Ladang Tuhan Baru
Selamat datang kepada sesama saudara Kristen dan saudara lain iman. Mari kita saling kenal dalam suasana bersahabat.

Ladang Tuhan Baru

Forum Komunitas Kristen
 
IndeksIndeks  PencarianPencarian  PendaftaranPendaftaran  LoginLogin  

Share | 
 

 Sri Paus Benediktus XVI Mengundurkan diri

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
Pilih halaman : 1, 2, 3  Next
PengirimMessage
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Sri Paus Benediktus XVI Mengundurkan diri   11th February 2013, 20:57

Quote :
Paus Benediktus XVI Mengundurkan Diri
Penulis : Hindra Liauw | Senin, 11 Februari 2013 | 18:05 WIB

[You must be registered and logged in to see this image.]

VATICAN CITY, KOMPAS.com - Paus Benediktus XVI mengatakan, dirinya mengundurkan diri sebagai paus mulai 28 Februari 2013. Paus Benediktus merupakan paus pertama yang mengundurkan diri dalam kurun waktu berabad-abad.

Demikian informasi pengunduran diri ini disampaikan Juru Bicara Vatican, Federico Lombardi.

"Paus mengumumkan bahwa dirinya akan meninggalkan kepemimpinannya pada 28 Februari pukul 20.00," kata Federico.

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Sri Paus Benediktus XVI Mengundurkan diri   11th February 2013, 20:59

Quote :
Ini Pernyataan Resmi Pengunduran Diri Paus Benediktus XVI
Penulis : Hindra Liauw | Senin, 11 Februari 2013 | 19:01 WIB

VATICAN CITY, KOMPAS.com- Paus Benediktus XVI akan resmi mengundurkan diri tertanggal 28 Februari 2013 pukul 20.00. Berikut ini adalah pidato Paus Benediktus yang disampaikan dalam bahasa Latin kepada anggota Dewan Gereja. Melalui pidatonya, Paus menyampaikan keinginannya untuk mengundurkan diri. Berikut ini pernyataan Paus yang diedarkan oleh Vatikan, Senin (11/2/2013).

"Salam saudara-saudaraku. Saya mengumpulkan Anda sekalian pada Rapat Gereja, tak hanya terkait tiga kanonisasi, tetapi juga untuk menyampaikan keputusan penting mengenai kehidupan Gereja. Setelah menelaah kesadaran saya berkali-kali di hadapan Tuhan, saya telah sampai pada suatu kepastian bahwa kekuatan saya, akibat usia tua, tak lagi memadai untuk menjalankan pemerintahan Santo Petrus. Saya sadar sepenuhnya bahwa pemerintahan ini, terkait sifat spiritualnya yang penting, harus dijalankan tak hanya dengan kata-kata dan kebajikan, tetapi juga tak kurang dengan doa dan penderitaan.... "

"Untuk memimpin pemerintahan Santo Petrus, dan mewartakan kitab suci, kekuatan fisik dan rohani sangatlah penting. Kekuatan ini, dalam beberapa bulan terakhir, terus merosot. Dalam beberapa hal, saya harus mengakui ketidaksanggupan saya untuk menjalankan tugas kepausan yang telah dipercayakan kepada saya. Untuk alasan ini, dan dengan penuh kesadaran atas seriusnya hal ini, serta dengan kebebasan penuh, saya menyatakan bahwa saya meninggalkan jabatan sebagai Uskup Roma, dan penerus Santo Petrus, yang telah dipercayakan kepada saya oleh para kardinal pada 19 April 2005, pada 28 Februari 2013 pukul 20.00. Maka, takhta Roma, takhta Santo Petrus, terhitung tanggal 28 Februari 2008 pukul 20.00, akan kosong. Selanjutnya, konklaf (sidang pemilihan paus) untuk memilih paus yang baru akan digelar..."

"Saudara-saudaraku, saya mengucapkan terima kasih yang mendalam atas semua cinta dan kerja yang Anda berikan kepada saya selama menjalankan tugas-tugas kepausan. Saya juga meminta maaf untuk semua kesalahan. Saat ini, marilah kita percayakan Gereja Suci untuk memilih Gembala Agung kita, serta memohon Tuhan Yesus Kristus dan Bunda Suci Maria, untuk mendampingi para kardinal untuk memilih paus yang baru. Saya juga akan tetap sepenuh hati melayani Gereja Suci Tuhan di masa mendatang melalui kehidupan yang didedikasikan untuk doa."

Sumber :Reuters
Editor :Hindra

Crying or Very sad

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Sri Paus Benediktus XVI Mengundurkan diri   11th February 2013, 21:02

Quote :
Dokter: Paus Benediktus XVI Diminta Tak Bepergian Lintas Benua
Senin, 11 Februari 2013 | 18:59 WIB

BERLIN, KOMPAS.com - Saudara laki-laki Paus Benediktus XVI, Georg Ratzinger, mengatakan dokter meminta saudaranya itu untuk tidak melakukan perjalanan lintas benua karena kesehatannya, seperti dilaporkan Associated Press, Senin (11/2/2013).

Seperti diberitakan Paus Benediktus XVI menyatakan akan mengundurkan diri terhitung tanggal 28 Februari 2013 pukul 20.00. Paus mengatakan, dirinya tak lagi memiliki kekuatan untuk menjalankan tugas-tugas kepausan.

"Untuk alasan ini, dan dengan penuh kesadaran atas seriusnya hal ini, serta dengan kebebasan penuh, saya menyatakan bahwa saya meninggalkan jabatan sebagai Uskup Roma, dan penerus Santo Petrus," ucap Paus Benediktus dalam pernyataan resmi yang dikirim Vatikan.

Pengunduran diri ini pertama kali disampaikan oleh Juru Bicara Vatican, Federico Lombardi. "Paus mengumumkan bahwa dirinya akan meninggalkan kepemimpinannya pada 28 Februari pukul 20.00," kata Federico.

Sumber :AP
Editor :Kistyarini


_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Sri Paus Benediktus XVI Mengundurkan diri   11th February 2013, 21:11

Quote :
Profil Paus Benediktus XVI (1)
Senin, 11 Februari 2013 | 20:46 WIB

KOMPAS.com – Namanya yang populer adalah Kardinal Joseph Ratzinger. Ia seorang teolog terkemuka yang disegani. Kardinal Ratzinger adalah pembantu dekat Paus Johanes Paulus II dan dikenal sebagai orang yang konservatif. Dalam struktur pemerintahan tahta suci ia menjabat sebagai Ketua Kongregasi Ajaran Iman.

Ketika ia terpilih sebagai paus dalam konfklaf atau sidang pemilihan paus di Kapel Sistina, Basilika Santo Petrus, Vatikan, Selasa (19/4/2005), tidak banyak yang terkejut. Tidak seperti pendahulunya, Johanes Paulus II, yang sebelum terpilih tidak dikenal orang, Kardinal Ratzinger begitu terkenal.

Menjelang berlangsungnya konklaf nama Kardinal Ratzinger sudah disebut-sebut sebagai calon kuat paus baru. Ada anekdot seputar konklaf, mereka yang masuk sebagai paus akan keluar sebagai kardinal. Artinya, mereka yang disebut-sebut sebagai calon kuat acapkali tidak terpilih.

Dalam sejarah Gereja Katolik Roma, selalu sulit untuk menerka siapakah paus baru yang akan muncul sebagai hasil konklaf. Namun, saat itu sejarah telah memilih jalannya sendiri. Ratzinger yang masuk sebagai “paus” keluar dan muncul di balkon Basilika Santo Petrus sebagai paus.

Kardinal Ratzinger adalah orang kepercayaan Paus Johanes Paulus II. Lebih dari sekedar orang kepercayaan, ia kerap disebut sebagai arsitek kebijakan Gereja Katolik Roma menyangkut doktrin ajaran iman. Tidak berlebihan, sebab sejak tahun 1981, dalam struktur tahta suci, ia adalah Kepala Kongregasi Ajaran Iman, sebuah lembaga yang memiliki kewenangan dalam menentukan kesesuaian sesuatu dengan ajaran iman Katolik.

Tidak kenal kompromi

Sikapnya keras. Tidak kenal kompromi terhadap mereka yang memiliki pandangan berbeda dengan kebijakan Gereja. Ia adalah orang yang berada di belakang sikap keras Vatikan terhadap teologi pembebasan, pluralisme religius, dan pandangan-pandangan baru yang dianggap bertentangan dengan ajaran moral tradisional seperti masalah homoseksual dan imam (pastor) wanita.

Pada tahun 1986, ia mengukuhkan ketegasan sikap Gereja Katolik yang menentang homoseksualitas dan pernikahan sesama jenis. Dalam sebuah dokumen yang dikeluarkan tahun 2004, Kardinal Ratzinger, mengingatkan dengan keras bahwa feminisme radikal adalah ideologi yang menggerogoti keluarga dan mengaburkan perbedaan wanita dan laki-laki.

Tentang teologi pembebasan yang muncul pada paruh kedua abad 20, pandangan teologis Ratizinger yang waktu itu belum menempati posisi di Vatikan, tidak bisa disangkal sangat mempengaruhi sikap Vatikan. Dari balik tembok kampusnya di Jerman, ia menyerukan, ajaran teologi yang tumbuh dan dikembangkan oleh sejumlah pastor dan teolog Amerika Latin ini bertentangan dengan ajaran dan nilai-nilai Gereja katolik.

Teologi pembebasan yang memfokuskan ajarannya pada hak asasi manusia dan keadilan sosial mengombinasikan teologi kristen dengan aktivisme politik. Sebagian ajaran itu memang sesuai dengan ajaran sosial Gereja, namun Vatikan menolaknya karena keberatan dengan ajaran yang menggabungkan teologi dengan gagasan kaum Marxis seperti soal pertentangan kelas.

Pada tahun 1979 Paus Johanes II dalam kunjungannya ke Mexico menegaskan, "Konsepsi Kristus sebagai figur politik, seorang revolusioner, seorang pemberontak dari Nazareth, tidak sesuai dengan ajaran Gereja Katolik."

Editor Majalah Jesuit, Pastor Thomas Reese, SJ, seperti dikutip The Chisrtian Science Monitor, mengatakan, dipilihnya Ratzinger oleh 115 "pangeran Gereja" (kardinal) seperti menandakan bahwa para pimpinan Gereja Katolik ingin menjaga kontinuitas ajaran yang diwariskan oleh Paus Johanes Paulus II.

Menurut Reese, pimpinan Gereja seperti ingin mengatakan, "Kami tidak menginginkan perubahan di bidang ajaran atau kebijakan. Ini (keputusan memilih Ratzinger) adalah keputusan untuk melanjutkan sentralisasi Gereja, dan kontrol atas segala hal, tidak ada pernah ada perbedaan dan diskusi."

Dalam 23 tahun kedudukannya sebagai orang yang sangat berperan dalam menentukan doktrin-doktrin Gereja, Ratzinger dikenal sangat konservatif, melemahkan eksperimentasi Gereja dalam memahami nilai-nilai modern. Ia menjadi tidak populer di kalangan teolog progresif. Tidak sedikit para teolog progresif yang dijatuhi hukuman ekskomunikasi atau "dikucilkan" dari Gereja karena gagasan-gagasan mereka dipandang berbeda dengan garis besar haluan Gereja.

Namun, di balik sikapnya yang dikenal konservatif, ia justru awalnya dikenal sebagai teolog yang liberal. Ia berperan dalam arus perubahan Gereja dalam Konsili Vatikan II (1962-1965).

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Sri Paus Benediktus XVI Mengundurkan diri   11th February 2013, 21:15

Quote :
Profil Paus Benediktus XVI (2)
Senin, 11 Februari 2013 | 20:57 WIB

KOMPAS.com - Awalnya, Kardinal Ratzinger dikenal sebagai seorang teolog liberal. Kecemerlangan intelektualnya mulai menarik perhatian ketika ia ikut hadir sebagai orang yang ikut memberi sumbangan pemikiran mengenai keterbukaan Gereja pada Konsili Vatikan II (1962-1965). Selama Konsili ia menjadi semacam staf ahli di bidang teologi bagi Kardinal Josef Frings dari Cologne, Jerman. Ia dihitung sebagai seorang teolog progresif.

Menurut pengamat Vatikan John Allen yang menulis biografi "Cardinal Ratzinger: The Vatican’s Enforcer of the Faith", Ratzinger berubah haluan menjadi "kanan" sejak protes mahasiswa Marxis dan Atheis meluas melanda kawasan Eropa pada tahun 1968. Sejak itu ia berketetapan hati untuk mempertahankan ajaran iman melawan apa yang disebutnya dengan perkembangan sekularisme.

Dalam khotbahnya, saat memimpin misa yang menandai dibukanya konklaf, Senin (18/4/2013), Ratzinger mencoba mempertanggungjawabkan sikapnya selama ini. Menurutnya, Gereja harus menjadi acuan yang pasti di tengah pemikiran atau ajaran yang saling tarik menarik.

Dia mengemukakan, Gereja Katolik selama 20 tahun terakhir menghadapi berbagai ajaran baru. Berbagai pemikiran-pemikiran kecil seperti diombang-ambingkan oleh gelombang pemikiran besar.

"Manusia diombang-ambingkan dari pengaruh kolektivisme ke individualisme radikal, dari ateisme ke mistik religius yang seringkali ekstrem dan aneh, dari agnotisme ke sinkretisme. Bahkan, kita juga mengalami setiap hari muncul sekte-sekte baru. Dan, Gereja Katolik juga ikut tertempa berbagai arus pemikiran itu hingga muncul pandangan bahwa mereka yang memiliki iman Katolik yang kuat dicap sebagai fundamentalisme," jelas Ratzinger.

Begitu besarnya pengaruh pemikiran-pemikiran baru itu, lanjut dia, sehingga relativisme individualisme seringkali digunakan sebagai sarana untuk mengukur seseorang. "Sebagai orang Katolik, kita mempunyai tolok ukur tersendiri yaitu Yesus Kristus. Dialah yang menjadi ukuran kemanusiaan sejati. Menjadi dewasa dalam iman tidak berarti harus mengikuti gelombang mode dan pemikiran-pemikiran baru yang bermunculan. Bagi kita menjadi dewasa dalam iman adalah makin kukuhnya akar pada persahabatan dengan Kristus. Persahabatan yang erat itulah yang membuka hati kita pada apa yang baik dan memberikan pada kita kriteria untuk menentukan apa yang benar dan apa yang salah," paparnya.

Kardinal berpendirian teguh ini adalah anak seorang polisi Jerman. Tak heran sikapnya seperti tidak mengenal kompromi. Ia juga sempat mengikuti pendikan militer.

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Sri Paus Benediktus XVI Mengundurkan diri   11th February 2013, 21:22

Quote :
Profil Paus Benediktus XVI (3)
Senin, 11 Februari 2013 | 21:10 WIB

KOMPAS.com - Kardinal Ratzinger, lelaki berpendirian teguh itu, adalah putera seorang polisi Jerman. Ia lahir 16 April 1927 di daerah pertanian Marktl am Inn, Bavaria, Jerman Selatan. Ia menghabiskan masa remajanya di Traunstein. Ratzinger muda bergabung dengan tentara Jerman di akhir Perang Dunia II.

Dalam usia 16 tahun, bersama dengan rekan sekelasnya, ia masuk korps antipesawat terbang dan menjalani latihan militer di Kamp Infanteri Wehcrmacht November 1944. Rupanya ia tidak kerasan menjadi tentara. Tahun 1945 ia desersi dan kembali ke Traunstein. Di sana ia ditangkap dan ditawan oleh tentara Amerika. Juni 1945 ia dilepaskan dan kembali pulang ke rumah dengan menumpang truk pengangkut susu.

Lepas dari keterlibatan hiruk pikuk militer, tahun 1946 bersama saudaranya Georg, Ratzinger masuk seminari. Ia menempuh studi filsafat dan teologi di Universitas Munich dan ditahbiskan imam pada tahun 1951. Dua tahun setelah ditahbiskan, pada tahun 1953, ia memperoleh gelar doktor dalam bidang teologi dengan mempertahankan tesis berjudul "The People and House of God in St. Augustine’s doctrine of the Church." Empat tahun kemudian, ia diangkat sebagai dosen di universitas yang sama.

Ia mengajar mata kuliah dogma dan dasar-dasar teologi di sekolah tinggi filsafat dan teologi di Freising, kemudian di Bonn (1959-1969), Munster (1963-1966), dan Tubingen (1966 - 1969), dan Ratisbon (1969-77). Pada tahun 1969, ia dikukuhkan sebagai guru besar bidang teologi dogmatik dan sejarah dogma pada Universitas Regensburg. Di kampus itu pula ia menjabat sebagai wakil rektor.

Selanjutnya, pada 28 Mei 1977 ia diangkap menjadi Uskup Agung Munich dan Freising oleh Paus Paulus VI. Ia adalah imam diosesan (keuskupan) pertama --setelah 80 tahun-- yang diberi kepercayaan untuk mengemban tugas-tugas pastoral atas wilayah keuskupan Bavaria yang demikian luas.

Terpilih sebagai paus

Sebulan kemudian, ia dipilih menjadi Kardinal oleh Paus yang sama. Ia menjadi Uskup Agung Munich sampai 25 November 1981 ketika Vatikan memanggilnya untuk memanggul tugas yang lebih besar yaitu Ketua Kongregasi Ajaran Iman, posisi yang diembannya hingga ia terpilih menjadi paus pada 18 April 2005.

Ia menjadi Ketua Dewan Kardinal pada November 2002. Sebagai Ketua Dewan Kardinal, ia memanggil para Kardinal di seluruh dunia untuk menghadiri konklaf, sidang pemilihan paus, yang akhirnya memilih dirinya menjadi Uskup Roma, servus servorum Dei (hamba dari segala hamba Allah), penerus Santo Petrus, Wakil Kristus di dunia.

Saat itu, banyak pihak memperkirakan, Paus Benediktus XVI tidak akan lama duduk di tahta suci karena usianya. Perkiraan itu kini terbukti. Paus Benediktus XVI mengumumkan, ia akan mengundurkan diri terhitung pada 28 Februari 2013 pukul 20.00. Paus mengatakan, karena faktor usia dirinya tak lagi memiliki kekuatan untuk menjalankan tugas-tugas kepausan. Usianya menjelang 86 tahun.

"Untuk alasan ini, dan dengan penuh kesadaran atas seriusnya hal ini, serta dengan kebebasan penuh, saya menyatakan bahwa saya meninggalkan jabatan sebagai Uskup Roma, penerus Santo Petrus," ucap Paus Benediktus dalam pernyataan resmi yang dikirim Vatikan, Senin (11/2/2013).

Pengunduran diri ini pertama kali disampaikan oleh Juru Bicara Vatican, Federico Lombardi."Paus mengumumkan bahwa dirinya akan meninggalkan kepemimpinannya pada 28 Februari pukul 20.00," kata Federico.

Dibanding paus sebelumnya, kepemimpinan Paus Benediktus XVI memang sangat singkat, delapan tahun. Paus sebelumnya, Paus Johanes Paulus II, memimpin tahta Santo Petrus selama 27 tahun, sejak 16 Oktober 1978 hingga 2 April 2005. (Dari berbagai sumber)

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
cinzano
Moderator
Moderator


Jumlah posting : 2124
Join date : 26.10.12
Lokasi : Buaya City

PostSubyek: Re: Sri Paus Benediktus XVI Mengundurkan diri   12th February 2013, 09:08



Sangat mengejutkan ....
Semoga kesehatan Paus Benedict XVI selalu dalam Rahmat Allah.

Semoga Konklaf dapat berjalan dengan lancar.


Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Sri Paus Benediktus XVI Mengundurkan diri   12th February 2013, 12:21

cinzano wrote:


Sangat mengejutkan ....
Semoga kesehatan Paus Benedict XVI selalu dalam Rahmat Allah.

Semoga Konklaf dapat berjalan dengan lancar.




Tuhan selalu menyertai GerejaNya hingga akhir jaman, dan memberkati gembala GerejaNya.


_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: Sri Paus Benediktus XVI Mengundurkan diri   12th February 2013, 12:27

Saya pikir, itu tanda bahwa Paus Benedict XVI menyadari kepentingan pelayanan penyebaran Kabar Suka Cita sampai ke ujung bumi. Apabila beliau mempertahankan kepausan, sementara kemampuan fisik sudah sangat tidak mendukung, maka adalah lebih laik menyerahkan tugas itu kepada yang lebih bugar, demi kelancaran tugas kepausan.

Meski agak kaget atas berita tersebut, tapi saya percaya pada Paus, Roh Kudus menyertai Paus.

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Sri Paus Benediktus XVI Mengundurkan diri   12th February 2013, 12:48

Husada wrote:
Saya pikir, itu tanda bahwa Paus Benedict XVI menyadari kepentingan pelayanan penyebaran Kabar Suka Cita sampai ke ujung bumi. Apabila beliau mempertahankan kepausan, sementara kemampuan fisik sudah sangat tidak mendukung, maka adalah lebih laik menyerahkan tugas itu kepada yang lebih bugar, demi kelancaran tugas kepausan.

Meski agak kaget atas berita tersebut, tapi saya percaya pada Paus, Roh Kudus menyertai Paus.

Mungkin beliau merasakan dan melihat apa yang dirasakan oleh Pope John Paul II ketika itu. Saat itu Pope John Paul II juga sudah ingin berhenti, tetapi sepertinya kondisi saat itu belum memungkinkannya. Sehingga setiap kali melihat beliau begitu menderita dan kesulitan saat memimpin Misa Paskah atau Misa Natal, sungguh menimbulkan rasa haru.

Crying or Very sad

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Sri Paus Benediktus XVI Mengundurkan diri   12th February 2013, 13:42

Quote :
Paus Benediktus Tak Campuri Pemilihan Penggantinya
Selasa, 12 Februari 2013 | 13:22 WIB

VATICAN CITY, KOMPAS.com - Paus Benediktus XVI tidak akan campur tangan dalam pemilihan penggantinya setelah keputusannya yang mengejutkan untuk mundur di akhir bulan ini, kata saudara lelakinya.

Georg Ratzinger mengatakan pada BBC bahwa Paus hanya akan "menyediakan waktu" jika ia dibutuhkan.

"Ketika ia memasuki paruh pertama usia 80an, ia merasa umurnya mulai terlihat dan ia berangsur-angsur kehilangan kemampuannya dan hal itu diperlukan untuk menjalankan kantor dengan layak."

Georg mengatakan pengunduran diri itu adalah bagian dari "proses alam."

Dan ia menambahkan, "Jika dibutuhkan, ia akan menyediakan waktu tapi ia tidak akan ingin ikut campur dalam urusan penggantinya."

Keinginan Sendiri

Benediktus mengatakan Senin ia akan mundur setelah hampir delapan tahun menjadi pemimpin Gereja Katolik karena ia terlalu tua untuk melanjutkan tugasnya di usia 85.

Vatikan kini mengatakan akan memilih Paus baru sebelum Paskah.

Perkembangan yang tidak diduga-duga ini, merupakan pengunduran diri pertama di institusi kepausan dalam 600 tahun, dan mengejutkan banyak pemerintahan, pengamat Vatikan bahkan pembantu-pembantu terdekat Benediktus.

Kardinal Joseph Ratzinger menjadi Paus Benediktus XVI pada 2005 setelah kematian Yohanes Paulus II.

Wartawan BBC David Willey di Roma mengatakan bahwa dalam teori tidak pernah ada apa pun yang menghentikan Paus Benediktus atau para pendahulunya untuk mundur.

Di bawah peraturan Gereja Katolik, Hukum Kanon, atau satu-satunya kondisi untuk mengesahkan pengunduran diri seperti ini adalah jika Paus mundur atas keinginan sendiri.

Namun pengunduran diri sangat jarang terjadi, Paus terakhir yang mundur adalah Paus Gregory XII, yang mengundurkan diri pada 1415 meski ada perpecahan pendapat di Gereja.



Sumber :BBC Indonesia
Editor :Ervan Hardoko


Tuhan tahu siapa yang paling tepat untuk menggembalakan domba-dombaNya.

thumb up

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Sri Paus Benediktus XVI Mengundurkan diri   26th February 2013, 07:41

Quote :
Kardinal Inggris Raya Mengundurkan Diri
Senin, 25 Februari 2013 | 19:05 WIB

[You must be registered and logged in to see this image.]
Kardinal Keith OBrien

LONDON, KOMPAS.com - Kardinal Keith O'Brien, salah seorang agamawan Katolik Roma paling senior di Inggris Raya menyatakan mundur dari jabatannya, Senin (25/2/2013).

Pada November lalu, O'Brien sudah mengumumkan rencana pengunduran dirinya menjelang usianya yang ke-75 pada Maret.

"Tetapi Paus sudah memutuskan bahwa pengunduran diri saya resmi hari ini, 25 Februari 2013," kata O'Brien.

"Melihat kembali tahun-tahun pelayanan saya, untuk semua kebaikan yang sudah saya lakukan, terima kasih Tuhan. Unutuk semua kesalahan, saya meminta maaf," tambah O'Brien yang juga pemimpin Gereja Katolik Skotlandia.

Kardinal O'Brien membantah tuduhan berlaku tidak pantas yang dilontarkan tiga orang imam dan seorang mantan imam yang dikirim ke Roma sepekan sebelum Paus Benediktus XVI mengumumkan pengunduran dirinya pada 11 Februari lalu.

Sebenarnya O'Brien menjadi satu-satunya kardinal Inggris yang memiliki hak suara dalam sidang konklaf untuk mencari pengganti Benediktus XVI. Namun, O'Brien menyatakan tidak akan ikut ambil bagian dalam konklaf.

"Saya tidak akan ikut dalam konklaf. Saya tak ingin perhatian media di Roma akan terfokus kepada saya ketimbang kepada Paus Benediktus XVI dan penerusnya," tambah dia.

Tuduhan itu, terjadi pada 1980-an, termasuk pengakuan seorang biarawan terkait perhatian "tak semestinya" yang diterimanya dari Kardinal O'Brien di suatu malam.

Seorang rohaniwan lain mengatakan O'Brien menggunakan sesi doa malam sebagai alasan untuk melakukan kontak yang tak semestinya. Demikian dilaporkan harian terbitan Inggris, Observer.


Sumber :AFP
Editor :Ervan Hardoko


Ya Tuhan yang baik, kami sadar bahwa kami hanyalah hambaMu yang lemah, tetapi kami percaya bahwa kami dapat mengandalkan dan percaya kepada Mu sepenuhnya, bahwa janji Mu untuk menyertai Gereja Mu hingga akhir jaman adalah ya dan amin.

Karenanya, sertailah dan berkatilah Gereja Mu dan para gembalanya, agar dapat membimbing kami sesuai dengan kehendak Mu.

Amen

angel

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: Sri Paus Benediktus XVI Mengundurkan diri   26th February 2013, 08:11

Paus Benediktus XVI sudah memimpin perayaan misa terakhirnya. Walaupun Bapa Paus akan menjadi pendoa bagi peziarahan Gereja, beliau tidak memimpin misa lagi. Semoga sukacita merajai hatinya melaksanakan kontemplasi mewujudkan doa safaat untuk semakin cepat datangnya Jerusalem Baru.

Kemuliaan kepada Bapa dan Putera dan Roh Kudus, seperti pada permulaan, sekarang, selalu, dan sepanjang segala abad.

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Sri Paus Benediktus XVI Mengundurkan diri   26th February 2013, 08:37

Quote :
Big crowd at Pope's last Sunday Mass
Updated: 10:55, Monday February 25, 2013

Pope Benedict XVI has delivered an emotional last Sunday prayer in St Peter's Square, saying God has told him to devote himself to quiet contemplation but assuring he will not 'abandon' the church.

The final days of his pontificate are being overshadowed by mounting scandal over two cardinals - one accused of covering up paedophile abusers and the other accused of 'inappropriate acts' - set to take part in the conclave to elect the next pontiff.

But tens of thousands of supporters turned out for Benedict's final Sunday prayers ahead of his formal resignation on Thursday, often interrupting him with their clapping, cheering and chanting.

'The Lord is calling me to climb the mountain, to dedicate myself even more to prayer and meditation. But this does not mean abandoning the church,' the Pope said from the window of his residence in the Vatican, his voice breaking with emotion.

'If God is asking me to do this, it is precisely so I can continue to serve with the same dedication and love as before but in a way that is more appropriate for my age and for my strength.'

The 85-year-old's shock resignation ends an eight-year reign dominated by the priest child sex abuse scandal and efforts to counter rising secularism in the West.

The coming conclave is under a cloud over allegations that one of the 117 'cardinal electors' - US Cardinal Roger Mahony - had covered up for paedophile priests for years, in Los Angeles.

British Cardinal Keith O'Brien has been reported to the Vatican over claims of inappropriate behaviour, the Observer newspaper reported.

The Vatican said the Pope was considering the case.

The Pope, who started a Twitter account in December and has stressed the need for the church to be present on social media, has also taken to microblogging to say his final goodbyes.

A message on the Pope's Twitter handle, Pontifex, on Sunday said: 'In these momentous days, I ask you to pray for me and for the Church.'


Bapa Paus, doakan kami yang masih berziarah di dunia ini, agar kami semakin setia dan semakin tekun menjalankan perintah Tuhan kita.

Karena di saat-saat seperti ini, semakin gencar dan semakin keras serangan dari si jahat, dan hanya dengan kekuatan dari Tuhan saja lah kita bisa bertahan dan memperoleh kemenangan.

Kami juga turut mendoakan bapa Paus.


_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Sri Paus Benediktus XVI Mengundurkan diri   28th February 2013, 11:02

Quote :
VATIKAN: Pesan Perpisahan Paus Benediktus XVI
Kamis, 28 Februari 2013 09:35 WIB

[You must be registered and logged in to see this image.]
Paus Benediktus XVI di hadapan 200.000 peziarah dalam acara perpisahan di Lapangan Santo Petrus

HIDUPKATOLIK.com - Tepat pkl. 10.35 pagi waktu Roma, Rabu, 27/2/2013, Papa Mobil meluncur pelan, masuk ke Lapangan Santo Petrus dari samping kanan Basilika. Di belakangnya duduk Sekretaris pribadi, Mgr.. Georg Gaenswein, yang sudah ditahbiskan paus menjadi Uskup Agung pada 6 Januari 2013 lalu dan merangkap Kepala Rumah Tangga Prefettura Sri Paus.

Ketika melihat Papa Mobil, umat yang hadir semakin kuat dan ramai meneriakkan yel-yel seraya bertepuk tangan meriah. Setelah melewati beberapa blok untuk menyalami umat diiringi Musik Militer dari wilayah kelahirannya, Bavaria, Jerman, beliau naik ke Singgasana, sebuah Kursi putih yang sudah akrab dengannya sejak 8 tahun ini. Seperti biasa, sebelum duduk, beliau merentangkan kedua tangan ke arah para hadirin, seolah-olah ingin merangkul mereka satu persatu. Di saat itu keharuan mulai terasa.

Setelah rangkaian salam dan pembacaan dari Kitab Suci, beliau mulai membacakan wejangannya yang terakhir. Hadirin hening dan mendengar dengan penuh perhatian. Sering juga hadirin menyela Sri Paus dengan tepukan tangan panjang dan yel “Benedetto”, terutama ketika beliau mengungkapkan kata-kata peneguhan dan pujian yang masuk hingga ke lubuk hati pendengar.

Dalam sambutannya Sri Paus mengucapkan terima kasih kepada Tuhan yang telah memilih dan mempercayakan tugas ini kepadanya. Katanya:”Delapan tahun lalu, ketika sudah jelas bahwa diri saya terpilih menjadi Paus, pertanyaan yang dominan di dalam hati saya adalah: Tuhan, apa yang Kau inginkan dariku? Mengapa Engkau memilihku? Saya tahu bahwa sejak itu saya memikul beban berat di bahu saya”, tutur Sri Paus.

Lebih lanjut Sri Paus menegaskan bahwa delapan tahun yang lalu adalah tahun-tahun yang indah dan penuh arti. Tetapi juga masa-masa penuh tantangan, sehingga Gereja ibarat bahtera para rasul yang terombang-ambing di danau Genesaret. Badai dan gelombang menerjang menimbulkan rasa takut dan panik, dan Tuhan tidur di buritan. Tetapi syukur, Tuhan tidak meninggalkan bahtera ini, karena bahtera ini bukan milik kita manusia atau milik saya pribadi, tetapi milik Tuhan sendiri. Mendengar itu, umat yang hadir bertepuk tangan ramai sambil meneriakkan nama Sri Paus. Beliu sadar bahwa selama masa bakti, Tuhan senantiasa dekat dengan umatNya dan menganugerahkan segala yang perlu untuk kemajuan GerejaNya.

Sri Paus juga mengungkapkan terima kasih kepada para pekerjanya di Tahta Suci Vatikan dan seluruh umat yang tersebar di seluruh dunia. Selama masa jabatannya, beliau betul merasakan dukungan dan kedekatan umat Katolik seluruh dunia, sekalipun banyak dari mereka yang belum pernah berjumpa dengannya secara langsung.

Diakhir sambutan yang berdurasi kurang lebih 20 menit itu, Paus Benediktus XVI meneguhkan hati dan iman umat Katolik sedunia. Katanya dalam nada getar: “Saya pergi. Itu keputusan yang saya ambil dengan sukarela. Tetapi kamu harus tetap riang gembira di dalam iman. Saya pergi bukan untuk urusan pribadi. Saya pergi untuk membaktikan diri kepada doa untuk Gereja kita yang kita cintai ini. Tuhan yang memanggil kita ke dalam satu komunitas iman, akan tetap bersama kita, memenuhi hati kita dengan harapan dan menyinari kita dengan kasihNya tanpa batas.”

Usai sambutan terakhir ini, hadirin yang saat itu sudah membludak hingga ujung Via della Conciliazione berdiri, memberikan aplaus panjang. Lambaian bendera-bendera dan spanduk-spanduk kelihatan semakin tenang pertanda sedih. Sri Paus pun berdiri, melambaikan tangan kepada hadirin. Sebuah momentum kuat yang sempat menuai deraian air mata.

Upacara dilanjutkan dengan penyampaian ucapan Salam pisah dan terima kasih dari para hadirin yang diwakili melalui kelompok bahasa Inggris, Italia, Jerman, Spanyol, Portugis, Polandia dan Arab.

Di akhir audiensi, Sri Paus dan hadirin bersama-sama menyanyikan lagu Bapa Kami di dalam bahasa Latin. Lalu beliau menutup dengan berkat terakhirnya sebagai Paus.

Beliau turun tahta. Berjalan menuju Papa Mobil, mengambil tempat duduk. Papa Mobil turun perlahan dari pelataran Basilika menuju hadirin. Tahtanya, Kursi putih, tinggal kosong.

Sri Paus bergerak keluar, diiringi aplaus panjang, memanggil-manggil namanya dan seraya air mata tetap berderai. Di atas Papa Mobil beliau terus merentangkan kedua tangannya, seakan-akan ingin membawa pergi sekitar 200.000-an hadirin bersamanya.

Rangkulan lengannya tentu terlalu pendek untuk jumlah sebesar ini, apalagi untuk umat Katolik sedunia. Tetapi di dalam doa dari atas bukti Mons Vaticanus, beliau dan seluruh umat Katolik di lima benua akan tetap bersatu. Terima kasih Bapa Suci Bekediktus XVI.

Laporan P. Markus Solo, SVD

Sumber


Crying or Very sad kissbye

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
hello kitty
Calon Perwira
Calon Perwira


Jumlah posting : 305
Join date : 28.10.12
Lokasi : Lawang

PostSubyek: Re: Sri Paus Benediktus XVI Mengundurkan diri   28th February 2013, 11:05

akhirnya Bapa Paus mengundurkan diri juga...puji Tuhan... cheers
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Sri Paus Benediktus XVI Mengundurkan diri   28th February 2013, 11:06

Mengapa koq Puji Tuhan, sis?

Shocked

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
hello kitty
Calon Perwira
Calon Perwira


Jumlah posting : 305
Join date : 28.10.12
Lokasi : Lawang

PostSubyek: Re: Sri Paus Benediktus XVI Mengundurkan diri   28th February 2013, 11:08

karena secara pribadi, saya tidak sreg dengan kepemimpinan beliau.
sempat heran mengapa orang ini yang terpilih jadi Paus..

puji Tuhan akhirnya beliau mundur juga...fiuhhhh... Cool
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Sri Paus Benediktus XVI Mengundurkan diri   28th February 2013, 11:11

Bagi umat Katolik, siapapun yang sudah di pilih tetap adalah Paus, sis.
Mengenai pribadi masing masing Paus, barulah bisa berbeda.

Btw, siapa menurut anda yang layak menjadi pengganti beliau?
Sepertinya empat kandidat ada di thread sebelah.
Punya tangapan?


_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Sri Paus Benediktus XVI Mengundurkan diri   28th February 2013, 19:43

Quote :
Paus Benediktus XVI Janjikan Kesetiaan kepada Paus Baru
Kamis, 28 Februari 2013 | 18:47 WIB

VATICAN, KOMPAS.com — Paus Benediktus XVI, Kamis (28/2/2013), menjanjikan "kesetiaan tanpa syarat" kepada penerusnya kelak. Itulah sebagian kalimat perpisahannya di hadapan para kardinal di jam-jam terakhir masa pemerintahannya.

"Di antara Anda semua ada calon paus. Saya berjanji akan memberikan kesetiaan tanpa syarat kepadanya," kata Paus Benediktus XVI. Paus tampaknya berusaha meredam kekhawatiran munculnya konflik akibat situasi yang aneh karena terdapat dua paus, yaitu paus yang berkuasa dan paus yang pensiun.

Dalam pidato tanpa teksnya, Paus Benediktus XVI meminta kepada para kardinal untuk menepikan semua perbedaan saat mereka memilih penggantinya dalam sidang konklaf. Paus meminta agar para kardinal bersatu sehingga mereka bisa bekerja layaknya sebuah orkestra untuk menumbuhkan harmoni dan menepikan perbedaan.

Paus menambahkan, dia akan mendoakan semua kardinal yang akan berunding untuk memutuskan penggantinya. Keputusan Paus Benediktus XVI untuk menghabiskan sisa hidupnya di Vatikan, pemberian gelar "Paus Emeritus", dan keputusan tetap mengizinkan Benediktus XVI mengenakan jubah putih tanda kepala kepausan menimbulkan kekhawatiran dia akan menjadi bayang-bayang paus baru.

Namun, Benediktus XVI mencoba meredam kekhawatiran itu dengan mengatakan, dia akan "mundur dari dunia". Dalam sambutannya di Lapangan Basilika St Petrus, Paus Benediktus XVI memilih bentuk pelayanan lain untuk gereja, yaitu lewat doa.

Nanti, sebelum pukul 17.00 waktu setempat atau tepat tengah malam WIB, Paus Benediktus akan meninggalkan istana kepausan. Selanjutnya dia akan menuju helipad di bukit Vatikan dan terbang ke istana peristirahatan paus di Castel Gandolfo, sebelah selatan kota Roma.

Tepat pukul 20.00, Benediktus XVI secara resmi akan melepaskan jabatannya sebagai paus dan menjadi paus pertama dalam 600 tahun yang mengundurkan diri. Lalu, pintu istana akan ditutup, pasukan Garda Swiss akan diliburkan dan tugas mereka untuk menjaga pemimpian gereja Katolik dunia untuk sementara berakhir.

Editor :Ervan Hardoko


Terima kasih Paus Benediktus XVI, tetap doakan kami anak anak mu, agar semakin kuat dalam menghadapi berbagai ombak dan badai. Kami juga tetap berdoa untuk anda.


_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
St Yopi
Calon Perwira
Calon Perwira


Jumlah posting : 428
Join date : 24.10.12

PostSubyek: Re: Sri Paus Benediktus XVI Mengundurkan diri   1st March 2013, 14:31

Apakah penggantinya adalah Kardinal dari Afrika?

Black Pope?
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Sri Paus Benediktus XVI Mengundurkan diri   1st March 2013, 18:06

St Yopi wrote:
Apakah penggantinya adalah Kardinal dari Afrika?

Black Pope?


Saya setuju saja, bro.

thumb up

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
cinzano
Moderator
Moderator


Jumlah posting : 2124
Join date : 26.10.12
Lokasi : Buaya City

PostSubyek: Re: Sri Paus Benediktus XVI Mengundurkan diri   2nd March 2013, 06:31

bruce wrote:
St Yopi wrote:
Apakah penggantinya adalah Kardinal dari Afrika?

Black Pope?


Saya setuju saja, bro.

thumb up


Dilihat buku bacaan nya dulu Mod ............. Cool
Sering baca jurnal Concilium ataukah Communio.


Kalo Romo Yopi pasti sering baca keduanya roll
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Sri Paus Benediktus XVI Mengundurkan diri   2nd March 2013, 09:42

Neutral

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: Sri Paus Benediktus XVI Mengundurkan diri   2nd March 2013, 13:12

cinzano wrote:
Dilihat buku bacaan nya dulu Mod ............. [You must be registered and logged in to see this image.]
Sering baca jurnal Concilium ataukah Communio.
Kalo Romo Yopi pasti sering baca keduanya [You must be registered and logged in to see this image.]
[You must be registered and logged in to see this image.] Tahu baget Cinzano? [You must be registered and logged in to see this image.]

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content




PostSubyek: Re: Sri Paus Benediktus XVI Mengundurkan diri   Today at 00:55

Kembali Ke Atas Go down
 
Sri Paus Benediktus XVI Mengundurkan diri
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 3Pilih halaman : 1, 2, 3  Next
 Similar topics
-
» memperkenalkan diri
» Wajib memperkenalkan diri kah?
» Ada Yang Pernah ikut Olahraga Bela Diri?
» martial art
» Gimana caranya jdi orang yg serius??

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Ladang Tuhan Baru :: Ruang Antar Kristen (Khusus Penganut Kristen Trinitarian) :: Ajaran Kristen-
Navigasi: