Ladang Tuhan Baru
Selamat datang kepada sesama saudara Kristen dan saudara lain iman. Mari kita saling kenal dalam suasana bersahabat.

Ladang Tuhan Baru

Forum Komunitas Kristen
 
IndeksIndeks  PencarianPencarian  PendaftaranPendaftaran  LoginLogin  

Share | 
 

 Rokok, antara dosa dan tidak....

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
Pilih halaman : Previous  1, 2, 3, 4  Next
PengirimMessage
bruce
Global Moderator
Global Moderator
avatar

Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Rokok, antara dosa dan tidak....   21st May 2012, 07:09

Silancah wrote:
bruce wrote:
Tapi satu yang saya bisa tangkap dari pembicaraan di atas itu.
Bahwa perokok cenderung lebih akrab, itu betul, karena selama di smoking room itu, kami ngobrol seru, bagaikan antara kawan akrab. Dan itu belum tentu terjalin kalau kami saat itu tidak merokok.

Jadi, dengan menyesal saya harus katakan, bahwa merokok memang seperti pada awalnya bermanfaat untuk persahabatan.

He he he he he.

Saya bisa dong mengatakan penjaga gudang Sunda itu adalah orang yang paling bersahabat.
Waktu ketemu orang Bogor di Semarang langsung deh terjadi obrolan hangat.
Begitu pula waktu ketemu pramugara Sunda di pesawat otw ke Amerika ... langsung terjadi obrolan berbangsa Sunda.

Kalau saya bukan orang Sunda, mungkin akan cuek2 saja dengan penjaga gudang dan pramugara itu ...

Razz

Apalagi kalau ketemunya di Omn dulu kang, udah pasti jadi lebih akrab dibanding saudara ya.

Kalau sesama suku di tempat asing, itu sih sudah biasa kang.
Tapi kalau kasus di lounge itu kan bukan, he he he he.

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Djo
Perwira Pertama
Perwira Pertama
avatar

Jumlah posting : 794
Join date : 28.01.11

PostSubyek: Re: Rokok, antara dosa dan tidak....   21st May 2012, 16:29

bruce wrote:
Tapi satu yang saya bisa tangkap dari pembicaraan di atas itu.
Bahwa perokok cenderung lebih akrab, itu betul, karena selama di smoking room itu, kami ngobrol seru, bagaikan antara kawan akrab. Dan itu belum tentu terjalin kalau kami saat itu tidak merokok.

Jadi, dengan menyesal saya harus katakan, bahwa merokok memang seperti pada awalnya bermanfaat untuk persahabatan.

He he he he he.


Ya, dan besar kemungkinan bahwa pengguna narkoba jauh lebih setia kawan ketimbang perokok biasa.
Teman saya pernah melindungi temannya sesama pemakai narkoba dari kejaran reserse, eh malah teman saya ikut kegaruk.

Pencuri memang akan cenderung bersahabat dgn sesama pencuri. Agak janggal kalo pencuri bersahabat dgn satpam. Very Happy

Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator
avatar

Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Rokok, antara dosa dan tidak....   21st May 2012, 17:28

Itu istilahnya :

The birds of a feather flock together.

Razz

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Silancah
Perwira Menengah
Perwira Menengah
avatar

Jumlah posting : 1492
Join date : 29.01.11
Lokasi : Bandung Barat

PostSubyek: Re: Rokok, antara dosa dan tidak....   21st May 2012, 17:46

Djo wrote:
Ya, dan besar kemungkinan bahwa pengguna narkoba jauh lebih setia kawan ketimbang perokok biasa.
Teman saya pernah melindungi temannya sesama pemakai narkoba dari kejaran reserse, eh malah teman saya ikut kegaruk.

Pencuri memang akan cenderung bersahabat dgn sesama pencuri. Agak janggal kalo pencuri bersahabat dgn satpam. Very Happy

Wuahahahaha...... daleeeeeem.....
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator
avatar

Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Rokok, antara dosa dan tidak....   21st May 2012, 19:11

Silancah wrote:
Djo wrote:
Ya, dan besar kemungkinan bahwa pengguna narkoba jauh lebih setia kawan ketimbang perokok biasa.
Teman saya pernah melindungi temannya sesama pemakai narkoba dari kejaran reserse, eh malah teman saya ikut kegaruk.

Pencuri memang akan cenderung bersahabat dgn sesama pencuri. Agak janggal kalo pencuri bersahabat dgn satpam. Very Happy

Wuahahahaha...... daleeeeeem.....

Mengapa tertawanya terkesan puas banget ya?

Razz

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Silancah
Perwira Menengah
Perwira Menengah
avatar

Jumlah posting : 1492
Join date : 29.01.11
Lokasi : Bandung Barat

PostSubyek: Re: Rokok, antara dosa dan tidak....   22nd May 2012, 07:29

bruce wrote:
Silancah wrote:
Wuahahahaha...... daleeeeeem.....

Mengapa tertawanya terkesan puas banget ya?

Razz

Hihihihi .....
Kembali Ke Atas Go down
Djo
Perwira Pertama
Perwira Pertama
avatar

Jumlah posting : 794
Join date : 28.01.11

PostSubyek: Re: Rokok, antara dosa dan tidak....   23rd May 2012, 14:14

Silancah wrote:
Djo wrote:

Sudah sepakat dgn om Bruce bahwa keterikatan kepada rokok (dan lainnya jg) mengakibatkan dosa.

Masalahnya, apakah rokok PASTI menyebabkan keterikatan, itu masih debatable.
Kalo menurut saya, pasti jadi ketagihan dan terikat.
Kalo menurut om Bruce belum tentu, beliau sendiri cth nya. Very Happy

Kalau dari sudut pandang saya sih sebenarnya sederhana saja...

1. Apakah merokok itu membahayakan kesehatan diri sendiri?
2. Apakah merokok itu membahayakan kesehatan orang lain?

Dari jawabannya kita sudah tahu apakah merokok itu merugikan diri sendiri dan orang lain.

Pertanyaan lanjutan:
Apakah sesuatu yang merugikan diri sendiri dan orang lain itu berdosa atau tidak?

Dan jawaban akang adalah .... ???
Kembali Ke Atas Go down
Silancah
Perwira Menengah
Perwira Menengah
avatar

Jumlah posting : 1492
Join date : 29.01.11
Lokasi : Bandung Barat

PostSubyek: Re: Rokok, antara dosa dan tidak....   23rd May 2012, 14:21

Djo wrote:

Dan jawaban akang adalah .... ???

Berdosa...

QS Al Imran 3:135 "Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain daripada Allah?"
QS An Nisaa 4:110 "Dan barang siapa yang mengerjakan kejahatan dan menganiaya dirinya, kemudian ia mohon ampun kepada Allah, niscaya ia mendapati Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."

Disiratkan di atas bahwa kita tidak boleh mengerjakan perbuatan keji dan menganiaya diri sendiri.

Bukankah merokok termasuk tindakan menganiaya diri sendiri (belum lagi orang lain kalau asapnya terhirup oleh orang lain?)
Kembali Ke Atas Go down
Djo
Perwira Pertama
Perwira Pertama
avatar

Jumlah posting : 794
Join date : 28.01.11

PostSubyek: Re: Rokok, antara dosa dan tidak....   29th May 2012, 18:03

Silancah wrote:
Djo wrote:

Dan jawaban akang adalah .... ???

Berdosa...

QS Al Imran 3:135 "Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain daripada Allah?"
QS An Nisaa 4:110 "Dan barang siapa yang mengerjakan kejahatan dan menganiaya dirinya, kemudian ia mohon ampun kepada Allah, niscaya ia mendapati Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."

Disiratkan di atas bahwa kita tidak boleh mengerjakan perbuatan keji dan menganiaya diri sendiri.

Bukankah merokok termasuk tindakan menganiaya diri sendiri (belum lagi orang lain kalau asapnya terhirup oleh orang lain?)

Pertanyaan klasik nih kang....

Ini pandangan islam secara umum atau akang pribadi...?

Karena as we know, tidak sedikit ulama2 sendiri yg mungkin adalah perokok berat dan, dan tausiah2 ttg merokok tampaknya jarang didengungkan.
Kembali Ke Atas Go down
striker
Perwira Menengah
Perwira Menengah
avatar

Jumlah posting : 1393
Join date : 03.02.11

PostSubyek: Re: Rokok, antara dosa dan tidak....   30th May 2012, 14:24

Djo wrote:
Silancah wrote:
Djo wrote:

Dan jawaban akang adalah .... ???

Berdosa...

QS Al Imran 3:135 "Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain daripada Allah?"
QS An Nisaa 4:110 "Dan barang siapa yang mengerjakan kejahatan dan menganiaya dirinya, kemudian ia mohon ampun kepada Allah, niscaya ia mendapati Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."

Disiratkan di atas bahwa kita tidak boleh mengerjakan perbuatan keji dan menganiaya diri sendiri.

Bukankah merokok termasuk tindakan menganiaya diri sendiri (belum lagi orang lain kalau asapnya terhirup oleh orang lain?)

Pertanyaan klasik nih kang....

Ini pandangan islam secara umum atau akang pribadi...?

Karena as we know, tidak sedikit ulama2 sendiri yg mungkin adalah perokok berat dan, dan tausiah2 ttg merokok tampaknya jarang didengungkan.


Mungkin para ulama yg merokok tersebut tdk merasa kalau merokok itu termasuk menganiaya diri sendiri, soalnya mungkin kalau mereka tdk merokok malah kalang kabut dan malah jadi merasa menganiaya diri sendiri.. hehe :)

Seperti halnya minum es, ada juga yg bisa mengakibatkan batuk bagi seseorang jika meminumnya, jadi apakah es merupakan minuman yg haram, karena bisa menganiaya diri sendiri karena bisa batuk juga? tdk juga kan? :)

Kalau menurut saya sih merokok itu masalah subhat, perkara yg lebih dekat kepada haram, jadi ada baiknya kita tdk melakukannya.

selain boros, udara bisa pengap dan juga bisa batuk!!

Kembali Ke Atas Go down
Silancah
Perwira Menengah
Perwira Menengah
avatar

Jumlah posting : 1492
Join date : 29.01.11
Lokasi : Bandung Barat

PostSubyek: Re: Rokok, antara dosa dan tidak....   30th May 2012, 15:32

Djo wrote:

Pertanyaan klasik nih kang....

Ini pandangan islam secara umum atau akang pribadi...?

Karena as we know, tidak sedikit ulama2 sendiri yg mungkin adalah perokok berat dan, dan tausiah2 ttg merokok tampaknya jarang didengungkan.

Kayanya sudah menjadi pandangan umum Muhammadiyah dan Salafi ... yang pasti NU tidak.
Nggak tahu yang lainnya seperti Persis, Al Irsyad, dsb.
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator
avatar

Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Rokok, antara dosa dan tidak....   30th May 2012, 17:54

Silancah wrote:
Djo wrote:

Pertanyaan klasik nih kang....

Ini pandangan islam secara umum atau akang pribadi...?

Karena as we know, tidak sedikit ulama2 sendiri yg mungkin adalah perokok berat dan, dan tausiah2 ttg merokok tampaknya jarang didengungkan.

Kayanya sudah menjadi pandangan umum Muhammadiyah dan Salafi ... yang pasti NU tidak.
Nggak tahu yang lainnya seperti Persis, Al Irsyad, dsb.

Kalau FPI, HTI, FUI, sepertinya tidak masalah dengan rokok ya kang.

Salam

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
striker
Perwira Menengah
Perwira Menengah
avatar

Jumlah posting : 1393
Join date : 03.02.11

PostSubyek: Re: Rokok, antara dosa dan tidak....   30th May 2012, 19:44

Silancah wrote:
Djo wrote:

Pertanyaan klasik nih kang....

Ini pandangan islam secara umum atau akang pribadi...?

Karena as we know, tidak sedikit ulama2 sendiri yg mungkin adalah perokok berat dan, dan tausiah2 ttg merokok tampaknya jarang didengungkan.

Kayanya sudah menjadi pandangan umum Muhammadiyah dan Salafi ... yang pasti NU tidak.
Nggak tahu yang lainnya seperti Persis, Al Irsyad, dsb.

Tapi tdk juga kok mas, para ustad Muhammadiyah disini juga masih ada juga yg merokok :)

saya rasa semua tergantung pribadi masing2 :)

Kembali Ke Atas Go down
samiaji
Calon Perwira
Calon Perwira


Jumlah posting : 392
Join date : 26.02.11
Age : 39

PostSubyek: Re: Rokok, antara dosa dan tidak....   30th May 2012, 20:20

striker wrote:
Silancah wrote:
Djo wrote:

Pertanyaan klasik nih kang....

Ini pandangan islam secara umum atau akang pribadi...?

Karena as we know, tidak sedikit ulama2 sendiri yg mungkin adalah perokok berat dan, dan tausiah2 ttg merokok tampaknya jarang didengungkan.

Kayanya sudah menjadi pandangan umum Muhammadiyah dan Salafi ... yang pasti NU tidak.
Nggak tahu yang lainnya seperti Persis, Al Irsyad, dsb.

Tapi tdk juga kok mas, para ustad Muhammadiyah disini juga masih ada juga yg merokok :)

saya rasa semua tergantung pribadi masing2 :)
Memang belum ada kesepakatan ya mas ?


Salam Damai
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator
avatar

Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Rokok, antara dosa dan tidak....   30th May 2012, 20:29

samiaji wrote:
striker wrote:
Silancah wrote:
Djo wrote:

Pertanyaan klasik nih kang....

Ini pandangan islam secara umum atau akang pribadi...?

Karena as we know, tidak sedikit ulama2 sendiri yg mungkin adalah perokok berat dan, dan tausiah2 ttg merokok tampaknya jarang didengungkan.

Kayanya sudah menjadi pandangan umum Muhammadiyah dan Salafi ... yang pasti NU tidak.
Nggak tahu yang lainnya seperti Persis, Al Irsyad, dsb.

Tapi tdk juga kok mas, para ustad Muhammadiyah disini juga masih ada juga yg merokok :)

saya rasa semua tergantung pribadi masing2 :)
Memang belum ada kesepakatan ya mas ?


Salam Damai

Jawa tengah dan Jawa Timur itu tempatnya perkebunan tembakau dan insdustri rokok kretek, bro. Apa tega para kiai menyatakan haram usaha yang menghidupi sebagian besar petani dan pengusaha rokok plus buruh pabrik rokok yang jutaan orang itu?


_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Silancah
Perwira Menengah
Perwira Menengah
avatar

Jumlah posting : 1492
Join date : 29.01.11
Lokasi : Bandung Barat

PostSubyek: Re: Rokok, antara dosa dan tidak....   1st June 2012, 09:30

bruce wrote:

Jawa tengah dan Jawa Timur itu tempatnya perkebunan tembakau dan insdustri rokok kretek, bro. Apa tega para kiai menyatakan haram usaha yang menghidupi sebagian besar petani dan pengusaha rokok plus buruh pabrik rokok yang jutaan orang itu?

Memang idealnya pemerintah berusaha juga untuk menyediakan lapangan kerja yang produknya tidak merugikan orang lain.
Tapi karena hal ini memang masih kilafiyah (diperselisihkan/berbeda) ... serahkan saja ke masing2 seperti apakah pertanggungjawabannya di akhirat nanti. Kita semua juga belum tahu pengadilan Allah al Adl kelak untuk hal2 seperti ini....
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator
avatar

Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Rokok, antara dosa dan tidak....   1st June 2012, 10:26

Silancah wrote:
bruce wrote:

Jawa tengah dan Jawa Timur itu tempatnya perkebunan tembakau dan insdustri rokok kretek, bro. Apa tega para kiai menyatakan haram usaha yang menghidupi sebagian besar petani dan pengusaha rokok plus buruh pabrik rokok yang jutaan orang itu?

Memang idealnya pemerintah berusaha juga untuk menyediakan lapangan kerja yang produknya tidak merugikan orang lain.
Tapi karena hal ini memang masih kilafiyah (diperselisihkan/berbeda) ... serahkan saja ke masing2 seperti apakah pertanggungjawabannya di akhirat nanti. Kita semua juga belum tahu pengadilan Allah al Adl kelak untuk hal2 seperti ini....

Saya koq percaya bahwa Allah yang Maha adil tidak akan mempersalahkan jutan orang yang hidup jujur, bekerja keras, tanpa punya tujuan jahat seperti para petani, pedagang, buruh pabrik, pengusaha tembakau itu, kang. Terlebih lagi efek samping tembakau tetap masih bisa terus diperdebatkan.

:)

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Silancah
Perwira Menengah
Perwira Menengah
avatar

Jumlah posting : 1492
Join date : 29.01.11
Lokasi : Bandung Barat

PostSubyek: Re: Rokok, antara dosa dan tidak....   1st June 2012, 10:30

bruce wrote:

Saya koq percaya bahwa Allah yang Maha adil tidak akan mempersalahkan jutan orang yang hidup jujur, bekerja keras, tanpa punya tujuan jahat seperti para petani, pedagang, buruh pabrik, pengusaha tembakau itu, kang. Terlebih lagi efek samping tembakau tetap masih bisa terus diperdebatkan.

:)

Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit.
Alah bisa karena biasa

:face:
Kembali Ke Atas Go down
striker
Perwira Menengah
Perwira Menengah
avatar

Jumlah posting : 1393
Join date : 03.02.11

PostSubyek: Re: Rokok, antara dosa dan tidak....   6th June 2012, 14:12

mau merokok aman dan halal?

Dikunyah saja, jangan disulut api.. hehehe

Laughing

Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator
avatar

Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: Rokok, antara dosa dan tidak....   27th October 2012, 19:25

striker wrote:
mau merokok aman dan halal?
Dikunyah saja, jangan disulut api.. hehehe
Laughing
Very Happy striker mencoba membuat definisi baru atas "merokok", rupanya? :tongue:

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
cinzano
Moderator
Moderator
avatar

Jumlah posting : 2124
Join date : 26.10.12
Lokasi : Buaya City

PostSubyek: Re: Rokok, antara dosa dan tidak....   28th October 2012, 06:55


Merokok tidak berdosa........

Hanya saja merusak kesehatan....

Oleh2 dari 20 tahun merokok.........

Terkadang ada sedikit sakit didada Mad
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator
avatar

Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Rokok, antara dosa dan tidak....   28th October 2012, 12:13

cinzano wrote:

Merokok tidak berdosa........

Hanya saja merusak kesehatan....

Oleh2 dari 20 tahun merokok.........

Terkadang ada sedikit sakit didada Mad

Kalau sudah berumur memang penyakit bisa macam macam om.
He he he he.


_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
hello kitty
Calon Perwira
Calon Perwira
avatar

Jumlah posting : 305
Join date : 28.10.12
Lokasi : Lawang

PostSubyek: Re: Rokok, antara dosa dan tidak....   28th October 2012, 13:53

IMO- rokok bukan dosa, tapi malah menjauhkan rezeki.
saya pernah batal mampir ke kafe favorit setelah tahu ada yang merokok di sana.
coba kalau si pemilik kafe mau menyediakan ruang bebas asap rokok...wah..pasti saya kerasan deh, dan bisa order banyak cheers
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator
avatar

Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Rokok, antara dosa dan tidak....   28th October 2012, 14:22

hello kitty wrote:
IMO- rokok bukan dosa, tapi malah menjauhkan rezeki.
saya pernah batal mampir ke kafe favorit setelah tahu ada yang merokok di sana.
coba kalau si pemilik kafe mau menyediakan ruang bebas asap rokok...wah..pasti saya kerasan deh, dan bisa order banyak cheers

Mungkin si pemilik cafe nya sudah melakukan survey, bahwa pengunjung yang merokok ternyata memesan makanan dan minuman lebih banyak dari yang bukan merokok, sis.
He he he he.

:)

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
cinzano
Moderator
Moderator
avatar

Jumlah posting : 2124
Join date : 26.10.12
Lokasi : Buaya City

PostSubyek: Re: Rokok, antara dosa dan tidak....   28th October 2012, 16:53

hello kitty wrote:
IMO- rokok bukan dosa, tapi malah menjauhkan rezeki.
saya pernah batal mampir ke kafe favorit setelah tahu ada yang merokok di sana.
coba kalau si pemilik kafe mau menyediakan ruang bebas asap rokok...wah..pasti saya kerasan deh, dan bisa order banyak cheers

Yang punya kafe tidak berdosa.

Yang berdosa adalah Sis Hello yang tidak jadi mampir sehingga menghilangkan rejeki pemilik kafe


:bball:
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content




PostSubyek: Re: Rokok, antara dosa dan tidak....   

Kembali Ke Atas Go down
 
Rokok, antara dosa dan tidak....
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 3 dari 4Pilih halaman : Previous  1, 2, 3, 4  Next
 Similar topics
-
» MITOS DI MASYARAKAT
» Lampu indikator oli dan suhu tidak nyala....
» HELP TEKANAN BAN MENURUN TIDAK NORMAL
» About Lampu Sein (Lampu sein tidak berkedip..!)
» pengaruh performa antara knalpot non DB killer dan DB killer

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Ladang Tuhan Baru :: Diskusi Umum :: Obrolan bebas-
Navigasi: