Ladang Tuhan Baru
Selamat datang kepada sesama saudara Kristen dan saudara lain iman. Mari kita saling kenal dalam suasana bersahabat.

Ladang Tuhan Baru

Forum Komunitas Kristen
 
IndeksIndeks  PencarianPencarian  PendaftaranPendaftaran  LoginLogin  

Share | 
 

 Kitab kehidupan

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
Tamu
Tamu



PostSubyek: Kitab kehidupan   10th May 2011, 12:21

ada beberapa ayat dalam Alkitab yang menuliskan tentang "Kitab Kehidupan" dan masing2 ddari kita mempunyai tafsir/pendapat yang berbeda2.
ayat-ayat yang saya dapat dari Alkitab online diantaranya sebagai berikut :

- Mazmur 69:28
(69-29) Biarlah mereka dihapuskan dari kitab kehidupan, janganlah mereka tercatat bersama-sama dengan orang-orang yang benar!

- Filipi 4:3
Bahkan, kuminta kepadamu juga, Sunsugos, temanku yang setia: tolonglah mereka. Karena mereka telah berjuang dengan aku dalam pekabaran Injil, bersama-sama dengan Klemens dan kawan-kawanku sekerja yang lain, yang nama-namanya tercantum dalam kitab kehidupan.

- Wahyu 3:5
Barangsiapa menang, ia akan dikenakan pakaian putih yang demikian; Aku tidak akan menghapus namanya dari kitab kehidupan, melainkan Aku akan mengaku namanya di hadapan Bapa-Ku dan di hadapan para malaikat-Nya.

- Wahyu 13:8
Dan semua orang yang diam di atas bumi akan menyembahnya, yaitu setiap orang yang namanya tidak tertulis sejak dunia dijadikan di dalam kitab kehidupan dari Anak Domba, yang telah disembelih.

- Wahyu 17:8
Adapun binatang yang telah kaulihat itu, telah ada, namun tidak ada, ia akan muncul dari jurang maut, dan ia menuju kepada kebinasaan. Dan mereka yang diam di bumi, yaitu mereka yang tidak tertulis di dalam kitab kehidupan sejak dunia dijadikan, akan heran, apabila mereka melihat, bahwa binatang itu telah ada, namun tidak ada, dan akan muncul lagi.

- Wahyu 20:12
Dan aku melihat orang-orang mati, besar dan kecil, berdiri di depan takhta itu. Lalu dibuka semua kitab. Dan dibuka juga sebuah kitab lain, yaitu kitab kehidupan. Dan orang-orang mati dihakimi menurut perbuatan mereka, berdasarkan apa yang ada tertulis di dalam kitab-kitab itu.

- Wahyu 20:15
Dan setiap orang yang tidak ditemukan namanya tertulis di dalam kitab kehidupan itu, ia dilemparkan ke dalam lautan api itu.

- Wahyu 21:27
Tetapi tidak akan masuk ke dalamnya sesuatu yang najis, atau orang yang melakukan kekejian atau dusta, tetapi hanya mereka yang namanya tertulis di dalam kitab kehidupan Anak Domba itu.

pertanyaan saya adalah :
1. apakah kitab kehidupan ini adalah kitab yang mencatat semua nama orang percaya saja ?
2. apakah kitab ini mencatat semua nama manusia beserta amal perbuatannya ?

mohon pencerahannya... ;)
Kembali Ke Atas Go down
Silancah
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1492
Join date : 29.01.11
Lokasi : Bandung Barat

PostSubyek: Re: Kitab kehidupan   10th May 2011, 13:03

Ijin ikut menyimak dalam rangka menambah ilmu pengetahuan :)
Kembali Ke Atas Go down
siip
Perwira Pertama
Perwira Pertama


Jumlah posting : 630
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Kitab kehidupan   13th May 2011, 10:17

1. Ya.
2. Tidak.

Itu stau saya...
Kembali Ke Atas Go down
Tamu
Tamu



PostSubyek: Re: Kitab kehidupan   13th May 2011, 10:28

siip wrote:
1. Ya.
2. Tidak.

Itu stau saya...

saya juga sepakat Bro Siip... :)

ada penjelasan yang sedikit lebih rinci, gak ?
atw ini ada kaitannya dengan predestinasi ? Laughing
Kembali Ke Atas Go down
hikaruman
Tamtama
Tamtama


Jumlah posting : 49
Join date : 12.04.11
Age : 29
Lokasi : Makassar

PostSubyek: Re: Kitab kehidupan   13th May 2011, 10:53

pusing apa predestinasi or freewill...
jujur saya lebih setuju mengenai freewill...
karena predestinasi menunjukkan TUHAN itu jahat, sehingga dari awal sudah ditentukan siapa yang masuk sorga, siapa yang masuk neraka; siapa yang murtad, siapa yang bertobat...

tapi jujur soal ini saya masih bingung juga sih....
karena pendukung freewill maupun predestinasi masing-masing mempunyai argumen yang logis...

ini juga perdebatanku sama teman atheis ku....
dia bilang TUHAN jahat karena:
1. TUHAN sudah tahu bahkan menetapkan manusia jatuh dalam dosa,
2. TUHAN menetapkan beberapa orang yang memang ditakdirkan masuk neraka seperti Firaun dan Yudas...
Kembali Ke Atas Go down
Silancah
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1492
Join date : 29.01.11
Lokasi : Bandung Barat

PostSubyek: Re: Kitab kehidupan   13th May 2011, 19:32

Kesimpulan di atas.... Kitab Kehidupan hanya mencatat amal orang2 yang percaya.

Berarti di luar Yesus ...sama sekali tidak ada jalan keselamatan.

CMIIW....
Kembali Ke Atas Go down
Tamu
Tamu



PostSubyek: Re: Kitab kehidupan   16th May 2011, 09:37

Silancah wrote:
Kitab Kehidupan hanya mencatat amal orang2 yang percaya.

sepertinya demikian kang...
tapi mungkin ada beberapa tafsir yang lain.

Quote :

Berarti di luar Yesus ...sama sekali tidak ada jalan keselamatan.

CMIIW....

menurut pendapat saya pribadi :
kalau memang ada, berarti percuma saja Yesus memberikan nyawanya untuk menebus dosa manusia.
toh, tanpa melalui pembasuhan dalam darah-Nya pun ada yang bisa selamat.

hikaruman wrote:
pusing apa predestinasi or freewill...

saya cuma mengambil kesimpulan dari ayat ini, bro... :
Wahyu 13:8
Dan semua orang yang diam di atas bumi akan menyembahnya, yaitu setiap orang yang namanya tidak tertulis sejak dunia dijadikan di dalam kitab kehidupan dari Anak Domba, yang telah disembelih.

Wahyu 17:8
Adapun binatang yang telah kaulihat itu, telah ada, namun tidak ada, ia akan muncul dari jurang maut, dan ia menuju kepada kebinasaan. Dan mereka yang diam di bumi, yaitu mereka yang tidak tertulis di dalam kitab kehidupan sejak dunia dijadikan, akan heran, apabila mereka melihat, bahwa binatang itu telah ada, namun tidak ada, dan akan muncul lagi.

tapi bukan berarti mereka2 yang tertulis namanya disana udah pasti selamat, tapi juga bisa dihapus.
Wahyu 3:5
Barangsiapa menang, ia akan dikenakan pakaian putih yang demikian; Aku tidak akan menghapus namanya dari kitab kehidupan, melainkan Aku akan mengaku namanya di hadapan Bapa-Ku dan di hadapan para malaikat-Nya.

saya rasa ayat diatas ini (Wahyu3:5) berbicara tentang bagaimana kita tetap memelihara iman kita dan bagaimana kesungguhan kita dalam memikul salib untuk mengikut DIA.

Kembali Ke Atas Go down
siip
Perwira Pertama
Perwira Pertama


Jumlah posting : 630
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Kitab kehidupan   19th May 2011, 15:22

T2Y wrote:
siip wrote:
1. Ya.
2. Tidak.

Itu stau saya...

saya juga sepakat Bro Siip... :)

ada penjelasan yang sedikit lebih rinci, gak ?
atw ini ada kaitannya dengan predestinasi ? Laughing

Ayatnya ambigu.
Jd bisa jadi pgangan bagi pnganut predestinasi unconditional.
Bisa juga jd pgangan bagi pnganut freewill.
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Kitab kehidupan   19th May 2011, 16:46

Masalahnya Kitab Wahyu ngga bisa diartikan secara literal bro, kalau diartikan secara literal maka artinya jadi seperti itu.

Apa benar Tuhan perlu buku untuk mencatat kehidupan manusia? Setebal apa bukunya? Mengapa ngga pake computer saja? Dst pertanyaan yang aneh aneh akan muncul.

Very Happy
Kembali Ke Atas Go down
Tamu
Tamu



PostSubyek: Re: Kitab kehidupan   20th May 2011, 09:35

siip wrote:
T2Y wrote:
siip wrote:
1. Ya.
2. Tidak.

Itu stau saya...

saya juga sepakat Bro Siip... :)

ada penjelasan yang sedikit lebih rinci, gak ?
atw ini ada kaitannya dengan predestinasi ? Laughing

Ayatnya ambigu.
Jd bisa jadi pgangan bagi pnganut predestinasi unconditional.
Bisa juga jd pgangan bagi pnganut freewill.

he..he..he...

Bruce wrote:
Masalahnya Kitab Wahyu ngga bisa diartikan secara literal bro, kalau diartikan secara literal maka artinya jadi seperti itu.

iya, Om...
cuma masalah kitab kehidupan kayaknya gak cuma dikitab wahyu saja, deh.
Musa juga bilang pada saat mau mendamaikan umat Israel dengan Allah, bahkan Musa minta agar Allah mengampuni mereka (karena membuat dan menyembah patung lembu emas) atw dia minta agar namanya dihapus dari kitab-Nya.
Keluaran 32:1-35 (lihat ayat ke-32)

Quote :

Apa benar Tuhan perlu buku untuk mencatat kehidupan manusia? Setebal apa bukunya? Mengapa ngga pake computer saja? Dst pertanyaan yang aneh aneh akan muncul.

kalau sepupu jauh sih percaya ada 2 asisten khusus yang mencatat semuanya. Razz Laughing

so...
menurut anda apa sih yang dimaksud kitab kehidupan diatas, Om ?
:?: :?: :?:
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content




PostSubyek: Re: Kitab kehidupan   Today at 13:42

Kembali Ke Atas Go down
 
Kitab kehidupan
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» Tips Berguna di Kehidupan Sehari-hari
» Wortel, Telur, Biji Kopi
» Misteri 11 hari yang hilang dari kehidupan Agatha Christie
» Kutipan-kutipan dari film tentang kehidupan

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Ladang Tuhan Baru :: Ruang Antar Kristen (Khusus Penganut Kristen Trinitarian) :: Diskusi Umum Kristen-
Navigasi: