Ladang Tuhan Baru
Selamat datang kepada sesama saudara Kristen dan saudara lain iman. Mari kita saling kenal dalam suasana bersahabat.

Ladang Tuhan Baru

Forum Komunitas Kristen
 
IndeksIndeks  PencarianPencarian  PendaftaranPendaftaran  LoginLogin  

Share | 
 

 Malaikat malaikat

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Malaikat malaikat   14th February 2011, 16:47

Ada yang tahu siapa saja malaikat (dalam Kristen)?

konon Tujuh Malaikat yang diberikan tujuh sangkakala itu adalah :
Uriel, Rafael, Mikael, Gabriel, Raquel, Sariel dan Remiel

perhatikan semau berakhiran dengan El, singkatan dari Elohim yang berarti Allah/Tuhan

dari Haydock’s Commentary tentang Tob 12:15:
“Kita mengetahui nama- nama Mikael dan Gabriel. Nama lainnya adalah apokrif, seperti, Uriel, Saltiel, Jeadriel, Barachiel, ada tujuh. Jumlah ini secara jelas disebutkan oleh Rasul Yohanes dalam Wahyu 1:4. Perayaan misa untuk menghormati mereka disetujui oleh Paus Pius IV. Nampaknya, ketujuh orang diakon di Gereja Roma dan Yerusalem ditentukan untuk mengikuti jumlah mereka [seperti halnya] para raja, Assuerus mempunyai tujuh pejabat tinggi, Est 1:10. (Calmet)….”


Dan jika diklasifikasikan menurut tugasnya, maka malaikat terbagi menjadi :

Menurut St. Thomas Aquinas, keempat tingkatan malaikat yang pertama merupakan tingkatan malaikat yang tidak diutus untuk menyampaikan pesan Allah, sedangkan kelima tingkat sesudahnya memiliki tugas untuk diutus ke luar /external ministry (lih. ST. I, q. 112, a.4). Ia mengutip St. Gregorius (Hom. xxxiv in Evang) dan Dionysius (Coel. Hier. xiii) yang mengatakan, “the higher ranks [of angels] fulfil no exterior service.” (Malaikat yang ada di tingkat yang lebih tinggi tidak menjalankan pelayanan keluar). Sehingga tugas para malaikat menurut tingkatannya, menurut St. Thomas Aquinas adalah:

1. Seraphim/ Serafim berasal dari kata Ibrani, saraph, artinya “untuk menghanguskan dengan api”. Para Bapa Gereja mengajarkan bahwa Serafim adalah para malaikat surgawi yang ada di sekitar tahta pengadilan Tuhan. Serafim ini sering dihubungkan dengan kelompok malaikat yang memuji- muji Allah dengan kidung surgawi di sekitar tahta Allah.

2. Cherubim/ Kerubim, berasal dari kata Assyria, kirubu, karabu, artinya “dekat”, maka diartikan sebagai malaikat yang dekat dengan Allah, yang ada di sekitar kemuliaan Tuhan, dan melayani Tuhan. Dengan demikian baik Serafim maupun Cherubim keduanya menempati hirarki tertinggi dalam tingkatan malaikat di surga.

3. Thrones/ Singgasana/ Tahta suci, tidak disebutkan secara khusus, namun dari namanya, dapat diperkirakan bahwa para malaikat pada tingkatan ini juga yang ada di daerah sekitar tahta Allah.

4. Dominations/ Pemerintah, (bersama dengan ketiga tingkatan malaikat di atasnya) membimbing para malaikat di bawahnya tentang misteri Allah (St. Thomas Aquinas, Summa Theology, I, q.112, a.3)

5. Virtues/ Kebajikan: para malaikat yang menjaga/ melindungi semua mahluk ciptaan corporeal; Virtues bertugas melakukan mukjizat dalam dunia material/ corporeal (ST, I, q.113, a.2).

6. Powers/ para malaikat yang bertugas mengatasi kuasa jahat/ demons (ST, I, q.113, a.2).

7. Principalities/ Kerajaan bertugas untuk menjaga semua jiwa- jiwa yang baik (ST, I, q.113, a.3).

8. Archangels/ penghulu malaikat dan angels/ malaikat (dan kemungkinan juga Principalities/ Kerajaan) bertugas untuk melindungi manusia (ST, I, q.113, a.3 dan 4). Hal ini disebutkan dalam Mazmur 90:11. Menurut St. Thomas para malaikat inilah yang sering disebut sebagai malaikat pelindung manusia.


Kembali Ke Atas Go down
striker
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1393
Join date : 03.02.11

PostSubyek: Re: Malaikat malaikat   6th March 2011, 20:40

Mas bro, boleh bertanya?

kalau malaikat yg membagi Rejeki, dan malaikat yg mencabut nyawa manusia?
Kembali Ke Atas Go down
 
Malaikat malaikat
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Ladang Tuhan Baru :: Ruang Antar Kristen (Khusus Penganut Kristen Trinitarian) :: Alkitab-
Navigasi: