Ladang Tuhan Baru
Selamat datang kepada sesama saudara Kristen dan saudara lain iman. Mari kita saling kenal dalam suasana bersahabat.

Ladang Tuhan Baru

Forum Komunitas Kristen
 
IndeksIndeks  PencarianPencarian  PendaftaranPendaftaran  LoginLogin  

Share | 
 

 Felix Culpa

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
Pilih halaman : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7  Next
PengirimMessage
St Yopi
Calon Perwira
Calon Perwira


Jumlah posting : 428
Join date : 24.10.12

PostSubyek: Felix Culpa   4th April 2013, 14:41

Saya setuju dengan Felix Culpa, Dosa menguntungkan/membahagiakan,

Bagaimana dengan anda?
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Felix Culpa   4th April 2013, 17:23

Dalam kemahatahuan-Nya, Tuhan tahu bahwa Yesus akan dihukum, namun dalam kebijaksanaan-Nya, Tuhan memakai situasi ini untuk mendatangkan sesuatu yang baik. Sama seperti dosa Adam menjadi suatu kesempatan bagi Tuhan untuk mendatangkan Sang Penebus. Inilah sebabnya para Bapa Gereja menyanyikan “Felix Culpa” atau “O Happy fault” atau dosa yang membahagiakan, karena mendatangkan Sang Penebus.

Neutral

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: Felix Culpa   4th April 2013, 17:33

Nah, dinyanyikan, bukan?

Dengan kata lain, bila dinyatakan sebagai suatu pernyataan, menurut pemahaman saya, tidak cukup. Bila dikatakan sebagai suatu pernyataan lisan, atau tertulis, maka "Felix Culpa" itu, atau "O Happy Fault" itu, harus diberi penjelasan.

Diskusi tentang ini yang saya maksudkan, sejak Malam Paskah yang lalu, kami bercengkerama dengan Ond32_lumut, dan Admin, serta Rusdi Nech, member di FIK.

[You must be registered and logged in to see this image.] [You must be registered and logged in to see this image.] [You must be registered and logged in to see this image.]Damai, damai, damai.

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
St Yopi
Calon Perwira
Calon Perwira


Jumlah posting : 428
Join date : 24.10.12

PostSubyek: Re: Felix Culpa   4th April 2013, 18:39

Husada wrote:
Nah, dinyanyikan, bukan?

Dengan kata lain, bila dinyatakan sebagai suatu pernyataan, menurut pemahaman saya, tidak cukup. Bila dikatakan sebagai suatu pernyataan lisan, atau tertulis, maka "Felix Culpa" itu, atau "O Happy Fault" itu, harus diberi penjelasan.

Diskusi tentang ini yang saya maksudkan, sejak Malam Paskah yang lalu, kami bercengkerama dengan Ond32_lumut, dan Admin, serta Rusdi Nech, member di FIK.

[You must be registered and logged in to see this image.] [You must be registered and logged in to see this image.] [You must be registered and logged in to see this image.]Damai, damai, damai.
Catholic Encyclopedia

[You must be registered and logged in to see this link.]

"Happy Fault." (Felix Culpa)

Felix is Latin for "happy" (so the Roman governor to whom Paul spoke in Acts 24 was known as "Governor Happy"), and culpa is Latin for "fault" (so the apology "mea culpa" means "my fault"). The phrase felix culpa literally means "happy fault."

This term is used in theology to refer to the sin of Adam. By eating the forbidden fruit, Adam committed a grave sin (fault), but this fault had a happy side-effect since it set the stage for the redemption of man, the most important event in history. Because of this unexpected consequence of the Fall, people sometimes speak of Adam's sin as a felix culpa.

Tradisi Suci:

The Original Sin
St Agustinus
St Thomas Aquinas
St Bonaventura
St Ambrosius

Cur Deus Homo?
Anselmus dari Canterbury (1033-1109)

Magisterium:

Surat Ensiklik Paus JPII mengenai Penebus Manusia

JOHN PAUL II
SUPREME PONTIFF
ENCYCLICAL LETTER
REDEMPTOR HOMINIS

.... and in considering the errors of the human intellect, will and heart, to repeat with amazement the words of the Sacred Liturgy: "O happy fault... which gained us so great a Redeemer!"

[You must be registered and logged in to see this link.]

Alkitab:

Sebelum kejatuhan:

9 Lalu TUHAN Allah menumbuhkan berbagai-bagai pohon dari bumi, yang menarik dan yang baik untuk dimakan buahnya; dan pohon kehidupan di tengah-tengah taman itu, serta pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat.
16 Lalu TUHAN Allah memberi perintah ini kepada manusia: "Semua pohon dalam taman ini boleh kaumakan buahnya dengan bebas,
17 tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu, janganlah kaumakan buahnya, sebab pada hari engkau memakannya, pastilah engkau mati."
25 Mereka keduanya telanjang, manusia dan isterinya itu, tetapi mereka tidak merasa malu.

Jadi, sebelum kejatuhan mereka tidak tahu baik dan buruk, apalagi dosa!

6 Perempuan itu melihat, bahwa buah pohon itu baik untuk dimakan dan sedap kelihatannya, lagipula pohon itu menarik hati karena memberi pengertian. Lalu ia mengambil dari buahnya dan dimakannya dan diberikannya juga kepada suaminya yang bersama-sama dengan dia, dan suaminyapun memakannya.
7 Maka terbukalah mata mereka berdua dan mereka tahu, bahwa mereka telanjang; lalu mereka menyemat daun pohon ara dan membuat cawat.

Sebelum makan buah pengetahuan, mereka berdua tidak tahu mana yang baik dan mana yang jahat, tidak tahu apa itu dosa, apabila seseorang tidak tahu, maka tidak berdosa!

Dan mereka tahu dosa, setelah makan buah pengetahuan.

Adam dan Hawa tidak tahu bahwa makan buah tersebut adalah dosa, mereka juga tidak tahu kalau melanggar perintah Allah adalah dosa, karena mereka tidak mempunyai pengetahuan antara yang baik dan jahat, lalu mengapa Allah "membiarkan" iblis menggoda Adam dan Hawa yang tidak tahu apa-apa?

22 Jadi, kalau untuk menunjukkan murka-Nya dan menyatakan kuasa-Nya, Allah menaruh kesabaran yang besar terhadap benda-benda kemurkaan-Nya, yang telah disiapkan untuk kebinasaan--
17 Sebab Kitab Suci berkata kepada Firaun: "Itulah sebabnya Aku membangkitkan engkau, yaitu supaya Aku memperlihatkan kuasa-Ku di dalam engkau, dan supaya nama-Ku dimasyhurkan di seluruh bumi."

Tuhan "sengaja" menegarkan dan mengeraskan hati Firaun supaya Nama-Nya dimasyhurkan!

22 Berfirmanlah TUHAN Allah: "Sesungguhnya manusia itu telah menjadi seperti salah satu dari Kita, tahu tentang yang baik dan yang jahat; maka sekarang jangan sampai ia mengulurkan tangannya dan mengambil pula dari buah pohon kehidupan itu dan memakannya, sehingga ia hidup untuk selama-lamanya."

Adam dan Hawa tidak hidup selamanya, karena belum makan buah kehidupan

11 Maka aku bertanya: Adakah mereka tersandung dan harus jatuh? Sekali-kali tidak! Tetapi oleh pelanggaran mereka, keselamatan telah sampai kepada bangsa-bangsa lain, supaya membuat mereka cemburu.
12 Sebab jika pelanggaran mereka berarti kekayaan bagi dunia, dan kekurangan mereka kekayaan bagi bangsa-bangsa lain, terlebih-lebih lagi kesempurnaan mereka
32 Sebab Allah telah mengurung semua orang dalam ketidaktaatan, supaya Ia dapat menunjukkan kemurahan-Nya atas mereka semua.
20 Tetapi hukum Taurat ditambahkan, supaya pelanggaran menjadi semakin banyak; dan di mana dosa bertambah banyak, di sana kasih karunia menjadi berlimpah-limpah,
33 O, alangkah dalamnya kekayaan, hikmat dan pengetahuan Allah! Sungguh tak terselidiki keputusan-keputusan-Nya dan sungguh tak terselami jalan-jalan-Nya!
34 Sebab, siapakah yang mengetahui pikiran Tuhan? Atau siapakah yang pernah menjadi penasihat-Nya?
35 Atau siapakah yang pernah memberikan sesuatu kepada-Nya, sehingga Ia harus menggantikannya?
36 Sebab segala sesuatu adalah dari Dia, dan oleh Dia, dan kepada Dia: Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya!
13 Jika demikian, adakah yang baik itu menjadi kematian bagiku? Sekali-kali tidak! Tetapi supaya nyata, bahwa ia adalah dosa, maka dosa mempergunakan yang baik untuk mendatangkan kematian bagiku, supaya oleh perintah itu dosa lebih nyata lagi keadaannya sebagai dosa.

Allah mengurung manusia dalam ketidaktaatan (dosa) supaya dapat menunjukkan kemurahan-Nya (penebusan)

23, Sebab upah dosa ialah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.
21 Karena bagiku hidup adalah Kristus dan mati adalah keuntungan.

Dosa adalah maut, maut dalah keuntungan, maka dosa adalah keuntungan

13 Tidak ada kasih yang lebih besar dari pada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya.

Untuk mendapatkan kemurahan-Nya, yaitu Kasih terbesar, maka kedua syarat harus dipenuhi:

1. Memberikan nyawa (upah dosa adalah maut)
2. Untuk sahabat-sahabat-Nya (Inkarnasi)

Jika dirangkai semuanya sejak Kejadian, maka akan menjadi Felix Culpa, dosa yang menguntungkan!
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: Felix Culpa   5th April 2013, 11:37

Makasih Min.

Uraian panjang lebar ini juga merupakan bukti bahwa "Felix Culpa" atau "Happy Fault" itu memang akan janggal kalau dinyatakan bersendirian, baik secara lisan ato tulisan.

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
St Yopi
Calon Perwira
Calon Perwira


Jumlah posting : 428
Join date : 24.10.12

PostSubyek: Re: Felix Culpa   5th April 2013, 13:27

Husada wrote:
Makasih Min.

Uraian panjang lebar ini juga merupakan bukti bahwa "Felix Culpa" atau "Happy Fault" itu memang akan janggal kalau dinyatakan bersendirian, baik secara lisan ato tulisan.
Sama-sama momod
Kembali Ke Atas Go down
cinzano
Moderator
Moderator


Jumlah posting : 2124
Join date : 26.10.12
Lokasi : Buaya City

PostSubyek: Re: Felix Culpa   5th April 2013, 15:06

Quote :


Allah mengurung manusia dalam ketidaktaatan (dosa) supaya dapat menunjukkan kemurahan-Nya (penebusan)

23, Sebab upah dosa ialah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.
21 Karena bagiku hidup adalah Kristus dan mati adalah keuntungan.

Dosa adalah maut, maut dalah keuntungan, maka dosa adalah keuntungan

13 Tidak ada kasih yang lebih besar dari pada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya.

Untuk mendapatkan kemurahan-Nya, yaitu Kasih terbesar, maka kedua syarat harus dipenuhi:

1. Memberikan nyawa (upah dosa adalah maut)
2. Untuk sahabat-sahabat-Nya (Inkarnasi)

Jika dirangkai semuanya sejak Kejadian, maka akan menjadi Felix Culpa, dosa yang menguntungkan!

Bilamana dianalogikan dalam kehidupan sehari2 .... janggal lho .

Apakah kesimpulannya, manusia baru dapat memahami begitu besar kasih karunia Allah melalui kejatuhan dosa terlebih dahulu.

Atau dengan kata lain, rasakan pahit dahulu baru dapat menikmati rasa manis.


[You must be registered and logged in to see this image.]
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Felix Culpa   5th April 2013, 15:12

Mungkin, lebih seperti ini, om :

Manusia sungguh bersyukur dengan kasih karunia Tuhan kepada manusia, bersyukur terhadap penebusan Kristus, karenanya bersyukur bahwa Tuhan memberi kesempatan kepada manusia untuk jatuh dalam dosa.

Rasa manis akan terasa lebih manis karena ada rasa pahit.

Mungkin begitu om mod.

sunny

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
cinzano
Moderator
Moderator


Jumlah posting : 2124
Join date : 26.10.12
Lokasi : Buaya City

PostSubyek: Re: Felix Culpa   5th April 2013, 15:14

bruce wrote:
Mungkin, lebih seperti ini, om :

Manusia sungguh bersyukur dengan kasih karunia Tuhan kepada manusia, bersyukur terhadap penebusan Kristus, karenanya bersyukur bahwa Tuhan memberi kesempatan kepada manusia untuk jatuh dalam dosa.

Rasa manis akan terasa lebih manis karena ada rasa pahit.

Mungkin begitu om mod.

[You must be registered and logged in to see this image.]

Nanti malam coba saya baca2 dulu dikeheningan malam...........


[You must be registered and logged in to see this image.]
Kembali Ke Atas Go down
St Yopi
Calon Perwira
Calon Perwira


Jumlah posting : 428
Join date : 24.10.12

PostSubyek: Re: Felix Culpa   5th April 2013, 15:19

bruce wrote:
Mungkin, lebih seperti ini, om :

Manusia sungguh bersyukur dengan kasih karunia Tuhan kepada manusia, bersyukur terhadap penebusan Kristus, karenanya bersyukur bahwa Tuhan memberi kesempatan kepada manusia untuk jatuh dalam dosa.

Rasa manis akan terasa lebih manis karena ada rasa pahit.

Mungkin begitu om mod.

[You must be registered and logged in to see this image.]
Tepat sekali, seperti emas diuji dengan api, walaupun terbakar, tidak akan rugi :)
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Felix Culpa   5th April 2013, 15:24

Quote :
Nanti malam coba saya baca2 dulu dikeheningan malam...........

Waduuuh, sampai segitu seriusnya, om?


Quote :
Tepat sekali, seperti emas diuji dengan api, walaupun terbakar, tidak akan rugi :)

Thankyou om min.


Neutral

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
cinzano
Moderator
Moderator


Jumlah posting : 2124
Join date : 26.10.12
Lokasi : Buaya City

PostSubyek: Re: Felix Culpa   5th April 2013, 15:24

St Yopi wrote:
bruce wrote:
Mungkin, lebih seperti ini, om :

Manusia sungguh bersyukur dengan kasih karunia Tuhan kepada manusia, bersyukur terhadap penebusan Kristus, karenanya bersyukur bahwa Tuhan memberi kesempatan kepada manusia untuk jatuh dalam dosa.

Rasa manis akan terasa lebih manis karena ada rasa pahit.

Mungkin begitu om mod.

[You must be registered and logged in to see this image.]
Tepat sekali, seperti emas diuji dengan api, walaupun terbakar, tidak akan rugi :)


Selamat sore Prof ....


Analogi yang lain : Manisnya cinta kasih suami istri akan lebih terasa bila pernikahan dibumbui pertengkaran..
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Felix Culpa   5th April 2013, 15:26

Quote :
Analogi yang lain : Manisnya cinta kasih suami istri akan lebih terasa bila pernikahan dibumbui pertengkaran..


Harus tanya bro Nothingman dan sis Joan, om, he he he he.


_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
cinzano
Moderator
Moderator


Jumlah posting : 2124
Join date : 26.10.12
Lokasi : Buaya City

PostSubyek: Re: Felix Culpa   5th April 2013, 15:31

bruce wrote:
Quote :
Nanti malam coba saya baca2 dulu dikeheningan malam...........

Waduuuh, sampai segitu seriusnya, om?


Quote :
Tepat sekali, seperti emas diuji dengan api, walaupun terbakar, tidak akan rugi :)

Thankyou om min.


[You must be registered and logged in to see this image.]



Karena saya enggak sependapat sih ....
Lebih tepatnya menyiapkan aneka macam serangan balik.... (kalo bisa)


[You must be registered and logged in to see this image.]
Kembali Ke Atas Go down
cinzano
Moderator
Moderator


Jumlah posting : 2124
Join date : 26.10.12
Lokasi : Buaya City

PostSubyek: Re: Felix Culpa   5th April 2013, 15:31

bruce wrote:
Quote :
Analogi yang lain : Manisnya cinta kasih suami istri akan lebih terasa bila pernikahan dibumbui pertengkaran..


Harus tanya bro Nothingman dan sis Joan, om, he he he he.




Waduhhhhh .......





[You must be registered and logged in to see this image.]
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Felix Culpa   5th April 2013, 15:39

Koq waduuuh, om?

Betul koq, bro NM dan sis JN memang saling cinta dalam cakar, he he he he, mirip kucing begitulah, kalau pas di atas genting ribut tapi saling sayang. He he he he

roll

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: Felix Culpa   5th April 2013, 15:43

bruce wrote:
Koq waduuuh, om?

Betul koq, bro NM dan sis JN memang saling cinta dalam cakar, he he he he, mirip kucing begitulah, kalau pas di atas genting ribut tapi saling sayang. He he he he

[You must be registered and logged in to see this image.]
Heip... kayaknya Glomod pingin dibilangin horor lagi oleh si kucing, neee...

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Felix Culpa   5th April 2013, 15:51

Husada wrote:
bruce wrote:
Koq waduuuh, om?

Betul koq, bro NM dan sis JN memang saling cinta dalam cakar, he he he he, mirip kucing begitulah, kalau pas di atas genting ribut tapi saling sayang. He he he he

[You must be registered and logged in to see this image.]
Heip... kayaknya Glomod pingin dibilangin horor lagi oleh si kucing, neee...


Waaaaa, dia balas dendam, he he he he


_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: Felix Culpa   5th April 2013, 16:16

bruce wrote:
Waaaaa, dia balas dendam, he he he he
Dendam?
Apaan? Jangan pakai dendam, ah. Ampunilah maka engkau diampuni.
cinzano wrote:
Karena saya enggak sependapat sih ....
Lebih tepatnya menyiapkan aneka macam serangan balik.... (kalo bisa)
[You must be registered and logged in to see this image.]
Serangan balik? Weh... mbok ya jangan serang-serangan.

Kelihatannya makin banyak yang terjangkiti "Felix Culpa" nih.

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
nothingman
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1503
Join date : 13.11.12

PostSubyek: Re: Felix Culpa   7th April 2013, 18:31

bruce wrote:
Koq waduuuh, om?

Betul koq, bro NM dan sis JN memang saling cinta dalam cakar, he he he he, mirip kucing begitulah, kalau pas di atas genting ribut tapi saling sayang. He he he he

[You must be registered and logged in to see this image.]
waduuuuh, diskusinya kok jd nyamber ke sy sih...?? [You must be registered and logged in to see this image.]

klo pun sy dan istri sering bertengkar dan hampir cakar-cakaran (biasanya sih baru sampe cubit-cubitan doank), sptnya itu bukan kesalahan/dosa deh Oom.. tp emang begitulah kenyataan dan selayaknya harus terjadi.. krn pd awalnya yg menyebabkan kami pacaran dulu jg krn bertengkar, selama pacaran lebih dr 4 thn dipenuhi dgn pertengkaran, dan ketika ingin memutuskan menikah pun jg krn bertengkar sebelumnya...
jd udah dr awal mula kejadiannya emg spt itu bro... kita sbg manusia kan tinggal menjalaninya aj dgn penuh rasa syukur dan berterima kasih kpd Tuhan, tidak perlu dibikin susah dan mengeluh (klo ada sedikit keluhan ya wajar aj, namanya jg manusia biasa)..
hehehehehehehe[You must be registered and logged in to see this image.]
Kembali Ke Atas Go down
nothingman
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1503
Join date : 13.11.12

PostSubyek: Re: Felix Culpa   7th April 2013, 18:46

bruce wrote:
Mungkin, lebih seperti ini, om :

Manusia sungguh bersyukur dengan kasih karunia Tuhan kepada manusia, bersyukur terhadap penebusan Kristus, karenanya bersyukur bahwa Tuhan memberi kesempatan kepada manusia untuk jatuh dalam dosa.

Rasa manis akan terasa lebih manis karena ada rasa pahit.

sy sangat setuju dgn pendapat bro Bruce... [You must be registered and logged in to see this image.]
tidak ada kesuksesan yg diraih tanpa mengalami kegagalan/kesulitan lebih dulu...

walau bagaimanapun, kita sbg manusia tidak akan luput dr berbuat dosa/kesalahan, makanya kita membutuhkan penebusan Kristus dan Ekaristi selain pertobatan kita sendiri.. krn segala usaha yg dilakukan manusia tidak akan bisa membebaskannya dr dosa/kesalahan yg diperbuatnya.. dibandingkan seluruh dosa dan kesalahan yg diperbuat kita, berapa banyak sih kebaikan yg bisa kita perbuat utk menebus dosa2/kesalahan kita itu..?
klo ditimbang/diukur jml dosa/kesalahan yg kita perbuat pasti jauuh lebih banyaaak...

kesalahan2/dosa yg sudah kita perbuat, haruslah bisa dijadikan pelajaran/hikmah bagi kita agar bisa memperbaiki kualitas kehidupan kita, sekaligus mengingatkan kita agar dpt berusaha/berbuat lebih baik lagi.. klo tidak spt itu ya sudah, maka hidup kita akan hancur selamanya baik didunia ini atau dikehidupan yg akan datang nti..

Syalom, [You must be registered and logged in to see this image.]
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Felix Culpa   7th April 2013, 19:58

Ehhhhm walau mungkin nyerempet OOT, tetapi apakah bisa kemudian kita simpulkan, bahwa kejatuhan Adam ada dalam 'rencana' Allah ?

Nah lho, koq jadi menjurus ke predestinasi ya?

Neutral

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: Felix Culpa   8th April 2013, 09:01

Iya, ya? Mengarah ke predestinasi.

Yang saya alami, kemarin, Hari Minggu Paskah II, di paroki kami, diadakan Pesta Kebun, Pesta Agape 2013. Tiap-tiap komunitas buka lapak. Berbagai macam hidangan sehari-hari di keluarga-keluarga ditata rapi. Sepanjang persediaan masih ada, warga komunitas lain bisa minta dan menikmati hidangan itu. Jadi, warga berseliweran kesana-kemari mencoba menjajal hidangan yang digemari, saling bertukar makanan dan minuman.

KOMKA (Kelompok Orang Muda Datolik) mengisi acara hiburan. Ada yang menari, tetapi kebanyakan yang menyanyi bergantian. Para suster menyajikan acara tari yang beraroma Papua (tetapi tidak sekalian dengan busana tradisionalnya, lho). Beberapa komunitas juga mengisi acara.

Di sela acara, saya menghampiri pastor yang pernah saya tanyakan melalui sms untuk memperoleh penjelasan lanjutan mengenai "Felix Culpa" ini. Dari penjelasan pastor yang dapat saya simpulkan, "Felix Culpa" adalah nyanyian malam Paskah, untuk mengungkapkan bahwa kasih Allah lebih besar daripada dosa manusia. Bahkan Yudas Iskariotpun dikasihi Allah, tetapi sikap pengkhianatan Yudas Iskariot dibenci Allah.

Menurut saya sendiri, sama seperti di diskusi sebelumnya, bila dikatakan "Felix Culpa", atau Dosa Menguntungkan, harus disertai dengan penjelasan lanjutan agar tidak menjadi disalahmengertikan. Sebab, Jesus Kristus berkata, "Pergilah dalam damai, dan jangan berbuat dosa lagi." Dari perkataan Jesus Kristus itu, kiranya dapat diartikan bahwa dosa tidak menguntungkan, sehingga manusia pendosa dihimbau untuk tidak berbuat dosa lagi. Sementara, jika dikatakan hanya "Felix Culpa" atau Dosa Menguntungkan, maka akan cenderung diartikan bahwa dosa adalah perbuatan yang menguntungkan sehingga perlu dilakukan. Jadi, "Felix Culpa" atau Dosa Menguntungkan harus disertai penjelasan lanjutan.
[You must be registered and logged in to see this image.]

Damai, damai, damai. [You must be registered and logged in to see this image.] [You must be registered and logged in to see this image.] [You must be registered and logged in to see this image.]

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
St Yopi
Calon Perwira
Calon Perwira


Jumlah posting : 428
Join date : 24.10.12

PostSubyek: Re: Felix Culpa   8th April 2013, 09:51

bruce wrote:
Ehhhhm walau mungkin nyerempet OOT, tetapi apakah bisa kemudian kita simpulkan, bahwa kejatuhan Adam ada dalam 'rencana' Allah ?

Nah lho, koq jadi menjurus ke predestinasi ya?

[You must be registered and logged in to see this image.]
Saya juga menduga demikian, sebab:

KGK 389. Ajaran mengenai dosa asal boleh dikatakan "sisi gelap" dari warta gembira bahwa Yesus adalah Penebus segala manusia, bahwa semua orang membutuhkan keselamatan dan bahwa berkat Kristus keselamatan ditawarkan kepada semua orang. Gereja yang mengetahui "pikiran Kristus" Bdk. 1 Kor 2:16. menyadari dengan jelas bahwa orang tidak dapat mempersoalkan wahyu tentang dosa asal, tanpa membahayakan misteri Kristus.

Jadi, bisa jadi semuanya selamat, karena sejak semula, sebelum segala sesuatu dijadikan, Alfa dan Omega, semuanya berada dalam kedaulatan Tuhan, karena rancangan-Nya adalah rancangan keselamatan, karena Dia baik kepada semua orang, dan merahmati semua ciptaan-Nya!

3 Itulah yang baik dan yang berkenan kepada Allah, Juruselamat kita,
4 yang menghendaki supaya semua orang diselamatkan dan memperoleh pengetahuan akan kebenaran.
8 Sebab rancangan-Ku bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalan-Ku, demikianlah firman TUHAN.
9 TUHAN itu baik kepada semua orang, dan penuh rahmat terhadap segala yang dijadikan-Nya.

Sedangkan mengenai neraka:

1. Neraka belum ada, itu nanti setelah penghakiman terakhir

2. Neraka itu akan ada, dan akan menjadi tempat, apabila nantinya Anak Manusia datang dalam awan kemuliaan, mereka yang berdosa dengan tidak taat kepada-Nya, tetap menolak, membangkang dan melawan-Nya, maka siapapun, baik itu Malaikat, manusia, atau mahluk apapun, akan dihukum masuk kedalam neraka

Bagaimana?
Kembali Ke Atas Go down
St Yopi
Calon Perwira
Calon Perwira


Jumlah posting : 428
Join date : 24.10.12

PostSubyek: Re: Felix Culpa   8th April 2013, 10:11

Husada wrote:
Iya, ya? Mengarah ke predestinasi.

Yang saya alami, kemarin, Hari Minggu Paskah II, di paroki kami, diadakan Pesta Kebun, Pesta Agape 2013. Tiap-tiap komunitas buka lapak. Berbagai macam hidangan sehari-hari di keluarga-keluarga ditata rapi. Sepanjang persediaan masih ada, warga komunitas lain bisa minta dan menikmati hidangan itu. Jadi, warga berseliweran kesana-kemari mencoba menjajal hidangan yang digemari, saling bertukar makanan dan minuman.

KOMKA (Kelompok Orang Muda Datolik) mengisi acara hiburan. Ada yang menari, tetapi kebanyakan yang menyanyi bergantian. Para suster menyajikan acara tari yang beraroma Papua (tetapi tidak sekalian dengan busana tradisionalnya, lho). Beberapa komunitas juga mengisi acara.

Di sela acara, saya menghampiri pastor yang pernah saya tanyakan melalui sms untuk memperoleh penjelasan lanjutan mengenai "Felix Culpa" ini. Dari penjelasan pastor yang dapat saya simpulkan, "Felix Culpa" adalah nyanyian malam Paskah, untuk mengungkapkan bahwa kasih Allah lebih besar daripada dosa manusia. Bahkan Yudas Iskariotpun dikasihi Allah, tetapi sikap pengkhianatan Yudas Iskariot dibenci Allah.

Menurut saya sendiri, sama seperti di diskusi sebelumnya, bila dikatakan "Felix Culpa", atau Dosa Menguntungkan, harus disertai dengan penjelasan lanjutan agar tidak menjadi disalahmengertikan. Sebab, Jesus Kristus berkata, "Pergilah dalam damai, dan jangan berbuat dosa lagi." Dari perkataan Jesus Kristus itu, kiranya dapat diartikan bahwa dosa tidak menguntungkan, sehingga manusia pendosa dihimbau untuk tidak berbuat dosa lagi. Sementara, jika dikatakan hanya "Felix Culpa" atau Dosa Menguntungkan, maka akan cenderung diartikan bahwa dosa adalah perbuatan yang menguntungkan sehingga perlu dilakukan. Jadi, "Felix Culpa" atau Dosa Menguntungkan harus disertai penjelasan lanjutan.
[You must be registered and logged in to see this image.]

Damai, damai, damai. [You must be registered and logged in to see this image.] [You must be registered and logged in to see this image.] [You must be registered and logged in to see this image.]
Dosa menguntungkan adalah dosa Adam, bukan dosa Yopi, bukan dosa Husada, kalau sampai ada yang berpikir bahwa karena dosa (Adam) menguntungkan, maka marilah berbuat dosa sesuka hati, maka saya mempertanyakan kadar IQnya orang tersebut, atau dia lupa kalau dia bukan Adam Very Happy
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content




PostSubyek: Re: Felix Culpa   Today at 14:56

Kembali Ke Atas Go down
 
Felix Culpa
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 7Pilih halaman : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7  Next

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Ladang Tuhan Baru :: Ruang Antar Kristen (Khusus Penganut Kristen Trinitarian) :: Ajaran Kristen-
Navigasi: