Ladang Tuhan Baru
Selamat datang kepada sesama saudara Kristen dan saudara lain iman. Mari kita saling kenal dalam suasana bersahabat.

Ladang Tuhan Baru

Forum Komunitas Kristen
 
IndeksIndeks  PencarianPencarian  PendaftaranPendaftaran  LoginLogin  

Share | 
 

 Ragam Pengajaran

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
Pilih halaman : Previous  1, 2, 3 ... 9, 10, 11, 12  Next
PengirimMessage
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Ragam Pengajaran   23rd January 2014, 07:26

Berani dalam kalimat di atas bisa memiliki banyak arti, bisa berarti nekad, ataupun bisa berarti kepepet.

 roll 

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
cinzano
Moderator
Moderator


Jumlah posting : 2124
Join date : 26.10.12
Lokasi : Buaya City

PostSubyek: Re: Ragam Pengajaran   23rd January 2014, 09:54

nothingman wrote:
cinzano wrote:

Enggak janggal juga Bro Nothingman.
Semisal saya punya dua anak, si A dan si B.

si A meminta belajar luar negeri dll dll, dimana kondisi si A sendiri malas2an, ga bisa bahasa inggris dst dst
si B meminta belajar luar negeri dll dll, dimana si B sangat giat belajar dst dst

Bilamana saya menolak si A dan mengijinkan si B.
Keputusan saya kan enggak janggal toh Bro

 Neutral
iya klo yg anda ijinkan si B, jelas itu keputusan yg adil jd tidak terlihat janggal..

tp sbg ortu anda jg tetap 'berhak' mengabulkan permintaan si A yg malas itu kan bro..? entah apapun alasannya jika anda mengijinkan si A yg malas itu, maka bagi si B pasti seolah merasa diperlakukan tidak adil kan..?
 Laughing 


Kalo saya menolak kedua nya atau salah satunya ....
Enggak janggal juga kan...

 Laughing
Kembali Ke Atas Go down
Joan86
Calon Perwira
Calon Perwira


Jumlah posting : 278
Join date : 26.01.13

PostSubyek: Re: Ragam Pengajaran   24th January 2014, 10:24

Kakak-kakak, aku mau ikut ngasih pendapat tentang Nasib dan takdir ya ?  Laughing 

nothingman wrote:

klo begitu tentu menurut anda bhw Nasib/Takdir ini adlh ditentukan ol kehendak Allah, manusia memang bisa berbuat sesuatu, berdoa dan memohon supaya bisa merubah keadaan, tp pd akhirnya Allah lah yg menentukan..

Menurut aku, Nasib atau takdir ini tidak ada dalam ajaran Kristen/Katolik, yang ada adalah Kehendak Allah (predestinasi) dan Kehendak Manusia (freewill). Kehendak Allah ini tujuannya cuma satu yaitu keselamatan bagi seluruh manusia, walaupun keselamatan ini ditujukan bagi seluruh manusia namun bukan berarti semua orang akan selamat karena setiap manusia juga diberikan kehendak (freewill) oleh Allah. jadi untuk memperoleh keselamatan yang diberikan oleh Allah itu, kehendak manusia juga harus sejalan dengan kehendak Allah.

Segala segala sesuatu kejadian yang terjadi atau yang dialami oleh manusia selama hidupnya didunia ini, apakah itu sesuatu yang menyenangkan, menyedihkan, suatu keadaan yg membuat sakit, sehat, kaya, miskin, dsb yang dikatakan sebagai nasib baik atau buruk, nasib sial atau untung, ini semua adalah suatu pencobaan atau ujian terhadap kehendak (freewill) manusia, sehingga apakah nantinya seseorang itu layak mendapat keselamatan yang sudah diberikan Allah apa tidak. dan semua kejadian-kejadian ini adalah kehendak Allah, manusia tinggal menerima dan berinteraksi didalamnya.

jadi menurut aku, tidak ada yang namanya Nasib atau Takdir dalam ajaran Kristiani.  sunny 

syalom  kissbye 
Kembali Ke Atas Go down
Joan86
Calon Perwira
Calon Perwira


Jumlah posting : 278
Join date : 26.01.13

PostSubyek: Re: Ragam Pengajaran   24th January 2014, 10:32

nothingman wrote:

Nah klo gitu kemudian sejauh mana kehendak manusia ini mempengaruhi Nasib yg sudah ditentukan Allah bro..?

contoh ilustrasi kejadiannya spt ini:
Kehendak Allah (Nasib buat si A) adlh lahir dlm keadaan miskin dan sampai dia mati tetap dlm keadaan miskin..
Kehendak si A yg terlahir dlm keadaan miskin tsb, ingin mjd kaya lalu berusaha dgn giat dan tekun berdoa..
bila kehendak Allah yg menentukan maka Nasib si A pasti akan tetap jd orang miskin kan bro..? bukankah itu berarti segala usaha/kehendak si A utk jd kaya mjd sia-sia belaka..?

tp memang kita menyakini bhw Allah tidak akan pernah berniat buruk/jelek thd apapun yg kita alami..  Laughing 

itukan kalo kamu mikirnya secara duniawi mas, karna upah yang sesungguhnya Tuhan janjikan itu kan nanti setelah kita tidak hidup didunia ini. dan bagi Tuhan tidak ada yang sia-sia.

jadi orang kayanya nanti di sorga, kalo cuma kaya didunia ini sih itu masih dalam tahap 'cobaan' doang.
hi hi hi  Laughing 
Kembali Ke Atas Go down
Joan86
Calon Perwira
Calon Perwira


Jumlah posting : 278
Join date : 26.01.13

PostSubyek: Re: Ragam Pengajaran   24th January 2014, 10:43

siip wrote:
nothingman wrote:

sy ada pertanyaan yg lebih nakal lg nih Oom..

seandainya Yudas Iskariot tidak mengkhianati Yesus, apakah mungkin Yesus akan tetap mati disalib..?

terlebih Yesus telah mengetahui lebih dulu bhw Yudas akan berkhianat dan apa yg akan terjadi pd diriNya ketika dia mjd Manusia, klo si A kan dia nda bisa tau lebih dulu kapan dia akan kehilangan ayah, ibu dan usahanya.. Ok, katakan si A ini manusia 'spesial' yg memiliki kelebihan shg bisa meramal secara tepat apa yg akan terjadi pd dirinya dimasa yg akan datang.. mirip film yg dibintangi ol Nicholas Cage itu tuh, yg bisa melihat kejadian dimasa depan walaupun cuma 3 menit kedepan.. apakah si A bisa merubah nasib/takdir yg akan menimpa dirinya ato tidak ya..?

hehehe Laughing 

Yudas Iskariot sudah 'ditentukan' utk mkhianati Yesus Kristus.
Andaikan pun Yudas tidak ditentukan utk mkhianati Yesus, maka Yudas akan tetap binasa krn tabiatnya yg sangat buruk. Yesus Kristus pun akan tetap mati disalib krn sudah tertulis demikian atas Dia, bisa saja bukan oleh Yudas tetapi orang lain.

bagaimana mungkin Yudas Iskariot sudah ditentukan untuk mengkhianati Yesus ?

berarti Yesus salah juga dong karna sudah memilih Yudas untuk dijadikan muridNya ? apa lagi anda katakan Yudas tabiatnya sangat buruk jadi akan tetep binasa walaupun tidak mengkhianati Yesus. ini kan jadinya seolah-olah Yesus yang salah dalam memilih murid ?
 Sad 
Kembali Ke Atas Go down
nothingman
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1503
Join date : 13.11.12

PostSubyek: Re: Ragam Pengajaran   24th January 2014, 14:29

Joan86 wrote:
Kakak-kakak, aku mau ikut ngasih pendapat tentang Nasib dan takdir ya ?   Laughing 

Menurut aku, Nasib atau takdir ini tidak ada dalam ajaran Kristen/Katolik, yang ada adalah Kehendak Allah (predestinasi) dan Kehendak Manusia (freewill). Kehendak Allah ini tujuannya cuma satu yaitu keselamatan bagi seluruh manusia, walaupun keselamatan ini ditujukan bagi seluruh manusia namun bukan berarti semua orang akan selamat karena setiap manusia juga diberikan kehendak (freewill) oleh Allah. jadi untuk memperoleh keselamatan yang diberikan oleh Allah itu, kehendak manusia juga harus sejalan dengan kehendak Allah.

Segala segala sesuatu kejadian yang terjadi atau yang dialami oleh manusia selama hidupnya didunia ini, apakah itu sesuatu yang menyenangkan, menyedihkan, suatu keadaan yg membuat sakit, sehat, kaya, miskin, dsb yang dikatakan sebagai nasib baik atau buruk, nasib sial atau untung, ini semua adalah suatu pencobaan atau ujian terhadap kehendak (freewill) manusia, sehingga apakah nantinya seseorang itu layak mendapat keselamatan yang sudah diberikan Allah apa tidak. dan semua kejadian-kejadian ini adalah kehendak Allah, manusia tinggal menerima dan berinteraksi didalamnya.

jadi menurut aku, tidak ada yang namanya Nasib atau Takdir dalam ajaran Kristiani.  sunny 

syalom  kissbye   

wah ada pendapat baru nih ttg nasib/takdir...

jd menurut km, Nasib dan takdir itu nda ada dlm ajaran Kristen..?

jd semua kejadian2 yg dialami manusia spt lahir dlm keadaan miskin/kaya, sakit, susah/senang, mjd sukses/gagal, dll itu adlh sebuah 'cobaan' atau ujian..?

lalu siapa yg menentukan/memberikan cobaan ini dan apa tujuannya..?
 Cool 
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Ragam Pengajaran   24th January 2014, 14:35

Quote :
wah ada pendapat baru nih ttg nasib/takdir...

jd menurut km, Nasib dan takdir itu nda ada dlm ajaran Kristen..?

jd semua kejadian2 yg dialami manusia spt lahir dlm keadaan miskin/kaya, sakit, susah/senang, mjd sukses/gagal, dll itu adlh sebuah 'cobaan' atau ujian..?

lalu siapa yg menentukan/memberikan cobaan ini dan apa tujuannya..?

Karena bagi iman Kristen, segala kecacadan kemiskinan dan penderitaan, bahkan kematian, bukanlah suatu kerugian, bro.

Mat 5:3 "Berbahagialah orang yang miskin di hadapan Allah, karena merekalah yang empunya Kerajaan Sorga.

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
nothingman
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1503
Join date : 13.11.12

PostSubyek: Re: Ragam Pengajaran   24th January 2014, 14:38

Joan86 wrote:
Quote :

Yudas Iskariot sudah 'ditentukan' utk mkhianati Yesus Kristus.
Andaikan pun Yudas tidak ditentukan utk mkhianati Yesus, maka Yudas akan tetap binasa krn tabiatnya yg sangat buruk. Yesus Kristus pun akan tetap mati disalib krn sudah tertulis demikian atas Dia, bisa saja bukan oleh Yudas tetapi orang lain.

bagaimana mungkin Yudas Iskariot sudah ditentukan untuk mengkhianati Yesus ?

berarti Yesus salah juga dong karna sudah memilih Yudas untuk dijadikan muridNya ? apa lagi anda katakan Yudas tabiatnya sangat buruk jadi akan tetep binasa walaupun tidak mengkhianati Yesus. ini kan jadinya seolah-olah Yesus yang salah dalam memilih murid ?
 Sad 

begini sayang, pandangan bro Siip mirip dgn konsep dobel predestinasinya Calvinism dimana Tuhan sudah menentukan beberapa orang selamat dan beberapa yg lainnya tidak selamat.. jd si Yudas Iskariot termasuk orang yg ditentukan utk tidak akan selamat itu..

jd ini sebenarnya cuma beda cara pandang doank kok, dimana pandangan Calvinism menitik beratkan pd Kehendak Allah, sedang dlm ajaran Katolik lebih kpd adanya kehendak manusia/freewill.. sebenarnya bedanya cuma disitu..
 Laughing 
Kembali Ke Atas Go down
nothingman
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1503
Join date : 13.11.12

PostSubyek: Re: Ragam Pengajaran   24th January 2014, 14:39

bruce wrote:
Quote :
wah ada pendapat baru nih ttg nasib/takdir...

jd menurut km, Nasib dan takdir itu nda ada dlm ajaran Kristen..?

jd semua kejadian2 yg dialami manusia spt lahir dlm keadaan miskin/kaya, sakit, susah/senang, mjd sukses/gagal, dll itu adlh sebuah 'cobaan' atau ujian..?

lalu siapa yg menentukan/memberikan cobaan ini dan apa tujuannya..?

Karena bagi iman Kristen, segala kecacadan kemiskinan dan penderitaan, bahkan kematian, bukanlah suatu kerugian, bro.

Mat 5:3 "Berbahagialah orang yang miskin di hadapan Allah, karena merekalah yang empunya Kerajaan Sorga.  

jd bro Bruce setuju dgn pendapat Joan, bhw tidak ada Nasib/takdir dlm ajaran Kristen/Katolik..?
 Cool 
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Ragam Pengajaran   24th January 2014, 14:45

Kalau menurut saya sih begitu bro.


_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
cinzano
Moderator
Moderator


Jumlah posting : 2124
Join date : 26.10.12
Lokasi : Buaya City

PostSubyek: Re: Ragam Pengajaran   24th January 2014, 14:46

nothingman wrote:
bruce wrote:
Quote :
wah ada pendapat baru nih ttg nasib/takdir...

jd menurut km, Nasib dan takdir itu nda ada dlm ajaran Kristen..?

jd semua kejadian2 yg dialami manusia spt lahir dlm keadaan miskin/kaya, sakit, susah/senang, mjd sukses/gagal, dll itu adlh sebuah 'cobaan' atau ujian..?

lalu siapa yg menentukan/memberikan cobaan ini dan apa tujuannya..?

Karena bagi iman Kristen, segala kecacadan kemiskinan dan penderitaan, bahkan kematian, bukanlah suatu kerugian, bro.

Mat 5:3 "Berbahagialah orang yang miskin di hadapan Allah, karena merekalah yang empunya Kerajaan Sorga.  

jd bro Bruce setuju dgn pendapat Joan, bhw tidak ada Nasib/takdir dlm ajaran Kristen/Katolik..?
 Cool 


Kalo terlahir cacad, termasuk takdir ga?
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Ragam Pengajaran   24th January 2014, 14:52

Ngga, sama seperti kalau kita kaya atau miskin, ganteng atau jelek.

 Cool 

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
cinzano
Moderator
Moderator


Jumlah posting : 2124
Join date : 26.10.12
Lokasi : Buaya City

PostSubyek: Re: Ragam Pengajaran   24th January 2014, 14:53

bruce wrote:
Ngga, sama seperti kalau kita kaya atau miskin, ganteng atau jelek.

 Cool 

berarti nasib ya....

Nasiiibbb.... Nasiiibbb
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: Ragam Pengajaran   25th January 2014, 10:44

Kalo terlahir bagaimanapun, kayaknya teknologi sudah mampu merekayasa untuk tampil lebih okeh, kan? Operasi plastiklah, bongkar pasang rahanglah, perbesar ato pekercil tonjolan dadalah, dll, dll.

Bagaimana tentang kemiskinan? Dicoba bertani padi, ternyata padi habis diganyang wereng. Dicoba bertambang batu bara, ketimbun longsor. Dicoba sales online dihancurkan oleh virus. Jadi, gimana lagi?

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
nothingman
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1503
Join date : 13.11.12

PostSubyek: Re: Ragam Pengajaran   25th January 2014, 11:45

Husada wrote:

Bagaimana tentang kemiskinan? Dicoba bertani padi, ternyata padi habis diganyang wereng. Dicoba bertambang batu bara, ketimbun longsor. Dicoba sales online dihancurkan oleh virus. Jadi, gimana lagi?  

tingkat kemiskinannya sampe gimana dulu Oom..? cuma sanggup makan 1 x sehari, 2 x sehari, ato 3 x sehari..?
spt minum obat aj pake dosis tertentu..  roll 

klo gagal bertani, tp masih sanggup membuka tambang batu bara dan usaha on-line sih sy yakin walau ketiga usaha tsb gagal pasti modalnya masih cukup banyak alias belum tentu jd orang miskin yg melarat..

eh, ngomongi masalah 'kemiskinan', sebenernya kemiskinan itu lebih kepada sebuah kondisi/keadaan atau sebuah sikap sih Oom..?

sebab begini, kadang seseorang yg kondisinya bisa dikatakan hidup serba sederhana dan kekurangan, tp merasa seolah2 dia tidak kekurangan bahkan merasa serba berkecukupan dan tetap merasa bahagia dlm hidupnya.. tapi ada jg orang yg kondisi/keadaannya serba mewah, hartanya melimpah, istrinya banyak masih tergolong daun muda pula, tp seolah2 hidupnya itu serba kekurangan, serakah, tidak pernah puas thd apa yg telah dimiliki sehingga ingin 'lebih' lagi.. ya contohnya para koruptor2 kelas kakap itu Oom, udah korupsi puluhan bahkan ratusan milyar, kok ya masih mau nambah korupsinya..

klo sy ada kesempatan korupsi sih nda usah banyak2, cukup 1 milyar aj abis itu uangnya sy bangun rumah kos-kosan 20 pintu, satu pintunya sy hargai 500rb, klo masih ada sisanya sy sumbangkan ke fakir miskin biar dosanya nda gede2 amat.. abis itu sy pensiun deh sambil menikmati hasil korupsi sy..
hehehehe Laughing 


Kembali Ke Atas Go down
Joan86
Calon Perwira
Calon Perwira


Jumlah posting : 278
Join date : 26.01.13

PostSubyek: Re: Ragam Pengajaran   4th February 2014, 14:55

nothingman wrote:

wah ada pendapat baru nih ttg nasib/takdir...

jd menurut km, Nasib dan takdir itu nda ada dlm ajaran Kristen..?
emang tidak ada, yang ada adalah Kehendak Tuhan dan Kehendak Manusia. Jadi kita tidak usah percaya dan takut dengan yang namanya Nasib/Takdir, karena itu tidak ada dalam ajaran keyakinan kita.

Kalo kamu tidak percaya tanyakan aja ke Romo Yopi atau rekan-rekan lain yang lebih memahami ajaran Katolik kayak Kak Bruce, Kak Husada dan Kak Cinzano.

Quote :

jd semua kejadian2 yg dialami manusia spt lahir dlm keadaan miskin/kaya, sakit, susah/senang, mjd sukses/gagal, dll itu adlh sebuah 'cobaan' atau ujian..?

lalu siapa yg menentukan/memberikan cobaan ini dan apa tujuannya..?
Cool

kan aku dah bilang kalo kejadian-kejadian yang dialami oleh manusia selama hidupnya, baik yang membuat susah, senang, sehat, sakit, sedih, bahagia yang sering dikatakan orang sebagai Nasib/Takdir ini adalah bentuk pencobaan, ujian sekaligus pembelajaran bagi manusia. Dan ini semua adalah Kehendak Allah namun tetap ada atau bisa melibatkan Kehendak Manusia disana.

Dan tujuannya adalah agar Kehendak Manusia bisa sejalan/selaras dengan Kehendak Allah, sehingga manusia selamat dan kembali bersatu dengan Allah dalam KerajaanNya kelak. Itu tujuan Allah memberikan segala cobaan, ujian dan pembelajarannya kepada manusia.
Jadi jangan menganggap kejadian yang membuat sedih, sakit, susah dan segala bentuk kekurangan adalah sebuah nasib sial/nasib buruk dan menganggap kejadian yang membuat senang, bahagia, dan kelebihan sebagi nasib baik karena semua ini adalah berkat yang diberikan Allah untuk mendidik kita sebagai manusia ciptaan yang sangat dikasihiNya.

Selama kita hidup didunia ini ibaratnya kita ini sedang belajar disekolah, dan Allah sebagai Gurunya ingin agar murid-muridnya bisa Lulus dengan hasil yang baik, maka selama sekolah kita akan diberi pelajaran, tugas dan ujian, kadang ada pelajaran/tugas yang terasa berat dan menyulitkan kita, kadang ada pula pelajaran/tugas yang menyenangkan bagi kita, tapi yang sesungguhnya semua pelajaran/tugas yang diberikan oleh Sang Guru ini tujuannya adalah untuk kebaikan para muridnya, yaitu supaya muridnya bisa lulus dengan hasil yang memuaskan.
begitu tujuannya mas, masak kamu tidak ngerti sih ?!? kalo masih blom jelas mending ikut sekolah minggu lagi sana !! sunny
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Ragam Pengajaran   4th February 2014, 15:05

Konon, ada yang bilang bahwa hambatan berarti kesempatan bagi yang siap.

 Neutral 

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
siip
Perwira Pertama
Perwira Pertama


Jumlah posting : 630
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Ragam Pengajaran   4th February 2014, 16:40

Joan86 wrote:
siip wrote:
nothingman wrote:

sy ada pertanyaan yg lebih nakal lg nih Oom..

seandainya Yudas Iskariot tidak mengkhianati Yesus, apakah mungkin Yesus akan tetap mati disalib..?

terlebih Yesus telah mengetahui lebih dulu bhw Yudas akan berkhianat dan apa yg akan terjadi pd diriNya ketika dia mjd Manusia, klo si A kan dia nda bisa tau lebih dulu kapan dia akan kehilangan ayah, ibu dan usahanya.. Ok, katakan si A ini manusia 'spesial' yg memiliki kelebihan shg bisa meramal secara tepat apa yg akan terjadi pd dirinya dimasa yg akan datang.. mirip film yg dibintangi ol Nicholas Cage itu tuh, yg bisa melihat kejadian dimasa depan walaupun cuma 3 menit kedepan.. apakah si A bisa merubah nasib/takdir yg akan menimpa dirinya ato tidak ya..?

hehehe Laughing 

Yudas Iskariot sudah 'ditentukan' utk mkhianati Yesus Kristus.
Andaikan pun Yudas tidak ditentukan utk mkhianati Yesus, maka Yudas akan tetap binasa krn tabiatnya yg sangat buruk. Yesus Kristus pun akan tetap mati disalib krn sudah tertulis demikian atas Dia, bisa saja bukan oleh Yudas tetapi orang lain.

bagaimana mungkin Yudas Iskariot sudah ditentukan untuk mengkhianati Yesus ?

berarti Yesus salah juga dong karna sudah memilih Yudas untuk dijadikan muridNya ? apa lagi anda katakan Yudas tabiatnya sangat buruk jadi akan tetep binasa walaupun tidak mengkhianati Yesus. ini kan jadinya seolah-olah Yesus yang salah dalam memilih murid ?
 Sad 

Hai Joan,

First of all,
Konsep 'nasib' itu alkitabiah dan Tuhan berperan dalam menentukan 'nasib'.

Yes 45:7
yang menjadikan terang dan menciptakan gelap, yang menjadikan nasib mujur dan menciptakan nasib malang; Akulah TUHAN yang membuat semuanya ini

Yer 13:25
Itulah nasibmu, bagianmu yang telah Kuukur untukmu, demikianlah firman TUHAN, karena engkau melupakan Aku, dan mempercayai dusta


Slebihnya opini saya mengenai nasib dapat dilihat di posting-posting sbelumnya.

-------

Mngenai Yudas,
Saya punya srangkaian argumen bdsk ayat Alkitab yg mbuat saya bpendapat dmikian.

Tp inipun rasanya tidak perlu dibahas disini.

Saya mhargai pndapat dari org-org yg myakini bhw Yudas binasa krn free-will-nya.
Kembali Ke Atas Go down
siip
Perwira Pertama
Perwira Pertama


Jumlah posting : 630
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Ragam Pengajaran   4th February 2014, 16:41

nothingman wrote:
Joan86 wrote:
Quote :

Yudas Iskariot sudah 'ditentukan' utk mkhianati Yesus Kristus.
Andaikan pun Yudas tidak ditentukan utk mkhianati Yesus, maka Yudas akan tetap binasa krn tabiatnya yg sangat buruk. Yesus Kristus pun akan tetap mati disalib krn sudah tertulis demikian atas Dia, bisa saja bukan oleh Yudas tetapi orang lain.

bagaimana mungkin Yudas Iskariot sudah ditentukan untuk mengkhianati Yesus ?

berarti Yesus salah juga dong karna sudah memilih Yudas untuk dijadikan muridNya ? apa lagi anda katakan Yudas tabiatnya sangat buruk jadi akan tetep binasa walaupun tidak mengkhianati Yesus. ini kan jadinya seolah-olah Yesus yang salah dalam memilih murid ?
 Sad 

begini sayang, pandangan bro Siip mirip dgn konsep dobel predestinasinya Calvinism dimana Tuhan sudah menentukan beberapa orang selamat dan beberapa yg lainnya tidak selamat.. jd si Yudas Iskariot termasuk orang yg ditentukan utk tidak akan selamat itu..

jd ini sebenarnya cuma beda cara pandang doank kok, dimana pandangan Calvinism menitik beratkan pd Kehendak Allah, sedang dlm ajaran Katolik lebih kpd adanya kehendak manusia/freewill.. sebenarnya bedanya cuma disitu..
 Laughing 

Perlu di note bahwa saya bukan penganut Calvinism.

Saya tidak pcaya 100% dg model double-predestination versi Calvin.

Om Bruce rasanya tau opini saya mengenai hal ini.
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Ragam Pengajaran   4th February 2014, 16:45

Antara tahu dan bingung, he he he he

 Embarassed 

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
siip
Perwira Pertama
Perwira Pertama


Jumlah posting : 630
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Ragam Pengajaran   5th February 2014, 09:00

ah jangan kura-kura dalam tempurung
Kembali Ke Atas Go down
cinzano
Moderator
Moderator


Jumlah posting : 2124
Join date : 26.10.12
Lokasi : Buaya City

PostSubyek: Re: Ragam Pengajaran   5th February 2014, 09:51

siip wrote:
nothingman wrote:
Joan86 wrote:
Quote :

Yudas Iskariot sudah 'ditentukan' utk mkhianati Yesus Kristus.
Andaikan pun Yudas tidak ditentukan utk mkhianati Yesus, maka Yudas akan tetap binasa krn tabiatnya yg sangat buruk. Yesus Kristus pun akan tetap mati disalib krn sudah tertulis demikian atas Dia, bisa saja bukan oleh Yudas tetapi orang lain.

bagaimana mungkin Yudas Iskariot sudah ditentukan untuk mengkhianati Yesus ?

berarti Yesus salah juga dong karna sudah memilih Yudas untuk dijadikan muridNya ? apa lagi anda katakan Yudas tabiatnya sangat buruk jadi akan tetep binasa walaupun tidak mengkhianati Yesus. ini kan jadinya seolah-olah Yesus yang salah dalam memilih murid ?
 Sad 

begini sayang, pandangan bro Siip mirip dgn konsep dobel predestinasinya Calvinism dimana Tuhan sudah menentukan beberapa orang selamat dan beberapa yg lainnya tidak selamat.. jd si Yudas Iskariot termasuk orang yg ditentukan utk tidak akan selamat itu..

jd ini sebenarnya cuma beda cara pandang doank kok, dimana pandangan Calvinism menitik beratkan pd Kehendak Allah, sedang dlm ajaran Katolik lebih kpd adanya kehendak manusia/freewill.. sebenarnya bedanya cuma disitu..
 Laughing 

Perlu di note bahwa saya bukan penganut Calvinism.

Saya tidak pcaya 100% dg model double-predestination versi Calvin.

Om Bruce rasanya tau opini saya mengenai hal ini.


Saya juga ga jelas tuh

hehehe

 Laughing
Kembali Ke Atas Go down
cinzano
Moderator
Moderator


Jumlah posting : 2124
Join date : 26.10.12
Lokasi : Buaya City

PostSubyek: Re: Ragam Pengajaran   5th February 2014, 10:00

Quote :


12 Pada waktu itu pergilah Yesus ke bukit untuk berdoa dan semalam-malaman Ia berdoa kepada Allah.
13 Ketika hari siang, Ia memanggil murid-murid-Nya kepada-Nya, lalu memilih dari antara mereka dua belas orang, yang disebut-Nya rasul:
14 Simon yang juga diberi-Nya nama Petrus, dan Andreas saudara Simon, Yakobus dan Yohanes, Filipus dan Bartolomeus,
15 Matius dan Tomas, Yakobus anak Alfeus, dan Simon yang disebut orang Zelot,
16 Yudas anak Yakobus, dan Yudas Iskariot yang kemudian menjadi pengkhianat.
(Luk 6:12-16 ITB)

Bisa jadi Tuhan Yesus berdoa semalaman sebelum memilih rasul, ini berkaitan dengan Yudas Iskariot.
Kembali Ke Atas Go down
nothingman
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1503
Join date : 13.11.12

PostSubyek: Re: Ragam Pengajaran   5th February 2014, 11:49

Joan86 wrote:

emang tidak ada, yang ada adalah Kehendak Tuhan dan Kehendak Manusia. Jadi kita tidak usah percaya dan takut dengan yang namanya Nasib/Takdir, karena itu tidak ada dalam ajaran keyakinan kita.

Kalo kamu tidak percaya tanyakan aja ke Romo Yopi atau rekan-rekan lain yang lebih memahami ajaran Katolik kayak Kak Bruce, Kak Husada dan Kak Cinzano.
sudah ak tanyakan..
Oom Bruce sptnya cenderung setuju dgn pendapat km, Oom Cinzan jg sudah memberikan kutipan yg menyatakan bhw itu semua jg kehendak Allah dan melibatkan kehendak manusia, Oom Husada belum ngasi opini, jd masih dlm posisi netral, dan Romo Yopi kata rekan2 yg lain saat ini sedang sibuk 'turun gunung' dan menjalankan misinya di NTT, jd udah lama beliau nda sempat memberi pencerahan di LTB ini..

Quote :

kan aku dah bilang kalo kejadian-kejadian yang dialami oleh manusia selama hidupnya, baik yang membuat susah, senang, sehat, sakit, sedih, bahagia yang sering dikatakan orang sebagai Nasib/Takdir ini adalah bentuk pencobaan, ujian sekaligus pembelajaran bagi manusia. Dan ini semua adalah Kehendak Allah namun tetap ada atau bisa melibatkan Kehendak Manusia disana.

Dan tujuannya adalah agar Kehendak Manusia bisa sejalan/selaras dengan Kehendak Allah, sehingga manusia selamat dan kembali bersatu dengan Allah dalam KerajaanNya kelak. Itu tujuan Allah memberikan segala cobaan, ujian dan pembelajarannya kepada manusia.
Jadi jangan menganggap kejadian yang membuat sedih, sakit, susah dan segala bentuk kekurangan adalah sebuah nasib sial/nasib buruk dan menganggap kejadian yang membuat senang, bahagia, dan kelebihan sebagi nasib baik karena semua ini adalah berkat yang diberikan Allah untuk mendidik kita sebagai manusia ciptaan yang sangat dikasihiNya.

Selama kita hidup didunia ini ibaratnya kita ini sedang belajar disekolah, dan Allah sebagai Gurunya ingin agar murid-muridnya bisa Lulus dengan hasil yang baik, maka selama sekolah kita akan diberi pelajaran, tugas dan ujian, kadang ada pelajaran/tugas yang terasa berat dan menyulitkan kita, kadang ada pula pelajaran/tugas yang menyenangkan bagi kita, tapi yang sesungguhnya semua pelajaran/tugas yang diberikan oleh Sang Guru ini tujuannya adalah untuk kebaikan para muridnya, yaitu supaya muridnya bisa lulus dengan hasil yang memuaskan.
begitu tujuannya mas, masak kamu tidak ngerti sih ?!? kalo masih blom jelas mending ikut sekolah minggu lagi sana !!   sunny
penjelasan dr km sih sangat bagus dan jelas.. tp kata terakhirnya terasa paiiitt...  Razz 

 
Kembali Ke Atas Go down
nothingman
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1503
Join date : 13.11.12

PostSubyek: Re: Ragam Pengajaran   5th February 2014, 12:14

siip wrote:
nothingman wrote:

begini sayang, pandangan bro Siip mirip dgn konsep dobel predestinasinya Calvinism dimana Tuhan sudah menentukan beberapa orang selamat dan beberapa yg lainnya tidak selamat.. jd si Yudas Iskariot termasuk orang yg ditentukan utk tidak akan selamat itu..

jd ini sebenarnya cuma beda cara pandang doank kok, dimana pandangan Calvinism menitik beratkan pd Kehendak Allah, sedang dlm ajaran Katolik lebih kpd adanya kehendak manusia/freewill.. sebenarnya bedanya cuma disitu..
 Laughing 

Perlu di note bahwa saya bukan penganut Calvinism.

Saya tidak pcaya 100% dg model double-predestination versi Calvin.

Om Bruce rasanya tau opini saya mengenai hal ini.

Naah, sikap ato pandangan anda ini nih bro yg kadang membuat sy ato rekan2 lain jd agak bingung.. mohon maaf ya bro, sy nda bermaksud menyindir atau menghina anda, sy melihat kadang pandangan atau pendapat anda terkadang tidak firm/tegas/kuat dlm hal ajaran mana yg anda anggap benar.. atau mungkin cm sy aj yg salah mengertikan/belum memahami penjelasan anda, baik dlm diskusi disini maupun di forum tetangga spt yg lalu2 itu ya..

klo bro Bruce, dan bro Cinzan jg merasa 'bingung' spt sy, tentu pemahaman sy thd penjelasan anda tidak salah, tp anda masih kurang cukup memberikan penjelasannya kan bro..?

anda mengatakan bukan penganut Calvin, tp nda percaya 100% dgn konsep dobel-prednya Calvin.. lalu konsep predestinasi yg spt apa yg anda yakini 100% kebenarannya, apakah konsep predestinasinya Katolik..? atau sbg penganut ajaran Kristen Kharismatik sebenarnya ada nda sih konsep predestinasi versi Karismatik..? atau mungkin anda punya konsep predestinasi sendiri bro..?

yah mumpung di trit ini sedang membahas ttg ragam pengajaran, bukankah ada baiknya anda memberikan penjelasan ttg ajaran apa aj yg ada dlm Kristen Kharismatik.. supaya kita bisa saling mengenal ajaran masing2 aj bro, kita nda usah saling menyalahkan..
 Cool 

Syalom,
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content




PostSubyek: Re: Ragam Pengajaran   

Kembali Ke Atas Go down
 
Ragam Pengajaran
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 10 dari 12Pilih halaman : Previous  1, 2, 3 ... 9, 10, 11, 12  Next

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Ladang Tuhan Baru :: Ruang Antar Kristen (Khusus Penganut Kristen Trinitarian) :: Alkitab-
Navigasi: