|
| Mengenal kembali bible (di adopsi dari ichreza ) | |
| | Pengirim | Message |
---|
M alexander berbatov Tamtama
Jumlah posting : 4 Join date : 19.12.11
| Subyek: Mengenal kembali bible (di adopsi dari ichreza ) 19th December 2011, 11:36 | |
| Kitab Suci / Holy Bible dalam agama kristen itu terbagi dalam dua bagian, yaitu : Old Testament (Perjanjian Lama) dan New Testament (Perjanjian Baru). Literatur kristen dalam bahasa Indonesia memanggil salinan kitab suci itu dengan "Alkitab".
Biblia, yang merupakan Kitab Suci dalam agama Yahudi, dipanggil oleh pihak kristen dengan Perjanjian Lama dan merupakan bagian dari kitab suci agama kristen. Biblia itu terbagi atas tiga bagian : Torah dan Nebiim dan Kethubiim.
Kitab suci agama Yahudi itu disebut juga „Perjanjian“. Inti isinya termaktub dalam Sepuluh Perintah (Ten Commadments) seperti termuat dalam Keluaran (20: 1-12) dan dalam Ulangan (5:1-21), yang merupakan perjanjian Yahuwa dengan bani Israil.
Sepuluh Perintah itu termuat dalam dua buah Luh, yang dibawa turun oleh Nabi Musa dari puncak sebuah bukit batu di semenanjung Sinai, yang pada puncak yang terpandang suci itu Nabi Musa menerimakan perjanjian dari Allah Maha Kuasa (Yahuwa)
Di dalam hubungan perjanjian Yahuwa dengan bani Israil itu, Kitab Suci Al-Qur'an dari agama Islam menyebut „Perjanjian“ tersebut dalam berbagai Surah dengan al-Mitsaq , (Baqarah, 27; Ra'ad, 27; Nisak, 153; Maidah, 15; Baqarah, 63, 84,93; dan berbagai Surah lainnya), yang bermakna: Perjanjian.
Karena pihak kristen berpendirian bahwa ketetapan yang diberikan Allah Maha Kuasa kepada Jesus (Isa Al-Masih) itu pun merupakan perjanjian, maka lahir dua istilah dalam dunia kristen, yaitu : Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru.
Perjanjian Baru / New Testament Perjanjian Baru merupakan kitab suci yang paling azasi dalam agarna kristen sekalipun dunia kristen itu mengakui kitab suci agama Yahudi merupakan bagian dari kitab sucinya juga.
Perjanjian Baru itu terbagi atas empat bagian :
1. Gospels (himpunan Injil) terdiri atas empat Injil : a. Injil Matius, karya Matius. b. Injil Markus, karya Markus. c. Injil Lukas, karya Lukas. d. Injil Yahya, karya Yahya.
2. Acts of Apostles (Kisah Rasul-Rasul) terdiri atas sebuah kitab saja, yang merupakan karya Lukas.
3. Epistles (himpunan Surat) terdiri dari 14 buah Surat Paulus (Rum, Korintus Pertama, Korintus Kedua, Galatia, Epesus, Pilipi, Kolose, Tesalonika Pertama. Tesalonika Kedua, Timotius Pertama, Timosius Kedua, Titus, Pilemon, Ibrani, 1 buah Surat Yakub (James), 2 buah Surat Peterus, 3 buah Surat Yahya, 1 buah Surat Yahuda.
4. Apocalypse (Wahyu) terdiri' atas sebuah kitab saja, yang merupakan karya Yahya.
Perbandingan luas isi dari keempat-empat bagian itu, dengan meminjam Kitab Perjanjian Baru cetakan 1955 yang diterbitkan Gedung Alkitab di Jakarta, tercatat sebagai berikut : Injil Matius : 93 halaman Injil Markus : 60 halaman Injil Lukas : 97 halaman Injil Yahya : 74 halaman Kisah Rasul-Rasul : 90 halaman Surat Paulus :216 halaman Surat-surat lain : 43 halaman Kitab Wahyu : 45 halaman jumlah : 718 halaman
Melihat perbandingan luas isi di atas dapat disimpulkan suatu fakta bahwa himpunan Surat-Surat Paulus itu merupakan bagian yang sangat dominan di dalam Perjanjian Baru itu.
Synoptic Gospels Keempat Injil di atas itu adalah tulisan empat tokoh mengenai peristiwa-peristiwa dalam kehidupan Jesus, semenjak lahir sampai menjalankan missinya dalam wilayah Galelia (Palestina Utara) dan terakhir dalam wilayah Judea (Palestina Selatan).
Tiga Injil yang pertama (Matius, Markus, Lukas) itu disebut dengan Synoptic Gospels, yakni Injil-Injil yang hampir bersamaan isinya. Sekalipun dijumpai perbedaan-perbedaan kecil di sana sini mengenai urutan Silsilah, urutan Kejadian, ragam Peristiwa, akan tetapi dalam rangka keseluruhannya hampir bersamaan.
Kalangan Sarjana-sarjana-Bible (Biblical Scholars), yang melakukan penelitian secara intensif terhadap satu persatu Injil itu, menyimpulkan bahwa masing-masing penulis Injil sama-sama memungut dari suatu Sumber Asal, akan tetapi Sumber-Asal (Q) itu sudah tidak dijumpai kini dan tidak dikenal sama sekali.
Sebaliknya Injil Yahya mempunyai cara sendiri di dalam mengisahkan kehidupan beserta missi dari Jesus itu. Baikpun urutan Kejadian maupun ragam peristiwa agak jauh berbeda dengan 3 Injil yang disebut Synoptic Gospels itu.
Perbedaan lainnya bahwa 3 lnjil yang pertama itu bercerita dalam bentuk yang sederhana dan mudah dipahami, akan tetapi Injil Yahya telah dipenuhi oleh ungkapan-ungkapan filosofis.
Perbedaan lainnya yang sangat tajam sekali ialah mengenai lama missi yang dijalankan Jesus dalam wilayah Galelia dan wilayah Judea itu. 3 Injil pertama bercerita bahwa Jesus Kristus itu menjalankan missinya dalam masa satu kali Perayaan Paskah, lalu tertangkap pada masa perayaan Paskah itu di Jerusalem. Jadi, Jesus menjalankan missinya dalam tempo lebih kurang satu tahun saja.
Tetapi Injil Yahya bercerita bahwa Jesus Kristus itu menjalankan missinya dalam masa tiga kali Perayaan Paskah, dan terakhir ditangkap dalam Perayaan Paskah di Jerusalem. Jadi menurut Yahya, Jesus Kristus menjalankan missinya dalam tempo 3 tahun, bukan satu tahun seperti keterangan ketiga Injil yang tergolong Synoptic Gospels itu.
Keempat Injil itu disusun penulisnya di dalam bahasa Greek kuno (Yunani). Sedangkan Jesus Kristus lahir dan hidup dalam lingkungan masyarakat Yahudi di Palestina, yang dewasa itu berada di bawah kekuasaan imperium Roma, dan menjalankan missinya dalam lingkungan masyarakat Yahudi itu, yang dewasa itu cuma mengenal dan mempergunakan bahasa Arainik yaitu suatu dialek dari bahasa Ibrani (Yahudi).
Nazarenes dan Christians Pengikut Jesus yang pertama sekali terdiri atas kelompok-kelompok Yahudi dalam wilayah Galelia maupun Judea, yang oleh kalangan Sarjana-sarjana Bible (Biblical Sholan) disebut dengan Early Christians, yakni Orang kristen yang pertama sekali.
Pada masa hidup Jesus sendiri maupun masa berikutnya belum dikenal sebutan orang kristen (Christianis). Mereka itu cuma disebut oleh kalangan lainnya, terutama oleh pihak-pihak yang menantang Jesus, dengan sebutan Nazarenes. Yakni para pengikut Nazareth. Hal itu disebabkan Jesus sekalipun dilahirkan di Bethlehem, akan tetapi keluarganya menetap di kota-kecil Nazareth dalam wilayah Galelia.
Oleh sebab itulah para mukmin pertama itu disebut pihak lawannya dengan pengikut orang Nazareth atau Nazarenes. Dari sebutan Nazarenes itulah lahir sebutan Nashara dalam bahasa Arab dan sebutan Nasrani dalam bahasa Indonesia.
Sedangkan sebutan Christians (Kristen) baru muncul pada masa belakangan, jauh sepeninggal Jesus. Sebutan itu bermula lahir di kota besar Antiokia di Syria Utara, sewaktu Barnabas dan Paulus menjalankan missinya di kota besar itu, yang mempunyai kedudukan sebagai ibukota imperium Roma untuk wilayah belahan Timur.
Disebabkan Barnabas dan Paulus di dalam missinya tidak henti-hentinya menyatakan dan menegaskan bahwa Jesus itu adalah Christos (AI-masih) maka orang sekitarnya memanggilkan mereka itu dengan para pengikut Kristus (Christians). Dari situlah lahir sebutan Orang kristen di dalam bahasa Indonesia.
Jesus wafat, menurut A. Powell Davies di dalam The First Christian cetakan 1957 halaman 13, sekitar tahun 29 Masehi. Pendapat itu dikukuhkan oleh Hugh J. Schonfield dalam The Authentic New Testament cetakan 1958 halaman XIV.
Sedangkan peristiwa pada kota-besar Antiokia itu terjadi, menurut Hugh J. Schonfield, sekitar tahun 46-48 masehi. Jadi Iebih kurang dua puluh tahun sepeninggal Jesus barulah muncuI sebutan Christians (orang Kristen).
Early Christians (Kristen Pertama) dan Gentile Christians (Orang Kristen Asing / Berikutnya) Pada akhirnya pecah sengketa sengit antara Barnabas dengan Paulus pada kota-kota besar Antiokia itu (Kisah Rasul-Rasul, 15 :39), dan juga Peteros dengan Paulus pada kota-besar Antiokia itu ia, 2: 11-21 ). Inti pokok yang menyebabkan sengketa itu tidak pernah dijelaskan di dalam Kisah Rasul-Rasul, akan tetapi hal itu akan dicoba dijelaskan dalam uraian berikut.
Karena sengketa sengit itu Paulus bersama Silas meninggalkan kota-besar Antiokia untuk selama-lamanya (Kisah Rasul-Rasul, 15:40-41) menuju Asia Kecil dan Makedonia dan semenanjung Achaia (Grik) guna mengembangkan ajarannya dalam lingkungan orang Grik dan mereka itulah yang disebut dengan Gentile Christians (Orang kristen Asing).
Sebutan itu lahir dalam dunia kristen untuk membedakan kelompok Pengikut yang Baru itu dengan Kristen Petama, Early Christians, yakni para pengikut Jesus Kristus yang mula-mula dalam lingkungan masyarakat Yahudi di Palestina, yang disebut dengan Nazarenes itu.
Para pengikut yang pertama diyakini telah musnah sebagian besarnya pada masa pemberontakan total bangsa Yahudi di Palestina terhadap penindasan imperium Roma, yang berlangsung sepuluh tahun lamanya, yaitu antara tahun 65 sampai 75 masehi. Legiun X dari pihak Roma melakukan pembunuhan-pembunuhan massal (massacre) pada perkampungan-perkampungan Yahudi di seluruh Palestina, kecuali yang sempat melarikan diri ke lembah Mesopotamia dan Arabia Selatan dan berbagai wilayah lainnya.
Sewaktu Panglima Titus pada tahun 70 masehi berhasil merebut dan menguasai benteng pertahanan terakhir dari pihak Yahudi, yaitu Kota Suci Jerusalem, maka berlangsung pembunuhan massal lagi. Panglima Titus bertindak menghancurkan Bait Allah di atas bukit Zion, yakni Bait Allah yang terkenal megah dan agung itu, yang pada masa dulu bermula dibangun oleh Nabi Sulaiman dan dikenal dengan Kuil Sulaiman (Solomon's Temple).
Panglima Titus mengumumkan wilayah Jerusalem dan sekitarnya dikuasai kini oleh pihak imperium Roma dan wilayah tersebut diberi nama dengan : Aeliae Capitolae. Semenjak tahun 70 masehi itu setiap orang Yahudi tidak di izinkan memasuki wilayah Aelice Capitolae itu.
Semenjak pemberontakan total yang gagal itulah dikenal dalam sejarah bangsa Yahudi dengan Great Diaspora, yakni masa memencar tanpa tanah air. Pada masa yang sangat tragis itu diyakini kelompok-kelompok pengikut Jesus yang pertama-tama (Early Christians) ikut musnah. Kecuali kelompok kecil yang sempat meliputkan dirinya ke kota Pella di seberang sungai Jordan, yang pada masa belakangan dikenal dengan sekte Ebionites yang mempunyai Injil sendiri yang dikenal dalam sejarah dengan Ebionite Gospel (Injil Ebionites), yang isinya jauh berbeda dengan Injil-Injil yang menjadi pegangan dunia kristen pada masa berikutnya dan kini.
Karena kelompok yang pertama-tama dapat dikatakan telah musnah pada masa pemberontakan itu maka berkembanglah kelompok pengikut yang baru, dibawah ajaran Paulus, yaitu Gentile Christians (Orang Kristen Asing). Sumber: Agama-agama Besar di Dunia | |
| | | striker Perwira Menengah
Jumlah posting : 1393 Join date : 03.02.11
| Subyek: Re: Mengenal kembali bible (di adopsi dari ichreza ) 19th December 2011, 16:40 | |
| Info yg cukup menarik dan bisa nambah2 wawasan :) | |
| | | bruce Global Moderator
Jumlah posting : 9231 Join date : 27.01.11
| Subyek: Re: Mengenal kembali bible (di adopsi dari ichreza ) 19th December 2011, 16:47 | |
| @Alex
Sorry bro, ada beberapa hal yang perlu saya tanyakan.
1. Apakah anda penganut Kristen? Kalau Kristen anda post di board yang keliru, karena board ini adalah pertanyaan dari member non Kristen kepada member Kristen.
2. Apakah tulisan yang anda post di atas itu bertujuan untuk diskusi atau hanya sharing saja? karena masing masing memiliki board yang berbeda.
Syalom | |
| | | Husada Global Moderator
Jumlah posting : 4981 Join date : 07.05.11
| Subyek: Re: Mengenal kembali bible (di adopsi dari ichreza ) 24th December 2011, 18:54 | |
| Yaah... mati pucuk deh. Tapi iya juga. Kalao sudah ada media atau boardnya, ya masuk di tempat yang tepat saja. Kalau saya menilai, kayaknya posting-an berbatov ini lebih cocok pada tempat sharing saja. Siapa yang kompeten mindahin? | |
| | | bruce Global Moderator
Jumlah posting : 9231 Join date : 27.01.11
| Subyek: Re: Mengenal kembali bible (di adopsi dari ichreza ) 24th December 2011, 19:15 | |
| @Husada
Anda juga bisa dan berwenang mindahin postingan koq bro. Tapi si TS juga sudah saya sepak kembali ke habitatnya berikut postingan sampahnya kemarin itu.
He he he. | |
| | | Husada Global Moderator
Jumlah posting : 4981 Join date : 07.05.11
| Subyek: Re: Mengenal kembali bible (di adopsi dari ichreza ) 24th December 2011, 19:36 | |
| Hihhihhiii... malu ati nih. Kagak tau carenye. | |
| | | striker Perwira Menengah
Jumlah posting : 1393 Join date : 03.02.11
| Subyek: Re: Mengenal kembali bible (di adopsi dari ichreza ) 24th December 2011, 20:01 | |
| - Husada wrote:
- Hihhihhiii... malu ati nih. Kagak tau carenye.
untung untung situ gak tahu carenye, jadi aman deh ane... hehehe | |
| | | Husada Global Moderator
Jumlah posting : 4981 Join date : 07.05.11
| Subyek: Re: Mengenal kembali bible (di adopsi dari ichreza ) 4th November 2012, 13:32 | |
| - striker wrote:
- Info yg cukup menarik dan bisa nambah2 wawasan :)
Wawasan, strik? Yang begini menambah wawasan striker? Menurut saya, banyak hal dalam artikel ini yang perlu dikonfirmasi ke sumber artikel, hanya saja, tidak diberikan linknya, yahhh... macet, deh. - striker wrote:
- Husada wrote:
- Hihhihhiii... malu ati nih. Kagak tau carenye.
untung untung situ gak tahu carenye, jadi aman deh ane... hehehe Kenapa sih, strik? Kalau saya tahu caranya, apa ruginya striker? Kalau saya tidak tahu caranya, dalam rupa apa keuntungan striker? Ngomong-ngomong, ada yang mengetahui ke mana Thread Starter ini? Mencermati tanggal bergabungnya, sudah cukup lama, dan pertanyaan Glomod tidak dijawab hingga kini. Kalau hanya nge- post seperti artikel ini lalu menghilang, pengecut bangat, deh. Bagusnya dipindah saja trit ni. (Sekarang sudah di tempat yang pas. Harap dicatat, informasi artikel ini belum dikonfirmasi.) Damai, damai, damai. | |
| | | bruce Global Moderator
Jumlah posting : 9231 Join date : 27.01.11
| Subyek: Re: Mengenal kembali bible (di adopsi dari ichreza ) 4th November 2012, 13:52 | |
| Sepertinya sebagai non Kristen, TS tidak berhak posting di board kesaksian, opung, jadi harus dikembalikan lagi ke board 'pertanyaan dari non Kristen'
Syalom | |
| | | Husada Global Moderator
Jumlah posting : 4981 Join date : 07.05.11
| Subyek: Re: Mengenal kembali bible (di adopsi dari ichreza ) 4th November 2012, 14:06 | |
| - bruce wrote:
- Sepertinya sebagai non Kristen, TS tidak berhak posting di board kesaksian, opung, jadi harus dikembalikan lagi ke board 'pertanyaan dari non Kristen'
Syalom Atau dihapus saja trit ini? Kalau artikel itu dikategorikan sebagai pertanyaan, kayaknya member Kristen ndak bakalan tertarik menjawab, kerna terlalu banyak informasinya yang perlu klarifikasi ato konfirmasi ulang, sementara TSnya sudah raib. Nah, tadinya, dengan berlatar pikir bahwa substansi artikel itu, menurut saya, masih mungkin diklarifikasi atau dikonfirmasikan kepada member lain, maka saya pindah ke sharing, sehingga masing-masing member yang berminat bisa men sharingkan pengalaman, pemikiran, pandangan atao lainnya terkait dengan substansi artikel terkait judul trit. Jadi, latar pikir saya bertitik berap pada sharingnya, dan bukan pada kesaksiannya. Damai, damai, damai. | |
| | | cinzano Moderator
Jumlah posting : 2124 Join date : 26.10.12 Lokasi : Buaya City
| Subyek: Re: Mengenal kembali bible (di adopsi dari ichreza ) 4th November 2012, 15:57 | |
| Artikel dr sudut pandang non Kristen....... | |
| | | Husada Global Moderator
Jumlah posting : 4981 Join date : 07.05.11
| Subyek: Re: Mengenal kembali bible (di adopsi dari ichreza ) 5th November 2012, 09:54 | |
| - cinzano wrote:
- Artikel dr sudut pandang non Kristen.......
Menurut Cinzan, di manakah tempat artikel tersebut di forum ini yang paling tepat? Apakah di Forum Terbuka, ato di Universal Ladang Tuhan, ato di Media, ato di Diskusi Umum, ato di Tempat Sampah? Awalnya, TS menaruh artikel tersebut di Forum Terbuka dengan Sub Pertanyaan dari Member Non-Kristen. Karena TSnya sudah tidak aktif, dan menurut dugaan saya akan sangat sedikit member Kristen yang tertarik dengan artikel tersebut mengingat begitu banyak informasi yang perlu diklarifikasi, dikonfirmasi, dan diverifikasi di dalamnya, maka saya pindah ke Universal Ladang Tuhan dengan Sub Sharing/Kesaksian. Namun setelah dibaca ulang, memang terasa kurang pas juga di sana, sebab pada awalnya, sub forum tersebut diperuntukkan sebagai tempat berbagi pengalaman dari member Kristen, padahal TS mengaku sebagai Non-Kristen. Damai, damai, damai. | |
| | | Sponsored content
| Subyek: Re: Mengenal kembali bible (di adopsi dari ichreza ) | |
| |
| | | | Mengenal kembali bible (di adopsi dari ichreza ) | |
|
Similar topics | |
|
| Permissions in this forum: | Anda tidak dapat menjawab topik
| |
| |
| |