Ladang Tuhan Baru
Selamat datang kepada sesama saudara Kristen dan saudara lain iman. Mari kita saling kenal dalam suasana bersahabat.

Ladang Tuhan Baru

Forum Komunitas Kristen
 
IndeksIndeks  PencarianPencarian  PendaftaranPendaftaran  LoginLogin  

Share | 
 

 muslim menjawab: seputar isra mi;raj

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
Pilih halaman : Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8  Next
PengirimMessage
Silancah
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1492
Join date : 29.01.11
Lokasi : Bandung Barat

PostSubyek: Re: muslim menjawab: seputar isra mi;raj   7th December 2012, 05:48

nothingman wrote:

jelas bagaimana bro ??
pada ayat2 yg bro berikan diatas tidak ada tuh satupun yg mengatakan/menjelaskan bahwa Ismail itu adlh kakak dr Ishak.. krn kapan kelahiran Ismail pun tidak dijelaskan secara gamblang, apa lg yg menjelaskan bahwa anak yg dikorbankan itu adl Ismail.. (sepertinya Ismail ini statusnya cuma anak 'buangan' aj bro, kapan kelahiran dan siapa ibunya pun tidak diketahui/dijelaskan ol Malaikat Jibril)

Sudah jelas lah bro...
Nabi Ibrahim as mendapatkan seorang anak lalu muncul peristiwa penyembelihan setelahnya lahirlah Nabi Ishak as.
Di lain ayat disebutkan Nabi Ibrahim as dan putranya Nabi Ismail as meninggikan Ka'bah.

Nabi Ibrahim as hanya memiliki dua orang anak.
Jadi siapakah anak yang dilahirkan sebelum Nabi Ishak as?

nothingman wrote:

itu dia bro yg jd pertanyaan sy, utk menjadikan pelajaran kita harus tau lebih dulu dr mana dia berasal, siapa nenek moyangnya, siapa keturunannya sebelum kita bisa mempelajari apa yg dia ajarkan.. jd kita bisa tau dgn jelas asal-usulnya/sejarahnya lebih dulu.. bukankah Muhammad jg demikian ?? entah dia sendiri atau pengikut Muhammad, mengklaim bahwa Muhammad berasal dr keturunan Abraham dan Ismael bro ??

Nah di klo di AlQuran yg anda anggap sebuah Kitab yg paling sempurna aj tidak bisa menjelaskan secara detail dan rinci tentang kelahiran si Ismail, entah kapan dilahirkan, siapa ibunya, atau siapa keturunan dr Ismail ini, dll, bagaimana kita bisa menjadikannya sebuah pelajaran ???

maaf bro bukannya sy meragukan malaikat suci, tp mungkin Allah atau malaikat yg dikenal Muhammad memang berbeda dgn Allah dan malaikat yg sy kenal.. :)

Menurut saya sih sudah jelas siapa ayah Nabi Ismail as.
Kalau permasalahan ibunya tidak disebutkan, saya katakan bahwa kelengkapan Al Quran tidak dilihat dari informasi silsilah seperti buku sejarah atau bahkan Perjanjian Lama melainkan isinya yang dipenuhi dengan wahyu Allah SWT yang mengajarkan umat manusia kepada kebaikan dan apa yang tidak boleh dilanggar yang mengerucut pada ajaran ketauhidan.
Mungkin menurut Anda, permasalahan silsilah adalah hal yang (paling) penting, menurut kami sih tidak.
Yang penting adalah ajaran yang disampaikan olehnya.

nothingman wrote:

lwalaaah... saya bingung dgn cara anda berpikir dlm membuat kesimpulan bro..

Coba dibaca pelan2 lagi bro,
Di salah satu ayat, Nabi Ibrahim as meninggalkan seorang anak di Makkah.
Lalu di ayat lain, beliau meninggikan Ka'bah yang berada di Makkah bersama Nabi Ismail as.
Tidak terlalu sulit untuk membuat benang merah dari kedua kejadian tersebut, kan?

nothingman wrote:

waduuh, yg merasa ragu dn mengganggap janggal itu mungkin bukan cm sy dan bro Yopi aj bro, mungkin banyak jg orang lain yg merasa seperti itu.. :)

Yang tidak merasa ragu dan tidak menganggap janggal pun bukan cuma saya, bro... banyak jg orang lain yg merasa seperti itu... hehehehe

nothingman wrote:
apanya yg mudah bro ?? justru anda membuat/menarik kesimpulan dgn cara yg (apa ya kata2 yg sopan utk menggantikan kata 'dangkal') ?!?
pd ayat2 di QS ASH SHAAFFAAT (37:99- 133), tidak satupun yg menyebutkan Ismail yg dikorbankan atau kapan kelahiran Ismail begitu pula dgn ayat2 lainnya seperti yg sudah bro Lancah jelaskan, tidak ada satupun yg menjelaskan ttg pengorbanan Ismail atau kejadian ttg kelahirannya Ismail..
Justru di Alkitab, kitab yg anda dan penganut Muslim katakan sudah dipalsukan, malah menceritakan dengan sangat jelas dan detail ttg kelahiran dan pengorbanan anak2nya Abraham.. di Alkitab dijelaskan bro, mulai dr awal kelahiran anak2nya Abraham, siapa ibu dr anak2nya, siapa yg dikorbankan, bagaimana cara mengorbankan, dll..
amat sangat aneh bila di AlQuran yg dibilang sempurna itu isinya malah tidak jelas, kacau, dan banyak yg meragukan ??

Nah, Anda kembali hanya merujuk pada satu runutan ayat saja yaitu di Ash Shaaffaat.
Pantesan Anda tidak akan pernah memahami isi yang hendak disampaikan Allah SWT di dalam Al Quran.

Cobalah untuk memahami keterkaitan antara beberapa ayat di atas itu bro... insya Allah, mata Anda akan terbuka dan memahaminya.

Di Alkitab pun disebutkan Abraham mengorbankan anak satu2nya ... bukan begitu, bro?
Siapakah anak satu2nya yang tidak memiliki saudara?
Ismail.
Karena jika Ishak yang dimaksudkan maka status dia saat itu bukanlah anak satu2nya.... well, kecuali kalau Anda menganggap anak (haram?) yang dilahirkan dari budak (menurut Islam sudah diperistri) tidak setara dengan anak (kandung) dari istri (yang sah).
Kembali Ke Atas Go down
Silancah
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1492
Join date : 29.01.11
Lokasi : Bandung Barat

PostSubyek: Re: muslim menjawab: seputar isra mi;raj   7th December 2012, 06:19

St Yopi wrote:

Itu Kristen Protestan, bukan Kristen Katolik!

Ya sudah bro, kalau Anda membeda2kan antara Protestan dan Katolik, itu adalah hak Anda.
Tetapi Anda sudah mengetahui apa yang menyebabkan saya mengatakan menurut Alkitab Anda, Firaun tidak mati tenggelam... jadi pertanyaan di bawah sudah terjawab ya?
St Yopi wrote:

Kamu memang aneh, kitab mana yang mengatakan Firaun tidak mati? Shocked Very Happy Laughing

St Yopi wrote:
Apakah Islam kamu sama dengan Achmadiyah? Shocked Very Happy Laughing

Saya baru tahu posisi Protestan-Katolik ternyata bisa disamakan dengan Islam-Ahmadiyah

St Yopi wrote:

ssy dan banyak sekte sesat juga berdasarkan Alkitab, apakah mereka benar? Laughing

Yang bukan resmi dari Katolik bisa jadi sesat, so what? Very Happy Laughing

Oh yo wis... kalau Anda mengatakan Protestan adalah sekte sesat.... saya tidak berkomentar lagi, bro.
Itu hak Anda...
Kembali Ke Atas Go down
St Yopi
Calon Perwira
Calon Perwira


Jumlah posting : 428
Join date : 24.10.12

PostSubyek: Re: muslim menjawab: seputar isra mi;raj   7th December 2012, 07:52

Silancah wrote:
St Yopi wrote:

Itu Kristen Protestan, bukan Kristen Katolik!
Ya sudah bro, kalau Anda membeda2kan antara Protestan dan Katolik, itu adalah hak Anda.
Tetapi Anda sudah mengetahui apa yang menyebabkan saya mengatakan menurut Alkitab Anda, Firaun tidak mati tenggelam... jadi pertanyaan di bawah sudah terjawab ya?
St Yopi wrote:

Kamu memang aneh, kitab mana yang mengatakan Firaun tidak mati? Shocked Very Happy Laughing
Lho saya tanya kitab mana yang blg Firaun tidak mati kok ngoceh tidak karuan? Laughing
Silancah wrote:

St Yopi wrote:
Apakah Islam kamu sama dengan Achmadiyah? Shocked Very Happy Laughing
Saya baru tahu posisi Protestan-Katolik ternyata bisa disamakan dengan Islam-Ahmadiyah
St Yopi wrote:

ssy dan banyak sekte sesat juga berdasarkan Alkitab, apakah mereka benar? Laughing
Yang bukan resmi dari Katolik bisa jadi sesat, so what? Very Happy Laughing
Oh yo wis... kalau Anda mengatakan Protestan adalah sekte sesat.... saya tidak berkomentar lagi, bro. Itu hak Anda...
Intinya antara Katolik dan Protestan itu beda, paham?!
Kembali Ke Atas Go down
Silancah
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1492
Join date : 29.01.11
Lokasi : Bandung Barat

PostSubyek: Re: muslim menjawab: seputar isra mi;raj   7th December 2012, 08:29

St Yopi wrote:

Lho saya tanya kitab mana yang blg Firaun tidak mati kok ngoceh tidak karuan? Laughing

Lah itu... Alkitab yang bilang Firaun tidak mati... berdasarkan analisis rekan seiman Anda.
Ehhh... kecuali kalau orang Protestan bukan rekan seiman Anda ya...

Kalau analisis Anda berkata lain... ya itu terserah Anda.
Ini hanya menegaskan kalau tafsiran/analisis Alkitab itu bisa bermacam2 ya

St Yopi wrote:

Intinya antara Katolik dan Protestan itu beda, paham?!

Paham sekali bro...
Contoh yang terkini, analisis/tafsir/pemahaman tentang Firaun ikut mati bersama pasukannya ternyata berbeda antara Katolik dan Protestan.


Terakhir diubah oleh Silancah tanggal 7th December 2012, 12:34, total 1 kali diubah
Kembali Ke Atas Go down
nothingman
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1503
Join date : 13.11.12

PostSubyek: Re: muslim menjawab: seputar isra mi;raj   7th December 2012, 09:24

Silancah wrote:
nothingman wrote:

jelas bagaimana bro ??
pada ayat2 yg bro berikan diatas tidak ada tuh satupun yg mengatakan/menjelaskan bahwa Ismail itu adlh kakak dr Ishak.. krn kapan kelahiran Ismail pun tidak dijelaskan secara gamblang, apa lg yg menjelaskan bahwa anak yg dikorbankan itu adl Ismail.. (sepertinya Ismail ini statusnya cuma anak 'buangan' aj bro, kapan kelahiran dan siapa ibunya pun tidak diketahui/dijelaskan ol Malaikat Jibril)

Sudah jelas lah bro...
Nabi Ibrahim as mendapatkan seorang anak lalu muncul peristiwa penyembelihan setelahnya lahirlah Nabi Ishak as.
Di lain ayat disebutkan Nabi Ibrahim as dan putranya Nabi Ismail as meninggikan Ka'bah.

Nabi Ibrahim as hanya memiliki dua orang anak.
Jadi siapakah anak yang dilahirkan sebelum Nabi Ishak as?
jelas apenyee bro.....?!?
coba anda tunjukkan mana ayat di Al-Quran yg menyatakan bahwa Ismail pernah dilahirkan...?? atau ayat yg mengatakan bahwa Ismail itu putera/anaknya Ibrahim ??
sy udah nyari2 tp kok nda ketemu ya ayatnya.. coba anda tolong carikan donk ayatnya bro..
pd ayat2 yg sebelumnya bro berikan tidak ada tuh yg menjelaskan ttg hal tsb.. klo kelahirannya Ishak sih udah jelas ada ayatnya.. tp klo kelahirannya Ismail manaaaa...????
makanya sebelumnya sy bilang, jangan2 Ismail ini anak buangan doank jd tidak dianggap anak ol Ibrahim.. :)

Silancah wrote:

Menurut saya sih sudah jelas siapa ayah Nabi Ismail as.
Kalau permasalahan ibunya tidak disebutkan, saya katakan bahwa kelengkapan Al Quran tidak dilihat dari informasi silsilah seperti buku sejarah atau bahkan Perjanjian Lama melainkan isinya yang dipenuhi dengan wahyu Allah SWT yang mengajarkan umat manusia kepada kebaikan dan apa yang tidak boleh dilanggar yang mengerucut pada ajaran ketauhidan.
Mungkin menurut Anda, permasalahan silsilah adalah hal yang (paling) penting, menurut kami sih tidak.
Yang penting adalah ajaran yang disampaikan olehnya.
ya, sudah SANGAT jelas di Al-Quran tidak pernah menyebutkan ttg kelahiran Ismail atau menyatakan bahwa Ismail adlh anak dr Ibrahim.. artinya di dlm Al-Quran, Ismail tidak pernah diakui sebagai anak Ibrahim bro.. itu point pentingnya..

Silancah wrote:

nothingman wrote:

lwalaaah... saya bingung dgn cara anda berpikir dlm membuat kesimpulan bro..

Coba dibaca pelan2 lagi bro,
Di salah satu ayat, Nabi Ibrahim as meninggalkan seorang anak di Makkah.
Lalu di ayat lain, beliau meninggikan Ka'bah yang berada di Makkah bersama Nabi Ismail as.
Tidak terlalu sulit untuk membuat benang merah dari kedua kejadian tersebut, kan?
mana ayat yg menyatakan bahwa Ibrahim meninggalkan seorang anak di Mekah bro...??? ayat yg ini :
[14:37] Ya Tuhan kami, sesungguhnya aku telah menempatkan sebahagian keturunanku di lembah yang tidak mempunyai tanam-tanaman di dekat rumah Engkau (Baitullah) yang dihormati, ................

saya udah baca pelan-pelaaaaaan banget broo... sampe pegeel nih mata....
tp kok kaga ada tuh yg bilang klo Ibrahim ninggalin seorang anak..?? yg ada adl 'sebagian keturunan'.. sebagian keturuan itu bisa anak, bisa cucu, bisa cicit, dst..
apa lg yg menyatakan bahwa anak yg ditinggal itu adl Ismail..?? lah wong kelahirannya Ismail aj masih belum jelas, apa iya dia bisa disebut anaknya Ibrahim..??

Silancah wrote:

nothingman wrote:
apanya yg mudah bro ?? justru anda membuat/menarik kesimpulan dgn cara yg (apa ya kata2 yg sopan utk menggantikan kata 'dangkal') ?!?
pd ayat2 di QS ASH SHAAFFAAT (37:99- 133), tidak satupun yg menyebutkan Ismail yg dikorbankan atau kapan kelahiran Ismail begitu pula dgn ayat2 lainnya seperti yg sudah bro Lancah jelaskan, tidak ada satupun yg menjelaskan ttg pengorbanan Ismail atau kejadian ttg kelahirannya Ismail..
Justru di Alkitab, kitab yg anda dan penganut Muslim katakan sudah dipalsukan, malah menceritakan dengan sangat jelas dan detail ttg kelahiran dan pengorbanan anak2nya Abraham.. di Alkitab dijelaskan bro, mulai dr awal kelahiran anak2nya Abraham, siapa ibu dr anak2nya, siapa yg dikorbankan, bagaimana cara mengorbankan, dll..
amat sangat aneh bila di AlQuran yg dibilang sempurna itu isinya malah tidak jelas, kacau, dan banyak yg meragukan ??

Nah, Anda kembali hanya merujuk pada satu runutan ayat saja yaitu di Ash Shaaffaat.
Pantesan Anda tidak akan pernah memahami isi yang hendak disampaikan Allah SWT di dalam Al Quran.

Cobalah untuk memahami keterkaitan antara beberapa ayat di atas itu bro... insya Allah, mata Anda akan terbuka dan memahaminya.
mata sy bukan sudah bukan terbuka lg bro.. bener2 sampe melotot tp masih belum paham jg...

Silancah wrote:

Di Alkitab pun disebutkan Abraham mengorbankan anak satu2nya ... bukan begitu, bro?
Siapakah anak satu2nya yang tidak memiliki saudara?
Ismail.
Karena jika Ishak yang dimaksudkan maka status dia saat itu bukanlah anak satu2nya.... well, kecuali kalau Anda menganggap anak (haram?) yang dilahirkan dari budak (menurut Islam sudah diperistri) tidak setara dengan anak (kandung) dari istri (yang sah).
klo di Alkitab sih sangat jelas dan rinci kronologisnya bro, jangan anda bandingkan dgn yg ada di Al-Quran yg isinya acak2an, meragukan dan tidak jelas begitu..
dlm Alkitab, sebelum kejadian pengorbanan Ishak, Abraham sudah mengusir Siti Hajar dan Ismail... Ismail udah kaga dianggep anak lg sm Abraham dan Allah pun merestui tindakan tsb.. krn Ismail merupakan anak yg terlahir krn 'keterpaksaan'.. keterpaksaannya siapa bro ??
ya keterpaksaan Sarah isterinya Abraham lah, krn dia merasa kuatir, sedih, dan takut klo nti suami tercintanya Abraham akan wafat tanpa memiliki keturunan, pd hal mereka sudah tua.. oleh karena rasa cintanya kepada Abraham, lalu Sarah merelakan Abraham utk memperistri budaknya Siti Hajar demi memperoleh keturunan.. ceritanya ternyata setelah mengandung/melahirkan anak dr Abraham, eeh Siti Hajar jd 'narsis' dan malah merendahkan Sarah..
denger2 sih Siti Hajar 'mengejek' Sarah, kira2 begini ceritanya :
Siti Hajar : "eeh Sarah, liat nih gue punye anak dr Abraham, kaga kaye lo yg mandul.. lo inget ye, nti klo anak ini udah gede, pasti nyang bakal dpt warisan dr Abraham, n nti gantian gue nyuruh anak gue si Ma'il utk jadiin lo budak gw.."
Sarah : "waduuuh.. bener2 lupa daratan lo 'Jar... dulu yg restuin Abraham utk nikah lg sm lo tuh guee.. gue rela n ikhlas ngijinin Abraham kawin lg tuh supaya anak loe jd penerus keturunannya dia.. tp emang dasar loe kaga tau trima kasih, biar nti Tuhan yg bales semua perbuatan lo.."

Nah setelah kejadian tsb, singkat cerita Tuhan memberkati Sarah, sehingga dia memiliki anak yg dinamai Ishak bro..
oleh karena Sarah telah memiliki seorang anak laki2 dr Abraham, dan mengingat kejadian yg lalu (penghinaan ol Siti Hajar), maka Sarah meminta Abraham utk mengusir Siti Hajar dan Ismail dr rumahnya.. awalnya Abraham merasa keberatan atas permintaan Sarah itu, tp akhirnya Tuhan berfirman kpd Abraham utk melakukan permintaan Sarah isterinya, dan Tuhan menegaskan bahwa yg akan disebut sebagai keturunanmu ialah yg berasal dr Ishak..
tuuh bro, begitu kira2 ceritanya.. jd sejak saat itu Ismail udah kaga diangep lg sebagai anak/keturunan Abraham dan Ishak lah yg menjadi anak satu2nya..
baru setelah itu peristiwa pengorbanan anaknya Abraham bro... siapa ?? ya udah jelas Ishak lah yg akan dikorbankan, bukan si Mail bro....

Kembali Ke Atas Go down
Silancah
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1492
Join date : 29.01.11
Lokasi : Bandung Barat

PostSubyek: Re: muslim menjawab: seputar isra mi;raj   7th December 2012, 12:35

Bro nothingman,

Insya Allah akan saya jawab semua pertanyaan di atas.
Harap bersabar ya bro.

Weekend dan mungkin seminggu depan ini saya off dulu, mungkin kalaupun masuk LTB hanya sejenak saja untuk membaca postingan yang ada.

Salam,
Kembali Ke Atas Go down
St Yopi
Calon Perwira
Calon Perwira


Jumlah posting : 428
Join date : 24.10.12

PostSubyek: Re: muslim menjawab: seputar isra mi;raj   7th December 2012, 15:30

Silancah wrote:
St Yopi wrote:

Lho saya tanya kitab mana yang blg Firaun tidak mati kok ngoceh tidak karuan? Laughing
Lah itu... Alkitab yang bilang Firaun tidak mati... berdasarkan analisis rekan seiman Anda.
Ehhh... kecuali kalau orang Protestan bukan rekan seiman Anda ya...
Heeeiiiiiiii!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Jangan seperti orang tidak berpendidikan!

Saya tanya kitab mana, kamu blg Alkitab disisipi dengan analisa Protestan!!!!!!

Kalo berdiskusi jangan licik seperti itu!!!!!!!!!

Itu menjijikkan!!!!!!!!!!!!!!!!!

Memangnya Muhammad mengajarkan kamu seperti itu? Kemungkinan Muhammad selicik kamu!

Jawab saja, apakah Alkitab menuliskan Firaun tidak mati atau tidak!!!!!!!!!!!!!!

Paham?!
Silancah wrote:

Kalau analisis Anda berkata lain... ya itu terserah Anda.
Ini hanya menegaskan kalau tafsiran/analisis Alkitab itu bisa bermacam2 ya
St Yopi wrote:

Intinya antara Katolik dan Protestan itu beda, paham?!
Paham sekali bro...
Contoh yang terkini, analisis/tafsir/pemahaman tentang Firaun ikut mati bersama pasukannya ternyata berbeda antara Katolik dan Protestan.
Lha Islam sendiri kalau menafsirkan seenak udel pak haji Rhoma dkk kok!

Ada yang bilang rokok haram, ada yang tidak!
Masih ada ribuan lagi Alquran yang seenak udelnya para bang Haji Very Happy Laughing
Kembali Ke Atas Go down
nothingman
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1503
Join date : 13.11.12

PostSubyek: Re: muslim menjawab: seputar isra mi;raj   7th December 2012, 20:26

Silancah wrote:
Bro nothingman,

Insya Allah akan saya jawab semua pertanyaan di atas.
Harap bersabar ya bro.

Weekend dan mungkin seminggu depan ini saya off dulu, mungkin kalaupun masuk LTB hanya sejenak saja untuk membaca postingan yang ada.

Salam,

ok bro, akan sy tunggu penjelasan dr bro Lancah...

santai aj bro n jangan sampai mengganggu aktivitas dan pekerjaan anda.. krn masalah pekerjaan, sy jg kadang tidak bisa selalu berdiskusi dgn anda di forum ini..
ya sudah selamat menunaikan keperluan anda deh bro..

Salam,
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: muslim menjawab: seputar isra mi;raj   12th December 2012, 08:26

Okey, saya ikut nunggu.

Salam damai.

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
nothingman
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1503
Join date : 13.11.12

PostSubyek: Re: muslim menjawab: seputar isra mi;raj   14th December 2012, 10:08

Husada wrote:
Okey, saya ikut nunggu.

Salam damai.
Yupp, mari sama2 kita tunggu penjelasan yg akan diberikan ol bro Lancah..

karena sebenarnya ada banyak sekali peristiwa di Alkitab yg isinya bertentangan/tidak sama dgn yg di Al Quran, dan penjelasan yg diberikan ol Muhammad atau Malikat Jibrilnya ini banyak yg tidak jelas/meragukan..
seperti : siapa identitas orang yg wajahnya 'diserupakan' seperti Yesus pd saat penyaliban, lalu ada lg tentang berapa banyak kutukan/tulah yg ditimpakan kpd Firaun (di AlQuran cuma ada 5 kutukan tp di Alkitab ada 10)
[QS 7] Maka Kami kirimkan kepada mereka taufan, belalang, kutu, katak dan darah sebagai bukti yang jelas, tetapi mereka tetap menyombongkan diri dan mereka adalah kaum yang berdosa.

ini mana yg bener..?? Sad

Salam damai,
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: muslim menjawab: seputar isra mi;raj   14th December 2012, 12:32

Quote :
banyak kutukan/tulah yg ditimpakan kpd Firaun (di AlQuran cuma ada 5 kutukan tp di Alkitab ada 10)
[QS 7] Maka Kami kirimkan kepada mereka taufan, belalang, kutu, katak dan darah sebagai bukti yang jelas, tetapi mereka tetap menyombongkan diri dan mereka adalah kaum yang berdosa.

ini mana yg bener..??


Sebenarnya mudah saja, karena selain dari Alkitab dan Quran, kita masih memiliki pembanding, yakni Taurat (kitab Yahudi), maka siapa yang paling sesuai dan yang melenceng, bisa dilihat dari perbandingan itu.

Cool

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
nothingman
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1503
Join date : 13.11.12

PostSubyek: Re: muslim menjawab: seputar isra mi;raj   14th December 2012, 16:25

bruce wrote:
Quote :
banyak kutukan/tulah yg ditimpakan kpd Firaun (di AlQuran cuma ada 5 kutukan tp di Alkitab ada 10)
[QS 7] Maka Kami kirimkan kepada mereka taufan, belalang, kutu, katak dan darah sebagai bukti yang jelas, tetapi mereka tetap menyombongkan diri dan mereka adalah kaum yang berdosa.

ini mana yg bener..??


Sebenarnya mudah saja, karena selain dari Alkitab dan Quran, kita masih memiliki pembanding, yakni Taurat (kitab Yahudi), maka siapa yang paling sesuai dan yang melenceng, bisa dilihat dari perbandingan itu.

Cool

lhooo... kan sebelumnya bro bruce pernah bilang, klo umat Muslim menuduh penganut Yahudi dan Kristen itu sekongkol utk sama2 memalsukan apa yg ada di Alkitab dan Taurat... jd apa yg ada dlm Kitab Taurat udah pasti sama/sesuai dgn yg ada di Akitab lah bro...
hehhehehehe.. Laughing
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: muslim menjawab: seputar isra mi;raj   14th December 2012, 16:48

Quote :
lhooo... kan sebelumnya bro bruce pernah bilang, klo umat Muslim menuduh penganut Yahudi dan Kristen itu sekongkol utk sama2 memalsukan apa yg ada di Alkitab dan Taurat... jd apa yg ada dlm Kitab Taurat udah pasti sama/sesuai dgn yg ada di Akitab lah bro...
hehhehehehe..

Naaaaah, itu yang mengherankan. Kalau ada anggapan Kristen dan Yahudi bisa 'sekongkolan' memalsukan 'kitab-kitab' mereka, maka kemungkinan besar yang menyampaikan 'tuduhan persekongkolan' itu sendirilah yang memang perlu introspeksi.

Begitulah kira kira, bro, he he he.

Cool

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: muslim menjawab: seputar isra mi;raj   17th December 2012, 11:57

bruce wrote:
Naaaaah, itu yang mengherankan. Kalau ada anggapan Kristen dan Yahudi bisa 'sekongkolan' memalsukan 'kitab-kitab' mereka, maka kemungkinan besar yang menyampaikan 'tuduhan persekongkolan' itu sendirilah yang memang perlu introspeksi.
Begitulah kira kira, bro, he he he.
Cool
Introspeksi? Ya, itu merupakan hal yang bagus, dan mungkin dilakukan oleh orang yang mempunyai nalar sehat.

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
Silancah
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1492
Join date : 29.01.11
Lokasi : Bandung Barat

PostSubyek: Re: muslim menjawab: seputar isra mi;raj   18th December 2012, 11:36

St Yopi wrote:

Heeeiiiiiiii!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Jangan seperti orang tidak berpendidikan!

Saya tanya kitab mana, kamu blg Alkitab disisipi dengan analisa Protestan!!!!!!

Kalo berdiskusi jangan licik seperti itu!!!!!!!!!

Itu menjijikkan!!!!!!!!!!!!!!!!!

Memangnya Muhammad mengajarkan kamu seperti itu? Kemungkinan Muhammad selicik kamu!

Jawab saja, apakah Alkitab menuliskan Firaun tidak mati atau tidak!!!!!!!!!!!!!!

Paham?!

Anda tanya kitab mana? Saya jawab kitab Perjanjian Lama.
Saya rasa di dalam kitab PL itu memang tidak disebutkan dengan gamblang bahwa Firaun yang memerintah meninggal ditelan laut sehingga rekan2 seiman Anda yang beragama Protestan memiliki analisis seperti itu.

Keluaran 14:6 Lalu raja menyiapkan kereta perang dan tentaranya.
14:7 Ia berangkat dengan semua keretanya, termasuk enam ratus kereta istimewa, yang dikendarai oleh para perwiranya.
14:8 Demikianlah TUHAN mengeraskan hati Firaun, raja Mesir itu, sehingga ia mengejar orang Israel. Tetapi orang Israel berjalan terus dipimpin oleh tangan yang dinaikkan.
14:23 Orang Mesir dengan semua kuda, kereta dan pengendaranya mengejar terus dan mengikuti orang Israel ke tengah laut.
14:27 Lalu Musa mengacungkan tangannya ke atas laut dan pada waktu fajar merekah, air kembali pada keadaannya yang semula. Orang Mesir berusaha menyelamatkan diri, tetapi TUHAN menenggelamkan mereka ke dalam laut.
14:28 Berbaliklah segala air itu, lalu menutupi kereta dan orang berkuda dari seluruh pasukan Firaun, yang telah menyusul orang Israel itu ke laut; seorangpun tidak ada yang tinggal dari mereka./Air laut berbalik dan menutupi kereta-kereta, pengendara-pengendara, dan seluruh tentara Mesir yang mengejar orang Israel ke tengah laut, sehingga mereka mati semua.
14:30 Pada hari itu TUHAN menyelamatkan bangsa Israel dari serangan orang Mesir, dan mereka melihat mayat-mayat orang Mesir terdampar di pantai.
Keluaran 15:4 Tentara Mesir dan semua keretanya dilemparkan-Nya ke dalam laut. Perwira-perwira yang paling gagah tenggelam di Laut Gelagah.

Kalau kita perhatikan di atas, pada awal pengejaran disebutkan bahwa Firaun berubah pikiran dan mengejar orang Israel. Di ayat ke-8 disebutkan dengan jelas tokoh Firaun, raja Mesir tersebut. Tetapi pada terjadi penenggelaman tersebut, sosok Firaun tidak pernah disebutkan lagi, yang disebut adalah orang Mesir atau seluruh pasukan Firaun atau seluruh tentara Mesir atau Tentara Mesir

Apakah ini yang menyebabkan rekan2 seiman Anda di sabda.net itu menyimpulkan bahwa Firaun tidak turut dalam pengejarannya sehingga tidak turut mati di dalam laut?

Atau apakah sesungguhnya Firaun turut dalam pengejaran tetapi ketika tentaranya masuk ke dalam Laut Teberau, dia tidak ikut ke dalamnya dan mengawasi dari tepi sungai? Sehingga ketika air laut berbalik, dia tidak ikut tenggelam? (Seperti yang diilustrasikan dalam film The Ten Commandments yang menyitir kisah dari Perjanjian Lama).

Saya dapat memahami analisis yang dilakukan rekan2 seiman Anda berdasarkan ayat2 di atas yang tidak secara jelas mengatakan bahwa Firaun turut mati bersama pasukannya. Tetapi saya pun, sejujurnya, dapat memahami analisis Anda yang menyimpulkan Firaun turut mati bersama pasukannya berdasarkan ayat2 di atas, karena itulah kesimpulan (Anda) yang saya dapat ketika membaca ayat2 di atas berulang-ulang dalam usaha menyelami jalan pemikiran rekan2 Protestan di sabda.net tersebut.

Perlu diakui bahwa ayat2 di atas tidaklah segamblang di dalam Al Quran
QS Yunus 10:90 "Dan Kami memungkinkan Bani Israel melintasi laut, lalu mereka diikuti oleh Firaun dan bala tentaranya, karena hendak menganiaya dan menindas (mereka); hingga bila Firaun itu telah hampir tenggelam berkatalah dia:..."
10-92 "Maka pada hari ini Kami selamatkan badanmu supaya kamu dapat menjadi pelajaran bagi orang-orang yang datang sesudahmu dan sesungguhnya kebanyakan dari manusia lengah dari tanda-tanda kekuasaan Kami."
Kembali Ke Atas Go down
Silancah
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1492
Join date : 29.01.11
Lokasi : Bandung Barat

PostSubyek: Re: muslim menjawab: seputar isra mi;raj   18th December 2012, 11:47

bruce wrote:
Sebenarnya mudah saja, karena selain dari Alkitab dan Quran, kita masih memiliki pembanding, yakni Taurat (kitab Yahudi), maka siapa yang paling sesuai dan yang melenceng, bisa dilihat dari perbandingan itu.

Cool

Bang bruce, hanya me-refresh saja.

Perjanjian Lama itu disalin dari kitab/manuskrip apa ya?
Lalu Taurat yang sekarang itu disalin dari kitab/manuskrip apa ya?
Kembali Ke Atas Go down
Silancah
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1492
Join date : 29.01.11
Lokasi : Bandung Barat

PostSubyek: Re: muslim menjawab: seputar isra mi;raj   18th December 2012, 12:36

St Yopi wrote:

Memangnya Muhammad mengajarkan kamu seperti itu? Kemungkinan Muhammad selicik kamu!

Jawab saja, apakah Alkitab menuliskan Firaun tidak mati atau tidak!!!!!!!!!!!!!!

BTW, saya protes keras dengan ungkapan di atas.
Terserah Anda mau menganggap saya licik atau bagaimana.

Tapi tolong jangan bawa2 nama Nabi kami apalagi dalam ucapan yang melecehkan dan menyakitkan seperti di atas!
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: muslim menjawab: seputar isra mi;raj   18th December 2012, 12:53

Silancah wrote:
bruce wrote:
Sebenarnya mudah saja, karena selain dari Alkitab dan Quran, kita masih memiliki pembanding, yakni Taurat (kitab Yahudi), maka siapa yang paling sesuai dan yang melenceng, bisa dilihat dari perbandingan itu.

Cool

Bang bruce, hanya me-refresh saja.

Perjanjian Lama itu disalin dari kitab/manuskrip apa ya?
Lalu Taurat yang sekarang itu disalin dari kitab/manuskrip apa ya?

Taurat darimana? Mungkin link ini bisa membantu menjelaskan, kang :
Silahkan klik


Sedangkan Perjanjian Lama :

1. Tentang salinan PL: Salinan paling tua dari Perjanjian Lama dalam bahasa Ibrani adalah Nash Papyrus yang ditemukan di Mesir dan kemudian dibeli oleh W.L. Nash di tahun 1898. Salinan ini adalah berupa empat bagian papyrus, yang setelah diteliti pada awalnya diperkirakan sekitar abad ke-2, namun setelah diteliti ulang, kemungkinan Nash Papyrus ini berasal dari tahun 150-100 SM. Namun, kalau ditanya salinan yang cukup lengkap dari Perjanjian Lama dalam bahasa Ibrani adalah sebagai berikut (disebut Masoretic Text/ MT): the Aleppo Codex (A) tahun 925, yang memuat seluruh Kitab Suci Ibrani, walaupun sebagian besar Kitab Taurat tidak ada; the Leningrad Codex (L) tahun 1008, yang memuat seluruh Kitab Suci Ibrani; the British Museum MS 4445 (B) tahun 925, yang memuat seluruh Kitab Musa; the Cairo Codex (C) tahun 896, yang memuat kitab-kitab para nabi. Dan penemuan yang terbaru adalah Dead Sea Scrolls (1947-1956). Semua manuskrip tersebut masih ada sampai sekarang. Beberapa bagian dari Dead Sea Scrolls sangat sesuai dengan translasi Septuagint (LXX) Perjanjian Lama.

Dalam Catholic Bible Dictionary, disebutkan bahwa awal dari Septuagint mempunyai beberapa cerita. Pertama, dapat dilihat dari Letter of Aristeas pada abad ke-2, yang menyebutkan bahwa King Ptolemy II Philadelphus dari Mesir meminta salinan dari Kitab Suci Yahudi untuk ditempatkan di dalam perpustakaan di Alexandria. Karena tidak dapat membaca Kitab Suci dalam bahasa Ibrani, maka raja tersebut memerintahkan 72 atau 70 ahli dari Palestina untuk menterjemahkan Kitab Suci Yahudi ke dalam bahasa Yunani. Kemungkinan yang lain adalah karena banyak kaum Yahudi yang tinggal di daerah yang menggunakan bahasa Yunani, maka membaca tulisan Ibrani kuno menjadi sangat sulit. Untuk itu diperlukan terjemahan dari Kitab Suci dalam bahasa Ibrani ke Yunani. Septuagint ini juga masuk dalam Perjanjian Baru, yang dapat dibuktikan bahwa banyak kutipan dari Perjanjian Baru mengambil referensi dari Perjanjian Lama Septuagint. Bahkan banyak bapa Gereja, dalam tulisan-tulisan mereka juga mengambil kutipan dari Septuagint.

2. Perjanjian Lama lengkap yang dimiliki oleh Gereja Katolik adalah Codex Vaticanus, yang memuat Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru dalam bahasa Yunani. Keotentikannya adalah, seperti yang dijelaskan di atas, Septuagint dipakai dalam kutipan Perjanjian Lama, dikutip oleh para Bapa Gereja, dan Dead Sea Scrolls memperkuat keakuratan Septuagint. Dengan demikian, kita dapat melihat bahwa Septuagint sesungguhnya adalah manuskrip yang dapat dipercaya. Manuskrip-manuskrip yang pernah saya sebutkan tidak memuat seluruh Perjanjian Lama, melainkan hanya bagian-bagian dari PL. Dan untuk mengetahui umur dari manuskrip tersebut dipergunakan carbon-14 dating, yang menganalisa kandungan radioaktif karbon pada manuskrip tersebut.


3. Tentang Codex Siniaticus dan Codex Vaticanus: Codex Sinaiticus dan Codex Vaticanus adalah manuskrip Yunani tertua dari Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru. Codex Sinaiticus ditemukan di Gunung Sinai, di biara St. Catherine. Manuskrip ini hampir sama dengan Codex Vaticanus. Kedua-duanya diperkirakan ditulis abad ke-4. Codex Sinaiticus tersimpan di British Library dan Codex Vaticanus tersimpan di Vatican Library. Dead Sea Scroll adalah manusrip sebagian Perjanjian Lama dan beberapa manuskrip yang lain, yang ditulis dalam bahasa Ibrani, Aram dan Yunani. Manuskrip ini dipercaya ditulis sekitar tahun 150BC – 70AD.




Jadi walau isinya sama, tetapi Alkitab PL tidaklah disalin dari Kitab Taurat yang dipegang oleh orang Yahudi, kang. Karena Katolik jelas menyalin Alkitab PL dari sumber yang dimiliki oleh Gereja Katolik sendiri.

Salam

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: muslim menjawab: seputar isra mi;raj   19th December 2012, 09:32

Damai sejahtera bagi LTBers sekalian.
bruce wrote:
Taurat darimana? Mungkin link ini bisa membantu menjelaskan, kang :
Silahkan klik
Sedangkan Perjanjian Lama :
1. Tentang salinan PL: Salinan paling tua dari Perjanjian Lama dalam bahasa Ibrani adalah Nash Papyrus yang ditemukan di Mesir dan kemudian dibeli oleh W.L. Nash di tahun 1898. Salinan ini adalah berupa empat bagian papyrus, yang setelah diteliti pada awalnya diperkirakan sekitar abad ke-2, namun setelah diteliti ulang, kemungkinan Nash Papyrus ini berasal dari tahun 150-100 SM. Namun, kalau ditanya salinan yang cukup lengkap dari Perjanjian Lama dalam bahasa Ibrani adalah sebagai berikut (disebut Masoretic Text/ MT): the Aleppo Codex (A) tahun 925, yang memuat seluruh Kitab Suci Ibrani, walaupun sebagian besar Kitab Taurat tidak ada; the Leningrad Codex (L) tahun 1008, yang memuat seluruh Kitab Suci Ibrani; the British Museum MS 4445 (B) tahun 925, yang memuat seluruh Kitab Musa; the Cairo Codex (C) tahun 896, yang memuat kitab-kitab para nabi. Dan penemuan yang terbaru adalah Dead Sea Scrolls (1947-1956). Semua manuskrip tersebut masih ada sampai sekarang. Beberapa bagian dari Dead Sea Scrolls sangat sesuai dengan translasi Septuagint (LXX) Perjanjian Lama.
Dalam Catholic Bible Dictionary, disebutkan bahwa awal dari Septuagint mempunyai beberapa cerita. Pertama, dapat dilihat dari Letter of Aristeas pada abad ke-2, yang menyebutkan bahwa King Ptolemy II Philadelphus dari Mesir meminta salinan dari Kitab Suci Yahudi untuk ditempatkan di dalam perpustakaan di Alexandria. Karena tidak dapat membaca Kitab Suci dalam bahasa Ibrani, maka raja tersebut memerintahkan 72 atau 70 ahli dari Palestina untuk menterjemahkan Kitab Suci Yahudi ke dalam bahasa Yunani. Kemungkinan yang lain adalah karena banyak kaum Yahudi yang tinggal di daerah yang menggunakan bahasa Yunani, maka membaca tulisan Ibrani kuno menjadi sangat sulit. Untuk itu diperlukan terjemahan dari Kitab Suci dalam bahasa Ibrani ke Yunani. Septuagint ini juga masuk dalam Perjanjian Baru, yang dapat dibuktikan bahwa banyak kutipan dari Perjanjian Baru mengambil referensi dari Perjanjian Lama Septuagint. Bahkan banyak bapa Gereja, dalam tulisan-tulisan mereka juga mengambil kutipan dari Septuagint.
2. Perjanjian Lama lengkap yang dimiliki oleh Gereja Katolik adalah Codex Vaticanus, yang memuat Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru dalam bahasa Yunani. Keotentikannya adalah, seperti yang dijelaskan di atas, Septuagint dipakai dalam kutipan Perjanjian Lama, dikutip oleh para Bapa Gereja, dan Dead Sea Scrolls memperkuat keakuratan Septuagint. Dengan demikian, kita dapat melihat bahwa Septuagint sesungguhnya adalah manuskrip yang dapat dipercaya. Manuskrip-manuskrip yang pernah saya sebutkan tidak memuat seluruh Perjanjian Lama, melainkan hanya bagian-bagian dari PL. Dan untuk mengetahui umur dari manuskrip tersebut dipergunakan carbon-14 dating, yang menganalisa kandungan radioaktif karbon pada manuskrip tersebut.
3. Tentang Codex Siniaticus dan Codex Vaticanus: Codex Sinaiticus dan Codex Vaticanus adalah manuskrip Yunani tertua dari Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru. Codex Sinaiticus ditemukan di Gunung Sinai, di biara St. Catherine. Manuskrip ini hampir sama dengan Codex Vaticanus. Kedua-duanya diperkirakan ditulis abad ke-4. Codex Sinaiticus tersimpan di British Library dan Codex Vaticanus tersimpan di Vatican Library. Dead Sea Scroll adalah manusrip sebagian Perjanjian Lama dan beberapa manuskrip yang lain, yang ditulis dalam bahasa Ibrani, Aram dan Yunani. Manuskrip ini dipercaya ditulis sekitar tahun 150BC – 70AD.
Jadi walau isinya sama, tetapi Alkitab PL tidaklah disalin dari Kitab Taurat yang dipegang oleh orang Yahudi, kang. Karena Katolik jelas menyalin Alkitab PL dari sumber yang dimiliki oleh Gereja Katolik sendiri.
Salam
Paparan yang sangat bagus. Terima kasih Bruce.

Jadi, artinya, cikal bakal, ato bahan kisah yang disalin ke PL itu masih dapat ditelusuri. Bahan kisah, ato cikal bakal kisah yang dimaksud tersebut sudah menjadi pegangan Kristen sejak awal (baik oleh pengiman trinitas maupun pengiman oneness). Termasuk pula disitu Ebyonit dan Nestorian. Seorang rahib Nestorian, Buhaira, setelah melihat Muhammad, telah meramalkan bahwa Muhammad muda adalah calon nabi. Seorang pendeta Ebyonit, Waraka bin Nawfal, yang menemukan Muhammad muda (saat berumur 5 tahun), dan telah berinteraksi dengan Muhammad ketika Muhammad hendak dikawini Khadijah. Rahib Nestorian dan pendeta Ebyionit ini, sangat wajar mengetahui dan mengingat-ingat kisah-kisah bahan PL tersebut, dan sangat berterima di akal bila mereka (Buhaira & Waraka) menyelipkan berbagai kisah itu dalam pembicaraannya, termasuk kepada Muhammad.

Jadi menimbulkan pertanyaan di benak, apakah kabar-kabar yang termuat dalam Al Qur'an, khususnya mengenai kisah-kisah mirip kisah PL, yang konon diterima langsung oleh Muhammad dari Allah melalui Jibril di dalam gua tanpa saksi, benar demikian? Benar-benar dari Allah melalui Jibril? Perlu diingat, bahwa sebelum bersemedi ke gua, Muhammad sudah berinteraksi dengan Buhaira dan Waraka. Dengan berdasarkan iman, kayaknya ada saja orang yang mengimani bahwa kisah-kisah mirip PL itu diterima oleh Muhammad dari Allah melalui Jibril dalam gua tanpa saksi. Tetapi dengan nalar sehat, bila merangkai kronologis bahwa Muhammad telah berinteraksi dengan tokoh-tokoh Kristen sebelum bersemedi ke dalam gua, kemudian sekeluar dari gua, Muhammad bilang bahwa kisah itu diterima langsung dari Allah melalui Jibril, menjadi sulit berterima di nalar. Apalagi mengetahui bahwa taqqiya merupakan salah satu metode yang kerap digunakan, menjadi semakin sulit berterima di nalar.

Damai, damai, damai.

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
St Yopi
Calon Perwira
Calon Perwira


Jumlah posting : 428
Join date : 24.10.12

PostSubyek: Re: muslim menjawab: seputar isra mi;raj   31st December 2012, 08:24

Silancah wrote:
St Yopi wrote:

Memangnya Muhammad mengajarkan kamu seperti itu? Kemungkinan Muhammad selicik kamu!
Jawab saja, apakah Alkitab menuliskan Firaun tidak mati atau tidak!!!!!!!!!!!!!!
BTW, saya protes keras dengan ungkapan di atas.
Terserah Anda mau menganggap saya licik atau bagaimana.
Tapi tolong jangan bawa2 nama Nabi kami apalagi dalam ucapan yang melecehkan dan menyakitkan seperti di atas!
Makanya kalau berdiskusi jangan sengaja ngelantur!
Kembali Ke Atas Go down
St Yopi
Calon Perwira
Calon Perwira


Jumlah posting : 428
Join date : 24.10.12

PostSubyek: Re: muslim menjawab: seputar isra mi;raj   31st December 2012, 08:35

Silancah wrote:
St Yopi wrote:

Heeeiiiiiiii!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
Jangan seperti orang tidak berpendidikan
Saya tanya kitab mana, kamu blg Alkitab disisipi dengan analisa Protestan!!!!!!
Kalo berdiskusi jangan licik seperti itu!!!!!!!!!
Itu menjijikkan!!!!!!!!!!!!!!!!!
Memangnya Muhammad mengajarkan kamu seperti itu? Kemungkinan Muhammad selicik kamu!
Jawab saja, apakah Alkitab menuliskan Firaun tidak mati atau tidak!!!!!!!!!!!!!!
Paham?!
Anda tanya kitab mana? Saya jawab kitab Perjanjian Lama.
Saya rasa di dalam kitab PL itu memang tidak disebutkan dengan gamblang bahwa Firaun yang memerintah meninggal ditelan laut sehingga rekan2 seiman Anda yang beragama Protestan memiliki analisis seperti itu.
Keluaran 14:6 Lalu raja menyiapkan kereta perang dan tentaranya.
14:7 Ia berangkat dengan semua keretanya, termasuk enam ratus kereta istimewa, yang dikendarai oleh para perwiranya.
14:8 Demikianlah TUHAN mengeraskan hati Firaun, raja Mesir itu, sehingga ia mengejar orang Israel. Tetapi orang Israel berjalan terus dipimpin oleh tangan yang dinaikkan.
14:23 Orang Mesir dengan semua kuda, kereta dan pengendaranya mengejar terus dan mengikuti orang Israel ke tengah laut.
14:27 Lalu Musa mengacungkan tangannya ke atas laut dan pada waktu fajar merekah, air kembali pada keadaannya yang semula. Orang Mesir berusaha menyelamatkan diri, tetapi TUHAN menenggelamkan mereka ke dalam laut.
14:28 Berbaliklah segala air itu, lalu menutupi kereta dan orang berkuda dari seluruh pasukan Firaun, yang telah menyusul orang Israel itu ke laut; seorangpun tidak ada yang tinggal dari mereka./Air laut berbalik dan menutupi kereta-kereta, pengendara-pengendara, dan seluruh tentara Mesir yang mengejar orang Israel ke tengah laut, sehingga mereka mati semua.
14:30 Pada hari itu TUHAN menyelamatkan bangsa Israel dari serangan orang Mesir, dan mereka melihat mayat-mayat orang Mesir terdampar di pantai.
Keluaran 15:4 Tentara Mesir dan semua keretanya dilemparkan-Nya ke dalam laut. Perwira-perwira yang paling gagah tenggelam di Laut Gelagah.
Kalau kita perhatikan di atas, pada awal pengejaran disebutkan bahwa Firaun berubah pikiran dan mengejar orang Israel. Di ayat ke-8 disebutkan dengan jelas tokoh Firaun, raja Mesir tersebut. Tetapi pada terjadi penenggelaman tersebut, sosok Firaun tidak pernah disebutkan lagi, yang disebut adalah orang Mesir atau seluruh pasukan Firaun atau seluruh tentara Mesir atau Tentara Mesir
Apakah ini yang menyebabkan rekan2 seiman Anda di sabda.net itu menyimpulkan bahwa Firaun tidak turut dalam pengejarannya sehingga tidak turut mati di dalam laut?
Atau apakah sesungguhnya Firaun turut dalam pengejaran tetapi ketika tentaranya masuk ke dalam Laut Teberau, dia tidak ikut ke dalamnya dan mengawasi dari tepi sungai? Sehingga ketika air laut berbalik, dia tidak ikut tenggelam? (Seperti yang diilustrasikan dalam film The Ten Commandments yang menyitir kisah dari Perjanjian Lama).
Saya dapat memahami analisis yang dilakukan rekan2 seiman Anda berdasarkan ayat2 di atas yang tidak secara jelas mengatakan bahwa Firaun turut mati bersama pasukannya. Tetapi saya pun, sejujurnya, dapat memahami analisis Anda yang menyimpulkan Firaun turut mati bersama pasukannya berdasarkan ayat2 di atas, karena itulah kesimpulan (Anda) yang saya dapat ketika membaca ayat2 di atas berulang-ulang dalam usaha menyelami jalan pemikiran rekan2 Protestan di sabda.net tersebut.
Perlu diakui bahwa ayat2 di atas tidaklah segamblang di dalam Al Quran
QS Yunus 10:90 "Dan Kami memungkinkan Bani Israel melintasi laut, lalu mereka diikuti oleh Firaun dan bala tentaranya, karena hendak menganiaya dan menindas (mereka); hingga bila Firaun itu telah hampir tenggelam berkatalah dia:..."
10-92 "Maka pada hari ini Kami selamatkan badanmu supaya kamu dapat menjadi pelajaran bagi orang-orang yang datang sesudahmu dan sesungguhnya kebanyakan dari manusia lengah dari tanda-tanda kekuasaan Kami."
Sama seperti nama Ismael dan nama kota kelahiran Abraham serta nama kitab Abraham tidak dituliskan oleh alquran, maka sama seperti kalian yang menuduh Alkitab diselewangkan, maka kami pun menuduh hal yang sama dengan Alquran!
Kembali Ke Atas Go down
St Yopi
Calon Perwira
Calon Perwira


Jumlah posting : 428
Join date : 24.10.12

PostSubyek: Re: muslim menjawab: seputar isra mi;raj   31st December 2012, 13:10

Husada wrote:
Damai sejahtera bagi LTBers sekalian.
bruce wrote:
Taurat darimana? Mungkin link ini bisa membantu menjelaskan, kang :
Silahkan klik
Sedangkan Perjanjian Lama :
1. Tentang salinan PL: Salinan paling tua dari Perjanjian Lama dalam bahasa Ibrani adalah Nash Papyrus yang ditemukan di Mesir dan kemudian dibeli oleh W.L. Nash di tahun 1898. Salinan ini adalah berupa empat bagian papyrus, yang setelah diteliti pada awalnya diperkirakan sekitar abad ke-2, namun setelah diteliti ulang, kemungkinan Nash Papyrus ini berasal dari tahun 150-100 SM. Namun, kalau ditanya salinan yang cukup lengkap dari Perjanjian Lama dalam bahasa Ibrani adalah sebagai berikut (disebut Masoretic Text/ MT): the Aleppo Codex (A) tahun 925, yang memuat seluruh Kitab Suci Ibrani, walaupun sebagian besar Kitab Taurat tidak ada; the Leningrad Codex (L) tahun 1008, yang memuat seluruh Kitab Suci Ibrani; the British Museum MS 4445 (B) tahun 925, yang memuat seluruh Kitab Musa; the Cairo Codex (C) tahun 896, yang memuat kitab-kitab para nabi. Dan penemuan yang terbaru adalah Dead Sea Scrolls (1947-1956). Semua manuskrip tersebut masih ada sampai sekarang. Beberapa bagian dari Dead Sea Scrolls sangat sesuai dengan translasi Septuagint (LXX) Perjanjian Lama.
Dalam Catholic Bible Dictionary, disebutkan bahwa awal dari Septuagint mempunyai beberapa cerita. Pertama, dapat dilihat dari Letter of Aristeas pada abad ke-2, yang menyebutkan bahwa King Ptolemy II Philadelphus dari Mesir meminta salinan dari Kitab Suci Yahudi untuk ditempatkan di dalam perpustakaan di Alexandria. Karena tidak dapat membaca Kitab Suci dalam bahasa Ibrani, maka raja tersebut memerintahkan 72 atau 70 ahli dari Palestina untuk menterjemahkan Kitab Suci Yahudi ke dalam bahasa Yunani. Kemungkinan yang lain adalah karena banyak kaum Yahudi yang tinggal di daerah yang menggunakan bahasa Yunani, maka membaca tulisan Ibrani kuno menjadi sangat sulit. Untuk itu diperlukan terjemahan dari Kitab Suci dalam bahasa Ibrani ke Yunani. Septuagint ini juga masuk dalam Perjanjian Baru, yang dapat dibuktikan bahwa banyak kutipan dari Perjanjian Baru mengambil referensi dari Perjanjian Lama Septuagint. Bahkan banyak bapa Gereja, dalam tulisan-tulisan mereka juga mengambil kutipan dari Septuagint.
2. Perjanjian Lama lengkap yang dimiliki oleh Gereja Katolik adalah Codex Vaticanus, yang memuat Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru dalam bahasa Yunani. Keotentikannya adalah, seperti yang dijelaskan di atas, Septuagint dipakai dalam kutipan Perjanjian Lama, dikutip oleh para Bapa Gereja, dan Dead Sea Scrolls memperkuat keakuratan Septuagint. Dengan demikian, kita dapat melihat bahwa Septuagint sesungguhnya adalah manuskrip yang dapat dipercaya. Manuskrip-manuskrip yang pernah saya sebutkan tidak memuat seluruh Perjanjian Lama, melainkan hanya bagian-bagian dari PL. Dan untuk mengetahui umur dari manuskrip tersebut dipergunakan carbon-14 dating, yang menganalisa kandungan radioaktif karbon pada manuskrip tersebut.
3. Tentang Codex Siniaticus dan Codex Vaticanus: Codex Sinaiticus dan Codex Vaticanus adalah manuskrip Yunani tertua dari Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru. Codex Sinaiticus ditemukan di Gunung Sinai, di biara St. Catherine. Manuskrip ini hampir sama dengan Codex Vaticanus. Kedua-duanya diperkirakan ditulis abad ke-4. Codex Sinaiticus tersimpan di British Library dan Codex Vaticanus tersimpan di Vatican Library. Dead Sea Scroll adalah manusrip sebagian Perjanjian Lama dan beberapa manuskrip yang lain, yang ditulis dalam bahasa Ibrani, Aram dan Yunani. Manuskrip ini dipercaya ditulis sekitar tahun 150BC – 70AD.
Jadi walau isinya sama, tetapi Alkitab PL tidaklah disalin dari Kitab Taurat yang dipegang oleh orang Yahudi, kang. Karena Katolik jelas menyalin Alkitab PL dari sumber yang dimiliki oleh Gereja Katolik sendiri.
Salam
Paparan yang sangat bagus. Terima kasih Bruce.

Jadi, artinya, cikal bakal, ato bahan kisah yang disalin ke PL itu masih dapat ditelusuri. Bahan kisah, ato cikal bakal kisah yang dimaksud tersebut sudah menjadi pegangan Kristen sejak awal (baik oleh pengiman trinitas maupun pengiman oneness). Termasuk pula disitu Ebyonit dan Nestorian. Seorang rahib Nestorian, Buhaira, setelah melihat Muhammad, telah meramalkan bahwa Muhammad muda adalah calon nabi. Seorang pendeta Ebyonit, Waraka bin Nawfal, yang menemukan Muhammad muda (saat berumur 5 tahun), dan telah berinteraksi dengan Muhammad ketika Muhammad hendak dikawini Khadijah. Rahib Nestorian dan pendeta Ebyionit ini, sangat wajar mengetahui dan mengingat-ingat kisah-kisah bahan PL tersebut, dan sangat berterima di akal bila mereka (Buhaira & Waraka) menyelipkan berbagai kisah itu dalam pembicaraannya, termasuk kepada Muhammad.

Jadi menimbulkan pertanyaan di benak, apakah kabar-kabar yang termuat dalam Al Qur'an, khususnya mengenai kisah-kisah mirip kisah PL, yang konon diterima langsung oleh Muhammad dari Allah melalui Jibril di dalam gua tanpa saksi, benar demikian? Benar-benar dari Allah melalui Jibril? Perlu diingat, bahwa sebelum bersemedi ke gua, Muhammad sudah berinteraksi dengan Buhaira dan Waraka. Dengan berdasarkan iman, kayaknya ada saja orang yang mengimani bahwa kisah-kisah mirip PL itu diterima oleh Muhammad dari Allah melalui Jibril dalam gua tanpa saksi. Tetapi dengan nalar sehat, bila merangkai kronologis bahwa Muhammad telah berinteraksi dengan tokoh-tokoh Kristen sebelum bersemedi ke dalam gua, kemudian sekeluar dari gua, Muhammad bilang bahwa kisah itu diterima langsung dari Allah melalui Jibril, menjadi sulit berterima di nalar. Apalagi mengetahui bahwa taqqiya merupakan salah satu metode yang kerap digunakan, menjadi semakin sulit berterima di nalar.

Damai, damai, damai.
Tepat sekali
Kembali Ke Atas Go down
nothingman
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1503
Join date : 13.11.12

PostSubyek: Re: muslim menjawab: seputar isra mi;raj   31st December 2012, 17:32

bro Lancah kemana yaa...?? kok nda nongol2 lg, katanya dia mo jelasin semuanya... Cool
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: muslim menjawab: seputar isra mi;raj   31st December 2012, 17:34

nothingman wrote:
bro Lancah kemana yaa...?? kok nda nongol2 lg, katanya dia mo jelasin semuanya... Cool

Sabar saja, beliau pasti akan memberi penjelasan, maklumlah karena beliau memang termasuk pengusaha yang super sibuk. Proyeknya berada di berbagai kota dan negara.



Syalom

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
nothingman
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1503
Join date : 13.11.12

PostSubyek: Re: muslim menjawab: seputar isra mi;raj   2nd January 2013, 09:36

bruce wrote:
nothingman wrote:
bro Lancah kemana yaa...?? kok nda nongol2 lg, katanya dia mo jelasin semuanya... Cool

Sabar saja, beliau pasti akan memberi penjelasan, maklumlah karena beliau memang termasuk pengusaha yang super sibuk. Proyeknya berada di berbagai kota dan negara.

Syalom

ooooh... gtu yah bro bruce..
oke lah klo gtu sy akan tunggu penjelasan beliau dgn sabar, maklum klo sy kan cm kuli biasa, sibuknya klo boss udah nguber2 kerjaannya sy aj... hehehehe Razz

Syalom,
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content




PostSubyek: Re: muslim menjawab: seputar isra mi;raj   Today at 02:20

Kembali Ke Atas Go down
 
muslim menjawab: seputar isra mi;raj
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 6 dari 8Pilih halaman : Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8  Next
 Similar topics
-
» Vlad Dracula " Kisah Nyata Pembantai Umat Islam Dalam Perang Salib
» sharing game2 asah otak aja..
» Wong Fei Hung (Faisal Hussein Wong) Adalah Muslim (Ulama)

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Ladang Tuhan Baru :: Forum Terbuka :: Diskusi - Non-Kristen Bertanya Kristen Menjawab-
Navigasi: