Ladang Tuhan Baru
Selamat datang kepada sesama saudara Kristen dan saudara lain iman. Mari kita saling kenal dalam suasana bersahabat.

Ladang Tuhan Baru

Forum Komunitas Kristen
 
IndeksIndeks  PencarianPencarian  PendaftaranPendaftaran  LoginLogin  

Share | 
 

 Ragam Pengajaran

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
Pilih halaman : Previous  1, 2, 3 ... , 10, 11, 12  Next
PengirimMessage
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Ragam Pengajaran   5th February 2014, 14:34

yah mumpung di trit ini sedang membahas ttg ragam pengajaran, bukankah ada baiknya anda memberikan penjelasan ttg ajaran apa aj yg ada dlm Kristen Kharismatik.. supaya kita bisa saling mengenal ajaran masing2 aj bro, kita nda usah saling menyalahkan.. wrote:

Nah ikut dukung


_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
cinzano
Moderator
Moderator


Jumlah posting : 2124
Join date : 26.10.12
Lokasi : Buaya City

PostSubyek: Re: Ragam Pengajaran   5th February 2014, 15:30

bruce wrote:


Nah ikut dukung



Kalo diijinkan .... saya request mengenai bahasa Roh
Kembali Ke Atas Go down
siip
Perwira Pertama
Perwira Pertama


Jumlah posting : 630
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Ragam Pengajaran   5th February 2014, 15:35

nothingman wrote:
Naah, sikap ato pandangan anda ini nih bro yg kadang membuat sy ato rekan2 lain jd agak bingung.. mohon maaf ya bro, sy nda bermaksud menyindir atau menghina anda, sy melihat kadang pandangan atau pendapat anda terkadang tidak firm/tegas/kuat dlm hal ajaran mana yg anda anggap benar.. atau mungkin cm sy aj yg salah mengertikan/belum memahami penjelasan anda, baik dlm diskusi disini maupun di forum tetangga spt yg lalu2 itu ya..

klo bro Bruce, dan bro Cinzan jg merasa 'bingung' spt sy, tentu pemahaman sy thd penjelasan anda tidak salah, tp anda masih kurang cukup memberikan penjelasannya kan bro..?

anda mengatakan bukan penganut Calvin, tp nda percaya 100% dgn konsep dobel-prednya Calvin.. lalu konsep predestinasi yg spt apa yg anda yakini 100% kebenarannya, apakah konsep predestinasinya Katolik..? atau sbg penganut ajaran Kristen Kharismatik sebenarnya ada nda sih konsep predestinasi versi Karismatik..? atau mungkin anda punya konsep predestinasi sendiri bro..?

yah mumpung di trit ini sedang membahas ttg ragam pengajaran, bukankah ada baiknya anda memberikan penjelasan ttg ajaran apa aj yg ada dlm Kristen Kharismatik.. supaya kita bisa saling mengenal ajaran masing2 aj bro, kita nda usah saling menyalahkan..
 Cool 

Syalom,

Kl dtanya bgini kan mau ga mau jawab ya.

Di dalam kekristenan itu ada beberapa hal yg fundamental dan ada beberapa hal yg tidak fundamental (biasanya berlaku kontekstual).

Keselamatan hanya di dalam Tuhan Yesus Kristus adalah perkara fundamental.
Yang di atas sudah jelas dan tidak ditawar-tawar shg kita perlu tegas myakininya.

Di sisi lain, metode pemilihan keselamatan, ini sifatnya tidak fundamental.
Calvinist akan mngatakan bhw Tuhan berinisiatif menentukan siapa yg selamat dan siapa yg binasa oleh kedaulatanNya sebelum bumi dijadikan.
Arminianist akan mngatakan bhw Tuhan berinisiatif menawarkan kselamatan tetapi manusia dapat menolaknya dan/atau melepaskannya.

Nah, apakah ini fundamental?
Tidak.

Mengapa tidak?
Krn sifatnya 'tafsiran'.
Mau ambil tafsiran Calvin atau tafsiran Arminian, output-nya akan sama yaitu siapa yg percaya kpd Yesus Kristus dan beriman sampai ksudahannya, Dia pasti selamat.

Kl versi Calvin,
Orang-orang akan btanya: Apa tanda bhw seseorang itu umat pilihan Tuhan utk selamat?
Tanda-tandanya adalah orang itu akan beriman dan hidup benar.
Maka para Calvinist akan berlomba-lomba beriman dan hidup benar sbg tanda yg sah bhw mreka umat pilihan Tuhan.

Kl versi Arminian,
Orang-orang akan btanya: Bagaimana caranya supaya selamat?
Caranya adalah orang itu akan beriman dan hidup benar.
Maka para Arminianis akan
berlomba-lomba beriman dan hidup benar untuk mempertahankan keselamatan yg sudah mreka trima.

Jadi output adalah sama.
Makanya saya tidak tlalu antusias bdebat dg kedua pihak.

----------

Bagaimana dg saya, apa yg saya yakini?
Ini akan bersambung ke posting brikutnya.

hehehehee
Kembali Ke Atas Go down
siip
Perwira Pertama
Perwira Pertama


Jumlah posting : 630
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Ragam Pengajaran   5th February 2014, 15:36

cinzano wrote:
bruce wrote:


Nah ikut dukung



Kalo diijinkan .... saya request mengenai bahasa Roh

diijinkan oleh siapa brow???
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Ragam Pengajaran   5th February 2014, 15:43

siip wrote:
cinzano wrote:
bruce wrote:


Nah ikut dukung



Kalo diijinkan .... saya request mengenai bahasa Roh

diijinkan oleh siapa brow???

Beliau lupa pada pangkat yang disandangnya, he he he.


Silahkan dilanjutkan pak (bukan) pendeta Siip

 thumb up 

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
cinzano
Moderator
Moderator


Jumlah posting : 2124
Join date : 26.10.12
Lokasi : Buaya City

PostSubyek: Re: Ragam Pengajaran   5th February 2014, 15:45

siip wrote:
cinzano wrote:
bruce wrote:


Nah ikut dukung



Kalo diijinkan .... saya request mengenai bahasa Roh

diijinkan oleh siapa brow???


Tentu nya Bro Siip ...
Kira2 begini pertanyaannya.

Bahasa Roh, itu karunia yg diberikan kepada orang2 tertentu ..... ataukah semua orang memiliki karunia tsb yang mana dapat berfungsi bila dibantu diaktifkan

 Laughing
Kembali Ke Atas Go down
siip
Perwira Pertama
Perwira Pertama


Jumlah posting : 630
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Ragam Pengajaran   5th February 2014, 16:47

Jd ada 2 ptanyaan nich,
Nothing btanya pandangan saya ttg versi pemilihan kselamatan
Cinzano ttg bahasa roh

Yg mana doeloe nih?
Kembali Ke Atas Go down
nothingman
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1503
Join date : 13.11.12

PostSubyek: Re: Ragam Pengajaran   6th February 2014, 14:12

siip wrote:

Kl dtanya bgini kan mau ga mau jawab ya.
Huahahahahaha.. bro Siip bisa aj.. Laughing

sy nda bermaksud memaksa anda utk memberikan jawaban kok, tp tentu aj sy berharap anda bisa memberikan jawaban atas pertanyaan sy atau konfirmasinya jika anda tidak/belum bisa menjawabnya..
Dan apapun tanggapan yg anda berikan, sy tetap haturkan banyak terima kasih.. thumb up

siip wrote:

Di dalam kekristenan itu ada beberapa hal yg fundamental dan ada beberapa hal yg tidak fundamental (biasanya berlaku kontekstual).
setuju dgn pemikiran anda bro, hanya mnrut sy hal2 yg sifatnya fundamental/non fundamental dlm kekristenan jg tergantung pd masing2 aliran/denom, jd bisa tjd apa yg fundamental dlm ajaran Katolik blum tentu fundamental dlm ajaran Kharismatik, begitu jg yg lainnya..

siip wrote:

Keselamatan hanya di dalam Tuhan Yesus Kristus adalah perkara fundamental.
Yang di atas sudah jelas dan tidak ditawar-tawar shg kita perlu tegas myakininya.

Di sisi lain, metode pemilihan keselamatan, ini sifatnya tidak fundamental.
Calvinist akan mngatakan bhw Tuhan berinisiatif menentukan siapa yg selamat dan siapa yg binasa oleh kedaulatanNya sebelum bumi dijadikan.
Arminianist akan mngatakan bhw Tuhan berinisiatif menawarkan kselamatan tetapi manusia dapat menolaknya dan/atau melepaskannya.

Nah, apakah ini fundamental?
Tidak.

Mengapa tidak?
Krn sifatnya 'tafsiran'.
Mau ambil tafsiran Calvin atau tafsiran Arminian, output-nya akan sama yaitu siapa yg percaya kpd Yesus Kristus dan beriman sampai ksudahannya, Dia pasti selamat.

Apa iya semua hal yg sifatnya 'tafsiran' itu berarti tidak fundamental bro..?

pd hal tidak semua Firman Tuhan yg ada dlm Alkitab bisa diartikan scr eksplisit, dan terlebih lg tidak semua yg ada dlm Alkitab itu adlh Firman Tuhan.. apa lg banyak sekali ajaran Yesus yg disampaikan dlm bentuk perumpamaan2 yg membutuhkan penafsiran..

siip wrote:

Kl versi Calvin,
Orang-orang akan btanya: Apa tanda bhw seseorang itu umat pilihan Tuhan utk selamat?
Tanda-tandanya adalah orang itu akan beriman dan hidup benar.
Maka para Calvinist akan berlomba-lomba beriman dan hidup benar sbg tanda yg sah bhw mreka umat pilihan Tuhan.

Kl versi Arminian,
Orang-orang akan btanya: Bagaimana caranya supaya selamat?
Caranya adalah orang itu akan beriman dan hidup benar.
Maka para Arminianis akan
berlomba-lomba beriman dan hidup benar untuk mempertahankan keselamatan yg sudah mreka trima.

Jadi output adalah sama.
Makanya saya tidak tlalu antusias bdebat dg kedua pihak.
Ooh iya bro niat sy berdiskusi dgn anda adlh utk mengetahui dan memahami pandangan/keyakinan anda dan tidak bermaksud menyalahkan anda atau ajaran yg anda yakini.. jd apapun tanggapan ataupun pertanyaan yg sy ajukan adlh jg tanpa bermaksud menyanggah/menyalahkan pendapat dan pandangan/keyakinan anda ya..

outputnya mungkin bisa sama bro, yaitu adanya manusia yg diselamatkan Tuhan.. tapi bagaimana proses dan caranya memperoleh keselamatan itu sendiri..?

utk versi Calvin gimana klo pertanyaannya adlh :
bagaimana caranya orang2 yg tidak ditentukan/dipilih Tuhan itu bisa selamat..? atau mungkinkah orang2 yg ditentukan utk tidak selamat ini memperoleh keselamatan Tuhan..?

siip wrote:


Bagaimana dg saya, apa yg saya yakini?
Ini akan bersambung ke posting brikutnya.

hehehehee
klo gitu akan sy nantikan kelanjutannya ya bro..
thanx atas tanggapan yg anda berikan dan mohon maaf jika ada kekurangan/kesalahan dr tanggapan yg sy berikan..

Syalom, peace
Kembali Ke Atas Go down
nothingman
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1503
Join date : 13.11.12

PostSubyek: Re: Ragam Pengajaran   6th February 2014, 14:15

siip wrote:
Jd ada 2 ptanyaan nich,
Nothing btanya pandangan saya ttg versi pemilihan kselamatan
Cinzano ttg bahasa roh

Yg mana doeloe nih?

biasanya dlm sistem inventory pd umumnya menggunakan metode FIFO (First In First Out) bro..  Laughing 
jd biarkan Oom Cinzan mengantri dulu..  hehehehe Razz 
Kembali Ke Atas Go down
siip
Perwira Pertama
Perwira Pertama


Jumlah posting : 630
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Ragam Pengajaran   6th February 2014, 16:27

Reply ini dulu yag sblm lanjut ke sambungan...


nothingman wrote:
setuju dgn pemikiran anda bro, hanya mnrut sy hal2 yg sifatnya fundamental/non fundamental dlm kekristenan jg tergantung pd masing2 aliran/denom, jd bisa tjd apa yg fundamental dlm ajaran Katolik blum tentu fundamental dlm ajaran Kharismatik, begitu jg yg lainnya..


Sbetulnya nyaris smua denominasi mnyepakati hal-hal fundamental Bro, yaitu hal-hal yg directly impact ke keselamatan.
Sisanya bisa jadi dianggap 'penting' atau menjadi 'identitas' tetapi tidak sampai mnentukan keselamatan.

Quote :
Apa iya semua hal yg sifatnya 'tafsiran' itu berarti tidak fundamental bro..?

pd hal tidak semua Firman Tuhan yg ada dlm Alkitab bisa diartikan scr eksplisit, dan terlebih lg tidak semua yg ada dlm Alkitab itu adlh Firman Tuhan.. apa lg banyak sekali ajaran Yesus yg disampaikan dlm bentuk perumpamaan2 yg membutuhkan penafsiran..

Jika ssuatu itu fundamental, maka Tuhan akan mngatakannya dg terang-terangan.
Misalnya, kita ngga usah susah-susah mnafsirkan kematian dan kebangkitan Kristus, ke-esa-an antara Bapa dan Tuhan Yesus, bahwa Yesus Kristus adalah Firman Allah, bahwa Kristus mati utk dosa kita dan bangkit demi kselamatan kita.


Quote :
outputnya mungkin bisa sama bro, yaitu adanya manusia yg diselamatkan Tuhan.. tapi bagaimana proses dan caranya memperoleh keselamatan itu sendiri..?


Kl kita plajari kedua kutub ini, maka caranya sama saja.
Yaitu sso selamat apabila percaya dan mengaku bhw Yesus Kristus adalah Tuhan (beriman).
Beda variasinya adalah di story-behind.
Kl Calvin mnganggap orang pilihan Tuhan akan scr inisiatif dijamah Tuhan dan dg sndirinya akan mampu beriman.
Kl Arminian mnganggap bhw Tuhan inisiatif mjamah sso dan mbrikan orang itu liberated-free-will utk mnerima/mnolak kselamatan.

Intinya bro,
Pd saat kita pertama kali beriman, kita ngga tau apakah Tuhan jamah kita versi calvin atau versi arminian.
Yg kita tau adalah kita dhadapkan pd pilihan utk pcaya atau tidak pcaya pd Kristus.
Stelah kita pcaya, maka kita dselamatkan.
Stelah selamat barulah kita belajar mngenai doktrin gereja.
Stelah trima doktrin gereja, baru kita bilang : 'oOoooohhh gitu ya'.
Jd kedua doktrin ini ga impact directly pd kselamatan sseorang.

Quote :
utk versi Calvin gimana klo pertanyaannya adlh :
bagaimana caranya orang2 yg tidak ditentukan/dipilih Tuhan itu bisa selamat..? atau mungkinkah orang2 yg ditentukan utk tidak selamat ini memperoleh keselamatan Tuhan..?

Kl versi calvin itu, org yg tidak dtentukan Tuhan utk selamat tidak akan bisa selamat.
Namun Calvin cs pun tidak bisa mmastikan / mengetahui siapa saja yg akan selamat dan siapa yg tidak. Katanya semua itu kedaulatan Tuhan dan hanya Tuhan yg tau.
Implikasinya?
Pnganut Calvin akan tetap mbritakan Injil kpd smua orang.
Meski bgitu, perlu diakui bhw calvinist biasanya ngga senafsu arminianist dalam mbritakan Injil krn calvinist pcaya bhw orang-orang yg sharusnya beriman pasti kelak akan beriman krn Tuhan sendiri yg sudah tentukan.

Kl kamu pcaya slogan 'kalo jodoh ga kmana', maka itulah pola pikir srupa calvin.
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Ragam Pengajaran   6th February 2014, 16:58

Quote :
Kl kamu pcaya slogan 'kalo jodoh ga kmana', maka itulah pola pikir srupa calvin.

Nah, soal apakah jodoh itu ditentukan oleh Tuhan, atau atas usaha manusia, perlu didiskusikan lagi nih om.

 Cool 

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
siip
Perwira Pertama
Perwira Pertama


Jumlah posting : 630
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Ragam Pengajaran   6th February 2014, 17:07

Nah, skrg masuk ke sambungan:
Pendapat saya mengenai Penetapan Tuhan.

Pd awalnya saya myakini banget Arminianisme dan Gereja saya pun mnganut Arminianisme.
Saya tumbuh di Gereja yg mngajarkan bhw keselamatan disediakan bagi semua orang krn Tuhan mengasihi seisi dunia ini.
Saya juga tumbuh di Gereja yg mngajarkan bhw seseorang binasa krn ia dalam free-will-nya menolak keselamatan atau memilih melepaskan keselamatan, shg Tuhan tidak dapat dimintakan pertanggung-jawaban atas ketidak-selamatan seseorang.

Maka itu saat saya ktemu dg penganut calvinism, saya napsu skali mendebat mreka.
Mreka sangat kekeh dg rangkaian kyakinannya yg diformulasikan dg TULIP.
Saking kekehnya, saya jadi napsu blajar lebih banyak utk mhancurkan doktrin itu.
Maka saya buka-buka lagi Alkitab. Saya ngga mau lagi pake asumsi.
Saya coba liat topik tkait kselamatan dan saya (agak) terkejut.

Saya jadi bisa mmahami mngapa perang ide antara calvin vs arminian blangsung trus-mnerus slama berabad-abad.

Saya temukan bahwa ayat-ayat yg jadi pegangan Calvin itu sah, bgitu juga ayat-ayat yg jadi pegangan Arminian.

Artinya, Calvin dan Arminian sama-sama mengandung kebenaran.
Lalu bagaimana memformulasikannya?

Saya liat-liat lagi Alkitab sambil bdoa.
Stelah skian lama, saya akhirnya mformulasikan suatu gagasan.
Sifatnya masih gagasan krn ini hanya pnafsiran saja, bukan kbenaran mutlak yg fundamental.

bersambung.....
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: Ragam Pengajaran   7th February 2014, 09:14

Walaupun kopi dapat memperlihatkan karakter, saya pesan kopi hitam, disajikan sebagai kopi tubruk. Asyik, sambil menunggu lanjutan.

Tolong, campurkan sedikit garam. Mungkin akan begadang, nih.

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
nothingman
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1503
Join date : 13.11.12

PostSubyek: Re: Ragam Pengajaran   7th February 2014, 13:01

siip wrote:

Sbetulnya nyaris smua denominasi mnyepakati hal-hal fundamental Bro, yaitu hal-hal yg directly impact ke keselamatan.
Sisanya bisa jadi dianggap 'penting' atau menjadi 'identitas' tetapi tidak sampai mnentukan keselamatan.

Jika ssuatu itu fundamental, maka Tuhan akan mngatakannya dg terang-terangan.

sy masih bingung/blum memahami penjelasan anda yg mengatakan bhw suatu ajaran yg sifatnya 'tafsiran' dan itu dianggap 'penting', namun hal itu bukan sesuatu yg fundamental/mendasar bro Siip..

anda katakan dlm hal yg kita bahas ini adl ttg adanya keselamatan yg diberikan Tuhan dan itu adlh hal yg fundamental.. tapi mengenai bgmn cara2, bgmn memperoleh dan menjaga keselamatan yg diberikan, atau bgmn aturan/cara kerja/metode keselamatan itu dimana yg sifat2nya 'penafsiran' dr masing2 Gereja/denom adlh sesuatu yg 'penting' namun bukan ssuatu yg fundamental..? hanya sbg ciri2/identitas dr sebuah Gereja/denom tp tidak sampai menentukan keselamatan..? betul begitu bro Siip (CMIIW).

klo gitu tentu tidak ada gunanya donk kita mengimani keyakinan kita berdasrkan ajaran Gereja/denom ttt..?!?  Sad 

dlm pemikiran sy, keselamatan yg diberikan Tuhan ini adlh 'tujuan' dr iman kita, dan utk mencapai tujuan tsb ada cara2nya/syarat2nya spt yg diajarkan ol masing2 Gereja kita, jd baik tujuan maupun caranya ini adlh bersifat fundamental/mendasar dan tidak bisa ditawar2 lg bro..

siip wrote:

Kl kita plajari kedua kutub ini, maka caranya sama saja.
Yaitu sso selamat apabila percaya dan mengaku bhw Yesus Kristus adalah Tuhan (beriman).
Beda variasinya adalah di story-behind.
Kl Calvin mnganggap orang pilihan Tuhan akan scr inisiatif dijamah Tuhan dan dg sndirinya akan mampu beriman.
Kl Arminian mnganggap bhw Tuhan inisiatif mjamah sso dan mbrikan orang itu liberated-free-will utk mnerima/mnolak kselamatan.

mnurut sy, keselamatan sso adlh 'Tujuan' dr beriman kpd Yesus.. sedangkan utk beriman kpd Yesus itu ada tata caranya atau ada ajarannya.. dlm hal ini ada ajaran keselamatan versi Calvin, dan ada ajaran versi Aminian.. bagaimana cara kerja ajaran2 keselamatan tsb..?  

mnurut pandangan sy adlh berikut..
cara dlm versi Calvin:
sso akan selamat apabila percaya dan mengakui Yesus adl Tuhan (cukup dgn iman).
kehendak manusia terlihat seolah pasif, yg aktif cm Kehendak Allah, spt postngan anda ini:
siip wrote:

Kl Calvin mnganggap orang pilihan Tuhan akan scr inisiatif dijamah Tuhan dan dg sndirinya akan mampu beriman.

sedang dlm versi Arminian:
sso akan selamat apabila percaya dan mengakui Yesus adl Tuhan (dgn iman), dan menjaga iman tsb dgn (perbuatan)/kehendaknya pribadinya.
jd utk mendapatkan keselamatan yg aktif ada 2 pihak disana, yaitu kehendak Allah dan kehendak manusia(freewill).. spt postngan anda ini:
siip wrote:

Kl Arminian mnganggap bhw Tuhan inisiatif mjamah sso dan mbrikan orang itu liberated-free-will utk mnerima/mnolak kselamatan.

jd cara kerja/cara mendapatkan keselamatan antara Calvin dan Arminian ada bedanya.. klo Calvin cukup dgn iman aj, sedang dlm Arminian dgn iman dan perbuatan..

kok anda bisa mengatakan bhw caranya sama ya bro..?

terlebih jika kita melihat siapa manusia yg 'diproses'/dilibatkan dlm sistem keselamatan tsb..
dlm pred. versi Calvin, cuma manusia2 terpilih aj yg akan dilibatkan, shg muncul pemahaman bhw keselamatan Tuhan/penebusan Yesus hanya utk orang2 terpilih, bukan bagi orang yg ditentukan utk tidak selamat (keselamatan tidak berlaku universal).. dan akan menimbulkan pemahaman bhw manusia2 berdosa (yg ditentukan nda slamet itu) asalnya dr Allah shg dosa jg berasal dr Allah pd hal Allah itu kan Kudus/Suci..

sedang dlm versi Arminian, semua manusia entah itu manusia pilihan atau bukan pilihan tetep dpt berkat keselamatan/penebusan Yesus (keselamatan berlaku universal), hanya tidak semua manusia akan bisa selamat karna tergantung jg freewill manusia itu sendiri..

ini akan terlihat jelas dr contoh kasusnya Yudas Iskariot, spt yg jg pernah ditanyakan ol Joan diatas itu bro..

dlm versi Calvin akan (seolah2) terlihat bahwa Tuhan Yesus 'bersalah' krn Dia sendiri yg telah memilih Yudas utk jd salah satu muridNya, dan akan terlihat bhw Tuhan Yesus seolah 'tidak mampu' menyelamatkan murid pilihanNya sendiri..

sedang dlm versi Arminian, akan terlihat bhw Yesus mengangkat Yudas sebagai murid adlh lepas dr apa yg akan dipilih oleh Yudas. Dan dalam ketahuannya, Yesus tetap konsisten, sama seperti bahwa Ia tahu apa yang akan terjadi dalam masa akhir hidupnya, dan Yesus tetap konsisten.


siip wrote:

Intinya bro,
Pd saat kita pertama kali beriman, kita ngga tau apakah Tuhan jamah kita versi calvin atau versi arminian.
Yg kita tau adalah kita dhadapkan pd pilihan utk pcaya atau tidak pcaya pd Kristus.
Stelah kita pcaya, maka kita dselamatkan.
Stelah selamat barulah kita belajar mngenai doktrin gereja.
Stelah trima doktrin gereja, baru kita bilang : 'oOoooohhh gitu ya'.
Jd kedua doktrin ini ga impact directly pd kselamatan sseorang.
sy bingung jg mo kasi tanggapan apa thd pendapat anda diatas ini bro..
klo sy sih baru bisa beriman dan atau mengenal Tuhan Yesus setelah menerima ajaran/doktrin Gereja bro..
jd prosesnya adlh sy menerima dan yakini kebenaran ajaran Gereja, baru setelah itu ajaran2 tsb sy imani,  terapkan dan lakukan sehingga sy bisa dikatakan beriman kpd Kristus.. dan walaupun sy tau Tuhan Yesus PASTI akan menyelamatkan sy, tp sy nda tau apakah kelak sy akan selamat atau tidak krn tergantung jg pd perbuatan sy selama hdp ini..

Quote :

Kl versi calvin itu, org yg tidak dtentukan Tuhan utk selamat tidak akan bisa selamat.
Namun Calvin cs pun tidak bisa mmastikan / mengetahui siapa saja yg akan selamat dan siapa yg tidak. Katanya semua itu kedaulatan Tuhan dan hanya Tuhan yg tau.
Implikasinya?
Pnganut Calvin akan tetap mbritakan Injil kpd smua orang.
Meski bgitu, perlu diakui bhw calvinist biasanya ngga senafsu arminianist dalam mbritakan Injil krn calvinist pcaya bhw orang-orang yg sharusnya beriman pasti kelak akan beriman krn Tuhan sendiri yg sudah tentukan.

Kl kamu pcaya slogan 'kalo jodoh ga kmana', maka itulah pola pikir srupa calvin.

Nah, klo keyakinan penganut calvin adlh semua yg orang akan beriman sudah ditentukan sendiri ol Tuhan (yg merah), maka menurut sy tidak perlu lg memberitakan Injil kpd semua orang bro, IMO (yg Ungu) jd spt seolah2 sia-sia belaka..
 Neutral 

Ok, itu aj tanggapan sy atas postingan anda, sy ucapkan terimakasih atas penjelasan yg sudah anda berikan ya bro Siip.. dan mohon maaf/koreksi jika ada kekurangan/kesalahan..

Syalom,
Kembali Ke Atas Go down
siip
Perwira Pertama
Perwira Pertama


Jumlah posting : 630
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Ragam Pengajaran   7th February 2014, 15:03

Quote :
sy masih bingung/blum memahami penjelasan anda yg mengatakan bhw suatu ajaran yg sifatnya 'tafsiran' dan itu dianggap 'penting', namun hal itu bukan sesuatu yg fundamental/mendasar bro Siip..

Contoh simple-nya,
Ada greja injili reformed yg sangat kuat berciri calvin, ada greja aliran karismatik yg sangat kuat berciri arminian.
Nah, greja mana yg diselamatkan?
Ya dua-duanya.
Jd menganut calvin atau menganut arminian tidak mbuat sso diselamatkan alias bukan syarat kselamatan.

Greja aliran karismatik mnganut karunia roh, Greja Injili tidak mnerapkan karunia roh.
Mana yg diselamatkan?
Ya dua-duanya.
Jd ada atau tidak ada karunia roh bukan syarat kselamatan.

Itulah mbedakan mana yg fundamental dan mana yg tidak.


Quote :
anda katakan dlm hal yg kita bahas ini adl ttg adanya keselamatan yg diberikan Tuhan dan itu adlh hal yg fundamental..

Betul.


Quote :
tapi mengenai bgmn cara2, bgmn memperoleh dan menjaga keselamatan yg diberikan, atau bgmn aturan/cara kerja/metode keselamatan itu dimana yg sifat2nya 'penafsiran' dr masing2 Gereja/denom adlh sesuatu yg 'penting' namun bukan ssuatu yg fundamental..?

Bgini bro Nothing,
Spt yg sudah saya tulis sbelumnya, walaupun isi pendekatan calvin beda dg arminian, tetapi intinya sama.

Yg fundamental dari calvin dan arminian adalah SAMA, yaitu bhw seseorang bisa selamat hanya karena Yesus Kristus saja, yaitu jika seseorang percaya, mengaku dan mnerima karya keselamatan Kristus.

Jd FUNDAMENTALnya SAMA.
Orang-orang yg mperdebatkan calvin vs arminian itu kan sesama orang yg SUDAH SELAMAT toh.
Saat bhadapan dg orang yg BELUM SELAMAT, calvin dan arminian akan mbritakan fundamental yg sama, yaitu karya keselamatan Yesus Kristus.

Sama saja intinya Bro.
Sisanya variasi saja yg mrupakan pbedaan pnafsiran.

Saya mngajak kita smua mperhatikan mana yg fundamental dan mana yg pnafsiran.


Quote :
klo gitu tentu tidak ada gunanya donk kita mengimani keyakinan kita berdasrkan ajaran Gereja/denom ttt..?!?

Ada dong gunanya, yaitu utk mperkuat wawasan kita.
Tp saat bhadapan dengan DENOM LAIN, kita perlu mbedakan mana yg fundamental supaya tidak terlalu napsu dalam ptikaian.

Org Calvin mngaku bhw mreka sudah dselamatkan,
Org Arminian mngaku bhw mreka sudah dselamatkan.
Lalu debatnya utk apa?
Pastinya bukan utk 'mengejar keselamatan' mlainkan debat pengetahuan saja.

Bolehkah debat?
Silakan.
Tp ada batasnya.


Quote :
jd cara kerja/cara mendapatkan keselamatan antara Calvin dan Arminian ada bedanya.. klo Calvin cukup dgn iman aj, sedang dlm Arminian dgn iman dan perbuatan..

kok anda bisa mengatakan bhw caranya sama ya bro..?

Mngapa bisa saya katakan sama?
Krn orang Calvin juga ngga akan bbuat semau-maunya / hidup seburuk-buruknya.
Mreka juga akan hidup baik dan brusaha bbuat benar (sama spt rekan arminian).

Bedanya (ini yg variasi non-fundamental):
Org arminian berbuat utk mempertahankan kselamatan, sdgkn org calvin berbuat utk mbuktikan bhw mreka umat pilihan Tuhan.

Sama kan Bro.
Itu namanya mencari kesamaan dalam pbedaan doktrin.

Iman+Perbuatan utk menjaga kselamatan - versi arminian,
Iman+Perbuatan utk mbuktikan bhw sso adalah umat pilihan yg sudah dipilih utk selamat - versi calvin.

Skrg yg mbuat sso selamat itu apa?
Sisi 'iman+perbuatan' ataukah sisi 'pmahaman doktrin umat pilihan'?


Quote :
terlebih jika kita melihat siapa manusia yg 'diproses'/dilibatkan dlm sistem keselamatan tsb..
dlm pred. versi Calvin, cuma manusia2 terpilih aj yg akan dilibatkan, shg muncul pemahaman bhw keselamatan Tuhan/penebusan Yesus hanya utk orang2 terpilih, bukan bagi orang yg ditentukan utk tidak selamat (keselamatan tidak berlaku universal).. dan akan menimbulkan pemahaman bhw manusia2 berdosa (yg ditentukan nda slamet itu) asalnya dr Allah shg dosa jg berasal dr Allah pd hal Allah itu kan Kudus/Suci..

sedang dlm versi Arminian, semua manusia entah itu manusia pilihan atau bukan pilihan tetep dpt berkat keselamatan/penebusan Yesus (keselamatan berlaku universal), hanya tidak semua manusia akan bisa selamat karna tergantung jg freewill manusia itu sendiri..

So?
Implikasinya apa thd keselamatan?
Nyaris tidak ada.

Coba phatikan ya Bro,
Calvinist tidak tau siapa saja yg sudah Tuhan pilih,
Arminian lebih-lebih lagi tidak tau siapa saja yg akan mnerima berita Injil.

Akibatnya?
Dua-duanya akan tetap mnginjili.

Sama saja kan.

Yg beda adalah bagaimana cara mreka mmandang Allah.
Kl calvin mmandang Allah sbg Pribadi yg berdaulat penuh,
Kl arminian mmandang Allah mbri peran kpd manusia utk mmilih.
Kedua pandangan ini punya weakness masing-masing lho.

Anggaplah kita pilih pendekatan arminian, bukankah dg bgitu mreka mngakui bhw Allah 'tidak maha kuasa' krn tidak mampu mbuat sso bertobat?


Quote :
dlm versi Calvin akan (seolah2) terlihat bahwa Tuhan Yesus 'bersalah' krn Dia sendiri yg telah memilih Yudas utk jd salah satu muridNya, dan akan terlihat bhw Tuhan Yesus seolah 'tidak mampu' menyelamatkan murid pilihanNya sendiri..

sedang dlm versi Arminian, akan terlihat bhw Yesus mengangkat Yudas sebagai murid adlh lepas dr apa yg akan dipilih oleh Yudas. Dan dalam ketahuannya, Yesus tetap konsisten, sama seperti bahwa Ia tahu apa yang akan terjadi dalam masa akhir hidupnya, dan Yesus tetap konsisten.

Ya sama saja bro, ada kelemahan dlm 2 pendekatan itu.
Org calvin akan ngatain org arminian bhw Tuhan Yesus dlm sudut pandang arminian tnyata tidak berkuasa mnyelamatkan Yudas.

Mreka akan bkata bgini:
Kl Yudas yg 3,5 tahun bjalan bsama Yesus, yg mnerima urapan dan dpilih langsung olehNya aja ngga selamat, gimana kamu???
Gimana kamu bisa mmastikan bhw nasibmu ga sama spt Yudas jika suatu saat nanti kamu tergelincir dan jatuh?

Dua-duanya ada kelemahan krn hal kselamatan itu sifatnya misteri.


Quote :
sy bingung jg mo kasi tanggapan apa thd pendapat anda diatas ini bro..
klo sy sih baru bisa beriman dan mengenal Tuhan Yesus setelah menerima ajaran/doktrin Gereja bro..
jd prosesnya adlh sy terima dan yakini kebenaran ajaran Gereja, baru setelah itu ajaran2 tsb sy imani,  terapkan dan lakukan, dan walaupun sy tau Tuhan Yesus PASTI akan menyelamatkan sy, tp sy nda tau apakah kelak sy akan selamat atau tidak krn tergantung jg pd perbuatan sy selama hdp ini.

Kok beda ya?
Ini saya juga heran dg pngalaman Bro.

Sebelum Bro pernah ke gereja, apa agama Bro?


Quote :
Nah, klo keyakinan penganut calvin adlh semua yg orang akan beriman sudah ditentukan sendiri ol Tuhan (yg merah), maka yg tidak perlu lg memberitakan Injil kpd semua orang bro, IMO (yg Ungu) jd seolah sia-sia belaka..

Maaf nih bro,
Inilah mispersepsi alias salah tuduhan thd doktrin calvin.

Injil tetap harus diberitakan Bro, krn Tuhan menetapkan utk mjangkau mreka yg terhilang melalui Gereja.
Kembali Ke Atas Go down
nothingman
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1503
Join date : 13.11.12

PostSubyek: Re: Ragam Pengajaran   7th February 2014, 15:06

Husada wrote:
Walaupun kopi dapat memperlihatkan karakter, saya pesan kopi hitam, disajikan sebagai kopi tubruk. Asyik, sambil menunggu lanjutan.

Tolong, campurkan sedikit garam. Mungkin akan begadang, nih.

asal jangan dicampur cukrik ya Oom, nti akibatnya mata mata anda mendelik terus nda bisa merem lg..
hehehehehe  Very Happy roll 
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: Ragam Pengajaran   7th February 2014, 16:25

nothingman wrote:
asal jangan dicampur cukrik ya Oom, nti akibatnya mata mata anda mendelik terus nda bisa merem lg..
hehehehehe  Very Happy roll 
Bah, kelihatannya Nothing sudah jadi agennya Cinzan? Beliau itu, karena produser cukrik, sangat getol mempromosikan cukrik. Lhah, sekarang, meski hanya menyebut cukrik, kayaknya Nothing pingin mempromosikan cukrik juga?
 Very Happy 

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Ragam Pengajaran   7th February 2014, 17:59

Hayooo, nanti yang punya threadnya marah lagi lho.

 Laughing 

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
nothingman
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1503
Join date : 13.11.12

PostSubyek: Re: Ragam Pengajaran   8th February 2014, 17:25

Thanx to bro Siip atas tanggapan yg sudah anda berikan..

siip wrote:

Quote :
sy masih bingung/blum memahami penjelasan anda yg mengatakan bhw suatu ajaran yg sifatnya 'tafsiran' dan itu dianggap 'penting', namun hal itu bukan sesuatu yg fundamental/mendasar bro Siip..

Contoh simple-nya,
Ada greja injili reformed yg sangat kuat berciri calvin, ada greja aliran karismatik yg sangat kuat berciri arminian.
Nah, greja mana yg diselamatkan?
Ya dua-duanya.

Jd menganut calvin atau menganut arminian tidak mbuat sso diselamatkan alias bukan syarat kselamatan.

Greja aliran karismatik mnganut karunia roh, Greja Injili tidak mnerapkan karunia roh.
Mana yg diselamatkan?
Ya dua-duanya.

Jd ada atau tidak ada karunia roh bukan syarat kselamatan.

Itulah mbedakan mana yg fundamental dan mana yg tidak.

jd anda berpandangan bhw semua ajaran yg bersifat 'tafsiran' dianggap penting dan bukan fundamental tidak berpengaruh pd keselamatan..?!

jujur pemikiran anda ini sangat sulit sy mengerti bro..  Sad 
krn dlm pemikiran sy, keselamatan sso adlh sebuah tujuan akhir dr iman kita.. dan cara/syarat kita utk bisa memperoleh/menjaga keselamatan itu ya dr 'tafsiran' ajaran Gereja2 yg dianggap penting itu.. makanya tafsiran ajaran Gereja2 tsb mnrut sy jg bersifat fundamental/mendasar..

Dan jika anda mengangap/meyakini bhw antara ajaran satu Gereja dan Gereja yg lainnya sama2 bisa selamat, bukankah itu artinya iman anda tidak berpijak pd satu tempat bro..?

lalu apa artinya anda beriman hanya melalui ajaran Gereja Karismatik klo anda menyakini melalui ajaran yg lain anda bisa selamat..?

makanya kemudian sy menanyakan ini dlm postingan sblmnya :
nothingman wrote:

klo gitu tentu tidak ada gunanya donk kita mengimani keyakinan kita berdasrkan ajaran Gereja/denom ttt..?!?

dan dijawab spti ini ol anda :
siip wrote:

Ada dong gunanya, yaitu utk mperkuat wawasan kita.
Tp saat bhadapan dengan DENOM LAIN, kita perlu mbedakan mana yg fundamental supaya tidak terlalu napsu dalam ptikaian.

Ok lah utk kebersamaan dan spy tidak memicu pertikaian, kita nda perlu menyinggung/menyalah2kan ajaran lain diluar ajaran yg kita yakini, tp utk internal/scr pribadi sih mnrt sy(IMO), kita nda perlu jg membenarkan ajaran lain.. jd kita hrs yakin pd kebenaran dr ajaran apa sudah yg kita pilih, krn bukan utk memperkuat wawasan aj bro tp jg menyangkut keselamatan kita..
 Laughing 

siip wrote:

Quote :
tapi mengenai bgmn cara2, bgmn memperoleh dan menjaga keselamatan yg diberikan, atau bgmn aturan/cara kerja/metode keselamatan itu dimana yg sifat2nya 'penafsiran' dr masing2 Gereja/denom adlh sesuatu yg 'penting' namun bukan ssuatu yg fundamental..?

Bgini bro Nothing,
Spt yg sudah saya tulis sbelumnya, walaupun isi pendekatan calvin beda dg arminian, tetapi intinya sama.

Yg fundamental dari calvin dan arminian adalah SAMA, yaitu bhw seseorang bisa selamat hanya karena Yesus Kristus saja, yaitu jika seseorang percaya, mengaku dan mnerima karya keselamatan Kristus.

Jd FUNDAMENTALnya SAMA.
Orang-orang yg mperdebatkan calvin vs arminian itu kan sesama orang yg SUDAH SELAMAT toh.
Saat bhadapan dg orang yg BELUM SELAMAT, calvin dan arminian akan mbritakan fundamental yg sama, yaitu karya keselamatan Yesus Kristus.

Sama saja intinya Bro.
Sisanya variasi saja yg mrupakan pbedaan pnafsiran.

Saya mngajak kita smua mperhatikan mana yg fundamental dan mana yg pnafsiran.

Mngapa bisa saya katakan sama?
Krn orang Calvin juga ngga akan bbuat semau-maunya / hidup seburuk-buruknya.
Mreka juga akan hidup baik dan brusaha bbuat benar (sama spt rekan arminian).

Bedanya (ini yg variasi non-fundamental):
Org arminian berbuat utk mempertahankan kselamatan, sdgkn org calvin berbuat utk mbuktikan bhw mreka umat pilihan Tuhan.

Sama kan Bro.
Itu namanya mencari kesamaan dalam pbedaan doktrin.

Iman+Perbuatan utk menjaga kselamatan - versi arminian,
Iman+Perbuatan utk mbuktikan bhw sso adalah umat pilihan yg sudah dipilih utk selamat - versi calvin.

Skrg yg mbuat sso selamat itu apa?
Sisi 'iman+perbuatan' ataukah sisi 'pmahaman doktrin umat pilihan'?

asal jgn sampe menimbulkan kesan klo anda sedang mencari2 kesamaan dr 2 doktrin yg berbeda aj ya bro..

Baiklah, jika emg demikian pandangan anda ttg Calvin dan Arminian, sy akan tetap hargai dan semoga sy dpt memahami pandangan anda tsb..

siip wrote:

Quote :
terlebih jika kita melihat siapa manusia yg 'diproses'/dilibatkan dlm sistem keselamatan tsb..
dlm pred. versi Calvin, cuma manusia2 terpilih aj yg akan dilibatkan, shg muncul pemahaman bhw keselamatan Tuhan/penebusan Yesus hanya utk orang2 terpilih, bukan bagi orang yg ditentukan utk tidak selamat (keselamatan tidak berlaku universal).. dan akan menimbulkan pemahaman bhw manusia2 berdosa (yg ditentukan nda slamet itu) asalnya dr Allah shg dosa jg berasal dr Allah pd hal Allah itu kan Kudus/Suci..

sedang dlm versi Arminian, semua manusia entah itu manusia pilihan atau bukan pilihan tetep dpt berkat keselamatan/penebusan Yesus (keselamatan berlaku universal), hanya tidak semua manusia akan bisa selamat karna tergantung jg freewill manusia itu sendiri..

So?
Implikasinya apa thd keselamatan?
Nyaris tidak ada.

Coba phatikan ya Bro,
Calvinist tidak tau siapa saja yg sudah Tuhan pilih,
Arminian lebih-lebih lagi tidak tau siapa saja yg akan mnerima berita Injil.

Akibatnya?
Dua-duanya akan tetap mnginjili.


Sama saja kan.
Yg beda adalah bagaimana cara mreka mmandang Allah.
Kl calvin mmandang Allah sbg Pribadi yg berdaulat penuh,
Kl arminian mmandang Allah mbri peran kpd manusia utk mmilih.

Kedua pandangan ini punya weakness masing-masing lho.

implikasinya pd keselamatan yg diberikan Tuhan emg tidak ada bro.. tp ada akibatnya jika keliru dlm menafsirkan cara mendapatkan keselamatan tsb.. makanya ada bermacam2 ajaran spt 'Sekali slamet tetep slamet' (OSAS), ada ajaran cukup dgn iman aj, ada yg hrus dgn perbuatan, ada ajaran limited dan unlimited atonement, dsb.. dan bisa jd dlm penerapan ajaran2 tsb muncul banyak kekeliruan diantara umatnya..

Ok, kita anggep aj semua ajaran2 tsb adlh benar, yg salah adalah umatnya dlm memahami dan menerapkannya ya bro..
hehehe  Laughing 

siip wrote:

Quote :
sy bingung jg mo kasi tanggapan apa thd pendapat anda diatas ini bro..
klo sy sih baru bisa beriman dan mengenal Tuhan Yesus setelah menerima ajaran/doktrin Gereja bro..
jd prosesnya adlh sy terima dan yakini kebenaran ajaran Gereja, baru setelah itu ajaran2 tsb sy imani,  terapkan dan lakukan, dan walaupun sy tau Tuhan Yesus PASTI akan menyelamatkan sy, tp sy nda tau apakah kelak sy akan selamat atau tidak krn tergantung jg pd perbuatan sy selama hdp ini.

Kok beda ya?
Ini saya juga heran dg pngalaman Bro.

Sebelum Bro pernah ke gereja, apa agama Bro?
beda dgn apa/siapa bro..?

walau sy masih kurang paham dgn maksud pertanyaan bro Siip diatas, akan coba sy jawab..
krn sy dibabtis scr Katolik sewaktu masih bayi ol Ortu, jd sejak itu di Kartu Keluarga tertera agama sy adlh Katolik..

siip wrote:

Quote :
Nah, klo keyakinan penganut calvin adlh semua yg orang akan beriman sudah ditentukan sendiri ol Tuhan (yg merah), maka yg tidak perlu lg memberitakan Injil kpd semua orang bro, IMO (yg Ungu) jd seolah sia-sia belaka..

Maaf nih bro,
Inilah mispersepsi alias salah tuduhan thd doktrin calvin.

Injil tetap harus diberitakan Bro, krn Tuhan menetapkan utk mjangkau mreka yg terhilang melalui Gereja.
baik, mungkin emg sy keliru dlm memahami doktrin Calvinism.. krn sebenarnya sy jg kurang memahami baik ajaran Calvin maupun Arminian bro, bahkan utk ajaran Katolik yg sy imani pun pemahaman sy masih cetek abiis.. semua pendapat yg sy berikan itu cm berdasar kemampuan logika sy pribadi, jd bisa aj ada kekeliruan/kesalahan dan tidak sesuai dgn ajaran Katolik yg sebenarnya..

makanya sy mohon agar bro Siip dan rekan2 yg lain spt bro Bruce, bro Cinz, dan bro Husada ikut meluruskan/mengkoreksi jika ada kekeliruan/kesalahan dlm pendapat/pandangan sy..

Syalom,  peace
Kembali Ke Atas Go down
siip
Perwira Pertama
Perwira Pertama


Jumlah posting : 630
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Ragam Pengajaran   12th February 2014, 13:00

Quote :
jd anda berpandangan bhw semua ajaran yg bersifat 'tafsiran' dianggap penting dan bukan fundamental tidak berpengaruh pd keselamatan..?!

jujur pemikiran anda ini sangat sulit sy mengerti bro..  [You must be registered and logged in to see this image.] 
krn dlm pemikiran sy, keselamatan sso adlh sebuah tujuan akhir dr iman kita.. dan cara/syarat kita utk bisa memperoleh/menjaga keselamatan itu ya dr 'tafsiran' ajaran Gereja2 yg dianggap penting itu.. makanya tafsiran ajaran Gereja2 tsb mnrut sy jg bersifat fundamental/mendasar..

Dan jika anda mengangap/meyakini bhw antara ajaran satu Gereja dan Gereja yg lainnya sama2 bisa selamat, bukankah itu artinya iman anda tidak berpijak pd satu tempat bro..?

lalu apa artinya anda beriman hanya melalui ajaran Gereja Karismatik klo anda menyakini melalui ajaran yg lain anda bisa selamat..?


It's okay Bro.
Kita punya cara pmikiran yg bbeda.
Saya telah brusaha mpelajari bragam doktrin gereja dan mnemukan bhw ada gereja ttentu yg mbrikan pnekanan berlebihan pd suatu aspek yg sbetulnya bukan syarat kselamatan.

Misalnya,
Ada gereja yg mnekankan harus mjauhi makanan haram dan mmlihara sabat supaya 'tetap selamat'.
Ada gereja yg mnekankan harus ikut doktrin pendetanya tentang media-media ksembuhan supaya 'terjamin selamat'.
Ada gereja yg mnekankan harus mngakui otoritas dari si pemimpinnya sbg 'tanda bhw mreka yang diselamatkan'.
Ada gereja yg mnekankan harus bahasa roh supaya 'selamat'.
Mana yg benar?

Tentu saja si penganut gereja tsb akan myakini bhw ajaran gerejanya itulah yg paling benar.

Namun jika saya lihat lagi ke Alkitab, yg paling fundamental adl percaya dan mengaku bhw Yesus Kristus adalah Tuhan serta mjalani hidup sesuai iman dasarnya itu, maka dia PASTI selamat (ngga pake embel-embel haram-ga haram, sabat-ga sabat, bahasa roh, atau media ttentu atau apalah lainnya).

Tp ini pendapat saya.
Jika ada pbedaan pendapat, ya ndak apa Bro.
Kita tutup saja soal ini ya.


Quote :
asal jgn sampe menimbulkan kesan klo anda sedang mencari2 kesamaan dr 2 doktrin yg berbeda aj ya bro..



Saya brusaha menilai doktrin bdsk Alkitab.


Misalnya nih,
Katolik Roma mbuka diri pd praktek pengakuan dosa pd Imam dan pengampunan dosa melalui Imam, smentara Protestan menolaknya.


Apakah krn saya Protestan-Karismatik maka saya kudu menolak praktek Katolik Roma itu?
Ngga lah.
Saya cari itu di Alkitab dan ternyata di Alkitab ada dasar tertulisnya.
Maka saya akan nyatakan apa adanya bhw praktek tsb ada dasarnya, meskipun saya pribadi tidak mlakukannya dan tidak mrasa harus mlakukannya.

-----------


Bgmn dg doktrin Calvin vs doktrin Arminian?
Itu debat ga ada abis-abisnya.


Maka saya liat di Alkitab.
Tnyata bagian-bagian dari doktrin Calvin dan Arminian itu sama-sama ada di Alkitab, maka saya katakan kpd org Calvin bhw mreka ada benarnya tetapi tidak semuanya; bgitu juga kpd org Arminian bhw mreka ada benarnya tetapi tidak semuanya.


Kl yg jelas-jelas salah misalnya ada yg myakini bhw Yesus Kristus itu ciptaan ya dibantah saja sebisanya (ga usah dibenar-benarkan).


Quote :
implikasinya pd keselamatan yg diberikan Tuhan emg tidak ada bro.. tp ada akibatnya jika keliru dlm menafsirkan cara mendapatkan keselamatan tsb.. makanya ada bermacam2 ajaran spt 'Sekali slamet tetep slamet' (OSAS), ada ajaran cukup dgn iman aj, ada yg hrus dgn perbuatan, ada ajaran limited dan unlimited atonement, dsb.. dan bisa jd dlm penerapan ajaran2 tsb muncul banyak kekeliruan diantara umatnya.



Yg keliru itu yg kita koreksi.


Kl sampe ada org yg mentang-mentang OSAS lagi hidup semaunya, maka prilaku hidup semaunya yg kita koreksi.'
Krn doktrin OSAS tidak mngajarkan utk hidup semaunya (please note bhw saya bukan Calvinist ya...).


Quote :
krn sy dibabtis scr Katolik sewaktu masih bayi ol Ortu, jd sejak itu di Kartu Keluarga tertera agama sy adlh Katolik.



Ya, itu juga dugaan saya...

Ya sudahlah kita skip saja ini ya.

Saya belum sampai crita lho pendapat saya soal keselamatan ini...hehehe
Kembali Ke Atas Go down
siip
Perwira Pertama
Perwira Pertama


Jumlah posting : 630
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Ragam Pengajaran   12th February 2014, 13:01

bruce wrote:
Hayooo, nanti yang punya threadnya marah lagi lho.

 Laughing 

Ngga apa bro...
Itung-itung nunda-nunda waktu.

Soalnya lg sibux nehh
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: Ragam Pengajaran   17th February 2014, 13:10

Tersukan, teruskan.

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
siip
Perwira Pertama
Perwira Pertama


Jumlah posting : 630
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Ragam Pengajaran   19th February 2014, 13:31

sabar brooo, lg ada audit nehhh
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Ragam Pengajaran   19th February 2014, 13:55

siip wrote:
sabar brooo, lg ada audit nehhh

Semoga bukan diaudit KPK ya om....

 Sad 

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: Ragam Pengajaran   19th February 2014, 16:46

siip wrote:
sabar brooo, lg ada audit nehhh
Lhoh, emang waktu Siip tersita? Ada apa dengan pekerjaan Siip? Neutral 

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content




PostSubyek: Re: Ragam Pengajaran   Today at 17:28

Kembali Ke Atas Go down
 
Ragam Pengajaran
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 11 dari 12Pilih halaman : Previous  1, 2, 3 ... , 10, 11, 12  Next
 Similar topics
-
» Gambar2 ngeri sebagai peringatan/pengajaran

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Ladang Tuhan Baru :: Ruang Antar Kristen (Khusus Penganut Kristen Trinitarian) :: Alkitab-
Navigasi: