Ladang Tuhan Baru
Selamat datang kepada sesama saudara Kristen dan saudara lain iman. Mari kita saling kenal dalam suasana bersahabat.

Ladang Tuhan Baru

Forum Komunitas Kristen
 
IndeksIndeks  PencarianPencarian  PendaftaranPendaftaran  LoginLogin  

Share | 
 

 seputar hari sabat

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
ichrezadariforumLI
Bintara
Bintara


Jumlah posting : 50
Join date : 06.11.12

PostSubyek: seputar hari sabat   6th November 2012, 03:09

Sudah sangat lumrah orang bekerja mulai hari Senin hingga Jum?at dan libur pada hari Sabtu atau Minggu, dan sangking lumrahnya, tak terbesit sedikitpun untuk mempertanyakan mengapa harus libur pada hari Sabtu/Minggu atau mempertayakan bagaimana kalau liburnya diganti menjadi hari-hari lainnya.

Kita perkirakan, tak ada seorangpun yang mempertanyakan hal tersebut adalah karena menganggap libur pada hari apapun termasuk Sabtu dan Minggu tidak mempunyai arti apapun kecuali sebagai hari untuk istirahat setelah bekerja pada hari-hari sebelumnya, atau bisa jadi karena mereka menganggap tidak ada ketentuan apapun kecuali supaya ada keseragaman hari kerja dan hari libur di seluruh dunia.

Benarkah libur kerja pada hari Sabtu atau Minggu tidak mempunyai arti apapun dan tanpa ketentuan apapun kecuali sebagai kebiasaan yang telah diterima secara bersama-sama ?

Ternyata tidak, hari libur pada hari Sabtu dan Minggu bukan tanpa keten-tuan dan bukan tanpa latar belakang, namun, hal tersebut berhubungan erat dengan ketentuan ajaran agama yaitu agama Yahudi dan Kristen.

Bagi agama Yahudi, Sabtu adalah hari sabat Tuhan, dan bagi agama Kristen Minggu adalah hari sabat Tuhan, di mana pada hari sabat, mereka harus mengkuduskannya dalam bentuk menghentikan aktivitas keduniaan, sehingga mereka libur bekerja pada hari Sabtu atau hari Minggu.

Namun, sabat Tuhan tidaklah terjadi dua kali dalam satu minggu, sabat Tuhan hanya satu kali saja dalam seminggu, hari Sabtu saja atau Minggu saja bukan dua-duanya.

Bagi umat Yahudi, yakin bahwa hari sabat Tuhan jatuh pada hari sabtu, sementara umat Kristiani yakin hari sabat Tuhan jatuh pada hari Minggu, padahal antara kedua agama tersebut berpegang pada kitab yang sama yaitu yang mereka sebut Taurat, di dalam kitab tersebut dijelaskan tentang hari sabat Tuhan dan perintah Tuhan untuk mengkuduskannya, tentu saja hanya ada satu hari sabat Tuhan, namun Sabtu atau Minggukah sabat Tuhan itu ??


Sabat Tuhan
Sabat dalam bahasa Ibrani adalah Syabbat yang berasal dari akar kata Syavat yang berarti ?berhenti? atau ?melepaskan?. Mari kita kutip ayat yang menjelaskan makna berhenti tersebut :

Ketika Allah pada hari ketujuh telah menyelesaikan pekerjaan yang dibuat-Nya itu, berhentilah Ia pada hari ketujuh dari segala pekerjaan yang telah dibuat-Nya itu. Kejadian 2:2

Kutipan ayat di atas telah cukup menjelaskan makna sabat Tuhan yaitu hari di mana Tuhan menghentikan segala pekerjaan-NYA menciptakan langit dan bumi serta isinya selama enam hari dan berhenti/sabat pada hari ketujuh. Yahudi dan Kristen rujuk dengan pengertian ini.

Bagi Yahudi dan Kristen, mengkuduskan hari sabat adalah sebuah keharusan dan merupakan perintah yang kekal dari Tuhan :

?Maka haruslah orang Israel memelihara hari Sabat, dengan merayakan sabat, turun-temurun, menjadi perjanjian kekal. Antara Aku dan orang Israel maka inilah suatu peringatan untuk selama-lamanya, sebab enam hari lamanya TUHAN menjadikan langit dan bumi, dan pada hari yang ketujuh Ia berhenti bekerja untuk beristirahat." (Keluaran 31:16-17).

Dalam Taurat, mereka diperintahkan mengku duskan hari sabat dalam betuk menghentikan aktivitas keduniaan :

Ingatlah dan kuduskanlah hari Sabat : enam hari lamanya engkau akan bekerja dan melakukan segala pekerjaanmu, tetapi hari ketujuh adalah hari Sabat TUHAN, Allahmu; maka jangan melakukan sesuatu pekerjaan?. Keluaran 20:8-10

Itulah sebabnya orang-orang Yahudi dan Kristen berhenti bekerja pada hari sabat dengan tujuan mengkuduskan hari sabat sebagaimana perintah Tuhan kepada mereka.

Namun, dalam tataran praktek antara Yahudi dan Kristen terdapat perbedaan dalam menentukan hari yang dikuduskan, orang-orang Yahudi menjadikan hari Sabtu sebagai hari yang yang dikuduskan sementara orang-orang Kristen menjadikan hari Minggu sebagai hari yang dikuduskan, makanya yang terjadi saat ini adalah terdapat dua hari yang dikuduskan yaitu Sabtu dan Minggu sehingga ada dua hari libur bekerja dalam satu minggu.

Seperti yang telah kita bahas pada awal-awal uraian, tidak ada dua hari sabat dalam satu minggu, sehingga bila ada dua hari sabat dalam satu minggu, pasti ada yang salah dalam menentukan hari sabat.


Sabtu atau Minggu ?
Kalau dilihat dari ilmu tata bahasa, antara kata sabat dengan kata Sabtu ternyata memiliki akar kata yang sama yaitu :

SaBaT ?. tanpa vokal menjadi ?. S B T
SaBTu ?. tanpa vokal menjadi ?. S B T

Adanya kesamaan antara sabat dan Sabtu, kuat indikasinya bahwa Yahudi-lah yang lebih tepat penentuan hari sabatnya daripada Kristen. Namun bagi umat Kristen bisa saja membantah dengan mengatakan kesamaan nama bukanlah menunjukkan sabat itu sendiri, karena tidak ada firman Tuhan yang menjelaskan hari Sabtu adalah hari sabat, tetapi yang Tuhan jelaskan adalah hari sabat jatuh pada hari ketujuh.

Menurut orang Kristen, perbedaan ini terjadi karena adanya perbedaan penanggalan antara orang-orang Yahudi dengan orang-orang Kristen, orang-orang Yahudi menggunakan penanggalan Yahudi dan orang-orang Kristen menggunakan penanggalan Gregorian, dimana dalam penanggalan Yahudi hari pertama adalah hari Minggu sehingga hari ketujuhnya adalah hari sabtu, sementara dalam penaggalan Gregorian hari pertama adalah hari senin sehingga hari ketujuhnya adalah hari Minggu.

Penentuan hari Minggu sebagai hari sabat Tuhan dengan menggunakan penanggalan gregorian sulitlah diterima, karena Yesus sendiri sebagai manusia yang mereka agung-agungkan dan sebagai manusia panutan bagi mereka, justru menggunakan penanggalan Yahudi yang menjadikan hari Sabtu sebagai hari sabat.

Dalam hal ini Yahudi jauh lebih tepat ketimbang Kristen dalam menentukan sabat Tuhan, bila umat Kristen menyatakan bahwa hari Minggulah hari sabat Tuhan yang benar, hal itu berarti bertentangan dengan Yesus panutan mereka dan juga secara tidak langsung umat Kristen telah menyatakan Yesus salah dalam menentukan hari sabat Tuhan.


Semua Hari Kudus ?
Ternyata sebagian umat Kristen menyadari bahwa secara kitabiah hari Sabtulah hari sabat yang dimaksud Tuhan dan bukannya hari Minggu, hal itu karena mereka menyadari banyak bukti bahwa hari Sabtulah yang diperlakukan sebagai hari sabat oleh orang-orang kudus dalam perjanjian lama termasuk Yesus.

Dari umat Kristen yang menyadari kekeliruan tersebut ada yang kembali konsisten mengikuti ajaran Yesus seperti kelompok ADVENTIS hari ketujuh, namun ada juga yang tetap menjadikan hari Minggu sebagai hari sabat walaupun telah mengetahui secara pasti bahwa hari sabat Tuhan adalah hari Sabtu.

Kelompok ini berargumentasi bahwa semua hari bagus, jadi tidak benar kalau mengkuduskan hari-hari tertentu saja, karena Tuhan pasti mengetahui siapa saja yang mengkuduskan diri-NYA di hari apa saja.

Ada juga yang berargumentasi bahwa yang paling penting adalah sabatnya bukan harinya. Terserah kita, mau mengkhususkan hari mana saja sebagai hari sabat itu tidak penting, yang terpenting adalah hati kita bukan harinya, karena kita menyembah Tuhan bukan menyembah harinya.

Argumen-argumen tersebut di atas adalah pembelaan diplomatis sekaligus jenaka agar orang melupakan perintah awal yang sangat jelas bahwa Tuhan telah menjadikan hari ketujuh sebagai hari sabat. Kalau memang semua hari bisa dijadikan hari sabat, lalu mengapa Tuhan memerintahkan untuk mengkuduskan hari ke-tujuh/sabtu saja sebagai hari sabat? Perintah itupun terdapat dalam 10 perintah Tuhan yang ditulis dengan jari-jemari-NYA sendiri.

Ingatlah dan kuduskanlah hari Sabat: ? hari ketujuh adalah hari Sabat TUHAN, Allahmu; maka jangan melakukan sesuatu pekerjaan?. Keluaran 20: 8 & 10.


Mengikuti gereja
Perlu diketahui, hari Minggu sebagai hari sabat dan hari pengkudusan baru ditetapkan pada tahun 364 M pada Konsili Laodikea jauh setelah Yesus berdakwah.

Padahal dalam Bible Allah telah menjanjikan bagi siapa saja yang tidak menginjak-injak hukum sabat dan tidak melakukan aktivitas keduniaan di hari sabat Tuhan, menyebutkan hari sabat sebagai ?hari kenikmatan?, hari kudus Tuhan ?hari yang mulia?, maka Allah akan memberikan kesenangan dan kemenangan (Yesaya 58:13-14), namun sepertinya mayoritas Kristen tidak tertarik meerima tawaran janji Allah tersebut.

Padahal juga, dalam Bible banyak ayat yang memerintahkan menuruti ketetapan-ketetapan Allah, melakukan peraturan-peraturan Allah dan mengkuduskan hari sabat (Yehezkiel 20:19-20), namun ternyata mayoritas Kristen banyak yang tidak mengindahkan perintah tersebut, seakan-akan perintah dan larangan Allah tersebut hanya berupa cerita belaka.

Padahal Yesus sendiri sebagai panutan mereka telah memperingatkan bahwa yang akan mem-peroleh kerajaan sorga hanyalah orang yang melakukan kehendak Allah :

Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga. Matius 7:21

Tetapi rupanya, orang-orang Kristen lebih tunduk kepada keputusan gereja yang mengubah hari Sabtu menjadi hari Minggu sebagai hari sabat ketimbang tunduk kepada keputusan Allah yang telah menetapkan hari Sabtu sebagai hari sabat, juga rupaya orang-orang Kristen lebih suka mengikuti gereja ketimbang mengikuti Yesus panutannya. Padahal dalam Bible Allah telah melarang manusia mengikuti ketetapan manusia dan berpegang kepada peraturan-peraturan manusia (Yehezkiel 20:18).


BUKTI KETUNDUKAN KEPADA GEREJA
Banyak tulisan-tulisan dari pihak Kristen sendiri yang secara obyektif ?kritis menguak ketundukan umat Kristen kepada gereja pe-rihal penentuan hari sabat Tuhan:

1. The Catholic Press, Sydney, Australia, August, 1900

?Hari Minggu adalah institusi Katolik dan klaim untuk memeliharanya hanya dapat di pertahankan oleh prinsip-prinsip katolik saja.

2.Priest Brody, in an address, reported in the Elizabeth, N.J.?News,? 8 maret, 1903

?Sangat perlu untuk mengingatkan kaum Presbyterian, Baptist, Methodist dan semua golongan Kristen yang lain bahwa Alkitab tidak mendukung mereka dalam pemeliharaan hari Minggu. Hari minggu ada-lah institusi gereja Roma katolik, dan mereka yang menghormati hari itu berarti menghormati perintah gereja katolik.?

3. Albert Smith, konselor dari Archdiocese Baltimore, menanggapi surat untuk Cardinal, 10 February 1920

?Jika orang-orang Protestan mau mengikuti Alkitab, mereka harus menyembah Allah pada hari Sabat. Dalam mengikuti hari Minggu maka mereka mengikuti perintah gereja katolik?

4. Harold Lindsell, (mantan redaktur Majalah Christianity Today, tanggal 5 Nov. 1976)

?Tidak ada dalam Alkitab yang menyuruh kami memelihara hari Minggu sebagai ganti dari pada hari Sabtu sebagai hari yang suci?.

5. Pernyatan Father Thomas Enright, CSSR, President, Redemptorist College (Roman Catholic) , Kansas City, Mo., 18 Februari 1884:

?Buktikan dari dalam Alkitab bahwa saya di haruskan menyucikan hari Minggu. Tidak ada hukum seperti itu dalam Alkitab. Itu adalah hukum dari gereja Katolik yang suci saja....Peliharalah hari Minggu dalam tiap pekan, dan lihatlah...


Sebagai penutup topik, kita kutip tulisan seorang Kristen : Clovis G Chappell, dari Methodis, buku : Ten Rules For Living, hal 61.

?Alasan kami memelihara hari Minggu gantinya hari Sabtu didasarkan atas perintah yang tidak jelas. Seseorang akan menyelidiki Alkitab dengan sia-sia untuk mendapatkan perintah perubahan dari hari yang Sabtu kepada hari Minggu.?
Kembali Ke Atas Go down
ichrezadariforumLI
Bintara
Bintara


Jumlah posting : 50
Join date : 06.11.12

PostSubyek: Re: seputar hari sabat   6th November 2012, 03:09

Sabtu atau Minggu ?
Kalau dilihat dari ilmu tata bahasa, antara kata sabat dengan kata Sabtu ternyata memiliki akar kata yang sama yaitu :

SaBaT ?. tanpa vokal menjadi ?. S B T
SaBTu ?. tanpa vokal menjadi ?. S B T

Adanya kesamaan antara sabat dan Sabtu, kuat indikasinya bahwa Yahudi-lah yang lebih tepat penentuan hari sabatnya daripada Kristen. Namun bagi umat Kristen bisa saja membantah dengan mengatakan kesamaan nama bukanlah menunjukkan sabat itu sendiri, karena tidak ada firman Tuhan yang menjelaskan hari Sabtu adalah hari sabat, tetapi yang Tuhan jelaskan adalah hari sabat jatuh pada hari ketujuh.

Menurut orang Kristen, perbedaan ini terjadi karena adanya perbedaan penanggalan antara orang-orang Yahudi dengan orang-orang Kristen, orang-orang Yahudi menggunakan penanggalan Yahudi dan orang-orang Kristen menggunakan penanggalan Gregorian, dimana dalam penanggalan Yahudi hari pertama adalah hari Minggu sehingga hari ketujuhnya adalah hari sabtu, sementara dalam penaggalan Gregorian hari pertama adalah hari senin sehingga hari ketujuhnya adalah hari Minggu.

Penentuan hari Minggu sebagai hari sabat Tuhan dengan menggunakan penanggalan gregorian sulitlah diterima, karena Yesus sendiri sebagai manusia yang mereka agung-agungkan dan sebagai manusia panutan bagi mereka, justru menggunakan penanggalan Yahudi yang menjadikan hari Sabtu sebagai hari sabat.

Dalam hal ini Yahudi jauh lebih tepat ketimbang Kristen dalam menentukan sabat Tuhan, bila umat Kristen menyatakan bahwa hari Minggulah hari sabat Tuhan yang benar, hal itu berarti bertentangan dengan Yesus panutan mereka dan juga secara tidak langsung umat Kristen telah menyatakan Yesus salah dalam menentukan hari sabat Tuhan....
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: seputar hari sabat   6th November 2012, 07:26

Salam

Betul, apa yang anda tulis di atas, sebagian adalah betul, bahwa sabat adalah sabtu, sepertinya tidak seorangpun mengingkarinya. Seperti juga anda saksikan, hingga sekarang seharusnya orang orang Yahudi masih tetap beribadah pada hari Sabat.

Jika anda hubungkan dengan penganut Kristen, maka tentu berbeda, karena orang Kristen bukanlah orang Yahudi. Orang Kristen adalah pengikut Jesus, dan dalam hal ini, Jesus sudah menggenapi aturan yang berlaku pada Taurat.

Sehingga bagi orang Kristen, walaupun masih tetap menghormati Taurat, karena dimasukan dalam kitab Perjanjian Lama, telah memiliki aturan yang baru seperti tercantum dalam Perjanjian Baru. Dan dalam Perjanjian Baru, berlaku penyempurnaan dari hukum hukum Taurat.

Perjanjian Baru menggenapi dan menyempurnakan Perjanjian Lama.

Kita masih mengingat bahwa Jesus sendiri beberapa kali berdebat dengan kaum farisi yang memberikan beban yang tak tertanggungkan kepada manusia (Mat 23:4) dan kemudian Jesus menyatakan bahwa hari Sabat dibuat untuk manusia, bukan sebaliknya (Mk 2:27).

Jesus sendiri menyembuhkan orang pada hari Sabat dan membela muridnya ketika mereka mengambil makanan di ladang, dan Yesus mengutip tentang apa yang dilakukan oleh Daud (Mat 12:3; Mk 2:25; Luk 6:3; Lk 14:5).

Kebangkitan Jesus terjadi pada hari Minggu, yang disebut sebagai hari pertama di dalam minggu (Luk 24:1)

Tuhan Yesus menampakkan diri dalam perjalanan ke Emmaus, dan melakukan pemecahan roti di depan murid-murid-Nya pada hari kebangkitan-Nya, yaitu hari Minggu, hari pertama minggu itu (Luk 24:13-35, Luk 24:1).

Rasul Paulus mengatakan bahwa hari Sabat tidak mengikat umat Kristen (Col 2:16; Gal 4:9-10; Rom 14:5).

Jemaat Kristen perdana yang non Yahudi merayakan hari Tuhan pada hari Minggu (Kis 20:7; 1 Kor 16:2). Selanjutnya, maka perayaan hari Tuhan bagi umat Kristen adalah hari Minggu yang dikatakan sebagai hari pertama di dalam minggu, dan bukan hari terakhir dalam minggu (bukan Sabat).


Jadi, semoga jelas, bahwa umat Kristen tidak menganut Taurat dan tidak terikat pada aturan hukum Yahudi.

Salam

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
ichrezadariforumLI
Bintara
Bintara


Jumlah posting : 50
Join date : 06.11.12

PostSubyek: Re: seputar hari sabat   6th November 2012, 09:27

bruce wrote:
Salam

Betul, apa yang anda tulis di atas, sebagian adalah betul, bahwa sabat adalah sabtu, sepertinya tidak seorangpun mengingkarinya. Seperti juga anda saksikan, hingga sekarang seharusnya orang orang Yahudi masih tetap beribadah pada hari Sabat.

Jika anda hubungkan dengan penganut Kristen, maka tentu berbeda, karena orang Kristen bukanlah orang Yahudi. Orang Kristen adalah pengikut Jesus, dan dalam hal ini, Jesus sudah menggenapi aturan yang berlaku pada Taurat.

Sehingga bagi orang Kristen, walaupun masih tetap menghormati Taurat, karena dimasukan dalam kitab Perjanjian Lama, telah memiliki aturan yang baru seperti tercantum dalam Perjanjian Baru. Dan dalam Perjanjian Baru, berlaku penyempurnaan dari hukum hukum Taurat.

Perjanjian Baru menggenapi dan menyempurnakan Perjanjian Lama.

Kita masih mengingat bahwa Jesus sendiri beberapa kali berdebat dengan kaum farisi yang memberikan beban yang tak tertanggungkan kepada manusia (Mat 23:4) dan kemudian Jesus menyatakan bahwa hari Sabat dibuat untuk manusia, bukan sebaliknya (Mk 2:27).

Jesus sendiri menyembuhkan orang pada hari Sabat dan membela muridnya ketika mereka mengambil makanan di ladang, dan Yesus mengutip tentang apa yang dilakukan oleh Daud (Mat 12:3; Mk 2:25; Luk 6:3; Lk 14:5).

Kebangkitan Jesus terjadi pada hari Minggu, yang disebut sebagai hari pertama di dalam minggu (Luk 24:1)

Tuhan Yesus menampakkan diri dalam perjalanan ke Emmaus, dan melakukan pemecahan roti di depan murid-murid-Nya pada hari kebangkitan-Nya, yaitu hari Minggu, hari pertama minggu itu (Luk 24:13-35, Luk 24:1).

Rasul Paulus mengatakan bahwa hari Sabat tidak mengikat umat Kristen (Col 2:16; Gal 4:9-10; Rom 14:5).

Jemaat Kristen perdana yang non Yahudi merayakan hari Tuhan pada hari Minggu (Kis 20:7; 1 Kor 16:2). Selanjutnya, maka perayaan hari Tuhan bagi umat Kristen adalah hari Minggu yang dikatakan sebagai hari pertama di dalam minggu, dan bukan hari terakhir dalam minggu (bukan Sabat).


Jadi, semoga jelas, bahwa umat Kristen tidak menganut Taurat dan tidak terikat pada aturan hukum Yahudi.

Salam

ya saya pernah mendengar ayat-ayat itu, lalu mengapa sebagian umat kristen, yakni kristen adventist begitu mengagungkan hari sabat, sementara paulus tidak mengagungkan hari sabat?

definisi sabat memang bukanlah hari pertama, tetapi hari ke tujuh (hari terakhir) Allah menyelesaikan pekerjaanNya menciptakan alam semesta ini. klo di alkitab anda istilahnya beristirahat.

islam juga akan sepakat dengan anda bahwa hari minggu adalah hari pertama. coba lihat di kalender. biasanya hari minggu juga ditulis hari ahad. yg dalam bahasa arab disebut dengan hari pertama. dan hari ke tujuh jatuh pada hari sabtu dan dalam bahasa ibrani disebut hari sabat (arab: sab'atun)
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: seputar hari sabat   6th November 2012, 09:29

Quote :
ya saya pernah mendengar ayat-ayat itu, lalu mengapa sebagian umat kristen, yakni kristen adventist begitu mengagungkan hari sabat, sementara paulus tidak mengagungkan hari sabat?

Mungkin anda bisa bertanya kepada mereka (kaum adventist) mengapa mereka tetap berkeras beribadah pada hari Sabat.

Quote :
definisi sabat memang bukanlah hari pertama, tetapi hari ke tujuh (hari terakhir) Allah menyelesaikan pekerjaanNya menciptakan alam semesta ini. klo di alkitab anda istilahnya beristirahat.

islam juga akan sepakat dengan anda bahwa hari minggu adalah hari pertama. coba lihat di kalender. biasanya hari minggu juga ditulis hari ahad. yg dalam bahasa arab disebut dengan hari pertama. dan hari ke tujuh jatuh pada hari sabtu dan dalam bahasa ibrani disebut hari sabat (arab: sab'atun)

Jadi tidak ada masalah kan, kalau kita beribadah pada hari apapun?

Salam

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: seputar hari sabat   6th November 2012, 09:35

Jika dengan menggunakan nalar sehat membaca PL lanjut ke PB, kemudian menghantar pembacanya menyimpulkan bahwa hari Sabtu harus dikuduskan dengan jalan beribadat kepada Tuhan pada hari itu, saya kira tidak salah. Demikian juga bila menghantar kepada kesimpulan bahwa hari pertama (minggu) adalah hari peribadatan yang istimewa mengingat Jesus Kristus bangkit setelah mengalahkan alam maut, juga tidak salah, bila dikerjakan untuk kemuliaan Tuhan. Bila menghantar pada kesimpulan bahwa peribadatan harus dilakukan setiap hari, juga tidak salah.

Damai, damai, damai.

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
ichrezadariforumLI
Bintara
Bintara


Jumlah posting : 50
Join date : 06.11.12

PostSubyek: Re: seputar hari sabat   6th November 2012, 09:52

Husada wrote:
Jika dengan menggunakan nalar sehat membaca PL lanjut ke PB, kemudian menghantar pembacanya menyimpulkan bahwa hari Sabtu harus dikuduskan dengan jalan beribadat kepada Tuhan pada hari itu, saya kira tidak salah. Demikian juga bila menghantar kepada kesimpulan bahwa hari pertama (minggu) adalah hari peribadatan yang istimewa mengingat Jesus Kristus bangkit setelah mengalahkan alam maut, juga tidak salah, bila dikerjakan untuk kemuliaan Tuhan. Bila menghantar pada kesimpulan bahwa peribadatan harus dilakukan setiap hari, juga tidak salah.

Damai, damai, damai.

tentu saja tak ada yang salah dalam beribadah di hari-hari tertentu bahkan setiap hari pun boleh study
yang sedang kita kaji di sini adalah masalah perhitungan hari saja.
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: seputar hari sabat   6th November 2012, 10:08

ichrezadariforumLI wrote:
tentu saja tak ada yang salah dalam beribadah di hari-hari tertentu bahkan setiap hari pun boleh study
yang sedang kita kaji di sini adalah masalah perhitungan hari saja.
Ooo... begitu. Setelah hari-hari dihitung, kegunaannya untuk apa? :confused:

Damai, damai, damai.

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
ichrezadariforumLI
Bintara
Bintara


Jumlah posting : 50
Join date : 06.11.12

PostSubyek: Re: seputar hari sabat   6th November 2012, 10:21

Husada wrote:
ichrezadariforumLI wrote:
tentu saja tak ada yang salah dalam beribadah di hari-hari tertentu bahkan setiap hari pun boleh study
yang sedang kita kaji di sini adalah masalah perhitungan hari saja.
Ooo... begitu. Setelah hari-hari dihitung, kegunaannya untuk apa? :confused:

Damai, damai, damai.

nah, inilah yang menjadi persoalan. karena umat kristen mengikuti kalender masehi yang terkadang masih saja ada yang salah menuliskan senin hari pertama dan minggu hari ketujuh. klo nggak percaya silakan lihat di komputer anda, maka disana ditulis bahwa senin hari pertama. padahal menurut hukum alkitab, hari pertama adalah hari minggu..... Very Happy
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: seputar hari sabat   6th November 2012, 10:27

ichrezadariforumLI wrote:
nah, inilah yang menjadi persoalan. karena umat kristen mengikuti kalender masehi yang terkadang masih saja ada yang salah menuliskan senin hari pertama dan minggu hari ketujuh. klo nggak percaya silakan lihat di komputer anda, maka disana ditulis bahwa senin hari pertama. padahal menurut hukum alkitab, hari pertama adalah hari minggu..... Very Happy
Di mana persoalannya? Menurut saya, tidak ada persoalan di situ. Sepanjang kalender bumi didasarkan pada peredaran bumi di orbitnya, saya kira sudah konsisten. Tentang penempatan di kertas yang kita kenal sebagai kalender, tidak jadi masalah.

Damai, damai, damai.

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
ichrezadariforumLI
Bintara
Bintara


Jumlah posting : 50
Join date : 06.11.12

PostSubyek: Re: seputar hari sabat   6th November 2012, 10:37

Husada wrote:
ichrezadariforumLI wrote:
nah, inilah yang menjadi persoalan. karena umat kristen mengikuti kalender masehi yang terkadang masih saja ada yang salah menuliskan senin hari pertama dan minggu hari ketujuh. klo nggak percaya silakan lihat di komputer anda, maka disana ditulis bahwa senin hari pertama. padahal menurut hukum alkitab, hari pertama adalah hari minggu..... Very Happy
Di mana persoalannya? Menurut saya, tidak ada persoalan di situ. Sepanjang kalender bumi didasarkan pada peredaran bumi di orbitnya, saya kira sudah konsisten. Tentang penempatan di kertas yang kita kenal sebagai kalender, tidak jadi masalah.

Damai, damai, damai.

yang menjadi masalah adalah, kenapa hari minggu yng terpilih sebagai hari libur. padahal minggu kan hari pertamanya tuhan dalam menciptakan alam semesta. harusnya tanggal merahnya hari sabtu. affraid
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: seputar hari sabat   6th November 2012, 10:51

ichrezadariforumLI wrote:
yang menjadi masalah adalah, kenapa hari minggu yng terpilih sebagai hari libur. padahal minggu kan hari pertamanya tuhan dalam menciptakan alam semesta. harusnya tanggal merahnya hari sabtu. affraid
Ooo... atas istilah pemilihan 'hari libur' itu, kita berbeda latar. Mungkin, berbeda juga dengan kawan-kawan lain.

Sepanjang yang dapat saya tangkap, iche berpandangan bahwa karena hari libur maka beribadat,
sementara menurut saya, karena beribadat maka jadi hari libur.

Damai, damai, damai.

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
ichrezadariforumLI
Bintara
Bintara


Jumlah posting : 50
Join date : 06.11.12

PostSubyek: Re: seputar hari sabat   6th November 2012, 11:06

Husada wrote:
ichrezadariforumLI wrote:
yang menjadi masalah adalah, kenapa hari minggu yng terpilih sebagai hari libur. padahal minggu kan hari pertamanya tuhan dalam menciptakan alam semesta. harusnya tanggal merahnya hari sabtu. affraid
Ooo... atas istilah pemilihan 'hari libur' itu, kita berbeda latar. Mungkin, berbeda juga dengan kawan-kawan lain.

Sepanjang yang dapat saya tangkap, iche berpandangan bahwa karena hari libur maka beribadat,
sementara menurut saya, karena beribadat maka jadi hari libur.

Damai, damai, damai.

nah itulah yang menjadi perbedaan pendapat di sini. yahudi meliburkan hari sabtu dan menjadikan sbg hari ibadah.
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: seputar hari sabat   6th November 2012, 11:17

ichrezadariforumLI wrote:
nah itulah yang menjadi perbedaan pendapat di sini. yahudi meliburkan hari sabtu dan menjadikan sbg hari ibadah.
Sebentar. Apa memang begitu? Kalau saya mengartikan yang saya garis bawahi itu, saya peroleh:
Yahudi bersikap lebih dahulu meliburkan sabtu, kemudian menjadikannya hari peribadatan, demikiankah?
Sementara, kalau membaca PL, justru karena peribadatan adalah hari sabtu, maka hari sabtu diliburkan. iche nangkap bedanya?

menurut saya, Yahudi beribadah sabtu, maka sabtu diliburkan;
menurut iche, Yahudi libur sabtu, maka mereka beribadah.

Tetapi, yang mana pun dari kedua pikiran itu yang paling benar, menurut hemat saya, idealnya tidak mempengaruhi Kristen ataupun Islam, sebab Kristen bukan Yahudi, dan Islam bukan Yahudi. Lantas, apa masalahnya?

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
ichrezadariforumLI
Bintara
Bintara


Jumlah posting : 50
Join date : 06.11.12

PostSubyek: Re: seputar hari sabat   6th November 2012, 11:35

Husada wrote:
ichrezadariforumLI wrote:
nah itulah yang menjadi perbedaan pendapat di sini. yahudi meliburkan hari sabtu dan menjadikan sbg hari ibadah.
Sebentar. Apa memang begitu? Kalau saya mengartikan yang saya garis bawahi itu, saya peroleh:
Yahudi bersikap lebih dahulu meliburkan sabtu, kemudian menjadikannya hari peribadatan, demikiankah?
Sementara, kalau membaca PL, justru karena peribadatan adalah hari sabtu, maka hari sabtu diliburkan. iche nangkap bedanya?

menurut saya, Yahudi beribadah sabtu, maka sabtu diliburkan;
menurut iche, Yahudi libur sabtu, maka mereka beribadah.

Tetapi, yang mana pun dari kedua pikiran itu yang paling benar, menurut hemat saya, idealnya tidak mempengaruhi Kristen ataupun Islam, sebab Kristen bukan Yahudi, dan Islam bukan Yahudi. Lantas, apa masalahnya?

hari sabat juga terdapat dalam kitab suci saya. tertulis disana bahwa hari sabat adalah hari ke tujuh tuhan selesai menciptakan alam semesta. musa melakukan perjanjian dengan tuhan agar tidak beraktivitas apapun pada hari sabat. dan pada hari itu hanya dikhususkan untuk peribadatan bagi keturunan israel
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: seputar hari sabat   6th November 2012, 12:02

ichrezadariforumLI wrote:
hari sabat juga terdapat dalam kitab suci saya. tertulis disana bahwa hari sabat adalah hari ke tujuh tuhan selesai menciptakan alam semesta. musa melakukan perjanjian dengan tuhan agar tidak beraktivitas apapun pada hari sabat. dan pada hari itu hanya dikhususkan untuk peribadatan bagi keturunan israel
Ooo begitu. Jadi, ichre mengangkat trit ini, ingin menyampaikan pemahaman ichre mengenai sabat, begitu? Jadi pemaknaan ichre berdasar pada sabat/libur-->beribadat, sementara PL mengartikan beribadat/sabat-->libur, begitukah?

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
ichrezadariforumLI
Bintara
Bintara


Jumlah posting : 50
Join date : 06.11.12

PostSubyek: Re: seputar hari sabat   6th November 2012, 12:15

Husada wrote:
ichrezadariforumLI wrote:
hari sabat juga terdapat dalam kitab suci saya. tertulis disana bahwa hari sabat adalah hari ke tujuh tuhan selesai menciptakan alam semesta. musa melakukan perjanjian dengan tuhan agar tidak beraktivitas apapun pada hari sabat. dan pada hari itu hanya dikhususkan untuk peribadatan bagi keturunan israel
Ooo begitu. Jadi, ichre mengangkat trit ini, ingin menyampaikan pemahaman ichre mengenai sabat, begitu? Jadi pemaknaan ichre berdasar pada sabat/libur-->beribadat, sementara PL mengartikan beribadat/sabat-->libur, begitukah?

betul sekali brother.....
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: seputar hari sabat   6th November 2012, 12:30

ichrezadariforumLI wrote:
Husada wrote:
ichrezadariforumLI wrote:
hari sabat juga terdapat dalam kitab suci saya. tertulis disana bahwa hari sabat adalah hari ke tujuh tuhan selesai menciptakan alam semesta. musa melakukan perjanjian dengan tuhan agar tidak beraktivitas apapun pada hari sabat. dan pada hari itu hanya dikhususkan untuk peribadatan bagi keturunan israel
Ooo begitu. Jadi, ichre mengangkat trit ini, ingin menyampaikan pemahaman ichre mengenai sabat, begitu? Jadi pemaknaan ichre berdasar pada sabat/libur-->beribadat, sementara PL mengartikan beribadat/sabat-->libur, begitukah?

betul sekali brother.....
Setelah mengetahui perbedaan alur pikir itu, lalu, apa yang ingin dikemukakan? Wong jika hanya sebatas perbedaan alur peikir seperti itu (antara sabat/libur-->beribadat dengan beribadat/sabat-->libur) saya pikir tidak ada yang menarik untuk dibicarakan. Tetapi, memang terbuka kemungkinan, bagi seseorang tidak menarik, sebaliknya bagi orang lain. Karena itu, maka kalo ada sesuatu yang menarik bagi ichre tentang sabat itu, mari kita bahas.

Damai, damai, damai.

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content




PostSubyek: Re: seputar hari sabat   Today at 02:20

Kembali Ke Atas Go down
 
seputar hari sabat
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» Tips Berguna di Kehidupan Sehari-hari
» Tips Berkendara Saat Malam Hari
» Bunyi tik,tik,tik pada mesin di pagi hari.
» ----> MisteRy of 3 LetteRs <----
» [Matibeku.com] We Are Closing Down..

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Ladang Tuhan Baru :: Forum Terbuka :: Diskusi - Non-Kristen Bertanya Kristen Menjawab-
Navigasi: