengan yang hidup benar ndak?

sedangkan gathering Musa dan Elia saya utarakan untuk menunjukkan bahwa bagi Tuhan , Musa dan Elia tetap hidup dalam kemuliaan Tuhan dan mereka tetap dapat dipakai Tuhan dalam rencanaNya. Very Happy
T2Y wrote:
leonardo wrote:

T2Y wrote:

Quote :
Doa orang benar bila dengan yakin didoakan lebih besar kuasanya (Yak 5:16)

amiiinnn...
tapi gak ditulis kalau doa orang yang ditujukan pada Maria lebih besar kuasanya. Razz
dan apakah Maria dikecualikan dari kumpulan orang benar ....

sudah saya bilang, bro... :)
Maria dibenarkan Allah, dikuduskan oleh RK.
Maria sama seperti anda dan saya yang bukan lahir tanpa dosa.
atw anda juga berpendapat Maria sudah suci sejak lahir ?
Allah memang mengasihi pendosa seperti kita bro tetapi Ia tidak dapat bersatu dengan dosa ...:)
Kembali Ke Atas Go down
Tamu
Tamu



PostSubyek: Re: (ask) Devosi kepada Bunda Maria dalam tradisi Iman Gereja Katolik.   20th July 2011, 09:51

Quote :
Maka, di atas ini Luther sendiri mengajarkan bahwa Bunda Maria adalah seorang yang kudus, telah berada di surga, dan ia layak dihormati oleh semua orang, dan ia menjadi ibu rohani bagi semua umat Kristiani. Memang menjadi sesuatu yang perlu kita renungkan adalah mengapa, meskipun pendiri Gereja Protestan pada awalnya mengakui kekudusan Bunda Maria, dan menghormatinya, namun sekarang sepertinya umat Protestan tidak mempunyai penghayatan yang sama?

bukan masalah penghormatan nya, bro... Very Happy
saya juga percaya Maria, Elia, dan sebagian tokoh2 alkitab ada disurga.
memanfaatkan Maria dengan statusnya sebagai bunda Allah yang dijadikan sarana supaya doa kita lebih efektif itulah yang saya tanyakan.
kenapa tidak berdoa dalam nama Yesus saja seperti yang Yesus ajarkan sendiri ?

Quote :
bro dasar katolik jelas bro bukan dari sepupu jauh tapi dari iman apostolik dari para rasul jadi sepanjang itu iman yang sama yang diwariskan oleh para rasul yah sejauh itulah kita yakini.

kalau bilang masalah iman, mereka juga mengimani demikian.

Quote :

Dan dari dulu sampai sekarang tidak ada ajaran yang berubah mengenai status bunda Maria dia tetap bunda Allah Putra yang melahirkan Sang Sabda ke dunia namun Maria juga adalah ciptaan Allah.

so, berdoa dalam nama Yesus lebih efektif dari doa melalui Maria ?
sepertinya ini yang harus dipertegas, bro...

Quote :
loh kan tadi anda bilang kisah perumpamaan lazarus dan orang kaya imho sebagai alibi anda bahwa orang yang mati tidak bisa berhubungan dengan yang hidup benar ndak?

yup

Quote :

sedangkan gathering Musa dan Elia saya utarakan untuk menunjukkan bahwa bagi Tuhan , Musa dan Elia tetap hidup dalam kemuliaan Tuhan dan mereka tetap dapat dipakai Tuhan dalam rencanaNya.

maksudnya gimana nih ?
Elia be-reinkarnasi dalam tubuh Yohanes pembaptis ? Razz
lalu Musa ?

Quote :
Allah memang mengasihi pendosa seperti kita bro tetapi Ia tidak dapat bersatu dengan dosa ...

makanya harus disucikan dahulu, boss... Very Happy
kalau anda bilang Maria dapat bersatu dengan RK karena Maria memang sudah suci dari lahir, bahkan sebelum RK hadir dalam dirinya saya minta bukti pendukungnya kalau boleh. :)
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: (ask) Devosi kepada Bunda Maria dalam tradisi Iman Gereja Katolik.   20th July 2011, 10:10

Quote :
kalau anda bilang Maria dapat bersatu dengan RK karena Maria memang sudah suci dari lahir, bahkan sebelum RK hadir dalam dirinya saya minta bukti pendukungnya kalau boleh.


Dogma Perawan Maria dikandung tanpa noda ini telah dirintis oleh Paus Sixtus IV (abad ke-15) yang diteruskan sampai ke jaman Paus Pius IX (abad ke -19), tetapi sesungguhnya pengajaran tersebut sudah merupakan hal yang diyakini oleh Gereja sejak abad awal, seperti dinyatakan oleh Santo Ephraem (abad ke-4)[ dan Santo Agustinus (abad ke-5)[3]dengan dasar pemikiran dari Santo Ireneus (abad ke-2).
Jadi Dogma tersebut bukan pengajaran ‘kagetan’ atau innovasi dari Paus Pius IX di abad ke-19!


Empat tahun setelah pengajaran yang diberikan oleh Paus Pius IX, Bunda Maria menampakkan diri di Lourdes, Perancis (1858). Penampakan Bunda Maria di Lourdes (di grotto Massabielle) terjadi selama 18 kali kepada Bernadette Soubirous, seorang gadis desa yang yang waktu itu berumur 14 tahun. Penampakan Bunda Maria di Lourdes ini sudah diakui oleh Gereja Katolik sebagai penampakan yang otentik. Dalam penampakan itu (penampakan ke- 16), Bunda Maria menyatakan dirinya sebagai “Perawan yang dikandung tanpa noda dosa”/ the Immaculate Conception kepada Bernadette yang pada waktu itu tidak memahami makna “the Immaculate Conception“, terutama karena ia adalah gadis desa yang buta huruf. Pernyataan dari Bunda Maria ini mengkonfirmasikan ajaran dari Bapa Paus Pius IX, dan dengan demikian juga membuktikan infalibilitas ajaran Bapa Paus tersebut.

Dasar dari Kitab Suci
Alasan pertama Bunda Maria dikandung tanpa noda ini berhubungan dengan peran istimewanya sebagai Ibu Tuhan Yesus. Jadi, walaupun benar Maria manusia biasa, ia bukan manusia ‘kebanyakan’ seperti kita. Sebab, memang rencana keselamatan itu terbuka untuk semua orang (Yoh 3:16), tetapi Ia hanya memilih satu orang untuk menjadi ibu-Nya, yaitu Maria. Kita tahu bahwa Allah adalah Kudus, sempurna dan tak ada dosa di dalam Dia, maka sudah sangat layaklah bahwa ketika memutuskan untuk dilahirkan di dunia, Yesus menguduskan terlebih dahulu seseorang yang melaluinya Ia akan dilahirkan. Mungkin hal ini tidak terbayangkan oleh kita, karena kita manusia tidak bisa melakukannya. Kita tidak bisa memilih ibu kita sendiri, apalagi membuat dia kudus dan sempurna sebelum kita lahir. Tetapi, Allah bisa, dan itulah yang dilakukan-Nya. Mengapa Tuhan melakukan ini? Karena Ia tidak dapat mengingkari jati DiriNya sebagai Allah yang Kudus.

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Tamu
Tamu



PostSubyek: Re: (ask) Devosi kepada Bunda Maria dalam tradisi Iman Gereja Katolik.   20th July 2011, 10:27

kalau begitu selama awal penciptaan sampai sekarang berarti ada 2 orang yang suci, tidak berdosa dan tidak pernah melakukan dosa.

yang satu Yesus dan yang lain Maria :?:
ini yang menjadi dasar penghormatan itu ya ?
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: (ask) Devosi kepada Bunda Maria dalam tradisi Iman Gereja Katolik.   20th July 2011, 11:08

Quote :
kalau begitu selama awal penciptaan sampai sekarang berarti ada 2 orang yang suci, tidak berdosa dan tidak pernah melakukan dosa.

yang satu Yesus dan yang lain Maria
ini yang menjadi dasar penghormatan itu ya ?

Yeah ditanyain lagi, kan udah ada yang nanya dan udah saya jawab, he he he

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Tamu
Tamu



PostSubyek: Re: (ask) Devosi kepada Bunda Maria dalam tradisi Iman Gereja Katolik.   20th July 2011, 11:27

wheew, soalnya saya baru tahu kalau ada orang yang benar2 bebas dari dosa selain Yesus sendiri. roll
Kembali Ke Atas Go down
leonardo
Calon Perwira
Calon Perwira


Jumlah posting : 301
Join date : 07.03.11

PostSubyek: Re: (ask) Devosi kepada Bunda Maria dalam tradisi Iman Gereja Katolik.   20th July 2011, 21:41

T2Y wrote:
Quote :
Maka, di atas ini Luther sendiri mengajarkan bahwa Bunda Maria adalah seorang yang kudus, telah berada di surga, dan ia layak dihormati oleh semua orang, dan ia menjadi ibu rohani bagi semua umat Kristiani. Memang menjadi sesuatu yang perlu kita renungkan adalah mengapa, meskipun pendiri Gereja Protestan pada awalnya mengakui kekudusan Bunda Maria, dan menghormatinya, namun sekarang sepertinya umat Protestan tidak mempunyai penghayatan yang sama?

bukan masalah penghormatan nya, bro... Very Happy
saya juga percaya Maria, Elia, dan sebagian tokoh2 alkitab ada disurga.
memanfaatkan Maria dengan statusnya sebagai bunda Allah yang dijadikan sarana supaya doa kita lebih efektif itulah yang saya tanyakan.
kenapa tidak berdoa dalam nama Yesus saja seperti yang Yesus ajarkan sendiri ?

lah masih juga disamakan antara Tuhan dan pengantara....perbandingannya ndak nyambung bro...bandingkan si kuncir dengan bunda Maria nah itu baru bener hehe...

kalau yang bro katakan itu sama saja berdoa secara langsung..karena Yesus adalah TUhan .


Dan seperti yang saya utarakan sebelumnya ...baik berdoa langsung pada Allah / dalam nama Yesus juga dalam praktek saling mendoakan nya umat katolik memakai devosi bersama para kudus termasuk bunda Maria..

sikap pendoa selain mengharapkan terkabulnya permohonan tetapi diatas itu haruslah menyerahkan pada kebijaksanaan TUhan sendiri.

Apa bro T2Y pikir kalau berdoa dalam nama Yesus pasti doa orang tersebut dikabulkan?


T2Y wrote:

Quote :
bro dasar katolik jelas bro bukan dari sepupu jauh tapi dari iman apostolik dari para rasul jadi sepanjang itu iman yang sama yang diwariskan oleh para rasul yah sejauh itulah kita yakini.

kalau bilang masalah iman, mereka juga mengimani demikian.
Jadi apa masalahnya....

Apa kalau ada yang bilang kepercayaan Tritunggal mirip dengan ajaran dewa2 romawi terus kita juga harus mengganti ajaran tersebut?

what's the point bro :)


T2Y wrote:

Quote :

Dan dari dulu sampai sekarang tidak ada ajaran yang berubah mengenai status bunda Maria dia tetap bunda Allah Putra yang melahirkan Sang Sabda ke dunia namun Maria juga adalah ciptaan Allah.

so, berdoa dalam nama Yesus lebih efektif dari doa melalui Maria ?
sepertinya ini yang harus dipertegas, bro...

apa lagi bro yang dipertegas dari santo Petrus sampai benediktus XVI GK mengajarkan posisi Maria adalah ciptaan.

Dan untuk masalah doa kita ikuti teladan orang ini : Aku ini hamba Tuhan terjadilah padaku menurutu perkataanmu. Very Happy
[quote="T2Y"]
Quote :

Quote :
loh kan tadi anda bilang kisah perumpamaan lazarus dan orang kaya imho sebagai alibi anda bahwa orang yang mati tidak bisa berhubungan dengan yang hidup benar ndak?

yup

Quote :

sedangkan gathering Musa dan Elia saya utarakan untuk menunjukkan bahwa bagi Tuhan , Musa dan Elia tetap hidup dalam kemuliaan Tuhan dan mereka tetap dapat dipakai Tuhan dalam rencanaNya.

maksudnya gimana nih ?
Elia be-reinkarnasi dalam tubuh Yohanes pembaptis ? Razz
lalu Musa ?

wkkkk yang bilang reinkarnasi siapa ....

saya cuman mengutip ini kok...

Mat 22:32
Akulah Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub? Ia bukanlah Allah orang mati, melainkan Allah orang hidup.

Jadi bukan karena reinkarnasi tetapi karena bagi TUhan semua orang percaya tetap hidup dalam kemuliaan Tuhan.

Musa dan Elia bisa gathering di gunung tabor.

so ini arahnya ke persekutuan para kudus bro...yang tidak terpisahkan oleh kematian jasmani mereka. :)

T2Y wrote:

Quote :
Allah memang mengasihi pendosa seperti kita bro tetapi Ia tidak dapat bersatu dengan dosa ...

makanya harus disucikan dahulu, boss... Very Happy
kalau anda bilang Maria dapat bersatu dengan RK karena Maria memang sudah suci dari lahir, bahkan sebelum RK hadir dalam dirinya saya minta bukti pendukungnya kalau boleh. :)

bruce sudah memberikan dasar ajaran katoliknya thanks bro bruce :)

sekarang saya mau cerita analogi sedikit

Suatu hari, di suatu desa terpencil, ada seorang (sebut saja bernama Sukri) menemukan kloset duduk yang dibuang di dekat jalan kampung. Ia tidak pernah melihat benda itu seumur hidupnya, sehingga tidak tahu kalau itu adalah kloset (jamban). Dia bahkan mengagumi benda itu, karena dipikirnya ‘antik’. Sukri membawa pulang kloset itu ke rumah dan dibersihkannya sampai ‘kincrong‘. Kebetulan esok harinya Sukri berulang tahun dan dia berencana mengundang teman-teman satu kampung. Dia berpikir, alangkah uniknya jika nasi tumpeng ulang tahunnya diletakkan di dalam ‘benda’ itu (yaitu kloset), supaya ‘penemuan baru’-nya ini dapat dipamerkan kepada teman-temannya.

Sekarang, bayangkanlah, jika anda termasuk di antara orang-orang yang datang ke pesta Sukri. Anda pasti tahu kalau ‘barang’ itu adalah kloset. Apakah reaksi anda begitu melihat nasi tumpeng yang ditempatkan di dalam kloset itu? Ada rasa aneh dan tidak ‘nyambung‘, bukan? Demikianlah, Yesus yang kemuliaan dan kekudusanNya jauh melebihi semua, tidak mungkin lahir ke dunia melalui seorang perempuan yang berdosa. Karena noda dosa itu jauh lebih buruk daripada kloset, dan Yesus itu kemuliaannya jauh mengatasi dan tidak dapat dibandingkan dengan nasi tumpeng; maka kesimpulannya, ada jurang yang tak terjembatani antara keduanya. Nasi tumpeng tak pernah klop diletakkan di dalam kloset; dan tentu, Yesus yang Maha Kudus, tak mungkin dapat dikandung oleh rahim seseorang yang tercemar dosa. Maka oleh kuasaNya, Allah menguduskan rahim itu, membuat ia terbebas dari noda dosa. Karena Tuhan tidak dapat mengingkari diri-Nya sendiri yang tanpa dosa, sama seperti Dia tidak dapat menjadi tidak setia (lih 2 Tim 2:13).

salam :)
Kembali Ke Atas Go down
samiaji
Calon Perwira
Calon Perwira


Jumlah posting : 392
Join date : 26.02.11
Age : 38

PostSubyek: Re: (ask) Devosi kepada Bunda Maria dalam tradisi Iman Gereja Katolik.   20th July 2011, 22:42

leonardo wrote:
sekarang saya mau cerita analogi sedikit

Suatu hari, di suatu desa terpencil, ada seorang (sebut saja bernama Sukri) menemukan kloset duduk yang dibuang di dekat jalan kampung. Ia tidak pernah melihat benda itu seumur hidupnya, sehingga tidak tahu kalau itu adalah kloset (jamban). Dia bahkan mengagumi benda itu, karena dipikirnya ‘antik’. Sukri membawa pulang kloset itu ke rumah dan dibersihkannya sampai ‘kincrong‘. Kebetulan esok harinya Sukri berulang tahun dan dia berencana mengundang teman-teman satu kampung. Dia berpikir, alangkah uniknya jika nasi tumpeng ulang tahunnya diletakkan di dalam ‘benda’ itu (yaitu kloset), supaya ‘penemuan baru’-nya ini dapat dipamerkan kepada teman-temannya.

Sekarang, bayangkanlah, jika anda termasuk di antara orang-orang yang datang ke pesta Sukri. Anda pasti tahu kalau ‘barang’ itu adalah kloset. Apakah reaksi anda begitu melihat nasi tumpeng yang ditempatkan di dalam kloset itu? Ada rasa aneh dan tidak ‘nyambung‘, bukan? Demikianlah, Yesus yang kemuliaan dan kekudusanNya jauh melebihi semua, tidak mungkin lahir ke dunia melalui seorang perempuan yang berdosa. Karena noda dosa itu jauh lebih buruk daripada kloset, dan Yesus itu kemuliaannya jauh mengatasi dan tidak dapat dibandingkan dengan nasi tumpeng; maka kesimpulannya, ada jurang yang tak terjembatani antara keduanya. Nasi tumpeng tak pernah klop diletakkan di dalam kloset; dan tentu, Yesus yang Maha Kudus, tak mungkin dapat dikandung oleh rahim seseorang yang tercemar dosa. Maka oleh kuasaNya, Allah menguduskan rahim itu, membuat ia terbebas dari noda dosa. Karena Tuhan tidak dapat mengingkari diri-Nya sendiri yang tanpa dosa, sama seperti Dia tidak dapat menjadi tidak setia (lih 2 Tim 2:13).

salam :)

Salam kenal bro Leo..
Agak sulit memahami ilustrasi anda, soalnya kalau sepintas jadi seperti ini:
* Kloset -> Manusia , kotoran -> dosa, saya jadi kepikiran lalu Bunda Maria -> bukan kloset artinya bukan manusia ..

Tetapi setelah mencoba mencerna lagi, mungkin maksud bro:
* Wadah kloset -> Natur manusia kebanyakan , Bunda Maria -> bukan kloset, memiliki natur yang berbeda dgn manusia lainnya..
Benarkah begitu maksud bro Leo ?

Pernah saya bertanya, apakah tidak melawan konsistensi Allah apabila Allah menciptakan Bunda Maria tanpa dosa asal, sedangkan manusia lainnya dibiarkan lahir dengan dosa asal ? Yesus dikatakan tanpa dosa asal karena tidak berasal dari benih lelaki..


Salam
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: (ask) Devosi kepada Bunda Maria dalam tradisi Iman Gereja Katolik.   21st July 2011, 07:30

@samiaji

Quote :
Pernah saya bertanya, apakah tidak melawan konsistensi Allah apabila Allah menciptakan Bunda Maria tanpa dosa asal, sedangkan manusia lainnya dibiarkan lahir dengan dosa asal ?

Kira kira jawabannya adalah seperti ini bro :

Quote :
Alasan pertama Bunda Maria dikandung tanpa noda ini berhubungan dengan peran istimewanya sebagai Ibu Tuhan Yesus. Jadi, walaupun benar Maria manusia biasa, ia bukan manusia ‘kebanyakan’ seperti kita. Sebab, memang rencana keselamatan itu terbuka untuk semua orang (Yoh 3:16), tetapi Ia hanya memilih satu orang untuk menjadi ibu-Nya, yaitu Maria. Kita tahu bahwa Allah adalah Kudus, sempurna dan tak ada dosa di dalam Dia, maka sudah sangat layaklah bahwa ketika memutuskan untuk dilahirkan di dunia, Yesus menguduskan terlebih dahulu seseorang yang melaluinya Ia akan dilahirkan. Mungkin hal ini tidak terbayangkan oleh kita, karena kita manusia tidak bisa melakukannya. Kita tidak bisa memilih ibu kita sendiri, apalagi membuat dia kudus dan sempurna sebelum kita lahir. Tetapi, Allah bisa, dan itulah yang dilakukan-Nya. Mengapa Tuhan melakukan ini? Karena Ia tidak dapat mengingkari jati DiriNya sebagai Allah yang Kudus.

Salam kasih

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Tamu
Tamu



PostSubyek: Re: (ask) Devosi kepada Bunda Maria dalam tradisi Iman Gereja Katolik.   21st July 2011, 09:37

Quote :
Alasan pertama Bunda Maria dikandung tanpa noda

wah, jadi aneh yah...
dan saya agak merinding membacanya.

setahu saya, salah satu syarat penebusan adalah Anak Domba yang tidak bercacat.
dan hanya DIA yang memenuhi kriteria itu.

wheeew... Sad
ngeri euy...
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: (ask) Devosi kepada Bunda Maria dalam tradisi Iman Gereja Katolik.   21st July 2011, 10:47

Quote :
wah, jadi aneh yah...
dan saya agak merinding membacanya.

setahu saya, salah satu syarat penebusan adalah Anak Domba yang tidak bercacat.
dan hanya DIA yang memenuhi kriteria itu.

wheeew...
ngeri euy...

Jadi ngeri baca T2Y merinding, hiiiiiiiii

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
leonardo
Calon Perwira
Calon Perwira


Jumlah posting : 301
Join date : 07.03.11

PostSubyek: Re: (ask) Devosi kepada Bunda Maria dalam tradisi Iman Gereja Katolik.   23rd July 2011, 22:58

samiaji wrote:
leonardo wrote:
sekarang saya mau cerita analogi sedikit

Suatu hari, di suatu desa terpencil, ada seorang (sebut saja bernama Sukri) menemukan kloset duduk yang dibuang di dekat jalan kampung. Ia tidak pernah melihat benda itu seumur hidupnya, sehingga tidak tahu kalau itu adalah kloset (jamban). Dia bahkan mengagumi benda itu, karena dipikirnya ‘antik’. Sukri membawa pulang kloset itu ke rumah dan dibersihkannya sampai ‘kincrong‘. Kebetulan esok harinya Sukri berulang tahun dan dia berencana mengundang teman-teman satu kampung. Dia berpikir, alangkah uniknya jika nasi tumpeng ulang tahunnya diletakkan di dalam ‘benda’ itu (yaitu kloset), supaya ‘penemuan baru’-nya ini dapat dipamerkan kepada teman-temannya.

Sekarang, bayangkanlah, jika anda termasuk di antara orang-orang yang datang ke pesta Sukri. Anda pasti tahu kalau ‘barang’ itu adalah kloset. Apakah reaksi anda begitu melihat nasi tumpeng yang ditempatkan di dalam kloset itu? Ada rasa aneh dan tidak ‘nyambung‘, bukan? Demikianlah, Yesus yang kemuliaan dan kekudusanNya jauh melebihi semua, tidak mungkin lahir ke dunia melalui seorang perempuan yang berdosa. Karena noda dosa itu jauh lebih buruk daripada kloset, dan Yesus itu kemuliaannya jauh mengatasi dan tidak dapat dibandingkan dengan nasi tumpeng; maka kesimpulannya, ada jurang yang tak terjembatani antara keduanya. Nasi tumpeng tak pernah klop diletakkan di dalam kloset; dan tentu, Yesus yang Maha Kudus, tak mungkin dapat dikandung oleh rahim seseorang yang tercemar dosa. Maka oleh kuasaNya, Allah menguduskan rahim itu, membuat ia terbebas dari noda dosa. Karena Tuhan tidak dapat mengingkari diri-Nya sendiri yang tanpa dosa, sama seperti Dia tidak dapat menjadi tidak setia (lih 2 Tim 2:13).

salam :)

Salam kenal bro Leo..
Agak sulit memahami ilustrasi anda, soalnya kalau sepintas jadi seperti ini:
* Kloset -> Manusia , kotoran -> dosa, saya jadi kepikiran lalu Bunda Maria -> bukan kloset artinya bukan manusia ..

Tetapi setelah mencoba mencerna lagi, mungkin maksud bro:
* Wadah kloset -> Natur manusia kebanyakan , Bunda Maria -> bukan kloset, memiliki natur yang berbeda dgn manusia lainnya..
Benarkah begitu maksud bro Leo ?

Pernah saya bertanya, apakah tidak melawan konsistensi Allah apabila Allah menciptakan Bunda Maria tanpa dosa asal, sedangkan manusia lainnya dibiarkan lahir dengan dosa asal ? Yesus dikatakan tanpa dosa asal karena tidak berasal dari benih lelaki..


Salam

salam kenal samiaji...maaf baru sempat menanggapi tetapi saya liat bruce juga menanggapi dengan baik...thanks bruce :)

kloset lebih kepada dosanya bro...bukan pada manusia.

penciptaan manusia pertama : adam dan hawa kan juga tanpa noda dosa ...
nah noda dosa asal masuk melalui ketidaktaatan tersebut.

Maria adalah manusia keturunan adam dan hawa juga yang seharusnya mewarisi noda asal...namun...Allah dalam kebijaksanaan Nya ...dan karena Ia tidak dapat bersatu dalam dosa maka Ia membersihkan noda dosa terebut sehingga bunda Maria terbebas dari noda asal dan Putera Allah dapa tinggal di dalam rahimnya.

Yesus tanpa noda asal karena Dia adalah Allah yang jelas tanpa dosa dan Ia bisa saja muncul dari Sorga dalam wujud manusia tanpa dilahirkan dari bunda Maria namun bukan begitulah jalan cerita yang telah dirancang Allah.

salam damai :)
Kembali Ke Atas Go down
Tamu
Tamu



PostSubyek: Re: (ask) Devosi kepada Bunda Maria dalam tradisi Iman Gereja Katolik.   25th July 2011, 10:21

Quote :
Maria adalah manusia keturunan adam dan hawa juga yang seharusnya mewarisi noda asal...namun...Allah dalam kebijaksanaan Nya ...dan karena Ia tidak dapat bersatu dalam dosa maka Ia membersihkan noda dosa terebut sehingga bunda Maria terbebas dari noda asal dan Putera Allah dapa tinggal di dalam rahimnya.

Yesus tanpa noda asal karena Dia adalah Allah yang jelas tanpa dosa dan Ia bisa saja muncul dari Sorga dalam wujud manusia tanpa dilahirkan dari bunda Maria namun bukan begitulah jalan cerita yang telah dirancang Allah.

bagaimana Roh Kudus yang juga tidak mungkin bersatu dengan dosa bisa tinggal dihati orang2 percaya ?
apakah kita juga disucikan dari awalnya ?
atw Roh Kudus dan Yesus standarnya beda ? Razz
wah, bisa tambah kacau dong... Very Happy

Kembali Ke Atas Go down
Tamu
Tamu



PostSubyek: Re: (ask) Devosi kepada Bunda Maria dalam tradisi Iman Gereja Katolik.   25th July 2011, 11:43

Quote :
dan karena Ia tidak dapat bersatu dalam dosa maka Ia membersihkan noda dosa terebut sehingga bunda Maria terbebas dari noda asal dan Putera Allah dapa tinggal di dalam rahimnya.

ini kayak masuk doktrin predestinasi, yah... Very Happy
Allah yang memilih, Allah yang menyucikan dan Allah yang memelihara bunda Maria.
terpujilah Tuhan semesta alam... \O/
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: (ask) Devosi kepada Bunda Maria dalam tradisi Iman Gereja Katolik.   25th July 2011, 12:29

Quote :
bagaimana Roh Kudus yang juga tidak mungkin bersatu dengan dosa bisa tinggal dihati orang2 percaya ?
apakah kita juga disucikan dari awalnya ?
atw Roh Kudus dan Yesus standarnya beda ?
wah, bisa tambah kacau dong...

Roh Kudus tinggal di hati orang orang yang percaya dalam BENTUK apa bro?
Jesus tinggal dalam kandungan Maria dalam wujud janin, makan dan bernafas melalui Maria, bahkan Jesus membawa gen dan DNA Maria.
Beda lah kalau mau dibandingkan seperti itu.


Quote :
ini kayak masuk doktrin predestinasi, yah...
Allah yang memilih, Allah yang menyucikan dan Allah yang memelihara bunda Maria.
terpujilah Tuhan semesta alam... \O/

Sepertinya doktrin predestinasi diartikan kurang lengkap bro, makanya selalu mendapat pertentangan. Jika dikatakan bahwa Tuhan dengan sifat KemahatahuaanNya sudah mengetaui sejak awal dunia apa yang akan terjadi pada setiap manusia, itu adalah betul. Jika Tuhan memiliki rencana penyelamatan umat manusia, maka Tuhan juga mengetahui manusia mana yang akan bersedia untuk bekerja sama dalam karya keselamatan itu, dan karenanya Tuhan memilih Maria, itu adalah tepat.

Tetapi, tidak ada ceritanya Tuhan memaksa orang untuk patuh pada perintahNya, tidak ada ceritanya Tuhan memaksakan keselamatan ataupun kebinasaan pada seorang manusia. Manusia setiap pribadinya, memiliki kehendak bebas, dan dengan pilihannya itu berkonsekuensi terhadap keselamatan ataupun kebinasaannya sendiri.

Begitu cerita lengkapnya bro.

:)

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Tamu
Tamu



PostSubyek: Re: (ask) Devosi kepada Bunda Maria dalam tradisi Iman Gereja Katolik.   25th July 2011, 12:46

Quote :
Manusia setiap pribadinya, memiliki kehendak bebas, dan dengan pilihannya itu berkonsekuensi terhadap keselamatan ataupun kebinasaannya sendiri.

nah, manusia yang sudah jatuh dalam dosa mana bisa dengan freewill/kehendak bebasnya saja untuk datang kepada Allah ?

ada gak manusia yang dengan kehendaknya sendiri mampu mengerti rencana Allah dan melakukannya ?
Maria sendiri juga disiapkan Allah, bukan mempersiapkan dirinya sendiri, kan ? Razz

kalau memang manusia bisa/mampu untuk datang kepada Allah, maka sepertinya Tuhan Yesus tidak perlu lagi menjadi Perantara/Pendamai manusia dengan Allah.
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: (ask) Devosi kepada Bunda Maria dalam tradisi Iman Gereja Katolik.   25th July 2011, 13:00

Quote :
kalau memang manusia bisa/mampu untuk datang kepada Allah, maka sepertinya Tuhan Yesus tidak perlu lagi menjadi Perantara/Pendamai manusia dengan Allah.

Ini kalau saya jawab, urusannya bisa satu thread baru lagi bro.

Tetapi rasanya anda juga sependapat, bahwa manusia tidak dapat menebus dirinya sendiri kan?


_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Tamu
Tamu



PostSubyek: Re: (ask) Devosi kepada Bunda Maria dalam tradisi Iman Gereja Katolik.   25th July 2011, 13:15

Quote :
Tetapi rasanya anda juga sependapat, bahwa manusia tidak dapat menebus dirinya sendiri kan?

jangankan untuk menebus dirinya sendiri, untuk tahu bagaimana cara Allah melakukannya pun gak bisa kalau bukan Allah sendiri yang menyatakannya. :)
Kembali Ke Atas Go down
samiaji
Calon Perwira
Calon Perwira


Jumlah posting : 392
Join date : 26.02.11
Age : 38

PostSubyek: Re: (ask) Devosi kepada Bunda Maria dalam tradisi Iman Gereja Katolik.   25th July 2011, 13:31

bruce wrote:

Sepertinya doktrin predestinasi diartikan kurang lengkap bro, makanya selalu mendapat pertentangan. Jika dikatakan bahwa Tuhan dengan sifat KemahatahuaanNya sudah mengetaui sejak awal dunia apa yang akan terjadi pada setiap manusia, itu adalah betul. Jika Tuhan memiliki rencana penyelamatan umat manusia, maka Tuhan juga mengetahui manusia mana yang akan bersedia untuk bekerja sama dalam karya keselamatan itu, dan karenanya Tuhan memilih Maria, itu adalah tepat.

Tetapi, tidak ada ceritanya Tuhan memaksa orang untuk patuh pada perintahNya, tidak ada ceritanya Tuhan memaksakan keselamatan ataupun kebinasaan pada seorang manusia. Manusia setiap pribadinya, memiliki kehendak bebas, dan dengan pilihannya itu berkonsekuensi terhadap keselamatan ataupun kebinasaannya sendiri.

Begitu cerita lengkapnya bro.
:)
Dalam hal ini saya setuju dengan Oom Bruce..

Sering Allah terkesan menegur, menghajar, dan sepertinya memaksa.. Tetapi manusia tetap diberi kebebasan. Namun Allah tetap setia menunggu bahkan menjemput anak-anakNya.

Salam
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: (ask) Devosi kepada Bunda Maria dalam tradisi Iman Gereja Katolik.   25th July 2011, 13:34

Quote :
Sering Allah terkesan menegur, menghajar, dan sepertinya memaksa.. Tetapi manusia tetap diberi kebebasan. Namun Allah tetap setia menunggu bahkan menjemput anak-anakNya.

Amen bro, betul sekali

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content




PostSubyek: Re: (ask) Devosi kepada Bunda Maria dalam tradisi Iman Gereja Katolik.   Today at 00:55

Kembali Ke Atas Go down
 
(ask) Devosi kepada Bunda Maria dalam tradisi Iman Gereja Katolik.
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 3 dari 5Pilih halaman : Previous  1, 2, 3, 4, 5  Next
 Similar topics
-
» Vlad Dracula " Kisah Nyata Pembantai Umat Islam Dalam Perang Salib
» MITOS DI MASYARAKAT
» WTA >> cara pasang plat no di dalam windshield
» Tips Berguna di Kehidupan Sehari-hari
» IGO... seni menyerang, bertahan dan memperluas wilayah...

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Ladang Tuhan Baru :: Ruang Antar Kristen (Khusus Penganut Kristen Trinitarian) :: Ajaran Kristen-
Navigasi: