Ladang Tuhan Baru
Selamat datang kepada sesama saudara Kristen dan saudara lain iman. Mari kita saling kenal dalam suasana bersahabat.

Ladang Tuhan Baru

Forum Komunitas Kristen
 
IndeksIndeks  PencarianPencarian  PendaftaranPendaftaran  LoginLogin  

Share | 
 

 Kejadian 3:1

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
Pilih halaman : 1, 2  Next
PengirimMessage
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Kejadian 3:1   22nd July 2011, 15:12

Kej 3:1 Adapun ular ialah yang paling cerdik dari segala binatang di darat yang dijadikan oleh TUHAN Allah. Ular itu berkata kepada perempuan itu: "Tentulah Allah berfirman: Semua pohon dalam taman ini jangan kamu makan buahnya, bukan?"

Apa benar ular adalah yang paling cerdik dari segala binatang di darat? Bukankah primata (chimpanse) terbukti lebih cerdas dari ular ? Ada yang tahu jawabannya?


_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.


Terakhir diubah oleh bruce tanggal 4th August 2011, 19:51, total 1 kali diubah
Kembali Ke Atas Go down
siip
Perwira Pertama
Perwira Pertama


Jumlah posting : 630
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Kejadian 3:1   22nd July 2011, 17:26

Cerdik...bukan cerdas.

Bisa aja ada org yg skolah sampai S3 tp kena dikadalin sama tamatan SD.
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Kejadian 3:1   22nd July 2011, 17:35

Quote :
Cerdik...bukan cerdas.

Bisa aja ada org yg skolah sampai S3 tp kena dikadalin sama tamatan SD

Berdasarkan fakta penyelidikan atau berdasarkan yang tertulis nih bro?
Bahwa cerdik =/= cerdas ?
Karena tamatan S3 belum tentu cerdik dan cerdas lho.

:)

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
siip
Perwira Pertama
Perwira Pertama


Jumlah posting : 630
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Kejadian 3:1   22nd July 2011, 18:07

Kl binatang itu ngga ada ukuran mana yg lebih cerdas krn stiap binatang punya keunikan tsendiri.

Dg kata lain, ukuran cerdiknya itu subyektif, yaitu subyektif mnrt sudut pandang si Pencipta.

Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: Kejadian 3:1   22nd August 2011, 15:52

Saya juga berpendapat bahwa cerdik tidak sama dengan cerdas. Tapi untuk cerdik harus cerdas. Ah, puyeng amir. Cerdik, menurut pemahaman saya punya dua kecenderungan, bisa positif, bisa negatif. Kalau kadal-mengkadali, itu cerdik yang negatif. Kalau mencari pemecahan suatu masalah, itu cerdik yang positif. Bagaimana mengutarakannya dengan pas ya? Cerdas belum tentu cerdik, tetapi cerdik pasti cerdas. Nah looo makin puyeng kan? Udah, ketawain aja, hehhehheee....

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Kejadian 3:1   22nd August 2011, 16:01

Kalau secara 'diluar iman' saya anggap bahwa penyampai kisah kisah kejadian sebelum ditulis oleh Musa menjadi pentateuch, memang sedikit antipati kepada ular. Mungkin ada semacam mithos yang berkembang saat itu, bahwa ular itu jahat, licik, culas dan kejam.

:)

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: Kejadian 3:1   22nd August 2011, 16:23

bruce wrote:
Kalau secara 'diluar iman' saya anggap bahwa penyampai kisah kisah kejadian sebelum ditulis oleh Musa menjadi pentateuch, memang sedikit antipati kepada ular. Mungkin ada semacam mithos yang berkembang saat itu, bahwa ular itu jahat, licik, culas dan kejam.
:)
Mungkin juga begitu, bahwa pada masa penulisan itu, ada semacam mithos yang berkembang saat itu, bahwa ular itu jahat, licik, culas dan kejam. Namun, mengimani bahwa penulisan Alkitab adalah berdasarkan penerangan Roh Kudus, maka bila penulis Alkitab menuliskan bahwa ular adalah binatang darat paling cerdik, memang itulah adanya. Harus diingat lagi bahwa cerdas belum tentu cerdik, tetapi cerdik pasti cerdas.

Jadi, bila diukur tingkat kecerdasan, binatang darat paling cerdas adalah jenis primata. Tetapi tingkat kecerdikan, saya sependapat bahwa ular adalah binatang darat paling cerdik. Dalam pemahaman saya, dikatakannya ular adalah binatang paling cerdik, maka kecerdikan ular itu cenderung pada nilai negatif. Licik.

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
siip
Perwira Pertama
Perwira Pertama


Jumlah posting : 630
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Kejadian 3:1   22nd August 2011, 16:37

Bisa jadi itu jenis ular yg sudah punah dan moyangnya ular.
Jd dia jauh lebih superior dbandingkan ular yg ada skrg.
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Kejadian 3:1   22nd August 2011, 16:44

1. Common Chimpanzee
2. Bottlenose Dolphins
3. Rhesus Macaque Monkey
4. Elephants
5. African Grey Parrot
6. North Pacific Giant Octopus
7. The Border Collie
8. Ravens & Crows
9. Rats
10. Portia Labiata Jumping Spider

Berdasarkan
Situs ini


_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
siip
Perwira Pertama
Perwira Pertama


Jumlah posting : 630
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Kejadian 3:1   22nd August 2011, 17:19

Ukuran cerdiknya bdsk apa Bro?
Susah ngukurnya kl binatang krn masing-masing punya 'template-nya' sendiri.

Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Kejadian 3:1   22nd August 2011, 17:27

Quote :
Ukuran cerdiknya bdsk apa Bro?
Susah ngukurnya kl binatang krn masing-masing punya 'template-nya' sendiri.

Lha lantas di ayat di atas disebutkan ular binatang paling cerdik berdasarkan apa dong?

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
siip
Perwira Pertama
Perwira Pertama


Jumlah posting : 630
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Kejadian 3:1   22nd August 2011, 17:32

Kej 3:1
Adapun ular ialah yang paling cerdik dari segala binatang di darat yang dijadikan oleh TUHAN Allah. Ular itu berkata kepada perempuan itu: "Tentulah Allah berfirman: Semua pohon dalam taman ini jangan kamu makan buahnya, bukan?"


Pan udah saya jawab buat Bro :

Quote :
Kl binatang itu ngga ada ukuran mana yg lebih cerdas krn stiap binatang punya keunikan tsendiri.

Dg kata lain, ukuran cerdiknya itu subyektif, yaitu subyektif mnrt sudut pandang si Pencipta.

Gampang aja toh.

Skrg ke-10 list yg Bro bikin itu kan mnrt sudut pandang dari mreka yg mneliti.
Skrg kl saya yg mneliti, bisa saja yg no-10 saya anggap yg tercerdas.

Nah,
Ini si yg mciptakan binatang telah mbuat tiap-tiap binatang mmiliki keunikan dan keistimewaan tsendiri.

Tp in general, si Pencipta (yg mnginspirasikan penulis) mngatakan mnrt sudut pandangNya sendiri bhw yg paling cerdik itu ular (yg dmaksud di Kej 3).

Mgkn skrg kita ngga stuju, tp kita ngga punya standar baku utk mnilai kpandaian binatang.
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Kejadian 3:1   22nd August 2011, 17:38

Quote :
Tp in general, si Pencipta (yg mnginspirasikan penulis) mngatakan mnrt sudut pandangNya sendiri bhw yg paling cerdik itu ular (yg dmaksud di Kej 3).

Mgkn skrg kita ngga stuju, tp kita ngga punya standar baku utk mnilai kpandaian binatang, jd pendapat itu tidak bs dbantah.

Saya sih tidak sependapat, karena dari pengalaman sehari hari, tidak ada ular yang bisa bekerja sama dengan manusia. Tidak ada ular yang mampu mempergunakan alat bantu.

Lagipula, kalaupun iblis ingin menggunakan ular sebagai sarananya dalam membujuk Hawa, sepertinya tidak perlu memilih binatang yang cerdik.


_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
siip
Perwira Pertama
Perwira Pertama


Jumlah posting : 630
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Kejadian 3:1   22nd August 2011, 18:53

Itu krn Bro mngukurnya dari standar manusia (khususnya dari standar Bro sendiri).

Sama jg saya bisa bilang : Binatang yg paling cerdik adl binatang yg bisa mgganti warna kulit sesuai dg lingkungan skitarnya.

Itu kan ukuran saya dan spanjang mjd pendapat pribadi saya, maka sah-sah saja.

Maka itu di kitab Kejadian sudah dkatakan bhw ular (yg dmaksud di Kej 3) dniliai mmiliki tingkat kcerdikan tertinggi di mata si Pencipta.
Ya sah-sah saja krn itu kan mnrt ukuran si Pencipta.

----------

Lagipula,
Slalu saya tuliskan bhw ular yg dmaksud di Kej 3 belum tentu adl ular yg kita lihat sehari-hari di masa kini.

Bisa saja itu jenis ular yg khas, yg mmiliki kapabilitas utk berbicara (spt beo mnirukan suara) shg Iblis mmilih utk mnggunakan jenis ini sbg pnyambung lidahnya.

Bisa saja ini jenis ular yg kakinya cukup kuat utk berjalan (spt buaya yg bs bjalan namun limited kapasitasnya).

Khan spt yg Bro slalu katakan, kita harus terbuka pd sgala kmungkinan.

Siapa tau jenis ular yg dmaksud itu memang paling cerdik pd jamannya tp krn kjadian tsb maka punahlah dia.

Bisa saja krn dikutuk ngga bs jalan dan makan debu, maka jenis itu sudah mati shg ular yg kita liat skrg adl spesies ular yg bbeda dari yg dmaksud di Kej 3.

Banyak kmungkinan khan Bro.
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Kejadian 3:1   22nd August 2011, 19:03

Quote :
Bisa saja krn dikutuk ngga bs jalan dan makan debu, maka jenis itu sudah mati shg ular yg kita liat skrg adl spesies ular yg bbeda dari yg dmaksud di Kej 3.

Oke deh, jadi anggap saja bahwa telah terjadi evolusi radikal dari jenis ular, atau kita anggap bahwa dahulu ada satu jenis ular lagi yang bisa ngomong dan pintar. Gitu ya bro, he he he.


_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
siip
Perwira Pertama
Perwira Pertama


Jumlah posting : 630
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Kejadian 3:1   22nd August 2011, 19:29

Kl mnrt saya sih bukan evolusi radikal, tp 1 jenis (dari skian banyak jenis) ular telah punah yaitu ular yg dmaksud di Kej 3.

Nah kl dibilang bisa ngomong dan pintar, tentu saja ngga Bro.
Krn jika dia bisa ngomong dan pintar, maka si ular ber-budaya.
Kl sudah berbudaya, maka dia bukan binatang lagi.

Spekulasi saya sih, dia bisa menirukan suara, spt beo gitulah, dan bisa berjalan (mgkn dg kaki model komodo).

Mgkn kmampuannya dlm mnirukan suara lebih handal drpd beo dan dia punya modal pita suara yg bs mngeluarkan bunyi beraneka ragam (mgkn tujuannya utk kawin dg lawan jenis).

Bisa saja toh.

Intinya, banyak hal dari kitab Kejadian yg tidak bs dtafsirkan bgitu saja mnggunakan peta kondisi saat ini.
Stuju kan Bro?

-------

Misalnya nih,
Adam usianya 9 kali lebih tua dari kita skrg.

Artinya, metabolisme dan vitalitas Adam itu 9 kali lebih baik dari kita.

Nah, kira-kira spt apa ukuran tubuhnya Adam?

Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Kejadian 3:1   22nd August 2011, 20:01

Quote :
Adam usianya 9 kali lebih tua dari kita skrg.

Artinya, metabolisme dan vitalitas Adam itu 9 kali lebih baik dari kita.

Nah, kira-kira spt apa ukuran tubuhnya Adam?

Mengingat Adam bahkan berpakaianun belum, tidak punya kemampuan bercocok tanam, maka kemungkinan Adam seperti Pithecantropus Erectus atau seperti manusia goa, bro. He he he.

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
siip
Perwira Pertama
Perwira Pertama


Jumlah posting : 630
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Kejadian 3:1   23rd August 2011, 08:00

Wahhhh...tentu saja tidak Bro.
Tp kl Bro mau bspekulasi spt itu ya sah-sah saja. Hehehe.
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Kejadian 3:1   23rd August 2011, 11:53

Quote :
Wahhhh...tentu saja tidak Bro.
Tp kl Bro mau bspekulasi spt itu ya sah-sah saja. Hehehe.

Lho, jangan lupa bahwa bahkan manusia goa sudah mengunakan kulit binatang untuk pakaiannya lho bro. Sedangkan Adam dan Hawa belum menggunakan apapun, justru Tuhan lah yang memberikan kulit binatang untuk pakaian kepada mereka setelah mereka jatuh.

Very Happy

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
siip
Perwira Pertama
Perwira Pertama


Jumlah posting : 630
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Kejadian 3:1   23rd August 2011, 13:14

Kl saya sih tidak mnyepakati soal manusia goa / purba yg hidup pra Adam.
Saya masih mbatasi diri dg apa yg ada tertulis scr literal di Alkitab.
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Kejadian 3:1   23rd August 2011, 13:24

Quote :
Kl saya sih tidak mnyepakati soal manusia goa / purba yg hidup pra Adam.
Saya masih mbatasi diri dg apa yg ada tertulis scr literal di Alkitab.

Seandainyapun, bahwa sebelum Adam dan Hawa tidak ada manusia lain (sesuai Alkitab), tetap saja ternyata bahwa Adam dan Hawa bahkan berpakaian pun belum bisa, bercocok tanampun belum mereka lakukan, begitu juga perburuan. Mereka masih hidup dengan makan buah buahan saja, tanpa kemampuan teknologi apapun.

:)

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: Kejadian 3:1   23rd August 2011, 14:49

Ngomong-ngomong tentang ular, binatang darat paling cerdik itu, memang tidak disebut jenis ularnya ya? Dengar-dengar, tentara yang latihan bertahan hidup di hutan, mereka hanya dibekali garam dapur. Jadi kalau mereka menemukan ular piton di tengah hutan, bakalan pesta deh mereka, makan daging piton.

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Kejadian 3:1   23rd August 2011, 15:25

Karena dari yang saya dengar, ular itu sebenarnya termasuk binatang bodoh (rata rata reptil memang termasuk memiliki kemampuan intelegensia yang rendah). Dan termasuk yang takut pada manusia (kecuali merasa terancam), juga termasuk yang mudah dihindari, karena hanya mampu bergerak kirakira 1.6 km/jam.

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
siip
Perwira Pertama
Perwira Pertama


Jumlah posting : 630
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Kejadian 3:1   23rd August 2011, 17:56

bruce wrote:
Quote :
Kl saya sih tidak mnyepakati soal manusia goa / purba yg hidup pra Adam.
Saya masih mbatasi diri dg apa yg ada tertulis scr literal di Alkitab.

Seandainyapun, bahwa sebelum Adam dan Hawa tidak ada manusia lain (sesuai Alkitab), tetap saja ternyata bahwa Adam dan Hawa bahkan berpakaian pun belum bisa, bercocok tanampun belum mereka lakukan, begitu juga perburuan. Mereka masih hidup dengan makan buah buahan saja, tanpa kemampuan teknologi apapun.

:)

Kl mnrt apa yg dtuliskan Alkitab,
Kain dan habel tau bgmn cara bcocok tanam dan beternak.
Stelah itu mreka tau bgmn cara mbakar korban.

Jd dlm tempo waktu kurang dari 130 tahun (sblm kelahiran Set), manusia sudah paham bgmn cara mbuat api, mbuat alat-alat pertanian, mbuat pisau utk mnyembelih, berpakaian, mbuat irigasi, mdirikan rumah, mbuat kota, dsb dsb.
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Kejadian 3:1   23rd August 2011, 18:02

Quote :
Kl mnrt apa yg dtuliskan Alkitab,
Kain dan habel tau bgmn cara bcocok tanam dan beternak.
Stelah itu mreka tau bgmn cara mbakar korban.

Jd dlm tempo waktu kurang dari 130 tahun (sblm kelahiran Set), manusia sudah paham bgmn cara mbuat api, mbuat alat-alat pertanian, mbuat pisau utk mnyembelih, berpakaian, mbuat irigasi, mdirikan rumah, mbuat kota, dsb dsb.

Jadi pasti ada yang tidak tepat dalam pendokumentasian.

Bisa saja bahwa waktunya 'bukanlah' 130 tahun literal.
Bisa saja Kain dan Habel 'bukanlah' anak Adam dan Hawa scara literal.
Tergantung dari sudut mana kita meletakan kepercayaan kita.

:)

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content




PostSubyek: Re: Kejadian 3:1   Today at 12:54

Kembali Ke Atas Go down
 
Kejadian 3:1
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 2Pilih halaman : 1, 2  Next
 Similar topics
-
» kejadian memalukan pecel ayam
» Pengen bagi2 cerita ttg safety riding

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Ladang Tuhan Baru :: Ruang Antar Kristen (Khusus Penganut Kristen Trinitarian) :: Tanya Jawab Ayat Alkitab-
Navigasi: