Ladang Tuhan Baru
Selamat datang kepada sesama saudara Kristen dan saudara lain iman. Mari kita saling kenal dalam suasana bersahabat.

Ladang Tuhan Baru

Forum Komunitas Kristen
 
IndeksIndeks  PencarianPencarian  PendaftaranPendaftaran  LoginLogin  

Share | 
 

 Perbedaan antara Katolik dan Protestan

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
Pilih halaman : 1, 2, 3, 4  Next
PengirimMessage
bruce
Global Moderator
Global Moderator
avatar

Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Perbedaan antara Katolik dan Protestan   11th July 2011, 07:09

1. Tiga pilar (Kitab Suci, Tradisi Suci, Magisterium Gereja) vs Sola Scriptura

Gereja Katolik mempercayai tiga pilar kebenaran: Kitab Suci, Tradisi Suci dan Magisterium Gereja, sedangkan mereka mempercayai hanya Kitab Suci sebagai satu-satunya sumber kebenaran (sola scriptura). Gereja Katolik tidak menolak bahwa Kitab Suci adalah pilar kebenaran, namun Gereja Katolik menolak bahwa satu-satunya pilar kebenaran hanyalah Kitab Suci (Sola Scriptura). Penolakan ini disebabkan karena: (a) Kitab Suci sendiri tidak pernah mengatakan demikian bahkan menekankan pentingnya Magisterium Gereja dan sumber tertulis maupun lisan, (b) Gereja lahir terlebih dahulu sebelum Kitab Suci, (c) Gereja dengan inspirasi Roh Kudus yang menentukan buku-buku mana yang masuk dalam Kitab Suci, (d) Sola Scriptura tanpa ada otoritas yang menentukan interpretasi yang benar membawa perpecahan. Dengan demikian, mempercayai tiga pilar ini sebetulnya lebih alkitabiah dibandingkan mempercayai Sola Scriptura.


2. Konsep tentang otoritas

Gereja Katolik mempercayai bahwa Kristus memberikan otoritas kepada Rasul Petrus dan penerusnya, yaitu para Paus (lih. Mat 16:16-19) serta para rasul yang lain – yang diteruskan oleh para uskup (lih. Yoh 20:21-23). Mereka inilah yang disebut dengan Magisterium Gereja. Dan fungsi pengajaran ini ditegaskan dalam Luk 10:16 “ Barangsiapa mendengarkan kamu, ia mendengarkan Aku; dan barangsiapa menolak kamu, ia menolak Aku; dan barangsiapa menolak Aku, ia menolak Dia yang mengutus Aku.” Karena Kristus sendiri yang memberikan otoritas kepada para Paus dan para uskup, maka umat Katolik dengan kerendahan hati mengikuti apa yang diperintahkan Kristus dan memberikan diri untuk mentaati pengajaran yang diberikan oleh Magisterium Gereja – yang bersumber pada Kitab Suci dan Tradisi Suci.

Sebaliknya, umat dari gereja non-Katolik menganggap bahwa semua umat beriman mempunyai otoritas dan bertanggungjawab secara langsung kepada Kristus dan tidak perlu mentaati pengajaran dari siapapun – sebagai akibat dari point 1, yaitu Sola Scriptura. Dengan otoritas ini, maka Gereja Katolik dapat melewati sejarah dengan tetap mengajarkan pengajaran iman yang sama dari satu generasi ke generasi yan lain.


3. Konsep ekklesiologi

Satu hal menyolok yang memang berbeda antara Gereja Katolik dan gereja-gereja non-Katolik adalah dalam mengerti konsep Gereja atau ekklesiologi. Bagi Gereja Katolik, Kristus mendirikan satu Gereja, yaitu Gereja Katolik (lih. Mat 16:16-19). Gereja Katolik inilah yang menjadi Tubuh Mistik Kristus (Ef 1:23; Ef 5), yang mempunyai empat tanda – satu, kudus, katolik dan apostolik, serta menjadi sakramen keselamatan bagi seluruh bangsa.

Gereja juga harus dimengerti sebagai cara (means) dan tujuan (end). Dengan kata lain, Gereja adalah pemberian Allah, tanda kasih Allah kepada umat Allah yang harus diterima, dijaga dan sekaligus menjadi tujuan, karena didirikan oleh Kristus, dijiwai oleh Roh Kudus dan mengantar umat manusia kepada keselamatan. Sedangkan bagi gereja-gereja non-Katolik, gereja dipandang hanya sebagai persatuan umat beriman yang percaya kepada Kristus, walaupun antar gereja mempunyai pengajaran yang berbeda-beda.


4. Sakramen dan liturgi

Gereja Katolik mengenal adanya tujuh sakramen: Sakramen Permandian, Sakramen Ekaristi, Sakramen Penguatan, Sakramen Tobat, Sakramen Perminyakan, Sakramen Imamat, Sakramen Perkawinan. Tujuh Sakramen ini diinstitusikan sendiri oleh Kristus sebagai cara biasa untuk menyalurkan rahmat-Nya kepada umat Allah.

Liturgi tak perpisahkan dengan sakramen. Ada 7 sakramen dalam Gereja Katolik. Dari tujuh sakramen Gereja, 3 yang pertama – Baptis, Ekaristi, Penguatan – adalah sakramen inisiasi yang menjadi sakramen-sakramen dasar bagi kehidupan orang Kristen. Sakramen Urapan Orang Sakit dan Sakramen Tobat, diberikan untuk kesembuhan baik fisik maupun rohani. Dan akhirnya, Sakramen Perkawinan dan Imamat diberikan untuk menguatkan kita dalam menjalankan misi di dunia ini dalam mencapai tujuan akhir, yaitu Kristus.

Sedangkan Kristen non-Katolik hanya mengenal Sakramen Baptis dan Sakramen Ekaristi (kadang termasuk juga Sakramen Tobat) – bagi Lutheran. Bahkan dua sakramen inipun mempunyai arti berbeda dengan apa yang dipercayai oleh Gereja Katolik. Mereka tidak mempercayai bahwa baptisan adalah cara yang dipakai oleh Kristus sebagai cara untuk menyelamatkan manusia. Dan Perjamuan Suci juga hanya dianggap sebagai simbol, sedangkan Gereja Katolik mempercayai bahwa Kristus hadir secara nyata (Tubuh, Darah, Jiwa dan ke-Allahan) dalam rupa roti dan anggur.


5. Konsep keselamatan

Bagi umat Katolik keselamatan adalah merupakan anugerah Allah dan hal ini juga dipercayai oleh gereja-gereja non-Katolik. Namun, selain rahmat Allah, Kitab Suci juga mencatat hal-hal lain, seperti: pentingnya iman untuk keselamatan, baptisan yang menjadi syarat keselamatan, orang akan diadili menurut perbuatannya. Dengan demikian, Gereja Katolik tidak mempercayai hanya iman (sola fide) dalam keselamatan seperti yang dipercayai oleh gereja-gereja non-Katolik, karena Kitab Suci memang tidak pernah mengatakan bahwa hanya karena iman saja, kita diselamatkan. Bahwa iman menjadi syarat keselamatan (Ibr 11:6) adalah benar, namun bukan iman saja.


6. Maria dan para kudus

Perbedaan lain yang menonjol adalah konsep mediasi. Gereja Katolik mempercayai bahwa semua orang dipanggil untuk menjadi rekan sekerja Kristus. (lih. 1Kor 3:9) Kalau kita semua dipanggil menjadi teman sekerja Kristus, apalagi Maria, Bunda Allah dan para kudus. Bunda Maria dan para kudus adalah mereka yang sungguh telah bekerjasa dengan rahmat Allah, sehingga mereka dapat berpartisipasi dalam karya keselamatan Allah. Gereja Katolik melihat bahwa kematian tidaklah memisahkan orang-orang yang telah dibenarkan oleh Allah dengan umat Allah di dunia ini. (lih. Rom 8:38-39). Sedangkan gereja-gereja non-Katolik memandang bahwa orang-orang yang telah meninggal sama sekali terpisah dari umat Allah yang masih mengembara di dunia ini.


Maka, memang tidak dapat disangkal bahwa sacara doktrin, Katolik dan Protestan memang berbeda. Tetapi sebagai sesama pengikut Kristus, sebagai sesama manusia, maka Katolik dan Protestan tetaplah sebagai saudara kandung, dan sebagai sesama saudara adalah wajib utuk selalu mengutamakan kasih.


Salam kasih.

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.


Terakhir diubah oleh bruce tanggal 11th July 2011, 13:37, total 1 kali diubah
Kembali Ke Atas Go down
Tamu
Tamu



PostSubyek: Re: Perbedaan antara Katolik dan Protestan   11th July 2011, 12:17

7. Purgatory :)
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator
avatar

Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: Perbedaan antara Katolik dan Protestan   16th July 2011, 17:53

T2Y wrote:
7. Purgatory :)
Tul, betul, betul.

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator
avatar

Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Perbedaan antara Katolik dan Protestan   19th July 2011, 20:56

Perbedaannya yang lain adalah dalam 'jumlah' aliran, he he he.

Kalau minat melacak aliran gereja anda apakah termasuk, silahkan periksa [You must be registered and logged in to see this link.]

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator
avatar

Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: Perbedaan antara Katolik dan Protestan   20th July 2011, 09:59

Selain itu, kawan-kawan muslim saya ketika SLTA dulu bilang bahwa Katolik itu 'tidak tahu' yang enak, terbukti dari pastornya tidak kawin, sementara pendeta protestan kawin.

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator
avatar

Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Perbedaan antara Katolik dan Protestan   20th July 2011, 11:11

Quote :
Selain itu, kawan-kawan muslim saya ketika SLTA dulu bilang bahwa Katolik itu 'tidak tahu' yang enak, terbukti dari pastornya tidak kawin, sementara pendeta protestan kawin.

Itu sih ngga prinsipil lah, wong pastur yang embaptis saya juga kemudian lepas jubah dan menikah kok, jadi kalau memang kemudin pingin yang 'enak' ya tinggal lepas jubah aja jadi umat biasa.

He he he

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Tamu
Tamu



PostSubyek: Re: Perbedaan antara Katolik dan Protestan   20th July 2011, 11:24

btw, dalam Katolik dikenal gak "lahir baru" ?
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator
avatar

Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Perbedaan antara Katolik dan Protestan   20th July 2011, 11:27

Maksud sebenarnya dari istilah 'lahir baru' itu apa sih bro? Ciri ciri dan tanda yang terlihat dan tidak terlihat?



_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Tamu
Tamu



PostSubyek: Re: Perbedaan antara Katolik dan Protestan   20th July 2011, 11:38

bruce wrote:
Maksud sebenarnya dari istilah 'lahir baru' itu apa sih bro? Ciri ciri dan tanda yang terlihat dan tidak terlihat?



yah diberikan hati yang baru, selain diberikan anugerah keselamatan.
ciri yang kelihatan tidak menjamin seseorang sudah lahir baru.
kadang motifnya bisa berbeda2 seseorang dengan yang lainnya.
mis : dibaptis karena alasan pernikahan.
menurut saya, belum tentu orang ini juga sudah lahir baru.
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator
avatar

Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: Perbedaan antara Katolik dan Protestan   20th July 2011, 11:41

bruce wrote:
Maksud sebenarnya dari istilah 'lahir baru' itu apa sih bro? Ciri ciri dan tanda yang terlihat dan tidak terlihat?
Ya, saya juga pingin konfirmasi tentang hal lahir baru ini. Dikaitkan lagi dengan materai, atau meterai, atau apalah, yang konon menujukkan seseorang itu kepunyaan Tuhan.

Ngomong-ngomong tentang materai, atau meterai, atau tanda ini, di suatu harian Ibu Kota, pernah saya baca tentang sejenis 'tato' yang akan diterakan pada tangan, atau jidat, atau dahi, atau di bagian tubuh lain, yang kegunaannya konon untuk bertransaksi jual beli. Bahwa kepada orang yang tidak ber-'tato' tidak akan terjadi transaksi jual beli. Bagaimana ini?

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator
avatar

Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Perbedaan antara Katolik dan Protestan   20th July 2011, 11:48

Quote :
yah diberikan hati yang baru, selain diberikan anugerah keselamatan.
ciri yang kelihatan tidak menjamin seseorang sudah lahir baru.
kadang motifnya bisa berbeda2 seseorang dengan yang lainnya.
mis : dibaptis karena alasan pernikahan.
menurut saya, belum tentu orang ini juga sudah lahir baru.

Lantas kalau seseorang berkata, saya sudah lahir baru, itu maksudnya gimana bro?

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Tamu
Tamu



PostSubyek: Re: Perbedaan antara Katolik dan Protestan   20th July 2011, 12:00

karena gak pada ngerti, maka saya simpulkan dalam Katolik gak ada "lahir baru"... Razz Very Happy
Kembali Ke Atas Go down
Tamu
Tamu



PostSubyek: Re: Perbedaan antara Katolik dan Protestan   20th July 2011, 12:04

Husada wrote:
bruce wrote:
Maksud sebenarnya dari istilah 'lahir baru' itu apa sih bro? Ciri ciri dan tanda yang terlihat dan tidak terlihat?
Ya, saya juga pingin konfirmasi tentang hal lahir baru ini. Dikaitkan lagi dengan materai, atau meterai, atau apalah, yang konon menujukkan seseorang itu kepunyaan Tuhan.

orang yang gak pernah sakit kan gak pernah merasakan betapa nikmatnya sehat itu... Very Happy
demikian juga orang2 yang belum lahir baru... Razz

Quote :

Ngomong-ngomong tentang materai, atau meterai, atau tanda ini, di suatu harian Ibu Kota, pernah saya baca tentang sejenis 'tato' yang akan diterakan pada tangan, atau jidat, atau dahi, atau di bagian tubuh lain, yang kegunaannya konon untuk bertransaksi jual beli. Bahwa kepada orang yang tidak ber-'tato' tidak akan terjadi transaksi jual beli. Bagaimana ini?

hitungannya gimana, Om ?
dari besarnya tatto berpengaruh sama nilai nominal atw dari jenis gambarnya ? Razz Laughing
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator
avatar

Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Perbedaan antara Katolik dan Protestan   20th July 2011, 12:17

Quote :
karena gak pada ngerti, maka saya simpulkan dalam Katolik gak ada "lahir baru"...

Mungkin ngga Alkitabiah ya bro?
Razz

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Djo
Perwira Pertama
Perwira Pertama
avatar

Jumlah posting : 794
Join date : 28.01.11

PostSubyek: Re: Perbedaan antara Katolik dan Protestan   20th July 2011, 12:22

bruce wrote:

Itu sih ngga prinsipil lah, wong pastur yang embaptis saya juga kemudian lepas jubah dan menikah kok, jadi kalau memang kemudin pingin yang 'enak' ya tinggal lepas jubah aja jadi umat biasa.

He he he

termasuk uskup/kardinal/paus ??
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator
avatar

Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Perbedaan antara Katolik dan Protestan   20th July 2011, 12:36

Quote :
termasuk uskup/kardinal/paus ??

Mereka juga manusia yang bisa lelah dengan pengabdiannya kan bro?

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator
avatar

Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: Perbedaan antara Katolik dan Protestan   20th July 2011, 16:17

T2Y wrote:
karena gak pada ngerti, maka saya simpulkan dalam Katolik gak ada "lahir baru"... Razz Very Happy
Hehhehheee... mungkin saja istilah lahir baru itu sendiri diartikan dengan pengertian lain lo.

Gini. Di Katolik, mungkin saya kurang pandai membahasakannya, dikenal pengakuan dosa di hadapan pastor yang punya otoritas. Kalau tidak salah, dasarnya adalah ayat mana itu yang bilang kira-kira, apa-apa yang engkau lepas di dunia ini akan dilepas di sorga, apa-apa yang engkau nyatakan terikat di dunia ini tetap terikat di sorga.

Nah, bagi seseorang yang menyadari kekhilafan, kekurangan, kesalahan, dll, dll yang dikategorikan sebagai dosa, datang menghadap ke pastor didalam bilik pengakuan dosa. Disana dia mengungkapkan semua kesalahannya, dan mohon pengampunan. Selanjutnya, dengan otoritas yang ada pada pastor, kepada orang itu diberi pengampunan.

Nah, begitu keluar dari bilik pengakuan dosa itu, mungkin dapat dipersamakan dengan lahir baru, kalee(?). Kemudian orang itu melanjutkan pejiarahannya, dan jatuh lagi, mengaku dosa lagi.

Jadi, sampai sejauh ini, istilah lahir baru tidak dikenal pada Katolik, tetapi esensi lahir baru itu dipraktikkan. Begitukah? Hehhehheee...

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator
avatar

Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Perbedaan antara Katolik dan Protestan   20th July 2011, 16:25

Quote :
Gini. Di Katolik, mungkin saya kurang pandai membahasakannya, dikenal pengakuan dosa di hadapan pastor yang punya otoritas. Kalau tidak salah, dasarnya adalah ayat mana itu yang bilang kira-kira, apa-apa yang engkau lepas di dunia ini akan dilepas di sorga, apa-apa yang engkau nyatakan terikat di dunia ini tetap terikat di sorga.

Maksudnya ayat ini bro ?

Mat 18:18 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya apa yang kamu ikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kamu lepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga.

Yah itulah untungnya para rasul diberi wewenang khusus berupa Sakramen Pengampunan dosa oleh Jesus bro.


_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator
avatar

Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: Perbedaan antara Katolik dan Protestan   20th July 2011, 16:32

bruce wrote:
Maksudnya ayat ini bro ?

Mat 18:18 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya apa yang kamu ikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kamu lepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga.

Yah itulah untungnya para rasul diberi wewenang khusus berupa Sakramen Pengampunan dosa oleh Jesus bro.

Iya, ayat itu maksud saya. Jadi, setiap seorang Katolik setelah melakukan sakramen tobat di bilik pengakuan dosa, dia beroleh kelahiran baru.

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator
avatar

Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Perbedaan antara Katolik dan Protestan   20th July 2011, 18:19

striker wrote:
ikut menyimak :)

buat nambah2 point dan postingan.. hehe

Sorry mas, anda dipersilahkan menyimak dan belajar, tetapi dilarang bertanya atau menanggapi, karena ini persoalan intern Kristen, yang pasti tidak anda pahami. Jika setelah membaca, anda melihat ada yang ingin ditanyakan, anda bisa bertanya di sub-forum yang khusus untuk itu.


_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
striker
Perwira Menengah
Perwira Menengah
avatar

Jumlah posting : 1393
Join date : 03.02.11

PostSubyek: Re: Perbedaan antara Katolik dan Protestan   20th July 2011, 19:57

bruce wrote:
striker wrote:
ikut menyimak :)

buat nambah2 point dan postingan.. hehe

Sorry mas, anda dipersilahkan menyimak dan belajar, tetapi dilarang bertanya atau menanggapi, karena ini persoalan intern Kristen, yang pasti tidak anda pahami. Jika setelah membaca, anda melihat ada yang ingin ditanyakan, anda bisa bertanya di sub-forum yang khusus untuk itu.


siap, laksanakan.. hanya menyimak saja :)
Kembali Ke Atas Go down
Tamu
Tamu



PostSubyek: Re: Perbedaan antara Katolik dan Protestan   21st July 2011, 14:36

Husada wrote:
T2Y wrote:
karena gak pada ngerti, maka saya simpulkan dalam Katolik gak ada "lahir baru"... Razz Very Happy
Hehhehheee... mungkin saja istilah lahir baru itu sendiri diartikan dengan pengertian lain lo.

Gini. Di Katolik, mungkin saya kurang pandai membahasakannya, dikenal pengakuan dosa di hadapan pastor yang punya otoritas. Kalau tidak salah, dasarnya adalah ayat mana itu yang bilang kira-kira, apa-apa yang engkau lepas di dunia ini akan dilepas di sorga, apa-apa yang engkau nyatakan terikat di dunia ini tetap terikat di sorga.

Nah, bagi seseorang yang menyadari kekhilafan, kekurangan, kesalahan, dll, dll yang dikategorikan sebagai dosa, datang menghadap ke pastor didalam bilik pengakuan dosa. Disana dia mengungkapkan semua kesalahannya, dan mohon pengampunan. Selanjutnya, dengan otoritas yang ada pada pastor, kepada orang itu diberi pengampunan.

Nah, begitu keluar dari bilik pengakuan dosa itu, mungkin dapat dipersamakan dengan lahir baru, kalee(?). Kemudian orang itu melanjutkan pejiarahannya, dan jatuh lagi, mengaku dosa lagi.

Jadi, sampai sejauh ini, istilah lahir baru tidak dikenal pada Katolik, tetapi esensi lahir baru itu dipraktikkan. Begitukah? Hehhehheee...

waduh, anda gak ngerti yang saya tulis ya, om ? Razz

orang yang gak pernah sakit kan gak pernah merasakan betapa nikmatnya sehat itu...

jadi gak ada hubungan sama otoritas dan sebagainya.
asal anda tahu, banyak penyimpangan sendiri pernah terjadi dalam gereja yang katanya dibangun Tuhan Yesus sendiri, yang punya otoritas langsung dari Tuhan dan yang telah dijaga oleh Tuhan sendiri.

saya tidak tahu ada dimana Tuhan Yesus saat para wakilnya yang punya otoritas itu melakukan eksekusi terhadap mereka orang yang percaya kepada Kristus tapi yang dituduh membelot, dianggap bidat dll.
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator
avatar

Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Perbedaan antara Katolik dan Protestan   21st July 2011, 15:15

Quote :
jadi gak ada hubungan sama otoritas dan sebagainya.
asal anda tahu, banyak penyimpangan sendiri pernah terjadi dalam gereja yang katanya dibangun Tuhan Yesus sendiri, yang punya otoritas langsung dari Tuhan dan yang telah dijaga oleh Tuhan sendiri

Tidak selalu apa yang anda baca dan berasal dari kalangan sendiri itu adalah kebenaran bro. Karena pada kenyataannya belum tentu seperti yang anda baca itu.

Syalom

Razz

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator
avatar

Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: Perbedaan antara Katolik dan Protestan   21st July 2011, 15:29

T2Y wrote:

waduh, anda gak ngerti yang saya tulis ya, om ? Razz

orang yang gak pernah sakit kan gak pernah merasakan betapa nikmatnya sehat itu...

jadi gak ada hubungan sama otoritas dan sebagainya.
asal anda tahu, banyak penyimpangan sendiri pernah terjadi dalam gereja yang katanya dibangun Tuhan Yesus sendiri, yang punya otoritas langsung dari Tuhan dan yang telah dijaga oleh Tuhan sendiri.

saya tidak tahu ada dimana Tuhan Yesus saat para wakilnya yang punya otoritas itu melakukan eksekusi terhadap mereka orang yang percaya kepada Kristus tapi yang dituduh membelot, dianggap bidat dll.
Iya yah? Terasa ada yang tidak nyambung ya? Tapi saya kurang berani menyatakan bahwa Anda gak ngerti.

Bagaimanapun, suka tidak suka, mau tidak mau, memang harus ada yang tidak nyambung. Karena ketidaknyambungan itu juga maka ada pihak yang diprotes, dan ada pihak yang memprotes. Nah, khusus untuk bahasan tentang lahir baru, pengertian saya tentang lahir baru adalah jika seseorang tampil dengan meninggalkan manusia lamanya, dimana semua kekhilafan, kealpaan, dan kesalahannya sudah diampuni oleh pihak yang punya otoritas mengampuni, yaitu Gereja. Darimana Gereja mempunyai otoritas itu? Ya dari Tuhan Yesus Kristus yang ayatnya sudah di-posting oleh Bruce.

Walaupun begitu, yang kita kejar bukan kemuliaan diri sendiri to? Kita sepakat bahwa kerajaan, kemuliaan. dan kekuasaan tetap milik Tuhan Yesus Kristus to? Dalam penerapan keseharian kita, bisa saja berbeda satu sama lain kan?

Damai, damai, damai.

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
Tamu
Tamu



PostSubyek: Re: Perbedaan antara Katolik dan Protestan   21st July 2011, 15:33

bruce wrote:
Quote :
jadi gak ada hubungan sama otoritas dan sebagainya.
asal anda tahu, banyak penyimpangan sendiri pernah terjadi dalam gereja yang katanya dibangun Tuhan Yesus sendiri, yang punya otoritas langsung dari Tuhan dan yang telah dijaga oleh Tuhan sendiri

Tidak selalu apa yang anda baca dan berasal dari kalangan sendiri itu adalah kebenaran bro. Karena pada kenyataannya belum tentu seperti yang anda baca itu.

Syalom

Razz

ini berlaku juga buat 2 belah pihak, kan ?
yang satu merasa lebih punya otoritas, sedangkan pada pelaksanaannya otoritas itu malah pernah disalah gunakan. Razz
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content




PostSubyek: Re: Perbedaan antara Katolik dan Protestan   

Kembali Ke Atas Go down
 
Perbedaan antara Katolik dan Protestan
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 4Pilih halaman : 1, 2, 3, 4  Next
 Similar topics
-
» Perbedaan full system, slip on bla...bla...
» perbedaan wanita dan cewek
» perbedaan kemampuan double & single cakram
» perbedaan harga jawa dan kalimantan ....
» antara pirelli dan bt90

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Ladang Tuhan Baru :: Ruang Antar Kristen (Khusus Penganut Kristen Trinitarian) :: Ajaran Kristen-
Navigasi: