Ladang Tuhan Baru
Selamat datang kepada sesama saudara Kristen dan saudara lain iman. Mari kita saling kenal dalam suasana bersahabat.

Ladang Tuhan Baru

Forum Komunitas Kristen
 
IndeksIndeks  PencarianPencarian  PendaftaranPendaftaran  LoginLogin  

Share | 
 

 Permasalahan ayat silsilah Jesus dalam bible kristian 2

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
Pilih halaman : 1, 2  Next
PengirimMessage
erusi7
Bintara
Bintara


Jumlah posting : 89
Join date : 11.03.12

PostSubyek: Permasalahan ayat silsilah Jesus dalam bible kristian 2   14th March 2012, 21:21

Saya membuat thread baru bagi membincangkan permasalahan catatan silsilah Jesus khususnya melibatkan ayat Lukas 3:33 dan Matius 1:4 ini memandangkan thread yang asalnya telah pun dilock pada hal penyelesaian bagi permasalahan ini masih belum ditemukan. Justeru sekali lagi saya postkan permasalahan tersebut di bawah.

Kesalahan dalam silsilah Jesus yang dicatatkan oleh dua orang penulis bible iaitu Matius dan Lukas. Ambil silsilah yang bermula daripada Abraham.

anak Isai, anak Obed, anak Boas, anak Salmon, anak Nahason, (Lukas 3:32)

anak Aminadab, anak Admin, anak Arni, anak Hezron, anak Peres, anak Yehuda, (Lukas 3:33)

anak Yakub, anak Ishak, anak Abraham (Lukas 3:34)

Maka menurut Lukas adalah
1. Abraham
2. Ishak
3. Yakub
4. Yehuda
5. Peres
6. Hezron
7. Arni
8. Admin
9. Aminabad
10. Nahason

Menurut Matius pula adalah

Abraham memperanakkan Ishak, Ishak memperanakkan Yakub, Yakub memperanakkan Yehuda dan saudara-saudaranya, (Matius 1:2)

Yehuda memperanakkan Peres dan Zerah dari Tamar, Peres memperanakkan Hezron, Hezron memperanakkan Ram, (Matius 1:3)

Ram memperanakkan Aminadab, Aminadab memperanakkan Nahason, Nahason memperanakkan Salmon, (Matius 1:4)

1. Abraham
2. Ishak
3. Yakub
4. Yehuda
5. Peres
6. Hezron
7. Ram
8. Aminabad
9. Nahason
10. Salmon

Lihat antara Hezron dengan Aminabad. Lukas menceritakan terdapatnya dua generasi antaranya iaitu Arni dan Admin. Matius pula menceritakan antaranya hanya terdapat satu generasi iaitu Ram. Ini merupakan kesalahan yang fatal kerana jika Matius menceritakan bilangan generasi yang sama dengan bilangan generasi dalam Lukas, walaupun namanya adalah berlainan, maka bolehlah dibuat andaian bahawa ianya tetap orang yang sama. Tetapi bilangan generasi yang berlainan ini menceritakan bahawa sememangnya ia adalah orang yang berlainan.
Ini menyebabkan jika menurut Lukas, Aminabad adalah generasi ke 9, Nahason adalah generasi ke 10 dan Salmon adalah generasi ke 11.
Manakala jika menurut Matius, Aminabad adalah generasi ke 8, Nahason adalah generasi ke 9 dan Salmon adalah generasi ke 10.

Catatan silsilah manakah yang benar? Tanpa Admin atau dengan adanya Admin? Sila perjelaskan dengan bukti yang pasti


Terakhir diubah oleh erusi7 tanggal 14th March 2012, 21:43, total 1 kali diubah
Kembali Ke Atas Go down
erusi7
Bintara
Bintara


Jumlah posting : 89
Join date : 11.03.12

PostSubyek: Re: Permasalahan ayat silsilah Jesus dalam bible kristian 2   14th March 2012, 21:40

Saya juga mempostkan kembali tulisan sanggahan saya terhadap tulisan yang dikutip oleh Lee King Kong bagi menjawab permasalahan silsilah Jesus ini. Ini kerana saya mengharapkan Lee King Kong akan memberikan komentar balas beliau berkenaan dengan sanggahan saya terhadap tulisan yang telah beliau kutip yang digunaan bagi menjawab permasalahan silsilah Jesus ini. Saya juga mengalu-alukan mana-mana individu kristian untuk memberikan komentar seterusnya berkenaan dengan tulisan sanggahan saya itu atau pun berkenaan dengan prmasalahan silsilah Jesus ini khususnya bagi ayat Lukas 3:33 dan Matius 1:4 yang telah saya kemukakan.

Tulisan sanggahan saya terhadap tulisan yang dikutip oleh Lee King Kong adalah seperti di bawah.

Bahagian 1:-

Saya ingin berterima kasih kepada Lee King Kong kerana kesanggupan beiau untuk memberikan penjelasannya atas persoalan yang saya kemukakan ini. Namun begitu maaf, jika saya katakan bahawa Lee King Kong ini sebenarnya tidak meneliti bible kristiannya dengan baik. Saya perjelaskan, kenapa saya beranggapan sedemikian. Mungkin selepas ini beliau boleh terus memberi komentar atas komentar saya yang menyebabkan saya beranggapan beliau sedemikian rupa. Terlebih dahulu kita meneliti jawapan beliau di bawah.

Lee King Kong wrote:

Tulisan ini aku ambil dari :
LINK
Mengapa Lukas mencatat silsilah Hezron, Arni, Admin, Aminadab
sementara Matius tidak?
(Lukas 3:32-34 dan Matius 1:2-4)
Dalam penyusunan silsilah, Matius tidak selalu mengikuti aturan dari ayah menuju ke anak tertua, melainkan mengikuti garis keturunan yang diberkati/mulia dalam struktur keluarga, dimana hal tersebut sangat umum dalam tradisi Yahudi purba, yakni terdapat satu orang anak yang diberkati oleh orangtuanya sehingga mewarisi kemuliaan ayahnya.

Matius juga tidak mencantumkan keturunan yang terlebih dahulu meninggal sebelum ayahnya,
disamping itu Matius terkadang tidak perlu menuliskan keturunan yang dianggapnya jahat – menurut penekanannya sendiri, mengingat dalam Kitab yang lain- yang ditulis oleh nabi2 lainnya- hal tersebut sudah tertulis dengan jelas, berbeda dengan Lukas yang tetap menuliskannya dengan rinci.
Mengapa demikian? Karena perspektif Matius ingin memudahkan ingatan pembacanya melalui pembagian 3 generasi (Matius 1: 17):
- Abraham s/d Daud dibagi dalam 14 generasi
- Daud s/d pembuangan Babylon dalam 14 generasi
- Dari pembuangan Babylon s/d YESUS dalam 14 generasi
Jika anda teliti tulisannya, Matius menggunakan kata 'begat' / memperanakkan, yang berarti orang diatasnya bukanlah selalu yang melahirkan langsung dalam suatu garis keturunan (lineage). Kata “begat” - To cause to exist, to generate, sire, archaic : male ancestor - berkonotasi "progenitor", sesuatu yang menekankan asal-usul, cikal-bakal, nenek-moyang, garis keturunan mulia/luhur dari seseorang (terutama seorang laki-laki).
LINK
Bandingkan metode yang dipakai Lukas yang menggunakan frasa "son of…..".
Contoh yang bisa kita ambil, misalnya, Hasyim Asy'ari memperanakkan Abdurrachman Wachid.
Frasa ini bukanlah suatu kesalahan, meskipun ayah Abdurrachman Wachid adalah Wachid Hasyim.
Atau contoh lain : Samuel Prescott Bush begat President George W Bush, meskipun Samuel P Bush sebenarnya adalah kakek buyut George W Bush.
Kata 'memperanakkan' itu sendiri sebenarnya kurang tepat sebagai terjemahan dalam bahasa Indonesia, karena memang bahasa kita belum memiliki padanan atas hal tsb. Mungkin lebih cocok dengan makna yg sebenarnya apabila digunakan terjemahan sebagai 'keturunan'.
Matius tidak menulis silsilah dari Abraham hingga ke Adam, karena penekanannya adalah terhadap orang2 Yahudi, yang dianggap mengetahui silsilah tersebut melalui Kitab Perjanjian Lama, sementara Lukas menulis lengkap silsilah hingga Adam, karena penekanan Lukas adalah pengkhabaran pada kaum Gentile, sehingga perlu ditulis lengkap.
Hal-hal yang saya sebutkan diatas menjadikan seolah-olah silsilah keturunan yang ditulis Matius "melompat" dibandingkan apa yang ditulis Lukas.
LINK

Lihat pada pernyataan beliau iaitu "Mengapa Lukas mencatat silsilah Hezron, Arni, Admin, Aminadab
sementara Matius tidak?
(Lukas 3:32-34 dan Matius 1:2-4)"


Maaf jika saya katakan bahawa daripada pernyataan beliau di atas sudah membuktika bahawa beliau tidak meneliti bible kristiannya dengan baik. Saya perjelaskan. Apakah beliau tidak tahu bahawa Lukas juga mencatatkan pernyataan yang sama seperti juga dengan Matius iaitu di antara Hezron hingga Aminadab, Lukas juga tidak mencatatkan generasi Admin?? apakah beliau tidak mengetahui perkara ini??
Sebenarnya jika beliau membaca apa yang dituliskan oleh bruce pada posting 9th December iaitu posting no 3 di halaman 1 (Rujuk thread "Kesalahan ayat silsilah Jesus dalam bible kristian" yang telah dilock), maka sudah tentu beliau sudah menyedari bahawa apa yang dituliskan oleh Matius bagi generasi di antara Hezron hingga Aminadab ini adalah menyamai apa yang dituliskan oleh Lukas. Lihat semula tulisan oleh bruce itu iaitu

Lk 3:33 Which was the son of Aminadab, which was the son of Aram, which was the son of Esrom, which was the son of Phares, which was the son of Juda,

Lihat dengan teliti, dalam Luke 3:33 itu, silsilahnya adalah Esrom, Aram (@Arni) dan Aminadab.

Justeru lihat semula apa yang dituliskan oleh Lee King Kong iaitu "Matius tidak selalu mengikuti aturan dari ayah menuju ke anak tertua". Apakah beliau beranggapan aturan Matius tidak sama dengan aturan Lukas bagi generasi Hezron hingga Aminadab ini? Jika catatan Lukas dan Matius itu saling sama, maka kenapa dikatakan aturan Matius dan Lukas adalah tidak sama bagi generasi ini?? Di sinilah sebabnya saya mengatakan Lee King Kong ini tidak meneliti bible kristiannya dengan baik, kerana beliau tidak mengetahui bahawa dalam versi bible tertentu, catatan Lukas 3:33 itu adalah menyamai catatan Matius 1:4.

Yes, di sinilah permasalahannya iaitu di dalam sesuatu versi bible seperti NKJV catatan Lukas 3:33 adalah menyamai Matius 1:4, tetapi di daam sesuatu versi bible seperti Alkitab Terjemahan Baru daripada LAI catatan Lukas 3:33 itu tidak menyamai Matius 1:4. Justeru yang mana satu catatan Lukas 3:33 yang betul? Yang mencatatkan generasi Admin atau yang tidak mencatatkan generasi Admin???

Justeru ada sesiapa individu kristian yang menganggap Lukas 3:33 menyamai Matius 1:4? Makanya dia berkeadaan menafikan bible yang mencatatkan Lukas 3:33 yang tidak menyamai Matius 1:4 itu. Begitu juga sebaliknya iaitu mana-mana individu kristian yang menganggap Lukas 3:33 tidak menyamai Matius 1:4, then dia hanya berkeadaan menafikan bible yang mencatatkan Lukas 3:33 yang menyamai Matius 1:4 itu.

Lee King Kong wrote:


Baiklah, kita periksa tulisan Matius tentang gap silsilah seperti disebut diatas :
1. Dalam silsilah Matius 1:2, Yakub beranakkan Yehuda, mengapa Yehuda yang disebut?
Padahal Yehuda adalah anak ke-4 Yakub. Karena Yehuda adalah anak yang diberkati Yakub seperti tertulis dalam Kejadian 49:8-10. Ruben tidak ditulis karena dia berbohong dan lancang menaiki kesucian tempat tidur ayahnya (Kejadian 49:4), Simeon dan Lewi juga tidak ditulis karena kebrutalan dan sifat amarahnya (Kejadian 49:5-7)
2. Admin – keturunan dari Aram/Arni (Arni adalah Varian Yunani yang sama artinya dengan Ram) . Dalam Matius 1:3 – Ram – Amminadab (Bandingkan silsilah ini dalam Rut 4:19-20 dan I Tawarikh 2:10), Sementara Lukas 3:33 menulis lengkap Ram – Admin – Amminadab.
Terdapat codex/manuscript yg tidak mencatat nama Admin sebelum Amminadab. Codex yg tidak mencantumkan nama Admin adalah Codex Bezae Cantabrigiensis pada abad ke-6.


Lihat dengan teliti, apabla beliau beranggapan bahawa "Sementara Lukas 3:33 menulis lengkap Ram – Admin – Amminadab." , maka di sinilah terlihat bahawa beliau tidak tahu bahawa dalam versi bible tertentu Lukas juga menuliskan silsilah Ram - Aminadab, iaitu tanpa generasi Admin seperti mana yang dituliskan oleh Matius. Justeru tidak wujud pemahaman bahawa Matius menuliskan silsilah dengan tidak lengkap manakala Lukas pula menuliskan silsilah dengan lengkap jika apa yang dituliskan oleh Matius itu adalah juga menyamai apa yang dituliskan oleh Lukas iaitu silsilahnya adalah Ram - Aminadab.

Sebenarnya tulisan yang dikutip oleh Lee King Kong adalah daripada jawapan yang telah diberikan oleh Zelot pada tahun 2008 dan jawapannya itu sudah lama saya berikan sanggahan. Disebabkan kurang meneliti bible kristian menyebabkan Zelot beranggapan bahawa catatan Matius 1:4 tidak menyamai catatan Lukas 3:33. Namun jika beliau mengkaji bible kristian dengan lebih baik, maka sudah tentu beliau menemukan catatan Lukas 3:33 yang menyamai Matius 1:4. Jika beliau menemukan catatan Lukas 3:33 menyamai Matius 1:4, then dalam persoalan yang saya kemukakan ini, maka tiada reason untuk beliau beranggapan Matius tidak mencatatkan silsilah dengan lengkap, manakala Lukas pula mencatatkan silsilah yang lengkap. Ini kerana bible kristian itu sendiri yang membuktikan bahawa bagi generasi daripada Hezron hingga Aminadab, aturan Matius adalah sama dengan aturan Lukas.

Sememangnya saya banyak mengemukakan persoalan ini di dalam forum kristian, namun tiada satupun jawapan yang diberikan itu dapat menutup segala persoalan yang saya kemukakan kerana jawapan-jawapan yang diberikan hanyalah berkeadaan menafikan sesuatu catatan di dalam bible itu demi untuk membenarkan suatu catatan yang lain. Contohnya seperti jawapan oleh Zelot ini yang mana dia akhirnya terpaksa menafikan catatan Lukas 3:33 yang menyamai Matius 1:4 untuk beliau mengatakan tanggapan beliau bahawa Lukas menuliskan silsilah dengan lengkap, manakala Matius tidak menuliskan silsilah dengan lengkap. Jawapan-jawapan yang seperti ini sememangnya mudah untuk disanggah kerana sifatnya yang menafikan sesetengah catatan bible itu sendiri.

Persoalan di sini adalah kenapa sesetengah individu kristian hanya terus mengutip sesuatu jawapan daripada individu kristian yang lain tanpa menyelidiki apakah jawapan tersebut selaras dengan catatan bible atau sebaliknya?? Seharusnya buat kajian terlebih dahulu, bukannya terus ambil. Itu kaedah mempercayai secara membuta tuli namanya.

Sekian.

Saya terus menunggu jika ada mana-mana individu kristian yang ingin terus memberikan jawapan atas persoalan yang saya kemukakan ini.

Bahagian ke 2

Sementara saya masih menunggu sebarang komentar balas daripada mana-mana individu kristian berkenaan dengan sanggahan saya terhadap tulisan yang dikutip oleh Lee King Kong, makanya saya merasakan ada baiknya saya meneruskan komentar dan sanggahan saya berkenaan dengan tulisan seterusnya yang dikutip oleh Lee King Kong. Lihat tulisan beliau di bawah.

Lee King Kong wrote:


Empat Wanita dalam Silsilah Yesus (kristenberea)
Empat Wanita dalam Silsilah Yesus Dipublikasi Artikel blog by kristenberea Sebelum membahas 4 wanita dalam silsilah Yesus menurut Injil Matius, terlebih dahulu saya perlu mengklasifikasi tentang "perbedaan" silsilah Yesus menurut Matius dan Lukas yang ada di Pasar Klewer ini ( kemuskilan dalam silsilah Yesus [10] ) 1). Injil Matius ditujukan untuk orang Yahudi dan ditulis berdasarkan garis keturunan Yusuf, ayah Yesus menurut hukum (bukan biologis). Sedangkan Lukas membuat silsilah Yesus berdasarkan garis keturunan Maria. Menurut tradisi Yahudi nama seorang wanita tidak boleh dimasukkan dalam urutan silsilah maka yang dimasukkan adalah nama Yusuf, suaminya. 2). Karena ditujukan untuk orang Yahudi, maka Matius menggunakan silsilah yang resmi, jadi lebih teliti, sedangkan Lukas menggunakan silsilah Yesus dengan tujuan untuk menyampaikan pesan kepada pembacanya tentang asal usul Yesus. Lukas menggunakan silsilah "menurut anggapan orang" sehingga kurang valid. Dalam hal ini tidak mengurangi kemurnian Alkitab karena Lukas sekedar melaporkan fakta yang ada di masyarakat pada waktu itu. 3.) Kata "anak dari" berasal dari bahasa Yunani "huios" yang dapat diartikan sebagai anak dari, suku keturunan, ahli waris, pengikut, dan sebagainya. Jadi kalau Lukas menyebutkan silsilah dengan frasa Yesus anak A, anak B, anak C dst itu artinya bahwa Yesus berasal dari keturunan A, keturunan B, dst. A tidak harus anak kandung dari B, dan B anak kandung dari C, dst. Bisa saja B adalah cucu dari C. Hal ini berbeda dengan Matius yang menggunakan frase A memperanakkan B, B memperanakkan C, dst. Dengan demikian sangat dimungkinkan urutan silsilah Yesus menurut Matius berbeda dengan menurut Lukas. Nah, sekarang mari kita membahas hal yang sangat menarik dalam silsilah Yesus menurut Matius. Di sana terdapat 5 nama perempuan, namun yang akan dibahas hanya 4 saja, yaitu Tamar, Rahab, Rut, dan Bat-syeba. Menyantumkan nama wanita dalam silsilah adalah tidak lazim dalam tradisi Yahudi, jadi kalau Matius mencantumkannya pasti ada maksud yang istimewa. Hal yang menarik tentang keempat wanita di atas adalah : 1. Tiga di antara empat wanita tadi statusnya janda ketika dinikahi oleh orang yang tercamtum dalam silsilah Yesus. Mereka adalah Tamar, Rut, dan Batsyeba. Seorang janda di dalam Alkitab digambarkan sebagai seorang yang lemah dan mempunyai aib, sehingga memerlukan perlindungan, pertolongan, dan belas kasihan. 2. Tiga dari empat wanita ( Tamar, Rahab, Bat-syeba) pernah melakukan dosa perzinahan. Tamar berzinah dengan Yehuda, Bat-syeba berzibah dengan Daud, dan Rahab dikenal sebagai wanita sundal. Pertanyaannya adalah mengapa nama-nama mereka (yang oleh masyarakat dikategorikan sebagai orang-orang yang terpinggirkan) dimasukkan dalam silsilah Yesus yang adalah Mesias? Apakah hal itu tidak "memalukan" dan "mencemarkan" nama Yesus? Dalam hal ini kita dapat belajar bahwa : Rencana keselamatan melalui Yesus adalah benar-benar berasal dari Allah bukan karangan manusia. Kalau berasal dari manusia, sudah tentu nama-nama keempat wanita tadi tidak akan dicantunkam karena sudah menjadi watak manusia untuk menyembunyikan hal-hal yang negatif pada dirinya sendiri atau pada orang yang dipujanya. Dalam karya keselamatan-Nya, Allah bisa memakai manusia dari latar belakang apa saja, termasuk dari kalangan yang tidak berharga menurut ukuran manusia. Jadi jangan minder dan rendah diri dengan keadaan Anda, dan juga jangan merendahkan orang lain. Sejelek-jeleknya seseorang, Allah bisa memakai orang itu untuk karya-Nya yang agung. Rencana keselamatan Allah tidak bisa dibatasi oleh kelemahan, kekurangan, dosa, maupun kejahatan seseorang. Kasih karunia Allah jauh lebih besar dari pada kelemahan dan dosa kita. Akhirnya, apapun keadaan kita, kalau kita dipilih Allah untuk mewujudkan rencana-Nya, maka rencana Allah pasti terwujud melalui kita. Marilah kita serahkan diri kita pada kedaulatan Allah, biarlah Dia bertindak sesuai dengan rencana-Nya yang agung dalam hidup kita meskipun kita belum tahu rencana-Nya dalam hidup kita. [10]


Bagi saya tulisan ini adalah juga tulisan yang terhasil disebabkan tiada mengkaji bible kristian itu. Ini kerana tulisan ini jelas berada dalam keadaan menafikan apa yang tercatat di dalam bible itu sendiri demi untuk membenarkan catatan lain di dalam bible berkenaan. Saya akan perjelaskan di sini.

Di dalam persoalan yang saya kemukakan adalah saya hanya mengkhususkan perbezaan catatan Lukas dan Matius hanya pada generasi di antara Hezron hingga ke Aminadab, yang mana Lukas 3:33 menyebutkan terdapatnya generasi Admin, manakala Matius 2:4 tidak menyebutkan generasi Admin. Dalam masa yang sama jika individu-individu kristian ini benar-benar mendalami bible mereka, makanya mereka akan menyedari terdapat juga bible versi tertentu seperti versi NKJV yang mencatatkan Lukas 3:33 yang menyamai Matius 1:4 yang mana kedua-duanya tidak menyebutkan generasi Admin. Justeru kita menemukan 2 versi Lukas 3:33 yang mana satu versi menyamai Matius 1:4 manakala satu versi lagi tidak menyamai Matius 1:4.

Sekarang lihat pula apa yang dituliskan oleh tulisan yang dikutip oleh Lee King Kong.

Lee King Kong wrote:

Injil Matius ditujukan untuk orang Yahudi dan ditulis berdasarkan garis keturunan Yusuf, ayah Yesus menurut hukum (bukan biologis). Sedangkan Lukas membuat silsilah Yesus berdasarkan garis keturunan Maria.


Jika Lee King Kong mengkaji persoalan saya itu dengan baik dan seterusnya mengkaji silsilah Jesus ini dalam bible kristiannya, makanya tiada reason untuk beliau menyebutkan Matius menuliskan silsilah Jesus berdasarkan garis keturunan Yusuf dan Lukas pula menuliskannya berdasarkan garis silsilah Maria sebagai jawapan di atas persoalan saya itu. Bagi mana-mana individu yang menjadikan ini sebagai jawapan atas persoalan saya itu, makanya bermakna beliau tidak mengetahui di manakan generasi Hezron hngga Aminadab berada dalam garis silsilah Jesus yang bermula daripada Abraham, sampai kepada Daud dan akhirnya kepada Jesus. Saya perjelaskan kenapa saya mengatakan sedemikian.

Umum semua mengetahui bahawa garis silsilah Jesus bermula daripada Abraham hingga Daud adalah hanya mempunyai satu garis silsilah sahaja, dan selepas Daud, garis silsilah ini berpecah dua melalui Solomo dan Natan sehingga sampai kepada Yusuf dan Maria. Justeru penjelasannya adalah daripada Abraham hingga Daud, hanya ada satu garis silsilah Jesus, manakala daripada Daud hingga Yusuf dan Maria, ada dua garis silsilah. Persoalannya sekarang adalah generasi Hezron hingga Aminadab itu berada di peringkat mana? Jika kita meneliti generasi tersebut berada di antara abraham dan Daud, iaitu berada pada silsilah Jesus yang hanya ada satu garis silsilah sahaja. Pada masa itu, Matius dan Lukas mencatatkan garis silsilah Jesus yang tidak terpisah. Justeru tiada reason untuk mengatakan Lukas dan Matius mencatatkan garis silsilah Jesus yang berbeza sebagai jawapan atas persoalan saya ini kerana persoalan saya hanya melibatkan generasi Arni@Ram hingga Aminadab yang berada di antara Abraham hingga Daud dalam garis silsilah Jesus itu.

Jika saya mempersoalkan perbezaan catatan Matius dan Lukas bagi generasi yang berada di antara Daud hingga Jesus, maka barulah jawapan tersebut boleh dikemukakan kerana ketika pada peringkat ini garis silsilah Jesus telah berpecah dua. Namun sebelum Daud, garis silsilah Jesus tidak mengalami sebarang pemecahan.

Seterusnya

Lee King Kong wrote:

Lukas menggunakan silsilah "menurut anggapan orang" sehingga kurang valid. Dalam hal ini tidak mengurangi kemurnian Alkitab karena Lukas sekedar melaporkan fakta yang ada di masyarakat pada waktu itu


Saya telah menunjukkan bahawa Lukas 3:33 terdapat dalam 2 versi. Versi pertama ada menyebutkan gnerasi Admin dan tidak menyamai Matius 1:4, manakala versi kedua tidak menyebutkan generasi Admin dan menyamai Matius 1:4. Justeru versi yang mana yang sebenarnya betul “menurut anggapan orang” itu? Versi yang ada Admin atau versi yang tanpa Admin??

Seterusnya kenapa Lukas menuliskan “menurut anggapan orang” itu dijadikan jawapan bagi persoalan saya ini jika kita menemukan catatan Lukas 3:33 yang turut menyamai catatan Matius 1:4? Jika Lukas menulis dengan “menurut anggapan orang”, manakala Matius pula tidak menuliskan sedemikian, maka apa permasalahan yang wujud daripada situasi itu jika catatan Lukas 3:33 itu adalah menyamai catatan Matius 1:4?

Justeru jika kita meneliti catatan Lukas3:33 yang menyamai catatan Matius 1:4, makanya tiada reason untk mengatakan Lukas menuliskan “menurut anggapan orang”, manakala Matius tidak menuliskan “menurut anggapan orang”.

Lee King Kong wrote:

Dengan demikian sangat dimungkinkan urutan silsilah Yesus menurut Matius berbeda dengan menurut Lukas


Jika Lee King Kong benar-benar meneliti persoalan saya dan seterusnya jika beliau benar-benar mengkaji bible kristian beliau, maka pastinya beliau tidak akan menggunakan pernyataan di atas sebagai jawapan bagi persoalan saya. Ini menjelaskan bahawa beliau tidak mengetahui kewujudan catatan Lukas 3:33 yang menyamai catatan Matius 1:4.
Kembali Ke Atas Go down
erusi7
Bintara
Bintara


Jumlah posting : 89
Join date : 11.03.12

PostSubyek: Re: Permasalahan ayat silsilah Jesus dalam bible kristian 2   20th March 2012, 00:10


Disebabkan tiada sebarang komentar balas daripada Lee King Kong atau pun individu kristian lainnya, maka saya ingin meneruskan komentar saya berkenaan permasalahan silsilah Jesus ini khususnya bagi generasi di antara Hezron hngga ke Aminadab.

Sekarang kita semua sudah sedia maklum bahawa dalam bible-bible terjemahan terdapatnya 2 versi bagi Lukas 3:33 iaitu satu versinya adalah menyamai Matius 1:4 iaitu tidak menyebut generasi Admin dan satu lagi versi adalah tidak menyamai Matius 1:4 kerana ianya menyebut kewujudan generasi Admin. Mungkin ada yang berpendapat bahawa bible terjemahan yang menyebut Lukas 3:33 tidak menyamai Matius 1:4 telah mengalami kesalahan terjemahan pada Lukas 3:33 itu. Jika inilah pendapat daripada mana-mana individu kristian, makanya tulisan jawapan yang dikutip oleh Lee King Kong sudah tidak boleh digunapakai, kerana tulisan jawapan itu adalah berkenaan dengan Lukas 3:33 yang tidak menyamai Matius 1:4. Namun untuk melihat permasalahan ini dengan lebih lanjut, maka kita lihat pada manuskript bible itu sendiri.

Di bawah adalah beberapa kitab Greek bagi ayat Lukas 3:33.

Stephens 1550 Textus Receptus
tou aminadab tou aram tou esrwm tou fareV tou iouda

Scrivener 1894 Textus Receptus
tou aminadab tou aram tou esrwm tou fareV tou iouda

Byzantine Majority
tou aminadab tou aram tou esrwm tou fareV tou iouda

Semua manuskript itu tidak menyebut kewujudan generasi Admin. Lihat pula

Alexandrian
tou aminadab tou admin tou arni tou esrwm tou fareV tou iouda

Manuskript Alexandrian pula ada menyebut generasi Admin. Lihat pula

Hort and Westcott
tou admin tou arni tou esrwm tou fareV tou iouda

Hort and Westcott juga ada menyebut generasi Admin tetapi tidak menyebut generasi Aminadab. Semuanya ini boleh kita lihat di link [You must be registered and logged in to see this link.]

Lihat pula codex sinaiticus.

Codex Sinaiticus
του αδαμ του αδμιν του αρνει του εϲρωμ του φαρεϲ του ϊουδα
Tulisan Greek Codex sinaiticus ini boleh dilihat di link [You must be registered and logged in to see this link.]

Terjemahan daripada codex sinaiticus adalah juga menyebut kewujudan generasi Admin.
son of Aminadab, son of Admin, son of Ami, son of Hezron, son of Pharez, son of Judah,
Link [You must be registered and logged in to see this link.]

Justeru kita menemukan bahawa manuskript bagi ayat Lukas 3:33 itu sendiri sudah tidak sama antara satu sama lain iaitu terdapat lebih dari satu versi iaitu ada yang menyamai Matius 1:4 dan ada yang tidak menyamai Matius 1:4.

Justeru bagaimanakah untuk melakukan kepastian bagi permasalahan ini jika manuskriptnya sendiri sudah saling berbeza???
Kembali Ke Atas Go down
siip
Perwira Pertama
Perwira Pertama


Jumlah posting : 630
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Permasalahan ayat silsilah Jesus dalam bible kristian 2   31st March 2012, 11:03

Sudah pernah saya tuliskan di forum lainnya.

Admin dan Aminadab adalah org yg sama.

Admin adalah upaya pemendekan nama dari Aminadab.

Pd awalnya, org hanya mnyalin nama 'Aminadab'.
Ini dapat dibuktikan dari naskah TR yg mmuat hanya 'Aminadab' tanpa 'Admin'.

Lama-kelamaan, ada upaya mnyingkat nama Aminadab menjadi 'Admin'.
Ini dapat dibuktikan dari naskah WH yg mmuat 'Admin' tanpa 'Aminadab'.

Seiring bjalannya waktu, ketika Alkitab dterjemahkan dlm bragam bahasa, terjadi pnulisan nama 'Aminadab' dan 'Admin' scr bersamaan, meski pada awalnya tidak dmikian.

Buktinya, keberadaan nama 'Admin' dan 'Aminadab' secara bersamaan hanya ditemukan pada beberapa Alkitab terjemahan (termasuk LAI).

Dalam bahasa aslinya, Alkitab tanpa kesalahan.

Itulah mngapa, para apologetik Kristen harus melihat pada naskah TR dan WH utk mbandingkan terhadap terjemahan Alkitab yg bredar di pasaran.

Jika dbandingkan dg TR dan WH, maka kita temukan bhw Aminadab dan Admin adl org yg sama (ini mjadikan TR dan WH tidak bkontradiksi).

Apa yg tertulis di kitab Lukas versi LAI adalah hasil dari upaya penggabungan TR dan WH yg jika dpahami, maka tidak akan mnunjukkan kontradiksi mayor dan tidak akan mpengaruhi makna Alkitab.
Kembali Ke Atas Go down
striker
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1393
Join date : 03.02.11

PostSubyek: Re: Permasalahan ayat silsilah Jesus dalam bible kristian 2   31st March 2012, 19:14

siip wrote:
Sudah pernah saya tuliskan di forum lainnya.

Admin dan Aminadab adalah org yg sama.

Admin adalah upaya pemendekan nama dari Aminadab.

Pd awalnya, org hanya mnyalin nama 'Aminadab'.
Ini dapat dibuktikan dari naskah TR yg mmuat hanya 'Aminadab' tanpa 'Admin'.

Lama-kelamaan, ada upaya mnyingkat nama Aminadab menjadi 'Admin'.
Ini dapat dibuktikan dari naskah WH yg mmuat 'Admin' tanpa 'Aminadab'.

Seiring bjalannya waktu, ketika Alkitab dterjemahkan dlm bragam bahasa, terjadi pnulisan nama 'Aminadab' dan 'Admin' scr bersamaan, meski pada awalnya tidak dmikian.

Buktinya, keberadaan nama 'Admin' dan 'Aminadab' secara bersamaan hanya ditemukan pada beberapa Alkitab terjemahan (termasuk LAI).

Dalam bahasa aslinya, Alkitab tanpa kesalahan.

Itulah mngapa, para apologetik Kristen harus melihat pada naskah TR dan WH utk mbandingkan terhadap terjemahan Alkitab yg bredar di pasaran.

Jika dbandingkan dg TR dan WH, maka kita temukan bhw Aminadab dan Admin adl org yg sama (ini mjadikan TR dan WH tidak bkontradiksi).

Apa yg tertulis di kitab Lukas versi LAI adalah hasil dari upaya penggabungan TR dan WH yg jika dpahami, maka tidak akan mnunjukkan kontradiksi mayor dan tidak akan mpengaruhi makna Alkitab.

Artinya lukas telah melakukan pemborosan nama dlm silsilah Yesus ya pak pendeta :)
Kembali Ke Atas Go down
siip
Perwira Pertama
Perwira Pertama


Jumlah posting : 630
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Permasalahan ayat silsilah Jesus dalam bible kristian 2   4th April 2012, 10:26

striker wrote:
siip wrote:
Sudah pernah saya tuliskan di forum lainnya.

Admin dan Aminadab adalah org yg sama.

Admin adalah upaya pemendekan nama dari Aminadab.

Pd awalnya, org hanya mnyalin nama 'Aminadab'.
Ini dapat dibuktikan dari naskah TR yg mmuat hanya 'Aminadab' tanpa 'Admin'.

Lama-kelamaan, ada upaya mnyingkat nama Aminadab menjadi 'Admin'.
Ini dapat dibuktikan dari naskah WH yg mmuat 'Admin' tanpa 'Aminadab'.

Seiring bjalannya waktu, ketika Alkitab dterjemahkan dlm bragam bahasa, terjadi pnulisan nama 'Aminadab' dan 'Admin' scr bersamaan, meski pada awalnya tidak dmikian.

Buktinya, keberadaan nama 'Admin' dan 'Aminadab' secara bersamaan hanya ditemukan pada beberapa Alkitab terjemahan (termasuk LAI).

Dalam bahasa aslinya, Alkitab tanpa kesalahan.

Itulah mngapa, para apologetik Kristen harus melihat pada naskah TR dan WH utk mbandingkan terhadap terjemahan Alkitab yg bredar di pasaran.

Jika dbandingkan dg TR dan WH, maka kita temukan bhw Aminadab dan Admin adl org yg sama (ini mjadikan TR dan WH tidak bkontradiksi).

Apa yg tertulis di kitab Lukas versi LAI adalah hasil dari upaya penggabungan TR dan WH yg jika dpahami, maka tidak akan mnunjukkan kontradiksi mayor dan tidak akan mpengaruhi makna Alkitab.

Artinya lukas telah melakukan pemborosan nama dlm silsilah Yesus ya pak pendeta :)

Dibaca dulu dg teliti atuh...

Lukas dlm tulisan aslinya tidak memuat Aminadab dan Admin scr bersama-sama, mlainkan hanya salah satu saja.
Kembali Ke Atas Go down
striker
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1393
Join date : 03.02.11

PostSubyek: Re: Permasalahan ayat silsilah Jesus dalam bible kristian 2   4th April 2012, 15:31

siip wrote:
striker wrote:
siip wrote:
Sudah pernah saya tuliskan di forum lainnya.

Admin dan Aminadab adalah org yg sama.

Admin adalah upaya pemendekan nama dari Aminadab.

Pd awalnya, org hanya mnyalin nama 'Aminadab'.
Ini dapat dibuktikan dari naskah TR yg mmuat hanya 'Aminadab' tanpa 'Admin'.

Lama-kelamaan, ada upaya mnyingkat nama Aminadab menjadi 'Admin'.
Ini dapat dibuktikan dari naskah WH yg mmuat 'Admin' tanpa 'Aminadab'.

Seiring bjalannya waktu, ketika Alkitab dterjemahkan dlm bragam bahasa, terjadi pnulisan nama 'Aminadab' dan 'Admin' scr bersamaan, meski pada awalnya tidak dmikian.

Buktinya, keberadaan nama 'Admin' dan 'Aminadab' secara bersamaan hanya ditemukan pada beberapa Alkitab terjemahan (termasuk LAI).

Dalam bahasa aslinya, Alkitab tanpa kesalahan.

Itulah mngapa, para apologetik Kristen harus melihat pada naskah TR dan WH utk mbandingkan terhadap terjemahan Alkitab yg bredar di pasaran.

Jika dbandingkan dg TR dan WH, maka kita temukan bhw Aminadab dan Admin adl org yg sama (ini mjadikan TR dan WH tidak bkontradiksi).

Apa yg tertulis di kitab Lukas versi LAI adalah hasil dari upaya penggabungan TR dan WH yg jika dpahami, maka tidak akan mnunjukkan kontradiksi mayor dan tidak akan mpengaruhi makna Alkitab.

Artinya lukas telah melakukan pemborosan nama dlm silsilah Yesus ya pak pendeta :)

Dibaca dulu dg teliti atuh...

Lukas dlm tulisan aslinya tidak memuat Aminadab dan Admin scr bersama-sama, mlainkan hanya salah satu saja.

siip wrote:


Buktinya, keberadaan nama 'Admin' dan 'Aminadab' secara bersamaan hanya ditemukan pada beberapa Alkitab terjemahan (termasuk LAI).

Jadi yg melakukan kesalahan adalah para penterjemah ya pak pendeta? termasuk LAI? d\'oh d\'oh

berarti link ini juga harus diberitahu pak pendeta, biar tdk terjadi kesalahan juga: [You must be registered and logged in to see this link.]

(33) anak Aminadab, anak Admin, anak Arni, anak Hezron, anak Peres, anak Yehuda,

Kembali Ke Atas Go down
siip
Perwira Pertama
Perwira Pertama


Jumlah posting : 630
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Permasalahan ayat silsilah Jesus dalam bible kristian 2   4th April 2012, 15:43

striker wrote:


Jadi yg melakukan kesalahan adalah para penterjemah ya pak pendeta? termasuk LAI? d\'oh d\'oh

berarti link ini juga harus diberitahu pak pendeta, biar tdk terjadi kesalahan juga: [You must be registered and logged in to see this link.]

(33) anak Aminadab, anak Admin, anak Arni, anak Hezron, anak Peres, anak Yehuda,


Itu namanya variasi penerjemahan akibat penyalinan.

Misalnya :

Asep anak Tommy anak Hutomo Mandala Putra anak Suharto.

Jikalau orang paham bhw Tommy adalah nama lain dari Hutomo Mandala Putra, maka tulisan di atas tidak akan berkurang nilai kebenarannya.

Kecuali kalo dtulis :

Asep anak Uncup anak Cimong anak Suharto.

Itu baru salah.

Kembali Ke Atas Go down
striker
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1393
Join date : 03.02.11

PostSubyek: Re: Permasalahan ayat silsilah Jesus dalam bible kristian 2   4th April 2012, 16:03

siip wrote:
striker wrote:


Jadi yg melakukan kesalahan adalah para penterjemah ya pak pendeta? termasuk LAI? d\'oh d\'oh

berarti link ini juga harus diberitahu pak pendeta, biar tdk terjadi kesalahan juga: [You must be registered and logged in to see this link.]

(33) anak Aminadab, anak Admin, anak Arni, anak Hezron, anak Peres, anak Yehuda,


Itu namanya variasi penerjemahan akibat penyalinan.

Misalnya :

Asep anak Tommy anak Hutomo Mandala Putra anak Suharto.

Jikalau orang paham bhw Tommy adalah nama lain dari Hutomo Mandala Putra, maka tulisan di atas tidak akan berkurang nilai kebenarannya.

Kecuali kalo dtulis :

Asep anak Uncup anak Cimong anak Suharto.

Itu baru salah.


Bagaimana dengan orang yg tak paham kalau Tommy itu nama lain dari Hutomo? Very Happy

Dan mungkin saja Uncup dan Cimong itu orang yg sama.. hehehe.. Very Happy
Kembali Ke Atas Go down
Silancah
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1492
Join date : 29.01.11
Lokasi : Bandung Barat

PostSubyek: Re: Permasalahan ayat silsilah Jesus dalam bible kristian 2   4th April 2012, 16:06

siip wrote:
Itu namanya variasi penerjemahan akibat penyalinan.

Misalnya :

Asep anak Tommy anak Hutomo Mandala Putra anak Suharto.

Jikalau orang paham bhw Tommy adalah nama lain dari Hutomo Mandala Putra, maka tulisan di atas tidak akan berkurang nilai kebenarannya.

Kecuali kalo dtulis :

Asep anak Uncup anak Cimong anak Suharto.

Itu baru salah.


Kalau diizinkan untuk berkomentar ... menurut saya itu variasi penerjemahan yang sangat aneh.

Dan bila variasi itu dibenarkan ... seseorang yang baru saja membaca Alkitab pasti akan kebingungan atau salah jejak dalam memahami isinya.

Tetapi kembali lagi, sebagaimana yang Anda katakan, variasi minor itu tidak akan memengaruhi iman seseorang yang sudah meyakini kebenaran Alkitab. Jadi tidak perlu repot2 mengganti variasi penerjemahan yang berpotensi membingungkan itu .. bukan begitu?
Kembali Ke Atas Go down
siip
Perwira Pertama
Perwira Pertama


Jumlah posting : 630
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Permasalahan ayat silsilah Jesus dalam bible kristian 2   5th April 2012, 18:07

Bung Silancah, jika sso baru saja mbaca Alkitab, dia tidak akan berpikir sampai kesana.

Yg mikir sampai ksana biasanya mreka yg cari-cari problem dg Alkitab.
Kembali Ke Atas Go down
siip
Perwira Pertama
Perwira Pertama


Jumlah posting : 630
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Permasalahan ayat silsilah Jesus dalam bible kristian 2   5th April 2012, 18:16

striker wrote:
siip wrote:
striker wrote:


Jadi yg melakukan kesalahan adalah para penterjemah ya pak pendeta? termasuk LAI? d\'oh d\'oh

berarti link ini juga harus diberitahu pak pendeta, biar tdk terjadi kesalahan juga: [You must be registered and logged in to see this link.]

(33) anak Aminadab, anak Admin, anak Arni, anak Hezron, anak Peres, anak Yehuda,


Itu namanya variasi penerjemahan akibat penyalinan.

Misalnya :

Asep anak Tommy anak Hutomo Mandala Putra anak Suharto.

Jikalau orang paham bhw Tommy adalah nama lain dari Hutomo Mandala Putra, maka tulisan di atas tidak akan berkurang nilai kebenarannya.

Kecuali kalo dtulis :

Asep anak Uncup anak Cimong anak Suharto.

Itu baru salah.


Bagaimana dengan orang yg tak paham kalau Tommy itu nama lain dari Hutomo? Very Happy

Mangkanya harus belajar toh.

Quote :
Dan mungkin saja Uncup dan Cimong itu orang yg sama.. hehehe.. Very Happy

Mungkin saja, tp kan kita tau bhw Suharto ga punya anak dg nama itu.
Kembali Ke Atas Go down
erusi7
Bintara
Bintara


Jumlah posting : 89
Join date : 11.03.12

PostSubyek: Re: Permasalahan ayat silsilah Jesus dalam bible kristian 2   6th April 2012, 17:17

@Siip

Dengan kata lain, kesalahan catatan sudah wujud dalam bible itu sehingga kita menemukan satu ayat yang terdapat beberapa versi. Malah di dalam manuskriptnya juga telah mengalami kesalahan catatan itu. Itulah yang ingin saya perlihatkan kepada umum.

Sebenarnya kamu memang telah menyatakan bahawa Admin dan Aminadab adalah orang yang sama. Cuma yang kamu masih belum nyatakan adalah di mana buktinya secara pasti bahawa apa yang kamu perkatakan itu sebagai benar?Di mana buktinya bahawa apa yang kamu perkatakan itu sebagai tidak menafikan apa yang sebenarnya tercatat di dalam bible?? Di mana buktinya bahawa manuskript yang menyertakan secara bersama nama Aminadab dan Admin itu sebagai berlainan dengan apa yang sebenarnya dituliskan oleh Lukas? Itu yang masih belum kamu kemukakan.

Justeru kamu sendiri pun mengakui bahawa adalah tidak benar yang mana Lukas menuliskan silsilah Jesus dengan lengkap, manakala Matius tidak menuliskan silsilah Jesus dengan lengkap seperti tulisan yang dikutip oleh Lee King Kong sebagai jawapan bagi permsalahan ini.
Kembali Ke Atas Go down
striker
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1393
Join date : 03.02.11

PostSubyek: Re: Permasalahan ayat silsilah Jesus dalam bible kristian 2   8th April 2012, 13:30

siip wrote:
striker wrote:
siip wrote:
striker wrote:


Jadi yg melakukan kesalahan adalah para penterjemah ya pak pendeta? termasuk LAI? d\'oh d\'oh

berarti link ini juga harus diberitahu pak pendeta, biar tdk terjadi kesalahan juga: [You must be registered and logged in to see this link.]

(33) anak Aminadab, anak Admin, anak Arni, anak Hezron, anak Peres, anak Yehuda,


Itu namanya variasi penerjemahan akibat penyalinan.

Misalnya :

Asep anak Tommy anak Hutomo Mandala Putra anak Suharto.

Jikalau orang paham bhw Tommy adalah nama lain dari Hutomo Mandala Putra, maka tulisan di atas tidak akan berkurang nilai kebenarannya.

Kecuali kalo dtulis :

Asep anak Uncup anak Cimong anak Suharto.

Itu baru salah.


Bagaimana dengan orang yg tak paham kalau Tommy itu nama lain dari Hutomo? Very Happy

Mangkanya harus belajar toh.

Quote :
Dan mungkin saja Uncup dan Cimong itu orang yg sama.. hehehe.. Very Happy

Mungkin saja, tp kan kita tau bhw Suharto ga punya anak dg nama itu.

study

Kalau kita ya tahu... bagaimana dengan orang yg gak tahu pak? lha wong di Bali saja ada orang yg gak tahu presidennya sendiri.. hehehe..


Kembali Ke Atas Go down
striker
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1393
Join date : 03.02.11

PostSubyek: Re: Permasalahan ayat silsilah Jesus dalam bible kristian 2   8th April 2012, 13:32

siip wrote:
Bung Silancah, jika sso baru saja mbaca Alkitab, dia tidak akan berpikir sampai kesana.

Yg mikir sampai ksana biasanya mreka yg cari-cari problem dg Alkitab.

Mungkin intinya seperti ini ya pak, apapun isinya alkitab 'POKOKE' yg penting percaya saja kepada Yesus.

Toh yg dibaca sekarang itu bukan kitab suci melainkan 'alkitab terjemahan' bukan begitu pak? study
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Permasalahan ayat silsilah Jesus dalam bible kristian 2   8th April 2012, 14:54

striker wrote:
siip wrote:
Bung Silancah, jika sso baru saja mbaca Alkitab, dia tidak akan berpikir sampai kesana.

Yg mikir sampai ksana biasanya mreka yg cari-cari problem dg Alkitab.

Mungkin intinya seperti ini ya pak, apapun isinya alkitab 'POKOKE' yg penting percaya saja kepada Yesus.

Toh yg dibaca sekarang itu bukan kitab suci melainkan 'alkitab terjemahan' bukan begitu pak? study

Sama dengan anda yang cuma sekedar baca salinan Quran kan mas?

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
erusi7
Bintara
Bintara


Jumlah posting : 89
Join date : 11.03.12

PostSubyek: Re: Permasalahan ayat silsilah Jesus dalam bible kristian 2   8th April 2012, 19:14

@bruce

Quote :
Sama dengan anda yang cuma sekedar baca salinan Quran kan mas?

Bukan salinan atau yang masih asal yang perlu dipertimbangkan, Tetapi yang perlu dipertimbangkan adalah apakah salinan itu sudah wujud kesalahan atau tidak. Catatan asal diyakini tiada kesalahan. Justeru jika salinannya juga tiada kesalahan, then atas reason apa untuk mengatakan salinan itu tidak menyamai catatan asalnya??

Sebaliknya pula jika salinannya telah dibuktikan wujud kesalahan di dalamnya, then itu bukti bahawa salinannya tidak menyamai catatan asalnya, kerana catatan asalnya adalah tiada kesalahan.

Sila kembali kepada memikirkan permasalahan yang dibentangkan di dalam tajuk thread ini.
Kembali Ke Atas Go down
siip
Perwira Pertama
Perwira Pertama


Jumlah posting : 630
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Permasalahan ayat silsilah Jesus dalam bible kristian 2   8th April 2012, 19:41

Hai Erusi,
Sudah jenuh aku debat denganmu soal ini.

Mau kau pcaya atau tidak pd pjelasanku, itu terserahmu.

Kamu itu memang dari awalnya sudah ragukan Alkitab dan bukan tanggungjawab saya utk mbuatmu percaya pd Alkitab.

Karna tujuanmu posting adl utk mnunjukkan ksalahan Alkitab, maka saya menulis utk mpertanggungjawabkan Alkitab kepada rekan-rekan sesama Kristiani.

Jika mreka trima penjelasan saya tanpa ptanyaan lebih lanjut, maka itu sudah cukup bagi saya.

So salam sejahtera bagimu ya.
Kembali Ke Atas Go down
erusi7
Bintara
Bintara


Jumlah posting : 89
Join date : 11.03.12

PostSubyek: Re: Permasalahan ayat silsilah Jesus dalam bible kristian 2   8th April 2012, 22:44

@Siip

siip wrote:
Hai Erusi,
Sudah jenuh aku debat denganmu soal ini.
Mau kau pcaya atau tidak pd pjelasanku, itu terserahmu.
Kamu itu memang dari awalnya sudah ragukan Alkitab dan bukan tanggungjawab saya utk mbuatmu percaya pd Alkitab.
Karna tujuanmu posting adl utk mnunjukkan ksalahan Alkitab, maka saya menulis utk mpertanggungjawabkan Alkitab kepada rekan-rekan sesama Kristiani.
Jika mreka trima penjelasan saya tanpa ptanyaan lebih lanjut, maka itu sudah cukup bagi saya.

So salam sejahtera bagimu ya.

Memang dari dulu kamu mengatakan bahawa Admin dan Aminadab adalah orang yang sama. Itu memang saya sudah sedia maklum yang mana penjelasan kamu itu menafikan manuskript-manuskript yang menyertakan secara bersama nama Admin dan juga nama Aminadab. Apakah penjelasan daripada pihak kristian adalah bersifat terpaksa menafikan sesuatu menuskript bible itu untuk membenarkan manuskript bible yang lain?? Permasalahan yang timbul dari keadaan ini adalah jawapan yang diberikan adalah berdasarkan pendapat dan sangkaan. Sebagai contoh kamu mengatakan Admin dan Aminadab adalah orang yang sama. Justeru bagaimana dengan manuskript yang menyertakan nama Admin dan Aminadab secara bersama itu? Apakah manuskript itu salah? Dimanakah buktinya secara pasti bahawa tanggapan Admin dan Aminadab adalah orang yang sama adalah suatu tanggapan yang benar? Di mana buktinya secara pasti bahawa manuskript-manuskript yang menyertakan secara bersama Admin dan Aminadab itu adalah salah catatan??

Atau apakah manuskript yang tidak menyertakan nama Admin dan Aminadab secara bersama itu yang sebenarnya salah?? Tulisan kamu yang seperti itu untuk rakan-rakan kristian kamu itu tidak dapat membantu mereka untuk memperjelaskan kepada pihak lain apabila permasalahan yang sama ini dikemukakan kepada mereka. Kerana mereka hanya berhadapan dengan permasalahan yang kamu sendiri alami iaitu untuk membuktikan tanggapan yang kamu pilih itu sebagai benar tanpa ada keraguan timbul daripadanya. Justeru jika hanya memberikan jawapan yang bersifat menafikan manuskript yang lain tanpa membuktikan bahawa manuskript yang dinafikan itu sebagai salah, then ianya hanya mengundang keraguan. Itu bukan penyelesaian kepada permasalahan ini. Jika kamu ingin membantu rakan-rakan kristian kamu, then sila berikan jawapan yang mampu menghentikan sebarang keraguan. Itu hanya dapat dilakukan dengan membuktikan bahawa manuskript-manuskript yang kamu nafikan itu sebagai benar-benar manuskript yang telah salah. Itulah perkara yang kamu masih tidak kemukakan semenjak dahulu lagi.
Kembali Ke Atas Go down
striker
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1393
Join date : 03.02.11

PostSubyek: Re: Permasalahan ayat silsilah Jesus dalam bible kristian 2   9th April 2012, 11:50

bruce wrote:
striker wrote:
siip wrote:
Bung Silancah, jika sso baru saja mbaca Alkitab, dia tidak akan berpikir sampai kesana.

Yg mikir sampai ksana biasanya mreka yg cari-cari problem dg Alkitab.

Mungkin intinya seperti ini ya pak, apapun isinya alkitab 'POKOKE' yg penting percaya saja kepada Yesus.

Toh yg dibaca sekarang itu bukan kitab suci melainkan 'alkitab terjemahan' bukan begitu pak? study

Sama dengan anda yang cuma sekedar baca salinan Quran kan mas?

menurut saya yg saya baca adalah Al Qur'an (firman2 Allah), bukan salinan Al Qur'an.
Karena Firman2 Allah yg ditulis dlm bentuk apapun, baik di kertas, kulit hewan, kulit pohon, atau dlm media apapun jaman dulu sampai sekarang, tetap saja Al Qur'an (Kitab suci) bukan disebut salinan Al Qur'an (bukan kitab suci).

Mungkin lebih tepatnya yg saya baca sekarang ini ya 'salinan' Firman2 Allah yg disampaikan Nabi Muhammad. Karena para sahabat memang menyalin dlm bentuk tulisan semua Firman2 Allah yg diucapkan Nabi.

jadi berbeda dengan apa yg disampaikan pak pendeta, bahwa kitab suci yg sesungguhnya hanya satu (yg sdh diketemukan lagi), tapi yg dibaca oleh umat kristen sekarang bukanlah kitab suci, melainkan hanya alkitab terjemahan (bukan kitab suci). mohon dikoreksi apabila saya salah menangkap perkataan pak pendeta Siip. study
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Permasalahan ayat silsilah Jesus dalam bible kristian 2   9th April 2012, 13:30

Quote :
menurut saya yg saya baca adalah Al Qur'an (firman2 Allah), bukan salinan Al Qur'an.
Karena Firman2 Allah yg ditulis dlm bentuk apapun, baik di kertas, kulit hewan, kulit pohon, atau dlm media apapun jaman dulu sampai sekarang, tetap saja Al Qur'an (Kitab suci) bukan disebut salinan Al Qur'an (bukan kitab suci).

Mungkin lebih tepatnya yg saya baca sekarang ini ya 'salinan' Firman2 Allah yg disampaikan Nabi Muhammad. Karena para sahabat memang menyalin dlm bentuk tulisan semua Firman2 Allah yg diucapkan Nabi.

jadi berbeda dengan apa yg disampaikan pak pendeta, bahwa kitab suci yg sesungguhnya hanya satu (yg sdh diketemukan lagi), tapi yg dibaca oleh umat kristen sekarang bukanlah kitab suci, melainkan hanya alkitab terjemahan (bukan kitab suci). mohon dikoreksi apabila saya salah menangkap perkataan pak pendeta Siip.

Apa bedanya? Bagi anggapan saya sama saja, tidak seorangpun bisa membuktikan bahwa apa yag anda baca itu adalah benar benar adalah ucapan Allah SWT.

:)

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
erusi7
Bintara
Bintara


Jumlah posting : 89
Join date : 11.03.12

PostSubyek: Re: Permasalahan ayat silsilah Jesus dalam bible kristian 2   9th April 2012, 18:12

@bruce

Maaf jika saya menganggu diskusi antara kamu dengan srtiker.

Quote :
Apa bedanya? Bagi anggapan saya sama saja, tidak seorangpun bisa membuktikan bahwa apa yag anda baca itu adalah benar benar adalah ucapan Allah SWT.

Kesempurnaan Al-Quran dan tiada kesalahan di dalam al-Quran adalah satu bukti bahawa Al-Quran itu adalah ucapan Allah. Kerana hanya Allah sahaja yang bersifat sempurna.
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Permasalahan ayat silsilah Jesus dalam bible kristian 2   9th April 2012, 18:39

erusi7 wrote:
@bruce

Maaf jika saya menganggu diskusi antara kamu dengan srtiker.

Quote :
Apa bedanya? Bagi anggapan saya sama saja, tidak seorangpun bisa membuktikan bahwa apa yag anda baca itu adalah benar benar adalah ucapan Allah SWT.

Kesempurnaan Al-Quran dan tiada kesalahan di dalam al-Quran adalah satu bukti bahawa Al-Quran itu adalah ucapan Allah. Kerana hanya Allah sahaja yang bersifat sempurna.

Kesalahan bagi anda yang tidak mengerti, sementara kitab yang carut marut anda katakan sempurna.

Oya, kalau bicara kesempurnaan, buku Encyclopedia saya juga bebas kesalahan, tetapi saya tidak menjadikannya kitab suci.

Salam


_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
erusi7
Bintara
Bintara


Jumlah posting : 89
Join date : 11.03.12

PostSubyek: Re: Permasalahan ayat silsilah Jesus dalam bible kristian 2   9th April 2012, 19:06

@bruce

Quote :
Kesalahan bagi anda yang tidak mengerti, sementara kitab yang carut marut anda katakan sempurna.

Kita mempunyai pendapat dan pandangan kita sendiri berkenaan dengan sesuatu kitab. Namun apa yang lebih penting adalah pembuktian dan bukannya sesuatu yang hanya bersifat pendapat. Jika kita merasakan suatu kitab itu benar, then yang lebih penting adalah pembuktian kita bahawa kitab itu sebagai benar. Tetapi jika kita berpendapat suatu kita itu salah, then yang lebih penting adalah pembuktian kita bahawa kitab itu sememangnya adalah kitab yang telah salah.

Pembuktian ini supaya tiada orang lain yang dapat mengatakan bahawa pendapat dan pandangan kita terhadap sesuatu kitab itu sebagai salah.

Jika hanya bersifat berbeza pendapat, then itu adalah sesuatu yang lazim kerana kita berbeza kepercayaan.

Saya melihat kita sudah agak lari daripada tajuk thread ini. Mungkin lebih baik kita kembali kepada tajuk yang didiskusikan.
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Permasalahan ayat silsilah Jesus dalam bible kristian 2   9th April 2012, 19:14

Quote :
Kita mempunyai pendapat dan pandangan kita sendiri berkenaan dengan sesuatu kitab.

Namun anda tetap memaksakan pengertian anda kedalam kitab kami? Begitukah? Ha ha ha

Quote :
Namun apa yang lebih penting adalah pembuktian dan bukannya sesuatu yang hanya bersifat pendapat. Jika kita merasakan suatu kitab itu benar, then yang lebih penting adalah pembuktian kita bahawa kitab itu sebagai benar. Tetapi jika kita berpendapat suatu kita itu salah, then yang lebih penting adalah pembuktian kita bahawa kitab itu sememangnya adalah kitab yang telah salah.

Pembuktian ini supaya tiada orang lain yang dapat mengatakan bahawa pendapat dan pandangan kita terhadap sesuatu kitab itu sebagai salah.

Nah, silahkan buktikan bahwa kitab anda bukan karangan Muhamad.

Quote :
Pembuktian ini supaya tiada orang lain yang dapat mengatakan bahawa pendapat dan pandangan kita terhadap sesuatu kitab itu sebagai salah.

Seperti apapun anda bersilat membela kitab anda, tetap saja salah dimata bukan penganutnya, bung.

Quote :
Jika hanya bersifat berbeza pendapat, then itu adalah sesuatu yang lazim kerana kita berbeza kepercayaan.

Saya melihat kita sudah agak lari daripada tajuk thread ini. Mungkin lebih baik kita kembali kepada tajuk yang didiskusikan.

Anda sudah tahu bahwa kita berbeda kepercayaan, maka saran saya, sampai manapun, tetap saja diskusi ini tidak akan tercapai kesepakatan.

Silahkan jawab beberapa pertanyaan saya sehubungan dengan pembuktian Quran itu. Tetapi, jangan harapkan anda mendapat jawaban lebih lanjut dari yang sudah anda terima itu.

Mengerti apa yang saya sampaikan ini?

Salam

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content




PostSubyek: Re: Permasalahan ayat silsilah Jesus dalam bible kristian 2   Today at 17:33

Kembali Ke Atas Go down
 
Permasalahan ayat silsilah Jesus dalam bible kristian 2
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 2Pilih halaman : 1, 2  Next
 Similar topics
-
» Vlad Dracula " Kisah Nyata Pembantai Umat Islam Dalam Perang Salib
» Kipas Radiator masalah, Please Help!!
» WTA >> cara pasang plat no di dalam windshield
» Tips Berguna di Kehidupan Sehari-hari
» IGO... seni menyerang, bertahan dan memperluas wilayah...

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Ladang Tuhan Baru :: Forum Terbuka :: Diskusi - Non-Kristen Bertanya Kristen Menjawab-
Navigasi: