Ladang Tuhan Baru
Selamat datang kepada sesama saudara Kristen dan saudara lain iman. Mari kita saling kenal dalam suasana bersahabat.

Ladang Tuhan Baru

Forum Komunitas Kristen
 
IndeksIndeks  PencarianPencarian  PendaftaranPendaftaran  LoginLogin  

Share | 
 

 Tanya ke muslim: Dosa dan akhirat

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
Pilih halaman : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9  Next
PengirimMessage
samiaji
Calon Perwira
Calon Perwira


Jumlah posting : 392
Join date : 26.02.11
Age : 38

PostSubyek: Tanya ke muslim: Dosa dan akhirat    5th March 2011, 19:05

Sering terlintas pertanyaan ini di benak saya, saya hanya ingin klarifikasi atau minta penjelasan yang benar, mungkin saudara muslim dapat membantu menjelaskan :

1. Yang saya tau pemahaman Islam adalah setiap bayi yang lahir adalah suci
2. Saat mencapai Akil balik, perbuatannya mulai harus dipertanggungjawabkan. dosa dan pahala akan mulai dihitung
3. Dosa adalah perbuatan yang melanggar perintah Allah, menurut Islam ada beberapa jenis & besaran dosa. Ada dosa yang tidak dapat dimaafkan dan dosa yang dapat dimaafkan.
4. Pahala merupakan reward dari perbuatan baik. Pahala juga beraneka macam dan besaran. Contohnya pahala sembahyang di mesjid di Arab lebih besar, dll. Ada pahala yang dapat menghapus dosa.
5. Menurut Islam, pada hari kiamat, semua orang akan diadili oleh perbuatannya (atau oleh Allah ?). Ada beberapa kemunginan :
* Kalau ia tidak murtad dan pahalanya lebih besar dari dosa, ia langsung ke surga
* Kalau ia tidak murtad dan dosanya lebih besar dari pahala, maka dosanya akan dihapuskan dulu di api neraka, lalu nanti ke surga
* Kalau ia murtad, apapun dosa dan pahalanya, ia akan masuk neraka tanpa bisa keluar
* Kalau ia mualaf, maka dosa dan pahalanya dihitung mulai dari sejak ia mualaf
6. Doa orang hidup (dengan memohon belas kasihan pada Allah untuk orang yang sudah mati) bisa membantu orang mati supaya terhindar dari siksa kubur & dari api neraka


Pertanyaannya :
# Apakah pemahaman saya di atas ada yang salah ?
# Apakah anak kecil dibawah akil balik tidak dapat berbuat dosa ataukah tidak diperhitungkan dosa dan pahalanya ?
# Yang menentukan hasil pengadilan akhir, apakah perbuatannya sendiri ataukah hakim yang adalah Allah ?
# Kalau melihat ada pahala yang bisa menghapus dosa hingga satu tahun ke belakang atau malah dosa selurh hidupnya, maka masuk akal juga kalau banyak umat Islam yang masuk surga.... Walau lebih banyak yang mungkin harus menderita sementara di neraka, sebelum masuk surga. Tapi kalau melihat hal diatas, bisa "dipastikan" apabila seorang muslim (selama ia tidak berbuat dosa yang tidak termaafkan) akan masuk surga, benar begitu pemahamannya ?

Terima Kasih atas jawabannya


Salam

Kembali Ke Atas Go down
Raihan Danielsan
Calon Perwira
Calon Perwira


Jumlah posting : 236
Join date : 04.02.11

PostSubyek: Re: Tanya ke muslim: Dosa dan akhirat    6th March 2011, 08:34

@mas samiaji

Subhanullah, mas samiaji sepertinya sangat mengenal sekali agama Islam. Apa yg mas samiaji paparkan itu, memang demikianlah kurang lebihhnya ajaran Islam. Saya coba akan sedikit tambahkan mengenai beberapa hala.

- Semua dosa dapat diampuni oleh Allah SWT, kecuali Syirik.... Syirik adalah perbuatan menyekutukan Allah SWT, yaitu ada sembahan selain Allah SWT. Murtad juga dianggap syirik, karena murtadin mempercayai ada sembahan lain selain Allah SWT

- Memang dibolehkan dalam ajaran Islam untuk mendokan kepada yg telah mati agar diampuni segala dosa perbuatannya selama dia hidup di dunia dan juga agar terhindar dari siksa api neraka. Namun namanya doa, bisa dikabulkan dan bisa juga tidak dikabulkan oleh Allah SWT.

- Anak kecil tidak dikenai beban syariat. Dalam sebuah hadist diterangkan bahwa yg terhindar dari hukum syariat adalah; orang gila, anak kecil, dan orang tidur. Karena mereka tidak dapat menggunakan akalnya dg sempurna.

- Hakim yg Maha Adil di akhirat kelak yg menilai segala perbuatan manusia selama hidup di dunia sudah pasti Allah SWT, mas samiaji.

Kekurangannya mungkin dapat dijelaskan rekan muslim lainnya, terutama akhi Silancah. Karena sebenarnya yg tepat ini adalah porsi beliau. :)

salam
Kembali Ke Atas Go down
Tamu
Tamu



PostSubyek: Re: Tanya ke muslim: Dosa dan akhirat    7th March 2011, 11:06

Quote :
- Hakim yg Maha Adil di akhirat kelak yg menilai segala perbuatan manusia selama hidup di dunia sudah pasti Allah SWT

nih maksudnya tergantung perbuatannya juga kan ? roll
Kembali Ke Atas Go down
samiaji
Calon Perwira
Calon Perwira


Jumlah posting : 392
Join date : 26.02.11
Age : 38

PostSubyek: Re: Tanya ke muslim: Dosa dan akhirat    7th March 2011, 18:05

Masih nunggu jawaban rekan muslim lainnya... ;)
Kembali Ke Atas Go down
striker
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1393
Join date : 03.02.11

PostSubyek: Re: Tanya ke muslim: Dosa dan akhirat    9th March 2011, 15:26

-Saya rasa jawaban dari saudara Raihan sudah mewakili jawaban yg dibutuhkan mas bro samiaji :)

- mas bro T2Y, tentu saja tergantung perbuatan setiap individu ketika masih hidup, karena setiap perbuatan balasannya, yg baik mendapatkan pahala dan yg buruk mendpatkan dosa.
Tapi kalau Allah menghendaki tuk mengampuni dosa atau tdk menerima amal seseorang tentulah Allah sudah memilki pertimbangan atas hal tsb, jadi sekali lagi hasil akhir ya terserah Allah.

Bagaimana pemahaman didlm kristen, boleh dibagi ilmunya sedikit? please :)

Kembali Ke Atas Go down
Tamu
Tamu



PostSubyek: Re: Tanya ke muslim: Dosa dan akhirat    10th March 2011, 10:21

striker wrote:


Bagaimana pemahaman didlm kristen, boleh dibagi ilmunya sedikit? please :)


tidak ada perbuatan baik apapun yang dilakukan manusia yang bisa menyelamatkan dirinya dari hukuman atas akibat/konsekwensi dosa.
Kembali Ke Atas Go down
Djo
Perwira Pertama
Perwira Pertama


Jumlah posting : 794
Join date : 28.01.11

PostSubyek: Re: Tanya ke muslim: Dosa dan akhirat    10th March 2011, 18:38

Raihan Danielsan wrote:
Dalam sebuah hadist diterangkan bahwa yg terhindar dari hukum syariat adalah; orang gila, anak kecil, dan orang tidur. Karena mereka tidak dapat menggunakan akalnya dg sempurna.

Oot dikit, numpang tanya dong....

kalo orang gila dan anak kecil berbuat kesalahan dan tdk dihitung, saya masih bisa mengerti. Tapi kalo orang tidur ? ini maksudnya apa ya ? memangnya orang lg tidur bisa berbuat kesalahan ya ? atau ada pengertian/maksud dibalik itu ?

thanks.
Kembali Ke Atas Go down
samiaji
Calon Perwira
Calon Perwira


Jumlah posting : 392
Join date : 26.02.11
Age : 38

PostSubyek: Re: Tanya ke muslim: Dosa dan akhirat    11th March 2011, 02:17

Terima kasih atas semua jawabannya.. :)

Kalau boleh minta penjelasan lebih lanjut, tambahan dari yang bro Djo tanyakan:

# mengenai anak kecil yang tidak diikat syariat, jadi bukan karena mereka tidak bisa berbuat dosa, tapi karena memang tidak diperhitungkan. iya kan ? kapan mulai syariat itu bisa diterapkan pada mereka ? Contoh lainnya... Bagaimana bila ada anak kecil yang berbohong ?

# Apakah ada kemungkinan ada amal (yang benar-benar amal) yang tidak diterima oleh Allah ?
..

Saya coba jawab sesuai pemahaman saya mengenai iman kristen, kalau salah atau kurang lengkap, mohon rekan-rekan kristen membantu meluruskan :
1. Semua bayi lahir suci, namun memiliki dosa asal, yaitu kecenderungan untuk berbuat dosa sebagai akibat dari dosa Adam - manusia pertama. NAMUN dia belum berdosa sebelum melakukan dosa.
2. Tidak ada saat dimana seorang anak tidak diperhitungkan dosanya. Berbohong tetaplah dosa tidak memandang umur ataupun niatan.
3. Upah dosa adalah maut. Tidak ada yang disebut dosa kecil / besar / putih.
4. Tidak ada perbuatan baik yang bisa menghapus dosa.
4a. Dosa harus ditebus, dosa sering dianalogikan dengan utang, (dahulu dengan korban bakaran, namun sekarang sudah ditebus oleh korban Anak Domba Allah). Dengan mempercayai dan menerima anugerah penebusan ini, maka dosa seseorang sudah dihapus dan tidak lagi diperhitungkan
4b. Tidak ada dosa yang tidak terampuni selain dosa yang menurut pelakunya tidak akan diampuni oleh Tuhan (kalau ia tidak mengampuni diri sendiri, Tuhan tidak akan mengampuni dosa tersebut - seperti dalam doa Bapak Kami - juga berarti tidak mempercayai anugerah penebusan)
4c. Orang kristen yang mempercayai dirinya sudah diselamatkan, melakukan perbuatan baik sebagai suatu kewajaran sebagai gambar dan rupa Allah sehingga harus melakukan kehendak (bukan hanya semata sebagai perintah) Allah
5. Pada hari kiamat, menurut iman kristen :
* Kalau ia menerima (dalam artian mengakui, mempercayai, dan menerima) anugerah penebusan dalam Yesus Kristus, maka ia diselamatkan (masuk surga)
* Kalau ia tidak mempercayai (apalagi menerima) anugerah tersebut, maka ia akan diadili oleh Tuhan Yesus sebagai hakim yang adil, menurut perbuatannya di dunia ( menurut hukum Taurat ?? )
* Sedikit berbeda, bagi umat katholik mempercayai api penyucian, umat protestan mempercayai tujuan akhir adalah surga atau neraka untuk selamaya.
* Sejak saat ia menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juru selamatnya, maka Yesus sudah menebus lunas dosa-dosanya, Tidak akan diperhitungkan lagi. Istilahnya lahir baru. Jika ia benar-benar mengakui hal tersebut, maka ia bagaikan sudah mati terhadap dosa (tidak akan hidup diperbudak oleh dosa). Hidupnya diibaratkan wadah yang "hanya" menampung & meneruskan kasih, anugerah, berkat, dan kehendak Allah.
6. Umat katholik mempercayai mereka dapat meminta orang-orang kudus untuk turut mendoakan orang yang masih hidup, tetapi umat protestan tidak mempercayai sama sekali hubungan dengan orang yang telah meninggal (baik mendoakan ataupun minta didoakan).

# tambahan : dosa sering dianalogikan sebagai penyakit yang harus disembuhkan. Ada yang bisa disembuhkan dengan cepat, tetapi ada juga yang harus sedikit demi sedikit atau malah penyakit kambuhan hehe...
# Orang kristen melihat segala perbuatannya tidak lagi semata sebagai dosa vs bukan dosa (apakah melakukan ini berdosa atau tidak berdosa), tetapi lebih sebagai baik vs buruk bila diperbuat - hati & pikiran sebagai sumber penilaian. Ibadah tidak lagi dipentingkan dalam hal tata caranya tetapi lebih ke dalam kondisi hati (akal, pikiran, roh)

Mungkin ada rekan-rekan kristen yang mau menambahkan atau meng-koreksi, silakan..


Salam
Kembali Ke Atas Go down
Raihan Danielsan
Calon Perwira
Calon Perwira


Jumlah posting : 236
Join date : 04.02.11

PostSubyek: Re: Tanya ke muslim: Dosa dan akhirat    11th March 2011, 10:17

Djo wrote:
Raihan Danielsan wrote:
Dalam sebuah hadist diterangkan bahwa yg terhindar dari hukum syariat adalah; orang gila, anak kecil, dan orang tidur. Karena mereka tidak dapat menggunakan akalnya dg sempurna.

Oot dikit, numpang tanya dong....

kalo orang gila dan anak kecil berbuat kesalahan dan tdk dihitung, saya masih bisa mengerti. Tapi kalo orang tidur ? ini maksudnya apa ya ? memangnya orang lg tidur bisa berbuat kesalahan ya ? atau ada pengertian/maksud dibalik itu ?

thanks.

Orang yg tidur dan bangun kesiangan sehingga dia tidak sholat subuh, maka dia terhindar dari dosa karena tidak melakukan sholat subuh. :)
Kembali Ke Atas Go down
Raihan Danielsan
Calon Perwira
Calon Perwira


Jumlah posting : 236
Join date : 04.02.11

PostSubyek: Re: Tanya ke muslim: Dosa dan akhirat    11th March 2011, 10:45

samiaji wrote:

Kalau boleh minta penjelasan lebih lanjut, tambahan dari yang bro Djo tanyakan:

# mengenai anak kecil yang tidak diikat syariat, jadi bukan karena mereka tidak bisa berbuat dosa, tapi karena memang tidak diperhitungkan. iya kan ? kapan mulai syariat itu bisa diterapkan pada mereka ? Contoh lainnya... Bagaimana bila ada anak kecil yang berbohong ?
Salam

Tidak dijelaskan hingga usia berapa seorang anak terkena hukum syariat, para ulama berpendapat, yaitu pada saat baligh. Oleh karena itu dalam masyarakat Islam, sesudah baligh seorang anak diperintahkan untuk menjalankan perintah syariat, seperti sholat, berpuasa, dsb.

Anak kecil berbohong tetap tidak hukum terkena syariat, tapi sebagai orang tua terkena kewajiban mendidik anak sesuai dg syariat.


samiaji wrote:


# Apakah ada kemungkinan ada amal (yang benar-benar amal) yang tidak diterima oleh Allah ?
..
Salam

Dalam seubuah hadist dijelaskan bahwa amal perbuatan tergantung akan niat seseorang, kalau niatnya bukan karena Allah, maka akan tertolak amalannya itu.

Kalau mas Samiaji beramal dg tujuan agar dipuji oleh mertua, maka akan sia-sialah amalan mas Samiaji. :)
Kembali Ke Atas Go down
striker
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1393
Join date : 03.02.11

PostSubyek: Re: Tanya ke muslim: Dosa dan akhirat    11th March 2011, 10:58

Saya rasa masalah dosa orang yg tidur ini, mungkin sebagai tambahan kalau saat kita tidur dan mengigau bahkan sampai melakukan hal2 yg berdosa (seperti berkata2 yg tida pantas), maka dia terhindar dari dosa, mungkin seperti itu juga :)
Kembali Ke Atas Go down
Djo
Perwira Pertama
Perwira Pertama


Jumlah posting : 794
Join date : 28.01.11

PostSubyek: Re: Tanya ke muslim: Dosa dan akhirat    11th March 2011, 11:02

Raihan Danielsan wrote:


Orang yg tidur dan bangun kesiangan sehingga dia tidak sholat subuh, maka dia terhindar dari dosa karena tidak melakukan sholat subuh. :)

Kalo sopir lagi mengendarai bis terus ketiduran dan nabrak nenek2, dosa gak ?
Kembali Ke Atas Go down
Djo
Perwira Pertama
Perwira Pertama


Jumlah posting : 794
Join date : 28.01.11

PostSubyek: Re: Tanya ke muslim: Dosa dan akhirat    11th March 2011, 11:04

striker wrote:
Saya rasa masalah dosa orang yg tidur ini, mungkin sebagai tambahan kalau saat kita tidur dan mengigau bahkan sampai melakukan hal2 yg berdosa (seperti berkata2 yg tida pantas), maka dia terhindar dari dosa, mungkin seperti itu juga :)

kalo seorang lelaki lg tidur terus dia mengigau sambil menyebut2 nama istri anda sbg kekasihnya, itu dosa gak ?
Kembali Ke Atas Go down
striker
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1393
Join date : 03.02.11

PostSubyek: Re: Tanya ke muslim: Dosa dan akhirat    11th March 2011, 11:05

T2Y wrote:
striker wrote:


Bagaimana pemahaman didlm kristen, boleh dibagi ilmunya sedikit? please :)


tidak ada perbuatan baik apapun yang dilakukan manusia yang bisa menyelamatkan dirinya dari hukuman atas akibat/konsekwensi dosa.

mas bro T2Y, kalau begitu apa yg bisa menyelamatkan diri manusia dari hukuman Allah?
Kembali Ke Atas Go down
striker
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1393
Join date : 03.02.11

PostSubyek: Re: Tanya ke muslim: Dosa dan akhirat    11th March 2011, 11:08

Djo wrote:
striker wrote:
Saya rasa masalah dosa orang yg tidur ini, mungkin sebagai tambahan kalau saat kita tidur dan mengigau bahkan sampai melakukan hal2 yg berdosa (seperti berkata2 yg tida pantas), maka dia terhindar dari dosa, mungkin seperti itu juga :)

kalo seorang lelaki lg tidur terus dia mengigau sambil menyebut2 nama istri anda sbg kekasihnya, itu dosa gak ?

pasti maksud mas bro djo, memanggil2 kekasih yg lain disamping istri ketika tidur, gitu kan? wah itu bukan dosa, tapi kena gampar, dan paginya pasti gak sarapan deh :)

kalau menyebut nama istri sebagai kekasih, wah besok paginya pasti istri masak enak sekali karena sudah dibawa mimpi oleh sang suami sebagai tanda cintanya :)
Kembali Ke Atas Go down
striker
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1393
Join date : 03.02.11

PostSubyek: Re: Tanya ke muslim: Dosa dan akhirat    11th March 2011, 11:12

Djo wrote:
Raihan Danielsan wrote:


Orang yg tidur dan bangun kesiangan sehingga dia tidak sholat subuh, maka dia terhindar dari dosa karena tidak melakukan sholat subuh. :)

Kalo sopir lagi mengendarai bis terus ketiduran dan nabrak nenek2, dosa gak ?

tidak dosa (menurut striker lho), tapi dipenjara iya!! kalau neneknya gak apa2 ya paling digampar ama nenek tersebut hihi :)
Kembali Ke Atas Go down
Djo
Perwira Pertama
Perwira Pertama


Jumlah posting : 794
Join date : 28.01.11

PostSubyek: Re: Tanya ke muslim: Dosa dan akhirat    11th March 2011, 11:17

striker wrote:

pasti maksud mas bro djo, memanggil2 kekasih yg lain disamping istri ketika tidur, gitu kan?
hehehehe, that's right brother.... Very Happy

striker wrote:

wah itu bukan dosa, tapi kena gampar, dan paginya pasti gak sarapan deh :)
yakin nih, bukan sebuah dosa ?
Iya betul, pertamanya kena gampar, seterusnya minta diceraikan Laughing Laughing
Kembali Ke Atas Go down
Djo
Perwira Pertama
Perwira Pertama


Jumlah posting : 794
Join date : 28.01.11

PostSubyek: Re: Tanya ke muslim: Dosa dan akhirat    11th March 2011, 11:21

striker wrote:
Djo wrote:
Raihan Danielsan wrote:


Orang yg tidur dan bangun kesiangan sehingga dia tidak sholat subuh, maka dia terhindar dari dosa karena tidak melakukan sholat subuh. :)

Kalo sopir lagi mengendarai bis terus ketiduran dan nabrak nenek2, dosa gak ?

tidak dosa (menurut striker lho), tapi dipenjara iya!! kalau neneknya gak apa2 ya paling digampar ama nenek tersebut hihi :)
masak sih nggak dosa ? bukankah ini berarti sebuah kelalaian/kecerobohan ?

Ya matilah.., nenek2 dikagetin aja bisa mati, apalagi ketabrak Bis d\'oh
Kembali Ke Atas Go down
striker
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1393
Join date : 03.02.11

PostSubyek: Re: Tanya ke muslim: Dosa dan akhirat    11th March 2011, 11:27

samiaji wrote:
Terima kasih atas semua jawabannya.. :)

Kalau boleh minta penjelasan lebih lanjut, tambahan dari yang bro Djo tanyakan:

# mengenai anak kecil yang tidak diikat syariat, jadi bukan karena mereka tidak bisa berbuat dosa, tapi karena memang tidak diperhitungkan. iya kan ? kapan mulai syariat itu bisa diterapkan pada mereka ? Contoh lainnya... Bagaimana bila ada anak kecil yang berbohong ?

# Apakah ada kemungkinan ada amal (yang benar-benar amal) yang tidak diterima oleh Allah ?
..

Saya coba jawab sesuai pemahaman saya mengenai iman kristen, kalau salah atau kurang lengkap, mohon rekan-rekan kristen membantu meluruskan :
1. Semua bayi lahir suci, namun memiliki dosa asal, yaitu kecenderungan untuk berbuat dosa sebagai akibat dari dosa Adam - manusia pertama. NAMUN dia belum berdosa sebelum melakukan dosa.
2. Tidak ada saat dimana seorang anak tidak diperhitungkan dosanya. Berbohong tetaplah dosa tidak memandang umur ataupun niatan.
3. Upah dosa adalah maut. Tidak ada yang disebut dosa kecil / besar / putih.
4. Tidak ada perbuatan baik yang bisa menghapus dosa.
4a. Dosa harus ditebus, dosa sering dianalogikan dengan utang, (dahulu dengan korban bakaran, namun sekarang sudah ditebus oleh korban Anak Domba Allah). Dengan mempercayai dan menerima anugerah penebusan ini, maka dosa seseorang sudah dihapus dan tidak lagi diperhitungkan
4b. Tidak ada dosa yang tidak terampuni selain dosa yang menurut pelakunya tidak akan diampuni oleh Tuhan (kalau ia tidak mengampuni diri sendiri, Tuhan tidak akan mengampuni dosa tersebut - seperti dalam doa Bapak Kami - juga berarti tidak mempercayai anugerah penebusan)
4c. Orang kristen yang mempercayai dirinya sudah diselamatkan, melakukan perbuatan baik sebagai suatu kewajaran sebagai gambar dan rupa Allah sehingga harus melakukan kehendak (bukan hanya semata sebagai perintah) Allah
5. Pada hari kiamat, menurut iman kristen :
* Kalau ia menerima (dalam artian mengakui, mempercayai, dan menerima) anugerah penebusan dalam Yesus Kristus, maka ia diselamatkan (masuk surga)
* Kalau ia tidak mempercayai (apalagi menerima) anugerah tersebut, maka ia akan diadili oleh Tuhan Yesus sebagai hakim yang adil, menurut perbuatannya di dunia ( menurut hukum Taurat ?? )
* Sedikit berbeda, bagi umat katholik mempercayai api penyucian, umat protestan mempercayai tujuan akhir adalah surga atau neraka untuk selamaya.
* Sejak saat ia menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juru selamatnya, maka Yesus sudah menebus lunas dosa-dosanya, Tidak akan diperhitungkan lagi. Istilahnya lahir baru. Jika ia benar-benar mengakui hal tersebut, maka ia bagaikan sudah mati terhadap dosa (tidak akan hidup diperbudak oleh dosa). Hidupnya diibaratkan wadah yang "hanya" menampung & meneruskan kasih, anugerah, berkat, dan kehendak Allah.
6. Umat katholik mempercayai mereka dapat meminta orang-orang kudus untuk turut mendoakan orang yang masih hidup, tetapi umat protestan tidak mempercayai sama sekali hubungan dengan orang yang telah meninggal (baik mendoakan ataupun minta didoakan).

# tambahan : dosa sering dianalogikan sebagai penyakit yang harus disembuhkan. Ada yang bisa disembuhkan dengan cepat, tetapi ada juga yang harus sedikit demi sedikit atau malah penyakit kambuhan hehe...
# Orang kristen melihat segala perbuatannya tidak lagi semata sebagai dosa vs bukan dosa (apakah melakukan ini berdosa atau tidak berdosa), tetapi lebih sebagai baik vs buruk bila diperbuat - hati & pikiran sebagai sumber penilaian. Ibadah tidak lagi dipentingkan dalam hal tata caranya tetapi lebih ke dalam kondisi hati (akal, pikiran, roh)

Mungkin ada rekan-rekan kristen yang mau menambahkan atau meng-koreksi, silakan..


Salam
Mas bro samiaji, boleh nambah bertanya?

1. Apakah beda bayi dulu sebelum yesus dengan bayi sesudah yesus disalib?
2. mengapa berbohong masih berdosa disaat dosa sdh tidak diperhitungkan lagi setelah ditebus oleh Yesus? apa konsekwensi dari dosa berbohong ini?
3.apakah maksud maut disini, dosa apa saja yg berupah maut bukankah maut sudah dikalahkan oleh Yesus dengan kematiannya? lalu dosa apa saja yg ditebus oleh Yesus?
4.apakah kalau saya menerima penebusan dosa yesus tapi masih berbuat khilaf dan dosa (sebagai manusia biasa), maka otomatis dosa saya tdk diperhitungkan dan pasti masuk surga?
kalau saya sebagai manusia yg rajin beribadah dan berusaha berbuat sebaik2 mungkin didlm hidup sy, tapi saya tdk menerima dan percaya akan penebusan dosa, apakah saya tidak layak masuk surga?

bukankha ibadah termasuk perbuatan baik, mengapa tidak diperhitungkan? kalau kristen hanya perlu beribadah didlm hati, pikiran dan roh mengapa harus repot2 ke gereja setiap minggunya? apakah sama orang yg tdk pernah ke gereja (tapi rajin membaca alkitab) dengan orang yg rajin ke gereja meskipun hanya mendengarkan pendeta membaca alkitab?
Kembali Ke Atas Go down
striker
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1393
Join date : 03.02.11

PostSubyek: Re: Tanya ke muslim: Dosa dan akhirat    11th March 2011, 11:31

Djo wrote:
striker wrote:
Djo wrote:
Raihan Danielsan wrote:


Orang yg tidur dan bangun kesiangan sehingga dia tidak sholat subuh, maka dia terhindar dari dosa karena tidak melakukan sholat subuh. :)

Kalo sopir lagi mengendarai bis terus ketiduran dan nabrak nenek2, dosa gak ?

tidak dosa (menurut striker lho), tapi dipenjara iya!! kalau neneknya gak apa2 ya paling digampar ama nenek tersebut hihi :)
masak sih nggak dosa ? bukankah ini berarti sebuah kelalaian/kecerobohan ?

Ya matilah.., nenek2 dikagetin aja bisa mati, apalagi ketabrak Bis d\'oh

kan dlm kurung (menurut striker) :)

saya rasa ketiduran tidak sama dengan kelalian ataupun kecerobohan, karena kantuk kadang datang tak terduga, mungkin saja nasib si nenek memang harus mati tertabrak bis dan supir memang dibuat tertidur oleh Allah, who knows? :)
Kembali Ke Atas Go down
striker
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1393
Join date : 03.02.11

PostSubyek: Re: Tanya ke muslim: Dosa dan akhirat    11th March 2011, 11:33

Djo wrote:
striker wrote:

pasti maksud mas bro djo, memanggil2 kekasih yg lain disamping istri ketika tidur, gitu kan?
hehehehe, that's right brother.... Very Happy

striker wrote:

wah itu bukan dosa, tapi kena gampar, dan paginya pasti gak sarapan deh :)
yakin nih, bukan sebuah dosa ?
Iya betul, pertamanya kena gampar, seterusnya minta diceraikan Laughing Laughing

Mas bro djo, mengigaunya TIDAK DOSA, yg dosa itu selingkuhnya bounce bounce bounce
Kembali Ke Atas Go down
striker
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1393
Join date : 03.02.11

PostSubyek: Re: Tanya ke muslim: Dosa dan akhirat    11th March 2011, 11:40

JUM'ATAN dulu mas bro :)
Kembali Ke Atas Go down
Djo
Perwira Pertama
Perwira Pertama


Jumlah posting : 794
Join date : 28.01.11

PostSubyek: Re: Tanya ke muslim: Dosa dan akhirat    11th March 2011, 11:46

striker wrote:
Djo wrote:
striker wrote:

pasti maksud mas bro djo, memanggil2 kekasih yg lain disamping istri ketika tidur, gitu kan?
hehehehe, that's right brother.... Very Happy

striker wrote:

wah itu bukan dosa, tapi kena gampar, dan paginya pasti gak sarapan deh :)
yakin nih, bukan sebuah dosa ?
Iya betul, pertamanya kena gampar, seterusnya minta diceraikan Laughing Laughing

Mas bro djo, mengigaunya TIDAK DOSA, yg dosa itu selingkuhnya bounce bounce bounce

hehehe begitu ya..... Very Happy
Kembali Ke Atas Go down
Djo
Perwira Pertama
Perwira Pertama


Jumlah posting : 794
Join date : 28.01.11

PostSubyek: Re: Tanya ke muslim: Dosa dan akhirat    11th March 2011, 11:47

striker wrote:
JUM'ATAN dulu mas bro :)

Oh iya bro, silahkan.....

Selamat menunaikan ibadah sholat jumat bagi yg menjalankan...
Kembali Ke Atas Go down
samiaji
Calon Perwira
Calon Perwira


Jumlah posting : 392
Join date : 26.02.11
Age : 38

PostSubyek: Re: Tanya ke muslim: Dosa dan akhirat    11th March 2011, 16:09

Raihan Danielsan wrote:


Tidak dijelaskan hingga usia berapa seorang anak terkena hukum syariat, para ulama berpendapat, yaitu pada saat baligh. Oleh karena itu dalam masyarakat Islam, sesudah baligh seorang anak diperintahkan untuk menjalankan perintah syariat, seperti sholat, berpuasa, dsb.

Anak kecil berbohong tetap tidak hukum terkena syariat, tapi sebagai orang tua terkena kewajiban mendidik anak sesuai dg syariat.
Jadi benar memang tidak diperhitungkan sebagai dosa ya...
baligh itu ketika sang anak sadar terhadap keadaan dirinya ya kan ?
Dengan kata lain, saat anak tersebut sadar kalau yang dilakukannya salah / dosa maka ia berdosa...
(ataukah baligh itu tergantung usia ?)..

Raihan Danielsan wrote:

samiaji wrote:

# Apakah ada kemungkinan ada amal (yang benar-benar amal) yang tidak diterima oleh Allah ?

Dalam seubuah hadist dijelaskan bahwa amal perbuatan tergantung akan niat seseorang, kalau niatnya bukan karena Allah, maka akan tertolak amalannya itu.

Kalau mas Samiaji beramal dg tujuan agar dipuji oleh mertua, maka akan sia-sialah amalan mas Samiaji. :)

Yang saya maksudkan juga yang benar-benar murni amal bukan niat jelek.
# Apakah ada kemungkinan ada amal (yang benar-benar amal) yang tidak diterima oleh Allah ?


Salam

Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content




PostSubyek: Re: Tanya ke muslim: Dosa dan akhirat    Today at 21:40

Kembali Ke Atas Go down
 
Tanya ke muslim: Dosa dan akhirat
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 9Pilih halaman : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9  Next
 Similar topics
-
» [Tanya] IQ-nya brapa sih??
» Tanya tentang Oli pertamina
» (iseng2 tanya)napa banyak ninja 250 dijual???
» Vlad Dracula " Kisah Nyata Pembantai Umat Islam Dalam Perang Salib
» MITOS DI MASYARAKAT

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Ladang Tuhan Baru :: Forum Terbuka :: Diskusi - Kristen Bertanya Non-Kristen Menjawab-
Navigasi: