Ladang Tuhan Baru
Selamat datang kepada sesama saudara Kristen dan saudara lain iman. Mari kita saling kenal dalam suasana bersahabat.

Ladang Tuhan Baru

Forum Komunitas Kristen
 
IndeksIndeks  PencarianPencarian  PendaftaranPendaftaran  LoginLogin  

Share | 
 

 Mahabarata dan Hindu

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
Pilih halaman : Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10
PengirimMessage
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Mahabarata dan Hindu   3rd September 2013, 13:45

Quote :
tp kan sebelumnya kita sedang bahas adlh tentang penilaian thd suatu kebenaran yg universal dan spt yg anda katakan yaitu berdasarkan penilaian banyak orang.. dan sebelumnya kan jg sy tanyakan orang banyak yg mana..? dimana tempatnya..? kapan kah waktunya, jaman dulu atau jaman sekarang..? atau ajaran/tradisi/kebiasaan apa yg dianut ol masy banyak itu yg bagaimana/spt apa..?

dan spt yg sudah sy sampaikan sebelumnya bhw penilaian masy thd sesuatu pun bisa berbeda2 tergantung waktunya, tempat, dan kebiasan/tradisi/ajaran apa yg dianut masy tsb, spt contoh yg sudah sy sampaikan diatas.. klo semua masy ditempat kita tinggal membenarkan pencurian, apakah kita jg akan membenarkan tindakan tsb atas dasar semua masy jg menilainya sbg suatu kebenaran..??
Sebenarnya, agama juga berinteraksi secara timbal balik dengan peradaban manusia, ini yang kadang tidak mau diakui oleh para fanatik. Karena adat, teknologi, interaksi dengan agama lain, turut membentuk suatu agama.

Jika kita lihat agama agama beberapa ratus tahun lalu, bisa dengan enteng saja memerintahkan hukuman mati kepada orang yang murtad, tetapi kalau sekarang masih ada pandangan seperti itu, tentulah bisa dikatakan sudah melanggar kaidah universal manusia.

Bila beberapa ratus tahun lalu, sekelompok masyarakat agama bisa memaksakan keyakinan kepada sebuah keluarga, maka jika sekarang masih ada pandangan sempit seperti itu tentu layak dikecam karena melanggar hak asasi manusia.

Masalahnya, apa yang disebut dengan hak asasi manusia? Saya melihatnya sebagai berikut. Jika ada kesamaan pandangan dari beberapa agama berbeda, maka kesamaan itu boleh disebut sebagai pandangan universal. Begitu juga jika ada aturan adat yang sejalan dengan beberapa agama besar berbeda bolehlah dikatakan bahwa aturan adat itu sesuai dengan aturan universal.

Kira kira seperti itu, 

Syalom

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
nothingman
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1503
Join date : 13.11.12

PostSubyek: Re: Mahabarata dan Hindu   3rd September 2013, 21:40

Thanx to bro Bruce yg sudah memberikan tanggapannya..

Quote :
Sebenarnya, agama juga berinteraksi secara timbal balik dengan peradaban manusia, ini yang kadang tidak mau diakui oleh para fanatik. Karena adat, teknologi, interaksi dengan agama lain, turut membentuk suatu agama.
tentu sy setuju dgn anda bro, sebab ajaran agama bukan aj mengatur hub. manusia dgn Tuhan, tp yg penting jg mengatur hub. antar manusia, karna memang spt itu lah hukum Kasih yg Yesus ajarkan kpd kita.. mencintai Tuhan dgn segenap hati, dan mencintai sesama manusia..

Quote :

Jika kita lihat agama agama beberapa ratus tahun lalu, bisa dengan enteng saja memerintahkan hukuman mati kepada orang yang murtad, tetapi kalau sekarang masih ada pandangan seperti itu, tentulah bisa dikatakan sudah melanggar kaidah universal manusia.
Nah, disinilah kita harus berhati2 dlm menilainya Oom Bruce.. sebab, apa yg diinginkan Tuhan kadang/sering bertentangan dgn apa yg diinginkan ol manusia.. contohnya apa yg dilakukan Yesus waktu dulu, dianggap melanggar kaidah universal (ajaran/tradisi Yahudi) shg Dia di adili dan dibunuh.. jaman sekarang aj kan akhirnya banyak manusia (walau tidak seluruhnya) mengakui kebenaran ajaran yg diberikan ol Yesus..

Quote :
Masalahnya, apa yang disebut dengan hak asasi manusia? Saya melihatnya sebagai berikut. Jika ada kesamaan pandangan dari beberapa agama berbeda, maka kesamaan itu boleh disebut sebagai pandangan universal. Begitu juga jika ada aturan adat yang sejalan dengan beberapa agama besar berbeda bolehlah dikatakan bahwa aturan adat itu sesuai dengan aturan universal.

Kira kira seperti itu,

Syalom
mohon maaf sebelumnya ya Oom Bruce, sy tidak bermaksud membantah/menyalahkan pendapat/pandangan anda, jd sy hanya mengutarakan pandangan sy pribadi..

sy melihatnya begini Oom, segala aturan universal dan hak asasi manusia itu asalnya dr manusia, baik dr perkembangan pengetahuan atau perkembangan kebudayaan/peradaban manusia.. karna hal tsb berasal dr perkembangan, maka aturan tsb bisa berubah2 seiring perkembangan jaman.. klo perkembangan moral, etika, dan peradaban manusia condong ke arah yg baik, maka segala aturan tsb jg mengarah kpd hal2 yg baik, tp sebaliknya jika perkembangan peradabannya kearah yg buruk, maka segala aturannya pun akan condong ke arah yg buruk..

sedangkan ajaran agama itu asalnya dr Tuhan (demikian yg kita yakini), krn asalnya dr Tuhan maka sifatnya itu kekal/abadi/tidak akan berubah sampai akhir jaman.. dan walaupun pd sifatnya ajaran agama (Katolik) universal, bukan berarti aturannya itu bisa berubah2 mengikuti perkembangan jaman atau mengikuti kemauan manusia kan.. memang ada banyak ajaran Katolik yg jg diakui kebenarannya scr universal, namun tidak selalu demikian..

Nah bagi sy pribadi, sy tidak menilai sesuatu kebenaran itu scr universalnya kebanyakan manusia Oom.. sebab yg namanya manusia itu mudah berubah, dan pendiriannya mudah goyah, udah jelas mencuri, menjarah dan membunuh itu tindakan salah, tp dpt tekanan dikit misal diancam mau dibunuh sambil dikalungi clurit di leher maka penilaian/pendiriannya ttg mencuri langsung berubah, dan dibilang bener.. 
 
Dan walaupun aturan/kaidah dlm ajaran agama itu ditujuan bagi seluruh manusia (universal), namun sifatnya itu inklusif dlm artian hanya mengatur anggota/komunitas yg mempercayai/meyakini aj, tidak mengatur komunitas yg lain, apa lg sampai memaksa.. makanya sy bilang sebelumnya bhw utk menilai sebuah kebenaran itu tergantung dr pilihan dan keyakinan ajaran tiap individu, dan sy bilang ajaran apa yg dipilih dan diyakininya itu memengang peranan yg sangat penting disana.. sebab klo salah pilih ajaran, maka bisa jadilah ia seorang 'martir' pengebom bunuh diri spt umat tetangga..

kemudian mengenai adanya perbedaan thd ajaran agama yg lain, maka itu yg sy namakan toleransi, jd klo ada ajaran yg kebetulan mengajarkan hal yg sama akan sy anggap baik dan benar, dan klo ada perbedaan atau pertentangan sy tidak menganggap ajaran yg lain itu salah jg tidak membenarkannya, tp cukup dgn memakluminya aj Oom.. dlm ajaran agama kita banyak kan diajarkan bagaimana caranya hidup berdampingan dan damai dgn umat lain..

Okay, itu sekedar pandangan pribadi sy tentang kebenaran universal, dan sy rasa pembahasan ttg hal ini cukup sampai disini supaya bisa kita lanjutkan mambahas topik yg lain atau yg sesuai dgn trit ini yaitu ttg kisah Mahabarata dan ajaran Hindu.. dan sy mohon maaf jika ada kesalahan ato kekurangannya..  
sy merasa senang sekali bs bertukar pandangan dgn anda disini.. thanx.. thumb up 


Syalom, peace
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Mahabarata dan Hindu   4th September 2013, 06:32

Quote :
Nah, disinilah kita harus berhati2 dlm menilainya Oom Bruce.. sebab, apa yg diinginkan Tuhan kadang/sering bertentangan dgn apa yg diinginkan ol manusia.. contohnya apa yg dilakukan Yesus waktu dulu, dianggap melanggar kaidah universal (ajaran/tradisi Yahudi) shg Dia di adili dan dibunuh.. jaman sekarang aj kan akhirnya banyak manusia (walau tidak seluruhnya) mengakui kebenaran ajaran yg diberikan ol Yesus..

Berhati hati tentu wajib, bro. Tetapi, dari sudut pandang Yahudi, ajaran Jesus tentu dianggap menyimpang. Begitu juga ajaran Muhamad dianggap menyimpang oleh Kristen. Jika anda berkata bahwa sekarang ada banyak manusia yang mengakui kebenaran ajaran (Kristen ataupun Islam), tetap tidak menjadikan nya benar dari sudut pandang Yahudi.


Quote :
sy melihatnya begini Oom, segala aturan universal dan hak asasi manusia itu asalnya dr manusia, baik dr perkembangan pengetahuan atau perkembangan kebudayaan/peradaban manusia.. karna hal tsb berasal dr perkembangan, maka aturan tsb bisa berubah2 seiring perkembangan jaman.. klo perkembangan moral, etika, dan peradaban manusia condong ke arah yg baik, maka segala aturan tsb jg mengarah kpd hal2 yg baik, tp sebaliknya jika perkembangan peradabannya kearah yg buruk, maka segala aturannya pun akan condong ke arah yg buruk..
Nah, sepertinya harus anda bedakan, mana aturan agama, mana aturan manusia. Karena ajaran agama yang tertulis di kitab suci sekalipun banyak yang mengajarkan membunuh 'atas perintah Tuhan' layak dilaksanakan. Bukankah begitu, bro?

Quote :

sedangkan ajaran agama itu asalnya dr Tuhan (demikian yg kita yakini), krn asalnya dr Tuhan maka sifatnya itu kekal/abadi/tidak akan berubah sampai akhir jaman.. dan walaupun pd sifatnya ajaran agama (Katolik) universal, bukan berarti aturannya itu bisa berubah2 mengikuti perkembangan jaman atau mengikuti kemauan manusia kan.. memang ada banyak ajaran Katolik yg jg diakui kebenarannya scr universal, namun tidak selalu demikian..
Ajaran dari Tuhan, menurut penganutnya, tetapi tidak bagi yang bukan penganutnya, bro.
Tuhan itu kekal, aturanNya adalah kekal, tetapi cara manusia menangkap aturanNya bisa berbeda pada setiap jaman. Itu yang saya lihat.

Quote :
kemudian mengenai adanya perbedaan thd ajaran agama yg lain, maka itu yg sy namakan toleransi, jd klo ada ajaran yg kebetulan mengajarkan hal yg sama akan sy anggap baik dan benar, dan klo ada perbedaan atau pertentangan sy tidak menganggap ajaran yg lain itu salah jg tidak membenarkannya, tp cukup dgn memakluminya aj Oom.. dlm ajaran agama kita banyak kan diajarkan bagaimana caranya hidup berdampingan dan damai dgn umat lain..
Bukan toleransi, bro. Tetapi ajaran tidak mencuri, tidak merampok, tidak membunuh, menolong orang miskin, dst adalah ajaran yang sama sama mengajarkan kebaikan yang bisa diterima oleh agama agama yang berbeda.

Kira kira seperti itu, bro.

Syalom

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
nothingman
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1503
Join date : 13.11.12

PostSubyek: Re: Mahabarata dan Hindu   4th September 2013, 10:26

Quote :
Berhati hati tentu wajib, bro. Tetapi, dari sudut pandang Yahudi, ajaran Jesus tentu dianggap menyimpang. Begitu juga ajaran Muhamad dianggap menyimpang oleh Kristen. Jika anda berkata bahwa sekarang ada banyak manusia yang mengakui kebenaran ajaran (Kristen ataupun Islam), tetap tidak menjadikan nya benar dari sudut pandang Yahudi.
betul Oom, makanya sebelumnya sy bilang penilaian thd kebenaran akhirnya kembali pd sudut pandang masing2 individu..

Quote :
Nah, sepertinya harus anda bedakan, mana aturan agama, mana aturan manusia. Karena ajaran agama yang tertulis di kitab suci sekalipun banyak yang mengajarkan membunuh 'atas perintah Tuhan' layak dilaksanakan. Bukankah begitu, bro?
ini jg betul sekali Oom Bruce.. karena akhirnya dr sudut pandang mana kita menilai suatu perbuatan, maka bisa terdapat perbedaan penilaiannya.. tinggal mana yg lebih universal, apakah aturan agama atau kah aturan manusia/pemerintahnya.. kita tetap harus memilih mau pake yg mana kan Oom..?

Quote :
Ajaran dari Tuhan, menurut penganutnya, tetapi tidak bagi yang bukan penganutnya, bro.
Tuhan itu kekal, aturanNya adalah kekal, tetapi cara manusia menangkap aturanNya bisa berbeda pada setiap jaman. Itu yang saya lihat.
Dan sy jg setuju dgn anda, sebab sy katakan sebelumnya bhw ajaran agama walaupun universal, tetapi hanya mengikat komunitas/pemeluknya aj.. makanya menurut sy sangat tidak tepat jika sebuah aturan/hukum agama diterapkan dlm hukum pemerintahan yg terdiri dr kumpulan komunitas yg majemuk.. 
 
Quote :
Bukan toleransi, bro. Tetapi ajaran tidak mencuri, tidak merampok, tidak membunuh, menolong orang miskin, dst adalah ajaran yang sama sama mengajarkan kebaikan yang bisa diterima oleh agama agama yang berbeda.

Kira kira seperti itu, bro.

Syalom
kebetulan perbuatan2 tsb sama dan bisa diterima ol agama2 yg berbeda2 Oom.. tp bagaimana dgn perbuatan2 lain dgn poligami misalnya.. tidak semua agama membolehkan dan membenarkannya kan..?
maksud toleransi dlm penjelasan sy sebelumnya adlh, kita bisa menerima/memaklumi tindakan (poligami) yg dilakukan tetangga kita (pihak yg mayoritas), tp bukan berarti tindakan tsb kita benarkan, karna hal tdb jelas bertentangan dng penilaian berdasar keyakinan kita.. itu maksud sy yg sebelumnya Oom..

Ok, Oom bruce thanx atas penjelasan anda, sy kira sy bisa memahami maksud dr pandangan/penjelasan anda dan sptnya diantara kita pun tidak ada perbedaan pandangan kok, betul kan Oom..?

Syalom
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Mahabarata dan Hindu   4th September 2013, 14:52

Quote :
kebetulan perbuatan2 tsb sama dan bisa diterima ol agama2 yg berbeda2 Oom.. tp bagaimana dgn perbuatan2 lain dgn poligami misalnya.. tidak semua agama membolehkan dan membenarkannya kan..?
maksud toleransi dlm penjelasan sy sebelumnya adlh, kita bisa menerima/memaklumi tindakan (poligami) yg dilakukan tetangga kita (pihak yg mayoritas), tp bukan berarti tindakan tsb kita benarkan, karna hal tdb jelas bertentangan dng penilaian berdasar keyakinan kita.. itu maksud sy yg sebelumnya Oom..

Nah, disini saya lebih melihatnya sebagai berikut; jika tindakan suatu penganut agama tertentu, melaksanakan aturan yang tidak mengganggu umat agama lain, maka itu tentu terserah saja, dan kita bisa katakan bisa ditoleransi. Misalnya poligami.


Tetapi kalau aturan yang dijalankan penganut agama itu, menyalahi aturan yang 'disepakati bersama' oleh penganut agama agama yang lain, maka itu sudah dianggap menyalahi aturan universal, dan kemungkinan di'keroyok' oleh penganut agama lain. Misalnya hubungan homoseksual.


Yang repot tentu saja jika ada aturan dari agama yang satu ternyata bertentangan dengan agama yang lain. Maka sepertinya tergantung pada siapa yang lebih berkuasa dan dapat memaksakan kehendaknya kepada penganut agama yang lain. Misalnya daging babi.


Laughing 

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
nothingman
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1503
Join date : 13.11.12

PostSubyek: Re: Mahabarata dan Hindu   4th September 2013, 20:16

Siip sy mengerti maksudnya Oom Bruce... thumb up 

eh Oom, sy sudah cari2 diforum ini kayaknya yg membahas ttg ajaran Yahudi dan Hukum Taurat, sptnya blum pernah ada ya..?

klo sy mau bikin, lebih baik ditaruh diforum diskusi yg mana nih Oom, di forum beragam agama apa diforum bebas aj ya..?
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Mahabarata dan Hindu   4th September 2013, 20:23

Kalau menurut saya, ada dua board yang tepat, pertama di board diskusi Kristen kalau ada hubungannya dengan Kekristenan. Kalau tidak ada, ya diletakan di board ini, bro.

Syalom

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
nothingman
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1503
Join date : 13.11.12

PostSubyek: Re: Mahabarata dan Hindu   4th September 2013, 20:48

Ya kemungkinannya sih pembahasannya nti bisa ada hubungan dgn ajaran Kristen Oom, sebab sumber2 ttg ajaran Yahudi/Hukum Tauratnya itu sy ambilnya dr Alkitab..  tp nti sy susun dan kumpulkan materinya dulu deh..

Ok, thanx atas saran anda..
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Mahabarata dan Hindu   4th September 2013, 20:51

Sama sama, bro, ditunggu postingnya.

thumb up

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content




PostSubyek: Re: Mahabarata dan Hindu   Today at 06:55

Kembali Ke Atas Go down
 
Mahabarata dan Hindu
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 10 dari 10Pilih halaman : Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Ladang Tuhan Baru :: Forum Terbuka :: Diskusi - Beragam Agama-
Navigasi: