Ladang Tuhan Baru
Selamat datang kepada sesama saudara Kristen dan saudara lain iman. Mari kita saling kenal dalam suasana bersahabat.

Ladang Tuhan Baru

Forum Komunitas Kristen
 
IndeksIndeks  PencarianPencarian  PendaftaranPendaftaran  LoginLogin  

Share | 
 

 Mengapa Umat Muslim Phobia Terhadap Pemurtadan?

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
Pilih halaman : 1, 2, 3  Next
PengirimMessage
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Mengapa Umat Muslim Phobia Terhadap Pemurtadan?   14th February 2011, 20:14

Setiap agama, selalu berusaha menambah jumlah pengikutnya, semakin besar maka semakin baik. Kebalikannya, jika berkurang tentulah meresahkan, itu wajar.

Di negara Indonesia ini, dimana bisa dikatakan semua rakyatnya sudah beragama, terlepas dari agama sekedar KTP atau sudah sungguh sungguh menjalankan agamanya, maka tidak ada lagi rakyat Indonesia yang masih merupakan manusia bebas yang belum beragama.

Dan karena semua agama menjalankan dakwah/misi penyebaran agama, maka adalah wajar jika yang menjadi target adalah pemeluk agama lainnya. Maka adalah sesuatu yang wajar terjadi perpindahan agama, dari pemeluk Kristen menjadi Islam, begitupun kebalikannya dari Islam menjadi Kristen.

Tentu, sebagai pemeluk Kristen/Islam, kita harus berusaha mempertahankan umat kita dari pengaruh tarikan agama lain. Tetapi karena kita juga menarik umat lain, maka sudah sewajarnya juga terjadi kemungkinan umat kita ditarik oleh agama lain. Itu merupakan zero sum game, ada yang menang dan ada yang kalah, untuk semua pihak.

Nah, yang ingin saya tanyakan, mengapa umat Muslim sangat 'trauma' dengan istilah 'kristenisasi', sementara agamanya juga menjalankan 'dakwah' untuk islamisasi?

Sementara sangat bangga dengan istilah mualaf, tetapi sangat membenci istilah murtaddin?

Bukankah seharusnya merupakan kejadian yang wajar saja, ada satu sisi menang dan satu sisis kehilangan?

Silahkan jawab dengan 'sejuk' sehingga kita bisa bertukar pikiran dengan sehat dan nyaman.

Terima kasih.
Kembali Ke Atas Go down
Raihan Danielsan
Calon Perwira
Calon Perwira


Jumlah posting : 236
Join date : 04.02.11

PostSubyek: Re: Mengapa Umat Muslim Phobia Terhadap Pemurtadan?   15th February 2011, 09:51

bruce wrote:

Dan karena semua agama menjalankan dakwah/misi penyebaran agama, maka adalah wajar jika yang menjadi target adalah pemeluk agama lainnya. Maka adalah sesuatu yang wajar terjadi perpindahan agama, dari pemeluk Kristen menjadi Islam, begitupun kebalikannya dari Islam menjadi Kristen.

Tentu, sebagai pemeluk Kristen/Islam, kita harus berusaha mempertahankan umat kita dari pengaruh tarikan agama lain. Tetapi karena kita juga menarik umat lain, maka sudah sewajarnya juga terjadi kemungkinan umat kita ditarik oleh agama lain. Itu merupakan zero sum game, ada yang menang dan ada yang kalah, untuk semua pihak.

Nah, yang ingin saya tanyakan, mengapa umat Muslim sangat 'trauma' dengan istilah 'kristenisasi', sementara agamanya juga menjalankan 'dakwah' untuk islamisasi?

@komandan bruce

Wah, persoalannya sangat sensitif sekali komandan. Mudah-mudahan jawaban saya dapat disikapi dg bijaksana oleh rekan2 lainnya.

Mengenai pandangan Islam terhadap kristenisasi, maka tidak akan terlepas dari konsep Ketuhanan Kristen menurut Islam.

Islam dg tegas menyatakan bahwa ada sembahan selain Allah (syirik) adalah dosa besar yg tidak pernah diampuni oleh Allah swt, dan pelakunya akan kekal di dalam neraka. Allah berfirman,

Sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar. (Qs. Luqman: 13)

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik dan Dia mengampuni segala dosa yg selain dari syirik itu bagi siapa yg dikehendai-Nya. Barang siapa mempersekutukan Allah, sungguh ia telah berbuat dosa besar.” (Qs. An-Nisaa’: 48)

“Sesungguhnya Allah tidak mengampuni dosa mempersekutukan (sesuatu) dengan Dia, dan Dia mengampuni dosa yang selain dosa Syirik itu bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barng siapa yg mempersekutukan (sesuatu) dengan Allah, sesungguhnya ia telah tersesat sejauh-jauhnya.” (Qs. An Nisaa’: 126)

“Barang siapa yang mati dalam keadaan menyembah sesembahan selain Allah, maka masuklah ia kedalam neraka”. (HR. Bukhori)

“Barang siapa yang menemui Allah (mati) dalam keadaan tidak berbuat syirik kepadaNya, pasti ia masuk surga, dan barang siapa yang menemuiNya (mati) dalam keadaan berbuat kemusyrikan maka pasti ia masuk neraka”. (HR. Muslim)

Dan kita tahu bahwa dalam ajaran Islam, Isa hanyalah manusia utusan Tuhan, bukan Tuhan. Jika kaum muslimin menempatkan Isa sebagai Tuhan, maka itu sama dengan menyekutukan Allah swt dg mahlukNya ataumerupakan perbuatan syirik, dan akal kekal di dalam neraka. Karena dosa akibat perbuatan itu tidak akan pernah diampuni oleh Allah swt. Oleh karena itu adalah suatu kewajiban bagi kaum muslimin untuk membentengi diri dan keluarganya dari ajakan2 menyekutukan Allah swt tersebut (Kristenisasi).

Sedangkan mengenai Islamisasi, saya kurang tahu mengenai hal itu, komandan. Namun kalau Islamisasi diartikan memaksa orang lain agar memeluk agama Islam, maka justru hal seperti itu dilarang dalam agama Islam.

Di dalam Islam tidak ada perintah atau kewajiban untuk menarik pemeluk agama lain agar memeluk Islam. Karena telah diterangkan oleh al-Quran dg sangat jelas bahwa tidak ada paksaan dalam memeluk agama Islam. Allah berfirman,

“Tidak ada paksaan untuk (memasuki) agama (Islam); sesungguhnya telah jelas jalan yang benar dari pada jalan yang salah.”. (Qs. Al-Baqarah : 256)

Kaum muslimin hanya sekedar diperintahkan untuk menyampaikan dan menjelaskan ajaran Islam walaupun satu ayat saja,

Rosulullah bersabda, “Sampaikan dariku walau hanya satu ayat.” (HR. Bukhari)

namun tidak boleh memaksakannya dg cara dan dalam bentuk apapun, karena hal itu akan bertentangan dengan Qs. Al-Baqarah : 256.


bruce wrote:

Sementara sangat bangga dengan istilah mualaf, tetapi sangat membenci istilah murtaddin?

Bukankah seharusnya merupakan kejadian yang wajar saja, ada satu sisi menang dan satu sisis kehilangan?

Silahkan jawab dengan 'sejuk' sehingga kita bisa bertukar pikiran dengan sehat dan nyaman.

Terima kasih.

Mungkin jawabannya akan bersifat personal, komandan.

Saya tidak tahu kalau ada kaum muslimin merasa bangga dg istlah muallaf. Kalau saya pribadi sih, yg saya rasakan adalah sangat terharu terhadap mereka yg menjadi muallaf. Karena tentu tidak mudah dan sangat berat dg melalui pergulatan batin dan pemikiran yg panjang, terutama dalam menghadapi keluarga dan orang2 disekitarnya utuk menerima hidayah Allah dg berpindah dalam agama Islam.

Kalau ada yg murtad, tepatnya yg saya rasakan bukanlah benci, melainkan heran saja dan juga kasihan, komandan. Karena sesuai dg ajaran yg saya anut bahwa murtadin telah menmpuh jalan sesat dan tempatnya adalah di neraka, karena mereka telah menyekutukan Allah swt.

Maaf, kalau keterangan2 saya terasa tidak enak didengar dan menyinggung rekan2 lainnya.
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Mengapa Umat Muslim Phobia Terhadap Pemurtadan?   15th February 2011, 10:05

@raihan

Pertama, ijinkan saya menympaikan selamat hariraya Maulid Nabi mas.

Betul seperti anda katakan, issue nya sensitive ya, he he he. Tapi jujur saja, justru kalau kita berani menyentuh issue sensitive dengan tekad untuk menjadikannya kewajaran, maka issue tersebut menjadi sesuatu yang wajar. Hanya saja tentu harus diiringi dengan keinginan untuk mengutamakan kedamaian.

Mas, ada sedikit salah pengertian di jawaban anda. Dalam hal ini, kita tidak membicarakan kaidah agama, sama sekali kita tidak permasalahkan apakah yang disembah itu tuhan yang nyata atau tuhan apapun. Tetapi perpindahan kepercayan. Dan pepindahan kepercayaan itu sudah pasti pepindahan sesembahan. Nah reaksi akan perpindahan itu yang ingin saya angkat ke atas.

Mengenai reaksi anda jika ada yang murtad, tentu terasa sama dengan reaksi saya jika ada yang meninggalkan iman Kristen. Justru itu yang membuat saya merasa, bahwa seharusnya reaksi yang sama juga terjadi pada kedua belah pihak. Dan sama sepeti anda, sayapun tidak mungkin dan tidak akan menghakimi teman/kenalan/saudara saya yang berpindah iman.

Tidak, apa yang anda sampaikan tidak menyinggung, itu yang saya harapkan, karena memang seperti itulah yang seharusnya terjadi, bagi kedu belah pihak.

Salam
Kembali Ke Atas Go down
al-faiz
Tamtama
Tamtama


Jumlah posting : 12
Join date : 31.01.11

PostSubyek: Re: Mengapa Umat Muslim Phobia Terhadap Pemurtadan?   16th February 2011, 02:40

mungkin sbetulnya bukan phobia um tapi kita pasti kecewa dan menyayangkan jika ada saudara kita yg murtad karena sudah pasti aqidahnya pun bertentangan, begitupun sbaliknya dari yg non muslimpun pasti akan merasakan hal yg sama jika ada saudara nya yg murtad.
dan mungkin yg ditakutkan itu juga karena katanya (mungkin skedar isu) bnyk kristenisasi yg menghalalkan sgala cara (CMIIW).
klo sy pribadi sy tdk phobia dngan kristenisasi karena itu smua tergantung keimanan dan kepercayaan masing2.
mohon maaf klo ada kata2 yg kurang berkenan karena sy tidak bgitu pandai mrangkai kata...salam..
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Mengapa Umat Muslim Phobia Terhadap Pemurtadan?   16th February 2011, 07:10

al-faiz wrote:
mungkin sbetulnya bukan phobia um tapi kita pasti kecewa dan menyayangkan jika ada saudara kita yg murtad karena sudah pasti aqidahnya pun bertentangan, begitupun sbaliknya dari yg non muslimpun pasti akan merasakan hal yg sama jika ada saudara nya yg murtad.
dan mungkin yg ditakutkan itu juga karena katanya (mungkin skedar isu) bnyk kristenisasi yg menghalalkan sgala cara (CMIIW).
klo sy pribadi sy tdk phobia dngan kristenisasi karena itu smua tergantung keimanan dan kepercayaan masing2.

Justru itulah mas, saya merasa, seolah ada ketakutan yang agak diluar kewajaran mengenai 'kristenisasi' dan 'pemurtadan', sehingga timbulah segala macam fitnah yang bisa dikatakan jauh dari kebenaran. Dijanjikan uang lah, dijanjikan kekayaan, dijanjikan bea siswa dan sebagainya.

Coba deh, anda check di lapangan, issue mengenai segala macam 'cara' seperti itu sangat banyak bertebaran. Tetapi coba check ulang, dari mana sumbernya, dan kongkritnya di mana terjadinya, tidak jelas. Karena sebagai orang Kristen, terus terang kami 'akan iri' jika memang ada pembagian uang/kekayaan/beasiswa kepada para murtaddin. Kami juga masih butuh hal hal seperti itu, jadi kalau ada info jelas, kami butuh alamatnya, he e he

Salam
Kembali Ke Atas Go down
Silancah
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1492
Join date : 29.01.11
Lokasi : Bandung Barat

PostSubyek: Re: Mengapa Umat Muslim Phobia Terhadap Pemurtadan?   17th February 2011, 07:15

bruce wrote:
Dan karena semua agama menjalankan dakwah/misi penyebaran agama, maka adalah wajar jika yang menjadi target adalah pemeluk agama lainnya. Maka adalah sesuatu yang wajar terjadi perpindahan agama, dari pemeluk Kristen menjadi Islam, begitupun kebalikannya dari Islam menjadi Kristen.

Tentu, sebagai pemeluk Kristen/Islam, kita harus berusaha mempertahankan umat kita dari pengaruh tarikan agama lain. Tetapi karena kita juga menarik umat lain, maka sudah sewajarnya juga terjadi kemungkinan umat kita ditarik oleh agama lain. Itu merupakan zero sum game, ada yang menang dan ada yang kalah, untuk semua pihak.

Saya rasa 'phobia' umat Islam terjawab dengan pernyataan Bang Bruce di atas.

Bagi umat Kristen ... sudah wajar menjadikan orang non-Kristen sebagai target dakwah. (Dakwah agresif)
Bagi umat Islam ... kami berdakwah kepada sesama Muslim ... bila ada umat lain bertanya barulah kami mendakwahi orang tersebut. (Dakwah pasif).

Karena bagi kami berlaku lakum diinukum waliyadiin dan QS 2:256 "Tidak ada paksaan untuk (memasuki) agama (Islam)..."

Kembali Ke Atas Go down
Djo
Perwira Pertama
Perwira Pertama


Jumlah posting : 794
Join date : 28.01.11

PostSubyek: Re: Mengapa Umat Muslim Phobia Terhadap Pemurtadan?   17th February 2011, 10:42

Silancah wrote:

Saya rasa 'phobia' umat Islam terjawab dengan pernyataan Bang Bruce di atas.

Bagi umat Kristen ... sudah wajar menjadikan orang non-Kristen sebagai target dakwah. (Dakwah agresif)
Bagi umat Islam ... kami berdakwah kepada sesama Muslim ... bila ada umat lain bertanya barulah kami mendakwahi orang tersebut. (Dakwah pasif).

Karena bagi kami berlaku lakum diinukum waliyadiin dan QS 2:256 "Tidak ada paksaan untuk (memasuki) agama (Islam)..."


Sangat diperlukan satu ukuran/acuan yg bisa menentukan bahwa suatu kegiatan bisa dikatakan kristenisasi/islamisasi.

Saat sekolah di SD negeri (bukan sekolah kristen/islam), saya tidak diperkenankan meninggalkan kelas saat pelajaran agama islam. Karena itu saya masih hafal surat Al-fatihah (maaf kalo salah tulis) sampe sekarang.

Kemarin saya makan di Hok-Ben, kebetulan ada pesta ultah anak2 yg diadakan disitu. Host nya nanya : "apa kabar adik2 ?" anak2 lalu bilang : "baik !!! " Kemudian host nya ngajarin : "kalo ditanya apa kabar, bilangnya harus Alhamdullilah sehat ya, nanti kakak kasih hadiah." terus ditanya lah tiap2 anak itu dan menjawab sesuai perintah host & kemudian dikasih hadiah. Ada satu anak gemuk sipit putih celangak-celinguk nyari mama nya waktu ditanya apa kabar sama hostnya. Saya perhatikan bahasa tubuh dan mulut si mama yg kira2 mengatakan "nggak apa2". Lalu si anak itu mengucapkan "alhamdulillah sehat" dan mendapatkan hadiah dari si host.

Dulu sempat ribut saat RCTI menayangkan sinetron yg soundtracknya lagu rohani. Dibilangnya " Wah ini kristenisasi nih, ini kan tontonan publik, gak boleh gitu dong !"

Lalu gimana hal nya dgn sinetron spt islam ktp, pesantren & rock'n roll ? Bukankah itu jg merupakan dakwah melalui tontonan publik ?

Saat org kristen berbuat kebaikan, dgn memberi misalnya, tolong jgn melulu dikaitkan sbg upaya kristenisasi. Saya akan sangat marah jika saya berusaha keras menyisihkan apa yg sy miliki kepada anda yg kekurangan misalnya, namun anda menolaknya dgn alasan anda takut menjual iman anda.

Anda jual iman anda atau tidak, itu bukan urusan kami. Karena kami tahu, bahwa kekristenan itu adalah sebuah anugrah Allah. Seseorang menjadi kristen bukan karena ia yg memilihnya, tapi karena Allah yg memilihnya. Yg jelas, saat kami membantu dan memberi, kami sdg berupaya utk menjalankan ajaran kami utk mengasihi sesama kami manusia.
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Mengapa Umat Muslim Phobia Terhadap Pemurtadan?   17th February 2011, 12:24

Silancah wrote:
bruce wrote:
Dan karena semua agama menjalankan dakwah/misi penyebaran agama, maka adalah wajar jika yang menjadi target adalah pemeluk agama lainnya. Maka adalah sesuatu yang wajar terjadi perpindahan agama, dari pemeluk Kristen menjadi Islam, begitupun kebalikannya dari Islam menjadi Kristen.

Tentu, sebagai pemeluk Kristen/Islam, kita harus berusaha mempertahankan umat kita dari pengaruh tarikan agama lain. Tetapi karena kita juga menarik umat lain, maka sudah sewajarnya juga terjadi kemungkinan umat kita ditarik oleh agama lain. Itu merupakan zero sum game, ada yang menang dan ada yang kalah, untuk semua pihak.

Saya rasa 'phobia' umat Islam terjawab dengan pernyataan Bang Bruce di atas.

Bagi umat Kristen ... sudah wajar menjadikan orang non-Kristen sebagai target dakwah. (Dakwah agresif)
Bagi umat Islam ... kami berdakwah kepada sesama Muslim ... bila ada umat lain bertanya barulah kami mendakwahi orang tersebut. (Dakwah pasif).

Karena bagi kami berlaku lakum diinukum waliyadiin dan QS 2:256 "Tidak ada paksaan untuk (memasuki) agama (Islam)..."


Tetrapi kang, pada banyak kesempatan, selalu saja ada kisah kisah tentang mualaf. Entah di forum, entah di film, entah di acara TV, buku dan banyak lagi. Seolah merupakan suatu piala kemenangan. Bukankah itu berarti juga berusaha mengembalikan ke jalan yang benar bagi umat lain (dakwah ke umat lain)?

Maka apa bedanya?
Kembali Ke Atas Go down
Silancah
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1492
Join date : 29.01.11
Lokasi : Bandung Barat

PostSubyek: Re: Mengapa Umat Muslim Phobia Terhadap Pemurtadan?   17th February 2011, 13:52

Djo wrote:
Sangat diperlukan satu ukuran/acuan yg bisa menentukan bahwa suatu kegiatan bisa dikatakankristenisasi/islamisasi.

Saya rasa pasti ukuran antara umat Kristen dan Islam pasti berbeda.

Djo wrote:
Kemarin saya makan di Hok-Ben, kebetulan ada pesta ultah anak2 yg diadakan disitu. Host nya nanya : "apa kabar adik2 ?" anak2 lalu bilang : "baik !!! " Kemudian host nya ngajarin : "kalo ditanya apa kabar, bilangnya harus Alhamdullilah sehat ya, nanti kakak kasih hadiah." terus ditanya lah tiap2 anak itu dan menjawab sesuai perintah host & kemudian dikasih hadiah. Ada satu anak gemuk sipit putih celangak-celinguk nyari mama nya waktu ditanya apa kabar sama hostnya. Saya perhatikan bahasa tubuh dan mulut si mama yg kira2 mengatakan "nggak apa2". Lalu si anak itu mengucapkan "alhamdulillah sehat" dan mendapatkan hadiah dari si host.

Kalau saya pribadi sih kurang setuju untuk memaksakan hal itu kepada semua orang.
Walaupun artinya kurang lebih sama dengan haleluya ... tapi pasti tiap orang2 punya preference masing2 tanpa perlu pemaksaan.

Djo wrote:
Dulu sempat ribut saat RCTI menayangkan sinetron yg soundtracknya lagu rohani. Dibilangnya " Wah ini kristenisasi nih, ini kan tontonan publik, gak boleh gitu dong !"

Lalu gimana hal nya dgn sinetron spt islam ktp, pesantren & rock'n roll ? Bukankah itu jg merupakan dakwah melalui tontonan publik ?

Ini juga .. saya sih cenderung tidak keberatan .. karena ini termasuk ke dalam kebebasan umat untuk mengekspresikan dirinya dan saya rasa ini bukan kristenisasi.

Djo wrote:
Saat org kristen berbuat kebaikan, dgn memberi misalnya, tolong jgn melulu dikaitkan sbg upaya kristenisasi. Saya akan sangat marah jika saya berusaha keras menyisihkan apa yg sy miliki kepada anda yg kekurangan misalnya, namun anda menolaknya dgn alasan anda takut menjual iman anda.

Anda jual iman anda atau tidak, itu bukan urusan kami. Karena kami tahu, bahwa kekristenan itu adalah sebuah anugrah Allah. Seseorang menjadi kristen bukan karena ia yg memilihnya, tapi karena Allah yg memilihnya. Yg jelas, saat kami membantu dan memberi, kami sdg berupaya utk menjalankan ajaran kami utk mengasihi sesama kami manusia.

Saya pribadi tidak menggeneralisasikan bahwa bila ada orang Kristen berbuat kebaikan maka niatnya Kristenisasi karena saya pun mengakui bahwa itu semata2 buah dari ajaran Kristen.
Dan saya tidak menyamakan berbuat kebaikan = dakwah kristenisasi

Yang menjadi masalah adalah bila ada dakwah yang secara agresif dilakukan umat Kristen kepada non-Kristen dengan tujuan untuk menariknya ke agama Kristen.
Kembali Ke Atas Go down
Silancah
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1492
Join date : 29.01.11
Lokasi : Bandung Barat

PostSubyek: Re: Mengapa Umat Muslim Phobia Terhadap Pemurtadan?   17th February 2011, 13:55

bruce wrote:
Tetrapi kang, pada banyak kesempatan, selalu saja ada kisah kisah tentang mualaf. Entah di forum, entah di film, entah di acara TV, buku dan banyak lagi. Seolah merupakan suatu piala kemenangan. Bukankah itu berarti juga berusaha mengembalikan ke jalan yang benar bagi umat lain (dakwah ke umat lain)?

Maka apa bedanya?

Kalau saya lihat kisah mualaf itu sama saja dengan kesaksian.
Sekadar share saja ... dan tidak ada pemaksaan untuk mendengarkan metode dakwah seperti ini ... kalau tidak suka kan tinggal dimatikan saja TVnya.

Dan hal itu sah2 saja dilakukan oleh murtadin.
Silahkan membuat kesaksian ... apalagi di forum Kristen seperti ini.
Dan yang tidak suka ... yaa, nggak usah dibaca.
Kembali Ke Atas Go down
Djo
Perwira Pertama
Perwira Pertama


Jumlah posting : 794
Join date : 28.01.11

PostSubyek: Re: Mengapa Umat Muslim Phobia Terhadap Pemurtadan?   17th February 2011, 15:02

Silancah wrote:

Kalau saya pribadi sih kurang setuju untuk memaksakan hal itu kepada semua orang.
Walaupun artinya kurang lebih sama dengan haleluya ... tapi pasti tiap orang2 punya preference masing2 tanpa perlu pemaksaan.

Ini juga .. saya sih cenderung tidak keberatan .. karena ini termasuk ke dalam kebebasan umat untuk mengekspresikan dirinya dan saya rasa ini bukan kristenisasi.

Saya pribadi tidak menggeneralisasikan bahwa bila ada orang Kristen berbuat kebaikan maka niatnya Kristenisasi karena saya pun mengakui bahwa itu semata2 buah dari ajaran Kristen.
Dan saya tidak menyamakan berbuat kebaikan = dakwah kristenisasi


Memang cukup sulit utk discuss ini dgn "islam minoritas" spt anda kang. hehehe

Silancah wrote:

Yang menjadi masalah adalah bila ada dakwah yang secara agresif dilakukan umat Kristen kepada non-Kristen dengan tujuan untuk menariknya ke agama Kristen.

Misalnya ?
Kembali Ke Atas Go down
Djo
Perwira Pertama
Perwira Pertama


Jumlah posting : 794
Join date : 28.01.11

PostSubyek: Re: Mengapa Umat Muslim Phobia Terhadap Pemurtadan?   17th February 2011, 15:05

bruce wrote:

Tetrapi kang, pada banyak kesempatan, selalu saja ada kisah kisah tentang mualaf. Entah di forum, entah di film, entah di acara TV, buku dan banyak lagi. Seolah merupakan suatu piala kemenangan. Bukankah itu berarti juga berusaha mengembalikan ke jalan yang benar bagi umat lain (dakwah ke umat lain)?

Maka apa bedanya?

Misalnya munculnya christian gonzales di sinetron islam ktp Very Happy Very Happy Very Happy
Kembali Ke Atas Go down
Silancah
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1492
Join date : 29.01.11
Lokasi : Bandung Barat

PostSubyek: Re: Mengapa Umat Muslim Phobia Terhadap Pemurtadan?   17th February 2011, 15:08

Djo wrote:

Memang cukup sulit utk discuss ini dgn "islam minoritas" spt anda kang. hehehe

Lho kenapa susah :face:

Djo wrote:
Misalnya ?

Misalnya ... sepupu saya yang murtad ke Kristen Advent beberapa kali berusaha membujuk adik dan ibunya untuk masuk Kristen walaupun tahu bahwa ibunya itu sudah pernah naik Haji.

Nggak usah seperti itulah ...
Kecuali kalau sang adik dan ibu bertanya tentang KeKristenan kepadanya ... bolehlah memberi penjelasan sekaligus berdakwah dalam artian berusaha menarik mereka ke agama Kristen.

Tapi kalau out of the blue tahu2 mendakwahi dan mengajak ... nah ini jenis 'kristenisasi' yang saya pikir sudah mengganggu keharmonisan antar umat beragama.
Kembali Ke Atas Go down
Djo
Perwira Pertama
Perwira Pertama


Jumlah posting : 794
Join date : 28.01.11

PostSubyek: Re: Mengapa Umat Muslim Phobia Terhadap Pemurtadan?   17th February 2011, 15:54

Silancah wrote:

Lho kenapa susah :face:


Iya. Berbicara ttg islam dgn anda memang amat sangat terasa menyegarkan dan penuh kedamaian. Dan itu yg tidak saya dapatkan di luar sana.

Silancah wrote:

Misalnya ... sepupu saya yang murtad ke Kristen Advent beberapa kali berusaha membujuk adik dan ibunya untuk masuk Kristen walaupun tahu bahwa ibunya itu sudah pernah naik Haji.

Nggak usah seperti itulah ...
Kecuali kalau sang adik dan ibu bertanya tentang KeKristenan kepadanya ... bolehlah memberi penjelasan sekaligus berdakwah dalam artian berusaha menarik mereka ke agama Kristen.

Tapi kalau out of the blue tahu2 mendakwahi dan mengajak ... nah ini jenis 'kristenisasi' yang saya pikir sudah mengganggu keharmonisan antar umat beragama.

Agak sulit saya menilai kasus ini kang, karena ini adalah hubungan antara anak dan orangtua dan keluarganya. Sehingga ada ikatan dan keberanian sang anak utk "memenangkan" ibu dan adiknya. Yg perlu dikaji, apakah sepupu anda itu jg berlaku seperti itu pada tiap muslim yg ia temui ?
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Mengapa Umat Muslim Phobia Terhadap Pemurtadan?   17th February 2011, 22:45

Silancah wrote:
Djo wrote:

Memang cukup sulit utk discuss ini dgn "islam minoritas" spt anda kang. hehehe

Lho kenapa susah :face:

Djo wrote:
Misalnya ?

Misalnya ... sepupu saya yang murtad ke Kristen Advent beberapa kali berusaha membujuk adik dan ibunya untuk masuk Kristen walaupun tahu bahwa ibunya itu sudah pernah naik Haji.

Nggak usah seperti itulah ...
Kecuali kalau sang adik dan ibu bertanya tentang KeKristenan kepadanya ... bolehlah memberi penjelasan sekaligus berdakwah dalam artian berusaha menarik mereka ke agama Kristen.

Tapi kalau out of the blue tahu2 mendakwahi dan mengajak ... nah ini jenis 'kristenisasi' yang saya pikir sudah mengganggu keharmonisan antar umat beragama.

Itulah yang saya sebutkan di salah satu thread yang saya tulis tentang keyakinan kang. Sepupu anda tentu sudah meyakini agama Kristen advent, dan sebagai orang yang sudah yakin, tentu dia tidak ingin orang tua dan adiknya tidak 'selamat' kelak di akherat, jadi sebagai anak dia sudah 'seharusnya' menyelamatkan ibu dan adiknya itu. Sementara bagi pihak islam, tentulah dianggap usaha pemurtadan.

Terus terang memang sulit untuk masalah seperti itu ya, karenanya, saya kok cenderung bebas bebas saja, seseorang mau berdakwah asal tidak memaksa silahkan, seseorang mau menginjil selama tidak ada pemaksaan ya monggo. Toh pada akhirnya si target yang menentukan, mana yang paling baik dan sesuai untuk jiwanya.

Sama seperti saya juga tidak marah kepada pengikut saksi yehuwa yang mengabar ke rumah saya, bahkan cerita dia juga sedang berusaha menarik salah satu orang Katolik (dan diperkenalkan ke saya pula). Si target yang Katolik itu justru menyangka saya adalah pengikut mereka, dan dia cukup terkejut ketika saya katakan bahwa saya adalah Katolik. Ketika suatu kali bertemu (tanpa si saksi yehuwa), kami sempat bertukar pengetahuan, dan karena saya sudah janji kepada si pengikut saksi bahwa saya tidak akan 'meracuni' si target, saya hanya menyampaikan bahan bahan pemikiran, dan agar dia berpikir ulang sebelum mengambil keputusan.

Jadi, bagi saya, walau saya meyakini seyakin yakinnya, bahwa keselamatan hanya diperoleh melalui Sang Penebus, saya tidak akan marah atau melarang orang untuk berdakwah, karena toh keselamatan nanti hanya akan dirasakannya secara pribadi.

Salam
Kembali Ke Atas Go down
al-faiz
Tamtama
Tamtama


Jumlah posting : 12
Join date : 31.01.11

PostSubyek: Re: Mengapa Umat Muslim Phobia Terhadap Pemurtadan?   18th February 2011, 02:04

bruce wrote:

Jadi, bagi saya, walau saya meyakini seyakin yakinnya, bahwa keselamatan hanya diperoleh melalui Sang Penebus, saya tidak akan marah atau melarang orang untuk berdakwah, karena toh keselamatan nanti hanya akan dirasakannya secara pribadi.

Salam
:THUMBS UP: setuju um slama smuanya dilakukan tanpa bujukan atau paksaan.
Mungkin yg disampaikan um djo ada benarny juga bahwa harus ada aturan khusus mengenai hal ini tanpa maksud membatasi dakwah, tapi memang tampaknya cukup sulit... :bingung:
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Mengapa Umat Muslim Phobia Terhadap Pemurtadan?   18th February 2011, 07:16

al-faiz wrote:
bruce wrote:

Jadi, bagi saya, walau saya meyakini seyakin yakinnya, bahwa keselamatan hanya diperoleh melalui Sang Penebus, saya tidak akan marah atau melarang orang untuk berdakwah, karena toh keselamatan nanti hanya akan dirasakannya secara pribadi.

Salam
:THUMBS UP: setuju um slama smuanya dilakukan tanpa bujukan atau paksaan.
Mungkin yg disampaikan um djo ada benarny juga bahwa harus ada aturan khusus mengenai hal ini tanpa maksud membatasi dakwah, tapi memang tampaknya cukup sulit... :bingung:

Kasusnya yang paling mendekati soal ini adalah kasus Ahmadiyah itu mas.
Saya sangat sangat memahami 'keresahan' umat Islam kepada aliran Ahmadiyah itu.

Pada satu sisi, Ahmadiyah jelas menyimpang dari kaidah Islam. Tetapi, sekali lagi, ini dengan yakin mereka lakukan, maka hingga dibunuhpun mereka tetap yakin dengan keyakinan mereka itu, sama seperti jika anda diancam bunuh karena percaya Islam, dan saya diancam digorok karena Kristen, mungkin begitu juga bagi para penganut saksi yehuwa, kita sama sama meyakini iman kita. Begitu juga para pengikut Ahmadiyah.

Lantas apa yang dapat kita lakukan? Melarang mereka menyebarkan agamanya? Apa batasnya? Bagaimana jika ada yang berteman dengan mereka dan ngobrol, kemudian tertarik? Apakah itu termasuk dakwah?

Jadi, rasanya yang paling baik dan bisa kita lakukan adalah, membuat pertahanan iman pada para pengikut kita sendiri. Itulah tugas para Muslim dan Kristen sejati, memperdalam imannya, membagikannya kepada para penganut agamanya, dengan tujuan jika ada godaan iman, kita secara pribadi tidak akan tergoyahkan.

Dengan iman yang kuat, dan dengan toleransi yang besar, maka hidup berkeagamaan dan bernegara menjadi semakin damai dan baik, bagi semua pihak.

Salam
Kembali Ke Atas Go down
Silancah
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1492
Join date : 29.01.11
Lokasi : Bandung Barat

PostSubyek: Re: Mengapa Umat Muslim Phobia Terhadap Pemurtadan?   18th February 2011, 07:43

bruce wrote:

Itulah yang saya sebutkan di salah satu thread yang saya tulis tentang keyakinan kang. Sepupu anda tentu sudah meyakini agama Kristen advent, dan sebagai orang yang sudah yakin, tentu dia tidak ingin orang tua dan adiknya tidak 'selamat' kelak di akherat, jadi sebagai anak dia sudah 'seharusnya' menyelamatkan ibu dan adiknya itu. Sementara bagi pihak islam, tentulah dianggap usaha pemurtadan.

Tindakan ingin menyelamatkan pihak lain (entah itu keluarga atau teman atau orang yang tidak dikenal) seperti ini memang pada dasarnya baik ... karena kita ingin sama2 'selamat' ... itu artinya kita mengasihi orang yang kita dakwahi ini.

Tetapi di sisi lain, hal itu bisa membuat orang yang didakwahi tersinggung dan bisa meluas menjadi merusak kerukunan antar umat beragama.

Mungkin inilah yang perlu kita pikirkan sebelum mendakwahi orang yang berbeda keyakinan tanpa diminta sebelumnya.

bruce wrote:
Terus terang memang sulit untuk masalah seperti itu ya, karenanya, saya kok cenderung bebas bebas saja, seseorang mau berdakwah asal tidak memaksa silahkan, seseorang mau menginjil selama tidak ada pemaksaan ya monggo. Toh pada akhirnya si target yang menentukan, mana yang paling baik dan sesuai untuk jiwanya.

Jadi, bagi saya, walau saya meyakini seyakin yakinnya, bahwa keselamatan hanya diperoleh melalui Sang Penebus, saya tidak akan marah atau melarang orang untuk berdakwah, karena toh keselamatan nanti hanya akan dirasakannya secara pribadi.

Kembali ... rasanya ini yang menjadi perbedaan antara umat Kristen dan Islam dan hal2 seperti ini yang mungkin sering menjadi titik awal pergesekan antara kedua umat itu.

Umat Kristen mungkin menganggapnya sebagai phobia ... tetapi dari sisi Islam ini bukan phobia tetapi sebuah kenyataan yang, menurut kami, seharusnya bisa dihindari.
Kembali Ke Atas Go down
Silancah
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1492
Join date : 29.01.11
Lokasi : Bandung Barat

PostSubyek: Re: Mengapa Umat Muslim Phobia Terhadap Pemurtadan?   18th February 2011, 07:47

bruce wrote:

Kasusnya yang paling mendekati soal ini adalah kasus Ahmadiyah itu mas.
Saya sangat sangat memahami 'keresahan' umat Islam kepada aliran Ahmadiyah itu.

Kalau masalah Ahmadiyah bukan hanya semata2 masalah pendakwahan kepada umat Muslim tetapi juga karena umat Muslim menganggap mereka adalah ajaran sesat yang harus diluruskan atau berpisah dari agama Islam.

bruce wrote:
Lantas apa yang dapat kita lakukan? Melarang mereka menyebarkan agamanya? Apa batasnya? Bagaimana jika ada yang berteman dengan mereka dan ngobrol, kemudian tertarik? Apakah itu termasuk dakwah?

Kalau melarang menyebarkan agama sih tidak apa2 ... asalkan:
1. Jangan mengaku menyebarkan ajaran Islam ... bilang saja lagi menyebarkan ajaran Ahmadiyah
2. Jangan melakukan dakwah agresif yang seperti saya paparkan ... jadi kalau ada yang tertarik dan mengobrol dengan mereka .. itu hak pribadi yang seharusnya dilindungi negara dan tidak boleh diganggu gugat oleh pihak lain

bruce wrote:

Jadi, rasanya yang paling baik dan bisa kita lakukan adalah, membuat pertahanan iman pada para pengikut kita sendiri. Itulah tugas para Muslim dan Kristen sejati, memperdalam imannya, membagikannya kepada para penganut agamanya, dengan tujuan jika ada godaan iman, kita secara pribadi tidak akan tergoyahkan.

Dengan iman yang kuat, dan dengan toleransi yang besar, maka hidup berkeagamaan dan bernegara menjadi semakin damai dan baik, bagi semua pihak.

Salam

Ini saya setuju 100%.
Usaha untuk memperkuat pertahanan iman pengikut masing2 harus terus menerus digalakkan.
Insya Allah, akan mengurangi pergesekan yang ada.
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Mengapa Umat Muslim Phobia Terhadap Pemurtadan?   18th February 2011, 08:10

@lancah

Quote :
Kalau melarang menyebarkan agama sih tidak apa2 ... asalkan:
1. Jangan mengaku menyebarkan ajaran Islam ... bilang saja lagi menyebarkan ajaran Ahmadiyah
2. Jangan melakukan dakwah agresif yang seperti saya paparkan ... jadi kalau ada yang tertarik dan mengobrol dengan mereka .. itu hak pribadi yang seharusnya dilindungi negara dan tidak boleh diganggu gugat oleh pihak lain

1. Bagaimana anda minta mereka yang dengan yakin seyakin yakinnya, merasa sebagai orang Islam, mengaku beragama lain Kang? Siapa dalam hal ini yang berhak mengklaim sebagai Islam dan menentukan orang lain aliran adalah Islam atau bukan? Bagaimana dengan Sunni dan Syiah? Bukankah masing masing juga merasa sebagai Islam yang benar (seperti juga Katolik dan Protestan merasa sebagai Kristen sejati)?

2. Nah, batasannya antara agresif dan tidak itu bagaimana kang? Jika mereka buat mimbar terbuka di lapangan dan memancarkan dakwahnya di TV tentu tidak, tetapi kalau mereka mengadakan acara internal dalam acara keagamaan, apakah bisa digolongkan sebagai dakwah juga?

Salam
Kembali Ke Atas Go down
Silancah
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1492
Join date : 29.01.11
Lokasi : Bandung Barat

PostSubyek: Re: Mengapa Umat Muslim Phobia Terhadap Pemurtadan?   18th February 2011, 09:30

bruce wrote:
@lancah
1. Bagaimana anda minta mereka yang dengan yakin seyakin yakinnya, merasa sebagai orang Islam, mengaku beragama lain Kang? Siapa dalam hal ini yang berhak mengklaim sebagai Islam dan menentukan orang lain aliran adalah Islam atau bukan? Bagaimana dengan Sunni dan Syiah? Bukankah masing masing juga merasa sebagai Islam yang benar (seperti juga Katolik dan Protestan merasa sebagai Kristen sejati)?

Pada dasarnya Sunni dan Syiah itu sama ... Rukan Iman dan Rukun Islamnya sama.
Keduanya mengakui Nabi Muhammad SAW sebagai penutup Nabi sedangkan Ahmadiyah tidak (kecuali yang Lahore ya?)
Lalu Sunni dan Syiah sama2 tidak mengakui adanya kitab lain berisi wahyu dari Allah SWT yang diterima oleh nabi baru atau penerus nabi atau apa pun namanya.

Jadi kalau ada yang menyimpang dari Rukun Iman dan Rukun Islam ... yah, sorry to say, namanya bukan Islam.

bruce wrote:
2. Nah, batasannya antara agresif dan tidak itu bagaimana kang? Jika mereka buat mimbar terbuka di lapangan dan memancarkan dakwahnya di TV tentu tidak, tetapi kalau mereka mengadakan acara internal dalam acara keagamaan, apakah bisa digolongkan sebagai dakwah juga?

Salam

Kalau mau buat acara dakwah internal sih monggo2 aja ... itu dilindungi negara dan di dalam Islam pun tidak dilarang.
Mimbar terbuka pun tidak apa asalkan jangan mengajak2/memaksakan orang yang beragama lain untuk turut di dalam acara dakwah tersebut.
Kembali Ke Atas Go down
Djo
Perwira Pertama
Perwira Pertama


Jumlah posting : 794
Join date : 28.01.11

PostSubyek: Re: Mengapa Umat Muslim Phobia Terhadap Pemurtadan?   18th February 2011, 12:02

Silancah wrote:

Kalau melarang menyebarkan agama sih tidak apa2 ... asalkan:
1. Jangan mengaku menyebarkan ajaran Islam ... bilang saja lagi menyebarkan ajaran Ahmadiyah
2. Jangan melakukan dakwah agresif yang seperti saya paparkan ... jadi kalau ada yang tertarik dan mengobrol dengan mereka .. itu hak pribadi yang seharusnya dilindungi negara dan tidak boleh diganggu gugat oleh pihak lain


1. Mungkin nanti akan dibalas sm mereka, yg disebut ajaran islam itu yg seperti apa ? versinya siapa ?

Abraham jg tidak sedang menyebarkan ajaran islam, bahkan Abraham tidak kenal siapa itu Nabi SAW, tapi diakui sbg ajaran islam karena mengakui Allah yg esa dan tauhid.

Bukankah ahmadiyah jg menyembah Allah SWT yg esa/tauhid itu ? kenapa tidak disebut islam ? islam itu Allah SWT atau nabi SAW ?

Jadi dimanakah letak sumber peyembahan dalam agama kita ?

kepada Tuhan/Allah kita sbg pencipta langit dan bumi ? atau kepada nabi kita sbg perantara wahyu Allah ?

2. Kalau bisa tolong dishare, bagaimana model dakwah agresif yg dilakukan oleh kelompok ahmadiyah ini, sehingga umat islam menyambut mereka dgn kayu, batu, bambu dan celurit. Jadi kita2 bisa tahu, ohh ini lho kesalahan ahmadiyah itu..., mereka tuh seperti ini kalo sdg dakwah....





Kembali Ke Atas Go down
Silancah
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1492
Join date : 29.01.11
Lokasi : Bandung Barat

PostSubyek: Re: Mengapa Umat Muslim Phobia Terhadap Pemurtadan?   18th February 2011, 13:25

Djo wrote:

1. Mungkin nanti akan dibalas sm mereka, yg disebut ajaran islam itu yg seperti apa ? versinya siapa ?

Abraham jg tidak sedang menyebarkan ajaran islam, bahkan Abraham tidak kenal siapa itu Nabi SAW, tapi diakui sbg ajaran islam karena mengakui Allah yg esa dan tauhid.

Bukankah ahmadiyah jg menyembah Allah SWT yg esa/tauhid itu ? kenapa tidak disebut islam ? islam itu Allah SWT atau nabi SAW ?

Jadi dimanakah letak sumber peyembahan dalam agama kita ?

kepada Tuhan/Allah kita sbg pencipta langit dan bumi ? atau kepada nabi kita sbg perantara wahyu Allah ?

Tentu saja versinya Al Quran yang disampaikan oleh Muhammad bin Abdullah, Nabi terakhir.
Islam itu memiliki arti berserah diri kepada Allah SWT namun di dalam Al Quran disebutkan pula untuk mematuhi rasul2Nya ... dan umat Islam sekarang tentu saja mematuhi syariat yang disampaikan oleh Muhammad bin Abdullah ini.
Salah satunya adalah Syahadat yang termaktub dalam Rukun Islam.

Bila Ahmadiyah benar2 memahami dan melakukan syahadat sebagai salah satu pilar Rukun Islam maka mereka tidak akan menjadikan Mirza Ghulam Ahmad sebagai nabi.
Bila mereka menjadikan MGA sebagai nabi berarti sudah keluar dari syahadat dan wahyu Allah SWT di dalam Al Quran tentang Nabi terakhir ... sehingga itu menjadikan mereka berada di luar Islam.

Djo wrote:
2. Kalau bisa tolong dishare, bagaimana model dakwah agresif yg dilakukan oleh kelompok ahmadiyah ini, sehingga umat islam menyambut mereka dgn kayu, batu, bambu dan celurit. Jadi kita2 bisa tahu, ohh ini lho kesalahan ahmadiyah itu..., mereka tuh seperti ini kalo sdg dakwah....

Kalau saya pribadi sih tidak pernah kenal dan didakwahi oleh orang2 Ahmadiyah.
Mungkin harus ditanyakan kepada orang2 yang berada di sekeliling masjid atau penganut Ahmadiyah itu.

Yang pasti, pemerintah mengeluarkan SKB 2 Menteri yang melarang Ahmadiyah berdakwah itu pasti disebabkan oleh aktivitas para penganut Ahmadiyah ini. Tidak mungkin tiba2 pemerintah melarang sesuatu yang tidak dilakukan oleh Ahmadiyah ... itu konyol namanya.

Bukan begitu?
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Mengapa Umat Muslim Phobia Terhadap Pemurtadan?   18th February 2011, 14:24

@lancah

Kang, saya jadi tertarik membandingkan ajaran sesat Ahmadiyah - Islam dan saksi yehuwa - Kristen. Saya buka thread baru ya, anda bantu untuk melengkapi, ok?

Kembali Ke Atas Go down
Tamu
Tamu



PostSubyek: Re: Mengapa Umat Muslim Phobia Terhadap Pemurtadan?   18th February 2011, 15:24

Quote :
Yang pasti, pemerintah mengeluarkan SKB 2 Menteri yang melarang Ahmadiyah berdakwah itu pasti disebabkan oleh aktivitas para penganut Ahmadiyah ini. Tidak mungkin tiba2 pemerintah melarang sesuatu yang tidak dilakukan oleh Ahmadiyah ... itu konyol namanya.

ini termasuk salah satu contoh kecil dimana hukum di negara kita masih dipengaruhi sama kaum mayoritas.
coba kalau gereja yang diserang, ada gak SKB mentrinya ? Evil or Very Mad
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content




PostSubyek: Re: Mengapa Umat Muslim Phobia Terhadap Pemurtadan?   Today at 14:56

Kembali Ke Atas Go down
 
Mengapa Umat Muslim Phobia Terhadap Pemurtadan?
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 3Pilih halaman : 1, 2, 3  Next
 Similar topics
-
» Vlad Dracula " Kisah Nyata Pembantai Umat Islam Dalam Perang Salib
» 20 Alasan Kita Cinta Indonesia
» [ASK] Apa sih opini, pendapat, dan pandangan kalian terhadap sikap demonstran yang marak terjadi akhir-akhir ini? XD
» Pisikopat & MP
» UN ditiadakan?

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Ladang Tuhan Baru :: Forum Terbuka :: Diskusi - Kristen Bertanya Non-Kristen Menjawab-
Navigasi: