Ladang Tuhan Baru
Selamat datang kepada sesama saudara Kristen dan saudara lain iman. Mari kita saling kenal dalam suasana bersahabat.

Ladang Tuhan Baru

Forum Komunitas Kristen
 
IndeksIndeks  PencarianPencarian  PendaftaranPendaftaran  LoginLogin  

Share | 
 

 Rokok, antara dosa dan tidak....

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
Pilih halaman : 1, 2, 3, 4  Next
PengirimMessage
Djo
Perwira Pertama
Perwira Pertama


Jumlah posting : 794
Join date : 28.01.11

PostSubyek: Rokok, antara dosa dan tidak....   8th May 2012, 11:46

Mayoritas kita mungkin akan sependapat dgn statement bahwa merokok itu dapat merugikan kesehatan si perokok dan orang di sekitarnya. Tapi yg jadi perdebatan banyak pihak adalah apakah merokok itu berdosa atau tidak menurut ajaran kristen.

Pandangan kita biasanya seringkali dipengaruhi oleh apa yg gereja kita ajarkan. Lewat diskusi kali ini, tentu sah2 saja jika kita membawa pandangan dari ajaran masing2 sepanjang tidak menciderai semangat kita utk saling menghormati dan menghargai.

Silahkan......

Kembali Ke Atas Go down
Silancah
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1492
Join date : 29.01.11
Lokasi : Bandung Barat

PostSubyek: Re: Rokok, antara dosa dan tidak....   8th May 2012, 16:45

Ikutan baca sambil menambah ilmu :)
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Rokok, antara dosa dan tidak....   8th May 2012, 18:43

Apakah kita harus sepakat dulu tentang pengertian dosa dan kriteria dosa, atau bisa kita ambil jalan pintasnya saja, bawa melanggar larangan yang tertulis di Alkitab berarti dosa?

Bagaimana, bro?

Syalom

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
qhuda
Tamtama
Tamtama


Jumlah posting : 49
Join date : 20.06.11
Age : 23
Lokasi : Banten-Yogyakarta

PostSubyek: Re: Rokok, antara dosa dan tidak....   8th May 2012, 21:43

umm jadi inget dulu pernah bahas ini sama temen2, ada yang nyeletuk dengan ayat 1 korintus 3 yang nyebutin tubuh kita adalah bait Allah. sama ayat di Roma deh.
"12:1 Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup , yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati." :cyclops: Shocked
Kembali Ke Atas Go down
Djo
Perwira Pertama
Perwira Pertama


Jumlah posting : 794
Join date : 28.01.11

PostSubyek: Re: Rokok, antara dosa dan tidak....   9th May 2012, 11:36

bruce wrote:
Apakah kita harus sepakat dulu tentang pengertian dosa dan kriteria dosa, atau bisa kita ambil jalan pintasnya saja, bawa melanggar larangan yang tertulis di Alkitab berarti dosa?

Bagaimana, bro?

Syalom

Saya rasa kita memang harus sepakat dulu ttg dosa, kriteria dosa, dan hal2 apa yg menyebabkankan kita menjadi berdosa. Karena tentunya tidak setiap pelanggaran dosa tertulis secara detail di alkitab.

Misalnya, kita melihat kulit pisang di jalan, tapi kita cuek aja. Orang lain tentu tidak bisa menjudge kita berdosa HANYA karena tidak memungut kulit pisang itu lalu membuangnya ke tempat sampah.

Tetapi ketika kita tahu dan sadar secara penuh bahwa kalo kita biarkan kulit pisang itu akan mencelakai orang lain bila terinjak, dan kita TETAP membiarkannya, maka pembiaran yg kita lakukan menurut saya sudah masuk kategori berdosa.


Kembali Ke Atas Go down
Djo
Perwira Pertama
Perwira Pertama


Jumlah posting : 794
Join date : 28.01.11

PostSubyek: Re: Rokok, antara dosa dan tidak....   9th May 2012, 11:56

qhuda wrote:
umm jadi inget dulu pernah bahas ini sama temen2, ada yang nyeletuk dengan ayat 1 korintus 3 yang nyebutin tubuh kita adalah bait Allah. sama ayat di Roma deh.
"12:1 Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup , yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati." :cyclops: Shocked

Memang ada beberapa ayat yg biasanya dijadikan referensi, tetapi memang semuanya berada di jalur abu2, tidak ada yg secara explisit melarang. Ketika rokok dianggap berdosa karena merusak tubuh sebagai bait Allah, maka mengkonsumsi junk food juga bisa dianggap berdosa, meskipun alasan ini bisa diperdebatkan.

Dari pihak sebaliknya, ayat yg mengatakan bahwa bukan yg masuk kedalam tubuh yg menajiskan, juga seringkali dipakai sebagai ayat utk mengcounter. Meskipun ayat ini menurut saya juga menjadi absurd jika mau dipakai sbg alasan, karena dengan demikian narkoba pun menjadi fine-fine saja.
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Rokok, antara dosa dan tidak....   9th May 2012, 13:33

Saya lebih cenderung pada 'keterikatan' terhadap sesuatu itu yang menjadikannya masuk dalam dosa.

Anda yang selalu tidak bisa mengendalikan keinginan untuk makan, itu sudah menjadikan makan adalah perbuatan dosa.
Jika anda tergantung pada rokok, sehingga ketika tidak ada rokok menjadikan anda tidak damai, itu sudah masuk dalam kategori dosa.

Jadi memang bukan tergantung pada apa yang masuk atau tidak kedalam tubuh kita, tidak tergantung dari ada atau tidak ada efeknya bagi tubuh kita.

Mohon dilanjutkan.

Syalom

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Djo
Perwira Pertama
Perwira Pertama


Jumlah posting : 794
Join date : 28.01.11

PostSubyek: Re: Rokok, antara dosa dan tidak....   9th May 2012, 14:32

bruce wrote:
Saya lebih cenderung pada 'keterikatan' terhadap sesuatu itu yang menjadikannya masuk dalam dosa.

Anda yang selalu tidak bisa mengendalikan keinginan untuk makan, itu sudah menjadikan makan adalah perbuatan dosa.
Jika anda tergantung pada rokok, sehingga ketika tidak ada rokok menjadikan anda tidak damai, itu sudah masuk dalam kategori dosa.

Jadi memang bukan tergantung pada apa yang masuk atau tidak kedalam tubuh kita, tidak tergantung dari ada atau tidak ada efeknya bagi tubuh kita.

Mohon dilanjutkan.

Syalom

Pendapat yg sama jg dikemukakan oleh kakak rohani saya dulu.

Keterikatan kita pada suatu hal dapat menjadikan hal tsb suatu berhala di hadapan Allah, termasuk diantaranya hobby kita.

Yg jadi pertanyaan, bukankah rokok jg menyebabkan suatu keterikatan / addicted bagi penghisapnya ? sehingga timbul istilah2 :

"Mulut gue asem nih kalo gak ngerokok"

"Kalo gue sih lebih baik nggak makan daripada gak ngerokok"

"Asal ada rokok sebungkus di kantong, gue gak perlu yg lainnya...."

Tingkat keterikatan tiap2 individu memang berbeda2, tetapi yg pasti tubuh akan menolak jika dipaksa utk menghentikan rokok secara total. Ini adalah bukti bahwa tubuh telah terikat kpd rokok tsb.

Kalo ada yg berkata "saya tidak terikat kok. Tubuh saya juga nggak nagih minta rokok kok ", lalu buat apa dia merokok jika dia tidak menikmati "manfaat" dari rokok tsb ?

Atau apakah dia merokok hanya utk gaya2an saja ?
Kembali Ke Atas Go down
Djo
Perwira Pertama
Perwira Pertama


Jumlah posting : 794
Join date : 28.01.11

PostSubyek: Re: Rokok, antara dosa dan tidak....   9th May 2012, 14:53

Silancah wrote:
Ikutan baca sambil menambah ilmu :)

Ikutan ngasih pandangan lebih asyik kayaknya hehehehe


(Eh boleh nggak ya, colek om Bruce dulu deh) Very Happy Very Happy
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Rokok, antara dosa dan tidak....   9th May 2012, 15:59

Sebenarnya sih baik juga jika ada pandangan dari non Kristen di thread ini ya.
Cuma, mungkin perlu dipindah boardnya, agar tidak kacau. Karena bro Djo meletakkan thread ini di board diskusi Kristen.

Saya coba pindahin deh.


_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
qhuda
Tamtama
Tamtama


Jumlah posting : 49
Join date : 20.06.11
Age : 23
Lokasi : Banten-Yogyakarta

PostSubyek: Re: Rokok, antara dosa dan tidak....   9th May 2012, 21:23

nah itu dia. kecanduan terhadap rokoknya itu yang diipikirin *apa coba* Embarassed
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Rokok, antara dosa dan tidak....   9th May 2012, 21:41

qhuda wrote:
nah itu dia. kecanduan terhadap rokoknya itu yang diipikirin *apa coba* Embarassed

Dari pada makan donat? Kan lebih beresiko overweight dan diabetes.

Cool

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Djo
Perwira Pertama
Perwira Pertama


Jumlah posting : 794
Join date : 28.01.11

PostSubyek: Re: Rokok, antara dosa dan tidak....   10th May 2012, 10:56

bruce wrote:
qhuda wrote:
nah itu dia. kecanduan terhadap rokoknya itu yang diipikirin *apa coba* Embarassed

Dari pada makan donat? Kan lebih beresiko overweight dan diabetes.

Cool

Hahahaha, lebih baik gemuk daripada kanker paru2 kali om..... :tongue:



Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Rokok, antara dosa dan tidak....   10th May 2012, 12:34

Djo wrote:
bruce wrote:
qhuda wrote:
nah itu dia. kecanduan terhadap rokoknya itu yang diipikirin *apa coba* Embarassed

Dari pada makan donat? Kan lebih beresiko overweight dan diabetes.

Cool

Hahahaha, lebih baik gemuk daripada kanker paru2 kali om..... :tongue:




Weits belum tentu perokok kena kanker paru paru, tetapi penderita overweight dan diabetes sudah terdata banyak sekali, bro. Belum lagi dengan diabetes beresiko impotensi, ditambah lagi gangguan ginjal, berujung kematian. Waduh, lebih serem lho.

Razz

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
Djo
Perwira Pertama
Perwira Pertama


Jumlah posting : 794
Join date : 28.01.11

PostSubyek: Re: Rokok, antara dosa dan tidak....   10th May 2012, 15:43

bruce wrote:

Weits belum tentu perokok kena kanker paru paru, tetapi penderita overweight dan diabetes sudah terdata banyak sekali, bro. Belum lagi dengan diabetes beresiko impotensi, ditambah lagi gangguan ginjal, berujung kematian. Waduh, lebih serem lho.

Razz

Diabetes lebih banyak disebabkan karena penyakit turunan, bukan karena mabok donat. Laughing

Yg pasti, peluang perokok kena kanker paru2 jauh lebih besar ketimbang makan donat kena diabetes.

Btw, jika om ditanya, bisa gak om berhenti total merokok ? apa jawaban om ?
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Rokok, antara dosa dan tidak....   10th May 2012, 16:55

Djo wrote:
bruce wrote:

Weits belum tentu perokok kena kanker paru paru, tetapi penderita overweight dan diabetes sudah terdata banyak sekali, bro. Belum lagi dengan diabetes beresiko impotensi, ditambah lagi gangguan ginjal, berujung kematian. Waduh, lebih serem lho.

Razz

Diabetes lebih banyak disebabkan karena penyakit turunan, bukan karena mabok donat. Laughing

Yg pasti, peluang perokok kena kanker paru2 jauh lebih besar ketimbang makan donat kena diabetes.

Btw, jika om ditanya, bisa gak om berhenti total merokok ? apa jawaban om ?

Oh, bisa, dengan sangat mudah malah, he he he.
Sering koq berhari hari saya ngga merokok, tetapi kalau ada tamu yang merokok, ya saya ikutan.

Very Happy

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
qhuda
Tamtama
Tamtama


Jumlah posting : 49
Join date : 20.06.11
Age : 23
Lokasi : Banten-Yogyakarta

PostSubyek: Re: Rokok, antara dosa dan tidak....   10th May 2012, 19:03

untung ga suka donat, jadi gabakal diabetes gara2 donat doang hahahaha basicnya emang ga doyan makanan manis, karena saya sudah manis hahahaha ! Laughing
Kembali Ke Atas Go down
Djo
Perwira Pertama
Perwira Pertama


Jumlah posting : 794
Join date : 28.01.11

PostSubyek: Re: Rokok, antara dosa dan tidak....   10th May 2012, 19:30

bruce wrote:

Oh, bisa, dengan sangat mudah malah, he he he.
Sering koq berhari hari saya ngga merokok, tetapi kalau ada tamu yang merokok, ya saya ikutan.

Very Happy

Nah itu dia... berarti buat apa om merokok ? apa karena nggak enak sama tamunya ?

Menurut saya sih om tidak termasuk seorang perokok. Intinya begini, jika tubuh seseorang "tidak nagih" ketika orang tsb berhenti merokok, berarti dia bukan seorang perokok.

Jadi seorang perokok itu berbeda dgn orang yg sekedar menyalakan rokok kemudian menghisapnya.

Tarikannya pasti beda.....



Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Rokok, antara dosa dan tidak....   10th May 2012, 19:46

Djo wrote:
bruce wrote:

Oh, bisa, dengan sangat mudah malah, he he he.
Sering koq berhari hari saya ngga merokok, tetapi kalau ada tamu yang merokok, ya saya ikutan.

Very Happy

Nah itu dia... berarti buat apa om merokok ? apa karena nggak enak sama tamunya ?

Menurut saya sih om tidak termasuk seorang perokok. Intinya begini, jika tubuh seseorang "tidak nagih" ketika orang tsb berhenti merokok, berarti dia bukan seorang perokok.

Jadi seorang perokok itu berbeda dgn orang yg sekedar menyalakan rokok kemudian menghisapnya.

Tarikannya pasti beda.....




Nah itu tadi, bro, kalo lagi ngobrol, atau lagi iseng, maka kita cenderung cari cemilan. Daripada nyemil kan lebih 'sehat' merokok, he he he. Lebih urah pula.

Ha ha ha ha.


_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
striker
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1393
Join date : 03.02.11

PostSubyek: Re: Rokok, antara dosa dan tidak....   10th May 2012, 21:09

qhuda wrote:
umm jadi inget dulu pernah bahas ini sama temen2, ada yang nyeletuk dengan ayat 1 korintus 3 yang nyebutin tubuh kita adalah bait Allah. sama ayat di Roma deh.
"12:1 Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup , yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati." :cyclops: Shocked

ditambah yg ini mungkin mas:

1 Kor 6:19-20 Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, --dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri? Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!

Nah lho, kalau kita merokok dan roh kudus jadi batuk gimana, berdosa kan? Laughing
Kembali Ke Atas Go down
striker
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1393
Join date : 03.02.11

PostSubyek: Re: Rokok, antara dosa dan tidak....   10th May 2012, 21:18

bruce wrote:
qhuda wrote:
nah itu dia. kecanduan terhadap rokoknya itu yang diipikirin *apa coba* Embarassed

Dari pada makan donat? Kan lebih beresiko overweight dan diabetes.

Cool

istriku gak doyan makan donat kok ya gendut ya.. d\'oh d\'oh
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Rokok, antara dosa dan tidak....   10th May 2012, 21:54

striker wrote:
bruce wrote:
qhuda wrote:
nah itu dia. kecanduan terhadap rokoknya itu yang diipikirin *apa coba* Embarassed

Dari pada makan donat? Kan lebih beresiko overweight dan diabetes.

Cool

istriku gak doyan makan donat kok ya gendut ya.. d\'oh d\'oh

Kurangi makan karbohidrat (nasi, singkong, roti, mie)
Perbanyak makan sayur.

;D

Terus bisiki dengan mesra, 'Dinda, kalau kamu melar terus, aku cari lagi lho'
Dijamin manjur, he he he


_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
striker
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1393
Join date : 03.02.11

PostSubyek: Re: Rokok, antara dosa dan tidak....   11th May 2012, 10:48

bruce wrote:
striker wrote:
bruce wrote:
qhuda wrote:
nah itu dia. kecanduan terhadap rokoknya itu yang diipikirin *apa coba* Embarassed

Dari pada makan donat? Kan lebih beresiko overweight dan diabetes.

Cool

istriku gak doyan makan donat kok ya gendut ya.. d\'oh d\'oh

Kurangi makan karbohidrat (nasi, singkong, roti, mie)
Perbanyak makan sayur.

;D

Terus bisiki dengan mesra, 'Dinda, kalau kamu melar terus, aku cari lagi lho'
Dijamin manjur, he he he


Aku pernah bilang gini ' moga2 aja bidadari di sorga pada langsing2'
eh dia malah bilang 'gak mungkin, bayangin aja, di sorga kerjanya makan dan tidur, enak2an gak ngurus rumah, gak ngurus anak2, mana bisa langsing' wekekekekek.. iso wae istri cantiku iki... Laughing
Kembali Ke Atas Go down
bruce
Global Moderator
Global Moderator


Jumlah posting : 9231
Join date : 27.01.11

PostSubyek: Re: Rokok, antara dosa dan tidak....   11th May 2012, 12:39

striker wrote:
bruce wrote:
striker wrote:
bruce wrote:
qhuda wrote:
nah itu dia. kecanduan terhadap rokoknya itu yang diipikirin *apa coba* Embarassed

Dari pada makan donat? Kan lebih beresiko overweight dan diabetes.

Cool

istriku gak doyan makan donat kok ya gendut ya.. d\'oh d\'oh

Kurangi makan karbohidrat (nasi, singkong, roti, mie)
Perbanyak makan sayur.

;D

Terus bisiki dengan mesra, 'Dinda, kalau kamu melar terus, aku cari lagi lho'
Dijamin manjur, he he he


Aku pernah bilang gini ' moga2 aja bidadari di sorga pada langsing2'
eh dia malah bilang 'gak mungkin, bayangin aja, di sorga kerjanya makan dan tidur, enak2an gak ngurus rumah, gak ngurus anak2, mana bisa langsing' wekekekekek.. iso wae istri cantiku iki... Laughing

Makanya jangan 'diancam' dengan bidadari surga, mas, he he he he.
Tapi 'madu' dunia pasti lebih menakutkan bagi para istri.

Very Happy Very Happy Very Happy

_________________________________________________

Jn 3:16 For God so loved the world, as to give his only begotten Son; that whosoever believeth in him, may not perish, but may have life everlasting.
Kembali Ke Atas Go down
striker
Perwira Menengah
Perwira Menengah


Jumlah posting : 1393
Join date : 03.02.11

PostSubyek: Re: Rokok, antara dosa dan tidak....   11th May 2012, 15:08

bruce wrote:
striker wrote:
bruce wrote:
striker wrote:
bruce wrote:
qhuda wrote:
nah itu dia. kecanduan terhadap rokoknya itu yang diipikirin *apa coba* Embarassed

Dari pada makan donat? Kan lebih beresiko overweight dan diabetes.

Cool

istriku gak doyan makan donat kok ya gendut ya.. d\'oh d\'oh

Kurangi makan karbohidrat (nasi, singkong, roti, mie)
Perbanyak makan sayur.

;D

Terus bisiki dengan mesra, 'Dinda, kalau kamu melar terus, aku cari lagi lho'
Dijamin manjur, he he he


Aku pernah bilang gini ' moga2 aja bidadari di sorga pada langsing2'
eh dia malah bilang 'gak mungkin, bayangin aja, di sorga kerjanya makan dan tidur, enak2an gak ngurus rumah, gak ngurus anak2, mana bisa langsing' wekekekekek.. iso wae istri cantiku iki... Laughing

Makanya jangan 'diancam' dengan bidadari surga, mas, he he he he.
Tapi 'madu' dunia pasti lebih menakutkan bagi para istri.

Very Happy Very Happy Very Happy

weleh diancam ama madu dunia, bisa gak dapat kelon sebulan aku.... capeeee deh.... Sad
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content




PostSubyek: Re: Rokok, antara dosa dan tidak....   Today at 00:54

Kembali Ke Atas Go down
 
Rokok, antara dosa dan tidak....
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 4Pilih halaman : 1, 2, 3, 4  Next
 Similar topics
-
» MITOS DI MASYARAKAT
» Lampu indikator oli dan suhu tidak nyala....
» HELP TEKANAN BAN MENURUN TIDAK NORMAL
» About Lampu Sein (Lampu sein tidak berkedip..!)
» pengaruh performa antara knalpot non DB killer dan DB killer

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Ladang Tuhan Baru :: Diskusi Umum :: Obrolan bebas-
Navigasi: