Ladang Tuhan Baru
Selamat datang kepada sesama saudara Kristen dan saudara lain iman. Mari kita saling kenal dalam suasana bersahabat.

Ladang Tuhan Baru

Forum Komunitas Kristen
 
IndeksIndeks  PencarianPencarian  PendaftaranPendaftaran  LoginLogin  

Share | 
 

 islam agama kolonial ?

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
ichrezadariforumLI
Bintara
Bintara


Jumlah posting : 50
Join date : 06.11.12

PostSubyek: islam agama kolonial ?   6th November 2012, 10:32

Ketika nabi Muhammad SAW wafat di tahun 632 Masehi, negara Islam sedang berada pada bentuk embrionik, bersamaan dengan suku-suku yang bersekutu satu sama lain mengontrol sebagian besar Arabia. Di bawah khalifah kedua, Umar ibn Khaththab (634-644 Masehi) ekspansi fenomenal telah dimulai dan terus berjalan sampai kira-kira seratus tahun lamanya. Sejak zaman itu, umat Islam telah menguasai Spanyol dan seluruh Afrika Utara dari Marokko sampai Mesir di bagian barat. Sementara di wilayah utara, umat Islam mampu menduduki Syria dan Damascus yang menjadi ibu kota dinasti Bani Umayah (661-750 Masehi). Akan tetapi umat Islam tidak mampu berkuasa secara permanen di Asia Kecil yang memberi kesempatan kepada kekaisaran Byzantine untuk makin memperkuat dirinya. Ke timur, kekaisaran Sassanid (Persia) segera jatuh, umat Islam kemudian menaklukkan Iraq dan Iran sampai ke Asia Tengah (Bukhara dan Samarkand dan Punjab). Peristiwa ini merupakan masa perluasan kerajaan Islam selama satu atau dua dekade terakhir Bani Umayah, dan setelah peristiwa ini ekspansi Bani Umayah hanya bersifat sporadik.

Bagian ini dengan topik "Kolonialisme Islam", sebab di paruh abad terakhir para apologis muslim telah melakukan tuduhan salah terhadap apa yang mereka sebut sebagai kolonialisme Eropa, yang diduga telah hampir menjadi musuh terhadap Islam tanpa kecuali. Jadi yang penting adalah untuk mengingatkan umat Islam bahwa waktu-waktu di dalam sejarah masa lampau ketika umat Islam menjadi kekuatan imperial atau kolonialis yang agresif. Sebagian apologis modern mencoba mempertahankan pandangan bahwa ekspansi Islam itu bukan kolonialis atau penjajahan. Mengapa demikian, karena tujuan utama umat Islam adalah untuk menyebarkan agama Islam pada masyarakat yang bernasib malang yang berada di luar lingkungan Islam, jadi bukan untuk merebut wilayah teritorial. (Suatu hal yang mengingatkan beban yang harus ditanggungkan orang "kulit putih" dan membawa berkah keuntungan bagi Kristen dengan kebudayaan Eropa). Kontensi golongan apologis ini tidak didukung oleh sumber-sumber bahasa Arab. Kiranya jelas bahwa ekspedisi-ekspedisi militer yang membawa ekspansi teritorial di bawah kekuasaan Islam secara mendasar telah sampai ke pencarian barang rampasan perang. Pandangan ini akan dipahami secara lebih baik manakala kita kembali dan mencatat apa yang terjadi selama masa hayat nabi Muhammad SAW

Bagian geografl yang berkenaan dengan peristiwa-peristiwa yang terjadi dari Hijrah beliau ke Madinah pada tahun 622 Masehi hingga wafat beliau di tahun 632 Masehi yang disebut sebagai Kitab al-Maghazi. Al-Maghazi, terkadang dinamai ekspedisi militer, namun istilah yang lebih tepat adalah peperangan antara kaum muslimin yang dipimpin oleh nabi SAW dengan orang-orang non-Muslim, yang pada asalnya berarti razzia. Kata ini merupakan bentukan kata Arab lain yang sudah dieropakan, berasal dari akar kata yang sama dan dengan pengertian yang sama pula. Ekspedisi Maghazi ini merupakan aktifitas reguler suku-suku Arab nomadik. Kegiatan reguler ini menciptakan serangan tiba-tiba untuk mengisolasi sekelompok manusia penggembala unta di padang rumput atau penggembala binatang-binatang ternak yang lain dari suku (maupun kabilah) musuh, kemudian menghalau binatang-binatang ternak tersebut sebagai barang rampasan perang. Apabila kekuatan penyerangan itu jauh lebih luas, maka tidak ada rasa malu bagi sekumpulan manusia itu untuk tunggang langgang melarikan diri. Kebanyakan dalam peristiwa perang ini, tidak ada yang lolos tetap hidup, dan lalu razzia itu hampir merupakan suatu bentuk olah raga menunggang kuda atau unta bagi masyarakat badwi. Sebagaimana suku-suku yang lebih nomadik ini, lalu bersekutu dengan Muhammad SAW. Nabi Muhammad SAW menyatakan bahwa beliau tidak memperkenankan suku-suku sekutu itu untuk saling berseteru satu sama lainnya, dan karenanya harus ada jalan keluar bagi energi-energi yang mereka gunakan untuk razzia ini. Jadi di dekat tahun-tahun kenabiannya, Muhammad mengorganisir apa yang dapat disebut memenangkan razzia-razzia sepanjang rute-rute perjalanan dagang ke Syria dan Iraq. [1] Kesinambungan kebijakan ini berlangsung di bawah khalifah Umar ibn Khaththab yang memimpin pertempuran yang terjadi antara tentara muslim dan tentara Byzantine atau tentara Sassanian, dimana umat Islam hampir selalu mengalami kemenangan.

Suku-suku Badwi yang berpindah-pindah dan yang tinggal menetap, menderita karena serangan-serangan umat Islam yang sehingga mereka menghindarkan diri dari serbuan perang yang dilakukan oleh umat Islam agar tidak menyerah kepada negara Islam. Bagi kelompok-kelompok Yahudi dan Kristen, penyerahan diri kepada negara Islam ini memberi arti mengakui status minoritas yang dilindungi. Sementara bagi kelompok-kelompok yang lain, penyerahan kepada negara Islam ini memberi arti dapat menjadi bentuk aliansi yang berjalan bersamaan dengan pengakuan kepada Islam. Kelompok yang lebih banyak ini tergabung ke dalam negara Islam pada satu bentuk atau pada bentuk yang lain, yang diperlukan bagi ekspedisi-ekspedisi penyerangan yang menyimpang pada pencarian rampasan perang. Paling tidak, agaknya ada satu ekspedisi yang hampir terjadi setiap tahun di musim perdagangan berkafilah itu, namun benar-benar mustahil untuk kembali ke Madinah setelah kafilah dagang itu. Tentang di luar musim perdagangan, kamp kota-kota dibangun di tempat-tempat seperti Kairuwan di Tunisia dan Basrah di Iraq selatan, dan merupakan tempat kembalinya para pahlawan setelah musim perdagangan. Ekspedisi tahun 732 Masehi ke Perancis, dimana umat Islam menderita kekalahan di Tours (dalam bahasa Perancis lebih dikenal sebagai Poitiers). Ekspedisi tahun 732 Masehi ini memang ekspedisi peperangan dan hasilnya bahwa umat Islam tidak lama menderita kekalahan.

Administrasi negara yang begitu cepat didapatkan agaknya dipermudah oleh sistem golongan minoritas yang dilindungi itu, yang segera akan dijelaskan. Kelompok-kelompok Yahudi, Kristen, Zoroaster, dan bahkan kelompok-kelompok yang beragama Hindu dapat menjadi golongan minoritas yang dilindungi (yang pada masa kerajaan Ottoman terkemudian disebut "millet") dengan standar otonomi di bawah kepemimpinan agamanya masing-masing (rabbi, patriarch, dan lain-lain). Pemimpin agama mendapatkan otonomi dengan urusan-urusan internal agama yang dianut oleh masing-masing kelompok itu menurut undang-undangnya sendiri. Mereka membayar pajak kepada gubernur di propinsinya, namun tidak bersifat eksesif. Tentang keseluruhan rejim jajahan Islam, berlaku amat fair terhadap kelompok-kelompok minoritasnya dan negara tidak menekan penduduk. Yang terjadi paling buruk adalah peristiwa rakyat semesta di masa krisis yang dapat dibuang dan menyerang golongan minoritas, namun peristiwa ini boleh dibilang jarang terjadi jika bukan dikatakan tidak pernah terjadi sama sekali. Walaupun demikian, sebaliknya anggota golongan-golongan minoritas selalu merasa bahwa mereka adalah warga negara kelas dua. Bahkan, apabila seorang lelaki muslim dapat menikahi wanita dari golongan minoritas, namun seorang lelaki non-muslim dari golongan minoritas tidak boleh mengawini wanita muslimah.

Ada hal yang tepat untuk menjelaskan kondisi umat Kristen di Afrika Utara. Di bawah kekaisaran Romawi sampai sekitar abad ke lima Masehi, terjadi lonjakan populasi penduduk yang beragama Kristen di propinsi-propinsi sepanjang pantai selatan Mediteranian. Mungkin kebanyakan umat Kristen didapatkan di kota-kota kecil Romawi dekat pantai itu dan sedikit umat Kristen berikutnya yang berada di daerah pedalaman. Sungguhpun demikian, terkesan bahwa sejak masa kemajuan Arab di paruh kedua abad ketujuh hanya sedikit umat Kristen yang masih tersisa. Sampai pertengahan abad ke lima, terjadi invasi Vandal dan bangsa Vandal ini adalah orang-orang yang beragama Kristen mazhab Aria yang bid'ah itu. Mereka membunuh orang-orang yang bukan dari suku bangsa Aria setelah kekalahan bangsa Vandal oleh seorang jenderal Byzantine pada tahun 534 Masehi, karena terjadi serbuan-serbuan oleh suku-suku pagan dari daerah pedalaman. Semua peristiwa penyerangan yang terjadi ini tentu saja mengurangi jumlah umat Kristen, karena berbeda dengan hilangnya kehidupan yang aktual, agaknya banyak orang Kristen yang melarikan diri ke Italia ataupun ke Spanyol. Ada catatan tentang komunitas-komunitas kecil umat Kristen sampai abad ke enam belas, namun catatan-catatan mereka itu begitu kecil signifikansinya karena mereka tidak memainkan peranan pada titik temu Islam-Kristen.

Integrasi kerajaan Islam tidak terpelihara dengan baik setelah jatuhnya dinasti Bani Umayah pada tahun 750 Masehi. Dinasti Bani Abbasiah menggantikan dinasti Bani Umayah yang telah jatuh itu. Ibu kota dinasti Bani Abbasiah ini pindah ke kota Baghdad dan tidak pernah memperluas wilayah kekuasaannya sampai ke Spanyol. Kira-kira satu setengah abad lamanya, dinasti Bani Abasiahpun makin kehilangan kontrolnya terhadap propinsi-propinsinya. Gubernur-gubernur yang memimpin propinsi-propinsinya yang kuat, dengan dukungan serdadu-serdadunya yang tangguh menuntut agar anak-anak mereka akan dapat menggantikan kedudukan ayahnya sebagai gubemur, lalu khalifah-khalifah terdorong untuk harus mengangkat mereka sebagai gubemur yang menggantikan ayahnya untuk masa jabatan berikutnya. Pada tahun 945 Masehi, Iraq dan Baghdad harus menyerah kalah kepada kekuasaan seorang gubernur wilayah daerah. Dengan cara demikian, kerajaan Islam yang berasal dari dinasti-dinasti yang gemar berperang itu memperoleh legitimasi yang secara nominal diangkat oleh khalifah pada hari itu juga. Namun demikian, perolehan kekuasaan ini juga dapat menentukan wilayah kekuasaannya dengan memerangi pimpinan-pimpinan perang yang lain. Akibatnya, para khalifah yang berkuasa itu tidak lain kecuali sebuah simbol kehormatan dan tanggung jawab, yang karenanya para khalifah ini tidak dapat memegang tampuk kekuasaan dalam tempo yang lebih lama. Keadaan ini terus berlangsung dan baru dapat berakhir sampai penaklukan Baghdad oleh bangsa Mongol di tahun 1258 Masehi. Setelah itu tidak ada lagi kekhalifahan yang dikenal secara umum, kecuali sekitar abad ke tujuh belas sultan-sultan Ottoman menyatakan dirinya sebagai pewaris kekhalifahan Islam dimaksudkan itu.

Setelah peristiwa yang dapat disebut sebagai bermesraan dengan golongan Mu'tazilah yang dianggap bid'ah itu pada awal abad ke sembilan belas. Sebaliknya khalifah-khalifah dinasti Bani Abbasiah sejak tahun 848 Masehi menjadi penegak bangunan Ahli Sunnah dalam Islam, sebagaimana aliran mazhab yang terakhir ini yang berlaku secara resmi pada sultan- sultan Ottoman di kemudian hari. Pada tahun 909 Masehi, sebuah keluarga menyatakan aliran Syi'ah Ismailiyah menguasai Tunisia dan pada tahun 969 Masehi menaklukkan Mesir. Kerajaan ini dikenal dengan dinasti Fatimiah, dan kota Kairo dijadikan ibu kota kerajaannya. Mereka tidak berkenalan dengan khalifa-khalifah Abbasiah, namun malahan membangun propaganda untuk melawan dinasti Abbasiah. Kekuasaan dinasti Fatimiah ini berlangsung sampai tahun 1171 Masehi, pada saat mereka di Mesir digantikan oleh Saladin (Shalahuddin) dan dari keluarga al-Ayyubiah (yang lalu dikenal dengan namanya Shalahuddin Al-Ayyubi) yang menganut faham Sunni itu. Setelah jatuhnya Baghdad pada tahun 1258 Masehi itu ada tiga kerajaan yang memainkan peranan penting di dunia Islam. Tiga kerajaan Islam ini adalah Kerajaan Mogul (Mongol) di India yang mencapai puncak kemajuannya pada tahun 1556 sampai 1707 Masehi; kerajaan Safawid dan pengganti-penggantinya di Iran; dan terakhir adalah kerajaan Ottoman di Timur Tengah (yang akan dijelaskan lebih lanjut pada bab yang akan datang). Dikatakan pada kondisi demikian adalah karena keseluruhan perubahan-perubahan politik yang terjadi itu merupakan struktur masyarakat Islam yang secara relatif masih tetap stabil. Hal ini merupakan fakta yang dengan sendirinya mengembangkan keunggulan sistem sosial yang dibangun atas dasar Syari'ah Islam. Sistem sosial ini meliputi pengakuan terhadap masyarakat non muslim sebagai warga negara minoritas yang dilindungi. Sungguh dengan demikian terjadi semacam kolonialisme Islam, walaupun secara relatif merupakan bentuk kolonialisme yang tidak berbahaya dan bahkan cenderung merupakan bentuk kolonialisme yang ramah dan baik hati.

Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: islam agama kolonial ?   6th November 2012, 10:39

Damai sejahtera bagimu iche.

Apakah artikel starter itu tulisan iche sendiri atau salinan? Kalau salinan, agar bisa ditelusur, berikan sumbernya. Kalau atas pikiran sendiri, memang tidak harus mencantumkan daftar bacaannya, tetapi sebaiknya dicantumkan juga.

Tentang isi artikel, karna saya bukan penganut Islam, maka saya tidak kompeten memberi komentar, kecuali kalau nanti saya menemukan literatur yang relevan.

Damai, damai, damai.

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
ichrezadariforumLI
Bintara
Bintara


Jumlah posting : 50
Join date : 06.11.12

PostSubyek: Re: islam agama kolonial ?   6th November 2012, 10:48

Husada wrote:
Damai sejahtera bagimu iche.

Apakah artikel starter itu tulisan iche sendiri atau salinan? Kalau salinan, agar bisa ditelusur, berikan sumbernya. Kalau atas pikiran sendiri, memang tidak harus mencantumkan daftar bacaannya, tetapi sebaiknya dicantumkan juga.

Tentang isi artikel, karna saya bukan penganut Islam, maka saya tidak kompeten memberi komentar, kecuali kalau nanti saya menemukan literatur yang relevan.

Damai, damai, damai.

artikel di atas saya copykan dari koleksi ebook saya, titik temu islam dan kristen, karya William Montgomery Watt
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: islam agama kolonial ?   6th November 2012, 11:21

Sebenarnya terdapat perbedaan besar antara penyebaran agama dan kolonialisme. Karena tidak ada suatu agama apapun yang bisa diidentikan dengan kolonialisme.

Pada masa awal penyebaran agama bisa (dan sah sah saja) dilakukan dengan cara kekerasan, dengan menaklukan dan menjadikan suatu bangsa menjadi beragama tertentu. Hal ini terjadi pada hampir semua agama. Terlkebih pada agama yang masih menyatu pada kekuasaan.

Pada abad pertengahan, ketika agama dan kekuasaan terpisah, agama hanya menumpang pada kakuasaan. Sehingga ketika suatu daerah ditaklukan, maka agama disebarkan tanpa 'paksaan' , paksaan dalam tanda petik berarti tidak termasuk pada bujukan.

Maka harus jelas dahulu, apa yang dimaksud dengan kolonialisme. Menurut wiki, kolonialisme adalah : Kolonialisme adalah pengembangan kekuasaan sebuah negara atas wilayah dan manusia di luar batas negaranya, seringkali untuk mencari dominasi ekonomi dari sumber daya, tenaga kerja, dan pasar wilayah tersebut. Istilah ini juga menunjuk kepada suatu himpunan keyakinan yang digunakan untuk melegitimasikan atau mempromosikan sistem ini, terutama kepercayaan bahwa moral dari pengkoloni lebih hebat ketimbang yang dikolonikan.

Dengan definisi itu, maka jelas Islam (yang tidak terpisahkan antara agama dan kekuasaan) telah melakukan kolonialisme.

Salam

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
ichrezadariforumLI
Bintara
Bintara


Jumlah posting : 50
Join date : 06.11.12

PostSubyek: Re: islam agama kolonial ?   6th November 2012, 11:38

bruce wrote:
Sebenarnya terdapat perbedaan besar antara penyebaran agama dan kolonialisme. Karena tidak ada suatu agama apapun yang bisa diidentikan dengan kolonialisme.

Pada masa awal penyebaran agama bisa (dan sah sah saja) dilakukan dengan cara kekerasan, dengan menaklukan dan menjadikan suatu bangsa menjadi beragama tertentu. Hal ini terjadi pada hampir semua agama. Terlkebih pada agama yang masih menyatu pada kekuasaan.

Pada abad pertengahan, ketika agama dan kekuasaan terpisah, agama hanya menumpang pada kakuasaan. Sehingga ketika suatu daerah ditaklukan, maka agama disebarkan tanpa 'paksaan' , paksaan dalam tanda petik berarti tidak termasuk pada bujukan.

Maka harus jelas dahulu, apa yang dimaksud dengan kolonialisme. Menurut wiki, kolonialisme adalah : Kolonialisme adalah pengembangan kekuasaan sebuah negara atas wilayah dan manusia di luar batas negaranya, seringkali untuk mencari dominasi ekonomi dari sumber daya, tenaga kerja, dan pasar wilayah tersebut. Istilah ini juga menunjuk kepada suatu himpunan keyakinan yang digunakan untuk melegitimasikan atau mempromosikan sistem ini, terutama kepercayaan bahwa moral dari pengkoloni lebih hebat ketimbang yang dikolonikan.

Dengan definisi itu, maka jelas Islam (yang tidak terpisahkan antara agama dan kekuasaan) telah melakukan kolonialisme.

Salam

justru definisi dari wiki tersebut mengacu pada negara persekutuan/persemakmuran, di mana islam tidak ada terbukti melakukan dominasi ekonomi dan sumber daya, tKI, dan pasar wilayah. di mana letak kolonialismenya klo begitu? study
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: islam agama kolonial ?   6th November 2012, 11:42

Quote :
justru definisi dari wiki tersebut mengacu pada negara persekutuan/persemakmuran, di mana islam tidak ada terbukti melakukan dominasi ekonomi dan sumber daya, tKI, dan pasar wilayah. di mana letak kolonialismenya klo begitu?

Lho? Coba baca lagi ya :

Kolonialisme adalah pengembangan kekuasaan sebuah negara atas wilayah dan manusia di luar batas negaranya, seringkali untuk mencari dominasi ekonomi dari sumber daya, tenaga kerja, dan pasar wilayah tersebut. Istilah ini juga menunjuk kepada suatu himpunan keyakinan yang digunakan untuk melegitimasikan atau mempromosikan sistem ini, terutama kepercayaan bahwa moral dari pengkoloni lebih hebat ketimbang yang dikolonikan.

Salam

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
ichrezadariforumLI
Bintara
Bintara


Jumlah posting : 50
Join date : 06.11.12

PostSubyek: Re: islam agama kolonial ?   6th November 2012, 12:06

bruce wrote:
Quote :
justru definisi dari wiki tersebut mengacu pada negara persekutuan/persemakmuran, di mana islam tidak ada terbukti melakukan dominasi ekonomi dan sumber daya, tKI, dan pasar wilayah. di mana letak kolonialismenya klo begitu?

Lho? Coba baca lagi ya :

Kolonialisme adalah pengembangan kekuasaan sebuah negara atas wilayah dan manusia di luar batas negaranya, seringkali untuk mencari dominasi ekonomi dari sumber daya, tenaga kerja, dan pasar wilayah tersebut. Istilah ini juga menunjuk kepada suatu himpunan keyakinan yang digunakan untuk melegitimasikan atau mempromosikan sistem ini, terutama kepercayaan bahwa moral dari pengkoloni lebih hebat ketimbang yang dikolonikan.

Salam

koloni ini berarti berasal dari satu penguasa, satu wilayah. mungkin yang anda maksudkan adalah sistem kekhilafahan islam. memang dalam islam dikenal dengan daulah khilafah di mana mirip dengan kolonialisme, dan juga bersifat uber alles. akan tetapi bagaimana anda bisa membuktikan mengenai dominasi ekonomi. karena jelas sekali, kolonialisme ini tujuan utamanya adalah ekonomi. contohnya inggris yang mendirikan koloni di india dan malaysia, dan juga belanda yang mendirikan koloni di indonesia geek
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: islam agama kolonial ?   6th November 2012, 12:14

ichrezadariforumLI wrote:


koloni ini berarti berasal dari satu penguasa, satu wilayah. mungkin yang anda maksudkan adalah sistem kekhilafahan islam. memang dalam islam dikenal dengan daulah khilafah di mana mirip dengan kolonialisme, dan juga bersifat uber alles. akan tetapi bagaimana anda bisa membuktikan mengenai dominasi ekonomi. karena jelas sekali, kolonialisme ini tujuan utamanya adalah ekonomi. contohnya inggris yang mendirikan koloni di india dan malaysia, dan juga belanda yang mendirikan koloni di indonesia geek

Justru itu yang tadi saya tuliskan, definisi kolonialisme seperti apa. Karena dengan definisi yang luas, tidak ada beda antara inggris, Belanda, dan Islam. Sama2 berujuan untuk memperluas wilayah, untuk tujuan ekonomi atau agama.

Salam

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
ichrezadariforumLI
Bintara
Bintara


Jumlah posting : 50
Join date : 06.11.12

PostSubyek: Re: islam agama kolonial ?   6th November 2012, 12:18

bruce wrote:
ichrezadariforumLI wrote:


koloni ini berarti berasal dari satu penguasa, satu wilayah. mungkin yang anda maksudkan adalah sistem kekhilafahan islam. memang dalam islam dikenal dengan daulah khilafah di mana mirip dengan kolonialisme, dan juga bersifat uber alles. akan tetapi bagaimana anda bisa membuktikan mengenai dominasi ekonomi. karena jelas sekali, kolonialisme ini tujuan utamanya adalah ekonomi. contohnya inggris yang mendirikan koloni di india dan malaysia, dan juga belanda yang mendirikan koloni di indonesia geek

Justru itu yang tadi saya tuliskan, definisi kolonialisme seperti apa. Karena dengan definisi yang luas, tidak ada beda antara inggris, Belanda, dan Islam. Sama2 berujuan untuk memperluas wilayah, untuk tujuan ekonomi atau agama.

Salam

yang saya fahami bahwa, kolonialisme ini kan berhubungan dengan kepentingan ekonomi suatu negara. sedangkan islam itu sendiri bukan nama negara, tetapi ideologi yang bisa disejajarkan dengan kapitalisme dan sosialisme.
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: islam agama kolonial ?   6th November 2012, 12:35

Quote :
yang saya fahami bahwa, kolonialisme ini kan berhubungan dengan kepentingan ekonomi suatu negara. sedangkan islam itu sendiri bukan nama negara, tetapi ideologi yang bisa disejajarkan dengan kapitalisme dan sosialisme.

Itulah yang harus dijelaskan sebelum kita diskusi lebih jauh dengan kolonialisme itu. Kalau secara ekonomi, sebenarnya tetap berpengaruh bro, walau mungkin tidak langsung. Seperti juga ketika komunisme dan sosialisme menyebar, tujuannya adalah penguasaan, dan penguasaan akan membawa akibat ekonomi pada tahap selanjutnya.

Very Happy

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: islam agama kolonial ?   6th November 2012, 14:42

Damai sejahtera bagi LTBers.

Saya agak menangkap sekarang. Embarassed Semoga tidak salah tangkap. Jadi, yang saya tangkap untuk sementara ini, dari artikel yang dikemukakan ichre, ingin mengatakan bahwa Islam bukan agama kolonial, bukan? ichre berpikiran begitu, bahwa Islam bukan agama kolonial, karena islam tidak bersangkut paut dengan ekonomi. Bahwa Islam disebarluaskan, bukan karena alasan ekonomi.

Namun demikian, dengan defenisi kolonialisme seperti yang dikemukakan oleh Bruce yang dicatatnya dari Wikipedia,
bruce wrote:
Maka harus jelas dahulu, apa yang dimaksud dengan kolonialisme. Menurut wiki, kolonialisme adalah : Kolonialisme adalah pengembangan kekuasaan sebuah negara atas wilayah dan manusia di luar batas negaranya, seringkali untuk mencari dominasi ekonomi dari sumber daya, tenaga kerja, dan pasar wilayah tersebut. Istilah ini juga menunjuk kepada suatu himpunan keyakinan yang digunakan untuk melegitimasikan atau mempromosikan sistem ini, terutama kepercayaan bahwa moral dari pengkoloni lebih hebat ketimbang yang dikolonikan.
Sangat jelas menyatakan bahwa Islam adalah agama kolonial.

Dengan melihat praktik sehari-hari, terlihat secara kasat mata bahwa Islam itu ingin mendominasi pihak lain Sebagai contoh, Islam keberatan dengan adanya agama lain selain Islam.

Damai, damai, damai.

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
ichrezadariforumLI
Bintara
Bintara


Jumlah posting : 50
Join date : 06.11.12

PostSubyek: Re: islam agama kolonial ?   6th November 2012, 15:42

bruce wrote:
Quote :
yang saya fahami bahwa, kolonialisme ini kan berhubungan dengan kepentingan ekonomi suatu negara. sedangkan islam itu sendiri bukan nama negara, tetapi ideologi yang bisa disejajarkan dengan kapitalisme dan sosialisme.

Itulah yang harus dijelaskan sebelum kita diskusi lebih jauh dengan kolonialisme itu. Kalau secara ekonomi, sebenarnya tetap berpengaruh bro, walau mungkin tidak langsung. Seperti juga ketika komunisme dan sosialisme menyebar, tujuannya adalah penguasaan, dan penguasaan akan membawa akibat ekonomi pada tahap selanjutnya.

Very Happy

lalu bagaimana bangsa yahudi yang menguasai eropa dan amerika, apakah mereka bisa dikatakan sebagai kolonialisme? jika dikatakan bahwa islam adalah agama bangsa arab, bangsa arab yang datang ke indonesia tidak pernah melakukan praktik kolonialisme. mereka memang memiliki kekuasaan & kedudukan sosial yang tinggi dalam hal agama, akan tetapi dalam politik dan ekonomi mereka tidak memilikinya.
Kembali Ke Atas Go down
ichrezadariforumLI
Bintara
Bintara


Jumlah posting : 50
Join date : 06.11.12

PostSubyek: Re: islam agama kolonial ?   6th November 2012, 15:44

Husada wrote:
Damai sejahtera bagi LTBers.

Saya agak menangkap sekarang. Embarassed Semoga tidak salah tangkap. Jadi, yang saya tangkap untuk sementara ini, dari artikel yang dikemukakan ichre, ingin mengatakan bahwa Islam bukan agama kolonial, bukan? ichre berpikiran begitu, bahwa Islam bukan agama kolonial, karena islam tidak bersangkut paut dengan ekonomi. Bahwa Islam disebarluaskan, bukan karena alasan ekonomi.

Namun demikian, dengan defenisi kolonialisme seperti yang dikemukakan oleh Bruce yang dicatatnya dari Wikipedia,
bruce wrote:
Maka harus jelas dahulu, apa yang dimaksud dengan kolonialisme. Menurut wiki, kolonialisme adalah : Kolonialisme adalah pengembangan kekuasaan sebuah negara atas wilayah dan manusia di luar batas negaranya, seringkali untuk mencari dominasi ekonomi dari sumber daya, tenaga kerja, dan pasar wilayah tersebut. Istilah ini juga menunjuk kepada suatu himpunan keyakinan yang digunakan untuk melegitimasikan atau mempromosikan sistem ini, terutama kepercayaan bahwa moral dari pengkoloni lebih hebat ketimbang yang dikolonikan.
Sangat jelas menyatakan bahwa Islam adalah agama kolonial.

Dengan melihat praktik sehari-hari, terlihat secara kasat mata bahwa Islam itu ingin mendominasi pihak lain Sebagai contoh, Islam keberatan dengan adanya agama lain selain Islam.

Damai, damai, damai.

islam adalah agama dominan, tetapi tidak mendominasi. justru di belahan bumi lainnya terutama di eropa, agama kristenlah yang keberatan dengan agama lainnya :bball:
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: islam agama kolonial ?   6th November 2012, 16:08

Quote :
lalu bagaimana bangsa yahudi yang menguasai eropa dan amerika, apakah mereka bisa dikatakan sebagai kolonialisme? jika dikatakan bahwa islam adalah agama bangsa arab, bangsa arab yang datang ke indonesia tidak pernah melakukan praktik kolonialisme. mereka memang memiliki kekuasaan & kedudukan sosial yang tinggi dalam hal agama, akan tetapi dalam politik dan ekonomi mereka tidak memilikinya.

Bangsa Yahudi menguasai Eropa dan Amerika? Anda dengar bisikan dari mana, bro?
Tahukah anda mengapa bangsa Yahudi begitu ngotot pulang ke Israel (Gerakan Zionist?) Itu karena mereka bagaikan anak haram di Eropa dan Amerika. Terlebih lagi dengan terjadinya peristiwa holocaust di Jerman oleh Nazi dulu itu.

Memang bangsa Arab,(juga India), tidak lagi mampu menjalankan praktik kolonialisasi, karena setelah rvolusi industri di Eropa, kebesaran kekhalifahan Islam sudah menurun. Justru pada saat itu adalah kebangkitan Eropa, dengan penjelajahan (sekaligus penjajahan/kolonisasi) asia, afrika, australia dan Amerika.

Kira kira begitulah sekilas tentang sejarah dunia dari sudut pandang netral.

Salam

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
hello kitty
Calon Perwira
Calon Perwira


Jumlah posting : 305
Join date : 28.10.12
Lokasi : Lawang

PostSubyek: Re: islam agama kolonial ?   6th November 2012, 16:23

sudah naluri dasar manusia untuk ingin menguasai dan mendominasi...karena itu berkaitan erat dengan yang namanya EGO.
itu sebabnya kaum mayoritas punya kecenderungan untuk berkuasa. jadi tinggal dilihat kaum mayoritas itu beragama apa........pasti deh keluar naluri berkuasanya. Laughing

justru aneh kalau Anda malah berpikir kaum mayoritas (yang beragam Islam) tidak ingin mendominasi. seperti bukan manusia saja... Shocked

sudah saatnya Anda melihat kenyataan di lapangan, bukan idealisme semu yang diciptakan kalangan tertentu (yang seringkali justru bertentangan dengan fakta)
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: islam agama kolonial ?   6th November 2012, 16:47

Damai bagimu ichre.

Sejak Anda memulai trit ini, sampai di sini, pemahaman saya menagkap bahwa dengan mereduksi pengertial kolonial menjadi seperti yang Anda maksud, hanya dikaitkan dengan ekonomi, Islam bukan agama kolonial. Tetapi dengan menggunakan pengertian yang seperti Bruce ungkapkan, jelas Islam adalah agama kolonial.

Bila dibandingkan dengan keadaan senyatanya di negeri ini, jelas memperlihatkan Islam adalah agama kolonial yang ingin menginvasi. Terbukti dari gerakan-gerakan dengan mempertopengkan agama Islam, merusak tempat ibadah Non-Islam, melarang peribadatan Non-Islam di rumah warga dengan dalih mengganggu ketenangan.

Atau, ichre tidak pernah menyaksikan atau mengetahui sikap mendominasi seperti itu?

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
ichrezadariforumLI
Bintara
Bintara


Jumlah posting : 50
Join date : 06.11.12

PostSubyek: Re: islam agama kolonial ?   6th November 2012, 16:52

bruce wrote:
Quote :
lalu bagaimana bangsa yahudi yang menguasai eropa dan amerika, apakah mereka bisa dikatakan sebagai kolonialisme? jika dikatakan bahwa islam adalah agama bangsa arab, bangsa arab yang datang ke indonesia tidak pernah melakukan praktik kolonialisme. mereka memang memiliki kekuasaan & kedudukan sosial yang tinggi dalam hal agama, akan tetapi dalam politik dan ekonomi mereka tidak memilikinya.

Bangsa Yahudi menguasai Eropa dan Amerika? Anda dengar bisikan dari mana, bro?
Tahukah anda mengapa bangsa Yahudi begitu ngotot pulang ke Israel (Gerakan Zionist?) Itu karena mereka bagaikan anak haram di Eropa dan Amerika. Terlebih lagi dengan terjadinya peristiwa holocaust di Jerman oleh Nazi dulu itu.

Memang bangsa Arab,(juga India), tidak lagi mampu menjalankan praktik kolonialisasi, karena setelah rvolusi industri di Eropa, kebesaran kekhalifahan Islam sudah menurun. Justru pada saat itu adalah kebangkitan Eropa, dengan penjelajahan (sekaligus penjajahan/kolonisasi) asia, afrika, australia dan Amerika.

Kira kira begitulah sekilas tentang sejarah dunia dari sudut pandang netral.

Salam
jika yahudi memang benar-benar dianggap anak haram...... tentu saja yahudi tidak berkuasa di dunia ini baik secara politik dan ekonomi. kenyataannya hampir semua produk di dunia ini yang berbau yahudi Laughing

dan kenapa yahudi bisa sampai duduk di kursi pemerintahan dan panggung politik?
ini bukti bahwa yahudi memang sedang di atas angin, berbeda saat nazi berkuasa. justru yg menghancurkan nazi sendiri adalah amerika dan sekutunya. ini bukti bahwa yahudi punya kekuasaan di mana-mana.

nah sebelum kebangkitan eropa, apa ada kolonialisasi yang dilakukan bangsa arab?
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: islam agama kolonial ?   6th November 2012, 17:10

Quote :
jika yahudi memang benar-benar dianggap anak haram...... tentu saja yahudi tidak berkuasa di dunia ini baik secara politik dan ekonomi. kenyataannya hampir semua produk di dunia ini yang berbau yahudi

Bangsa Yahudi berkuasa di mana, bro? Anda ngga salah?

Quote :
dan kenapa yahudi bisa sampai duduk di kursi pemerintahan dan panggung politik?

Kursi pemerintahan dan panggung politik di mana? Di Israel?

Quote :
ini bukti bahwa yahudi memang sedang di atas angin, berbeda saat nazi berkuasa. justru yg menghancurkan nazi sendiri adalah amerika dan sekutunya. ini bukti bahwa yahudi punya kekuasaan di mana-mana.

Coba berikan fakta dulu bro, di mana anda sebutkan Yahudi berkuasa?

Quote :
nah sebelum kebangkitan eropa, apa ada kolonialisasi yang dilakukan bangsa arab?

Anda membaca sejarah dunia?
Anda tentu mengetahui negara Syria, Turki, Mesir, Jordania, Israel, Iran, bahkan Spanyol Selatan. Dan jangan lupakan bahwa tentara Islam sudah bertujuan untuk masuk ke Roma.
Please pelajari sejarah dunia sebelum dan ketika perang salib terjadi, jangan dari satu sumer saja, tetapi coba cari dari sumber netral.

Lengkapnya, silahkan tengok wiki : [You must be registered and logged in to see this link.]

Salam

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
samiaji
Calon Perwira
Calon Perwira


Jumlah posting : 392
Join date : 26.02.11
Age : 38

PostSubyek: Re: islam agama kolonial ?   7th November 2012, 00:21

ichrezadariforumLI wrote:
...kenyataannya hampir semua produk di dunia ini yang berbau yahudi Laughing
Kalau yang ini saya setuju, produk yang mendunia banyak muncul dari orang Yahudi...
Kira-kira apa ya rahasia orang Yahudi ? Very Happy


Salam Damai
Kembali Ke Atas Go down
cinzano
Moderator
Moderator


Jumlah posting : 2124
Join date : 26.10.12
Lokasi : Buaya City

PostSubyek: Re: islam agama kolonial ?   7th November 2012, 05:41


ikutan menyimak




study
Kembali Ke Atas Go down
hello kitty
Calon Perwira
Calon Perwira


Jumlah posting : 305
Join date : 28.10.12
Lokasi : Lawang

PostSubyek: Re: islam agama kolonial ?   7th November 2012, 05:45

saya jadi bingung dengan pemikiran TS..kok sepertinya terisolasi dari dunia luar?
sampai meng-klaim kekuasaan Yahudi ada di mana-mana.
padahal kenyataannya kekuasaan itu tidak terasa..setidaknya di negara kita ini... Shocked
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: islam agama kolonial ?   7th November 2012, 08:29

hello kitty wrote:
saya jadi bingung dengan pemikiran TS..kok sepertinya terisolasi dari dunia luar?
sampai meng-klaim kekuasaan Yahudi ada di mana-mana.
padahal kenyataannya kekuasaan itu tidak terasa..setidaknya di negara kita ini... Shocked
Sependapat dengan Kitty.

Tambahan, saya duga-duga, TS ini mungkin belajarnya sangat terisolasi, dugaan saya di pesantren tok. Indoktrinasi pesantrennya mungkin banyak menjadikan Yahudi sebagai obyek pembahasan, sebagai tumpuan kebencian. Karena itu pula maka dia 'agak' kesulitan membedakan Yahudi dan Kristen. Padahal, di negeri ini, yang ada paling hanya produk-produk hasil pikiran Yahudi, bukan orang Yahudi.

Ngomong-ngomong, kemajuan teknologi di negeri-negeri tempat diasporanya Yahudi itu rata-rata lebih maju daripada daerah invasian Arab, yah?

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content




PostSubyek: Re: islam agama kolonial ?   Today at 02:47

Kembali Ke Atas Go down
 
islam agama kolonial ?
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» Vlad Dracula " Kisah Nyata Pembantai Umat Islam Dalam Perang Salib
» MITOS DI MASYARAKAT
» Rahasia dari tanda "metal" \m/ (maksudnya bukan musik metal ya :D)

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Ladang Tuhan Baru :: Forum Terbuka :: Diskusi - Non-Kristen Bertanya Kristen Menjawab-
Navigasi: