Ladang Tuhan Baru
Selamat datang kepada sesama saudara Kristen dan saudara lain iman. Mari kita saling kenal dalam suasana bersahabat.

Ladang Tuhan Baru

Forum Komunitas Kristen
 
IndeksIndeks  PencarianPencarian  PendaftaranPendaftaran  LoginLogin  

Share | 
 

 Siapa Paus mendatang ?

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
Pilih halaman : 1, 2  Next
PengirimMessage
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Siapa Paus mendatang ?   12th February 2013, 15:50

Quote :
Empat Kandidat Kuat Penerus Benediktus XVI
Selasa, 12 Februari 2013 | 14:31 WIB

[You must be registered and logged in to see this image.]
Inilah keempat kandidat kuat pengganti Paus Benediktus XVI. Dari kiri ke kanan Kardinal Peter Turkson, Kardinal Francis Arinze, Kardinal Marc Ouellet dan Kardinal Angelo Scola.

VATICAN CITY, KOMPAS.com - Nama empat orang kardinal muncul sebagai kandidat kuat pengganti Paus Benediktus XVI yang secara mengejutkan menyatakan mengundurkan diri dari jabatannya.

Keempat kandidat kuat itu adalah Kardinal Angelo Scola, Kardinal Peter Turkson, Kardinal Marc Ouellet dan Cardinal Francis Arinze.

Munculnya nama Kardinal Arinze dari Nigeria dan Kardinal Turkson dari Ghana memunculkan harapan bahwa Gereja Katolik Roma akan memilih paus berkulit hitam untuk pertama kalinya.

Umat dan para petinggi Gereja Katolik di Afrika menyambut gembira kabar ini dan berharap paus yang baru nanti berasal dari Afrika.

"Saya kira sudah saatnya kami memilih orang di luar belahan utara kali ini. Sebab, banyak kardinal potensial dari seluruh dunia," kata Kardinal Wilfrid Napier dari Afrika Selatan.

Sedankan Kardinal Theodore Adrien Sarr dari Senegal mengatakan sudah sejak lama dirinya membayangkan sejak lama akan terpilihnya paus dari Afrika.

"Tetapi apakah Gereja Katolik siap memiliki seorang paus dari Afrika? Apakah seluruh dunia akan menerima paus dari Afrika?" kata Kardinal Sarr.

Vatikan memastikan prosesi konklaf atau pemilihan paus baru akan dilangsungkan pada Maret mendatang. Sehingga pada perayaan Paskah nanti, umat Katolik sedunia sudah akan memiliki pemimpin baru.



Sumber :Sky News
Editor :Ervan Hardoko


Siapa gerangan yang akan menjadi pengganti Paus Benediktus XVI ?


_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
nothingman
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1503
Join date : 13.11.12

PostSubyek: Re: Siapa Paus mendatang ?   12th February 2013, 17:40

eh iya, semalam sy jg baru mendengar berita ttg pengunduran diri Bapa Paus kita itu bro, katanya sih beliau mengundurkan diri krn kondisi kesehatannya yg kritis sehingga beliau takut tidak dpt melanjutkan tugas2nya sbg Paus dgn baik, makanya mengundurkan diri..
yah semoga beliau dpt berkonsentrasi berobat dan menyembuhkan penyakitnya itu..
affraid

mengenai calon pengganti Paus berikutnya, apakah bro Bruce mengetahui bagaimana kriteria yg hrs dimiliki ol Kardinal2/Calon pengganti Paus spy bisa dicalonkan pd pemilihan Paus berikutnya..? dan bagaimana/seperti apa cara2 pemilihan tsb..?

Syalom, peace
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Siapa Paus mendatang ?   13th February 2013, 15:39

Quote :
mengenai calon pengganti Paus berikutnya, apakah bro Bruce mengetahui bagaimana kriteria yg hrs dimiliki ol Kardinal2/Calon pengganti Paus spy bisa dicalonkan pd pemilihan Paus berikutnya..? dan bagaimana/seperti apa cara2 pemilihan tsb..?

Sepertinya sudah pernah saya tulis di forum ini, atau di forum sebelah ya?

Nanti saya coba cari lagi, sabar ya bro.

Laughing


_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Siapa Paus mendatang ?   13th February 2013, 16:19

Kardinal, Conclave, dan Paus Baru
oleh: Romo William P. Saunders *

[You must be registered and logged in to see this image.]

Prosedur pemilihan paus mengalami perkembangan sepanjang sejarah Gereja. Pada abad-abad pertama, kaum klerus dan rakyat Roma yang memilih penerus paus, biasanya dipilih seorang yang telah bekerjasama erat dengan paus terdahulu. Pada tahun 1059, Paus Nikolaus II lebih lanjut menetapkan proses pemilihan paus dengan menunjuk para kardinal sebagai mereka yang memilih pewaris tahta suci. Di abad-abad belakangan ini, semua paus sejak Paus St Pius X (terkecuali Paus Yohanes Paulus I) telah menyempurnakan prosedur pemilihan paus, teristimewa Paus Paulus VI dalam konstitusi apostolik “Romano Pontifici Eligendo” (1975) dan Paus Yohanes Paulus II dalam konstitusi apostolik “Romano Dominici Gregis” (“RDG”) (1996). Tetapi, seperti dimaklumkan Paus Yohanes Paulus II, “Saya sangat berhati-hati dalam merumuskan ketentuan yang baru agar tidak menyimpang substansinya dari tradisi yang bijaksana dan terhormat, yang telah ditetapkan sebelumnya.”

Para kardinal diserahi kepercayaan dan tanggung jawab untuk memilih penerus St Petrus (Kitab Hukum Kanonik, No. 349). Para kardinal, pertama-tama, mewakili Gereja universal, sebab mereka berasal dari berbagai macam benua. Kedua, setiap kardinal dipertalikan dengan Keuskupan Roma, baik sebagai pemimpin tituler (= hanya gelar saja) sebuah Gereja di Roma dengan gelar Kardinal Diakon atau Kardinal Imam; atau sebagai salah satu dari keenam uskup tituler dari keuskupan-keuskupan di pinggiran Roma, atau sebagai salah satu dari patriark (disebut juga batrik) Gereja-gereja Timur, masing-masing dengan gelar Kardinal Uskup.

Saat ini, kardinal pemilih berjumlah 120 orang. Seperti dinyatakan Paus Yohanes Paulus II, “Dalam keadaan sekarang ini, Gereja yang universal secara memadai diwakili oleh suatu dewan dengan 120 pemilih, terdiri dari para kardinal yang berasal dari berbagai belahan dunia dan dari berbagai macam kultur budaya.” Namun demikian, para kardinal yang telah merayakan ulang tahun mereka yang kedelapanpuluh pada hari sebelum Tahta Suci lowong (karena wafat atau pengunduran diri paus yang berkuasa) tidak ikut ambil bagian dalam pemilihan paus yang baru (“RDG,” No. 33).

Apabila seorang paus meninggal dunia, ada sembilan hari masa berkabung, dalam masa ini upacara pemakaman dilaksanakan. Kecuali karena alasan-alasan khusus, paus yang wafat dimakamkan antara hari keempat hingga hari keenam setelah wafatnya. Setidak-tidaknya 15 hari setelah wafat paus, dan tak lebih dari 20 hari, para kardinal berkumpul di Vatikan (No. 37, 41). Mereka akan tinggal di Rumah St Marta, yaitu rumah tamu yang terletak dalam Kota Vatikan, dekat Basilika St Petrus. (Di masa-masa belakangan ini, para kardinal tinggal di tempat tinggal sementara yang sangat sederhana dekat Kapel Sistine).

Perundingan seksama di antara para kardinal dan pemungutan suara dilaksanakan di Kapel Sistine. Paus Yohanes Paulus II menetapkan, “… pemilihan akan terus dilangsungkan di Kapel Sistine, di mana segala sesuatu menghantar pada kesadaran akan kehadiran Tuhan, yang dalam pandangan-Nya, setiap orang suatu hari kelak akan dihakimi” (Intro). (Ingat lukisan Michelangelo menggambarkan jiwa memasuki “Pengadilan Terakhir” yang menghiasi dinding belakang Kapel Sistine.)

Conclave harus dilangsungkan tanpa adanya campur tangan pihak luar sama sekali. Hanya mereka yang berwenang saja yang diperkenankan memasuki Rumah St Marta dan Kapel Sistine. Tak seorang pun diperkenankan mendekati para kardinal pemilih sementara mereka melintasi Rumah St Marta dan Kapel Sistine (No. 43). Segenap mereka yang tidak berkepentingan tidak diperkenankan berkomunikasi dengan cara apa pun dengan para kardinal (No. 45).

Juga tingkat kerahasiaan yang tinggi harus dijaga selama conclave berlangsung. Paus Yohanes Paulus II menegaskan, “Lebih lanjut saya menegaskan melalui wewenang apostolik saya mengenai kewajiban menjaga kerahasiaan secermat mungkin berkenaan dengan segala sesuatu yang berhubungan baik secara langsung maupun tidak langsung dengan proses pemilihan itu sendiri” (Intro). Karena itu, para kardinal pemilih melakukan sumpah khidmat secara pribadi untuk mentaati ketentuan-ketentuan seperti yang ditetapkan dalam “Universi Dominici Gregis” dan untuk menjaga kerahasiaan selama maupun sesudah pemilihan “menyangkut segala sesuatu yang dengan cara apapun berhubungan dengan pemilihan Uskup Roma dan menyangkut segala sesuatu yang terjadi di tempat pemilihan” (“RDG” No. 53). Para kardinal tidak diperkenankan “berkomunikasi - entah melalui tulisan, telepon, ataupun sarana-sarana komunikasi lainnya - dengan orang-orang di luar wilayah di mana pemilihan dilangsungkan” (No. 44, 53). Di samping itu, selama masa conclave, para kardinal tidak diperkenankan membaca koran atau majalah, mendengarkan radio, ataupun menonton televisi (No. 57). Segala bentuk pelanggaran terhadap kerahasiaan akan berakibat “hukuman yang berat”, termasuk ekskomunikasi, seperti diputuskan oleh paus yang bertahta (No. 55).

Di samping itu, sebelum pemilihan, “pemeriksaan yang cermat serta seksama harus dilakukan dengan bantuan orang-orang yang terpercaya dan kompeten dalam bidang teknik guna memastikan bahwa tak ada peralatan audiovisual yang dipasang secara tersembunyi di wilayah tersebut untuk merekam dan mengirimkannya kepada pihak luar” (No. 51). “Segala bentuk peralatan teknik untuk merekam, menggandakan, ataupun menyampaikan suara, gambar-gambar visual, ataupun tulisan” dilarang (No. 61).

Ada alasan-alasan tepat di balik segala peraturan ini, teristimewa di abad kita yang sarat campur-tangan media dan paparazzi. Suatu peristiwa sejarah besar yang mengilhami banyak dari peraturan-peraturan ini berkenaan dengan conclave pada tahun 1268. Ketika Paus Klemens IV wafat tahun itu, para kardinal berkumpul di istana kepausan di Viterbo, Italia. Karena berbagai tekanan politik, para kardinal tidak dapat memutuskan seorang paus hingga hampir tiga tahun lamanya. Akhirnya, mereka “dikunci” dengan “pengawas-pengawas conclave” yang ditunjuk guna mencegah mereka mangkir. (Kata “conclave” berasal dari bahasa Latin “dengan kunci”). Namun demikian, mereka masih tetap belum dapat menentukan seorang paus. Orang banyak menjadi begitu frustasi hingga mereka membongkar atap, membiarkan para kardinal yang terkurung itu rentan terhadap cuaca. Para kardinal hanya diberi makan roti dan air saja. Akhirnya, pada tanggal 1 September 1271, mereka memutuskan seorang penerus, Paus Gregorius X. Sejak saat itu, pertemuan para kardinal guna memilih seorang paus dikenal dengan istilah “conclave”.

Oleh sebab conclave yang begitu lama ini, Konsili Lyon II (thn 1274) menetapkan bahwa untuk conclave di masa mendatang, para kardinal pemilih akan “dikurung” guna meghindari segala bentuk kekuatan pihak luar dalam mempengaruhi pemilihan. Walau kemudian dibatalkan, Konsili juga menetapkan bahwa jika seorang paus belum terpilih setelah tiga hari, maka para kardinal hanya akan diberi makan satu kali pada siang hari dan satu kali pada malam hari; dan jika seorang paus masih juga belum terpilih setelah lima hari, mereka hanya akan diberi makan roti, air, dan anggur. Cara hidup yang demikian dimaksudkan memotivasi para kardinal untuk memilih seorang paus tepat pada waktu yang telah ditentukan.

* Fr. Saunders is pastor of Our Lady of Hope Parish in Potomac Falls and a professor of catechetics and theology at Notre Dame Graduate School in Alexandria.

sumber : “Straight Answers: Cardinals, Conclaves and a New Pope” by Fr. William P. Saunders; Arlington Catholic Herald, Inc; Copyright ©2005 Arlington Catholic Herald. All rights reserved; [You must be registered and logged in to see this link.]

Diperkenankan mengutip / menyebarluaskan artikel di atas dengan mencantumkan: “diterjemahkan oleh YESAYA: [You must be registered and logged in to see this link.] atas ijin The Arlington Catholic Herald.”

Sumber

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
nothingman
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1503
Join date : 13.11.12

PostSubyek: Re: Siapa Paus mendatang ?   13th February 2013, 17:30

Thanks to bro Bruce atas penjelasan yg diberikan.. thumb up

berarti syarat utk seorang calon agar bisa dipilih itu yaitu setingkat Kardinal (bukan Uskup)..? atau bisakah seorang Uskup di calonkan..?
dan usia minimalnya 80 tahun ya bro..??
kok harus 'sesepuh' itu ya, bukankah semakin berusia lanjut menyebabkan rentan terhadap gangguan kesehatan..

Syalom, peace
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Siapa Paus mendatang ?   13th February 2013, 17:40

nothingman wrote:
Thanks to bro Bruce atas penjelasan yg diberikan.. thumb up

berarti syarat utk seorang calon agar bisa dipilih itu yaitu setingkat Kardinal (bukan Uskup)..? atau bisakah seorang Uskup di calonkan..?
dan usia minimalnya 80 tahun ya bro..??
kok harus 'sesepuh' itu ya, bukankah semakin berusia lanjut menyebabkan rentan terhadap gangguan kesehatan..

Syalom, peace

Sebenarnya, Paus maupun Kardinal, adalah Uskup, bro. Uskup Roma adalah Paus, begitu.
Kardinal adalah Uskup yang punya hak memilih dan dipilih sebagai Paus.

Dugaan saya, usia 80 tahun dianggap sudah matang, sudah bijak, dan sudah sangat mengerti Katolik secara utuh dan secara usia rata rata manusia juga tidak akan terlalu lama menjabat. Karena seorang Paus tidak bisa diturunkan, kecuali atas kehendak sendiri (seperti yang terjadi pada Benediktus XVI sekarang ini). Terlalu lama menjabat bisa berarti baik, tetapi bisa juga justru menjadi mandeg.

Seperti itu bro.

Syalom

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
nothingman
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1503
Join date : 13.11.12

PostSubyek: Re: Siapa Paus mendatang ?   13th February 2013, 20:50

bruce wrote:

Sebenarnya, Paus maupun Kardinal, adalah Uskup, bro. Uskup Roma adalah Paus, begitu.
Kardinal adalah Uskup yang punya hak memilih dan dipilih sebagai Paus.

Dugaan saya, usia 80 tahun dianggap sudah matang, sudah bijak, dan sudah sangat mengerti Katolik secara utuh dan secara usia rata rata manusia juga tidak akan terlalu lama menjabat. Karena seorang Paus tidak bisa diturunkan, kecuali atas kehendak sendiri (seperti yang terjadi pada Benediktus XVI sekarang ini). Terlalu lama menjabat bisa berarti baik, tetapi bisa juga justru menjadi mandeg.

Seperti itu bro.

Syalom
Ooh, gtu rupanya..
ok bro Bruce, sy sudah cukup mengerti dgn penjelasan yg anda berikan, dan sy haturkan terima kasih..
thumb up

Syalom,
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Siapa Paus mendatang ?   21st February 2013, 16:15

Quote :
Paus Benediktus Akan Percepat Proses Konklaf
Kamis, 21 Februari 2013 | 15:46 WIB

VATICAN CITY, KOMPAS.com - Paus Benediktus XVI kemungkinan besar akan menerbitkan dekrit yang akan mempercepat proses konklaf untuk memilih paus baru sebelum pertengahan Maret. Demikian pernyataan Vatikan, Rabu (20/2/2013).

"Paus tengah mempertimbangkan sebuah Motu Proprio (dekrit) dalam beberapa hari ini, untuk memperjelas sejumlah aspek tertentu terkait konklaf," kata juru bicara Vatican, Federico Lombardi.

Sejarawan Ambrogio Piazzoni mengatakan Paus adalah satu-satunya orang yang bisa memutuskan hingga menit terakhir saat dia resmi meletakkan jabatan pada 28 Februari nanti.

Sesuai dengan Konstitusi Gereja Katolik yang disebarluaskan Paus Yohanes Paulus II pada 1996 menyatakan bahwa konklaf harus dimulai antara 15-20 hari setelah "Sede Vacante" atau kursi kosong kepausan.

Penundaan itu dilakukan untuk memberi waktu para kardinal di seluruh dunia datang ke Vatikan untuk melangsungkan pemilihan paus baru.

Namun, dalam kasus Benediktus XVI, sudah banyak kardinal berada di Roma untuk mempersiapkan perpisahan dengan Paus.

Dalam proses konklaf nanti diharapkan 117 kardinal hadir dan bertemu di Kapel Sistine hingga dua pertiga dari mereka menyetujui nama paus baru.

Diharapkan pada perayaan Paskah di akhir Maret nanti, Gereja Katolik Roma sudah akan memiliki pemimpin baru.



Sumber :AFP
Editor :Ervan Hardoko

Mudah mudahan suatu saat kelak, ada Paus yang berasal dari Indonesia.


_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
hello kitty
Calon Perwira
Calon Perwira


Jumlah posting : 305
Join date : 28.10.12
Lokasi : Lawang

PostSubyek: Re: Siapa Paus mendatang ?   22nd February 2013, 14:55

kalau Pak Singa jadi Paus Roma, gimana jadinya ya???? hmmmmm.........

Cool
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: Siapa Paus mendatang ?   23rd February 2013, 15:35

hello kitty wrote:
kalau Pak Singa jadi Paus Roma, gimana jadinya ya???? hmmmmm.........

[You must be registered and logged in to see this image.]
Jangan Kit. Kalo beliau jadi Paus Roma, siapa lagi Paus di LTB? Sudah, biar saja beliau Paus di sini. Masih sangat dibutuhkan.
Ngomong-ngomong, kenapa Kitty makin jarang ngepost?

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Siapa Paus mendatang ?   23rd February 2013, 15:46

Quote :
Ngomong-ngomong, kenapa Kitty makin jarang ngepost?

Kalau ditanya, biasanya beliau cuma berkata 'sedang jenuh', begitu om.
Entah ya, mungkin kita kita ini sudah kurang menarik hatinya lagi.....

Crying or Very sad

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: Siapa Paus mendatang ?   23rd February 2013, 15:48

bruce wrote:
Kalau ditanya, biasanya beliau cuma berkata 'sedang jenuh', begitu om.
Entah ya, mungkin kita kita ini sudah kurang menarik hatinya lagi.....

[You must be registered and logged in to see this image.]
Wah... perlu klarifvikasi nih.
Benarkah Kit? Saya ikut nangis nih
[You must be registered and logged in to see this image.]

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Siapa Paus mendatang ?   23rd February 2013, 15:52

Quote :
Wah... perlu klarifvikasi nih.
Benarkah Kit? Saya ikut nangis nih


Daripada ikut nangis, mungkin lebih pas kalau anda nyanyi 'Butet' saja om...

Cool

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: Siapa Paus mendatang ?   23rd February 2013, 15:55

bruce wrote:
Daripada ikut nangis, mungkin lebih pas kalau anda nyanyi 'Butet' saja om...

[You must be registered and logged in to see this image.]
Butet itu lagu ibu-ibu yang melahirkan anak perempuan yang suaminya mati bertempur di medan juang. Tidak cocok untuk laki-laki. Dan kalau lagu itu dihayati, justru lagu itu dinyanyikan sambil menangis.
[You must be registered and logged in to see this image.]

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Siapa Paus mendatang ?   23rd February 2013, 16:00

Quote :
Butet itu lagu ibu-ibu yang melahirkan anak perempuan yang suaminya mati bertempur di medan juang. Tidak cocok untuk laki-laki. Dan kalau lagu itu dihayati, justru lagu itu dinyanyikan sambil menangis.

Justru itu (bold) yang penting, om.
Karena kalau orang Batak nyanyi, sambil menangispun enak didengar.
He he he he he.



_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
cinzano
Moderator
Moderator


Jumlah posting : 2124
Join date : 26.10.12
Lokasi : Buaya City

PostSubyek: Re: Siapa Paus mendatang ?   23rd February 2013, 23:50

Apakah Paus terpilih secara otomatis juga akan dilakukan perombakan pada struktur kepala konggregasi iman ?

Barangkali ada yang tahu ?



GBU
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Siapa Paus mendatang ?   24th February 2013, 09:28

cinzano wrote:
Apakah Paus terpilih secara otomatis juga akan dilakukan perombakan pada struktur kepala konggregasi iman ?

Barangkali ada yang tahu ?



GBU


Sepertinya tidak otomatis, tetapi tergantung bagaimana kebijakan Paus baru.

Neutral

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: Siapa Paus mendatang ?   25th February 2013, 10:04

Sudah mengikuti survay tentang penerus kepausan?

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
cinzano
Moderator
Moderator


Jumlah posting : 2124
Join date : 26.10.12
Lokasi : Buaya City

PostSubyek: Re: Siapa Paus mendatang ?   25th February 2013, 12:53

Husada wrote:
Sudah mengikuti survay tentang penerus kepausan?


Survey nya dimana Mod Husada ?


[You must be registered and logged in to see this image.]
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: Siapa Paus mendatang ?   25th February 2013, 13:00

cinzano wrote:
Survey nya dimana Mod Husada ?
[You must be registered and logged in to see this image.]
Ada survey di [You must be registered and logged in to see this link.] Cin.
Eh... sudah hilang. Saya melanggan Ucanews, tadi pagi ada survey tentang "Siapa Pengganti Paus Benediktus XVI".
[You must be registered and logged in to see this image.]

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
hello kitty
Calon Perwira
Calon Perwira


Jumlah posting : 305
Join date : 28.10.12
Lokasi : Lawang

PostSubyek: Re: Siapa Paus mendatang ?   25th February 2013, 17:39

atau mungkin Kung2 yang lebih tepat jadi Paus Roma?
Gereja bakal penuh tawa...hahahahahahahaha...
semoga beliau tidak terjungkal ke depan karena ngantuk saat memberi khotbah Laughing
Kembali Ke Atas Go down
cinzano
Moderator
Moderator


Jumlah posting : 2124
Join date : 26.10.12
Lokasi : Buaya City

PostSubyek: Re: Siapa Paus mendatang ?   26th February 2013, 06:29

hello kitty wrote:
atau mungkin Kung2 yang lebih tepat jadi Paus Roma?
Gereja bakal penuh tawa...hahahahahahahaha...
semoga beliau tidak terjungkal ke depan karena ngantuk saat memberi khotbah Laughing


Waduhh .... masalah terjungkal kedepan jangan diungkit2 lagi Sis roll


Saya membayangkan Mr. Bruce menjadi ketua Konggregasi Iman.
Pasti cocok .........



Cool
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Siapa Paus mendatang ?   26th February 2013, 07:10

cinzano wrote:
hello kitty wrote:
atau mungkin Kung2 yang lebih tepat jadi Paus Roma?
Gereja bakal penuh tawa...hahahahahahahaha...
semoga beliau tidak terjungkal ke depan karena ngantuk saat memberi khotbah Laughing


Waduhh .... masalah terjungkal kedepan jangan diungkit2 lagi Sis roll


Saya membayangkan Mr. Bruce menjadi ketua Konggregasi Iman.
Pasti cocok .........



Cool

Tampang seperti ini apa layak, om?

[You must be registered and logged in to see this image.]


Shocked

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
cinzano
Moderator
Moderator


Jumlah posting : 2124
Join date : 26.10.12
Lokasi : Buaya City

PostSubyek: Re: Siapa Paus mendatang ?   26th February 2013, 11:49

Kalo saya secara pribadi lebih mencermati pada siapa yang terpilih menjadi Ketua Konggregasi Iman.
Karena tugas utamanya adalah memimpin lembaga yang bertugas menegakkan doktrin Gereja Katolik.


Naahhh, kalo dijabat oleh Mod Husada ... pasti sangat konservatif.
Kalo dijabat Mod Bruce .... pasti agak liberal.
Kalo dijabat Sis Hello Kitty .... (waduh boleh enggak dijabat wanita ya) ...



[You must be registered and logged in to see this image.]
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Siapa Paus mendatang ?   26th February 2013, 11:51

cinzano wrote:
Kalo saya secara pribadi lebih mencermati pada siapa yang terpilih menjadi Ketua Konggregasi Iman.
Karena tugas utamanya adalah memimpin lembaga yang bertugas menegakkan doktrin Gereja Katolik.


Naahhh, kalo dijabat oleh Mod Husada ... pasti sangat konservatif.
Kalo dijabat Mod Bruce .... pasti agak liberal.
Kalo dijabat Sis Hello Kitty .... (waduh boleh enggak dijabat wanita ya) ...



[You must be registered and logged in to see this image.]


Tapi sis Kitty sepertinya lebih merasa pas kalau anda yang dicalonkan, koq, mod.

Cool

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content




PostSubyek: Re: Siapa Paus mendatang ?   Today at 06:56

Kembali Ke Atas Go down
 
Siapa Paus mendatang ?
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 2Pilih halaman : 1, 2  Next
 Similar topics
-
» Salah Siapa?
» Global Warming itu pembodohan massal!
» biodata night baron
» [Matibeku.com] We Are Closing Down..
» Tanya Ini Motor siapa? (Naksir berat sama stickernya)

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Ladang Tuhan Baru :: Ruang Antar Kristen (Khusus Penganut Kristen Trinitarian) :: Ajaran Kristen-
Navigasi: