Ladang Tuhan Baru
Selamat datang kepada sesama saudara Kristen dan saudara lain iman. Mari kita saling kenal dalam suasana bersahabat.

Ladang Tuhan Baru

Forum Komunitas Kristen
 
IndeksIndeks  PencarianPencarian  PendaftaranPendaftaran  LoginLogin  

Share | 
 

 Perlukah aturan nikah dalam Islam direvisi ?

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
Pilih halaman : Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10  Next
PengirimMessage
nothingman
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1503
Join date : 13.11.12

PostSubyek: Re: Perlukah aturan nikah dalam Islam direvisi ?   10th January 2013, 13:04

Husada wrote:
Okeh, jadi sepakat nih kalo aturan pernikahan cara Islam perlu direvisi? Bahwa nikah yang 'melegalkan zinah' harus dihapus, gitu?
nti dulu donk bro Hus..
tidak tepat/belum saatnya kita sampai pd point tsb.. yg dibahas/dipaparkan sejauh ini baru ayat2 yg jd dasar soal masalah poligami aj, belum lg membahas ttg masalah nikah siri/nikah mut'ah.. dan utk masalah poligami ini pun sy belum memberikan kesimpulan atau menjelaskan posisi/pendapat sy mengenai aturan poligami tsb bro..
jd sebenarnya materi pembahasan kita masih ada banyak, sebelum kita dpt mengambil kesimpulan yg bro Husada tanyakan itu.. ibaratnya yg kita bahas itu baru sekedar alinea pembukaan dlm UUD'45 bro..

dan klo aj bro GeBe tidak 'melarikan' diri, pembahasan kita ini akan menjadi lebih lengkap dan menarik lg, krn akan ada bantahan/penjelasan dr member Muslim yg ikut membahasnya, jd tidak sekedar 'klaim' dr satu pihak saja bro..

jd keputusan kita dlm diskusi ini gmn nih bro.. apakah kita akan tetap meneruskan/melanjutkan ke materi berikutnya mengenai dasar2/ayat2 yg berhubungan dgn nikah siri/nikah mut'ah/misyar tanpa adanya kehadiran dr member Muslim..?? atau mau menunggu dulu diskusi ini utk sementara sampai ada perwakilan dr member Muslim yg mau dan bisa mendiskusikan ttg hal2 tsb..??
yah mungkin kita tunggu bro Lancah kembali dr kesibukannya nti bro..

Syalom,
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Perlukah aturan nikah dalam Islam direvisi ?   10th January 2013, 16:52

Bro Nothing, bukankah katanya nikah siri dan nikah mut'ah itu berbeda? Dan katanya sunni tidak mengakui keabsahan nikah mut'ah, walau kenyataannya di Puncak banyak orang arab dan kita yang menjalankan praktek kawin kontrak ini.

Shocked

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
nothingman
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1503
Join date : 13.11.12

PostSubyek: Re: Perlukah aturan nikah dalam Islam direvisi ?   10th January 2013, 20:40

bruce wrote:
Bro Nothing, bukankah katanya nikah siri dan nikah mut'ah itu berbeda? Dan katanya sunni tidak mengakui keabsahan nikah mut'ah, walau kenyataannya di Puncak banyak orang arab dan kita yang menjalankan praktek kawin kontrak ini.

Shocked
wah klo ditanya apakah bedanya nikah siri dgn nikah Mut'ah(kontrak)/Nikah Misyar (nikah sewaktu pesiar/bepergian), sebenarnya sy jg nda tau bro.. karena sebenarnya tuh tidak ada istilah nikah 'siri' tsb dlm referensi Islam, entah dlm Al-Quran maupun Hadist, yg ada itu istilah nikah Mut'ah yg artinya kontrak/dgn jangka waktu tertentu, atau nikah Misyar (nikah selama bepergian/pesiar krn melaksanakan misi tertentu)..

waktu itu ada diskusi di TV yg membahas masalah nikah 'siri' ini bro, dan menurut penjelasan yg diberikan ol Ulama yg mjd pimpinan Mesjid Istiqlal (sy lupa namanya), dia jg mengatakan bahwa istilah 'nikah siri' itu hanyalah istilah yg diberikan ol kita aj masyarakat di Indonesia jd semacam istilah2 yg lain seperti nikah 'pemilu'(nikah hamil dulu), atau istilah kawin lari, dan istilah2 yg lain.. jd istilah2 nikah siri itu tidak berdasarkan ajararan Islam, krn tidak ada referensinya dlm Islam..

jd begitulah penjelasan sy mengenai pertanyaan yg bro bruce sampaikan..
klo menurut sy sih nikah siri/nikah Mut'ah/Misyar itu tidak ada bedanya dgn penghalalan prilaku sex bebas dlm Islam.. mengenai hal ini akan sy sampaikan setelah pembahasan mengenai masalah poligami diatas diselesaikan, sehingga pembahasan kita dpt terfokus satu-persatu bro, jd tidak tumpang-tindih.. sy pun belum memberikan kesimpulan/pendapat pribadi(posisi saya pribadi) mengenai masalah aturan berpoligami ini bro..

jd mohon bro bruce bersabar dikit, nti jika sampai pd saatnya kita membahas masalah nikah siri/mut'ah/misyar semoga semuanya menjadi lebih jelas lg dan bisa menjawab pertanyaan bro bruce lebih lengkap lg ya..?? diskusi tsb bakal lebih 'panaaz' lg tuh bro dibanding masalah poligami ini...

dan bro bruce nda usah khawatir sy akan menghilang seperti yg dilakukan bro GeBe itu.. klo pun sy belum sempat menjelaskan, itu dikarenakan ada urusan pekerjaan dikantor / urusan keluarga yg menghalanginya.. dan klo pun ada pertanyaan dr bro bruce dan rekan2 lain yg tidak bisa sy jawab/jelaskan sy akan berterus-terang, dan minta waktu utk mencari dulu jawaban beserta referensi2 yg mendukung, sebab tanpa adanya bukti2 referensi tsb nti sy bisa dibilang omong kosong dan memfitnah orang/pihak lain kan bro..?? ;)

jd kesimpulannya kita akan tetap melanjutkan diskusi masalah ini ya bro..? (walau tanpa ada perwakilan dr pihak Muslim)
Okelah, its fine.. bukan masalah buat sy.. itu cm merubah dikit arah dr diskusi ini bro, yg tdnya kita bisa saling memperdebatkan/saling koreksi diantara kita, sekarang mungkin sifat diskusi ini hanya sekedar penjelasan aj..
ibarat tdnya kita mau nonton pertandingan tinju di TV, sekarang yg kita lihat jd acara gathering/remeh-temeh doank..
tp gpp lah, krn prinsipnya sy adl selalu ambil sesuatu yg positif/baik dr suatu kejadian yg paling buruk...

hihihi.. Cool
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Perlukah aturan nikah dalam Islam direvisi ?   10th January 2013, 21:50

He he he he, semakin tahu semakin aneh.

affraid

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
nothingman
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1503
Join date : 13.11.12

PostSubyek: Re: Perlukah aturan nikah dalam Islam direvisi ?   11th January 2013, 15:01

bruce wrote:
He he he he, semakin tahu semakin aneh.

affraid
ya klo bro bruce merasa 'aneh' itu tandanya anda masih normal/waras bro... tp klo anda merasa percaya dan yakin terhadap ajaran2 tsb, itu baru ada tanda2nya anda tidak ..... lagi.
hehehehe roll

tidak ada lg kah yg perlu dibahas/diperdebatkan ttg masalah poligami..? klo nda ada pertanyaan/diskusi lg ttg itu, kita akan dilanjutkan ke pokok masalah berikutnya yg membahas mengenai dasar2 nikah Siri/nikah Mut'ah/nikah Misyar dlm ajaran Islam.. (sy jd seperti Ustadz aj di forum ini nih.. tp sy bukan Ustadz lah yaauuw.. hihihi)

tp sebelum itu sy akan memberikan kesimpulan/pendapat(posisi sy) pribadi terhadap masalah poligami ini..(sebenarnya semalam sy udah bikin kesimpulan tsb, eeh tp tiba2 listriknya matee.. terpaksa nti sy harus ketik ulang)

Syalom,
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Perlukah aturan nikah dalam Islam direvisi ?   11th January 2013, 15:31

Oke, bro, saya akan coba menyimak sambil bertanya, silahkan..

study

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: Perlukah aturan nikah dalam Islam direvisi ?   11th January 2013, 15:36

Saya ikutan menyimak. study
Sesekali akan nyeletuk karna heran campur bingung. geek
Kalo ketemu yang lucu, ya terpingkel-pingkel. roll ato terbahak-bahak Laughing

Sambil mengacungkan peace peace peace

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Perlukah aturan nikah dalam Islam direvisi ?   11th January 2013, 15:40

Wahaha ha ha ha ha ha

Sepertinya malah pada senang posting emoticon ya, karena bisa multi tafsir, he he he he

thumb up

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
nothingman
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1503
Join date : 13.11.12

PostSubyek: Re: Perlukah aturan nikah dalam Islam direvisi ?   11th January 2013, 16:47

waduh.. waduuuh.. ini kok jd pd Lebaay(red: Norak belebihan) sich.. Shocked
diforum ini yg bolehkan lebay cukup sy seorang aja lah bro...
wakakakakakaa.... sunny geek peace
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Perlukah aturan nikah dalam Islam direvisi ?   11th January 2013, 16:54

He he he he, anda rupanya belum tahu, bro, bro mod Husada itu punya nama tengah yang gak kalah hebat, yakni Husabarlebayda, jadi selain sabar juga suka lebay, ha ha ha ha. Ini bisa anda konfirmasikan kepada beliau, he he he he.

Cool

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
nothingman
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1503
Join date : 13.11.12

PostSubyek: Re: Perlukah aturan nikah dalam Islam direvisi ?   11th January 2013, 17:18

waah klo gtu utk urusan lebay, berarti sy punya saingan beraat donk.... Shocked
waduuh.. sy harus berusaha lebih lebay lg nih bro... affraid
wkakakakakaka..... Laughing Very Happy cheers roll
peace peace peace
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Perlukah aturan nikah dalam Islam direvisi ?   11th January 2013, 17:26

Wakakakakak, apakah anda juga menyandang nama baru ?

Nothinglebayman ?

roll

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
nothingman
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1503
Join date : 13.11.12

PostSubyek: Re: Perlukah aturan nikah dalam Islam direvisi ?   11th January 2013, 17:36

huakakakakakaa.... roll roll
tp jangaan donk bro... nti sy bisa dimarahi sm Oom 'Eddie Vedder' (vocalis band Pearl Jam) yg menciptakan lagu tsb (Nothingman)...
d\'oh
Kembali Ke Atas Go down
nothingman
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1503
Join date : 13.11.12

PostSubyek: Re: Perlukah aturan nikah dalam Islam direvisi ?   11th January 2013, 21:59

bruce wrote:
Oke, bro, saya akan coba menyimak sambil bertanya, silahkan..

study
Ok, kita lanjutkan diskusi kita ini ya bro bruce...
sebelum diskusi dilanjutkan ke topik selanjutnya, perkenankan sy utk menyimpulkan atau memberikan pendapat pribadi mengenai masalah poligami dlm ajaran Islam..
Kesimpulan sy itu adlh sbb:
1. Bahwa poligami itu sebenarnya dilarang/tidak dianjurkan dlm ajaran Islam (pasti banyak nih yg bertentangan dgn sy).
Alasan sy adlh karena ayat2 dlm Al-Quran (An-Nisaa 4:3), yg berkaitan dgn poligami itu tidak bersifat anjuran/memotivasi, tp seperti bersifat pemakluman atas kondisi yg ada pd saat itu.. selain itu ada jg ayat2 yg sebenarnya melarang pengikut Nabi Muhammad utk melakukan poligami dimana Awloh mengatakan "tidak ada seorangpun yg dpt berlaku adil walaupun dia telah berusaha semampunya.."(QS 4:129)
dan ada jg keterangan dlm Hadis yg menceritakan bahwa Muhammad marah besar seperti 'kebakaran jenggot' ketika mengetahui putrinya Fatimah akan dimadu ol suaminya Ali bin Abi Thalib.. dlm hadist tsb diceritakan Muhammad tidak terima atas niat Ali tsb, sehingga menyuruhnya menceraikan Fatimah putrinya bila dia mau kawin lg.. karena takut akan ancaman 'babeh mertuenye' akhirnya Ali membatalkan pernikahan tsb.. kaciaaan deh si Ali.. pointing

2. bahwa ayat2 yg membolehkan poligami itu hanya bersifat kondisional/situasional seperti yg ada pd saat/jaman Nabi Muhammad hidup dulu.. dimana saat itu sudah mjd kebiasaan/adat bahwa pria kaya dr kaum Quraish memiliki isteri lebih dr seorang, dan Muhammad ingin berusaha meraih simpati mereka agar mau mengikuti ajarannya.. selain itu jg karena perang, banyak isteri2 dan anak2 pengikut2 Nabi yg jd janda dan anak yatim, sehingga utk melindungi kelangsungan hidup mereka ini sang Nabi membolehkan pengikutnya utk berpoligami.. selain itu krn pd jaman perang pengikut2 nabi sering bepergian utk menjalankan misi penyerangannya sehingga mereka hidup jauh dr isteri2nya dirumah, maka Muhammad membolehkan pengikutnya utk menikahi budak2/tawanan perang baik itu utk jangka waktu ttt (nikah Mut'ah/Misyar) atau utk selamanya seperti yg dilakukan ol sang Nabi..

3. ini point yg paling penting nih bro dr kesimpulan sy..
bahwa aturan poligami itu sebenarnya hanya diperbolehkan bagi sang Nabi Muhammad.. jd hanya dia lah yg boleh berpoligami bahkan memiliki isteri lebih dr 4 orang, karena seperti yg jg dinyatakan ol Awlohnya pd AlQuran:
[QS 33:21] Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.

oleh karena itulah Muhammad diberikan 'kekhususan'/bahkan 'pengecualian' terhadap aturan2 yg dikenakan ol semua pengikut2nya.. jd dia boleh punya isteri lebih dr 4 bahkan klo sang Nabi mau, nda perlu menikah jg bisa kok, cukup dijadikan simpanan aj bro..

ok, demikianlah kesimpulan/pendapat pribadi sy mengenai masalah poligami ini.. bila ada kekurangannya sy mohon maaf, dan mohon tanggapan/koreksi dr rekan2 yg lain sebelum diskusi kita lanjutkan...

Syalom, peace

Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Perlukah aturan nikah dalam Islam direvisi ?   11th January 2013, 22:14

Saya sependapat dengan pandangan anda, bahwa sejatinya, Islam tidak menyarankan umatnya untuk berpoligami. Karena pada kenyataannya, tidak seorangpun bisa bersikap adil kepada beberapa istri, ini termasuk Muhamad sendiri.

Tetapi, sepertinya Islam bisa menerima, atau memaklumi kalau pengikutnya melakukan poligami. Hal mana karena memang perilaku masyarakat setempat di masa itu memang penganut poligami, hingga sekarang.

Mengenai khusus untuk Muhamad saja, sepertinya, ini menurut saya, sudah penyalahgunaan wewenang, dalam arti ada rekayasa ayat yang entah dilakukan siapa untuk pembenaran.

Kira kira seperti itu, bro.

Syalom

sunny

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: Perlukah aturan nikah dalam Islam direvisi ?   12th January 2013, 15:09

bruce wrote:
He he he he, anda rupanya belum tahu, bro, bro mod Husada itu punya nama tengah yang gak kalah hebat, yakni Husabarlebayda, jadi selain sabar juga suka lebay, ha ha ha ha. Ini bisa anda konfirmasikan kepada beliau, he he he he.

Cool
Jangan dikurangi dong. Nama saya itu, lengkapnya Husabarlebayimajinasida. Laughing roll Razz

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Perlukah aturan nikah dalam Islam direvisi ?   12th January 2013, 15:19

Husabarlebayimajinasida.

Shocked

d\'oh

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: Perlukah aturan nikah dalam Islam direvisi ?   12th January 2013, 15:46

bruce wrote:
Husabarlebayimajinasida.
Shocked
d\'oh
Kalau tidak salah ingat, imajinasi itu diberikan oleh Momod Ond32lumut di forum tetangga. Very Happy Laughing roll

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
nothingman
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1503
Join date : 13.11.12

PostSubyek: Re: Perlukah aturan nikah dalam Islam direvisi ?   12th January 2013, 18:46

waduuh.. klo gtu sy ngaku kalah deh sm bro Husada.. Shocked
jd sy relakan gelar "Member Terlebai" di forum ini dipegang ol bro Husabarlebayimajinasida dan sy ucapkan selamat kpd anda ya bro Hus.. clapping clapping kissbye

huakakakakakaa.... Very Happy Laughing roll roll
Kembali Ke Atas Go down
samiaji
Calon Perwira
Calon Perwira


Jumlah posting : 392
Join date : 26.02.11
Age : 38

PostSubyek: Re: Perlukah aturan nikah dalam Islam direvisi ?   12th January 2013, 20:30

nothingman wrote:
bruce wrote:
Oke, bro, saya akan coba menyimak sambil bertanya, silahkan..

study
Ok, kita lanjutkan diskusi kita ini ya bro bruce...
sebelum diskusi dilanjutkan ke topik selanjutnya, perkenankan sy utk menyimpulkan atau memberikan pendapat pribadi mengenai masalah poligami dlm ajaran Islam..
Kesimpulan sy itu adlh sbb:
1. Bahwa poligami itu sebenarnya dilarang/tidak dianjurkan dlm ajaran Islam (pasti banyak nih yg bertentangan dgn sy).
...

2. bahwa ayat2 yg membolehkan poligami itu hanya bersifat kondisional/situasional seperti yg ada pd saat/jaman Nabi Muhammad hidup dulu..
...

3. ini point yg paling penting nih bro dr kesimpulan sy..
bahwa aturan poligami itu sebenarnya hanya diperbolehkan bagi sang Nabi Muhammad..
...
Pembahasan yang sangat berbobot.. thumb up
Poligami sepertinya memang sudah ada sejak jaman dahulu, jaman para nabi, dan sepertinya hal tersebut menjadi hal lumrah dan tidak dipermasalahkan. Hal tersebut juga yang melatar-belakangi umat muslim tidak menerima apabila dikatakan poligami sebagai hal yang dilarang (walaupun yang melarang adalah agama Kristen kepada umat Kristen).
Karena tidak adanya kata DILARANG POLIGAMI, baik dalam PL apalagi di AlQuran maka hal itu dianggap sebagai sebagai pembolehan. Sedangkan kita, umat Kristen membaca dan belajar bukan hanya dari kata tersurat DILARANG tetapi melihat kisah-kisah di PL sebagai kesatuan, Yang mana tentu saja sulit dicerna dari ayat-ayat AlQuran yang tidak menceritakan kisah secara lengkap dan kronologis. Hal yang sama bila kita membicarakan perceraian.

Sepertinya umat Kristen entah dianggap sok suci (karena melarang dua hal tersebut), atau umat Islam yang merasa menjadi minder (karena dalam hati kecil mereka menyetujui bahwa monogami dan tidak cerai adalah hal yang lebih "mulia"). Ataukah justru umat Kristen yang terlalu sering menanyakan atau mempermasalahkan hal tersebut (yang dianggap bukan urusan umat Kristen) ?

Hal yang menarik juga pernah saya tonton, dimana seorang selebriti pernah mengemukakan pendapat bahwa tidak ada hukumnya bahwa poligami harus meminta ijin dari istri (atau istri-istri) nya. Bagaimana menurut bro Nothingman ?

nothingman wrote:
...dan ada jg keterangan dlm Hadis yg menceritakan bahwa Muhammad marah besar seperti 'kebakaran jenggot' ketika mengetahui putrinya Fatimah akan dimadu ol suaminya Ali bin Abi Thalib.. dlm hadist tsb diceritakan Muhammad tidak terima atas niat Ali tsb, sehingga menyuruhnya menceraikan Fatimah putrinya bila dia mau kawin lg.. karena takut akan ancaman 'babeh mertuenye' akhirnya Ali membatalkan pernikahan tsb.. kaciaaan deh si Ali.. pointing
Dalam hal ini seharusnya berlaku hukum : Apa yang engkau inginkan orang lain lakukan kepadamu, lakukanlah itu kepada orang lain.


Salam Damai
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Perlukah aturan nikah dalam Islam direvisi ?   12th January 2013, 20:50

Quote :
Hal yang menarik juga pernah saya tonton, dimana seorang selebriti pernah mengemukakan pendapat bahwa tidak ada hukumnya bahwa poligami harus meminta ijin dari istri (atau istri-istri) nya. Bagaimana menurut bro Nothingman ?

Sepertinya syarat 'meminta ijin dari istri/istri2nya' adalah murni dari hukum perkawinan yang berlaku di negara ini, bro. Seingat saya saat itu ulama dan umat muslim sempat protes dan demo, tetapi karena undang undang perkawinan itu ditetapkan saat jaman babeh harto, maka tidak seorangpun berani menolak secara keras. Konon, undang undang perkawinan itupun sebenarnya adalah keinginan ibu tien yang sangat anti poligami.


Quote :
Dalam hal ini seharusnya berlaku hukum : Apa yang engkau inginkan orang lain lakukan kepadamu, lakukanlah itu kepada orang lain.

Naaaah, ini yang susah. Karena yang selama ini terjadi adalah, pikiran sendiri yang ngeres, perempuan yang ditutupi.

Cool

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
nothingman
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1503
Join date : 13.11.12

PostSubyek: Re: Perlukah aturan nikah dalam Islam direvisi ?   12th January 2013, 21:05

samiaji wrote:

Pembahasan yang sangat berbobot.. thumb up
Poligami sepertinya memang sudah ada sejak jaman dahulu, jaman para nabi, dan sepertinya hal tersebut menjadi hal lumrah dan tidak dipermasalahkan. Hal tersebut juga yang melatar-belakangi umat muslim tidak menerima apabila dikatakan poligami sebagai hal yang dilarang (walaupun yang melarang adalah agama Kristen kepada umat Kristen).
Karena tidak adanya kata DILARANG POLIGAMI, baik dalam PL apalagi di AlQuran maka hal itu dianggap sebagai sebagai pembolehan. Sedangkan kita, umat Kristen membaca dan belajar bukan hanya dari kata tersurat DILARANG tetapi melihat kisah-kisah di PL sebagai kesatuan, Yang mana tentu saja sulit dicerna dari ayat-ayat AlQuran yang tidak menceritakan kisah secara lengkap dan kronologis. Hal yang sama bila kita membicarakan perceraian.

Sepertinya umat Kristen entah dianggap sok suci (karena melarang dua hal tersebut), atau umat Islam yang merasa menjadi minder (karena dalam hati kecil mereka menyetujui bahwa monogami dan tidak cerai adalah hal yang lebih "mulia"). Ataukah justru umat Kristen yang terlalu sering menanyakan atau mempermasalahkan hal tersebut (yang dianggap bukan urusan umat Kristen) ?
betul sekali yg bro Sam katakan itu, memang bagi kita umat Kristen/Katolik tidak ada kata2 'dilarang berpoligami', tetapi bagi kita bisa melihat hikmah (pelarangan poligami) itu dr kisah2 yg ada dlm PL, entah kisah nabi2 terdahulu atau kisah raja2 Israel pd jamannya..
dan kita tidak sedang mempertanyakan/mempermasalahkan ttg ajaran agama tetangga disini bro, itu hanya sekedar informasi aj kok bagi kita ttg adanya ajaran tsb di tetangga kita, sehingga kita jg bisa mengambil hikmahnya..

samiaji wrote:

Hal yang menarik juga pernah saya tonton, dimana seorang selebriti pernah mengemukakan pendapat bahwa tidak ada hukumnya bahwa poligami harus meminta ijin dari istri (atau istri-istri) nya. Bagaimana menurut bro Nothingman ?
pertanyaan anda ini mungkin akan sy jwb/terjawab setelah sy menyampaikan materi pd diskusi kita selanjutnya yg membicarakan mengenai pernikahan Siri/Nikah Mut'ah/Nikah Mis'yar berikut membahas ttg syarat2 pernikahan itu masing2, setelah diskusi ttg poligami ini bro.. (klo nda salah anda jg pernah menanyakan ttg masalah syarat2 pernikahan secara Islam di trit yg lain kan bro..?) itu nti akan sy coba jelaskan semuanya..
jd supaya kita bisa fokus membahas permasalahannya satu-persatu, jd mohon kesabaran dr bro Sam.. thx

samiaji wrote:

nothingman wrote:
...dan ada jg keterangan dlm Hadis yg menceritakan bahwa Muhammad marah besar seperti 'kebakaran jenggot' ketika mengetahui putrinya Fatimah akan dimadu ol suaminya Ali bin Abi Thalib.. dlm hadist tsb diceritakan Muhammad tidak terima atas niat Ali tsb, sehingga menyuruhnya menceraikan Fatimah putrinya bila dia mau kawin lg.. karena takut akan ancaman 'babeh mertuenye' akhirnya Ali membatalkan pernikahan tsb.. kaciaaan deh si Ali.. pointing
Dalam hal ini seharusnya berlaku hukum : Apa yang engkau inginkan orang lain lakukan kepadamu, lakukanlah itu kepada orang lain.

Salam Damai
itu kan hukum yg berlaku bagi kita bro.. hukum yg berlaku bagi mereka kan lain lg... hukumnya mereka: Apa yg engkau inginkan dr orang lain, lakukanlah apapun semau mu... hehehe (maksud sy becanda ya bro, jangan anda tanyain referensinya) Laughing

Syalom, peace
Kembali Ke Atas Go down
nothingman
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1503
Join date : 13.11.12

PostSubyek: Re: Perlukah aturan nikah dalam Islam direvisi ?   12th January 2013, 21:09

sepertinya apa yg dijelaskan ol bro bruce diatas tepat sekali.. thumb up
nti kita akan bahas lebih lanjut mengenai syarat2 pernikahan dlm ajaran Islam itu supaya bisa lebih jelas lg...
sunny
Kembali Ke Atas Go down
samiaji
Calon Perwira
Calon Perwira


Jumlah posting : 392
Join date : 26.02.11
Age : 38

PostSubyek: Re: Perlukah aturan nikah dalam Islam direvisi ?   13th January 2013, 07:43

Kalau begitu, saya akan sit beauty dan menyimak pemaparan bro Nothingman selanjutnya..
Cool
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: Perlukah aturan nikah dalam Islam direvisi ?   13th January 2013, 15:50

Menurut hemat saya, untuk sementara ini, jika informasi hanya sampai di sini saja, simpulan mengenai jawaban atas pertanyaan judul trit, sudah cukup jelas. Bahwa aturan nikah dalam Islam layak direvisi. Hanya saja, selaku bukan penganut Islam, saya kira, kurang pas kalau usul revisi aturan nikah versi Islam ditawarkan oleh Non Islam. Apalagi kalau penganut Islam cukup enjoy dengan aturan tersebut, justru usulan revisi dapat dipandang sebagai sikap mendzolimi.

Sekedar menginformasikan kepada khalayak pembaca dan partisipan forum ini, saya kira perlu juga mengemukakan berbagai hal terkait dengan aturan nikah versi Islam tersebut, agar sama-sama memahaminya secara lebih lengkap. Dengan demikian, maka alasan untuk revisi atau untuk mempertahankan aturan nikah versi Islam cukup beralasan. Untuk itu, saya sangat berharap, seluk-beluk aturan pernikahan versi Islam itu mengemuka di trit ini. Silahkan.

peace peace peace

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content




PostSubyek: Re: Perlukah aturan nikah dalam Islam direvisi ?   Today at 15:01

Kembali Ke Atas Go down
 
Perlukah aturan nikah dalam Islam direvisi ?
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 4 dari 10Pilih halaman : Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10  Next
 Similar topics
-
» Rahasia dari tanda "metal" \m/ (maksudnya bukan musik metal ya :D)
» Vlad Dracula " Kisah Nyata Pembantai Umat Islam Dalam Perang Salib
» MITOS DI MASYARAKAT
» modifikasi knalpot std or knalpot racing VS aturan lalin yang baru
» [Ask]UU motor ga boleh masuk tol

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Ladang Tuhan Baru :: Forum Terbuka :: Diskusi - Kristen Bertanya Non-Kristen Menjawab-
Navigasi: