Ladang Tuhan Baru
Selamat datang kepada sesama saudara Kristen dan saudara lain iman. Mari kita saling kenal dalam suasana bersahabat.

Ladang Tuhan Baru

Forum Komunitas Kristen
 
IndeksIndeks  PencarianPencarian  PendaftaranPendaftaran  LoginLogin  

Share | 
 

 Bagaimana Surga menurut Islam ?

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
Pilih halaman : 1, 2, 3, 4  Next
PengirimMessage
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Bagaimana Surga menurut Islam ?   13th July 2011, 10:51

Berikut ini adalah pengertian Surga berdasarkan Wikipedia,

Dalam Islam

Qur'an banyak bercerita tentang sebuah kehidupan setelah mati di surga untuk orang yang selalu berbuat baik. Surga itu sendiri sering di jelaskan dalam Al-Qur'an surat Ar-Ra'du 13:35:

“ Perumpamaan surga yang dijanjikan kepada orang-orang yang takwa ialah (seperti taman). mengalir sungai-sungai di dalamnya; buahnya tak henti-henti, sedang naungannya (demikian pula). Itulah tempat kesudahan bagi orang-orang yang bertakwa; sedang tempat kesudahan bagi orang-orang kafir ialah neraka. (Ar-Ra'du 13:35) ”

Setiap muslim percaya bahwa semua manusia dilahirkan suci. Dalam Islam pula, jika ada seorang bocah yang mati, maka secara otomatis akan pergi ke surga, tanpa memedulikan agama kedua orang tuanya. Surga tertinggi tingkatnya adalah Firdaus (فردوس) - Pardis (پردیس), dimana para nabi dan rasul, syuhada dan orang-orang saleh.

Tingkatan dan nama-nama syurga ialah:[1]

Jannatul Firdaus yaitu surga yang terbuat dari emas merah.
Jannatul 'Adn yaitu surga yang terbuat dari intan putih.
Jannatun Na'iim yaitu surga yang terbuat dari perak putih.
Jannatul Khuldi yaitu surga yang terbuat dari marjan yang berwarna merah dan kuning.
Jannatul Ma'wa yaitu surga yang terbuat dari zabarjud hijau.
Darus Salaam yaitu surga yang terbuat dari yaqut merah.
Darul Jalal yaitu surga yang terbuat dari mutiara putih.
Darul Qarar yaitu surga yang terbuat dari emas merah.

Mungkin member Muslim bisa memperbaiki atau barangkali bisa memberi pencerahan yang berbeda, silahkan..

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Husada
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 4981
Join date : 07.05.11

PostSubyek: Re: Bagaimana Surga menurut Islam ?   13th July 2011, 11:11

Mohon ijin nambah permintaan ya Bruce.

Kalau rekan-rekan muslim bersedia, beritahu juga kriteria (kalau ada) apa saja sih yang menjadi syarat orang dimasukkan ke tingkat-tingkat surga itu? Dimungkinkankah berpindah dari tingkatan yang satu ke tingkatan lain?

Terima kasih atas kesediaan berbagi.

_________________________________________________
Berikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, berikan kepada negara apa yang menjadi hak negara
Kembali Ke Atas Go down
Silancah
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1492
Join date : 29.01.11
Lokasi : Bandung Barat

PostSubyek: Re: Bagaimana Surga menurut Islam ?   14th July 2011, 13:00

Maaf kalau mengecewakan Bang Bruce, Husada atau teman2 Kristiani yang lain.
Saya menjawab atas nama pribadi ya ... kalau rekan muslim ada yang mau memberikan pandangan/jawaban yang lain .. silahkan saja ... menjadi ilmu tambahan bagi saya.

Kalau saya sih belum pernah menyelami/mendalami tentang surga ini ... dengan alasan bahwa saya menjalani hidup ini dengan tujuan mendapatkan ridho dari Allah SWT dan menjadikan Islam itu sungguh2 rahmatan lil alamin.
Adapun ganjaran atas keridhoan Allah ar Rahiim adalah surga maka itu adalah sesuatu yang akan sangat saya syukuri dan saya serahkan semuanya kepada Sang Khalik.

Jadi masalah syarat untuk masuk ke surga tingkat mana .. saya tidak mempedulikannya.
Yang penting saya mengamalkan ajaran Islam/beribadah hanya demi Allah al Wahid.

Demikian kiranya ...
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Bagaimana Surga menurut Islam ?   14th July 2011, 13:31

@silancah

Sedikit banyak, apa yang menjadi pandangan anda juga yang menjadi pandangan saya kang. Saya tidak mau terikat pada gambaran surga itu seperti apa atau bagaimana, karena ibaratnya surga adalah hadiah yang akan diberikan, dan sungguh tidak elok rasanya kalau sebelum berhak, kita sudah mengorak orek isi hadiah yang belum tentu berhak kita dapatkan.

Jadi, anda tidak sependapat dengan artikel yang saya kutipkan itu kang?


_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
striker
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1393
Join date : 03.02.11

PostSubyek: Re: Bagaimana Surga menurut Islam ?   19th July 2011, 14:37

kira2 saya akan masuk surga yg mana ya?
hmmm.. yg mana aja boleh deh asal gak ke neraka saja...
AMPUUUUN ya ALLAH.. AMPUUUUN..... jangan Engkau dekatkan aku dengan neraka-MU. Crying or Very sad
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Bagaimana Surga menurut Islam ?   19th July 2011, 15:40

striker wrote:
kira2 saya akan masuk surga yg mana ya?
hmmm.. yg mana aja boleh deh asal gak ke neraka saja...
AMPUUUUN ya ALLAH.. AMPUUUUN..... jangan Engkau dekatkan aku dengan neraka-MU. Crying or Very sad

Jiaaah, ditanya malah minta ampun sama Allah, piye tho mas?

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
striker
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1393
Join date : 03.02.11

PostSubyek: Re: Bagaimana Surga menurut Islam ?   19th July 2011, 19:08

bruce wrote:
striker wrote:
kira2 saya akan masuk surga yg mana ya?
hmmm.. yg mana aja boleh deh asal gak ke neraka saja...
AMPUUUUN ya ALLAH.. AMPUUUUN..... jangan Engkau dekatkan aku dengan neraka-MU. Crying or Very sad

Jiaaah, ditanya malah minta ampun sama Allah, piye tho mas?

lho njenengan bertanya to? tak pikir cuma minta pendapat yg lain dari postingan njenengan.
jujur saya tdk mempunyai pendapat yg lain ya, karena mengenai tingkatan surga saya malah baru tahu dari njenengan.
terima kasih atas tambahan ilmunya lho mas :)
Kembali Ke Atas Go down
Tamu
Tamu



PostSubyek: Re: Bagaimana Surga menurut Islam ?   20th July 2011, 10:18

striker wrote:

jujur saya tdk mempunyai pendapat yg lain ya, karena mengenai tingkatan surga saya malah baru tahu dari njenengan.
terima kasih atas tambahan ilmunya lho mas :)

saya tambahin mau gak, mas Very Happy
tapi boleh copas, ntar dicek sendiri aja apakah sesuai dengan AQ dan AH atw gak.

Quote :
7 Tingkatan neraka

”Apakah orang yang mengikuti keridhaan Allah seperti orang yang mendapatkan kemurkaan dari Allah.” (QS. Âli Imran [3]:162).

1. Neraka jahanam, Jahannam

Adalah tingkat yang atas sekali. yaitu tempat mukminin,mukminat,muslimin dan muslimat yang melakukan dosa kecil maupun besar

“….Demi Neraka jahanam di datangkan untuk semua orang walaupun hanya lewat / mampir dalam 1 hari”

Firman Allah SWT:

“Bahwasanya orang-orang kafir dan orang aniaya itu tidak akan diampuni
Allah, dan tidak pula ditunjuki jalan, melainkan jalan ke Neraka
Jahannam. Mereka kekal dalam neraka itu selama-lamanya. Yang
demikian itu mudah sekali bagi Allah.”
(Q.S. An-Nisa’ : 169)

2. Neraka ladhoh, Luza

Tingkat kedua yaitu tempat orang yang mendustakan agama

Firman Allah SWT :

“Sebab itu Kami beri kabar pertakut kamu dengan Neraka Luza (neraka
yang menyala-nyala). Tiada yang masuk kedalamnya selain orang yang
celaka. Yaitu orang yang mendustakan agama dan berpaling dari
pada-Nya.”
(Q.S. Al-Lail : 14-16)

3. Neraka Khutamah, Hathamah

Inilah neraka tingkat ketiga. yaitu yaitu tempat orang yang hanya lalai memikirkan dunianya tanpa mengerjakan kebutuhan/kepentingan untuk ibadahnya.

Harta yang membuat orang durhaka.

Firman Allah SWT :
“……….Tahukah engkau apakah Hathamah itu? Yaitu api neraka yang
menyala-nyala yang membakar hati manusia. Api yang ditutupkan kepada
mereka. Sedangkan mereka itu diikatkan pada tiang yang panjang.”
(Q.S. Al-Humazah : 4-9)

4. Neraka sair , Sair

Tingkat ke-empat yaitu yaitu tempat orang yang tidak mau mengeluarkan zakat atau bagi mereka yang mengeluarkan tapi tidak pada porsinya dan Dalam neraka ini ditempatkan orang yang memakan harta anak yatim. Didalam neraka ini mereka buta, pekak, dan kulitnya tebal seperti Jabal uhud.

Firman Allah SWT :
“ Bahwasanya orang-orang yang memakan harta anak yatim dengan
aniaya, sesungguhnya mereka memakan api sepenuh perutnya. Dan nanti
mereka akan dimasukkan kedalam neraka Sair.”
(Q.S. An-Nisa’ : 10)

5. Neraka Sahkhor, Saqru

yaitu tempat orang yang tidak melaksanakan salat tempat orang yang berbohong tentang keberadaan Allah, menyembah selain Allah atau menyembah zat yang keluar dari sifat Allah dan Al quran,.

dalam kitab safina : “….orang yang tidak melaksanakan solat dihukumi sebagai hewan yang tidak ada harganya/ tidak ada manfaatnya “

“Didalam surga mereka saling bertanya dari hal orang berdosa. Apakah
sebabnya kamu masuk neraka Saqru? “Karena kami tidak sholat, kami
tidak memberi makan orang miskin, kami percaya pada yang
bukan-bukan. Kami mendustakan hari kiamat.”
(Q.S. Al-Mudatsir : 40-46)

6. Neraka jahim , Jahim

Tingkat ke-enam yaitu ditempatkan orang kafir, orang yang mendustakan agama, yaitu orang-orang Islam yang berdosa. Mereka yang berbuat apa yang dilarang Tuhan. Umpamanya berzina, meminum khamar, dan membunuh tanpa hak.
Firman Allah SWT :
“Dan orang-orang yang kafir dan orang-orang yang mendustakan
ayat-ayat kami, mereka itilah penghuni neraka Jahim.”
(Q.S. Al-Maidah : 86)

7. Neraka Hawiyah, Hawiyah.

Inilah neraka yang berada dibawah sekali.neraka yang paling keras, yaitu tempat orang yang ketika matinya tidak membawa iman dan islam, apinya hitam dan sudah dibakar 1000tahun lamanya, Alas atau kerak-kerak neraka. Disinilah tempat orang-orang yang berdoa berat. Mereka yang menjadi musuh nabi-nabi, seperti Firaun.

Firman Allah SWT :
“Dan barang siapa yang ringan timbangannya, maka dia dilemparkan ke
neraka hawiyah. Tahukah engkau apakah Neraka Hawiyah itu? Yaitu api
yang sangat panas.“
(Q.S. Al-Qoriah : 8-11)

sahabat Abu Hurairoh “terdengar suara yang mengelegar lalu bertanyalah ke rosulullah dan rosulullah menjawab itu adalah suara batu yang jatuh dari neraka jahanam ke “teleng” sekitar dada jatuhnya 1000 tahun”.

Bersabda Nabi SAW : Adapun Neraka itu gelap gulita, tidak mempunyai
penerangan kecuali api yang menyala-nyala. Neraka itu mempunyai tujuh pintu
dan tiap-tiap pintu itu mempunyai tujuh puluh ribu bukit, tiap-tiap bukit
mempunyai tujuh puluh ribu cabangnya, tiap-tiap cabang itu terdiri atas
bagian-bagian yang lebih kecil. Dan tiap-tiap bagian yang lebih kecil itu terdiri
atas tujuh puluh ribu dusunnya. Dan tiap-tiap dusun itu tujuh puluh ribu
rumahnya dan api yang menyala-nyala. Tiap-tiap rumah itu tujuh puluh ribu ular
dan kalajen

” Asyhadu ala ila ha ilallah Astaghfirullah Nas alluka ridhoka wal jannah ta wa naudzubika min sakhotika wannaar “

Tingkatan Surga

Surga memiliki tingkatan-tingkatan, sebagaimana firman Allah subhanahu wata’ala, artinya,
”(Kedudukan) mereka itu bertingkat-tingkat di sisi Allah, dan Allah Maha Melihat apa yang mereka kerjakan.” (QS. 3:163)
Itulah orang-orang yang beriman dengan sebenar-benarnya. Mereka akan memperoleh beberapa derajat ketinggian di sisi Rabbnya dan ampunan serta rejeki (nikmat) yang mulia.” (QS. 8:4)

Tingkatan surga tertinggi adalah surga Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam yaitu “Al Wasilah” sebagaimana dalam hadits riwayat imam Muslim dari Amr bin al-Ash radhiyallahu ‘anhu bahwa dia mendengar Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,
“Apabila kalian mendengar muadzin (sedang adzan) maka ucapkanlah seperti yang dia ucapkan kemudian bershalawatlah kepadaku, karena barangsiapa yang bershalawat kepadaku satu kali maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali. Kemudian mintalah untukku Al-Wasilah, Karena ia merupakan kedudukan di surga yang tidak layak kecuali hanya untuk seorang hamba saja dari hamba-hamba Allah, dan aku berharap orang itu adalah aku. Barangsiapa yang meminta untukku al-Wasilah maka dia berhak mendapatkan syafa’atku.” (HR. Muslim).

7 Tingkatan Surga

Surga biasanya disebut dengan Jannah, dan inilah nama yang umun digunakan untuk menyebut tempat ini dan segala yang terdapat di dalamnya berupa kenikmatan, kelezatan, kemewahan, dan kebahagiaan. Nama-nama lain dari Surga di antaranya yaitu:

1. Darus Salam

Sebagaimana firman Allah subhanahu wata’ala, artinya,
“Bagi mereka (disediakan) Darussalam (surga) pada sisi Rabbnya dan Dialah Pelindung mereka disebabkan amal-amal sholeh yang selalu mereka kerjakan.” (QS. 6:127)

Surga adalah Darussalam (negri keselamatan) dari segala musibah, kecelakaan, dan segala hal yang tidak disukai, dan dia merupakan negri Allah subhanahu wata’ala, diambil dari nama Allah “as-Salam”. Allah subhanahu wata’ala pun mengucapkan salam atas mereka,
“Di surga itu mereka memperoleh buah-buahan dan memperoleh apa yang mereka minta. (Kepada mereka dikatakan), “Salam”, sebagai ucapan selamat dari Rabb Yang Maha Penyayang.” (QS. 36:57-58)

2. Jannatu ‘adn

Sebagaimana firman Allah subhanahu wata’ala, artinya,
(Yaitu) surga ‘Adn yang mereka masuk ke dalamnya bersama-sama dengan orang-orang yang sholeh dari bapak-bapaknya, istri-istrinya, dan anak cucunya, sedang malaikat-malaikat masuk ke tempat-tempat mereka dari semua pintu, (sambil mengucapkan), “Salamun ‘alaikum bima shabartum”. Maka alangkah baiknya tempat kesudahan itu.” (QS. 13:23-24)

3. Jannatul Khuld

Karena penduduknya kekal di dalamnya dan tidak akan berpindah ke alam (tempat) lain. Allah subhanahu wata’ala berfirman, artinya,
”Katakanlah, “Apakah (azab) yang demikian itu yang baik, atau surga yang kekal yang dijanjikan kepada orang- orang yang bertaqwa?” Surga itu menjadi balasan dan tempat kembali bagi mereka.” (QS. Al-Furqan:15)

4. Darul Muqamah

Sebagaimana firman Allah subhanahu wata’ala, artinya,
“Dan mereka berkata:”Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan duka cita dari kami.Sesungguhnya Rabb kami benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.” Yang menempatkan kami dalam tempat yang kekal (surga) dari karunia-Nya; di dalamnya kami tiada merasa lelah dan tiada pula merasa lesu”. (QS. 35:34-35)

5. Jannatul Ma’wa, al-Ma’wa artinya adalah tempat menetap sebagaimana firman Allah subhanahu wata’ala dalam surat an-Najm di atas. Disebut demikian karena surga merupakan tempat menetapnya orang-orang mukmin

6. Jannatun Na’im

7. Al Muqamul Amin
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Bagaimana Surga menurut Islam ?   20th July 2011, 11:24

@t2y

Maksudnya gimana nih bro, saya menawarkan surga dan anda menawarkan neraka?
He he he

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Tamu
Tamu



PostSubyek: Re: Bagaimana Surga menurut Islam ?   20th July 2011, 11:41

yang dibawahnya itu kan surga, om... Very Happy
masalah surga ini memang rada2 sensitif, karena dari ayat2 AQ dan Hadist memang surga yang nantinya akan ditempati itu sangat kental nuansa dan suasana Timur Tengah sana. Razz
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Bagaimana Surga menurut Islam ?   20th July 2011, 11:45

Quote :
masalah surga ini memang rada2 sensitif, karena dari ayat2 AQ dan Hadist memang surga yang nantinya akan ditempati itu sangat kental nuansa dan suasana Timur Tengah sana.

Maksudnya, membawa suasana dan fasilitas para sultan timur tengah ke surga ya, bro

Razz

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Tamu
Tamu



PostSubyek: Re: Bagaimana Surga menurut Islam ?   20th July 2011, 11:58

bruce wrote:
Quote :
masalah surga ini memang rada2 sensitif, karena dari ayat2 AQ dan Hadist memang surga yang nantinya akan ditempati itu sangat kental nuansa dan suasana Timur Tengah sana.

Maksudnya, membawa suasana dan fasilitas para sultan timur tengah ke surga ya, bro

Razz

mungkin dijelaskan seperti itu agar supaya orang2 jahiliyah pada masa itu berpikir dan tertarik dengan surga yang kekal dan kenikmatan nya jauh melebihi kenikmatan didunia walaupun mungkin fasilitasnya sama.
Kembali Ke Atas Go down
striker
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1393
Join date : 03.02.11

PostSubyek: Re: Bagaimana Surga menurut Islam ?   20th July 2011, 12:07

T2Y wrote:
striker wrote:

jujur saya tdk mempunyai pendapat yg lain ya, karena mengenai tingkatan surga saya malah baru tahu dari njenengan.
terima kasih atas tambahan ilmunya lho mas :)

saya tambahin mau gak, mas Very Happy
tapi boleh copas, ntar dicek sendiri aja apakah sesuai dengan AQ dan AH atw gak.

Quote :
7 Tingkatan neraka

”Apakah orang yang mengikuti keridhaan Allah seperti orang yang mendapatkan kemurkaan dari Allah.” (QS. Âli Imran [3]:162).

1. Neraka jahanam, Jahannam

Adalah tingkat yang atas sekali. yaitu tempat mukminin,mukminat,muslimin dan muslimat yang melakukan dosa kecil maupun besar

“….Demi Neraka jahanam di datangkan untuk semua orang walaupun hanya lewat / mampir dalam 1 hari”

Firman Allah SWT:

“Bahwasanya orang-orang kafir dan orang aniaya itu tidak akan diampuni
Allah, dan tidak pula ditunjuki jalan, melainkan jalan ke Neraka
Jahannam. Mereka kekal dalam neraka itu selama-lamanya. Yang
demikian itu mudah sekali bagi Allah.”
(Q.S. An-Nisa’ : 169)

2. Neraka ladhoh, Luza

Tingkat kedua yaitu tempat orang yang mendustakan agama

Firman Allah SWT :

“Sebab itu Kami beri kabar pertakut kamu dengan Neraka Luza (neraka
yang menyala-nyala). Tiada yang masuk kedalamnya selain orang yang
celaka. Yaitu orang yang mendustakan agama dan berpaling dari
pada-Nya.”
(Q.S. Al-Lail : 14-16)

3. Neraka Khutamah, Hathamah

Inilah neraka tingkat ketiga. yaitu yaitu tempat orang yang hanya lalai memikirkan dunianya tanpa mengerjakan kebutuhan/kepentingan untuk ibadahnya.

Harta yang membuat orang durhaka.

Firman Allah SWT :
“……….Tahukah engkau apakah Hathamah itu? Yaitu api neraka yang
menyala-nyala yang membakar hati manusia. Api yang ditutupkan kepada
mereka. Sedangkan mereka itu diikatkan pada tiang yang panjang.”
(Q.S. Al-Humazah : 4-9)

4. Neraka sair , Sair

Tingkat ke-empat yaitu yaitu tempat orang yang tidak mau mengeluarkan zakat atau bagi mereka yang mengeluarkan tapi tidak pada porsinya dan Dalam neraka ini ditempatkan orang yang memakan harta anak yatim. Didalam neraka ini mereka buta, pekak, dan kulitnya tebal seperti Jabal uhud.

Firman Allah SWT :
“ Bahwasanya orang-orang yang memakan harta anak yatim dengan
aniaya, sesungguhnya mereka memakan api sepenuh perutnya. Dan nanti
mereka akan dimasukkan kedalam neraka Sair.”
(Q.S. An-Nisa’ : 10)

5. Neraka Sahkhor, Saqru

yaitu tempat orang yang tidak melaksanakan salat tempat orang yang berbohong tentang keberadaan Allah, menyembah selain Allah atau menyembah zat yang keluar dari sifat Allah dan Al quran,.

dalam kitab safina : “….orang yang tidak melaksanakan solat dihukumi sebagai hewan yang tidak ada harganya/ tidak ada manfaatnya “

“Didalam surga mereka saling bertanya dari hal orang berdosa. Apakah
sebabnya kamu masuk neraka Saqru? “Karena kami tidak sholat, kami
tidak memberi makan orang miskin, kami percaya pada yang
bukan-bukan. Kami mendustakan hari kiamat.”
(Q.S. Al-Mudatsir : 40-46)

6. Neraka jahim , Jahim

Tingkat ke-enam yaitu ditempatkan orang kafir, orang yang mendustakan agama, yaitu orang-orang Islam yang berdosa. Mereka yang berbuat apa yang dilarang Tuhan. Umpamanya berzina, meminum khamar, dan membunuh tanpa hak.
Firman Allah SWT :
“Dan orang-orang yang kafir dan orang-orang yang mendustakan
ayat-ayat kami, mereka itilah penghuni neraka Jahim.”
(Q.S. Al-Maidah : 86)

7. Neraka Hawiyah, Hawiyah.

Inilah neraka yang berada dibawah sekali.neraka yang paling keras, yaitu tempat orang yang ketika matinya tidak membawa iman dan islam, apinya hitam dan sudah dibakar 1000tahun lamanya, Alas atau kerak-kerak neraka. Disinilah tempat orang-orang yang berdoa berat. Mereka yang menjadi musuh nabi-nabi, seperti Firaun.

Firman Allah SWT :
“Dan barang siapa yang ringan timbangannya, maka dia dilemparkan ke
neraka hawiyah. Tahukah engkau apakah Neraka Hawiyah itu? Yaitu api
yang sangat panas.“
(Q.S. Al-Qoriah : 8-11)

sahabat Abu Hurairoh “terdengar suara yang mengelegar lalu bertanyalah ke rosulullah dan rosulullah menjawab itu adalah suara batu yang jatuh dari neraka jahanam ke “teleng” sekitar dada jatuhnya 1000 tahun”.

Bersabda Nabi SAW : Adapun Neraka itu gelap gulita, tidak mempunyai
penerangan kecuali api yang menyala-nyala. Neraka itu mempunyai tujuh pintu
dan tiap-tiap pintu itu mempunyai tujuh puluh ribu bukit, tiap-tiap bukit
mempunyai tujuh puluh ribu cabangnya, tiap-tiap cabang itu terdiri atas
bagian-bagian yang lebih kecil. Dan tiap-tiap bagian yang lebih kecil itu terdiri
atas tujuh puluh ribu dusunnya. Dan tiap-tiap dusun itu tujuh puluh ribu
rumahnya dan api yang menyala-nyala. Tiap-tiap rumah itu tujuh puluh ribu ular
dan kalajen

” Asyhadu ala ila ha ilallah Astaghfirullah Nas alluka ridhoka wal jannah ta wa naudzubika min sakhotika wannaar “

Tingkatan Surga

Surga memiliki tingkatan-tingkatan, sebagaimana firman Allah subhanahu wata’ala, artinya,
”(Kedudukan) mereka itu bertingkat-tingkat di sisi Allah, dan Allah Maha Melihat apa yang mereka kerjakan.” (QS. 3:163)
Itulah orang-orang yang beriman dengan sebenar-benarnya. Mereka akan memperoleh beberapa derajat ketinggian di sisi Rabbnya dan ampunan serta rejeki (nikmat) yang mulia.” (QS. 8:4)

Tingkatan surga tertinggi adalah surga Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam yaitu “Al Wasilah” sebagaimana dalam hadits riwayat imam Muslim dari Amr bin al-Ash radhiyallahu ‘anhu bahwa dia mendengar Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,
“Apabila kalian mendengar muadzin (sedang adzan) maka ucapkanlah seperti yang dia ucapkan kemudian bershalawatlah kepadaku, karena barangsiapa yang bershalawat kepadaku satu kali maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali. Kemudian mintalah untukku Al-Wasilah, Karena ia merupakan kedudukan di surga yang tidak layak kecuali hanya untuk seorang hamba saja dari hamba-hamba Allah, dan aku berharap orang itu adalah aku. Barangsiapa yang meminta untukku al-Wasilah maka dia berhak mendapatkan syafa’atku.” (HR. Muslim).

7 Tingkatan Surga

Surga biasanya disebut dengan Jannah, dan inilah nama yang umun digunakan untuk menyebut tempat ini dan segala yang terdapat di dalamnya berupa kenikmatan, kelezatan, kemewahan, dan kebahagiaan. Nama-nama lain dari Surga di antaranya yaitu:

1. Darus Salam

Sebagaimana firman Allah subhanahu wata’ala, artinya,
“Bagi mereka (disediakan) Darussalam (surga) pada sisi Rabbnya dan Dialah Pelindung mereka disebabkan amal-amal sholeh yang selalu mereka kerjakan.” (QS. 6:127)

Surga adalah Darussalam (negri keselamatan) dari segala musibah, kecelakaan, dan segala hal yang tidak disukai, dan dia merupakan negri Allah subhanahu wata’ala, diambil dari nama Allah “as-Salam”. Allah subhanahu wata’ala pun mengucapkan salam atas mereka,
“Di surga itu mereka memperoleh buah-buahan dan memperoleh apa yang mereka minta. (Kepada mereka dikatakan), “Salam”, sebagai ucapan selamat dari Rabb Yang Maha Penyayang.” (QS. 36:57-58)

2. Jannatu ‘adn

Sebagaimana firman Allah subhanahu wata’ala, artinya,
(Yaitu) surga ‘Adn yang mereka masuk ke dalamnya bersama-sama dengan orang-orang yang sholeh dari bapak-bapaknya, istri-istrinya, dan anak cucunya, sedang malaikat-malaikat masuk ke tempat-tempat mereka dari semua pintu, (sambil mengucapkan), “Salamun ‘alaikum bima shabartum”. Maka alangkah baiknya tempat kesudahan itu.” (QS. 13:23-24)

3. Jannatul Khuld

Karena penduduknya kekal di dalamnya dan tidak akan berpindah ke alam (tempat) lain. Allah subhanahu wata’ala berfirman, artinya,
”Katakanlah, “Apakah (azab) yang demikian itu yang baik, atau surga yang kekal yang dijanjikan kepada orang- orang yang bertaqwa?” Surga itu menjadi balasan dan tempat kembali bagi mereka.” (QS. Al-Furqan:15)

4. Darul Muqamah

Sebagaimana firman Allah subhanahu wata’ala, artinya,
“Dan mereka berkata:”Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan duka cita dari kami.Sesungguhnya Rabb kami benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.” Yang menempatkan kami dalam tempat yang kekal (surga) dari karunia-Nya; di dalamnya kami tiada merasa lelah dan tiada pula merasa lesu”. (QS. 35:34-35)

5. Jannatul Ma’wa, al-Ma’wa artinya adalah tempat menetap sebagaimana firman Allah subhanahu wata’ala dalam surat an-Najm di atas. Disebut demikian karena surga merupakan tempat menetapnya orang-orang mukmin

6. Jannatun Na’im

7. Al Muqamul Amin

TERIMA KASIH bro (y)
Kembali Ke Atas Go down
striker
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1393
Join date : 03.02.11

PostSubyek: Re: Bagaimana Surga menurut Islam ?   20th July 2011, 12:09

T2Y wrote:
yang dibawahnya itu kan surga, om... Very Happy
masalah surga ini memang rada2 sensitif, karena dari ayat2 AQ dan Hadist memang surga yang nantinya akan ditempati itu sangat kental nuansa dan suasana Timur Tengah sana. Razz

di surga tingkat yg mana mas, yg anda anggap kental dengan suasana timur tengah?
:?: :?: :?:
Kembali Ke Atas Go down
striker
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1393
Join date : 03.02.11

PostSubyek: Re: Bagaimana Surga menurut Islam ?   20th July 2011, 12:12

Kalau surga versi kristen itu bersuasanakan bagaimanakah mas?

Apakah bersuasana seperti natal?
Kembali Ke Atas Go down
Tamu
Tamu



PostSubyek: Re: Bagaimana Surga menurut Islam ?   20th July 2011, 12:14

striker wrote:
T2Y wrote:
yang dibawahnya itu kan surga, om... Very Happy
masalah surga ini memang rada2 sensitif, karena dari ayat2 AQ dan Hadist memang surga yang nantinya akan ditempati itu sangat kental nuansa dan suasana Timur Tengah sana. Razz

di surga tingkat yg mana mas, yg anda anggap kental dengan suasana timur tengah?
:?: :?: :?:

nanti saya cari yah hadist dan ayatnya.
tapi sepertinya anda juga tahu lah.
minimal hewan nya, kan salah satu hewan yang masuk surga adalah untanya nabi siapa tuh ?
Kembali Ke Atas Go down
Tamu
Tamu



PostSubyek: Re: Bagaimana Surga menurut Islam ?   20th July 2011, 12:15

striker wrote:
Kalau surga versi kristen itu bersuasanakan bagaimanakah mas?

Apakah bersuasana seperti natal?


hahaha
dapet dalil dari mana, mas ?
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Bagaimana Surga menurut Islam ?   20th July 2011, 12:16

Quote :
di surga tingkat yg mana mas, yg anda anggap kental dengan suasana timur tengah?

Lha, jujur saja deh mas, anda pasti membayangkan surga menurut yang bisa anda gambarkan sesuai agama (asal timur tengah) kan? Ngga mungkin anda menggambarkan surga seperti kraton Ngayogyakarta.




Quote :
Kalau surga versi kristen itu bersuasanakan bagaimanakah mas?

Apakah bersuasana seperti natal?

Anda pasti ngga suka surganya orang Kristen mas, di sana ngga ada apa apa, kecuali Tuhan dan malaikat. Semua cuma bernyanyi memuji Tuhan saja, ngga ada hiburan lain.

Oiya, anda silahkan tanya di sub-forum sebelah mas, jangan di sub-forum ini.


_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
striker
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1393
Join date : 03.02.11

PostSubyek: Re: Bagaimana Surga menurut Islam ?   20th July 2011, 12:20

T2Y wrote:
striker wrote:
Kalau surga versi kristen itu bersuasanakan bagaimanakah mas?

Apakah bersuasana seperti natal?


hahaha
dapet dalil dari mana, mas ?

lho saya tanya kok, malah ditanya dapat dalil darimana, pake diketawain lagi, piye to iki?
Kembali Ke Atas Go down
striker
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1393
Join date : 03.02.11

PostSubyek: Re: Bagaimana Surga menurut Islam ?   20th July 2011, 12:27

bruce wrote:
Quote :
di surga tingkat yg mana mas, yg anda anggap kental dengan suasana timur tengah?

Lha, jujur saja deh mas, anda pasti membayangkan surga menurut yang bisa anda gambarkan sesuai agama (asal timur tengah) kan? Ngga mungkin anda menggambarkan surga seperti kraton Ngayogyakarta.




Quote :
Kalau surga versi kristen itu bersuasanakan bagaimanakah mas?

Apakah bersuasana seperti natal?

Anda pasti ngga suka surganya orang Kristen mas, di sana ngga ada apa apa, kecuali Tuhan dan malaikat. Semua cuma bernyanyi memuji Tuhan saja, ngga ada hiburan lain.

Oiya, anda silahkan tanya di sub-forum sebelah mas, jangan di sub-forum ini.


sepertinya mas t2y sdh memberikan gambaran tentang surga buat saya :)

-Surga adalah Darussalam (negri keselamatan) dari segala musibah, kecelakaan, dan segala hal yang tidak disukai, dan dia merupakan negri Allah subhanahu wata’ala, diambil dari nama Allah “as-Salam”. Allah subhanahu wata’ala pun mengucapkan salam atas mereka,
-“Di surga itu mereka memperoleh buah-buahan dan memperoleh apa yang mereka minta. (Kepada mereka dikatakan), “Salam”, sebagai ucapan selamat dari Rabb Yang Maha Penyayang.” (QS. 36:57-58)

-(Yaitu) surga ‘Adn yang mereka masuk ke dalamnya bersama-sama dengan orang-orang yang sholeh dari bapak-bapaknya, istri-istrinya, dan anak cucunya, sedang malaikat-malaikat masuk ke tempat-tempat mereka dari semua pintu, (sambil mengucapkan), “Salamun ‘alaikum bima shabartum”. Maka alangkah baiknya tempat kesudahan itu.” (QS. 13:23-24)

-penduduknya kekal di dalamnya dan tidak akan berpindah ke alam (tempat) lain. Allah subhanahu wata’ala berfirman, artinya,
”Katakanlah, “Apakah (azab) yang demikian itu yang baik, atau surga yang kekal yang dijanjikan kepada orang- orang yang bertaqwa?” Surga itu menjadi balasan dan tempat kembali bagi mereka.” (QS. Al-Furqan:15)

-Tempat tuk memuji Allah,“Dan mereka berkata:”Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan duka cita dari kami.Sesungguhnya Rabb kami benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.” Yang menempatkan kami dalam tempat yang kekal (surga) dari karunia-Nya; di dalamnya kami tiada merasa lelah dan tiada pula merasa lesu”. (QS. 35:34-35)

- tempat menetap sebagaimana firman Allah subhanahu wata’ala dalam surat an-Najm di atas. Disebut demikian karena surga merupakan tempat menetapnya orang-orang mukmin
===============================================================================

Bener juga kata mas bruce, seperti tdk ada kenikmatan dlm surga versi kristen Sad
Kembali Ke Atas Go down
Tamu
Tamu



PostSubyek: Re: Bagaimana Surga menurut Islam ?   20th July 2011, 12:29

striker wrote:
T2Y wrote:
striker wrote:
Kalau surga versi kristen itu bersuasanakan bagaimanakah mas?

Apakah bersuasana seperti natal?


hahaha
dapet dalil dari mana, mas ?

lho saya tanya kok, malah ditanya dapat dalil darimana, pake diketawain lagi, piye to iki?

oh, mau tanya yah ? :)
silahken kemari aja : http://ltb1.indonesianforum.net/f7-pertanyaan-dari-member-non-kristen
Kembali Ke Atas Go down
striker
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1393
Join date : 03.02.11

PostSubyek: Re: Bagaimana Surga menurut Islam ?   20th July 2011, 12:45

T2Y wrote:
striker wrote:
T2Y wrote:
yang dibawahnya itu kan surga, om... Very Happy
masalah surga ini memang rada2 sensitif, karena dari ayat2 AQ dan Hadist memang surga yang nantinya akan ditempati itu sangat kental nuansa dan suasana Timur Tengah sana. Razz

di surga tingkat yg mana mas, yg anda anggap kental dengan suasana timur tengah?
:?: :?: :?:

nanti saya cari yah hadist dan ayatnya.
tapi sepertinya anda juga tahu lah.
minimal hewan nya, kan salah satu hewan yang masuk surga adalah untanya nabi siapa tuh ?

Maksudnya Unta Nabi shaleh :)

Unta Nabi shaleh adalah salah 1 dari lima jenis makhluk yang berjalan diatas permukaan bumi, tetapi tidak satu pun diantara makhluk-makhluk itu yang dilahirkan dari kandungan ibunya atau induknya!"
Lima makhluk itu ialah, pertama, Adam. Kedua, Hawa. Ketiga, Unta Nabi Shaleh. Keempat, Domba Nabi Ibrahim. Kelima, Tongkat Nabi Musa (yang menjelma menjadi seekor ular).

Tapi ada juga lho anjing yg masuk surga :)
yaitu anjing yang menemani pemuda-pemuda Ashabul Kahfi yang melarikan diri dari tirani rajaKafir dan mengungsi di gua dan atas izin Allah tertidur selama 300 tahun itu,”

[You must be registered and logged in to see this link.]
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Bagaimana Surga menurut Islam ?   20th July 2011, 12:49

Quote :
Unta Nabi shaleh adalah salah 1 dari lima jenis makhluk yang berjalan diatas permukaan bumi, tetapi tidak satu pun diantara makhluk-makhluk itu yang dilahirkan dari kandungan ibunya atau induknya!"
Lima makhluk itu ialah, pertama, Adam. Kedua, Hawa. Ketiga, Unta Nabi Shaleh. Keempat, Domba Nabi Ibrahim. Kelima, Tongkat Nabi Musa (yang menjelma menjadi seekor ular).

Tapi ada juga lho anjing yg masuk surga
yaitu anjing yang menemani pemuda-pemuda Ashabul Kahfi yang melarikan diri dari tirani rajaKafir dan mengungsi di gua dan atas izin Allah tertidur selama 300 tahun itu,”

Jadi menurut Islam, di surga nanti ada juga hewan unta, domba, dan tongkat yang bisa jadi ular mas? He he he, seru juga ya

:)

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
striker
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1393
Join date : 03.02.11

PostSubyek: Re: Bagaimana Surga menurut Islam ?   20th July 2011, 12:59

bruce wrote:
Quote :
Unta Nabi shaleh adalah salah 1 dari lima jenis makhluk yang berjalan diatas permukaan bumi, tetapi tidak satu pun diantara makhluk-makhluk itu yang dilahirkan dari kandungan ibunya atau induknya!"
Lima makhluk itu ialah, pertama, Adam. Kedua, Hawa. Ketiga, Unta Nabi Shaleh. Keempat, Domba Nabi Ibrahim. Kelima, Tongkat Nabi Musa (yang menjelma menjadi seekor ular).

Tapi ada juga lho anjing yg masuk surga
yaitu anjing yang menemani pemuda-pemuda Ashabul Kahfi yang melarikan diri dari tirani rajaKafir dan mengungsi di gua dan atas izin Allah tertidur selama 300 tahun itu,”

Jadi menurut Islam, di surga nanti ada juga hewan unta, domba, dan tongkat yang bisa jadi ular mas? He he he, seru juga ya

:)

lha menurut anda domba yg tuk menggantikan pengorbanan putera Ibrahim Ismail (versi Islam) dan Ishak (versi kristen), itu dari mana mas? apakah nyomot dari pasar PON (pasar hewan) ? he he he

saya rasa lebih seru di surga versi kristen mas, malah ada naganya juga hehehe :)

Wahyu 12:(7) Maka timbullah peperangan di sorga. Mikhael dan malaikat-malaikatnya berperang melawan naga itu, dan naga itu dibantu oleh malaikat-malaikatnya,
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Bagaimana Surga menurut Islam ?   20th July 2011, 13:05

Quote :
Wahyu 12:(7) Maka timbullah peperangan di sorga. Mikhael dan malaikat-malaikatnya berperang melawan naga itu, dan naga itu dibantu oleh malaikat-malaikatnya,

Jangan baca Wahyu dulu deh mas, pasti anda bingung, Wahyu ngga bisa diartikan secara literal seperti itu.


_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content




PostSubyek: Re: Bagaimana Surga menurut Islam ?   Today at 09:07

Kembali Ke Atas Go down
 
Bagaimana Surga menurut Islam ?
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 4Pilih halaman : 1, 2, 3, 4  Next
 Similar topics
-
» [Tantangan] Hanya 5% orang yg bisa melakukan ini "bagaimana dgn detektif?"
» Vlad Dracula " Kisah Nyata Pembantai Umat Islam Dalam Perang Salib
» Arti Cinta
» Test Otak & Mata Anda
» Song of The Day

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Ladang Tuhan Baru :: Forum Terbuka :: Diskusi - Kristen Bertanya Non-Kristen Menjawab-
Navigasi: