Ladang Tuhan Baru
Selamat datang kepada sesama saudara Kristen dan saudara lain iman. Mari kita saling kenal dalam suasana bersahabat.

Ladang Tuhan Baru

Forum Komunitas Kristen
 
IndeksIndeks  PencarianPencarian  PendaftaranPendaftaran  LoginLogin  

Share | 
 

 penghitungan 3 hari 3 malam Yesus diperut bumi

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
striker
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1393
Join date : 03.02.11

PostSubyek: penghitungan 3 hari 3 malam Yesus diperut bumi   19th April 2011, 19:59

terima kasih atas sarannya tuk buka thread baru mas bruce,

boleh bertanya lebih jauh? Kalau Jum'at Agung diperingati sebagai wafatnya Yesus dikayu salib dan Minggunya diperingati sebagai kebangkitan Yesus, bukankah artinya Yesus diperut bumi belum 3 hari 3 malam? atau saya yg salah mengartikan makna penghitungan 3 hari 3 malam diperut bumi ini?
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: penghitungan 3 hari 3 malam Yesus diperut bumi   19th April 2011, 22:48

@striker

Mas, anda mungkin perlu mengerti dulu apa yang dimaksud dengan makna diperingati. Sekedar contoh, anda sebagai rakyat Indonesia pasti tahu bahwa tanggal 28 Oktober diperingati sebagai hari Sumpah Pemuda, tanggal 2 Mei diperingati sebagai hari Pendidikan, tanggal 22 Desember sebagai Hari Ibu. Apakah kita perlu tahu persis tanggal tanggal dengan perhitungan 24 jam, 30 hari, 12 bulan dst?

Tetapi, kalau anda ingin hitung-hitungan dan pengertian dengan cara yang lain, maka ini adalah jawabannya.

1) Yesus mengatakan bahwa Dia akan bangkit pada hari ke-tiga, seperti yang dikatakan-Nya dalam beberapa ayat berikut ini:

a) Mt 12:39-40 – “39 Tetapi jawab-Nya kepada mereka: “Angkatan yang jahat dan tidak setia ini menuntut suatu tanda. Tetapi kepada mereka tidak akan diberikan tanda selain tanda nabi Yunus. 40 Sebab seperti Yunus tinggal di dalam perut ikan tiga hari tiga malam, demikian juga Anak Manusia akan tinggal di dalam rahim bumi tiga hari tiga malam.” (Bdk Lk 11:30; Mt 26:61; Mt 27:63).

b) Mk 8:31 – “31 Kemudian mulailah Yesus mengajarkan kepada mereka, bahwa Anak Manusia harus menanggung banyak penderitaan dan ditolak oleh tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, lalu dibunuh dan bangkit sesudah tiga hari.“

c) Jn 2:19 – “19 Jawab Yesus kepada mereka: “Rombak Bait Allah ini, dan dalam tiga hari Aku akan mendirikannya kembali.” (Bdk Mt 26:61; Mt 27:40; Mk 14:58; Mk 15:29).


2) Yesus wafat di kayu salib pada hari Jum’at sebelum dimulainya hari Sabat, karena Sabat dimulai pada hari Jumat saat matahari terbenam dan selesai pada hari Sabtu malam. Dikatakan di Yoh 19:31-33 “31 Karena hari itu hari persiapan dan supaya pada hari Sabat mayat-mayat itu tidak tinggal tergantung pada kayu salib–sebab Sabat itu adalah hari yang besar–maka datanglah orang-orang Yahudi kepada Pilatus dan meminta kepadanya supaya kaki orang-orang itu dipatahkan dan mayat-mayatnya diturunkan. 32 Maka datanglah prajurit-prajurit lalu mematahkan kaki orang yang pertama dan kaki orang yang lain yang disalibkan bersama-sama dengan Yesus; 33 tetapi ketika mereka sampai kepada Yesus dan melihat bahwa Ia telah mati, mereka tidak mematahkan kaki-Nya,“. (Bdk Mk 15:37-47; Lk 23:53-56)

Diceritakan bahwa Yesus meninggal pada jam 3 “33 Pada jam dua belas, kegelapan meliputi seluruh daerah itu dan berlangsung sampai jam tiga. 34 Dan pada jam tiga berserulah Yesus dengan suara nyaring: “Eloi, Eloi, lama sabakhtani?”, yang berarti: Allahku, Allahku, mengapa Engkau meninggalkan Aku?” (Mk 15:33-34).


3) Yesus bangkit pada hari Minggu. Diceritakan bahwa ketika para wanita mengunjungi kubur Yesus, setelah lewat hari Sabat (lewat hari Sabtu), pagi-pagi benar pada hari pertama minggu itu (hari Minggu setelah hari Sabtu), Yesus telah bangkit.

Mk 16:1-4 – “1 Setelah lewat hari Sabat, Maria Magdalena dan Maria ibu Yakobus, serta Salome membeli rempah-rempah untuk pergi ke kubur dan meminyaki Yesus. 2 Dan pagi-pagi benar pada hari pertama minggu itu, setelah matahari terbit, pergilah mereka ke kubur. 3 Mereka berkata seorang kepada yang lain: “Siapa yang akan menggulingkan batu itu bagi kita dari pintu kubur?” 4 Tetapi ketika mereka melihat dari dekat, tampaklah, batu yang memang sangat besar itu sudah terguling.” (Bdk Mt 28:1-4; Lk 24:1; Jn 20:1).


4) Kalau Yesus wafat pada hari Jumat dan bangkit pada hari Minggu, bagaimana untuk menafsirkan Mt 12:40 yang mengatakan bahwa Anak Manusia akan tinggal di rahim bumi tiga hari tiga malam?

a) Perhitungan waktu dari Bangsa Yahudi dapat ditemukan di “Jewish Talmud” dan “The Babylonian Jerusalem Talmud (the commentaries of the Jews)“, memberikan indikasi bahwa bagian dari hari diperhitungkan sebagai satu hari penuh. Oleh karena itu, kalau Yesus meninggal pada hari Jum’at sebelum hari Sabat, maka dihitung 1 hari. Hari Sabat (dari Jumat sore-Sabtu sore) dihitung 1 hari. Dan hari Sabtu Sore sampai pagi-pagi benar ketika para wanita menemukan Yesus telah bangkit, dihitung 1 hari. Oleh karena itu, Yesus bangkit pada hari ke-tiga.

Nah, mudah mudahan mengerti dan ngga ngeyel.


b) Ini juga dimengerti oleh kaum Farisi, dimana mereka mengatakan kepada Pilatus “Tuan, kami ingat, bahwa si penyesat itu sewaktu hidup-Nya berkata: Sesudah tiga hari Aku akan bangkit. 64 Karena itu perintahkanlah untuk menjaga kubur itu sampai hari yang ketiga; jikalau tidak, murid-murid-Nya mungkin datang untuk mencuri Dia, lalu mengatakan kepada rakyat: Ia telah bangkit dari antara orang mati, sehingga penyesatan yang terakhir akan lebih buruk akibatnya dari pada yang pertama.“
c) Lk 24:21-24 mengatakan “21 Padahal kami dahulu mengharapkan, bahwa Dialah yang datang untuk membebaskan bangsa Israel. Tetapi sementara itu telah lewat tiga hari, sejak semuanya itu terjadi. 22 Tetapi beberapa perempuan dari kalangan kami telah mengejutkan kami: Pagi-pagi buta mereka telah pergi ke kubur, 23 dan tidak menemukan mayat-Nya. Lalu mereka datang dengan berita, bahwa telah kelihatan kepada mereka malaikat-malaikat, yang mengatakan, bahwa Ia hidup. 24 Dan beberapa teman kami telah pergi ke kubur itu dan mendapati, bahwa memang benar yang dikatakan perempuan-perempuan itu, tetapi Dia tidak mereka lihat.“
Dan perkataan telah lewat tiga hari mengacu kepada hari Minggu ketika para perempuan menemukan bahwa kubur Yesus telah kosong. Ini berarti, mereka mengerti bahwa hari Minggu pagi dikatakan sebagai “lewat tiga hari“, walaupun hari ketiga belum berakhir.
d) Idiom tiga hari tiga malam juga ditemukan pada kitab Est 4:16-17 – 5:1 “16 Pergilah, kumpulkanlah semua orang Yahudi yang terdapat di Susan dan berpuasalah untuk aku; janganlah makan dan janganlah minum tiga hari lamanya, baik waktu malam, baik waktu siang. Aku serta dayang-dayangkupun akan berpuasa demikian, dan kemudian aku akan masuk menghadap raja, sungguhpun berlawanan dengan undang-undang; kalau terpaksa aku mati, biarlah aku mati.” 17 Maka pergilah Mordekhai dan diperbuatnyalah tepat seperti yang dipesankan Ester kepadanya. 1 Pada hari yang ketiga Ester mengenakan pakaian ratu, lalu berdirilah ia di pelataran dalam istana raja, tepat di depan istana raja. Raja bersemayam di atas takhta kerajaan di dalam istana, berhadapan dengan pintu istana itu.”
Ester tidak pergi setelah tiga hari tiga malam selesai, namun pada hari yang ketiga dia pergi menghadap raja.
Kembali Ke Atas Go down
striker
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1393
Join date : 03.02.11

PostSubyek: Re: penghitungan 3 hari 3 malam Yesus diperut bumi   22nd April 2011, 11:40

wow kok postingan saya hilang?
Apakah ada yg kurang berkenan tuk dibaca?
Padahal saya cuma ingin menanyakan masalah perhitungan 3 malamnya Sad
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: penghitungan 3 hari 3 malam Yesus diperut bumi   22nd April 2011, 18:26

Bukan saya yang delete mas. Kalau mengenai penjelasannya, rasanya sudah saya jelaskan di atas tuh.

Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: penghitungan 3 hari 3 malam Yesus diperut bumi   22nd April 2011, 19:01

Baca lagi postingan saya
Kembali Ke Atas Go down
Tamu
Tamu



PostSubyek: Re: penghitungan 3 hari 3 malam Yesus diperut bumi   23rd April 2011, 11:04

striker wrote:
wow kok postingan saya hilang?
Apakah ada yg kurang berkenan tuk dibaca?
Padahal saya cuma ingin menanyakan masalah perhitungan 3 malamnya Sad

yang delete saya. :)
sudah dijelaskan sama Om Bruce tentang cara menghitungnya berdasarkan cara hitung orang yahudi.
kalau anda mau pakai cara hitung rumah sakit, hotel atw yang lain ya gak akan kepake karena Yesus adalah Orang Yahudi.
pertanyaan2 anda selanjutnya yang saya rasa tidak sesuai akan saya delete.
thank's... :)


Terakhir diubah oleh T2Y tanggal 23rd April 2011, 11:49, total 1 kali diubah
Kembali Ke Atas Go down
Tamu
Tamu



PostSubyek: Re: penghitungan 3 hari 3 malam Yesus diperut bumi   23rd April 2011, 11:37

striker wrote:

Kalau menurut penghitungan saya, baru 2 hari 2 malam mas, Apakah minggu pagi (ketika ditemukan kubur terbuka) tersebut juga sdh dihitung 1 hari 1 malam? :?:

wah, maaf boss...
perhitungan anda gak kepake sama orang yahudi.

noh baca lagi tulisan Om Bruce :
Quote :
a) Perhitungan waktu dari Bangsa Yahudi dapat ditemukan di “Jewish Talmud” dan “The Babylonian Jerusalem Talmud (the commentaries of the Jews)“, memberikan indikasi bahwa bagian dari hari diperhitungkan sebagai satu hari penuh. Oleh karena itu, kalau Yesus meninggal pada hari Jum’at sebelum hari Sabat, maka dihitung 1 hari. Hari Sabat (dari Jumat sore-Sabtu sore) dihitung 1 hari. Dan hari Sabtu Sore sampai pagi-pagi benar ketika para wanita menemukan Yesus telah bangkit, dihitung 1 hari. Oleh karena itu, Yesus bangkit pada hari ke-tiga.

Nah, mudah mudahan mengerti dan ngga ngeyel.


b) Ini juga dimengerti oleh kaum Farisi, dimana mereka mengatakan kepada Pilatus “Tuan, kami ingat, bahwa si penyesat itu sewaktu hidup-Nya berkata: Sesudah tiga hari Aku akan bangkit. 64 Karena itu perintahkanlah untuk menjaga kubur itu sampai hari yang ketiga; jikalau tidak, murid-murid-Nya mungkin datang untuk mencuri Dia, lalu mengatakan kepada rakyat: Ia telah bangkit dari antara orang mati, sehingga penyesatan yang terakhir akan lebih buruk akibatnya dari pada yang pertama.“
c) Lk 24:21-24 mengatakan “21 Padahal kami dahulu mengharapkan, bahwa Dialah yang datang untuk membebaskan bangsa Israel. Tetapi sementara itu telah lewat tiga hari, sejak semuanya itu terjadi. 22 Tetapi beberapa perempuan dari kalangan kami telah mengejutkan kami: Pagi-pagi buta mereka telah pergi ke kubur, 23 dan tidak menemukan mayat-Nya. Lalu mereka datang dengan berita, bahwa telah kelihatan kepada mereka malaikat-malaikat, yang mengatakan, bahwa Ia hidup. 24 Dan beberapa teman kami telah pergi ke kubur itu dan mendapati, bahwa memang benar yang dikatakan perempuan-perempuan itu, tetapi Dia tidak mereka lihat.“
Dan perkataan telah lewat tiga hari mengacu kepada hari Minggu ketika para perempuan menemukan bahwa kubur Yesus telah kosong. Ini berarti, mereka mengerti bahwa hari Minggu pagi dikatakan sebagai “lewat tiga hari“, walaupun hari ketiga belum berakhir.
d) Idiom tiga hari tiga malam juga ditemukan pada kitab Est 4:16-17 – 5:1 “16 Pergilah, kumpulkanlah semua orang Yahudi yang terdapat di Susan dan berpuasalah untuk aku; janganlah makan dan janganlah minum tiga hari lamanya, baik waktu malam, baik waktu siang. Aku serta dayang-dayangkupun akan berpuasa demikian, dan kemudian aku akan masuk menghadap raja, sungguhpun berlawanan dengan undang-undang; kalau terpaksa aku mati, biarlah aku mati.” 17 Maka pergilah Mordekhai dan diperbuatnyalah tepat seperti yang dipesankan Ester kepadanya. 1 Pada hari yang ketiga Ester mengenakan pakaian ratu, lalu berdirilah ia di pelataran dalam istana raja, tepat di depan istana raja. Raja bersemayam di atas takhta kerajaan di dalam istana, berhadapan dengan pintu istana itu.”
Ester tidak pergi setelah tiga hari tiga malam selesai, namun pada hari yang ketiga dia pergi menghadap raja.

Kembali Ke Atas Go down
striker
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1393
Join date : 03.02.11

PostSubyek: Re: penghitungan 3 hari 3 malam Yesus diperut bumi   23rd April 2011, 18:41

Apakah pertanyaan saya yg ini juga tdk sesuai sehingga harus didelete juga?

penghitungan yahudi tsb hanya berlaku sampai Yesus bangkit ataukah perhitungan cara yahudi itu berlaku sampai sekarang?



Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: penghitungan 3 hari 3 malam Yesus diperut bumi   23rd April 2011, 20:16

Anda masih bertanya lagi?

Kalau sekarang anda saya tanya, apakah anda orang Yahudi sehingga mempertanyakan apa yang menjadi perhitungan waktu orang Yahudi?
Kalau anda orang Jawa, Cina atau apapun seharusnya sih tahu, untuk menghitung jumlah hari kematian seseorang dihitung sejak seseorang itu mati. Orang yang mati hari Jumat, sudah dihitung satu hari, sabtu dua hari, dan minggu tiga hari atau hari ketiga. Dan biasanya orang (bukan Muslim) akan dikubur pada hari ketiga atau hari kelima. Coba mampir ke rumah duka, dan buktikan ucapan saya. Atau tanya kepada kenalan anda yang bukan Muslim.

Kembali Ke Atas Go down
striker
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1393
Join date : 03.02.11

PostSubyek: Re: penghitungan 3 hari 3 malam Yesus diperut bumi   23rd April 2011, 20:30

hehe saya bertanya karena kalau penghitungan cara yahudi tersebut berlaku sampai sekarang, enak juga jadi TKI di Israel, gajinya pasti gede karena baru kerja beberapa jam sdh dapat gaji sehari semalam :)

yah, silahkan berangkat ke israel... Razz


kalau postingan ini tdk berkenan, silahkan diedit :)

as you wish... Laughing
T2Y
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: penghitungan 3 hari 3 malam Yesus diperut bumi   23rd April 2011, 20:36

Baca lagi saja tulisan saya mas, dan coba pahami apa yang dimaksud 'hari ketiga' untuk orang mati itu. Thread ini saya lock. Kalau anda masih ngga ngerti juga, toh anda bisa baca lagi, silahkan baca berulang ulang.
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content




PostSubyek: Re: penghitungan 3 hari 3 malam Yesus diperut bumi   Today at 17:30

Kembali Ke Atas Go down
 
penghitungan 3 hari 3 malam Yesus diperut bumi
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» Tips Berkendara Saat Malam Hari
» Tips Berguna di Kehidupan Sehari-hari
» Fakta Mengerikan Tentang bumi
» Motorcycle Safety - Crash Reminder & Risk Management
» MODIF MURAH MERIAH Ninja 250 -BULLDOG- Nambah dikit Accesoris :D

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Ladang Tuhan Baru :: Forum Terbuka :: Diskusi - Non-Kristen Bertanya Kristen Menjawab-
Navigasi: