Ladang Tuhan Baru
Selamat datang kepada sesama saudara Kristen dan saudara lain iman. Mari kita saling kenal dalam suasana bersahabat.

Ladang Tuhan Baru

Forum Komunitas Kristen
 
IndeksIndeks  PencarianPencarian  PendaftaranPendaftaran  LoginLogin  

Share | 
 

 Mahabarata dan Hindu

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
Pilih halaman : Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10  Next
PengirimMessage
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Mahabarata dan Hindu   26th February 2013, 22:27

Lantas kalau dalam agama Hindu, apakah aturan dan sebutlah 'system' rinkarnasi itu di 'create' oleh sosok Mahakuasa? Apakah sang Mahakuasa dalam Hindu juga bisa mengatur dewa dewa ?
Bagaimana konsep kelahiran sosok dewa ini, apakah harus dari ayah/ibu dewa juga atau bisa dari manusia biasa, bro? Kalau dari manusia biasa, bagaimana bisa menjadi dewa?

Membaca berbagai kisah di Mahabarata (juga kisah tentang dewa/dewi Eropa) membuat saya bertanya tanya. Apa sebenarnya beda seorang dewa dengan manusia ?


Syalom

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
nothingman
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1503
Join date : 13.11.12

PostSubyek: Re: Mahabarata dan Hindu   26th February 2013, 23:38

bruce wrote:
Lantas kalau dalam agama Hindu, apakah aturan dan sebutlah 'system' rinkarnasi itu di 'create' oleh sosok Mahakuasa?
reinkarnasi itu salah satu bagian dr perputaran siklus kehidupan yg ada pd alam semesta ini bro..
pd postingan sy sebelumnya, sy katakan bahwa segala sesuatu yg ada/tercipta dialam semesta ini mengalami perputaran siklus kehidupan tsb kecuali Tuhan yg merupakan sumber ciptaan itu sendiri yg tidak mengalaminya.. ya klo anda bertanya siapa yg membuat aturan ttg siklus kehidupan itu tentu aj sumbernya dr Tuhan yg mencipta seluruh alam itu bro..

bruce wrote:
Apakah sang Mahakuasa dalam Hindu juga bisa mengatur dewa dewa ?
Bagaimana konsep kelahiran sosok dewa ini, apakah harus dari ayah/ibu dewa juga atau bisa dari manusia biasa, bro? Kalau dari manusia biasa, bagaimana bisa menjadi dewa?

Membaca berbagai kisah di Mahabarata (juga kisah tentang dewa/dewi Eropa) membuat saya bertanya tanya. Apa sebenarnya beda seorang dewa dengan manusia ?


Syalom
waah, ini pertanyaan yg sangat bagus dr bro Bruce... [Only mods are allowed to see this image]
ttg konsep Tuhan, dewa2, manusia2 dan mahluk2 yg lain butuh penjelasan yg agak panjang bro, nti sy berikan penjelasan lengkapnya lebih lanjut.. tp utk menjawab pertanyaan2 bro Bruce diatas, sy berikan penjelasan singkatnya dulu ya bro..

jd konsep dewa2 dlm ajaran Hindu terbagi kebeberapa golongan.. selain 3 dewa utama (Brahma, Wisnu, dan Siwa) mereka sbg manifestasi Tuhan, ada dewa2 yg diserahi tugas utk memerintah Kahyangan/Surga/Langit dan bumi dan beserta isinya dlm membantu tugas2 Tuhan yg berkaitan dgn proses penciptaan, memelihara/merawat ciptaan tsb, dan menghancurkan/memusnahkan apa yg telah diciptakan agar bisa dimulai penciptaan yg baru lg..

seperti dewa Bayu, Surya, Baruna, dan dewa2 lainnya adlh dewa yg membantu ketiga dewa utama tsb yg dipimpin ol dewa yg bergelar Indra.. dan dewa2 tsb saling bergantian/mengalami siklus perputaran kehidupan itu bro.. konon menurut ajaran Hindu dan yg ada dlm kitab Purana, pd tiap Manwantara (71 x Mahayuga) dewa2 dikahyangan tsb mengalami 'pergantian'.. dan bukan para dewa aj yg berganti tp jg para Saptaresi (pimpinan kaum Brahmana) dan dewa yg menyandang gelar 'Indra' akan berganti.. selain itu yg jd 'Manu' (yg dipercaya sbg moyang dr manusia yg ada didunia) jg akan berganti..

mengenai konsep kelahiran/munculnya para dewa2, manusia dan seluruh ciptaan yg ada pd semesta ini nti akan sy jelaskan lebih lanjut lg.. tp bila ada kesalahan atau kekurangannya sy mohon maaf sebelumnya bro, krn sy jg nda terlalu dalam2 amat dlm mempelajari ajaran Hindu tsb, lg pula itu jg bukan ajaran iman dan keyakinan sy sendiri..
sy kan penganut Katolik, jd ngikut ajarannya Bapa2 Gereja dan Magisterium seperti bro Bruce dan rekan2 yg lainnya..
hehehehehehehe [Only mods are allowed to see this image]
Syalom, [Only mods are allowed to see this image]
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Mahabarata dan Hindu   27th February 2013, 09:35

Oke, ditunggu pemaparannya, bro.

Laughing

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
cinzano
Moderator
Moderator


Jumlah posting : 2124
Join date : 26.10.12
Lokasi : Buaya City

PostSubyek: Re: Mahabarata dan Hindu   27th February 2013, 15:30

OOT sedikit.

Di India dan di Bali, tidak banyak terlihat perburuan hewan2.
Saya mempunyai pemikiran bahwa orang Hindu lebih menyayangi alam.


Any comment ??


[Only mods are allowed to see this image]
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Mahabarata dan Hindu   27th February 2013, 15:52

cinzano wrote:
OOT sedikit.

Di India dan di Bali, tidak banyak terlihat perburuan hewan2.
Saya mempunyai pemikiran bahwa orang Hindu lebih menyayangi alam.


Any comment ??


[Only mods are allowed to see this image]


Tadi pagi di Metro TV, dalam salah satu acara 8-11, terdapat kisah sadis di Bali, om.
Untuk mengusir (menyenangkan hati Batara Kala) ada sebuah acara, namanya lupa, tapi seekor sapi didandani dan dibawa ke pura, kemudian disucikan, setelah itu orang orang sekampung menggunakan tongkat dari batang pohon berduri, mengejar dan memukuli si sapi itu beramai ramai hingga mati. Dan setelah si sapi mati kesakitan, kulitnya dan darahnya dipergunakan sebagai bahan ritual. Sementara dagingnya dibagi bagi ke penduduk desa.

Nah, kurang sadis apa perbuatan seperti itu? Walau atas nama upacara agama terpaksa dilakukan.

Crying or Very sad Crying or Very sad

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
nothingman
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1503
Join date : 13.11.12

PostSubyek: Re: Mahabarata dan Hindu   27th February 2013, 18:09

bruce wrote:


Tadi pagi di Metro TV, dalam salah satu acara 8-11, terdapat kisah sadis di Bali, om.
Untuk mengusir (menyenangkan hati Batara Kala) ada sebuah acara, namanya lupa, tapi seekor sapi didandani dan dibawa ke pura, kemudian disucikan, setelah itu orang orang sekampung menggunakan tongkat dari batang pohon berduri, mengejar dan memukuli si sapi itu beramai ramai hingga mati. Dan setelah si sapi mati kesakitan, kulitnya dan darahnya dipergunakan sebagai bahan ritual. Sementara dagingnya dibagi bagi ke penduduk desa.

Nah, kurang sadis apa perbuatan seperti itu? Walau atas nama upacara agama terpaksa dilakukan.

[Only mods are allowed to see this image] [Only mods are allowed to see this image]
waaaks... [Only mods are allowed to see this image]
klo gtu sy ikut terkejut ada peristiwa tsb di Bali yg mayoritas adlh pemeluk Hindu.. pd hal bagi pemeluk Hindu, sapi merupakan salah satu hewan yg dianggap 'suci' bro.. jangankan membunuhnya, memakan dagingnya pun mereka sangat diharamkan.. entah klo mereka yg berbuat demikian itu salah satu sekte/aliran yg 'berlainan' ajarannya ya bro...
terlebih jika mereka itu penyembah dewa Kala yg konon katanya dia adlh anak dr Dewa Siwa.. krn memang ada sekte2 yg khusus menyembah ajaran2 satu dewa tertentu aj bro.. dan memang bagi penganut Hindu, Dewa Siwa disembah bukan karena dihormati dlm artian mereka mencintai atau mengharapkan berkat suatu kebaikan, krn urusan dewa Siwa bukan utk hal2 kebaikan tp dewa Siwa disembah agar dia tidak marah/mengamuk..
jd agar dewa Siwa dan anak2nya tsb tidak marah, maka penganut Hindu menyembahnya.. ini mirip2 ajaran Nabi tetangga kita bro, dimana Awloh yg mereka sembah itu sangat kejam sehingga umatnya merasa ketakutan.. dan memang ada hubungan antara penganut ajaran Siwa ini dgn ajaran mereka.. bro Bruce yg ingatkan bahwa Ka'bah itu bekas peninggalan kuil dewa Siwa, dan lambang Dewa Siwa yg berbentuk bulan sabit itu jg digunakan sbg lambang dr tmpt ibadah/mesjid2 mereka..
[Only mods are allowed to see this image]
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Mahabarata dan Hindu   27th February 2013, 18:24

Dalam berita atau acara yang disiarkan itu lengkap dengan video nya koq, bro, lokasiya di desa daerah Karangasem, sayang saya lupa nama upacaranya, tetapi jelas bukan suatu sekte saja.

Neutral

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
nothingman
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1503
Join date : 13.11.12

PostSubyek: Re: Mahabarata dan Hindu   27th February 2013, 22:17

bruce wrote:
Dalam berita atau acara yang disiarkan itu lengkap dengan video nya koq, bro, lokasiya di desa daerah Karangasem, sayang saya lupa nama upacaranya, tetapi jelas bukan suatu sekte saja.
Oooh gtu ya bro.. ya mungkin itu emg bagian dr tradisi/upacara keagamaan mereka, sy jg kurang mengetahui ttg itu.. lg pula dlm Hindu kan jg banyak alirannya, sm seperti pd ajaran Kristen dan agama2 yg lain...
mmmh, baru mau nerusin diskusi kita ada panggilan 'keluarga' bro.. ya udah kita lanjut besok lg ya bro Bruce.. oh iya bro Bruce dpt salam dr Joan istri sy...
hehehehehehe [Only mods are allowed to see this image]
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Mahabarata dan Hindu   27th February 2013, 22:19

Tolong tanyakan mbak Joan dong, bro. Mengapa beberapa hari ini jarang mampir?

Embarassed

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
cinzano
Moderator
Moderator


Jumlah posting : 2124
Join date : 26.10.12
Lokasi : Buaya City

PostSubyek: Re: Mahabarata dan Hindu   28th February 2013, 06:05

bruce wrote:
Dalam berita atau acara yang disiarkan itu lengkap dengan video nya koq, bro, lokasiya di desa daerah Karangasem, sayang saya lupa nama upacaranya, tetapi jelas bukan suatu sekte saja.

Neutral


Mungkin untuk upacara adat ya Mod.
Tapi yang saya maksud bukan case by case.
Lebih ke habit secara general.


drunken
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Mahabarata dan Hindu   28th February 2013, 06:51

cinzano wrote:
bruce wrote:
Dalam berita atau acara yang disiarkan itu lengkap dengan video nya koq, bro, lokasiya di desa daerah Karangasem, sayang saya lupa nama upacaranya, tetapi jelas bukan suatu sekte saja.

Neutral


Mungkin untuk upacara adat ya Mod.
Tapi yang saya maksud bukan case by case.
Lebih ke habit secara general.


drunken


Betul mod, memang untuk upacara adat.
Kalau keseharian jangan lupakan kasus sabung ayam di Bali lho.

Laughing

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
cinzano
Moderator
Moderator


Jumlah posting : 2124
Join date : 26.10.12
Lokasi : Buaya City

PostSubyek: Re: Mahabarata dan Hindu   28th February 2013, 23:42

bruce wrote:
cinzano wrote:
bruce wrote:
Dalam berita atau acara yang disiarkan itu lengkap dengan video nya koq, bro, lokasiya di desa daerah Karangasem, sayang saya lupa nama upacaranya, tetapi jelas bukan suatu sekte saja.

Neutral


Mungkin untuk upacara adat ya Mod.
Tapi yang saya maksud bukan case by case.
Lebih ke habit secara general.


drunken


Betul mod, memang untuk upacara adat.
Kalau keseharian jangan lupakan kasus sabung ayam di Bali lho.

Laughing

Hahahahaaa.......

Masih sempat2nya nembak ........


Kembali ke Mahabharata.
Ternyata Yudhistira yang terkenal bijaksana, ia sempat jatuh juga .... tertarik perjudian dengan kurawa.

Ditunggu nih comment .... Ki Dalang NothingMaaannn
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Mahabarata dan Hindu   1st March 2013, 17:51

Quote :
Hahahahaaa.......

Masih sempat2nya nembak .......


He he he he

Laughing

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
nothingman
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1503
Join date : 13.11.12

PostSubyek: Re: Mahabarata dan Hindu   2nd March 2013, 08:46

bruce wrote:
Tolong tanyakan mbak Joan dong, bro. Mengapa beberapa hari ini jarang mampir?
buat sy semakin bagus klo dia jarang mampir lg bro, dr pd nti bikin repot.. hehehehehe [Only mods are allowed to see this image]
tp memang belakangan ini dia lg sibuk mengecilkan perut alias lg seneng2nya ikut fitnes, jd selain mengecilkan perut sekalian mengecilkan isi dompet sy..
[Only mods are allowed to see this image]
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Mahabarata dan Hindu   2nd March 2013, 09:52

Menjaga penampilan termasuk membahagiakan suami koq bro, jadi sudah sepatutnya anda ikut keluar uang.

roll

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
nothingman
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1503
Join date : 13.11.12

PostSubyek: Re: Mahabarata dan Hindu   2nd March 2013, 09:53

cinzano wrote:

Kembali ke Mahabharata.
Ternyata Yudhistira yang terkenal bijaksana, ia sempat jatuh juga .... tertarik perjudian dengan kurawa.

Ditunggu nih comment .... Ki Dalang NothingMaaannn
klo mau nanggap dalang biayanya mahaaal loh bro Cinz... wakakakakkkkk [Only mods are allowed to see this image]
tp krn sy cm dalang-dalangan digretongin aj deh...
sebenarnya permainan dadu tsb, mirip2 permainan anak2 atau permainan biasa layaknya permainan catur, kartu, atau seperti pertandingan olah-raga pd saat ini bro.. pd jaman dulu belum ada perjudian seperti yg ada di Las Vegas atau Genting Island itu.. dan dalam permainan2/pertandingan tsb memang sudah biasa jika ada sesuatu yg dipertaruhkan entah itu bersifat material atau non-material.. apa yg dilakukan Yudistira pd saat bermain dadu itu sebenarnya bukan kesalahan dan itu bukanlah bersifat perjudian.. permainan dadu yg dilakukan Yudistira itu ibarat sebuah pertandingan/peperangan aj bro, dimana dlm sebuah pertandingan/peperangan pasti ada sesuatu yg dipertaruhkan disitu..
Dan kekalahan Yudistira pd pertandingan dadu tsb murni krn jebakan Korawa dan pamannya yg licik Sangkuni yg memperdayai Yudistira sehingga dia mempertaruhkan seluruh hartanya, bahkan seluruh saudara2nya berikut istrinya Dropadi.. Dan dgn kelicikan pihak Korawa yg memanfaatkan 'kelemahan' Yudistira utk mau bertanding dadu kembali utk yg kedua kalinya dgn taruhan hukuman pembuangan selama 12thn utk hidup dihutan..
kenapa sy katakan kelemahan Yudistira..?? karena bagaimanapun setiap manusia atau segala sesuatu yg tercipta dlm alam semesta ini pasti ada sisi positif dan sisi negatifnya bro, jd tidak ada yg sempurna.. Walau Yudistira dikenal memiliki sifat sabar, jujur, adil dan bijaksana dia tetap memiliki kelemahan/sisi negatifnya..
contoh: orang yg cendrung/terlalu sabar kekurangannya adlh dia mjd tidak/kurang tegas, orang yg jujur kekurangannya adl dia cenderung bodoh atau mudah dimanfaatkan ol org lain, orang yg adil kelemahannya adl orang tsb cenderung plin-plan krn tidak mau berpihak, dan lelet/lamban bertindak krn terlalu banyak pertimbangan.. jd intinya dibalik semua sisi positif pasti ada sisi negatifnya/sifat2 yg bertentangan..
dgn memanfaatkan kelemahan2 yg dimiliki Yudistira itulah para Korawa mengalahkan Yudistira dan Pandawa pd saat permainan dadu itu.. ajaran/pesan2 moral dlm kisah permainan dadu yg dilakukan ol Pandawa dan Korawa adlh sbb:
1. agar kita mempertimbangkan dgn baik2 dan matang ttg apa yg akan kita lakukan, apa lg jika hal tsb menyangkut kepentingan orang lain.. jangan melakukan sesuatu krn emosi sesaat krn hal itu akan merugikan kita dan orang lain yg terkait itu.. seperti yg dialami ol Yudistira tsb dimana tdnya dia hanya bertaruh kecil2an, akhirnya dia sampai kehilangan seluruh hartanya dan krn dia bernafsu ingin mendapatkan hartanya kembali, dia mempertaruhkan adik2 dan istrinya..
2. kita harus berani bertindak krn percuma seseorang dibekali sifat2 sabar, jujur, adil dan bijaksana bila dia tidak berani bertindak dan melakukan sifat2 baik tsb.. krn bila kita tidak berani bertindak dan melakukan segala kebaikan2 itu maka kita tidak akan membawa perubahan apa2.. ini ibarat sifat2 yg dimiliki ol Presiden kita saat ini bro, katanya bang Ruhut kan dibilang klo presiden SBY itu sangat sabaar, adiil, dan jujuuur sekali, tp pd kenyataan beliau seperti orang yg ketakutan utk bertindak tegas.. jd akhirnya kita tidak mendapatkan manfaat apa2 sama sekali dr segala kebaikannya itu bro, tidak merubah keadaan mjd lebih baik.. ya mungkin ada yg berubah tp skalanya keciiiil banget..
[Only mods are allowed to see this image]
jd jangan ada yg bilang klo Yudistira orang yg terkenal bijak itu mengajarkan kpd kita utk berjudi ya bro.. hehehehehe [Only mods are allowed to see this image]
Syalom, [Only mods are allowed to see this image]
Kembali Ke Atas Go down
nothingman
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1503
Join date : 13.11.12

PostSubyek: Re: Mahabarata dan Hindu   2nd March 2013, 10:01

bruce wrote:
Menjaga penampilan termasuk membahagiakan suami koq bro, jadi sudah sepatutnya anda ikut keluar uang.

[Only mods are allowed to see this image]
yaa pokoknya selagi tujuannya itu baik dan bermanfaat apa lg bagi kebaikan kita bersama, sy sih selalu dan pasti mendukungnya bro..
yg penting dia melakukannya dgn senang hati dan serius aj, bukan krn keinginan sesaat aj.. soalnya kadang kan dia orangnya gampang berubah-ubah.. ibarat sekarang minta tempe, eh besok mau tahu, besoknya lg minta ikan, dan begitu seterusnya..
jd kan kita tidak sia2 membelikan peralatan fitnes, dan membayar kursusnya aj bro..
[Only mods are allowed to see this image]
Kembali Ke Atas Go down
nothingman
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1503
Join date : 13.11.12

PostSubyek: Re: Mahabarata dan Hindu   2nd March 2013, 11:38

Baik akan sy lanjutkan diskusi sy dgn bro Bruce yg sempat tertunda, dimana sebelumnya memberikan anda pertanyaan sbb;
bruce wrote:
Lantas kalau dalam agama Hindu, apakah aturan dan sebutlah 'system' rinkarnasi itu di 'create' oleh sosok Mahakuasa?
pertanyaan ini sepertinya sudah sy jawab dan menjelaskan bahwa sistem reinkarnasi itu sendiri adl bagian dr siklus perputaran kehidupan thd segala sesuatu penciptaan dialam semesta ini.. jd semua mahluk hidup, dewa, dan seluruh materi yg ada dialam semesta mengalami siklus perputaran kehidupan itu.. jd jelas yg meng-create/mengatur sistem tsb adlh sosok Mahakuasa yg menciptakan segalanya..
bruce wrote:
Apakah sang Mahakuasa dalam Hindu juga bisa mengatur dewa dewa ?
ya ini jg sudah jelas bhw sang Mahakuasa bukan cuma bisa mengatur bro, seluruh dewa2 yg ada diciptakan masing2 utk suatu tujuan/tugas tertentu aj.. mereka malah tidak memiliki apa yg dinamakan ol kita/manusia 'kehendak bebas' itu bro, dlm postingan sy sebelumnya roh utama/jiwatman yg dimiliki ol manusia tingkatannya yg paling tinggi diantara semua makhluk ciptaan..
bahkan manifestasi dr sosok Mahakuasa ada 3 sosok dewa yg tugasnya sendiri2 (Trimurti), tp sosok ketiga dewa ini tidak saling memerintah atau menguasai, dan ketiga dewa tsb tidak diperintah ol dewa2 penghuni kahyangan, justru ketiga dewa utama ini yg memerintah dewa2 di kahyangan tsb utk melaksanakan tugas sesuai fungsinya masing2..

Ooh iya, selain dewa2 yg memerintah kahyangan atau yg disebut jg "Aditya", dlm ajaran Hindu mengenal sosok/makhluk yg disebut "Asura" atau "Detya", dimana Asura ini memiliki sifat yg berlawanan dgn Aditya.. dan golongan Asura ini sebenarnya sama dgn Aditya yaitu sama2 golongan Dewa..
kenapa jika keduanya sama2 satu golongan ttp memiliki sifat yg berlawanan/bertentangan..??
karena dlm manifestasi sosok Yg Mahakuasa dlm ajaran Hindu pun memiliki sosok yg saling bertentangan yaitu antara Brahma sbg pencipta dan ada sosok Siwa sbg pemusnah, sedangkan sosok Wisnu sbg pemelihara mrpkn sosok 'penyeimbang' utk menjaga keselarasan diantara kedua sosok tsb..

bruce wrote:

Bagaimana konsep kelahiran sosok dewa ini, apakah harus dari ayah/ibu dewa juga atau bisa dari manusia biasa, bro? Kalau dari manusia biasa, bagaimana bisa menjadi dewa?

Membaca berbagai kisah di Mahabarata (juga kisah tentang dewa/dewi Eropa) membuat saya bertanya tanya. Apa sebenarnya beda seorang dewa dengan manusia ?

Syalom
ini nti akan sy jelaskan lebih lanjut lg ya bro Bruce, dlm kitab Purana yaitu kitab yg berisikan kisah2 kuno ato mitologi dlm ajaran Hindu sebenarnya dikisahkan kok ttg kisah penciptaan/kelahiran sosok2 dewa tsb.. yah memang sy nda terlalu dalam mengetahuinya, tp sy dulu sempet baca beberapa kitab2 tsb.. dan kitab purana ini terdiri dr beberapa kitab klo nda salah ada 17 atau 18 kitab diantaranya ada kitab Wisnupurana, Brahmapurana, Bhagawatapurana, dsb.. dan konon kitab2 tsb mulai ditulis sejak abad 500 BC, tp tolong jgn tanyakan siapa penulis awal kitab2 itu dan kronologis penulisannya ya bro krn jujur aj sy jg nda tau..
hehehe [Only mods are allowed to see this image]
nti sore lanjut lg bro bruce, sy temani istri mencari kebutuhan keluarga dulu ya.. tp klo ada pertanyaan atau ada yg ingin anda sampaikan thdp postingan sy diatas, dipersilahkan aj bro..

Syalom, [Only mods are allowed to see this image]
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Mahabarata dan Hindu   2nd March 2013, 12:12

Jadi ada berapa kelas dewa dalam agama Hindu, bro?
Apakah dewa bisa sakit/disakiti, mati, reinkarnasi juga?

Sad

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
cinzano
Moderator
Moderator


Jumlah posting : 2124
Join date : 26.10.12
Lokasi : Buaya City

PostSubyek: Re: Mahabarata dan Hindu   2nd March 2013, 13:58

Setelah saya baca2 postingan diatas, ternyata Ki Dalang NothingMann enggak kalah sama Pak Harto dalam penguasaan pewayangan.


Lanjutttt [Only mods are allowed to see this image]
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Mahabarata dan Hindu   2nd March 2013, 14:11

cinzano wrote:
Setelah saya baca2 postingan diatas, ternyata Ki Dalang NothingMann enggak kalah sama Pak Harto dalam penguasaan pewayangan.


Lanjutttt [Only mods are allowed to see this image]


Masih ada hubungan saudara, mungkin cucu jauh.

affraid

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
nothingman
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1503
Join date : 13.11.12

PostSubyek: Re: Mahabarata dan Hindu   2nd March 2013, 19:21

bruce wrote:
cinzano wrote:
Setelah saya baca2 postingan diatas, ternyata Ki Dalang NothingMann enggak kalah sama Pak Harto dalam penguasaan pewayangan.

Lanjutttt

Masih ada hubungan saudara, mungkin cucu jauh.
huahahahahahaha... bro Bruce dan bro Cinzan bisa aj sih... [Only mods are allowed to see this image][Only mods are allowed to see this image] [Only mods are allowed to see this image]
sy sih mau aj mengaku cucunya bro, tp yg diakui itu apa mau menganggap sy ini cucu ato keluarganya.. jd pengakuan itu hanya sepihak aj bro.. hehehehehe

ok, sy lanjut kpd diskusi bersama bro Bruce ya.. apakah bro Cinzan ada pertanyaan lain terkait dgn kisah2 yg ada di pewayangan ato yg ada dlm kisah Mahabarata..?
klo ada dipersilahkan aj ya bro, krn bahasan sy dgn bro Bruce terkait dgn ajaran Hindu..
Syalom, [Only mods are allowed to see this image]
Kembali Ke Atas Go down
nothingman
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1503
Join date : 13.11.12

PostSubyek: Re: Mahabarata dan Hindu   2nd March 2013, 21:36

bruce wrote:

Apakah dewa bisa sakit/disakiti, mati, reinkarnasi juga?
maksud pertanyaan bro Bruce pengertian 'sakit' itu apakah maksudnya mengalami penderitaan sama dgn kita manusia..? jika maksud pengertian sakit = menderita seperti manusia, maka jawabannya tentu tidak bro.. jd penderitaan yg dialami ol para dewa sangat berbeda dgn penderitaan kita sbg manusia, begitupula dgn makhluk2 ciptaan lainnya berbeda an. yg satu dgn yg lainnya..
krn para dewa itu jg tergolong makhluk ciptaan maka dia jg mengalami proses reinkarnasi sehingga dia jg mengalami proses kelahiran, pertumbuhan lalu jg akan mengalami kematian.. namun proses2 tsb jg berbeda dgn makhluk2 lain atau beda dgn yg dialami ol kita manusia ya bro.. mengenai proses kelahiran/penciptaan atau jenis2/golongan dr makhluk ciptaan nti akan sy jelaskan lebih lanjut..
dan jg sy sudah jelaskan sebelumnya bhw strata tertinggi dr Roh Utama/Jiwatman yg dimiliki ol setiap makhluk ciptaan itu adlh jiwatman sbg manusia.. jd para dewa dan makhluk2 lain yg ingin menyempurnakan jiwatmannya adlh ketika mereka bereinkarnasi/lahir kembali dlm wujud manusia, sehingga mereka dpt mencapai kesempurnaan (Nirwana) dan bersatu kembali dgn Sang Pencipta-nya.. makhluk2 tsb harus bereinkarnasi ke dlm wujud manusia dulu baru Jiwatman mereka bisa bersatu dgn Yg Maha Kuasa.. jd manusia itu adlh yg paling tinggi strata tingkatan Jiwatmannya bro, krn manusia itu diberikan apa yg dinamakan 'kehendak bebas'/free will sehingga bisa menyempurnakan roh utama/jiwatman agar bisa mencapai Nirwana..
bruce wrote:
Jadi ada berapa kelas dewa dalam agama Hindu, bro?
wah sepertinya sy telah membuat bro Bruce mjd tambah bingung ya..? krn dlm penjelasan sebelumnya sy katakan ada golongan dewa2 'jahat' yg disebut "Azura"/"Detya"..?

tolong maafkan sy ya bro, mungkin pd penjelasan sy sebelumnya itu sangat singkat sekali dan tidak menjelaskan ttg hal ini, sehingga anda jd kurang 'mudeng'.. jd para dewa baik seperti Dewa Indra, Rudra, Yama, Bayu, dsb yg disebut "Aditya" sedang musuh/lawan mereka adlh Dewa2 jahat yg disebut "Azura"/"Detya".. mereka ini adlh tergolong makhluk2 ciptaan dr 3 Dewa Utama (Trimurti) yg mrprkn manifestasi sosok Sang Pencipta/Tuhan dlm agama Hindu.. jenis2 makhluk ciptaan dlm ajaran Hindu sendiri ada 14 jenis/golongan selain golongan manusia sendiri..
mengenai awal/asal mula penciptaan makhluk2 tsb nti jg akan sy jelaskan lebih lanjut, krn selain butuh penjelasan yg agak panjang dan agar bisa menjelaskan hal itu lebih mudah/jelas lg, ada baiknya kita diskusikan dulu ttg konsep ke-Tuhanan dlm ajaran Hindu dan ttg proses/cara kerja sistem penciptaan alam semesta beserta isinya itu bro, krn menurut analisa sy anda masih kurang memahami ttg konsep2 tsb dlm ajaran Hindu.. tp tolong maafkan ya bro Bruce, sy nda bermaksud merendahkan dan menggurui anda disini.. ya kita hanya saling share pemahaman dan pengetahuan aja ya bro..

Dan sy jg ingin minta maaf sebelumnya klo diskusi kita ini mungkin akan berjalan agak lambat dan sedikit2 krn masalah keterbatasan waktu dan kemampuan yg sy miliki, dan krn masalah pekerjaan sy yg sedang memasuki tahap2 akhir menyebabkan sy tidak dpt memberikan penjelasan yg komplit dlm berdiskusi diforum ini.. pokoknya sy akan tetap berusaha memberikan penjelasan sebaik mungkin, dan bila ada kekurangannya tolong bro Bruce konfirmasikan aj lebih lanjut, tp bila ada kesalahan sy mohon maaf dan mohon koreksinya..
Syalom, [Only mods are allowed to see this image]
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Mahabarata dan Hindu   2nd March 2013, 23:01

Pengethuan saya tentang dewa Hindu, cuma sebatas dari kisah Mahabarata saja bro, jadi mohon maaf kalau merepotkan, he he he.

Sementara pengetahuan saya tentang dewa Eropa (Viking, Yunani, dan Romawi) juga terbatas dari buku cerita, film dan komik juga, he he he he.

Jadi kira kira, kalau anda jelaskan, anda bisa ambil patokan sebatas mana saya tahu, ya dari cerita cerita itu saja,

Laughing

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
nothingman
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1503
Join date : 13.11.12

PostSubyek: Re: Mahabarata dan Hindu   3rd March 2013, 21:24

bruce wrote:
Pengethuan saya tentang dewa Hindu, cuma sebatas dari kisah Mahabarata saja bro, jadi mohon maaf kalau merepotkan, he he he.
Sementara pengetahuan saya tentang dewa Eropa (Viking, Yunani, dan Romawi) juga terbatas dari buku cerita, film dan komik juga, he he he he.
Jadi kira kira, kalau anda jelaskan, anda bisa ambil patokan sebatas mana saya tahu, ya dari cerita cerita itu saja,
santai aj bro, kita nda perlu saling merepotkan disini.. krn tujuan kita ikut dlm sebuah forum spt di LTB ini kan agar bisa saling belajar utk menambah wawasan kita, jd kita sama2 mendapatkan manfaat/faedah yg baik dr forum ini..
ok, kita lanjutkan lg ya bro Bruce..

memang kisah dewa2 Hindu agak mirip dgn kisah dewa2 Eropa, atau kepercayaan polytheis lain spt yg ada di Mesir dan Timur Tengah sana bro.. dimana mereka berkembang biak dan beranak cucu layaknya makhluk hidup fana, selain itu mereka digambarkan seperti sosok manusia dan atau gabungan dr mahkluk2 lain yg ada didunia ini.. hanya saja dlm kepercayaan Hindu ada sosok Maha Kuasa yg memerintah/menguasai dewa2 tsb..
entah kepercayaan thdp sosok Maha Kuasa ini muncul setelah adanya konsep Tuhan yg tunggal (Monotheis) spt yg diyakini ajaran Yahudi/Kristen/Islam atau sebelumnya.. tp yg jelas kisah ttg dewa2 Hindu ini jauh lebih lengkap baik kisah atau dokumentasinya dibanding ajaran Politheisme yg lain itu bro.. tp sy jg nda tau mana yg lebih dulu muncul, apakah ajaran Hindu itu mengikuti ajaran2 Politheisme lain spt yg ada di eropa/timur tengah itu atau sebaliknya.. klo dilihat dr bukti2 arkeologisnya, sepertinya sih ajaran/kebudayaan Hindu tsb jauh lebih tua dr pd kebudayaan2 yg ada di eropa dan timur-tengah itu deh bro, tp bisa jg sih ajaran2/kebudayaan yg ada ditimur tengah itu yg lebih dulu dan akhirnya menyebar ke daratan India, sebabkan mereka ada dlm satu kontinen/benua.. dan jejak2 peradaban di timur tengah banyak yg sudah hilang/punah krn daerah tsb dr jaman dulu sampai sekarang selalu terlibat konflik peperangan..

Baiklah sebelum membahas ttg masalah dewa2 dan makhluk ciptaan lain, kita bahas dulu ttg konsep ke-Tuhanan dan proses/cara kerja sistem siklus penciptaannya ya bro, jd nti kita diskusinya lebih mudah dan lebih terfokus.. Ok, sy akan siapkan materi pemaparannya dulu..

[Only mods are allowed to see this image]
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content




PostSubyek: Re: Mahabarata dan Hindu   Today at 21:36

Kembali Ke Atas Go down
 
Mahabarata dan Hindu
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 6 dari 10Pilih halaman : Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10  Next

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Ladang Tuhan Baru :: Forum Terbuka :: Diskusi - Beragam Agama-
Navigasi: