Ladang Tuhan Baru
Selamat datang kepada sesama saudara Kristen dan saudara lain iman. Mari kita saling kenal dalam suasana bersahabat.

Ladang Tuhan Baru

Forum Komunitas Kristen
 
IndeksIndeks  PencarianPencarian  PendaftaranPendaftaran  LoginLogin  

Share | 
 

 Inilah 10 Produsen Cokelat di Dunia

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Inilah 10 Produsen Cokelat di Dunia   5th January 2013, 11:25

Inilah 10 Produsen Cokelat di Dunia
Penulis : Fitri Prawitasari | Sabtu, 5 Januari 2013 | 10:19 WIB

KOMPAS.com - Penganan manis yang meleleh di mulut ini, menjadi salah satu panganan favorit penduduk dunia. Cokelat diproduksi dengan berbagai bentuk bahkan rasa khas. Para produsen cokelat di seluruh dunia berlomba-lomba untuk menciptakan produk cokelat terbaik yang pernah ada.

Sesuai dengan artikel yang dilansir oleh National Geographic, terdapat 10 produsen cokelat di dunia, yang pernah menciptakan rasa cokelat terbaik.

1. Teuscher (Zurich, Swiss)

Dolf Teuscher, mulai membuat cokelat lebih dari 70 tahun yang lalu di sebuah kota kecil di Pegunungan Alpen Swiss. Ia menjelajahi dunia untuk menemukan biji cokelat terbaik, buah, kacang-kacangan, dan bahan-bahan lain yang dapat digunakan dalam campuran cokelat.

Kini, Teuscher telah memiliki lebih dari 100 varian cokelat dengan resep rahasia secara turun-temurun. Cokelat yang ia ciptakan menggunakan bahan-bahan pilihan, tanpa campuran bahan kimia, aditif, maupun pengawet. Ia memasok cokelat-cokelatnya ke tokonya di seluruh dunia satu minggu sekali.

2. Vosges Haut-Chocolat (Chicago, Illinois, AS)

Katrina Markoff pemilik dapur cokelat Vosges Haut-Chocolat, memilih setiap bahan cokelat terbaik, dengan aneka rempah-rempah, bunga-bungaan, dan biji cokelat. Ia mendalami pengetahuannya akan cokelat saat ia belajar seni permen di Universitas Le Cordon Bleu di Paris, Perancis.

Kemudian ia terinspirasi oleh rempah-rempah dan bunga-bunga langka seperti biji vanili Meksiko yang dipadu dengan cokelat premium.

3. Scharffen Berger Chocolate Maker, Inc. (Berkeley, California, AS)

Scharffen Berger Chocolate Maker ialah produsen cokelat yang khusus membuat dark chocolate. Setiap langkah proses pembuatan cokelat mulai dari biji cokelat hingga tahap menjadi cokelat batang ia perhatikan dengan sempurna, agar rasa cokelat yang dihasilkan berbeda dengan yang lain.

Cokelat pertama produksinya menggunakan biji cokelat terbaik yang pernah ada, serta dengan sangat hati-hati mencampurkan kacang dan berbagai bahan untuk menghasilkan rasa cokelat yang unik. Selain memproduksi cokelat batang, Scharffen Berger juga membuat berbagai kue cokelat.

4. Jacques Torres Chocolate (New York, AS)

Jacques Torres Chocolate, sebuah kafe cokelat di New York dengan desain khas layaknya kafe-kafe di Eropa. Para pengunjung yang datang seperti tersihir merasakan pengalaman berada di film chocolate factory.

Kafe Jacques memproduksi cokelat buatan tangan yang dengan konsep fresh made. Pengunjung bisa langsung memesan aneka cokelat dan menyantapnya disanan sambil santai duduk-duduk di dalam kafe, atau bisa juga cokelat dipesan untuk dibawa pulang.

Selain itu, pengunjung juga dapat mengintip proses pembuatan cokelat dibalik jendela kaca besar. Di New York, terdapat 5 Jacques Torres Chocolate, di tambah satu di Harrah, Atlantic City.

5. Norman Love Confections (Ft. Myers, Florida, AS)

Bagi Norman, cokelat adalah semangatnya. Ia bermimpi bisa membuat cokelat terlezat. Kecintaannya pada cokelat dan teman-teman yang membantunya, menghasilkan desain warna dan cetakan cokelat yang kemudian diisi dengan cokelat terbaik yang diimpor dari Belgia, Perancis dan Swiss. Ia juga hanya menggunakan bahan-bahan segar yang dijadikan resep dalam cokelatnya.

6. Valrhona (Perancis)

Valrhona telah menciptakan cokelat yang luar biasa sejak tahun 1922, dengan menggunakan biji cokelat yang didatangkan langsung dari perkebunan di Amerika Selatan, Karibia, dan beberapa wilayah di Pasifik.

Cokelat dibuat dengan gaya Perancis dengan berbagai jenis cokelat batang. Valrhona, salah satu produsen cokelat pertama yang menjadikan kecanduan akan cokelat layaknya kecanduan akan wine.

7. Godiva Chocolatier (Brussels, Belgia)

Membicarakan tetang Godiva, maka kita akan kembali pada tahun 1920, yaitu saat diadakan seminar pemanis buatan yang diselenggarakan oleh keluarga Drap di Brussels, Belgia. Pada saat itu, cokelat Praline, sebagai cokelat khas Belgia, dijual di toko-toko besar dengan desain sangat modis.

Joseph Draps, mulai dari remaja, selama bertahun-tahun mengembangkan kemampuan dan bakatnya sebagai Chocolate Master. Ia memutuskan untuk melabeli merek cokelatnya dengan nama yang bergengsi. Ia memberikan nama "Godiva" dan memasarkan cokelat dalam kotak-kotak yang mudah dikenali. Godiva menjadi salah satu inovator dalam industri cokelat.

8. Richard Donnelly Baik Chocolates (Santa Cruz, California, AS)

Ini bukan cokelat biasa. Richard Donnelly membuat pengalaman cokelat dengan mewah. Menggunakan bahan cokelat dari Belgia dan Perancis, dengan campuran seperti lavender, kunyit, kapulaga, dan teh Earl Grey.

Berbagai inovasi yang ia ciptakan membawanya memenangkan penghargaan Best Artisan dalam Euro Chocolate Festival di Perugia, Italia, sepuluh tahun setelah ia menjalankan bisnisnya. Untuk menjaga kualitas dan kesegaran cokelat buatannya, Donelly menghasilkan tak lebih dari 50 kg cokelat setiap hari.

9. Richart (Paris, Perancis)

Richart sangat berkomitmen pada kualitas cokelat, ia menjamin cokelat buatannya terbuat dari bahan-bahan alami terbaik. Resep cokelat yang ia buat dan kembangkan berasal dari keluarganya, telah memenangkan penghargaan bergengsi di Perancis, Ruban Bleu, sebanyak tujuh kali.

Setelah menyempurnakan seni dalam pembuatan cokelat, kini Richart fokus meningkatkan rasa dan desain warna.

10. Puccini Bomboni (Amsterdam, Netherlands)

Jika mengunjungi Amsterdam, jangan ketinggalan untuk mencicipi salah satu cokelat terbaik di Belanda. Kedai cokelat Puccini Bomboni, memberikan pengalaman cokelat sangat menyenangkan. Cokelat buatan tangan dikombinasikan dengan aneka rempah dan bahan-bahan segar. Meski bukan sebuah kedai besar, namun kualitas yang diberikan benar-benar terbaik.



Sekedar penasaran, di mana Indonesia? Karena para produsen cokelat di atas itu berada di negara yang tidak menanam cacao.


_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Inilah 10 Produsen Cokelat di Dunia   5th January 2013, 11:28

Ada yang ingin tahu dari mana cacao sebagai bahan baku cokelat berasal ?


Large Cacao Producing Countries 2001/02

Ivory Coast 1,265,000 tonnes
Indonesia 455,000 tonnes
Ghana 341,000 tonnes
Nigeria 180,000 tonnes
Brazil 124,000 tonnes
Cameroon 126,000 tonnes
Ecuador 81,000 tonnes
Dominican Republic 45,000 tonnes
Papua New Guinea 41,000 tonnes
Malaysia 25,000 tonnes
Colombia 38,000 tonnes
Mexico 35,000 tonnes

World (estimate) 2,855,000 tonnes
Source: International Cocoa Organization


Dan mengapa para penanam cacao itu cuma mampu menjual produk mentahnya?


_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
 
Inilah 10 Produsen Cokelat di Dunia
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» Ramalan Dunia Dari Tahun 2010 Sampai 5079
» 10 Mafia Terkejam di Dunia
» 10 Dinas Intelijen Terbaik Di Dunia
» 10 orang teraneh di dunia :D
» 10 Grup Lawak Paling Berpengaruh di Indonesia

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Ladang Tuhan Baru :: Diskusi Umum :: Wisata dan Kuliner-
Navigasi: